kecilkan semua  

Teks -- Zakharia 10:1-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Hanya TUHANlah pemberi hujan
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! Tuhanlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan Diberikannya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang. 10:2 Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala.
Pembebasan Israel dari kuasa-kuasa asing
10:3 "Terhadap para gembala akan bangkit murka-Ku dan terhadap kepala-kepala kawanan kambing Aku akan mengadakan pembalasan, sebab TUHAN semesta alam memperhatikan kawanan ternak-Nya, yakni kaum Yehuda, dan membuat mereka sebagai kuda keagungan-Nya dalam pertempuran. 10:4 Dari pada mereka akan muncul batu penjuru, dari pada mereka akan muncul patok kemah, dari pada mereka akan muncul busur perang, dari pada mereka akan keluar semua penguasa bersama-sama. 10:5 Maka mereka akan seperti pahlawan yang menginjak-injak musuh seakan-akan itu lumpur di jalan; mereka akan berperang, sebab TUHAN menyertai mereka, dan mereka akan membuat malu orang-orang yang mengendarai kuda. 10:6 Aku akan membuat kuat kaum Yehuda, dan Aku menyelamatkan keturunan Yusuf. Aku akan membawa mereka kembali, sebab Aku menyayangi mereka; dan keadaan mereka seakan-akan tidak pernah ditolak oleh Aku, sebab Akulah TUHAN, Allah mereka, dan Aku akan menjawab mereka. 10:7 Efraim akan seperti seorang pahlawan, hati mereka akan bersukacita seperti oleh anggur. Anak-anak mereka akan melihatnya, lalu bersukacita dan hati mereka bersorak-sorak karena TUHAN. 10:8 Aku akan bersiul memanggil mereka dan Aku akan mengumpulkan mereka, sebab Aku sudah membebaskan mereka, dan jumlah mereka menjadi banyak seperti dahulu. 10:9 Sekalipun Aku telah menyerakkan mereka ke antara bangsa-bangsa, tetapi di tempat-tempat yang jauh mereka akan ingat kepada-Ku; mereka akan hidup bersama-sama anak-anak mereka dan mereka akan kembali. 10:10 Aku akan membawa mereka kembali dari tanah Mesir, dan dari Asyur Aku akan mengumpulkan mereka; Aku akan membawa mereka masuk ke tanah Gilead dan ke Libanon, sehingga tidak ada tempat lagi bagi mereka. 10:11 Mereka akan menyeberangi laut Mesir dan Ia akan memukul gelombang di laut, sehingga segala tempat yang dalam di sungai Nil menjadi kering. Kebanggaan Asyur akan diturunkan dan tongkat kerajaan Mesir akan lewat. 10:12 Aku akan menguatkan mereka, dan mereka akan bermegah di dalam nama TUHAN," demikianlah firman TUHAN.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Libanon a mountain range and the adjoining regions (IBD)
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · padang gurun di tepi laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Siryon a high mountain
 · sungai Nil a river that flows north through Egypt to the Mediterranean Sea
 · teluk Mesir the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah


Topik/Tema Kamus: Asyur | Perang, Peperangan Orang-Orang Kudus | Panah (Busur) | Ramal, Ramalan | Sifat Hati Yang Dibaharui | Sungai | Kuda | Kambing | Anugerah Allah | Awan | Benih | Hujan | Terafim | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Za 10:1 - MINTALAH HUJAN ... PADA AKHIR MUSIM SEMI. Nas : Za 10:1 Lihat cat. --> Hos 6:2-3. [atau ref. Hos 6:2-3]

Nas : Za 10:1

Lihat cat. --> Hos 6:2-3.

[atau ref. Hos 6:2-3]

Full Life: Za 10:2 - YANG DILIHAT OLEH JURU-JURU TENUNG ADALAH DUSTA. Nas : Za 10:2 Karena umat itu tidak mempunyai gembala sejati untuk menuntun mereka di jalan yang benar, yaitu jalan percaya pada Allah, mereka berb...

Nas : Za 10:2

Karena umat itu tidak mempunyai gembala sejati untuk menuntun mereka di jalan yang benar, yaitu jalan percaya pada Allah, mereka berbalik dan percaya berhala, peramal dan perbuatan ilmu gaib lainnya. Para gembala sidang dan pengajar yang merusak kepercayaan kepada Alkitab dengan menyangkal pengilhaman ilahi dan infalibilitasnya secara tidak langsung mempengaruhi orang untuk berbalik kepada hal-hal itu.

Full Life: Za 10:4 - DARI PADA MEREKA (YEHUDA) AKAN MUNCUL BATU PENJURU. Nas : Za 10:4 Dari suku Yehuda akan muncul batu penjuru (Mazm 118:22; Yes 28:16), Yesus sang Mesias, yang akan menjadi seperti patok kemah, yang me...

Nas : Za 10:4

Dari suku Yehuda akan muncul batu penjuru (Mazm 118:22; Yes 28:16), Yesus sang Mesias, yang akan menjadi seperti patok kemah, yang menandakan keamanan (bd. Yes 22:22-23); Dia akan menjadi Raja yang menang (bd. Wahy 19:11-16).

Full Life: Za 10:6-8 - YEHUDA ... YUSUF. Nas : Za 10:6-8 Maksud Allah ialah untuk menebus dan menyelamatkan keduabelas suku Israel. Yehuda mewakili dua suku selatan dan Yusuf kesepuluh suk...

Nas : Za 10:6-8

Maksud Allah ialah untuk menebus dan menyelamatkan keduabelas suku Israel. Yehuda mewakili dua suku selatan dan Yusuf kesepuluh suku utara.

Full Life: Za 10:11 - ASYUR ... MESIR. Nas : Za 10:11 Asyur mewakili musuh-musuh Israel di sebelah utara dan timur, sedangkan Mesir musuh di sebelah selatan. Allah berjanji untuk menghap...

Nas : Za 10:11

Asyur mewakili musuh-musuh Israel di sebelah utara dan timur, sedangkan Mesir musuh di sebelah selatan. Allah berjanji untuk menghapus semua tentangan terhadap pemulihan Israel.

BIS: Za 10:4 - Dari antara ... umat-Ku Dari antara ... umat-Ku atau: Semua penindas, penguasa, pemimpin, dan panglima -- akan bersama-sama meninggalkan Yehuda.

Dari antara ... umat-Ku atau: Semua penindas, penguasa, pemimpin, dan panglima -- akan bersama-sama meninggalkan Yehuda.

Jerusalem: Za 10:2 - terafim Dalam 1Sa 15:23 juga disebutkan bersama-sama tenungan dan terafim, 1Sa 15:22+. Di sini terafim itu ialah alat tenung, bdk Yeh 21:21; Mal 3:5 memberita...

Dalam 1Sa 15:23 juga disebutkan bersama-sama tenungan dan terafim, 1Sa 15:22+. Di sini terafim itu ialah alat tenung, bdk Yeh 21:21; Mal 3:5 memberitahukan bahwa di masa sesudah pembuangan masih ada tukang sihir, bdk Ima 19:31; 20:6.

Jerusalem: Za 10:3--11:3 - -- Bagian ini sukar dimengerti. Secara ganjil bercampur bagian-bagian di mana Tuhan berbicara, Zak 9:3,6,8-11, dan bagian-bagian yang berbicara tentang T...

Bagian ini sukar dimengerti. Secara ganjil bercampur bagian-bagian di mana Tuhan berbicara, Zak 9:3,6,8-11, dan bagian-bagian yang berbicara tentang Tuhan, Zak 9:3,6,8-11, dan bagian-bagian yang berbicara tentang Tuhan, Zak 9:3-5,7,13; 11:1-3.

Jerusalem: Za 10:3 - mengadakan pembalasan Terjemahan lain: mengunjungi (atau: memperhatikan). Tetapi "kunjungan" itu berupa penghukuman raja-raja (gembala-gembala, kepala-kepala kawanan kambin...

Terjemahan lain: mengunjungi (atau: memperhatikan). Tetapi "kunjungan" itu berupa penghukuman raja-raja (gembala-gembala, kepala-kepala kawanan kambing) asing yang menjajah umat suci. Mengenai kiasan "gembala" bdk Yer 25:34 dst; Nah 3:18 (lihat juga Yes 44:28) dan mengenai "kepala kawanan kambing" (=kambing jantan)bdk Dan 8:5 dst. "Kunjungan Tuhan" (terj: memperhatikan)pada kawanan ternakNya bukan untuk menghukum, melainkan buat menyelamatkan.

Jerusalem: Za 10:4 - batu penjuru Batu penjuru dan patok kemah itu ialah pemimpin dan kepala yang berasal dari bangsa Yahudi sendiri.

Batu penjuru dan patok kemah itu ialah pemimpin dan kepala yang berasal dari bangsa Yahudi sendiri.

Jerusalem: Za 10:9 - hidup bersama-sama Dalam naskah Yunani terbaca: mendidik. Sementara ahli mengusulkan perbaikan naskah Ibrani sehingga dapat diterjemahkan: mengajar.

Dalam naskah Yunani terbaca: mendidik. Sementara ahli mengusulkan perbaikan naskah Ibrani sehingga dapat diterjemahkan: mengajar.

Jerusalem: Za 10:10 - tanah Mesir Mesir dan Asyur di sini hanya melambangkan semua bangsa yang menindas umat Israel

Mesir dan Asyur di sini hanya melambangkan semua bangsa yang menindas umat Israel

Jerusalem: Za 10:10 - tanah Gilead Gilead ialah daerah yang paling dahulu diduduki umat Israel setelah keluar dari negeri Mesir, bdk Yes 40:3+.

Gilead ialah daerah yang paling dahulu diduduki umat Israel setelah keluar dari negeri Mesir, bdk Yes 40:3+.

Jerusalem: Za 10:11 - Mereka akan menyeberangi Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani, sedangkan dalam naskah Ibrani tertulis: Ia akan menyeberangi

Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani, sedangkan dalam naskah Ibrani tertulis: Ia akan menyeberangi

Jerusalem: Za 10:11 - laut Mesir Ialah Laut Merah. Dalam naskah Ibrani tertulis: laut kesusahan. Sementara ahli memperbaiki naskah Ibrani sehingga diterjemahkan: laut menuju Tirus.

Ialah Laut Merah. Dalam naskah Ibrani tertulis: laut kesusahan. Sementara ahli memperbaiki naskah Ibrani sehingga diterjemahkan: laut menuju Tirus.

Ende: Za 10:1-2 - -- Bagian ini merupakan suatu adjakan untuk memelihara agama Jahwe dan tidak menurut ibadah kafir.

Bagian ini merupakan suatu adjakan untuk memelihara agama Jahwe dan tidak menurut ibadah kafir.

Ende: Za 10:2 - mereka bersesat jaitu rakjat.

jaitu rakjat.

Ende: Za 10:3 - gembala dan "bandot" adalah penguasa Israil.

dan "bandot" adalah penguasa Israil.

Ende: Za 10:4 - batu pendjuru, pasak kemah, busur perang ialah penguasa asing, jang akan lenjap daripada Israil (daripadanja).

ialah penguasa asing, jang akan lenjap daripada Israil (daripadanja).

Ende: Za 10:5 - mereka jaitu orang2 Jahudi.

jaitu orang2 Jahudi.

Ende: Za 10:9 - -- Sebelum pulang orang2 Jahudi sudah dianugerahi banjak anak oleh Jahwe.

Sebelum pulang orang2 Jahudi sudah dianugerahi banjak anak oleh Jahwe.

Ende: Za 10:11 - -- Seperti waktu pengungsian dari Mesir, sekarangpun, pada masa keselamatan, Laut Merah mengering. Kuasa2 asing diruntuhkan.

Seperti waktu pengungsian dari Mesir, sekarangpun, pada masa keselamatan, Laut Merah mengering. Kuasa2 asing diruntuhkan.

Endetn: Za 10:2 - bersesat diperbaiki. Tertulis: "bertolak".

diperbaiki. Tertulis: "bertolak".

Endetn: Za 10:2 - merana diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mendjawab".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mendjawab".

Endetn: Za 10:4 - -- Ditinggalkan: "dan".

Ditinggalkan: "dan".

Endetn: Za 10:5 - -- Ditinggalkan: "dalam pertempuran".

Ditinggalkan: "dalam pertempuran".

Endetn: Za 10:9 - telah diperbaiki. Tertulis: "akan".

diperbaiki. Tertulis: "akan".

Endetn: Za 10:9 - akan mengasuh diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka hidup".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka hidup".

Endetn: Za 10:10 - -- Ditinggalkan: "ke Libanon".

Ditinggalkan: "ke Libanon".

Endetn: Za 10:11 - mereka "Mesir", diperbaiki. Tertulis: "kesesakan menjeberang dilaut".

"Mesir", diperbaiki. Tertulis: "kesesakan menjeberang dilaut".

Ref. Silang FULL: Za 10:1 - pembawa hujan // di padang · pembawa hujan: Im 26:4; Im 26:4; 1Raj 8:36; 1Raj 8:36; Mazm 104:13; Mazm 104:13; Mazm 135:7; Mazm 135:7 · di padang: Ayub 14:9; Ayub...

· pembawa hujan: Im 26:4; [Lihat FULL. Im 26:4]; 1Raj 8:36; [Lihat FULL. 1Raj 8:36]; Mazm 104:13; [Lihat FULL. Mazm 104:13]; Mazm 135:7; [Lihat FULL. Mazm 135:7]

· di padang: Ayub 14:9; [Lihat FULL. Ayub 14:9]

Ref. Silang FULL: Za 10:2 - oleh terafim // juru-juru tenung // dan mimpi-mimpi // adalah kesia-siaan // ada gembala · oleh terafim: Yeh 21:21 · juru-juru tenung: Yes 44:25; Yes 44:25 · dan mimpi-mimpi: Yer 23:16 · adalah kesia-siaan: Yes ...

· oleh terafim: Yeh 21:21

· juru-juru tenung: Yes 44:25; [Lihat FULL. Yes 44:25]

· dan mimpi-mimpi: Yer 23:16

· adalah kesia-siaan: Yes 40:19; [Lihat FULL. Yes 40:19]

· ada gembala: Bil 27:17; [Lihat FULL. Bil 27:17]; Yer 23:1; [Lihat FULL. Yer 23:1]; Hos 3:4; [Lihat FULL. Hos 3:4]; Mat 9:36; [Lihat FULL. Mat 9:36]

Ref. Silang FULL: Za 10:3 - terhadap kepala-kepala // dalam pertempuran · terhadap kepala-kepala: Yes 14:9; Yer 25:34; Yer 25:34 · dalam pertempuran: Yeh 34:8-10; Yeh 34:8 s/d 10

· terhadap kepala-kepala: Yes 14:9; Yer 25:34; [Lihat FULL. Yer 25:34]

· dalam pertempuran: Yeh 34:8-10; [Lihat FULL. Yeh 34:8] s/d 10

Ref. Silang FULL: Za 10:4 - batu penjuru // muncul patok // muncul busur · batu penjuru: Mazm 118:22; Mazm 118:22; Kis 4:11; Kis 4:11 · muncul patok: Yes 22:23; Yes 22:23 · muncul busur: Za 9:10; Za 9:1...

· batu penjuru: Mazm 118:22; [Lihat FULL. Mazm 118:22]; Kis 4:11; [Lihat FULL. Kis 4:11]

· muncul patok: Yes 22:23; [Lihat FULL. Yes 22:23]

· muncul busur: Za 9:10; [Lihat FULL. Za 9:10]

Ref. Silang FULL: Za 10:5 - akan berperang // malu orang-orang · akan berperang: 2Sam 22:43; 2Sam 22:43; Mi 7:10; Mi 7:10 · malu orang-orang: Am 2:15; Am 2:15; Mi 5:7; Mi 5:7; Hag 2:23; Za 12:4

· akan berperang: 2Sam 22:43; [Lihat FULL. 2Sam 22:43]; Mi 7:10; [Lihat FULL. Mi 7:10]

· malu orang-orang: Am 2:15; [Lihat FULL. Am 2:15]; Mi 5:7; [Lihat FULL. Mi 5:7]; Hag 2:23; Za 12:4

Ref. Silang FULL: Za 10:6 - membuat kuat // Aku menyayangi // mereka // akan menjawab · membuat kuat: Yeh 30:24; Yeh 30:24 · Aku menyayangi: Mazm 102:14; Mazm 102:14; Yes 14:1; Yes 14:1 · mereka: Yeh 36:37; Yeh 36:3...

· membuat kuat: Yeh 30:24; [Lihat FULL. Yeh 30:24]

· Aku menyayangi: Mazm 102:14; [Lihat FULL. Mazm 102:14]; Yes 14:1; [Lihat FULL. Yes 14:1]

· mereka: Yeh 36:37; [Lihat FULL. Yeh 36:37]; Yeh 37:19; Za 8:7-8; [Lihat FULL. Za 8:7]; [Lihat FULL. Za 8:8]

· akan menjawab: Mazm 34:18; Yes 58:9; 65:24; Za 13:9

Ref. Silang FULL: Za 10:7 - oleh anggur // mereka bersorak-sorak · oleh anggur: Za 9:15 · mereka bersorak-sorak: 1Sam 2:1; 1Sam 2:1; Yes 60:5; Yes 60:5; Yoel 2:23; Yoel 2:23

· oleh anggur: Za 9:15

· mereka bersorak-sorak: 1Sam 2:1; [Lihat FULL. 1Sam 2:1]; Yes 60:5; [Lihat FULL. Yes 60:5]; Yoel 2:23; [Lihat FULL. Yoel 2:23]

Ref. Silang FULL: Za 10:8 - akan bersiul // menjadi banyak · akan bersiul: Yes 5:26 · menjadi banyak: Yer 33:22; Yer 33:22; Yeh 36:11; Yeh 36:11

· akan bersiul: Yes 5:26

· menjadi banyak: Yer 33:22; [Lihat FULL. Yer 33:22]; Yeh 36:11; [Lihat FULL. Yeh 36:11]

Ref. Silang FULL: Za 10:9 - ingat kepada-Ku · ingat kepada-Ku: Yes 44:21; Yes 44:21; Yeh 6:9; Yeh 6:9

· ingat kepada-Ku: Yes 44:21; [Lihat FULL. Yes 44:21]; Yeh 6:9; [Lihat FULL. Yeh 6:9]

Ref. Silang FULL: Za 10:10 - dari Asyur // tanah Gilead // ada tempat · dari Asyur: Yes 11:11; Yes 11:11; Za 8:8; Za 8:8 · tanah Gilead: Yer 50:19; Yer 50:19 · ada tempat: Yes 49:19; Yes 49:19

· dari Asyur: Yes 11:11; [Lihat FULL. Yes 11:11]; Za 8:8; [Lihat FULL. Za 8:8]

· tanah Gilead: Yer 50:19; [Lihat FULL. Yer 50:19]

· ada tempat: Yes 49:19; [Lihat FULL. Yes 49:19]

Ref. Silang FULL: Za 10:11 - menjadi kering // Kebanggaan // dan tongkat // akan lewat · menjadi kering: Yes 19:5-7; Yes 51:10; Yes 51:10 · Kebanggaan: Zef 2:13 · dan tongkat: Yeh 30:13 · akan lewat: Yeh 29:...

· menjadi kering: Yes 19:5-7; Yes 51:10; [Lihat FULL. Yes 51:10]

· Kebanggaan: Zef 2:13

· dan tongkat: Yeh 30:13

· akan lewat: Yeh 29:15

Ref. Silang FULL: Za 10:12 - akan menguatkan // akan bermegah · akan menguatkan: Yeh 30:24; Yeh 30:24 · akan bermegah: Mi 4:5; Mi 4:5

· akan menguatkan: Yeh 30:24; [Lihat FULL. Yeh 30:24]

· akan bermegah: Mi 4:5; [Lihat FULL. Mi 4:5]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Za 10:1-12 - Keselamatan yang holistik (Rabu, 16 Desember 2009) Keselamatan yang holistik Dosa membuat persekutuan manusia dengan Allah menjadi rusak. Hanya anugerah Allah yang dapat memulihkannya. Pemulihan ...

SH: Za 10:1-2 - Berhala dalam Kehidupan Umat (Sabtu, 3 November 2018) Berhala dalam Kehidupan Umat Tuhan kita adalah Allah yang kudus, sehingga ketika umat terus tidak taat, maka Tuhan pasti akan menjatuhkan hukuman (Ke...

SH: Za 10:3--11:3 - Pemulihan Umat (Minggu, 4 November 2018) Pemulihan Umat Ketika terus berkanjang dalam dosa, Tuhan akan membiarkan umat dipimpin oleh para penguasa jahat. Walaupun pada akhirnya, Tuhan jugala...

Utley: Za 10:1-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 10:1-121 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! Tuhanlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras. dan huja...

Topik Teologia: Za 10:3 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah TUHAN Semesta Alam (Ibr.: Yahweh Sabaoth) ...

Topik Teologia: Za 10:12 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Umat Meresponi Nama Ilahi itu Mere...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Zakharia Tema : Penyelesaian Terakhir Bait Suci dan Janji-Janji Mesias Tanggal Penulisan: 520-470 SM Latar Belakang ...

Full Life: Zakharia (Garis Besar) Garis Besar I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembali Bait Suci (520-518 SM) (Za 1:1-8:23) ...

Jerusalem: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA Kitab Zakharia terdiri dari dua bagian yang jelas berbeda: Za 1-8 dan 9-14. Sesudah pendahuluan yang bertanggalkan bulan Oktober-Nopember thn...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA PENGANTAR Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda: (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang

ZAKHARIA

PENGANTAR

Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda:

  1. (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang diucapkannya antara tahun 520 dan tahun 518 Sebelum Masehi. Ramalan-ramalan itu kebanyakan dinyatakan dalam bentuk penglihatan-penglihatan, dan membicarakan perbaikan Yerusalem, pembangunan kembali Rumah TUHAN, serta penyucian umat Allah. Zakharia meramalkan juga masa kedatangan Raja yang dijanjikan Allah kepada umat-Nya.
  2. (2) Pasal 9-17 (Za 9:1-14:17) merupakan kumpulan pesan-pesan yang diucapkan pada masa-masa yang lebih kemudian. Di sini dibicarakan Juruselamat yang akan datang ke dunia, dan penghakiman terakhir.

Isi

  1.  Pesan-pesan yang berisi peringatan dan pengharapan
    Za 1:1-8:23
  2.  Penghakiman terhadap negeri-negeri tetangga Israel
    Za 9:1-8
  3.  Kemakmuran dan kesejahteraan di masa mendatang
    Za 9:9-14:21

Ajaran: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan keraj

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan kerajaan yang kekal juga telah diberitakan di masa lalu. Dengan demikian mereka semakin mengetahui bahwa segala apa yang dikatakan Firman Allah adalah benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Zakharia.

Isi Kitab: Kitab Zakharia, terbagi atas 14 pasal. Kitab ini menunjuk kepada kedatangan Kristus yang pertama dan yang kedua kali.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Zakharia

  1. Pasal 1 (Za 1:1-6). Panggilan Allah kepada bangsa Israel untuk bertobat
  2. Pasal 1-6 (Za 1:7-6:15). Nabi Zakharia memperoleh penglihatan-penglihatan

Pendalaman

a. Bacalah pasal Za 1:7-17. Penglihatan pertama: nabi Zakharia adalah penunggang kuda, yang memberitakan tentang keamanan di bumi.

b. Bacalah pasal Za 1:18-21. Penglihatan yang kedua adalah empat tanduk dan empat tukang besi, yang mempunyai arti bahwa kerajaan yang menindas bangsa Israel mengalami kehancuran.

c. Bacalah pasal Za 2:1-13. Penglihatan ketiga adalah orang yang memegang tali ukuran dan mengukur kota Yerusalem, yang mengartikan bahwa Allah akan memanggil pulang umat-Nya.

d. Bacalah pasal Za 3:1-10. Penglihatan yang keempat adalah penglihatan tentang Yosua yang menjadi imam besar yang menggambarkan Yesus Kristus sebagai Imam penghapus dosa manusia.

e. Bacalah pasal Za 4:1-14. Penglihatan yang kelima adalah mengenai kandil emas yang menggambarkan Roh dan Firman Tuhan yang memberikan keberhasilan kepada Zerubabel.

f. Bacalah pasal Za 5:1-4. Penglihatan yang keenam adalah mengenai gulungan kitab yang terbang yang mengartikan hukuman bagi semua orang yang menolak hukum Allah.

g. Bacalah pasal Za 5:5-11. Penglihatan ketujuh adalah mengenai perempuan dalam gantang yang menggambarkan bahwa tanah Yehuda akan dibersihkan dari segala kejahatan.

h. Bacalah pasal Za 6:1-8. Penglihatan kedelapan adalah mengenai empat kereta yang menggambarkan Allah yang menguasai seluruh dunia.

  1. Pasal 7-8 (Za 7:1-8:23).

    Allah mengajarkan tentang ibadah puasa yang benar kepada bangsa Israel, dan janji keselamatan bagi bangsa-bangsa

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Za 9:1-8. Nubuatan tentang hukuman yang dijatuhkan kepada bangsa-bangsa.
    2. Bacalah pasal Za 9:9-10. Nubuatan tentang kedatangan Raja yang kekal (Yesus Kristus).
    3. Bacalah pasal Za 9:11-11:3. Nubuatan tentang pembebasan dan pemulihan kembali bangsa Israel.
    4. Bacalah pasal Za 11:4-17. Nubuatan tentang penolakan bangsa Israel terhada Gembala yang baik (Yesus Kristus).
    5. Bacalah pasal Za 12:1-14. Nubuatan tentang pembebasan dan pembaharuan Yerusalem.
    6. Bacalah pasal Za 13:1-9. Nubuatan tentang pembersihan yang dilakukan Alla terhadap kota Yerusalem.
    7. Bacalah pasal Za 14:1-21. Nubuatan tentang kedatangan Tuhan sebagai Raja di Yerusalem.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Zakharia mengajarkan bahwa segala sejarah dunia sudah berada dalam pengetahuan Allah dan kuasa-Nya.

  2. Nubuatan akan kedatangan Yesus yang pertama telah terjadi, mengajarkan bahwa nubuatan yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali pasti akan digenapi.

  3. Nubuatan-nubuatan yang sudah digenapi membuktikan bahwa Allah tidak pernah berdusta/berbohong dalam perkataan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Zakharia?
  2. Apakah pokok isi pemberitaan Kitab Zakharia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setela mempelajari Kitab Zakharia?

Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Nabi dan imam PENULISNYAZakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani

Nabi dan imam

PENULISNYA
Zakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani Zerubabel dan Yesua dari Babilonia ke Yerusalem. Jika Ido seorang imam, maka Zakharia adalah seorang imam dan nabi. Hal ini menjelaskan keprihatinan Zakharia untuk segera membangun kembali Rumah Tuhan (Ezra 6:14).

SITUASI SAAT ITU
Bangsa Yahudi dibawa kepembuangan di Babel dalam tahun 587/6 SM, tetapi kerajaan Babel tiba-tiba dikalahkan oleh Koresy, "Mesias Allah" (Yes 45:1). Ia segera mengumumkan bahwa orang-orang buangan boleh kembali ke Yerusalem, dan mulai dari tahun 538 SM daan seterusnya terjadi arus kembalinya bangsa Yahudi ke tanah air mereka. Tetapi pekerjaan membangun kembali Rumah Tuhan berjalan lambat sekali. Dalam tahun kedua pemerintahan Darius, Zakharia yang pada waktu itu masih muda mulai memberi semangat kepada mereka untuk mendorong menyelesaikan pekerjaan itu.

CIRI-CIRI NUBUATAN ZAKHARIA
Nubuatan Zakharia dapat dibagi dalam dua bagian (pasal Zak 1-8 dan Zak 9-14). Bagian pertama terdiri dari tujuh penglihatan yang luar biasa, ditambah dengan suatu pemandangan di sidang pengadilan tempat Imam Besar Yosua dituduh oleh Setan. Bagian kedua terutama membahas dua tema, yaitu penghakiman dan penyelamatan: penghakiman untuk orang yang tidak percaya, tetapi penyelamatan bagi umat Allah. Nubuatan ini ditutup dengan pemandangan mengenai hari Tuhan dan seruan nyata untuk hidup dalam kesucian. Perbedaan gaya penulisan kedua bagian nubuatan ini menurut pengamatan beberapa ahli disebabkan oleh karena bagian pertama ditulis pada waktu Zakharia berusia dua puluhan sedangkan bagian keduaa ditulis bertahun- tahun kemudia. Dan ciri yang luar biasa dari bagian kedua Zakharia adalah bahwa akibat dari suatu kejadian digambarkan sebelum kejadian itu terjadi. Sebagai contoh, dalam pasal 9, ayat Zak 9:1-8 menggambarkan penghakiman terhadap musuh- musuh bangsa Israel, tetapi kedatangan raja yang akan menghakimi mereka muncul dalam ayat Zak 9:9-13. Dalam pasal Zak 14 pembangunan kembali Yerusalem digambarkan sebelum tulah yang ditimpakan kepada bangsa-bangsa yang memerangi Yerusalem, tulah yang memaksa mereka untuk menghentikan serangan mereka. Perlu disebutkan juga mengenai "perumpamaan tentang para gembala" (pasal Zak 10,Zak 11) yang mengandung hal-hal yang sesuai atau yang berlawanan dengan tema Perjanjian Baru tentang Gembala Yang Baik. Di sini, para domba yang jemu terhadap Gembala Yang Baik membayarnya dengan tiga puluh keping perak (Zak 11:12,13; lihat Yoh 10; Mat 26:14-16; 27:3-10).

Pesan

Pesan Zakharia dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan pemulihan Yerusalem, khususnya pembangunan kembali Rumah Tuhan.

1. Bagian pertama
o Penglihatan pertama: seorang laki-laki menunggang kuda merah. Dunia dalam keadaan damai, tetapi mengingat penindasan atas orang Yahudi, seharusnya tidaklah demikian. Reaksi Allah: penghakiman sudah dekat. Zak 1:7-17
o Penglihatan kedua: keempat tanduk: Tanduk merupakan lambang kerajaan-kerajaan, mungkin keempat kekaisaran pada masa Daniel, lebih mungkin lagi kerajaan dari keempat sudut bumi. Mereka segera akan dimusnahkan oleh keempat tukang besi Allah. Zak 1:18-21
o Penglihatan ketiga: Seorang laki-laki dengan pengukur tali, mencoba untuk mengukur Yerusalem. Tidak mungkin!
o Yerusalem segera akan menjadi penuh sesak dan tak mungkin dibangun tembok di sekelilingnya. Berkat Tuhan terlalu besat untuk ditampung! Zak 2:1-13
o Selingan: Yoshua sebagai imam besar. Penglihatan ini menerangkan bagaimana bangsa Yahudi yang jelas berdosa dapat sedemikian diberkati. Allah mengampuni; dalam kemurahanNya Allah memberi pakaian baru kepada bangsa Israel. Zak 3:1-10
o Penglihatan: Kandil emas dan dua pohon zaitun. Ini adalah lambang akhir zaman; pasal ini dengan jelas dikutip dalam Wahyu 1:12 (kaki dian) dan Zak 11:1,4 (tali pengukur dan pohon zaitun). Penglihatan ini menunjuk kepada Roh Kudus, hanya Dia yang dapat memberikan kuasa kepada Gereja. Zak 4:1-14
o Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang. Secara simbolis dosa bangsa Yehuda di bawa pergi ke tanah Sinear di Babel. Zak 5:5-11
o Penglihatan ketujuh: empat kereta kuda. Gunung-gunung tempat keluarnya kereta-kereta itu melambangkan kebesaran Allah dan hukum Allah, seperti di Sinai. Kereta kuda, lambang kekacauan, bergerak di seluruh dunia, mendorong umat Allah untuk mencari perlindungan di kota damai, Yerusalem, tempat merka bersama-sama membangun Rumah Tuhan. Zak 6:1-15

2. Bagian kedua
o Dimulai dengan penghakiman. Zak 9:1-17
o Memperkenalkan seorang Gembala-Penyelamat. Zak 10:1-11:17
o Petunjuk pertobatan. Zak 12:1-13:9
o Menggambarkan hari Tuhan. Zak 14:1-21

Penerapan

1. Nubutan dan peran Yerusalem
Dalam kitab yang singkat ini Yerusalem disebut sebanyak empat puluh kali. Kitab ini terutama menyangkut pengllihatan-penglihatan wahyu tentang akhir zaman. Sukar untuk membaca kitab ini dan kitab lainnya dalam seluruh Alkitab tanpa menyadari bahwa bangsa Yahudi secara umum dan Yerusalem secara khusus masih memegang peranan penting dalam rencana-rencana Allah.

2. Setan
Pasal Zak 3 merupakan suatu gambaran yang dramatis tentang setan yang sedang bekerja. Namanya (Setan dalam bahasa Ibrani dan Diabolos dalam bahasa Yunani) berarti penuduh. Di sini kita melihat bahwa setan menuduh Yoshua, Imam Besar, yang terlihat secara simbolis mengenakan pakaian kotor. Mengapa hakim (Malaikat Tuhan) tidak menghukum dia (Roma 8:31-39)? Kenyataannya, setanlah yang dijatuhi hukuman ketika Yoshua secara simbolis diberi pakaian yang bersih (lihat 1Yohanes 2:1,2).

3. Menafsirkan penglihatan-penglihatan
Ketujuh penglihatan itu sukar untuk ditafsirkan. Beberapa ahli telah mencari arti dari tiap detail penglihatan itu. Tetapi, perhatikan penafsiran yang sangat terbatas yang diberikan oleh para malaikat. Dalam penglihatan yangpertama, kita diberitahukan siapa para penunggang kuda itu; dan semak pohon bunga mungkin saja menggambarkan Israel. Tetapi, bagaimana tentang warna-warna kuda? Mengapa kitab gulungan berukuran panjang dua puluh hasta dan lebar sepuluh hasta (Zak 5:2), atau tutup gantang terbuat dari timah (Zak 5:7)? seperti halnya juga dengan perumpamaan- perumpamaan dalam Perjanjian Baru kita harus mencari artinya yang utama tanpa mempermasalahkan hal-hal detail.

Tema-tema Kunci

1. Tiga orang penting
Nubutan ini memfokuskan perhatian pada tiga orang, yaitu Zakharia sendiri, Yoshua, Imam Agung, dan Zerubabel yang menjadi Gubernur Yehuda (Hagai 1:1). Zakharia adalah gembala dari pasal Zak 11 dan dengan demikian menjadi model, atau gambar Kristus. Seperi Kristus, ia menderita cemooh dari setiap domba yang dicobanya untuk digembalakan dan seperti Yesus ia pun di jual seharga seorang budak (Matius 26:15; Keluaran 21:32). Yosua adalah seorang Imam Besar yang juga seorang model Kristus dan diberi julukan Sang Tunas (Zak 6:12). (Juga lihat Yes 11:1; Yer 23:5; dan Yer 33:15). Zerubabel ("Benih dan Babel") adalah keturunan raja Yoyakim, dan ia ada dalam rombongan pertama yang kembali dari Pembuangan dalam tahun 537 SM. Ia seorang yang dapat diandalkan; dialah yang memulai pembangunan kembali Bait Suci dan menyelesaikannya. Tujuan utamanya ialah "Materai kerajaan" (Hagai 2:20-23), suatu indikasi bahwa sebagai Gubernur ia memerintah atas nama Allah. Pelajarilah referensi yang menyangkut ketiga orang penting ini: Ezra 2:1,2; 3:1-9; 4:1-3; 5:1-2; Hagai 1:1; 2:1-5,20-23; Zak 3:1-10; 4:6-10; 6:9- 15; 11:4- 17; Mat 1:12. Lihat bagaimana satu sama lain saling berkaitan.

2. Memperbandingkan tema alkitabiah
Orang Kristen tidak bisa terlalu bebas dalam menafsirkan suatu bagian Alkitab menurut apa yang dianggapnya paling baik. Sering kali kebebasaan kita terbatas, sebab bagian Alkitab yang sedang kita telaah dikomentari atau diperjelas atau ditafsirkan di bagian lain dalam Alkitab. Zakharia 4 adalah contoh yang baik mengenai hal ini. Kandil emas dengan jelas ditulis dalam Wah 1:12 dan kedua pohon zaitun dalam Wah 11. Perhatikan bagaimana Why. menambahkan detail terhadap nubuatan terdahulu, dan bagaimana Wah 11:4, seperti Zakharia, menyatukan kandil emas dan kedua pohon zaitun. Setiap pasal saling mendukung dalam penafsirannya, tetapi tidak saling bertolak belakang. Yes 7:14 juga ditafsirkan serupa oleh Mat 1:22,23. Carilah dalam Alkitab contoh-contoh lainnya (Keluaran; Yunus; Imam Besar; Yesaya 53).

Garis Besar Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23 Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di a

[1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23

Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat
Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di atas seekor kuda merah
Zak 1:18-21Penglihatan kedua: empat tanduk
Zak 2:1-13Penglihatan ketiga: seorang laki-laki dengan tali pengukur
Zak 3:1-10Selingan: imam besar Yosua dituduh dan dibebaskan dari tuduhan
Zak 4:1-14Penglihatan keempat: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
Zak 5:1-4Penglihatan kelima: gulungan kitab yang terbang
Zak 5:5-11Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang
Zak 6:1-15Penglihatan ketujuh: empat kereta
Zak 7:1-14Tambahan: seruan untuk bertobat diulangi lagi dua tahun kemudian
Zak 8:1-23Hari depan Yerusalem yang gemilang

[2] KITAB NUBUATAN: I NUBUATAN TENTANG PENGHAKIMAN Zak 9:1-17

Zak 9:1-8Hukuman atas bangsa-bangsa
Zak 9:9-13Seorang Penyelamat untuk Sion
Zak 9:14-17Kedatangan Tuhan

[3] KITAB NUBUATAN: II PARA GEMBALA Zak 10:1-11:17

Zak 10:1-5Seorang gembala bagi Yehuda
Zak 10:6-12Domba-domba dikumpulkan
Zak 1:1-9Domba yang memilih kehancuran
Zak 11:10-17Menentukan harga seorang gembala

[4] KITAB NUBUATAN: III NUBUATAN TENTANG PENYELAMATAN Zak 12:1-13:9

Zak 12:1-9Yerusalem diselamatkan
Zak 12:10-14Jalan keselamatan: pertobatan
Zak 13:1-6Akibat penyelamatan: Yerusalem dibersihkan
Zak 13:7-9Cara penyelamatan: penderitaan sang gembala

[5] KITAB NUBUATAN: IV HARI TUHAN Zak 14:1-21

Zak 14:1-7Hari Tuhan: kegelapan
Zak 14:8-11Hari Tuhan: Tuhan adalah air kehidupan
Zak 14:12-19Hari Tuhan: penghakiman
Zak 14:20-21Hari Tuhan: kesucian
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 1.72 detik
dipersembahkan oleh YLSA