kecilkan semua  

Teks -- Yeremia 3:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pertobatan kepada TUHAN
3:1 Firman-Nya: "Jika seseorang menceraikan isterinya, lalu perempuan itu pergi dari padanya dan menjadi isteri orang lain, akan kembalikah laki-laki yang pertama kepada perempuan itu? Bukankah negeri itu sudah tetap cemar? Engkau telah berzinah dengan banyak kekasih, dan mau kembali kepada-Ku? demikianlah firman TUHAN. 3:2 Layangkanlah matamu ke bukit-bukit gundul dan lihatlah! Di manakah engkau tidak pernah ditiduri? Di pinggir jalan-jalan engkau duduk menantikan kekasih, seperti seorang Arab di padang gurun. Engkau telah mencemarkan negeri dengan zinahmu dan dengan kejahatanmu. 3:3 Sebab itu dirus hujan tertahan dan hujan pada akhir musim tidak datang. Tetapi dahimu adalah dahi perempuan sundal, engkau tidak mengenal malu. 3:4 Bukankah baru saja engkau memanggil Aku: Bapaku! Engkaulah kawanku sejak kecil! 3:5 Untuk selama-lamanyakah Ia akan murka atau menaruh dendam untuk seterusnya? Demikianlah katamu, namun engkau sedapat-dapatnya melakukan kejahatan."
Israel dan Yehuda diajak kembali kepada TUHAN
3:6 TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: "Sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun untuk bersundal di sana? 3:7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat oleh Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia. 3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal. 3:9 Dengan sundalnya yang sembrono itu maka ia mencemarkan negeri dan berzinah dengan menyembah batu dan kayu. 3:10 Juga dengan semuanya ini Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu, tidak kembali kepada-Ku dengan tulus hatinya, tetapi dengan pura-pura, demikianlah firman TUHAN." 3:11 Dan TUHAN berfirman kepadaku: "Israel, perempuan murtad itu, membuktikan dirinya lebih benar dari pada Yehuda, perempuan yang tidak setia itu. 3:12 Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya. 3:13 Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun, dan tidak mendengarkan suara-Ku, demikianlah firman TUHAN."
Umat yang akan datang di Sion
3:14 Kembalilah, hai anak-anak yang murtad, demikianlah firman TUHAN, karena Aku telah menjadi tuan atas kamu! Aku akan mengambil kamu, seorang dari setiap kota dan dua orang dari setiap keluarga, dan akan membawa kamu ke Sion. 3:15 Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku; mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian. 3:16 Apabila pada masa itu kamu bertambah banyak dan beranak cucu di negeri ini, demikianlah firman TUHAN, maka orang tidak lagi akan berbicara tentang tabut perjanjian TUHAN. Itu tidak lagi akan timbul dalam hati dan tidak lagi akan diingat orang; orang tidak lagi akan mencarinya atau membuatnya kembali. 3:17 Pada waktu itu Yerusalem akan disebut takhta TUHAN, dan segala bangsa akan berkumpul ke sana, demi nama TUHAN ke Yerusalem, dan mereka tidak lagi akan bertingkah langkah menurut kedegilan hatinya yang jahat. 3:18 Pada masa itu kaum Yehuda akan pergi kepada kaum Israel, dan mereka akan datang bersama-sama dari negeri utara ke negeri yang telah Kubagikan kepada nenek moyangmu menjadi milik pusaka. 3:19 Tadinya pikir-Ku: "Sungguh Aku mau menempatkan engkau di tengah-tengah anak-anak-Ku dan memberikan kepadamu negeri yang indah, milik pusaka yang paling permai dari bangsa-bangsa. Pikir-Ku, engkau akan memanggil Aku: Bapaku, dan tidak akan berbalik dari mengikuti Aku. 3:20 Tetapi sesungguhnya, seperti seorang isteri tidak setia terhadap temannya, demikianlah kamu tidak setia terhadap Aku, hai kaum Israel, demikianlah firman TUHAN. 3:21 Dengar! Di atas bukit-bukit gundul kedengaran tangis memohon-mohon dari anak-anak Israel, sebab mereka telah memilih jalan yang sesat, dan telah melupakan TUHAN, Allah mereka. 3:22 Kembalilah, hai anak-anak yang murtad! Aku akan menyembuhkan engkau dari murtadmu." "Inilah kami, kami datang kepada-Mu, sebab Engkaulah TUHAN, Allah kami. 3:23 Sesungguhnya, bukit-bukit pengorbanan adalah tipu daya, yakni keramaian di atas bukit-bukit itu! Sesungguhnya, hanya pada TUHAN, Allah kita, ada keselamatan Israel! 3:24 Tetapi berhala yang memalukan itu menelan segala hasil jerih lelah nenek moyang kita dari masa muda kita; kambing domba mereka dan lembu-lembu mereka, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka. 3:25 Maka biarlah kita berbaring dengan perasaan malu, dan biarlah noda kita menyelimuti kita, sebab kita telah berdosa kepada TUHAN, Allah kita, yakni kita dan nenek moyang kita dari masa muda kita sampai hari ini; dan kita tidak mendengarkan suara TUHAN, Allah kita."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Arab the entire region of the Arabian Peninsula, the Sinai Peninsula, the land of Edom, and all the land between the Jordan Valley and the Euphrates River (ZD).,a region of desert plains
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yosia the son who succeeded King Amon of Judah; the father of Jeconiah; an ancestor of Jesus,son and successor of Amon, King of Judah,son of Zephaniah; custodian of the temple treasures that were returned from Babylon


Topik/Tema Kamus: Mundur, Kemunduran | Orang Yahudi | Lupa, Melupakan Allah | Tobat, Pertobatan (Berpaling Kepada Tuhan) | Cerai, Perceraian (Perkawinan) | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Aku, Pengakuan Dosa | Orang Fasik | Murah, Kemurahan Allah | Sembah, Penyembahan Berhala | Yerusalem | Tritunggal | Selamat, Keselamatan | Orang Ismael | Kawin, Perkawinan | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Hamba-hamba Tuhan | Dosa | Nabi | Dekalog | Gurun (Padang) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yer 3:1-5 - ENGKAU TELAH BERZINAH. Nas : Yer 3:1-5 Berpalingnya Yehuda kepada dewa-dewa lain itu sama dengan perzinaan rohani terhadap Tuhan; ketidaksetiaan ini sering kali terungkap...

Nas : Yer 3:1-5

Berpalingnya Yehuda kepada dewa-dewa lain itu sama dengan perzinaan rohani terhadap Tuhan; ketidaksetiaan ini sering kali terungkap dalam bentuk kebejatan yang jasmaniah bila umat itu terlibat dalam upacara pelacuran di kuil. Kendatipun firman Allah kepada mereka melalui hamba-Nya Yeremia, umat itu terus hidup dalam kejahatan mereka. PB sering kali memperingatkan terhadap penyembahan berhala dan ketunasusilaan, agar orang yang hidup di bawah perjanjian yang baru tidak mengulangi kesalahan mereka yang hidup di bawah perjanjian yang lama (bd. 1Kor 6:9-11).

Full Life: Yer 3:6 - APA YANG DILAKUKAN ISRAEL ... MURTAD ITU? Nas : Yer 3:6 Israel, kerajaan utara, telah tidak setia kepada Allah; akibatnya, mereka dibawa tertawan ke Asyur pada tahun 722-721 SM. Yehuda, ker...

Nas : Yer 3:6

Israel, kerajaan utara, telah tidak setia kepada Allah; akibatnya, mereka dibawa tertawan ke Asyur pada tahun 722-721 SM. Yehuda, kerajaan selatan, seharusnya menarik pelajaran dari pengalaman tragis saudaranya, tetapi tidak demikian. Ia juga menyerahkan diri kepada perzinaan dan kejahatan rohani.

Full Life: Yer 3:12 - PERKATAAN-PERKATAAN INI KE UTARA. Nas : Yer 3:12 Sisa Israel yang hidup dalam pembuangan di Asyur diberi tahu bahwa mereka masih dapat bertobat. Allah tetap penuh belas kasihan dan ...

Nas : Yer 3:12

Sisa Israel yang hidup dalam pembuangan di Asyur diberi tahu bahwa mereka masih dapat bertobat. Allah tetap penuh belas kasihan dan tidak ingin menghukum terus. Yeremia kemudian bernubuat bahwa kaum sisa pada suatu hari akan kembali kepada Allah dan negeri perjanjian (ayat Yer 3:14).

Full Life: Yer 3:15 - GEMBALA-GEMBALA YANG SESUAI DENGAN HATI-KU. Nas : Yer 3:15 Yeremia melukiskan suatu hari ketika Israel akan mempunyai gembala-gembala yang hidup sesuai dengan firman Allah dan menyalurkan hid...

Nas : Yer 3:15

Yeremia melukiskan suatu hari ketika Israel akan mempunyai gembala-gembala yang hidup sesuai dengan firman Allah dan menyalurkan hidup melalui pemahaman akan firman itu. Karena mengenal hati Allah, mereka akan tahu bagaimana menggembalakan umat Allah. Jenis pengetahuan ini penting bagi para pemimpin untuk kekuatan rohani dan kemurnian moral umat Allah

(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

Full Life: Yer 3:16-19 - PADA MASA ITU. Nas : Yer 3:16-19 Di sini Yeremia bernubuat tentang zaman Mesias ketika Kristus akan memerintah umat-Nya. Tabut perjanjian, yang dahulu melambangka...

Nas : Yer 3:16-19

Di sini Yeremia bernubuat tentang zaman Mesias ketika Kristus akan memerintah umat-Nya. Tabut perjanjian, yang dahulu melambangkan kehadiran Allah, tidak akan diperlukan lagi karena Mesias akan hadir secara nyata. Yerusalem akan disebut Takhta Allah, dan semua bangsa akan menyembah Dia (ayat Yer 3:17).

Jerusalem: Yer 3:1-5 - -- Sajak ini diteruskan dalam Yes 3:19-4:4, sedangkan Yes 3:6-13,14-18 merupakan dua sisipan.

Sajak ini diteruskan dalam Yes 3:19-4:4, sedangkan Yes 3:6-13,14-18 merupakan dua sisipan.

Jerusalem: Yer 3:1 - FirmanNya Harafiah: Katanya: Pembukaan ini tidak ada dalam terjemahan Yunani dan Siria dan sebaik-baiknya dihilangkan saja

Harafiah: Katanya: Pembukaan ini tidak ada dalam terjemahan Yunani dan Siria dan sebaik-baiknya dihilangkan saja

Jerusalem: Yer 3:1 - menceraikan isterinya Ula 24:1-4 melarang untuk semacam itu. Agar supaya Israel, isteri Tuhan yang tidak setia, kembali kepada suaminya dan diperisteri lagi perlulah suatu ...

Ula 24:1-4 melarang untuk semacam itu. Agar supaya Israel, isteri Tuhan yang tidak setia, kembali kepada suaminya dan diperisteri lagi perlulah suatu karunia istimewa, bdk Yer 3:19 dst Yer 31:23; Hos 1:3.

Jerusalem: Yer 3:2 - bukit-bukit gundul Bdk Ul 12:2+

Bdk Ul 12:2+

Jerusalem: Yer 3:6-11 - -- Bagian ini berasal dari masa pemerintahan raja Yosia dan agaknya diucapkan nabi Yeremia setelah raja itu mulai pembaharuan agama pada th 621. Jelaslah...

Bagian ini berasal dari masa pemerintahan raja Yosia dan agaknya diucapkan nabi Yeremia setelah raja itu mulai pembaharuan agama pada th 621. Jelaslah Yeremia tetap menaruh pengharapan bahwa kerajaan Israel akan di pulihkan, bdk Yer 30:1-31:22. Rupanya nubuat Yeremia ini mempengaruhi Yeh 23.

Jerusalem: Yer 3:8 - Dilihatnya Ini menurut satu naskah Ibrani dan beberapa naskah terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah-naskah lain tertulis: Kulihat.

Ini menurut satu naskah Ibrani dan beberapa naskah terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah-naskah lain tertulis: Kulihat.

Jerusalem: Yer 3:13 - orang-orang asing artinya: dewa-dewa kafir Yeremia berpikir kepada campuran agama yang bersimaharajalela di zaman pemerintahan raja Manasye dan Amon.

artinya: dewa-dewa kafir Yeremia berpikir kepada campuran agama yang bersimaharajalela di zaman pemerintahan raja Manasye dan Amon.

Jerusalem: Yer 3:14-18 - -- Nubuat ini mengandaikan bahwa negeri Yehuda (termasuk kota Yerusalem) telah direbut dan penduduknya masuk pembuangan pada th 587.

Nubuat ini mengandaikan bahwa negeri Yehuda (termasuk kota Yerusalem) telah direbut dan penduduknya masuk pembuangan pada th 587.

Jerusalem: Yer 3:14 - seorang dari setiap kota Bdk Yes 4:3+.

Bdk Yes 4:3+.

Jerusalem: Yer 3:16 - tabut perjanjian Rupanya tabut perjanjian dibakar habis oleh orang Babel pada th 587. Di masa mendatang seluruh Yerusalem menjadi takhta Tuhan, seperti dahulu tabut it...

Rupanya tabut perjanjian dibakar habis oleh orang Babel pada th 587. Di masa mendatang seluruh Yerusalem menjadi takhta Tuhan, seperti dahulu tabut itu merupakan takhtaNya, Kel 25:10+; 2Sa 6:7. Karena itu sebuah tabut perjanjian yang baru tidak akan dibuat lagi.

Jerusalem: Yer 3:17 - segala bangsa akan berkumpul Bdk Yes 45:14+.

Bdk Yes 45:14+.

Jerusalem: Yer 3:18 - datang bersama-sama Para nabi menubuatkan bahwa pada zaman Mesias kelak kedua bagian umat Israel akan bersatu kembali, sama seperti bersatu pada masa raja Daud dan Salomo...

Para nabi menubuatkan bahwa pada zaman Mesias kelak kedua bagian umat Israel akan bersatu kembali, sama seperti bersatu pada masa raja Daud dan Salomo, Yer 23:5-6; 31:1; Yes 11:13-14; Yeh 37:15-27; Hos 1:11; Mik 2:12; Zak 9:10.

Jerusalem: Yer 3:19--4:4 - -- Bagian ini melanjutkan sajak tentang pertobatan yang dimulai pada Yer 3:1-5. Apa yang menurut hukum mustahil, Yer 3:1+, menjadi mungkin oleh karena ka...

Bagian ini melanjutkan sajak tentang pertobatan yang dimulai pada Yer 3:1-5. Apa yang menurut hukum mustahil, Yer 3:1+, menjadi mungkin oleh karena kasih karunia Tuhan.

Jerusalem: Yer 3:19 - di tengah-tengah anak-anakKu Bdk Ula 1:31; 7:6+.

Jerusalem: Yer 3:21 - tangis memohon-mohon Ini langsung bertentangan dengan apa yang dilakukan Israel di bukit-bukit itu menurut Yer 3:2.

Ini langsung bertentangan dengan apa yang dilakukan Israel di bukit-bukit itu menurut Yer 3:2.

Jerusalem: Yer 3:24 - berhala yang memalukan Dalam naskah Ibrani hanya terbaca: malu (atau: yang memalukan). Yang dimaksud ialah dewa Baal, bdk Yer 11:13. Ia "menelan" hasil jerih lelah orang Isr...

Dalam naskah Ibrani hanya terbaca: malu (atau: yang memalukan). Yang dimaksud ialah dewa Baal, bdk Yer 11:13. Ia "menelan" hasil jerih lelah orang Israel oleh karena berupa korban dipersembahkan kepadanya.

Ende: Yer 2:1--4:4 - -- Nubuat2 jang terkumpul disini mengenai chususnja Israil, keradjaan utara, jang sedjak 721 dalam pembuangan.

Nubuat2 jang terkumpul disini mengenai chususnja Israil, keradjaan utara, jang sedjak 721 dalam pembuangan.

Endetn: Yer 3:1 - (Sabda Jahwe... disampaikan kepadaku) ditambahkan menurut kiraan.

ditambahkan menurut kiraan.

Endetn: Yer 3:4 - ketika itupun diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mulai sekarang"

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mulai sekarang"

Endetn: Yer 3:5 - Demikianlah diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Lihatlah (sesungguhnja)".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Lihatlah (sesungguhnja)".

Endetn: Yer 3:6 - ia diperbaiki. Tertulis (salah): "engkau".

diperbaiki. Tertulis (salah): "engkau".

Endetn: Yer 3:8 - (dilihat)nja diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan beberapa naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "Kulihat".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan beberapa naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "Kulihat".

Endetn: Yer 3:12 - kepadamu diperbaiki menurut maknanja. Tertulis: "kepada kamu" (djamak, tidak tjotjok dengan: hai Israil).

diperbaiki menurut maknanja. Tertulis: "kepada kamu" (djamak, tidak tjotjok dengan: hai Israil).

Endetn: Yer 3:17 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "di Jerusjalem".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "di Jerusjalem".

Endetn: Yer 3:19 - mereka (2X), diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere), terdjemahan Latin (Vgl.) dan keterangan Jahudi (Targum). Tertulis: "kamu".

(2X), diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere), terdjemahan Latin (Vgl.) dan keterangan Jahudi (Targum). Tertulis: "kamu".

Endetn: Yer 3:20 - Memang, seperti diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Tertulis: "Makanja, bila".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Tertulis: "Makanja, bila".

Endetn: Yer 3:20 - mendjadi diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Tertulis: "kamu mendjadi".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.). Tertulis: "kamu mendjadi".

Endetn: Yer 3:23 - (itu) ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

Ref. Silang FULL: Yer 3:1 - seseorang menceraikan // tetap cemar // banyak kekasih // kembali kepada-Ku · seseorang menceraikan: Ul 24:1-4 · tetap cemar: Kej 3:17; Kej 3:17 · banyak kekasih: 2Raj 16:7; 2Raj 16:7; Yes 1:21; Yes 1:21; ...

· seseorang menceraikan: Ul 24:1-4

· tetap cemar: Kej 3:17; [Lihat FULL. Kej 3:17]

· banyak kekasih: 2Raj 16:7; [Lihat FULL. 2Raj 16:7]; Yes 1:21; [Lihat FULL. Yes 1:21]; Yer 2:20,25; 4:30; Rat 1:2; Yeh 16:26,29; Hos 2:4,11; 3:1

· kembali kepada-Ku: Hos 2:6

Ref. Silang FULL: Yer 3:2 - ke bukit-bukit // pinggir jalan-jalan // mencemarkan negeri // dengan zinahmu · ke bukit-bukit: Yer 3:21 · pinggir jalan-jalan: Kej 38:14; Yeh 16:25 · mencemarkan negeri: Yer 3:9 · dengan zinahmu: Bil...

· ke bukit-bukit: Yer 3:21

· pinggir jalan-jalan: Kej 38:14; Yeh 16:25

· mencemarkan negeri: Yer 3:9

· dengan zinahmu: Bil 15:39; [Lihat FULL. Bil 15:39]; Yes 1:21; [Lihat FULL. Yes 1:21]

Ref. Silang FULL: Yer 3:3 - hujan tertahan // dan hujan // Tetapi dahimu // mengenal malu · hujan tertahan: Im 26:19; Yer 5:25; Am 4:7 · dan hujan: Ul 11:14; Ul 11:14; Yer 14:4; Yoel 1:10 · Tetapi dahimu: Yeh 3:7; 16:30...

· hujan tertahan: Im 26:19; Yer 5:25; Am 4:7

· dan hujan: Ul 11:14; [Lihat FULL. Ul 11:14]; Yer 14:4; Yoel 1:10

· Tetapi dahimu: Yeh 3:7; 16:30

· mengenal malu: Yer 6:15; 8:12; Zef 2:1; 3:5

Ref. Silang FULL: Yer 3:4 - Aku: Bapaku // sejak kecil · Aku: Bapaku: Yer 3:19; Ul 32:6; Ul 32:6; Mazm 89:27; Mazm 89:27; Yes 63:16; 64:8; Yer 31:9 · sejak kecil: Yer 2:2; Yer 2:2

· Aku: Bapaku: Yer 3:19; Ul 32:6; [Lihat FULL. Ul 32:6]; Mazm 89:27; [Lihat FULL. Mazm 89:27]; Yes 63:16; 64:8; Yer 31:9

· sejak kecil: Yer 2:2; [Lihat FULL. Yer 2:2]

Ref. Silang FULL: Yer 3:5 - akan murka · akan murka: Mazm 103:9; Mazm 103:9; Yes 54:9; Yes 54:9

· akan murka: Mazm 103:9; [Lihat FULL. Mazm 103:9]; Yes 54:9; [Lihat FULL. Yes 54:9]

Ref. Silang FULL: Yer 3:6 - raja Yosia // perempuan murtad // setiap pohon // untuk bersundal · raja Yosia: 1Taw 3:14; 1Taw 3:14 · perempuan murtad: Yer 3:12,22; Yes 24:16; Yes 24:16; Yer 31:22; 49:4 · setiap pohon: Ul 12:2...

· raja Yosia: 1Taw 3:14; [Lihat FULL. 1Taw 3:14]

· perempuan murtad: Yer 3:12,22; Yes 24:16; [Lihat FULL. Yes 24:16]; Yer 31:22; 49:4

· setiap pohon: Ul 12:2; [Lihat FULL. Ul 12:2]; Yer 17:2; Yeh 20:28; Hos 4:13

· untuk bersundal: Im 17:7; [Lihat FULL. Im 17:7]; Yer 2:20

Ref. Silang FULL: Yer 3:7 - telah dilihat // saudaranya perempuan · telah dilihat: Am 4:8 · saudaranya perempuan: Yeh 16:46; 23:2,11

· telah dilihat: Am 4:8

· saudaranya perempuan: Yeh 16:46; 23:2,11

Ref. Silang FULL: Yer 3:8 - menceraikan Israel // surat cerai // tidak takut · menceraikan Israel: Yer 11:10 · surat cerai: Ul 4:27; Ul 4:27; Ul 24:1; Ul 24:1 · tidak takut: Yeh 16:47; 23:11

· menceraikan Israel: Yer 11:10

· surat cerai: Ul 4:27; [Lihat FULL. Ul 4:27]; Ul 24:1; [Lihat FULL. Ul 24:1]

· tidak takut: Yeh 16:47; 23:11

Ref. Silang FULL: Yer 3:9 - mencemarkan negeri // dan berzinah // menyembah batu // dan kayu · mencemarkan negeri: Yer 3:2 · dan berzinah: Im 17:7; Im 17:7; Yes 1:21; Yes 1:21 · menyembah batu: Yes 57:6; Yes 57:6 · ...

· mencemarkan negeri: Yer 3:2

· dan berzinah: Im 17:7; [Lihat FULL. Im 17:7]; Yes 1:21; [Lihat FULL. Yes 1:21]

· menyembah batu: Yes 57:6; [Lihat FULL. Yes 57:6]

· dan kayu: Yer 2:27

Ref. Silang FULL: Yer 3:10 - tidak kembali // dengan pura-pura // firman Tuhan · tidak kembali: Yes 31:6; Am 4:9; Hag 2:18 · dengan pura-pura: Yer 12:2; Yeh 33:31 · firman Tuhan: 2Raj 17:19; 2Raj 17:19

· tidak kembali: Yes 31:6; Am 4:9; Hag 2:18

· dengan pura-pura: Yer 12:2; Yeh 33:31

· firman Tuhan: 2Raj 17:19; [Lihat FULL. 2Raj 17:19]

Ref. Silang FULL: Yer 3:11 - lebih benar // pada Yehuda // yang tidak · lebih benar: Yeh 16:52; 23:11 · pada Yehuda: Yer 2:19; Yer 2:19 · yang tidak: Yer 3:7

· lebih benar: Yeh 16:52; 23:11

· pada Yehuda: Yer 2:19; [Lihat FULL. Yer 2:19]

· yang tidak: Yer 3:7

Ref. Silang FULL: Yer 3:12 - ke utara // katakanlah: Kembalilah // perempuan murtad // murah hati // akan murka · ke utara: 2Raj 17:3-6 · katakanlah: Kembalilah: Yer 3:14; Ul 4:30; Ul 4:30; Yer 31:21,22; Yeh 14:6; 33:11; Hos 14:2 · perempuan...

· ke utara: 2Raj 17:3-6

· katakanlah: Kembalilah: Yer 3:14; Ul 4:30; [Lihat FULL. Ul 4:30]; Yer 31:21,22; Yeh 14:6; 33:11; Hos 14:2

· perempuan murtad: Yer 3:6; [Lihat FULL. Yer 3:6]

· murah hati: 1Raj 3:26; [Lihat FULL. 1Raj 3:26]; Mazm 6:3; [Lihat FULL. Mazm 6:3]

· akan murka: Mazm 103:9; [Lihat FULL. Mazm 103:9]; Yes 54:9; [Lihat FULL. Yes 54:9]

Ref. Silang FULL: Yer 3:13 - Hanya akuilah // orang-orang asing // setiap pohon // tidak mendengarkan · Hanya akuilah: Ul 30:1-3; Yer 14:20; 1Yoh 1:9 · orang-orang asing: Yer 2:25; Yer 2:25 · setiap pohon: Ul 12:2; Ul 12:2 ·...

· Hanya akuilah: Ul 30:1-3; Yer 14:20; 1Yoh 1:9

· orang-orang asing: Yer 2:25; [Lihat FULL. Yer 2:25]

· setiap pohon: Ul 12:2; [Lihat FULL. Ul 12:2]

· tidak mendengarkan: Yer 3:25; Yer 22:21

Ref. Silang FULL: Yer 3:14 - Kembalilah // menjadi tuan · Kembalilah: Yer 3:12; Yer 3:12; Ayub 22:23; Ayub 22:23; Yer 4:1 · menjadi tuan: Yes 54:5; Yes 54:5

· Kembalilah: Yer 3:12; [Lihat FULL. Yer 3:12]; Ayub 22:23; [Lihat FULL. Ayub 22:23]; Yer 4:1

· menjadi tuan: Yes 54:5; [Lihat FULL. Yes 54:5]

Ref. Silang FULL: Yer 3:15 - bagimu gembala-gembala // dengan hati-Ku · bagimu gembala-gembala: Yes 31:4; Yes 31:4 · dengan hati-Ku: Kis 13:22

· bagimu gembala-gembala: Yes 31:4; [Lihat FULL. Yes 31:4]

· dengan hati-Ku: Kis 13:22

Ref. Silang FULL: Yer 3:16 - tabut perjanjian // akan diingat · tabut perjanjian: Bil 3:31; Bil 3:31; 1Taw 15:25; 1Taw 15:25 · akan diingat: Yes 65:17; Yes 65:17

· tabut perjanjian: Bil 3:31; [Lihat FULL. Bil 3:31]; 1Taw 15:25; [Lihat FULL. 1Taw 15:25]

· akan diingat: Yes 65:17; [Lihat FULL. Yes 65:17]

Ref. Silang FULL: Yer 3:17 - disebut takhta // segala bangsa // sana, demi // kedegilan hatinya · disebut takhta: Mazm 47:9; Mazm 47:9; Yer 17:12; 33:16; Yeh 1:26; 43:7; 48:35 · segala bangsa: Yes 2:3; Yes 2:3; Mi 4:1 · sana,...

· disebut takhta: Mazm 47:9; [Lihat FULL. Mazm 47:9]; Yer 17:12; 33:16; Yeh 1:26; 43:7; 48:35

· segala bangsa: Yes 2:3; [Lihat FULL. Yes 2:3]; Mi 4:1

· sana, demi: Mazm 22:24; [Lihat FULL. Mazm 22:24]; Yer 13:11; 33:9

· kedegilan hatinya: Mazm 81:13; Yer 7:24; 9:14; 11:8; 13:10; 16:12; 18:12

Ref. Silang FULL: Yer 3:18 - kaum Israel // datang bersama-sama // negeri utara // ke negeri · kaum Israel: Yer 30:3; Yeh 37:19 · datang bersama-sama: Yes 11:13; Yes 11:13; Yer 50:4 · negeri utara: Yer 16:15; 31:8 ·...

· kaum Israel: Yer 30:3; Yeh 37:19

· datang bersama-sama: Yes 11:13; [Lihat FULL. Yes 11:13]; Yer 50:4

· negeri utara: Yer 16:15; 31:8

· ke negeri: Ul 31:7; Yes 14:1; [Lihat FULL. Yes 14:1]; Yeh 11:17; 37:22; Am 9:15

Ref. Silang FULL: Yer 3:19 - kepadamu negeri // milik pusaka // Aku: Bapaku · kepadamu negeri: Ul 8:7; Ul 8:7 · milik pusaka: Mazm 106:24; Yeh 20:6 · Aku: Bapaku: Yer 3:4; Yer 3:4; Kel 4:22; Kel 4:22; 2Sam...

· kepadamu negeri: Ul 8:7; [Lihat FULL. Ul 8:7]

· milik pusaka: Mazm 106:24; Yeh 20:6

· Aku: Bapaku: Yer 3:4; [Lihat FULL. Yer 3:4]; Kel 4:22; [Lihat FULL. Kel 4:22]; 2Sam 7:14; [Lihat FULL. 2Sam 7:14]

Ref. Silang FULL: Yer 3:20 - tidak setia · tidak setia: Yes 24:16; Yes 24:16

· tidak setia: Yes 24:16; [Lihat FULL. Yes 24:16]

Ref. Silang FULL: Yer 3:21 - atas bukit-bukit // kedengaran tangis // telah melupakan · atas bukit-bukit: Yer 3:2 · kedengaran tangis: Yer 31:18 · telah melupakan: Yes 57:11; Yes 57:11

· atas bukit-bukit: Yer 3:2

· kedengaran tangis: Yer 31:18

· telah melupakan: Yes 57:11; [Lihat FULL. Yes 57:11]

Ref. Silang FULL: Yer 3:22 - Kembalilah // akan menyembuhkan // dari murtadmu · Kembalilah: Yer 3:12; Yer 3:12; Ayub 22:23; Ayub 22:23 · akan menyembuhkan: Yes 30:26; Yes 30:26; Yes 57:18; Yer 33:6; Hos 6:1 &middo...

· Kembalilah: Yer 3:12; [Lihat FULL. Yer 3:12]; Ayub 22:23; [Lihat FULL. Ayub 22:23]

· akan menyembuhkan: Yes 30:26; [Lihat FULL. Yes 30:26]; Yes 57:18; Yer 33:6; Hos 6:1

· dari murtadmu: Yer 2:19; [Lihat FULL. Yer 2:19]

Ref. Silang FULL: Yer 3:23 - atas bukit-bukit // ada keselamatan · atas bukit-bukit: Yer 2:20; Yer 2:20 · ada keselamatan: Mazm 3:9; Yer 17:14

· atas bukit-bukit: Yer 2:20; [Lihat FULL. Yer 2:20]

· ada keselamatan: Mazm 3:9; Yer 17:14

Ref. Silang FULL: Yer 3:24 - yang memalukan · yang memalukan: Yer 11:13; Hos 9:10

· yang memalukan: Yer 11:13; Hos 9:10

Ref. Silang FULL: Yer 3:25 - perasaan malu // telah berdosa // nenek moyang // masa muda // tidak mendengarkan · perasaan malu: Ezr 9:6; Ezr 9:6; Yer 31:19; Dan 9:7 · telah berdosa: Hak 10:10; Hak 10:10; 1Raj 8:47; 1Raj 8:47 · nenek moyang:...

· perasaan malu: Ezr 9:6; [Lihat FULL. Ezr 9:6]; Yer 31:19; Dan 9:7

· telah berdosa: Hak 10:10; [Lihat FULL. Hak 10:10]; 1Raj 8:47; [Lihat FULL. 1Raj 8:47]

· nenek moyang: Yer 14:20

· masa muda: Mazm 25:7; [Lihat FULL. Mazm 25:7]; Yer 22:21; [Lihat FULL. Yer 22:21]

· tidak mendengarkan: Yer 3:13; [Lihat FULL. Yer 3:13]; Yeh 2:3

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yer 3:1-5 - Kejahatan Israel Pasal sebelumnya seluruhnya diisi dengan teguran dan ancaman terhadap umat Allah, karena mereka murtad terhadap Dia. Namun dalam pasal ini ajaka...

Matthew Henry: Yer 3:6-11 - Penyembahan Berhala Israel; Pengkhianatan Yehuda Penyembahan Berhala Israel; Pengkhianatan Yehuda (3:6-11) Tanggal khotbah ini harus diperhatikan, supaya dapat memahaminya dengan tepat. Khotbah ...

Matthew Henry: Yer 3:12-19 - Dorongan untuk Bertobat Dorongan untuk Bertobat (3:12-19) Di sini terdapat banyak sekali hal berkenaan dengan Injil dalam ayat-ayat ini, baik yang selalu injili, yaitu k...

Matthew Henry: Yer 3:20-25 - Israel Kembali kepada Allah; Israel Dikuatkan dalam Kembalinya Mereka Israel Kembali kepada Allah; Israel Dikuatkan dalam Kembalinya Mereka (3:20-25) Inilah, I. Dakwaan yang Allah ajukan terhadap Israel ka...

SH: Yer 3:1-13 - Kerohanian bunglon (Selasa, 29 Agustus 2000) Kerohanian bunglon Firman yang tercatat dalam perikop ini diberitakan pada saat raja Yosia mengadakan pembaharuan rohani bangsanya. Pembaharuan ...

SH: Yer 3:1-13 - Khianat yang laknat (Selasa, 17 Oktober 2006) Khianat yang laknat Penjahat yang paling keji adalah dia yang dari luar kelihatan alim, ternyata penuh tipu muslihat. Bahkan orang terdekat pun ...

SH: Yer 3:1-13 - Dimurkai, tetapi dirakhmati (Sabtu, 23 Agustus 2014) Dimurkai, tetapi dirakhmati Suasana muram dan kecaman yang disampaikan Tuhan mengenai umat-Nya masih berlanjut dalam bagian yang kita baca hari ini. ...

SH: Yer 3:1-13 - Dengarlah Seruan Pertobatan (Sabtu, 22 Januari 2022) Dengarlah Seruan Pertobatan Kerajaan Israel setelah pemerintahan Salomo mengalami perpecahan. Kerajaan Israel di Utara, dan kerajaan Yehuda di Selata...

SH: Yer 3:6-25 - Baca Gali Alkitab 8 (Sabtu, 23 Agustus 2014) Baca Gali Alkitab 8 Apa saja yang Anda baca? 1. Dengan apakah Allah membandingkan kerajaan utara, yaitu Israel, dan kerajaan selatan, yaitu Yehuda? ...

SH: Yer 3:14-25 - Pertobatan sejati bukan gampang tapi harus (Rabu, 30 Agustus 2000) Pertobatan sejati bukan gampang tapi harus Ada sebuah anekdot yang beredar di masyarakat kita yang menyatakan demikian: mengapa orang-orang bisa...

SH: Yer 3:14-25 - Menyuarakan isi hati Allah (Rabu, 18 Oktober 2006) Menyuarakan isi hati Allah Tidak mudah menjadi hamba Tuhan di tengah-tengah kedegilan umat. Tidak jarang hamba-hamba Tuhan justru tergelincir me...

SH: Yer 3:14--4:4 - Dipulihkan untuk saling memberkati (Senin, 25 Agustus 2014) Dipulihkan untuk saling memberkati Seruan pertobatan masih dilanjutkan dalam bacaan hari ini. Namun, di antara kecaman yang dilontarkan kepada umat y...

SH: Yer 3:14--4:4 - Kembalilah kepada Allah (Minggu, 23 Januari 2022) Kembalilah kepada Allah Banyak hasil penelitian mengatakan bahwa ikatan cinta kasih antara anak dan orang tua adalah bentuk ikatan yang teramat kuat....

Topik Teologia: Yer 3:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Yer 3:4 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Te...

Topik Teologia: Yer 3:10 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Munafik Maz 5:10 Maz 52:5 Yes 29:13 Yer 3:10 Yeh 3...

Topik Teologia: Yer 3:12 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Murah Hati Kel 33:19 Ula 4:31 Ula 13:17-18 Neh 9:31 Maz 25:6 Maz 78:38 Ye...

Topik Teologia: Yer 3:13 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: Yer 3:14 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Suami Yes 54:5 Ye...

Topik Teologia: Yer 3:17 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Umat Meresponi Nama Ilahi itu Mere...

Topik Teologia: Yer 3:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keselamatan Adopsi Peringatan bagi Anak-anak Allah Kita Harus Menaati Allah Ula 26:18 ...

Topik Teologia: Yer 3:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Identifikasi Israel sebagai Sa...

Topik Teologia: Yer 3:21 - -- Dosa Menyalahgunakan Hukum Allah Ayu 33:27 Ams 12:8 Yer 3:21 Yeh 18:24 Melupakan Allah Ula 8:11-14 Ula 32:...

Topik Teologia: Yer 3:22 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Menjauh dari Allah Maz 14:3 Maz 58:4 Maz 78:57 Maz 95:10 Maz 119:21...

Topik Teologia: Yer 3:23 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Allah (Ibr.: Elohim) Kej 1:1-2,27-...

Topik Teologia: Yer 3:25 - -- Keselamatan Pertobatan Natur Pertobatan Pertobatan adalah Perpalingan Hati dari Dosa kepada Allah Pertobatan Disadari Me...

TFTWMS: Yer 3:1-5 - Tuduhan Terhadap Kemesuman Yehuda TUDUHAN TERHADAP KEMESUMAN YEHUDA (Yeremia 3:1-5) Kemurnian dan kenikmatan perkawinan sudah selalu menjadi penekanan dalam hidup di dunia. Menyia-nyi...

TFTWMS: Yer 3:6-11 - Perbandingan Dengan Israel PERBANDINGAN DENGAN ISRAEL (Yeremia 3:6-11) Di setiap tempat yang tinggi dan di bawah setiap pohon yang rimbun suku-suku utara Israel, sebagai pelacu...

TFTWMS: Yer 3:12-22 - Seruan Untuk Bertobat SERUAN UNTUK BERTOBAT (Yeremia 3:12-22a) Tuhan mengetengahkan tuduhan lipat lima terhadap Israel: 1. 'Kembalilah, hai Israel, perempuan murt...

TFTWMS: Yer 3:22 - Pengakuan Tanpa Perbaikan PENGAKUAN TANPA PERBAIKAN (Yeremia 3:22b—4:2) Bagian akhir dari ayat 22 memulai sebuah pengakuan lisan yang tampaknya menunjukkan penyesalan yang s...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yeremia Tema : Hukuman Allah Tidak Terelakkan bagi Yehuda yang Tidak Bertobat. Tanggal Penulisan: + ...

Full Life: Yeremia (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yeremia (Yer 1:1-19) II. Firman Nubuat Yeremia Kepada Yehuda (Yer 2:1-33:...

Matthew Henry: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti surat-surat kerasulan dalam Perjanjian Baru, ditempatkan lebih menurut panjang pendeknya daripada m...

Jerusalem: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA Nabi Yeremia lahir di sekitar thn. 650 seb. Mas., lebih kurang seabad lebih sedikit sesudah nabi Yesaya. Yeremia berasal dari sebuah keluarga ...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) JEREMIAH PENDAHULUAN Didjaman terachir dari sedjarah umat Allah sebelum api penjutjian jang berupa pembuangannja ke Babel dalam th.587, karunia kenabi...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Yeremia 3:1-4:2 DOSA YEHUDA DISAMAKAN DENGAN DOSA ISRAEL Himbauan Allah dalam pasal 2 berlanjut dalam pasal 3. Himbauan ini dimulai dengan penalaran...

TFTWMS: Yeremia (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Perhatikan bahwa 'Israel' dalam pelajaran ini mengacu kepada kerajaan utara yang dihancurkan pada tahun 721 S. M. oleh A...

BIS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA PENGANTAR Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja

YEREMIA

PENGANTAR

Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja sebagai nabi, dan selama waktu itu ia selalu memperingatkan umat Allah tentang bencana yang akan menimpa mereka karena mereka berdosa dan menyembah berhala. Nubuatan itu menjadi kenyataan pada masa Yeremia masih hidup: Nebukadnezar raja Babel merebut dan menghancurkan Yerusalem serta Rumah TUHAN yang ada di situ; raja Yehuda bersama rakyatnya diangkut ke Babel. Yeremia juga menubuatkan bahwa orang-orang itu akan kembali dari pembuangan dan keadaan bangsa Israel pulih kembali.

Buku Yeremia dapat dibagi dalam beberapa bagian seperti yang berikut ini:

  1. (1) Pesan dari TUHAN kepada bangsa Yehuda dan penguasa-penguasanya pada masa pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia.
  2. (2) Petikan-petikan dari buku catatan Barukh sekretaris Yeremia, termasuk berbagai nubuatan dan peristiwa penting dalam kehidupan Yeremia.
  3. (3) Pesan dari TUHAN tentang berbagai bangsa asing.
  4. (4) Catatan pelengkap mengenai kisah jatuhnya Yerusalem dan pembuangan ke Babel.

Nabi Yeremia adalah seorang yang berperasaan halus. Ia sangat cinta kepada bangsanya, dan sama sekali tidak suka menubuatkan hukuman ke atas mereka. Di dalam beberapa bagian dari bukunya ia berbicara dengan penuh perasaan tentang penderitaannya karena ia dipanggil oleh Allah untuk menjadi nabi. Perkataan TUHAN adalah seperti api di dalam hatinya; mau tidak mau ia harus menyampaikannya kepada bangsanya.

Yang paling indah dalam buku ini ialah kata-kata TUHAN yang menunjuk kepada suatu masa yang akan datang. Pada masa itu akan ada suatu ikatan janji yang baru dengan Allah. Umat TUHAN akan mentaati janji itu tanpa ada guru yang mengingatkan mereka. Sebab janji itu akan tertulis di dalam hati mereka (Yer 31:31-34).

Isi

  1.  Panggilan Yeremia
    Yer 1:1-19
  2.  Nubuat-nubuat selama pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia
    Yer 2:1-25:38
  3.  Kejadian-kejadian dalam kehidupan Yeremia
    Yer 26:1-45:5
  4.  Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa
    Yer 46:1-51:64
  5.  Jatuhnya Yerusalem
    Yer 52:1-34

Ajaran: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia ad

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia adalah Allah Yang Maha Pengampun terhadap anak-anak-Nya yang mau bertobat dari dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yeremia.

Isi Kitab: Kitab Yeremia terbagi atas 52 pasal, yang berisi hal sejarah pemberitaan penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel karena ketidaktaatannya dan pemberitaan tentang kelahiran Raja, tunas dari Daud serta keadaan dalam pemerintahannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yeremia

  1. Pasal 1 (Yer 1:1-19).

    Yeremia dipanggil menjadi hamba Allah

    Pendalaman

    Perhatikan pasal 1; Yer 1:1-19 dan apakah yang terjadi dengan Yeremia?

  2. Pasal 2-25 (Yer 2:1-25:38).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan Yehuda

    1. Allah mencela kejahatan bangsa Yehuda. (Pasal 2-10; Yer 2:1-10:25).
    2. Penganiayaan terhadap Yeremia di Anatot. (Pasal 11; Yer 11:1-23).
    3. Yeremia memberitakan kejahatan dan dosa bangsa Yehud (Pasal 13-20; Yer 13:1-20:18).
    4. Pemberitaan tentang pembuangan bangsa Yehuda ke Babe selama 71 tahun (Pasal 25; Yer 25:1-38).

    Pendalaman

    Mengapakah bangsa Israel dihukum Allah dan ke manakah mereka akan dibuang? (perhatikan pasal 25; Yer 25:1-38).

  3. Pasal 26-45 (Yer 26:1-45:5).

    Penjelasan tentang pelayanan Yeremia

    1. Yeremia memberitakan kehancuran Bait Suci dan penganiayaan ole Hananya terhadap dirinya (pasal 26-29; Yer 26:1-29:32).
    2. Yeremia memberitahukan janji Allah tentang pemulihan keadaan bangs Israel, serta diperbaharuinya janji Allah kepada bangsa Israel (pasa 30- 34; Yer 30:1-34:22).
    3. Yeremia dimasukkan ke dalam sumur karena pemberitaannya (pasal 37-39 Yer 37:1-39:18).
    4. Yeremia terpaksa ikut mengungsi ke Mesir (pasal 40-45; Yer 40:1-45:5).

    Pendalaman

    (1). Perhatikan pasal Yer 31:31-34. Apakah yang dikatakan tentang Perjanjian Baru? (2). Mengapakah Yeremia dimasukkan ke dalam sumur? (pasal Yer 37:1-6) (3). Dan apa yang terjadi selanjutnya? (pasal Yer 43:1-7).

  4. Pasal 46-51 (Yer 46:1-51:64).

    Pemberitaan tentang masa depan bangsa-bangsa lain.

    1. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa-bangsa Mesir, Filistin Moab, Amon, Edom, Damsyik (pasal 46-49; Yer 46:1-49:39).
    2. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa Babe (pasal 50-51; Yer 50:1-51:64).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yer 46:27-28. Apakah yang terjadi atas bangsa-bangsa Mesir, Filistin, Moab, Amon, Edom, Damsyik, Babel, dan juga atas bangsa Israel?

  5. Pasal 52 (Yer 52:1-34).

    Pemberitaan tentang kehancuran kota suci di Yerusalem.

    Pendalaman Apakah sebabnya kota Yerusalem dihancurkan? (bacalah pasal Yer 52:1-3).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa di dalam melayani dan menjadi hamba Allah kita tidak terlepas dari penderitaan dan aniaya.

  2. Panggilan Yeremia mengajarkan bahwa Allah mau memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya dengan sepenuh waktu.

  3. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak- anak-Nya, tetapi Ia mengampuni anak-anak-Nya yang mau bertobat dari kesalahannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yeremia?
  2. Apakah isi Kitab Yeremia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yeremia?

Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Kesia-siaan formalitas MASALAH NUBUATANKitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

Kesia-siaan formalitas

MASALAH NUBUATAN
Kitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

PENJELASAN
Pertama, tidak ada alasan mengapa suatu buku harus dibuat dalam urutan kronologis yang teratur. Kitab ini tidak dimaksudkan sebagai buku sejarah, walaupun berisi fakta-fakta sejarah. Yeremia merupakan kitab nubuatan, bukan semata-mata buku sejarah. Kedua, dalam pasal Yer 36 diterangkan bahwa telah terjadi penulisan kembali dari kitab aslinya. Raja Yoyakim membaca naskah aslinya, tetapi kemudian dibakarnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pasal Yer 1:1-20:18 kebanyakan ditulis pada masa pemerintahan Yosia dan sisanya dari masa pemerintahan Yoyakim, yaitu Yoyakim dan Zedekia. Selain itu, bagian pertama terutama berisi nubuatan ditambah dengan sedikit biografi dan sejarah, tetapi bagian kedua merupakan biografi dan sejarah ditambah sedikit nubuatan.

KEHIDUPAN DAN ZAMAN YEREMIA
Yeremia menjadi nabi selama lebih dari empat puluh tahun: dari tahun ketiga belas Raja Yosia, yaitu tahun 627 SM sampai penghancuran kota Yerusalem dan permulaan masa pengasingan dalam tahun 587/6 SM. Yeremia dibesarkan pada masa pemerintahan Raja Manasye yang membelot dari Tuhan, dan melihat sedikit perbaikan pada zaman reformasi Yosia, tetapi tidak terjadi pertobatan secara nasional. Pada permulaan masa ini Asyur dan Mesir merupakan dua kekuatan besar. Bangsa Asyur dikalahkan oleh Babel pada tahun 612 SM dan demikian halnya dengan Mesir yang dihancurkan di Karkemis pada tahun 605 SM. Sejak saat itu Yeremia terus menerus mendorong Yehuda untuk menyerah kepada Babel, untuk menerima segala konsekuensi dari dosa-dosa mereka yaitu Pembuangan. Dia tahu bahwa masa Pembuangan akan berakhir dengan pengampunan dan pemulihan Allah secara dramatis.

PESIMIS ATAU OPTIMIS?
Yeremia sering disebut "Nabi Kehancuran". Tetapi dia juga "Nabi yang Pengharapannya tak pernah goyah". Hukuman atas dosa tidak dapat dihindari, tetapi di atas semua itu Yeremia melihat bahwa Allah selalu menunggu untuk mengampuni. Yeremia membeberkan tiga dosa yang utama:
o penyembahan berhala. Yer 7:30-8:3; 19:1-15;
o amoralitas. Yer 5:1-9
o nubuatan palsu: Yer 7:3-11; 14:11-16; 23:9-40
Ajaran Yeremia yang utama ialah bahwa tidaklah cukup hanya mengetahui dosa-dosa kita atau bahkan menyesalinya saja. Pertobatanlah yang dituntut oleh Allah.

Pesan

Yer 7:1-29
Ayat-ayat ini mengandung ringkasan dari pesan Yeremia yang ditulis dengan jelas. Di sini kita melihat lima tahapan; melalui Yeremia, Allah:
o menuntut dan menggambarkan pertobatan yang sejati
o menyadarkan umat akan perasaan aman mereka yang tidak benar
o merinci dosa-dosa mereka
o menerangkan tentang isi Hukum yang benar
o memperingatkan tentang penghukuman yang tak dapat dihindari

1. Tempat semua itu terjadi
Yeremia seorang pengkhotbah, bukan penulis. Dia harus berbicara di muka umum. Yang dimaksud dengan pintu gerbang Rumah Tuhan mungkin pintu yang terletak antara halaman dalam dan luar tempat jemaat yang berbakti di dalam dan para pedagang yang berada di luar dapat mendengar. Yer 7:1,2a

2. Yeremia mulai dengan himbauan
"Perbaikilah cara hidup dan tingkah lakumu." Pertobatan bukanlah semata-mata mengatakan "saya menyesal", tetapi perubahan sikap dan perbuatan. Perhatikan bagaimana orang Yehuda merasakan perasaan aman yang bodoh: "Ini adalah Rumah Tuhan", oleh karena kita memiliki Rumah Tuhan maka kita pun memiliki Allah. Kehadiran Allah secara nyata dibuktikan oleh sikap dan perbuatan kita, bukan dengan memiliki simbol-simbol keagamaan berupa salib atau Alkitab dan gereja. Yer 7:2-8

3. Aman terhadap dosa
Inilah pendapat mereka: kita mempunyai Rumah Tuhan, oleh karena itu kita boleh bertindak semau kita. Pencurian, pembunuhan, perzinahan, kebohongan, bahkan penyembahan berhala... setelah itu kita pergi ke gereja untuk sedikit beribadat. Yer 7:9-11

4. Silo
Pada waktu bangsa Israel memasuki Kanaan, didirikanlah Tenda Pertemuan di Silo, dan Silo tetap merupakan pusat penyembahan sampai pada zaman Hakim-hakim. Tetapi Mazmur 78:56-64 menggambarkan bahwa Silo dihancurkan ketika mereka memberontak, dan bangsa Yahudi seharusnya sekarang menyadari bahwa bangunan Rumah Tuhan sekalipun tidak dapat menyelamatkan mereka. Yer 7:12-15

5. Dosa keluarga
Seluruh anggota keluarga bergabung dalam penyembahan kepada Istar, dewi perang dan cinta. Perhatikan bukan saja hal-hal yang baik yang menarik, tetapi juga hal-hal yang buruk. Yer 7:16-20; 2Ti 1:4,5

6. Ketaatan, bukti iman
Inti dari kesalehan bukanlah pengorbanan tetapi kerendahan hati, ketaatan dan cara hidup yang suci. Yer 7:21-29

Penerapan

1. Sindrom kesuksesan
Banyak orang Kristen yang beranggapan salah dengan berharap bahwa jika mereka menjalani hidup yang baik, maka mereka akan hidup dalam kelimpahan, terpandang dalam masyarakat dan dihormati. Hal ini memang seringkali terjadi. Kitab Yeremia mengingatkan bahwa hal ini tidak selamanya demikian. Orang yang selalu dapat diandalkan karena berbicara benar boleh jadi akan menjadi bahan tertawaan.

2. Penampilan agama
Pada suatu ketika seorang Hindu menyampaikan pendapatnya di hadapan seorang misionaris Kristen, "Saya tidak akan pernah mengampuni Saudara, karena Saudara mengatakan bahwa kekristenan itu suatu agama". Kekristenan bukanlah hanya suatu agama dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, berpuasa dan perayaan-perayaan serta doa-doa yang dipanjatkan. Kekristenan merupakan suatu jalan kehidupan. Kekristenan adalah kehidupan, kehidupan yang utuh. Di sinilah kegagalan yang menyedihkan yang dialami oleh bangsa Yahudi pada zaman Yeremia. Mereka semuanya "beragama". Mereka semua percaya kepada tuhan... segala macam tuhan. Pasal Yer 7 memperingatkan tentang hal-hal lahiriah dalam penampilan agama. Surat Yakobus yang pendek banyak mengulas hal ini.

3. Dosa yang tak terampuni
Apakah kita dapat melakukan sesuatu semau kita? Mungkinkah menantang Allah terus menerus? Tidak bertobat sampai akhirnya terlambat? Pasal Yer 16 menunjukkan bahwa hal itu mungkin, kita dapat menantang Allah sedemikian rupa sampai Dia meninggalkan kita. Di bawah ini adalah sebagian dari firman Tuhan yang paling serius dari keseluruhan isi Alkitab: "Aku telah menarik damai sejahtera pemberian-Ku daripada bangsa ini" (Yer 16:5). Perhatikan juga keterbatasan pengampunan yang ada dalam Perjanjian Baru (Mat 12:22-37).

Tema-tema Kunci

1. Dosa
Orang mempunyai pengertian yang salah tentang dosa. Dosa merupakan suatu istilah keagamaan yang diartikan sebagai pengabaian kewajiban keagamaan. Oleh karena itu, Allah hanya berurusan dengan apa yang terjadi pada suatu hari dalam seminggu, dan apa yang terjadi pada enam hari lainnya bukan urusan-Nya! Bacalah dengan saksama semua pasal dan catatlah semua hal yang dianggap oleh Yeremia sebagai dosa manusia. Apa yang menjadi pertanda yang umum? Lihat Yohanes 16:5-11. Apa definisi dosa?
Mengapa kita boleh berharap bahwa percaya kepada Yesus akan mengubah tingkah laku manusia?

2. Penyembahan berhala: dosa dan lambang-lambang
Suatu hal yang aneh bahwa kita selalu ingin melihat sesuatu pada waktu beribadah. Oleh karena itu, agama-agama dunia biasanya memberikan sesuatu, misalnya patung-patung Budha raksasa yang tersebar di seluruh Asia. Tetapi, perhatikanlah bagaimana lambang-lambang alkitabiah pada akhirnya berubah menjadi ilah-ilah. Pelajari kisah tentang ular tembaga (Bil 21:4-9; 2Ra 18:1-4). Pelajari sejarah Tabut Perjanjian (Kel 25:10-22; 1Sa 4:11). Perhatikan juga larangan Allah terhadap segala bentuk patung dewa untuk disembah (Kel 20:4-6,22,23). Bagaimana semua ini berhubungan dengan kekristenan? Apakah ada bahaya dalam penggunaan salib waktu beribadah?

3. Khotbah dengan menggunakan ilustrasi
Yeremia banyak menggunakan ilustrasi dalam khotbahnya untuk memastikan bahwa orang akan mengingat apa yang telah dikatakannya. Dia berbicara mengenai perkawinan, perceraian dan pelacuran. Dia berbicara mengenai tenda dan pokok anggur. Dia menggambarkan perang, kereta dan kelahiran, burung-burung di sangkar, unta di gurun. Kumpulkanlah semua ilustrasi itu. Bandingkan mereka dengan jenis ilustrasi yang dipakai oleh Tuhan kita. Mengapa mereka sedemikian mirip? Jenis ilustrasi bahasa yang bagaimana yang kita harapkan digunakan oleh Yeremia modern?

4. Penjunan (pasal 18)
Telusuri tema ini dalam seluruh Alkitab. (Lihat khususnya Maz 2:1-9; Yes 45:9,10; 64:8,9; Rom 9:19-29.) Apa hubungan utama antara penjunan dan tanah liat? Mengapa?

YEREMIA (2)

Arti keberhasilan

KEBERHASILAN YEREMIA
Bagian kedua dari kitab nubuatan ini sebagian besar merupakan riwayat hidup. Kita melihat apa yang terjadi pada utusan Allah yang setia itu. Dia berhasil karena melakukan apa yang Allah perintahkan, tidak lebih dan tidak kurang; sebab apa yang dinubuatkannya menjadi kenyataan; sebab Allah terus memakainya sebagai utusan-Nya yang istimewa dan sebab Yeremia menyukakan hati Allah. Tetapi dilihat dari sudut manusiawi dia tidak terlalu berhasil. Yeremia ditentang oleh nabi-nabi lainnya, diserahkan oleh penguasa kepada orang banyak, diancam dan dipenjarakan.

PENULISNYA
Nama Yeremia mungkin berarti "Allah meninggikan". Nama itu boleh jadi merupakan harapan orang-tuanya atas Israel, tetapi arti itu lebih mendekati apa yang diharapkan oleh mereka untuknya. Yeremia menerima panggilan pada waktu masih muda, dan ia menjadi juru bicara Allah selama empat puluh tahun. Dia tetap dipakai sampai pada akhir hidupnya. Dan, dia tetap dipakai bahkan sesudah kematiannya. Namanya sering dikutip dalam Perjanjian Baru. Yeremia dibesarkan pada waktu pemerintahan raja Manasye yang jahat, oleh karenanya ia menyambut baik reformasi yang dilakukan oleh raja Yosia. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa perubahan yang terjadi hanya hal- hal yang di luar saja. Perubahan itu tidak menyentuh kehidupan rakyat, hati maupun motivasi mereka. Dengan demikian, tugas Yeremia menjadi nyata sebagai orang yang harus memberitakan hukuman yang tidak dapat dihindari -- namun janji keselamatan, tetapi penghakiman harus diterima terlebih dahulu.

RAJA-RAJA
Raja ketiga dari kelima raja yang memerintah pada masa hidupnya dan yang dikhotbahinya dapat dikatakan lebih menonjol daripada yang lain. Dalam pasal Yer 36 Yoyakim diberi kesempatan untuk mempelajari nubuatan Yeremia secara mendalam. Kata-kata nubuatan ditulis dan dibacakan untuknya. Tetapi perhatikanlah komentar ini: "Raja... tidak menunjukkan rasa takut..." (Yer 24). Reaksi Yoyakim adalah menghancurkan gulungan yang berisi perkataan-perkataan Yeremia. Percobaan untuk menolak kebenaran dan menghindarkan diri dari maksud pesan Yeremia itu mengalami kegagalan. Sebenarnya ia bahkan tidak mendapat kepuasan dari perusakan kitab tersebut. Dia malah membuka jalan untuk penulisan kitab yang lebih panjang dengan tema yang sama. Firman Tuhan tidak akan lenyap apabila diabaikan atau diserang (Yes 40:8).

Pesan

Yeremia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi utusan Allah.

1. Panggilan terhadap Yeremia
Yeremia sama seperti Yesaya (Yes 6) merasa tidak mampu untuk memikul tugas yang dibebankan kepadanya, ia juga mengalami jamahan Allah. Yer 1:1-10

2. Pelajaran dari buli-buli tanah liat
Yeremia menggunakan alat bantu visual. Buli-buli yang pecah merupakan lambang penghakiman. Reaksi terhadap kejadian itu seharusnya pertobatan. Hal itu tidak pernah terjadi. Sebaliknya iman Yeremia sendiri diserang. Dia dipenjarakan, dan berseru (Yer 20:7-18) "Mengapa?" Harapannya ditelanjangi, kecuali harapannya terhadap Allah. Yer 19:1-20:18

3. Insiden tentang kuk
Bukan saja tidak mendapat tanggapan dari rakyat, Yeremia malahan diperhadapkan dengan para "nabi" lain. Dapat diterka bahwa di antara tuduhan-tuduhan mereka terdapat "kecongkakan". Para pengkhotbah dewasa ini dapat mengalami perlakuan yang sama. Yer 27:1-28:17

4. Yeremia dan orang-orang Rekhab
Selalu ada penghiburan: orang-orang Rekhab dengan kesetiaan mereka yang sederhana terhadap nenek moyang mereka merupakan pengecualian yang mendorong semangat. Jangan terlalu menekankan hal-hal yang suram (lihat Elia, 1Ra 19:1-18). Yer 35:1-19

5. Insiden kitab gulungan
Yeremia tidak mendapat dukungan dari rakyat, nabi, imam atau raja. Berita mengenai pembakaran kitab ini boleh jadi membuatnya patah semangat, tetapi Yeremia tetap berjuang. Yer 36:1-32

6. Dari penjara bawah tanah sampai tangki air
Apa yang dipikirkannya waktu penderitaan yang di hadapinya dan bukannya kelepasannya? Dan pertolongan datang dari sumber yang tidak diduga-dua, seorang Etiopia. Yer 37:1-38:13

7. Tidak ada akhir yang bahagia
Seperti Yeremia, beberapa utusan Allah hanya melihat cahaya terang pada akhir terowongan... Yer 41:1-44:30

Penerapan

1. Kapan bersikap pesimis
Kitab Yeremia menyajikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi para pengkhotbah: tidak mungkin mengkhotbahkan berita kesukaan tanpa mengkhotbahkan juga berita yang buruk. Yeremia tahu seluk beluk kasih Allah, perjanjian dengan Allah, kuasa Allah untuk menyelamatkan dan keinginan Allah untuk menyelamatkan. Tetapi misi-Nya tidak hanya memberitakan penyelamatan, melainkan juga penghakiman. Orang yang berkhotbah mengenai keselamatan boleh jadi mendapati bahwa dirinya disenangi, tetapi berkhotbah mengenai penghakiman... mengandung kemungkinan dipukuli dan dilempari batu serta dipenjarakan. Dapat menawarkan keselamatan bagi manusia merupakan hal yang indah. Tetapi hukuman dan penghakiman merupakan sisi lain dari koin yang sama yang merupakan bagian yang sama pentingnya dengan berita tentang penyelamatan Allah. Anugerah murahan adalah surga tanpa neraka, keselamatan tanpa pertobatan, kasih tanpa keadilan, kerasulan tanpa disiplin.

2. Perasaan iba Yeremia
Tetapi terdapat banyak pengkhotbah yang menyenangi neraka. Merka senang sekali berkhotbah tentang neraka. Yeremia bukanlah manusia seperti itu. Dia tentunya akan merasa senang untuk berpikir bahwa nubuatan Nabi Hananya tentang kedamaian akan digenapi: "Amin! Moga-moga Tuhan berbuat demikian!" (Yer 28:6). Tetapi dia harus terus meyakinkan mereka bahwa hal ini bukan kehendak Allah. Pengkhotbah tidak boleh selalu memikirkan tentang neraka. Allah sendiri pun tidak demikian! Neraka harus dikhotbahkan... tetapi harus selalu didorong oleh rasa belas kasihan seperti yang dimiliki Yeremia, dan bukan karena perasaan culas.

3. Kerendahan hati pengkhotbah
Dari permulaan ("Aku ini masih muda", Yer 1:6) sampai pada akhirnya Yeremia tahu menempatkan dirinya. Semuanya selalu dikatakannya: "Beginilah firman Tuhan" (Yer 51:1, dan seterusnya).

Tema-tema Kunci

1. Pesan yang terkandung dalam sejarah
Meskipun kitab Yeremia tidak disusun secara kronologis, kitab ini tidak dapat dimengerti dengan baik jika tidak dalam konteks sejarah yang bersangkutan. Bagaimanapun juga Yeremia aktif bekerja selama empat puluh tahun, yaitu selama masa pemerintahan lima orang raja dan mungkin juga pada masa yang paling penuh kekerasan dalam sejarah bangsa Israel. Telusuri kembali latar belakang sejarahnya melalui 2Ra 21:1-25:30 (masa pemerintahan raja Manasye, pada waktu Yeremia masih kecil) dan 2Ta 33:1-36:23. Perhatikan adanya penunjukkan tentang waktu dalam nubuatan-nubuatan Yeremia (Yer 1:2,3; 3:6; 21:1; 24:1; 26:1; 27:1; 28:1; 29:2; 32:1; 34:1,8; 35:1; 36:1; 37:1; 38:14; 39:1; 41:1; 45:1; 49:34). Cobalah untuk menghubungkan sejarah dengan nubuatan Yeremia.

2. Nubuatan juga teologi
Perhatikan bahwa dalam "Buku Penghakiman Kedua" (pasal Yer 46-51), yang di dalamnya tertulis mengenai penghakiman terhadap sepuluh kelompok orang, tempat yang paling sering dipakai adalah Babel (Yer 50:1-46; 51:1-64). Babel mempunyai arti teologi penting dalam Alkitab, yang dimulai dengan pemberontakan terhadap Allah di Babel (nama lain untuk Babilonia dalam Wahyu 18. Perhatikan juga dua nyanyian ejekan dalam Yesaya yang masing-masing menjadi bagian penting dalam nubuatan Yesaya (pasal Yer 13 dan Yer 47). Bandingkanlah kedua pasal itu. Bandingkan sejarah kerajaan Babel dengan jatuhnya Yerusalem. Arti penting apa yang dapat kita berikan pada kedua kota ini sebagai simbol teologi?

3. Kembali dari pembuangan ke Israel
Baik Yesaya maupun Yeremia banyak bercerita tentang pembuangan umat Allah dan kembalinya mereka ke Israel. Tetapi tidak semua nubuatan digenapi dengan kepulangan mereka dari pembuangan di bawah pimpinan Ezra dan Nehemia. Perhatikan ketujuh pernyataan yang dibuat mengenai kembalinya mereka (Yer 32:37-41). Berapa bagian dari nubuatan itu yang digenapi oleh orang-orang buangan yang kembali dari Babel? Berapa banyak yang sudah digenapi dengan kembalinya bangsa Israel pada zaman ini? Berapa banyak lagi yang masih harus dipenuhi? (Lihat juga Yesaya 43:1-21; 49:1-26; 52:1-12; 60:1-22).

Garis Besar Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38 [2] PENGANTAR Yer 1:1-19 Panggilan dan penugasan Yeremia [3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30 Yer 2:1-

[1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38

[2] PENGANTAR Yer 1:1-19

Panggilan dan penugasan Yeremia

[3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30

Yer 2:1-3:5Dakwaan
Yer 3:6-4:4Himbauan untuk bertobat
Yer 4:5-31Peringatan: penghakiman dari Babel
Yer 5:1-31Tidak diketemukan orang yang saleh
Yer 6:1-30Peringatan kembali: penghakiman dari Babel

[4] KHOTBAH PENUNTUTAN Yer 7:1-10:25

Yer 7:1-29Hal-hal di luar agama
Yer 7:30-8:3Penghakiman atas penyembahan berhala I
Yer 8:4-22Ketegaran hati pendosa
Yer 9:1-26Pasal penuh air mata
Yer 10:1-16Penghakiman atas penyembahan berhala II
Yer 10:17-22Peringatan akan ancaman penghancuran
Yer 10:23-25Doa hamba Tuhan I

[5] HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA Yer 11:1-13:27

Yer 11:1-17Perjanjian dan kutukan
Yer 11:18-23Rencana jahat terhadap hamba Allah I
Yer 12:1-17Keluhan: Mengapa orang jahat hidup makmur?
Yer 13:1-14Ikat pinggang yang terkubur dan guci anggur yang rusak
Yer 13:15-27Ancaman pembuangan

[6] BAYANGAN KEHANCURAN Yer 14:1-20:18

Yer 14:1-15:21Kekeringan, kelaparan dan perang
Yer 16:1-21Ketika Allah meninggalkan umat-Nya
Yer 17:1-11Nasib orang duniawi
Yer 17:12-18Doa hamba Allah II
Yer 17:19-27Pentingnya Hari Sabat
Yer 18:1-12Di rumah tukang periuk
Yer 18:13-17Tuduhan tukang periuk
Yer 18:18-23Rencana jahat terhadap hamba II
Yer 19:1-15Tanda dari periuk tanah liat
Yer 20:1-6Yeremia bertengkar dengan Imam Pasyur
Yer 20:7-18Keluhan hamba Allah

[7] KEHIDUPAN DAN KEMATIAN Yer 21:1-24:10

Yer 21:1-14Kapan hidup berarti mati dan mati berarti hidup
Yer 22:1-30Hukuman bagi raja-raja
Yer 23:1-8"Cabang yang Benar": tawaran pengampunan
Yer 23:9-40Nabi-nabi palsu
Yer 24:1-10Dua keranjang buah ara

[8] KESIMPULAN Yer 25:1-38

Yer 25:1-14Tujuh puluh tahun masa pembuangan
Yer 25:15-38Murka Allah

[1] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG PERTAMA Yer 26:1-29:32

Yer 26:1-15Ancaman kematian
Yer 26:16-24Pertahanan dan pembebasan
Yer 27:1-22Tanda kuk kayu
Yer 28:1-11Kuk kayu patah
Yer 28:12-17Kuk besi: "Coba patahkan!"
Yer 29:1-32Yeremia menulis sepucuk surat

[2] KITAB PENGHIBURAN Yer 30:1-33:26

Yer 30:1-24Belas kasihan setelah penghakiman
Yer 31:1-20Kembalinya hari-hari bahagia
Yer 31:21-40Hari-hari baru mengundang cara hidup yang baru
Yer 32:1-25Yeremia membeli ladang
Yer 32:26-44Pentingnya transaksi itu
Yer 33:1-26Janji kesehatan dan kesembuhan

[3] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG KEDUA Yer 34:1-44:30

Yer 34:1-7 Raja Zedekia diberi peringatan
Yer 34:8-22Perbudakan: janji yang tidak ditepati
Yer 35:1-19Orang-orang Rekhab: minuman tak beralkohol dan tempat tidur yang keras
Yer 36:1-32Bakarlah kitab itu!
Yer 37:1-21Yeremia dipenjarakan
Yer 38:1-6Yeremia dimasukkan ke dalam perigi
Yer 38:7-13Kebaikan hati seorang penolong yang berani
Yer 38:14-28Zedekia mengajukan beberapa pertanyaan
Yer 39:1-18Jatuhnya kota Yerusalem
Yer 40:1-6Yeremia dibebaskan
Yer 40:7-41:3Gubernur dibunuh
Yer 41:4-15Sebuah kisah penganiayaan dan pembunuhan massal
Yer 41:16-42:22Mengungsi ke Mesir? "Tidak!" kata Yeremia
Yer 43:1-13Mengungsi ke Mesir? "Ya" kata Yohanan
Yer 44:1-30Mengungsi ke Mesir? "Kasihan!" kata Allah

[4] KITAB PENGHAKIMAN YANG KEDUA Yer 45:1-51:64

Yer 45:1-5Pengantar: pesan untuk Baruk
Yer 46:1-28Pesan untuk Mesir
Yer 47:1-7Pesan untuk orang Filistin
Yer 48:1-47Pesan untuk orang Filistin
Yer 49:1-6Pesan untuk Amon
Yer 49:7-22Pesan untuk Edom
Yer 49:23-27Pesan untuk Damsyik
Yer 49:28-33Pesan untuk Kedar dan Hazor
Yer 49:34-39Pesan untuk Elam
Yer 50:1-51:64Penutup: pesan untuk Babel

[5] TAMBAHAN FAKTA SEJARAH Yer 52:1-34

Yer 52:1-30Yerusalem ditaklukkan, rakyatnya dibuang ke pengasingan
Yer 52:31-34Tanda-tanda harapan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.93 detik
dipersembahkan oleh YLSA