kecilkan semua  

Teks -- Mikha 2:1-13 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kutuk atas orang yang menindas
2:1 Celakalah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan yang merencanakan kejahatan di tempat tidurnya; yang melakukannya di waktu fajar, sebab hal itu ada dalam kekuasaannya; 2:2 yang apabila menginginkan ladang-ladang, mereka merampasnya, dan rumah-rumah, mereka menyerobotnya; yang menindas orang dengan rumahnya, manusia dengan milik pusakanya! 2:3 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku merancang malapetaka terhadap kaum ini, dan kamu tidak dapat menghindarkan lehermu dari padanya; kamu tidak dapat lagi berjalan angkuh, sebab waktu itu adalah waktu yang mencelakakan. 2:4 Pada hari itu orang akan melontarkan sindiran tentang kamu dan akan memperdengarkan suatu ratapan dan akan berkata: "Kita telah dihancurluluhkan! Bagian warisan bangsaku telah diukur dengan tali, dan tidak ada orang yang mengembalikannya, ladang-ladang kita dibagikan kepada orang-orang yang menawan kita." 2:5 Sebab itu tidak akan ada bagimu orang yang melontarkan tali dengan undian di dalam jemaah TUHAN. 2:6 "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat seperti itu! Noda tidak akan menimpa kita." 2:7 Bolehkah hal itu dikatakan, keturunan Yakub? Apakah TUHAN kurang sabar? Atau seperti inikah tindakan-Nya? Bukankah firman-Ku baik terhadap orang yang benar kelakuannya? 2:8 Tetapi kamulah yang bangkit sebagai musuh terhadap umat-Ku. Kamu merebut jubah dari orang-orang yang suka damai, dari orang-orang yang berjalan lewat dengan tenteram, yang tidak cenderung kepada perang. 2:9 Para isteri di antara umat-Ku kamu halau dari rumah kesayangannya, dari bayi-bayinya kamu mengambil untuk selama-lamanya, semarak yang telah Kuberikan kepada mereka. 2:10 Bangkitlah dan pergilah, sebab ini bukan tempat perhentian bagimu! Oleh karena kenajisan maka kamu akan dibinasakan dengan kebinasaan yang tidak terpulihkan. 2:11 Seandainya seseorang datang mereka-reka yang hampa dan dusta: "Aku bernubuat kepadamu tentang anggur dan arak," maka dialah yang patut menjadi orang yang bernubuat terhadap bangsa ini!
Janji tentang keselamatan
2:12 Dengan sungguh-sungguh Aku akan mengumpulkan engkau seluruhnya, hai Yakub, dengan sungguh-sungguh Aku akan menghimpunkan sisa orang Israel; Aku akan menyatukannya seperti kambing domba dalam kandang, seperti kawanan binatang di tengah-tengah padangnya, sehingga ramai dengan manusia! 2:13 Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Rumah | Serakah, Keserakahan | Kaya, Kekayaan | Orang Yahudi | Tempat Tidur | Tidak Adil, Ketidakadilan | Tulus, Ketulusan | Sifat Orang Fasik | Cerai, Perceraian (Perkawinan) | Bangun Pagi-Pagi | Domba | Dosa Suatu Bangsa | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mi 2:1-5 - CELAKALAH ORANG-ORANG YANG MERANCANG KEDURJANAAN. Nas : Mi 2:1-5 Mikha menyatakan malapetaka atas orang tertentu yang cukup berkuasa untuk memeras orang lain supaya mencapai tujuan mereka yang meme...

Nas : Mi 2:1-5

Mikha menyatakan malapetaka atas orang tertentu yang cukup berkuasa untuk memeras orang lain supaya mencapai tujuan mereka yang mementingkan diri sendiri.

  1. 1) Mereka adalah tuan tanah yang membeli atau merampas ladang demi ladang; mereka tidak ragu-ragu untuk menipu orang lain agar menambah tanah milik harta mereka. Karena hatinya sudah mengabdi pada keserakahan, mereka tidak peduli lagi akan penderitaan yang diakibatkan pada orang lain.
  2. 2) Allah mempunyai rencana bagi mereka; mereka akan menuai apa yang mereka taburkan. Allah akan mengirim Asyur untuk merampas tanah mereka dan membawa mereka ke dalam pembuangan.
  3. 3) Kita harus hati-hati agar tidak menjadi serakah sehingga memeras orang lain untuk memperoleh uang atau harta

    (lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

Full Life: Mi 2:6 - JANGANLAH UCAPKAN NUBUAT. Nas : Mi 2:6 Para nabi palsu Yehuda sedang mempersalahkan Mikha karena membawa berita hukuman (bd. Yes 30:10). 1) Mereka menolak nubuatnya ten...

Nas : Mi 2:6

Para nabi palsu Yehuda sedang mempersalahkan Mikha karena membawa berita hukuman (bd. Yes 30:10).

  1. 1) Mereka menolak nubuatnya tentang kesuraman dan kehancuran, serta bersikeras bahwa malu dan aib tidak akan menimpa umat itu karena Allah adalah Allah yang penuh kasih dan pengampunan, bukan murka.
  2. 2) Berita optimis mereka membiarkan umat itu melanjutkan cara hidup yang berdosa dengan mengabaikan tuntutan-tuntutan kebenaran Allah.
  3. 3) Kadang-kadang gereja juga menyatakan desakan yang sama ini atas berita positif dari kasih, pengampunan, dan kemurahan Allah, sambil mengabaikan standar-standar kebenaran-Nya dan panggilan-Nya untuk hidup kudus. Gereja yang membiarkan bentuk dosa apapun di antara jemaatnya seharusnya mendengarkan lagi berita yang jelas dari para nabi PL dan para rasul PB (bd. pasal 1Kor 5:1-6:20).

Full Life: Mi 2:11 - ANGGUR DAN ARAK. Nas : Mi 2:11 Dengan mengejek, Mikha menyatakan bahwa jikalau para nabi palsu Yehuda sedang menubuatkan kemakmuran dan banyak minuman yang memabukk...

Nas : Mi 2:11

Dengan mengejek, Mikha menyatakan bahwa jikalau para nabi palsu Yehuda sedang menubuatkan kemakmuran dan banyak minuman yang memabukkan untuk siapa saja yang menginginkannya, maka umat itu dengan gembira akan menerima nabi tersebut. Dewasa ini masih ada gembala gereja yang menolak untuk memperingatkan umat Allah mengenai dampaknya bila menerima kebiasaan minum minuman keras dari masyarakat sekitar mereka

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

Full Life: Mi 2:12-13 - SISA ORANG ISRAEL. Nas : Mi 2:12-13 Mikha menambahkan kata-kata harapan dengan memberitakan bahwa Allah akan menyelamatkan kaum sisa orang Israel dan Yehuda, yang aka...

Nas : Mi 2:12-13

Mikha menambahkan kata-kata harapan dengan memberitakan bahwa Allah akan menyelamatkan kaum sisa orang Israel dan Yehuda, yang akan kembali ke tanah perjanjian

(lihat cat. --> Yes 6:13;

lihat cat. --> Yes 10:20;

lihat cat. --> Yes 17:7).

[atau ref. Yes 6:13; 10:20; 17:7]

Negeri itu sekali lagi akan dipenuhi kesibukan orang yang lalu-lalang.

Jerusalem: Mi 2:2 - yang menindas.... Nabi berpikir kepada apa yang disita oleh karena utang tidak dibayar. Mereka yang meminjamkan barang sesuatu menyalahgunakan kesempatan itu guna mempe...

Nabi berpikir kepada apa yang disita oleh karena utang tidak dibayar. Mereka yang meminjamkan barang sesuatu menyalahgunakan kesempatan itu guna memperluas perlandangan mereka.

Jerusalem: Mi 2:4 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani rusak sekali. Terjemahan Indonesia menurut terjemahan Yunani. Maksudnya: Hukuman yang dilaksanakan penyerbu asing menimpa...

Ayat ini dalam naskah Ibrani rusak sekali. Terjemahan Indonesia menurut terjemahan Yunani. Maksudnya: Hukuman yang dilaksanakan penyerbu asing menimpa seluruh bangsa.

Jerusalem: Mi 2:5 - -- Maksudnya: Para pemeras tidak akan mendapat bagiannya apabila nanti dalam kerajaan yang pulih kembali tanah dibagi-bagikan.

Maksudnya: Para pemeras tidak akan mendapat bagiannya apabila nanti dalam kerajaan yang pulih kembali tanah dibagi-bagikan.

Jerusalem: Mi 2:6-11 - -- Berdasarkan perjanjian para pendengar menentang ancaman Mikha Mik 2:6-7. Tetapi nabi menjawab, Mik 2:8-10 bahwa perjanjian itu sudah batal oleh karena...

Berdasarkan perjanjian para pendengar menentang ancaman Mikha Mik 2:6-7. Tetapi nabi menjawab, Mik 2:8-10 bahwa perjanjian itu sudah batal oleh karena ketidakadilan yang dilakukan mereka yang pura-pura saleh dan hanya sedia mendengarkan janji-janji jasmaniah sebagaimana disampaikan nabi-nabi gadungan.

Jerusalem: Mi 2:6 - ucapan nubuat Kata Ibrani yang di sini dan dalam Mik 2:11 diterjemahkan dengan "mengucapkan nubuat", "bernubuat", secara harafiah berarti: membual. Nadanya memang m...

Kata Ibrani yang di sini dan dalam Mik 2:11 diterjemahkan dengan "mengucapkan nubuat", "bernubuat", secara harafiah berarti: membual. Nadanya memang menghina

Jerusalem: Mi 2:6 - Noda tidak akan menimpa kita Dalam naskah Ibrani tertulis: Penghinaan tidak akan mundur.

Dalam naskah Ibrani tertulis: Penghinaan tidak akan mundur.

Jerusalem: Mi 2:7 - Bolehkah hal itu dikatakan Sementara ahli memperbaiki naskah Ibrani menjadi: terkutuklah.

Sementara ahli memperbaiki naskah Ibrani menjadi: terkutuklah.

Jerusalem: Mi 2:8 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani rusak. Terjemahan Indonesia l.k. berdasarkan terjemahan Yunani. Naskah Ibrani berbunyi sbb: Kemarin umatKu bangkit berdir...

Ayat ini dalam naskah Ibrani rusak. Terjemahan Indonesia l.k. berdasarkan terjemahan Yunani. Naskah Ibrani berbunyi sbb: Kemarin umatKu bangkit berdiri menjadi musuh. Di hadapan muka kamu merebut jubah berharga dari mereka yang lewat dengan aman sentosa, yang pulang dari peperangan.

Jerusalem: Mi 2:9 - semarak yang telah Kuberikan Yaitu kemerdekaan: orang Israel menurut hukum Allah tidak boleh dijadikan budak tetap, bdk 2Ra 4:1.

Yaitu kemerdekaan: orang Israel menurut hukum Allah tidak boleh dijadikan budak tetap, bdk 2Ra 4:1.

Jerusalem: Mi 2:10 - Bangkitlah.... bagimu Perkataan ini rupanya ditujukan para pemeras kepada perempuan yang diusirnya dari rumah, Mik 2:9

Perkataan ini rupanya ditujukan para pemeras kepada perempuan yang diusirnya dari rumah, Mik 2:9

Jerusalem: Mi 2:10 - Oleh karena kenajisan.... Bagian ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas dan nampaknya rusak. Dengan memperbaiki naskah Ibrani secara lain dapat diterjemahkan: Oleh karena ba...

Bagian ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas dan nampaknya rusak. Dengan memperbaiki naskah Ibrani secara lain dapat diterjemahkan: Oleh karena barang sepele saja kamu memeras gadai yang menekan.

Jerusalem: Mi 2:11 - Seandainya.... dusta Terjemahan lain: Seandainya seseorang rohani mereka-reka dusta, atau: Seandainya seseorang yang cakap angin mereka-reka dusta

Terjemahan lain: Seandainya seseorang rohani mereka-reka dusta, atau: Seandainya seseorang yang cakap angin mereka-reka dusta

Jerusalem: Mi 2:11 - bernubuat Mengenai kata Ibrani yang dipakai di sini bdk Mik 2:6+.

Mengenai kata Ibrani yang dipakai di sini bdk Mik 2:6+.

Jerusalem: Mi 2:12-13 - -- Diragukan apakah nubuat yang berisi janji keselamatan (Israel kembali dari pembuangan, kesatuan umat pulih kembali) ini berasal dari nabi Mikha. Rupan...

Diragukan apakah nubuat yang berisi janji keselamatan (Israel kembali dari pembuangan, kesatuan umat pulih kembali) ini berasal dari nabi Mikha. Rupanya nubuat ini berasal dari masa pembuangan. Ia disisipkan di sini untuk mengimbangi ancaman yang tercantum dalam bab 2 dan 3.

Jerusalem: Mi 2:12 - mengumpulkan engkau seluruhnya Bdk Yer 3:18+

Bdk Yer 3:18+

Jerusalem: Mi 2:12 - sisa orang Israel Bdk Yes 4:3+

Bdk Yes 4:3+

Jerusalem: Mi 2:12 - seperti kambing domba Bdk Yer 34:1+.

Bdk Yer 34:1+.

Jerusalem: Mi 2:13 - -- Bdk Yoh 10:4,11+.

Bdk Yoh 10:4,11+.

Ende: Mi 2:1-5 - -- Nabi menjerang kaum kaja-raya jang menindas rakjat djelata.

Nabi menjerang kaum kaja-raya jang menindas rakjat djelata.

Ende: Mi 2:3 - daripadanja jaitu dari maksud djahat Jahwe, jang dibandingkan dengan kuk, jang dipasang pada tengkuk sapi. Tjelaka tidak terhindarkan lagi.

jaitu dari maksud djahat Jahwe, jang dibandingkan dengan kuk, jang dipasang pada tengkuk sapi. Tjelaka tidak terhindarkan lagi.

Ende: Mi 2:4 - -- Musuh menaruh lagu itu dalam mulut orang Juda.

Musuh menaruh lagu itu dalam mulut orang Juda.

Ende: Mi 2:5 - -- Karena musuh telah mem-bagi2 negeri dan harta-benda orang Juda (Mik 2:4), maka mereka sendiri tidak dapat mem-bagi2 lagi sesuatupun.

Karena musuh telah mem-bagi2 negeri dan harta-benda orang Juda (Mik 2:4), maka mereka sendiri tidak dapat mem-bagi2 lagi sesuatupun.

Ende: Mi 2:6-11 - -- Nabi berbantah dengan kaum pemuka, jang mentjatji nabi.

Nabi berbantah dengan kaum pemuka, jang mentjatji nabi.

Ende: Mi 2:6 - -- Kata Hibrani, jang diterdjemahkan dengan ngatjo-belo, berarti "berliur", sebagaimana terdjadi pada nabi2 kafir waktu masuk ekstase. Kemudian kata itu ...

Kata Hibrani, jang diterdjemahkan dengan ngatjo-belo, berarti "berliur", sebagaimana terdjadi pada nabi2 kafir waktu masuk ekstase. Kemudian kata itu djuga dipakai untuk "bernubuat" sadja. Agaknja disini dipakai sebagai edjekan.

Ende: Mi 2:7 - -- Orang Juda dengan sembrono pertjaja pada Jahwe dan djandjiNja kepada nenek-mojang dan tidak melihat, bahwa mereka bersalah. Karena kepertjajaan palsu ...

Orang Juda dengan sembrono pertjaja pada Jahwe dan djandjiNja kepada nenek-mojang dan tidak melihat, bahwa mereka bersalah. Karena kepertjajaan palsu itu mereka tidak pertjaja akan antjaman2 dari pihak nabi.

Ende: Mi 2:9 - keluhuranKu ialah kemerdekaan keluhuran Jahwe, jang diberikan djuga kepada orang2 Israil, jang tidak boleh didjadikan budak. Tetapi kaum pemuka membuat kaum miski...

ialah kemerdekaan keluhuran Jahwe, jang diberikan djuga kepada orang2 Israil, jang tidak boleh didjadikan budak. Tetapi kaum pemuka membuat kaum miskin mendjadi budaknja.

Ende: Mi 2:11 - -- Nabi merumuskan apa jang suka didengar oleh pemuka2. Tetapi bila ia bernubuat demikianlah, maka ia sungguh2 ngatjo-belo belaka.

Nabi merumuskan apa jang suka didengar oleh pemuka2. Tetapi bila ia bernubuat demikianlah, maka ia sungguh2 ngatjo-belo belaka.

Ende: Mi 2:12 - seluruh Jakub ialah baik Juda maupun Israil. "Sisa" Israil ialah orang jang sesudah pembuangan masih tersisa dan mendjadi tunggul umat Jahwe jang baru.

ialah baik Juda maupun Israil. "Sisa" Israil ialah orang jang sesudah pembuangan masih tersisa dan mendjadi tunggul umat Jahwe jang baru.

Ende: Mi 2:13 - Si peretas ialah Jahwe sendiri jang sebagai radja memimpin umatNja kembali.

ialah Jahwe sendiri jang sebagai radja memimpin umatNja kembali.

Ende: Mi 2:13 - gerbang ialah (gerbang) pembuangan.

ialah (gerbang) pembuangan.

Endetn: Mi 2:4 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan keterangan Jahudi (Targum): "akan terdjadi".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan keterangan Jahudi (Targum): "akan terdjadi".

Endetn: Mi 2:4 - diukur diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ditukar" "dan tiada... dst.", diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "bagaim...

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ditukar" "dan tiada... dst.", diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "bagaimana ia mengambil bagiku".

Endetn: Mi 2:4 - di-bagi2kan diperbaiki. Tertulis: "Ia mem-bagi2".

diperbaiki. Tertulis: "Ia mem-bagi2".

Endetn: Mi 2:4 - jang mengasingkan kita diperbaiki. tertulis: "jang merontak".

diperbaiki. tertulis: "jang merontak".

Endetn: Mi 2:6 - menjusul kita diperbaiki. Tertulis: "mundur".

diperbaiki. Tertulis: "mundur".

Endetn: Mi 2:7 - terkutuk diperbaiki. Tertulis: "dikatakan".

diperbaiki. Tertulis: "dikatakan".

Endetn: Mi 2:7 - (sabda)Nja diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "(-)Ku".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "(-)Ku".

Endetn: Mi 2:8 - -- Bagian pertama ajat itu sangat katjau. Diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "kemarin umatKu bangkit mendjadi seteru" "kampuh...

Bagian pertama ajat itu sangat katjau. Diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "kemarin umatKu bangkit mendjadi seteru" "kampuh", diperbaiki dengan memisahkan huruf2 setjara lain. Tertulis: "kekuatan, keluhuran".

Endetn: Mi 2:8 - seperti tawanan diperbaiki. Tertulis: "kembali dari pertempuran".

diperbaiki. Tertulis: "kembali dari pertempuran".

Endetn: Mi 2:9 - (disukai)nja - "mereka", diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani pakai mufrad.

- "mereka", diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Endetn: Mi 2:10 - barang jang ketjil sadja diperbaiki. Tertulis: "kenadjisan".

diperbaiki. Tertulis: "kenadjisan".

Endetn: Mi 2:10 - kamu ambil diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani

diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani

Endetn: Mi 2:10 - -- Tertulis: "engkau meniadakan dan kebinasaan".

Tertulis: "engkau meniadakan dan kebinasaan".

Endetn: Mi 2:12 - seluruh diperbaiki. Tertulis: "engkau seluruhnja, hai...".

diperbaiki. Tertulis: "engkau seluruhnja, hai...".

Endetn: Mi 2:13 - (diretas)nja diperbaiki. Naskah Hibrani pakai djamak.

diperbaiki. Naskah Hibrani pakai djamak.

Ref. Silang FULL: Mi 2:1 - merencanakan kejahatan // tempat tidurnya · merencanakan kejahatan: Yes 29:20; Yes 29:20 · tempat tidurnya: Mazm 36:5

· merencanakan kejahatan: Yes 29:20; [Lihat FULL. Yes 29:20]

· tempat tidurnya: Mazm 36:5

Ref. Silang FULL: Mi 2:2 - menginginkan ladang-ladang // mereka merampasnya // yang menindas // milik pusakanya · menginginkan ladang-ladang: Yes 5:8 · mereka merampasnya: Ams 30:14; Ams 30:14 · yang menindas: Yer 22:17; Yer 22:17 · m...

· menginginkan ladang-ladang: Yes 5:8

· mereka merampasnya: Ams 30:14; [Lihat FULL. Ams 30:14]

· yang menindas: Yer 22:17; [Lihat FULL. Yer 22:17]

· milik pusakanya: 1Sam 8:14; [Lihat FULL. 1Sam 8:14]; Yes 1:23; [Lihat FULL. Yes 1:23]; Yeh 46:18; [Lihat FULL. Yeh 46:18]

Ref. Silang FULL: Mi 2:3 - merancang malapetaka // berjalan angkuh · merancang malapetaka: Yer 18:11; Am 3:1-2; Am 3:1; Am 3:2 · berjalan angkuh: Yes 2:12

· merancang malapetaka: Yer 18:11; Am 3:1-2; [Lihat FULL. Am 3:1]; [Lihat FULL. Am 3:2]

· berjalan angkuh: Yes 2:12

Ref. Silang FULL: Mi 2:4 - telah dihancurluluhkan // telah diukur · telah dihancurluluhkan: Im 26:31; Im 26:31; Yer 4:13; Yer 4:13 · telah diukur: Yer 6:12; Yer 6:12

· telah dihancurluluhkan: Im 26:31; [Lihat FULL. Im 26:31]; Yer 4:13; [Lihat FULL. Yer 4:13]

· telah diukur: Yer 6:12; [Lihat FULL. Yer 6:12]

Ref. Silang FULL: Mi 2:5 - melontarkan tali // dengan undian · melontarkan tali: Ul 32:13; Yos 18:4 · dengan undian: Bil 34:13; Bil 34:13

· melontarkan tali: Ul 32:13; Yos 18:4

· dengan undian: Bil 34:13; [Lihat FULL. Bil 34:13]

Ref. Silang FULL: Mi 2:6 - Noda // menimpa kita · Noda: Mazm 44:14; Yer 18:16; 19:8; 25:18; 29:18; Mi 6:16 · menimpa kita: Am 2:12; Am 2:12

· Noda: Mazm 44:14; Yer 18:16; 19:8; 25:18; 29:18; Mi 6:16

· menimpa kita: Am 2:12; [Lihat FULL. Am 2:12]

Ref. Silang FULL: Mi 2:7 - firman-Ku baik // yang benar · firman-Ku baik: Mazm 119:65; Mazm 119:65 · yang benar: Mazm 15:2; 84:12

· firman-Ku baik: Mazm 119:65; [Lihat FULL. Mazm 119:65]

· yang benar: Mazm 15:2; 84:12

Ref. Silang FULL: Mi 2:9 - dari rumah · dari rumah: Yer 10:20

· dari rumah: Yer 10:20

Ref. Silang FULL: Mi 2:10 - tempat perhentian // karena kenajisan · tempat perhentian: Ul 12:9; Ul 12:9 · karena kenajisan: Im 18:25-29; Mazm 106:38-39; Rat 4:15; Rat 4:15

· tempat perhentian: Ul 12:9; [Lihat FULL. Ul 12:9]

· karena kenajisan: Im 18:25-29; Mazm 106:38-39; Rat 4:15; [Lihat FULL. Rat 4:15]

Ref. Silang FULL: Mi 2:11 - yang hampa // dan arak // terhadap bangsa · yang hampa: 2Taw 36:16; 2Taw 36:16; Yer 5:31 · dan arak: Im 10:9; Im 10:9 · terhadap bangsa: Yes 30:10

· yang hampa: 2Taw 36:16; [Lihat FULL. 2Taw 36:16]; Yer 5:31

· dan arak: Im 10:9; [Lihat FULL. Im 10:9]

· terhadap bangsa: Yes 30:10

Ref. Silang FULL: Mi 2:12 - menghimpunkan sisa // dengan manusia · menghimpunkan sisa: Mi 4:7; 5:6; 7:18 · dengan manusia: Neh 1:9; Neh 1:9

· menghimpunkan sisa: Mi 4:7; 5:6; 7:18

· dengan manusia: Neh 1:9; [Lihat FULL. Neh 1:9]

Ref. Silang FULL: Mi 2:13 - di depan // melewati pintu · di depan: Yes 52:12; Yes 52:12 · melewati pintu: Yes 60:11; Yes 60:11

· di depan: Yes 52:12; [Lihat FULL. Yes 52:12]

· melewati pintu: Yes 60:11; [Lihat FULL. Yes 60:11]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Mi 2:1-13 - Allah tak pernah gagal (Kamis, 14 Desember 2000) Allah tak pernah gagal Mikha memaparkan secara rinci dosa umat Allah. Penyerobotan tanah dan perampasan hak dilakukan oleh orang-orang yang mem...

SH: Mi 2:1-13 - Cukupkanlah dirimu! (Rabu, 17 Desember 2008) Cukupkanlah dirimu! Materialisme ternyata bukan hanya merajai manusia zaman ini. Orang-orang pada zaman Mikha pun dirasuki dosa itu (ayat 1-2). ...

SH: Mi 2:1-11 - Mendengar yang Diinginkan (Sabtu, 19 Desember 2015) Mendengar yang Diinginkan Tidak sedikit orang hanya ingin mendengar apa yang diinginkannya dan bukan apa yang mereka butuhkan. Dalam sejarah, akibat ...

SH: Mi 2:1-11 - Berubahlah atau Binasa! (Rabu, 13 Oktober 2021) Berubahlah atau Binasa! Memikiran dan perencanaan seseorang mencerminkan karakternya, bisa baik atau jahat. Pikiran jahat akan memimpin pada perbuata...

SH: Mi 2:12-13 - Janji Pemulihan dan Keselamatan (Senin, 21 Desember 2015) Janji Pemulihan dan Keselamatan Janji biasanya diberikan untuk memberikan semangat atau kekuatan dalam melakukan suatu aktivitas. Dalam nas ini, TUH...

SH: Mi 2:12-13 - Janji Allah versus Janji Manusia (Kamis, 14 Oktober 2021) Janji Allah versus Janji Manusia Beberapa orang mudah berjanji, namun untuk menepatinya begitu sulit dan bahkan berujung pada kekecewaan dari yang di...

Topik Teologia: Mi 2:1 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Ketidakadilan dan Penderitaan Manusia Ayu 24:2-4 Maz 10:2 Ams 30:11,14 Pengk 3:16 Pengk 4:1 Pengk 5:7-8 Yer 2...

Topik Teologia: Mi 2:2 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Ketidakadilan dan Penderitaan Manusia Ayu 24:2-4 Maz 10:2 Ams 30:11,14 Pengk 3:16 Pengk 4:1 Pengk 5:7-8 Yer 2...

Topik Teologia: Mi 2:3 - -- Dosa Penindasan Ayu 6:27 Ayu 20:19-22 Ayu 22:5-9 Ayu 24:21 Ayu 34:26,28 Ayu 35:9 Maz 42:10-11 Maz 62:11 Maz 73:8 Maz 103:6 Ams ...

Topik Teologia: Mi 2:5 - -- Gereja Kiasan dan Nama untuk Umat Allah, Gereja Kiasan dan Nama dalam Perjanjian Lama Jemaah Tuhan Mik 2:5

Topik Teologia: Mi 2:12 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Mi 2:13 - -- Gereja Kiasan dan Nama untuk Umat Allah, Gereja

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mikha (Pendahuluan Kitab) Penulis : Mikha Tema : Hukuman dan Keselamatan Mesias Tanggal Penulisan: + 740-710 SM Latar Belakang Nabi Mikha berasal dari k...

Full Life: Mikha (Garis Besar) Garis Besar I. Hukuman atas Israel dan Yehuda (Mi 1:1-3:12) A. Pendahuluan (Mi 1:1) B. Kebin...

Jerusalem: Mikha (Pendahuluan Kitab) MIKHA Nabi Mikha (yang berbeda dengan Mikha bin Yimia yang hidup di masa pemerintahan raja Ahab, 1Raj 22) berasal dari negeri Yehuda, dari kampung Mor...

Ende: Mikha (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Mikha (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Mikha (Pendahuluan Kitab) MIKHA PENGANTAR Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, berasal dari sebuah desa di Yehuda, di kerajaan selatan. Ia sangat yakin bahwa Yehuda

MIKHA

PENGANTAR

Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, berasal dari sebuah desa di Yehuda, di kerajaan selatan. Ia sangat yakin bahwa Yehuda akan menghadapi bencana nasional seperti yang diumumkan oleh Amos tentang kerajaan utara. Mikha mengemukakan bahwa Allah pasti menghukum bangsa Yehuda juga karena mereka kejam dan tidak adil terhadap sesamanya. Tetapi dalam khotbah Mikha terdapat tanda-tanda yang lebih jelas dan terang tentang harapan untuk masa depan.

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam buku ini ialah: gambaran tentang kedamaian di seluruh dunia di bawah pimpinan Allah (Mi 4:1-4); ramalan tentang raja besar yang akan muncul dari keturunan Daud dan yang membawa kedamaian kepada bangsa Yehuda (Mi 5:2-4); dan, dalam satu ayat (Mi 6:8), ringkasan dari semua yang hendak dikatakan oleh nabi-nabi Israel, yaitu: "Yang dituntut TUHAN dari kita ialah supaya kita berlaku adil, selalu mengamalkan cinta kasih, dan dengan rendah hati hidup bersatu dengan Allah kita."

Isi

  1.  Hukuman atas Israel dan Yehuda
    Mi 1:1-3:12
  2.  Pemulihan dan kedamaian
    Mi 4:1-5:15
  3.  Peringatan dan harapan
    Mi 6:1-7:20

Ajaran: Mikha (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Mikha, iman anggota Jemaat dikuatkan, karena mengetahui bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah dinubuatkan sejak

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Mikha, iman anggota Jemaat dikuatkan, karena mengetahui bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah dinubuatkan sejak dahulu kala, dan mengerti bahwa Allah setia dalam mengampuni umat-Nya yang mengakui dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Mikha.

Isi Kitab: Kitab Mikha, terbagi atas 7 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat hubungan kedaulatan Allah dengan hidup dan sejarah manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mikha

  1. Pasal 1-3 (Mi 1:1-3:12).

    Pemberitaan tentang hukuman atas Israel karena perbuatan dosanya

    Pasal 1 (Mi 1:1-16) memuat perkataan Mikha terhadap Israel mengenai dosa-dosanya karena mencemarkan Yehuda dan Yerusalem. Nabi Mikha menekankan dosa penindasan yang disebabkan oleh orang-orang kaya yang malas. Uraian tentang dosa mereka terdapat dalam pasal 2-3 (Mi 2:1-3:12), yaitu bahwa orang-orang hanya melakukan pemerasan terhadap orang-orang miskin. Ini didukung oleh nabi-nabi palsu dan pemimpin- pemimpin bangsa.

    Dalam pasal-pasal ini Nabi Mikha memberikan teguran dan ancaman bagi mereka itu.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 1:5-7. Nabi Mikha mengecam dosa-dosa bangsa Israel.
    2. Bacalah pasal Mi 2:1-2,8-9; 3:2-3,9-12. Nabi Mikha menguraikan bentuk-bentuk perbuatan dos bangsa Israel. Apakah bentuk-bentuk dosa mereka?
  2. Pasal 4-5 (Mi 4:1-5:15).

    Pemberitaan tentang keselamatan di masa depan

    Setelah nabi memberitahukan teguran dan hukuman bangsa itu dan semua orang yang berbuat jahat, maka ia menyampaikan berita tentang zaman kedamaian yang kekal bagi seluruh bangsa di dunia. Dalam nubuat Nabi Mikha, yang sangat penting adalah tentang tempat kelahiran sang Mesias, Tuhan kita Yesus Kristus (Mikha 5:1) yang pengharapannya sungguh tepat, yaitu di Betlehem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 4:1-5. Nabi Mikha menjelaskan tentang kedamaian yang kekal bag segala bangsa di masa mendatang. Apakah yang dibua orang dengan perlengkapan perangnya? (ayat 3; Mi 4:3). Dan apakah suasana yang dialami orang-orang pada waktu itu? (ayat 4; Mi 4:4).
    2. Bacalah pasal Mi 5:1. Nabi Mikha menubuatkan tentang kedatangan Yesus Kristus. Di manakah tempat kelahiran Yesus Kristus dala Perjanjian Baru? Apakah sama dengan yang dinubuatkan dalam Mikha 5:1?
  3. Pasal 6-7 (Mi 6:1-7:20). Allah menuntut umat-Nya, karena kesalahan dan pelanggaran mereka Akibat dari ibadah mereka kepada Allah yang tidak dengan sepenuh hati, semuanya merupakan dosa bagi Tuhan, sehingga Tuhan menuntut kepada bangsa itu supaya berbuat adil, setia dan berjalan bersama Tuhan dengan rendah hati. Akhirnya Tuhan menyatakan kesetiaan-Nya dan rahmat-Nya kepada bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 6:3-5; 7:2-6. Allah membuktikan kemerosotan hidup rohani bangs Israel. Sebutkanlah, bagaimana keadaan bangsa Israel?
    2. Bacalah pasal Mi 7:14-20. Doa memohon pengampunan kepada Allah. Apakah yan saudara lakukan ketika sadar, bahwa saudara berbuat salah?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Nubuat nabi Mikha tentang kedatangan Penebus tela digenapi. Dengan demikian Firman Allah itu benar da janji-janji Allah yang belum tergenapi pasti akan digenap pada waktunya.
  2. Allah sangat membenci ibadah yang hanya berdasarkan hal-hal lahiriah.
  3. Mikha yang berasal dari pedalaman membuktikan bahwa Alla mau dan bisa memakai orang yang tidak berpengalaman/berpendidika tinggi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Mikha?
  2. Apakah isi Kitab Mikha?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Mikha?

Intisari: Mikha (Pendahuluan Kitab) Berita tentang penghakiman dan harapan WAKTU PENULISANPasal 1 ayat Mik 1:1 memberi batasan masa kerja Mikha sebagai seorang nabi. Pemerintahan Raja Y

Berita tentang penghakiman dan harapan

WAKTU PENULISAN
Pasal 1 ayat Mik 1:1 memberi batasan masa kerja Mikha sebagai seorang nabi. Pemerintahan Raja Yotam dimulai pada tahun 742 SM dan pemerintahan Hizkia berakhir dalam tahun 687 SM. Yeremia berbicara tentang nubuatan Mikha pada zaman pemerintahan Hizkia (Yer 26:18) dan mungkin pekerjaan kenabiannya dilaksanakan dalam tahun-tahun antara 725 SM dan 701 SM.

SITUASI
Mikha hidup di zaman krisis. Dua negeri adi kuasa, Mesir dan Asyur, sedang bertempur untuk memperebutkan supremasi dan negeri Mikha sendiri masih berada dalam keadaan cukup makmur -- sebagai peninggalan dari pemerintahan Raja Uzia yang cukup lama dan stabil (739 SM) Tetapi, tidak selamanya demikian. Dilihat dari sudut pandang keagamaan, Hizkia adalah seorang raja yang baik (2Raj 18:1-20:21), tetapi secara politis ia lemah. Di bawah pengaruh Mikha, ia memimpin gerakan pambaruan keagamaan, tetapi gerakannya tidak mengubah bangsanya. Negeri itu sudah rusak -- si kaya bertambah kaya dengan mempedayakan si miskin, para hakim akan memenangkan perkara mereka yang dapat membayar paling tinggi, dan bahkan para nabi dan imam menempatkan uang di atas Allah. Rakyatnya mengabaikan perintah-perintah Allah dan ilah-ilah ada di mana-mana, tetapi mereka masih berpendapat bahwa Allah akan melindungi mereka. Dalam tahun 722 SM kerajaan Israel bagian Utara dihancurkan. Hal ini seharusnya menjadi peringatan bagi Yehuda, tetapi sebaliknya mereka tetap mengikuti jalan yang salah itu.

PENULIS
Mikha berasal dari negeri Moresyet, sebuah kota kecil yang berbatasan dengan Filistin. Kota kecil itu merupakan lembah yang subur, dan berada pada jalur perdagangan. Sebagai seorang desa, Mikha mencurigai kota besar dan melihat bahwa kebobrokan Yehuda berakar pada kehidupan orang kota (Mik 1:5; 6:9). Didorong oleh kesadarannya yang amat kuat akan panggilan kenabiannya dan kuasa Tuhan dalam kehidupannya (Mik 3:8; 7:7), ia berani mempertahankan pendapatnya terhadap pendapat orang banyak.

KITAB INI
Kitab Mikha bukan merupakan sebuah pidato yang diucapkan sekaligus. Kitab itu merupakan kumpulan berbagai pesan. Ini berarti isinya dengan cepat melompat dari satu topik ke topik lainnya. Isi kitab silih berganti antara nubuatan dan hukuman yang dijatuhkan atas Yehuda karena dosa-dosa mereka, lengkap dengan gambaran yang jelas tentang dosa dan hukuman, serta nubuatan mengenai hari depan yang cerah setelah penghakiman.

Pesan

1. Allah itu kudus
Orang menipu diri mereka sendiri apabila mereka berpendapat bahwa mereka dapat meloloskan diri dari keegoisan, kekejaman dan kebobrokan mereka. Allah itu suci dan baik serta tidak dapat mengizinkan perbuatan yang salah. Semua dosa harus dan akan dihukum. Mik 1:25; 5:10-15

2. Allah itu adil
Tidak seperti para penguasa Israel, Allah tidak menerima suap. Baik orang kaya maupun yang berkuasa tidak akan mendapatkan perlakuan istimewa. Sebenarnya, Allah akan memberikan hukuman yang sesuai dengan kejahatan mereka. Mik 2:37; 3:4,9,12

3. Allah itu Penuntut
Ia tidak mengharapkan hanya janji di bibir saja dari umat-Nya, tetapi sikap dan kelakukan mereka, seluruh hidup mereka harus sesuai dengan apa yang mereka katakan. Mik 6:8

4. Allah memegang kendali
Kelihatannya seakan-akan dunia sudah tidak dapat dikendalikan lagi dan berada dalam keadaan kacau ballu, karena diambil alih oleh bangsa-bangsa yang tidak bertuhan. Tetapi, segala seuatu tidak selalu seperti apa yang diperkirakan. Ini adalah dunia Allah dan Ia bahkan berkuasa atas sejarah. Mik 4:8-13; 7:8-10

5. Allah memelihara
Allah telah dan selalu akan mengasihi umat-Nya. Mereka harus dihukum, tetapi serelah itu selalu ada harapan untuk masa depan. Akan selalu ada kehidpan baru yang penuh kemuliaan bagi semua orang yang sungguh-sunguh mengikut Allah. Mik 2:12,12; 6:3-5; 7:14,15

6. Allah prihatin terhadap seluruh dunia
Rencana-rencana Allah tidak hanya menyangkut bangsa Israel, tetapi juga seluruh bangsa. Kejahatan bangsa-bangsa akan dihukum, tetapi juga akan ada tempat bagi mereka di masa yang akan datang yang luar biasa. Mik 4:14; 7:16,17

7. Allah akan mengirimkan seorang Penebus
Setelah sekian lama, seseorang akan dilahirkan; ia akan membebaskan umat manusia dan menjadi seorang yang rendah hati, dari kota Betlehem, tetapi seseorang "yang asal-usulnya sudah ada sejak dahulu" Mik 5:2-6

Penerapan

Mikha mengajarkan kepada kita bahwa:

1. Ibadah yang suam-suam kuku tidak berguna
Ibadah dan gaya hidup harus saling berkaitan. Semua pengorbanan di dunia dan semua pertemuan ibadah tidak akan ada gunanya kecuali ada pengorbanan, kerendahan hati (Mik 6:8). Tidak mungkin kita mengatakan "Allah beserta saya" dan menuntut perlindungan-Nya jika kehidupan kita menunjukkan bahwa kita tidak sungguh-sungguh peduli akan apa yang Allah inginkan. (Mik 3:11)

2. Kehidupan bisnis juga penting
Allah memperhatikan bagaimana kita memperlakukan orang lain, dan Ia tidak menyukai alasan seperti "setiap orang melakukannya" atau "bisnis anda tidak akan maju tanpa ..." (Mik 2:15). Menginjak-injak orang lain mungkin dapat menolong Anda untuk menaiki tangga keberhasilan, tetapi hasilnya tidak akan seperti yang Anda harapkan. Kekayaan materi tidak selalu menjadi berkat yang besar (Mik 6:9-15).

3. Jawaban yang mudah tidak selalu benar
Kita tidak boleh hanya menginginkan jawaban yang kita ingin dengar. Jenis berita yang membawa kehangatan tidak selalu berasal dari sumber yang benar (Mik 2:11) Setiap pesan yang dianggap berasal dari Allah harus cocok dengan apa yang dikatakan dalam Alkitab tentang kasih dan keadilah Allah (Mik 3:5-8).

4. Sifat utusan Allah
Ia tahu bahwa Allah itu setia, meskipun keadaan di sekeliling dalam keadaaan kacau (Mik 7:7). Ia berbicara tentang kebenaran -- walaupun orang tidak ingin mendengarkannya (Mik 2:6). Ia menyadari akan adanya suatu kekuatan yang bukan berasal dari dirinya sendiri dan pesan-pesannya mencerminkan keadilan Allah (Mik 3:8).

Tema-tema Kunci

1. Penghakiman
Kejahatan yang dilakukan oleh bangsa Yehuda menyangkut semua aspek kehidupan mereka (Mik 2:1-11; 3:1-12; 6:9-16). Dari referensi di atas buatlah sebuah daftar tentang dosa-dosa mereka dan tindakan apa yang Allah katakan akan diambil-Nya untuk melawan mereka. Catatlah bagaimana hukuman itu cocok dengan kejahatan yang dilakukan, dan juga berapa banyak dari masalah-masalah yang tidak dapat ditolerir Allah pada waktu itu, yang masih menjadi masalah dewasa ini.

2. Penghakiman
Allah adalah Allah yang adil dan Ia mengharapkan dari umat-Nya. Buatlah sebuah daftar tentang hal-hal yang mengacu kepada keadilan dalam Mikha. Perhatikan bahwa semua itu harus dilihat dari sudut praktisnya dan bukan hanya merupakan konsep yang abstrak.

3. Pengharapan
Mikha mempunyai pengharapan yang jelas untuk masa yang akan datang berdasarkan apa yang diketahuinya tentang Allah dan Firman-Nya. Lihatlah Mik 2:12; 4:4,6
Bacalah Mik 4:1-5:15. Bagaimana Mikha mermalkan hari depan dari:
o Yerusalem (Mik 4:1-3,8,13)?
o Bangsa yang tertinggal (Mik 2:12; 4:6,7,10; 5:7,8)?
o Semua bangsa (Mik 4:2-4)?

4. Pengampunan
Mikha berakhir dengan penggambaran mengenai pengampunan Allah yang penuh belas kasihan. Ayat-ayat ini dibacakan oleh bangsa Yahudi pada Hari Pertobatan, ketika mereka menyucikan diri dari dosa-dosa selama tahun yang telah lalu. Bacalah Mik 7:18-20. Apa yang dinyatakan dalam ayat-ayat ini tentang Allah? Apakah ada hal-hal pada permulaan yang menunjuk kepada akhir ajaran ini?

Garis Besar Intisari: Mikha (Pendahuluan Kitab) [1] MEMPERKENALKAN MIKHA Mik 1:1 [2] HUKUMAN ATAS IBU KOTA Mik 1:2-16 Mik 1:2-8Samaria akan dibumiratakan Mik 1:9Yerusalem juga akan mengalami

[1] MEMPERKENALKAN MIKHA Mik 1:1

[2] HUKUMAN ATAS IBU KOTA Mik 1:2-16

Mik 1:2-8Samaria akan dibumiratakan
Mik 1:9Yerusalem juga akan mengalami nasib yang sama
Mik 1:10-16Bangsa Asyur bergerak menuju Yerusalem

[3] MENGAPA ALLAH BEGITU MARAH? Mik 2:1-11

Mik 2:1,2Mereka merencanakan kejahatan dan menipu sesama
Mik 2:3-5Karenanya, Allah akan mengambil apa yang menjadi milik mereka
Mik 2:6,7Mikha tidak membesar-besarkan
Mik 2:8,9Mereka menindas orang miskin
Mik 2:10Karenanya, Allah akan mengusir mereka
Mik 2:11Mereka tidak menghendaki kebenaran

[4] SEKILAS PANDANGAN KE DEPAN Mik 2:12,13

Mik 2:12,13Harapan untuk masa depan

[5] PARA PEMIMPINLAH YANG HARUS PALING DIPERSALAHKAN Mik 3:1-12

Mik 3:1-4Penjagal atau penggembala?
Mik 3:5-8Para nabi semuanya menerima suap
Mik 3:9-12Ibadah mereka semua pura-pura

[6] MASA SEKARANG YANG KELABU -- HARI DEPAN YANG GEMILANG Mik 4:1-5

Mik 4:1Yerusalem: pusat dunia yang damai
Mik 4:2-4Setiap bangsa akan datang untuk beribadah dan belajar
Mik 4:5Marilah sekarang kita mulai melakukan kehendak Allah

[7] HARI-HARI BESAR YANG AKAN DATANG Mik 4:6-5:15

Mik 4:6-8Kelemahan akan menjadi kekuatan
Mik 4:9,10Kesedihan menjadi pembebasan
Mik 4:11-13Yang ditaklukkan menjadi penakluk
Mik 5:1-6Yang diperintah menjadi yang memerintah
Mik 5:7-9Kelompok kecil yang selamat akan menjadi kelompok yang makmur
Mik 5:10-15Korupsi akan dicabut

[8] ALLAH MEMBAWA ISRAEL KE PENGADILAN Mik 6:1-16

Mik 6:1,2Sidang pengadilan itu adalah dunia ini
Mik 6:3-5Pidato untuk penuntut -- Allah tidak melakukan hal-hal merugikan
Mik 6:6,7Pembelaan -- kami sangat taat beribadah. Apalagi yang Allah kehendaki?
Mik 6:8Allah selalu menginginkan hal yang sama -- keadilan, kebaikan dan kerendahan hati
Mik 6:9-16Israel dicela

[9] SYAIR SEDIH MIKHA Mik 7:1-7

Mik 7:1-4Mikha sedih melihat dosa-dosa umat; tidak ada seorang pun melakukan hal yang benar
Mik 7:5,6Engkau tidak dapat mempercayai seorang pun -- bahkan keluargamu sendiri sekalipun
Mik 7:7Tetapi, engkau masih dapat mempercayai Allah

[10] MENYONGSONG MASA DEPAN Mik 7:8-20

Mik 7:8-10Waspadalah hai bangsa-bangsa!
Mik 7:11-13Setiap orang akan datang ke Yerusalem
Mik 7:14-17Allah, jadilah Gembala kami
Mik 7:18-20Marilah kita akhiri dengan memuhi Allah
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.83 detik
dipersembahkan oleh YLSA