kecilkan semua  

Teks -- Habakuk 3:1-19 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Doa nabi Habakuk
3:1 Doa nabi Habakuk. Menurut nada ratapan. 3:2 TUHAN, telah kudengar kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya TUHAN, kutakuti! Hidupkanlah itu dalam lintasan tahun, nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih sayang! 3:3 Allah datang dari negeri Teman dan Yang Mahakudus dari pegunungan Paran. Sela. Keagungan-Nya menutupi segenap langit, dan bumipun penuh dengan pujian kepada-Nya. 3:4 Ada kilauan seperti cahaya, sinar cahaya dari sisi-Nya dan di situlah terselubung kekuatan-Nya. 3:5 Mendahului-Nya berjalan penyakit sampar dan demam mengikuti jejak-Nya. 3:6 Ia berdiri, maka bumi dibuat-Nya bergoyang; Ia melihat berkeliling, maka bangsa-bangsa dibuat-Nya melompat terkejut, hancur gunung-gunung yang ada sejak purba, merendah bukit-bukit yang berabad-abad; itulah perjalanan-Nya berabad-abad. 3:7 Aku melihat kemah-kemah orang Kusyan tertekan, kain-kain tenda tanah Midian menggetar. 3:8 Terhadap sungai-sungaikah, ya TUHAN, terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? Atau terhadap lautkah amarah-Mu sehingga Engkau mengendarai kuda dan kereta kemenangan-Mu? 3:9 Busur-Mu telah Kaubuka, telah Kauisi dengan anak panah. Sela. Engkau membelah bumi menjadi sungai-sungai; 3:10 melihat Engkau, gunung-gunung gemetar, air bah menderu lalu, samudera raya memperdengarkan suaranya dan mengangkat tangannya. 3:11 Matahari, bulan berhenti di tempat kediamannya, karena cahaya anak-anak panah-Mu yang melayang laju, karena kilauan tombak-Mu yang berkilat. 3:12 Dalam kegeraman Engkau melangkah melintasi bumi, dalam murka Engkau menggasak bangsa-bangsa. 3:13 Engkau berjalan maju untuk menyelamatkan umat-Mu, untuk menyelamatkan orang yang Kauurapi. Engkau meremukkan bagian atas rumah orang-orang fasik dan Kaubuka dasarnya sampai batu yang penghabisan. Sela. 3:14 Engkau menusuk dengan anak panahnya sendiri kepala lasykarnya, yang mengamuk untuk menyerakkan aku dengan sorak-sorai, seolah-olah mereka menelan orang tertindas secara tersembunyi. 3:15 Dengan kuda-Mu, Engkau menginjak laut, timbunan air yang membuih. 3:16 Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar di tempat aku berdiri; namun dengan tenang akan kunantikan hari kesusahan, yang akan mendatangi bangsa yang bergerombolan menyerang kami. 3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Habakuk a prophet who wrote the eighth book of the minor prophets
 · Kusyan a people; Arab tribes living near Edom (NIVfn)
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Midian resident(s) of the region of Midian
 · orang Midian resident(s) of the region of Midian
 · padang gurun di tepi laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · padang gurun Paran a wilderness of East central Sinai peninsula (IBD)
 · Paran a wilderness of East central Sinai peninsula (IBD)
 · perempuan Midian resident(s) of the region of Midian
 · saudagar-saudagar Midian resident(s) of the region of Midian
 · Sela a musical notation for crescendo or emphasis by action (IBD)
 · T'eman son of Eliphaz son of Esau,a chief of Edom,a town or region of Edom
 · teluk Mesir the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Teman son of Eliphaz son of Esau,a chief of Edom,a town or region of Edom


Topik/Tema Kamus: Sela | Orang Midian | Gunung, Pegunungan | Pohon Zaitun | Nabi | Sukacita | Pohon Ara | Orang Miskin | Wabah Atau Sampar | Tombak | Rusa | Selamat, Keselamatan | Tingkah Laku Kristen | Tanduk | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Anak Panah | Habakuk | Sinai | Keledai | Bumi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hab 3:1-19 - DOA. Nas : Hab 3:1-19 Pasal ini adalah tanggapan Habakuk kepada jawaban Allah dalam pasal Hab 2:1-20. Di tengah-tengah dosa dunia dan hukuman Allah, dia...

Nas : Hab 3:1-19

Pasal ini adalah tanggapan Habakuk kepada jawaban Allah dalam pasal Hab 2:1-20. Di tengah-tengah dosa dunia dan hukuman Allah, dia telah belajar untuk hidup dengan iman kepada Allah dan mengandalkan kebijaksanaan jalan-jalan Allah.

Full Life: Hab 3:2 - HIDUPKANLAH ITU DALAM LINTASAN TAHUN. Nas : Hab 3:2 Habakuk tahu bahwa umat Allah telah berdosa dan akan mengalami hukuman-Nya. Di dalam situasi ini ia memanjatkan dua permohonan. ...

Nas : Hab 3:2

Habakuk tahu bahwa umat Allah telah berdosa dan akan mengalami hukuman-Nya. Di dalam situasi ini ia memanjatkan dua permohonan.

  1. 1) Ia berdoa agar Allah datang di antara umat-Nya dengan manifestasi baru akan kuasa-Nya. Habakuk tahu bahwa umat Allah tidak akan selamat jikalau Tuhan tidak campur tangan dalam hidup mereka dengan mencurahkan kasih karunia dan Roh-Nya; hanya dengan demikian akan ada kehidupan rohani sejati di antara mereka.
  2. 2) Habakuk berdoa agar pada masa kesesakan bagi umat Tuhan, Allah berkenan untuk tetap menunjukkan kasih sayang-Nya; tanpa kasih sayang itu umat tersebut tidak akan dapat bertahan. Sewaktu landasan gereja masa kini digoncangkan dan kesulitan ada pada setiap pihak, kita juga perlu memohon agar Tuhan menyatakan diri, kasih sayang dan kuasa-Nya kembali, supaya hidup dan pembaharuan dapat dialami oleh umat-Nya.

Full Life: Hab 3:3-16 - ALLAH DATANG. Nas : Hab 3:3-16 Di dalam ayat-ayat ini Habakuk mengacu kepada waktu Allah membebaskan umat-Nya dari Mesir (lih. pasal Kel 14:1-28). Allah yang sam...

Nas : Hab 3:3-16

Di dalam ayat-ayat ini Habakuk mengacu kepada waktu Allah membebaskan umat-Nya dari Mesir (lih. pasal Kel 14:1-28). Allah yang sama yang datang dengan keselamatan di masa lampau akan datang kembali dalam seluruh kemuliaan-Nya. Semua yang menantikan kedatangan itu akan hidup dan menyaksikan kemenangannya atas semua kerajaan dan bangsa.

Full Life: Hab 3:18-19 - AKU AKAN BERSORAK-SORAK DI DALAM TUHAN. Nas : Hab 3:18-19 Habakuk bersaksi bahwa ia melayani Allah bukan karena diberi berkat, tetapi karena Dia itu Allah. Bahkan di tengah hukuman Allah ...

Nas : Hab 3:18-19

Habakuk bersaksi bahwa ia melayani Allah bukan karena diberi berkat, tetapi karena Dia itu Allah. Bahkan di tengah hukuman Allah atas Yehuda (ayat Hab 3:16), Habakuk memilih untuk bersukacita di dalam Tuhan; Allah akan menjadi Juruselamatnya dan sumber kekuatan yang tak putus-putus. Ia tahu tanpa ragu bahwa kaum sisa akan selamat dari serbuan Babel, dan ia memberitakan dengan yakin kemenangan terakhir dari semua orang yang hidup oleh iman kepada Allah (bd. Hab 2:4).

BIS: Hab 3:1 - -- Bahasa Ibrani mempunyai kata-kata tambahan yang tak jelas artinya.

Bahasa Ibrani mempunyai kata-kata tambahan yang tak jelas artinya.

BIS: Hab 3:3 - T'eman T'eman sama dengan Edom.

T'eman sama dengan Edom.

BIS: Hab 3:9 - panah-Mu siap untuk dilepaskan Kemungkinan besar artinya: panah-Mu siap untuk dilepaskan.

Kemungkinan besar artinya: panah-Mu siap untuk dilepaskan.

BIS: Hab 3:13 - -- Kemungkinan besar artinya: Kausapu ... pengikutnya.

Kemungkinan besar artinya: Kausapu ... pengikutnya.

BIS: Hab 3:14 - -- Dalam naskah Ibrani ayat 14 tidak jelas.

Dalam naskah Ibrani ayat 14 tidak jelas.

BIS: Hab 3:16 - kakiku tersandung Kemungkinan besar artinya: kakiku tersandung; Ibrani: aku bingung, karena.

Kemungkinan besar artinya: kakiku tersandung; Ibrani: aku bingung, karena.

Jerusalem: Hab 3:1 - Doa Doa Habakuk ini, Hab 3:2-19, menggabungkan permohonan dengan puji-pujian kepada Allah yang Mahakuasa. Beberapa mazmur tersusun begitu juga. Baik judul...

Doa Habakuk ini, Hab 3:2-19, menggabungkan permohonan dengan puji-pujian kepada Allah yang Mahakuasa. Beberapa mazmur tersusun begitu juga. Baik judul serta catatan "sela" Hab 3:3,9,13, maupun catatan penutup, Hab 3:19 menyatakan bahwa doa itu dipakai dalam ibadat. Bab 3 ini seluruhnya tidak ada dalam 1QpHab

Jerusalem: Hab 3:1 - nabi Habakuk Seperti halnya dengan beberapa mazmur, demikianpun di sini nama Habakuk tidak hanya mengatakan bahwa doa itu termasuk sebuah kumpulan tertentu, yaitu ...

Seperti halnya dengan beberapa mazmur, demikianpun di sini nama Habakuk tidak hanya mengatakan bahwa doa itu termasuk sebuah kumpulan tertentu, yaitu kitab Habakuk.

Jerusalem: Hab 3:2 - kabar tentang Engkau Habakuk: apa yang Kauperdengarkan

Habakuk: apa yang Kauperdengarkan

Jerusalem: Hab 3:2 - pekerjaanMu Ialah segenap karya Tuhan bagi umatNya di zaman Musa. Bdk Maz 44:2-9; 77:12-13; 95:9; Hab 2:7; Ula 11:7

Ialah segenap karya Tuhan bagi umatNya di zaman Musa. Bdk Maz 44:2-9; 77:12-13; 95:9; Hab 2:7; Ula 11:7

Jerusalem: Hab 3:2 - Hidupkanlah... tahun Diharapkan bahwa kini Tuhan mengulang karyaNya yang besar dahulu. Dalam terjemahan Yunani bagian ini berbunyi sbb: DI tengah dua binatang Engkau akan ...

Diharapkan bahwa kini Tuhan mengulang karyaNya yang besar dahulu. Dalam terjemahan Yunani bagian ini berbunyi sbb: DI tengah dua binatang Engkau akan menyatakan diri; pabila dekatlah sudah tahun-tahun, maka Engkau akan dikenal: pabila tiba saatnya Engkau menjadi nyata. Terjemahan Yunani ini menjadi asal tradisi mengenai dua binatang di Gua Natal.

Jerusalem: Hab 3:3 - Allah Ibraninya Eloah Ini nama Allah yang kuno (lazimnya: Elohim), yang a.l. digemari penulis kitab Ayub

Ibraninya Eloah Ini nama Allah yang kuno (lazimnya: Elohim), yang a.l. digemari penulis kitab Ayub

Jerusalem: Hab 3:3 - Teman Bdk Oba 9+

Bdk Oba 9+

Jerusalem: Hab 3:3 - pegunungan Paran Di sini mulai dilukiskan penampakan Tuhan, Kel 19:16+. Tercakup di dalamnya datanglah Tuhan, Hab 3:3-7, dan pertempuran yang diadakanNya, Hab 3:8-15. ...

Di sini mulai dilukiskan penampakan Tuhan, Kel 19:16+. Tercakup di dalamnya datanglah Tuhan, Hab 3:3-7, dan pertempuran yang diadakanNya, Hab 3:8-15. Penglihatan tentang Tuhan itu mengingatkan beberapa hal dari perjalanan Tuhan yang jaya mengepalai umatNya waktu ke luar negeri Mesir. Keluaran itu menjadi pralambang pembebasan di masa mendatang, bdk Ula 33:3; Yes 6:3+) bertolak dari gunung Sinai, Kel 24:9-11, menuju negeri Kanaan, bdk Bil 20:14 dst, melalui bagian tenggara negeri Palestina: dari daerah itupun datanglah taufan-taufan. Tuhan yang mendekat itu dalam Hab 3 dst digambarkan serupa taufan dengan awan gemuruh, bdk Maz 18:8 dst; Maz 18:29. Pengungkapan yang dipakai kadang-kadang mengenai Tuhan sendiri dan kadang-kadang mengenai awan yang menjadi penyataanNya.

Jerusalem: Hab 3:4 - Ada kilauan Dalam terjemahan-terjemahan kuno terbaca: KilauanNya.

Dalam terjemahan-terjemahan kuno terbaca: KilauanNya.

Jerusalem: Hab 3:5 - demam Ibraninya: resyef Kata yang sama (diturunkan dari nama dewa guntur di negeri Fenesia) berarti juga: kilat, mata petir, hujan es dan di sini (sejalan d...

Ibraninya: resyef Kata yang sama (diturunkan dari nama dewa guntur di negeri Fenesia) berarti juga: kilat, mata petir, hujan es dan di sini (sejalan dengan penyakit sampar) berarti: demam yang membawa, bdk Ula 32:24.

Jerusalem: Hab 3:6 - gunung-gunung yang ada sejak purba Ungkapan ini (dan juga: bukit-bukit yang berabad-abad) di sini mendapat makna kosmis, bdk Maz 90:2; Ams 8:25; Ayu 15:7. Dalam Kej 49:26; Ula 33:15 ung...

Ungkapan ini (dan juga: bukit-bukit yang berabad-abad) di sini mendapat makna kosmis, bdk Maz 90:2; Ams 8:25; Ayu 15:7. Dalam Kej 49:26; Ula 33:15 ungkapan itu menunjuk daerah tinggalnya para bapa bangsa.

Jerusalem: Hab 3:7 - tanah Midian Bdk Kel 2:11+. Kusyan kiranya nama kuno daerah yang sama.

Bdk Kel 2:11+. Kusyan kiranya nama kuno daerah yang sama.

Jerusalem: Hab 3:8 - Terhadap sungai-sungaikah.... Sama seperti dalam Hak 5:4-5; Maz 77:17-20; 114:3-7, demikianpun di sini turun tangan Tuhan disertai pergolakan di jagat raya, bdk Ams 8:9+. Barangkal...

Sama seperti dalam Hak 5:4-5; Maz 77:17-20; 114:3-7, demikianpun di sini turun tangan Tuhan disertai pergolakan di jagat raya, bdk Ams 8:9+. Barangkali pesajak memanfaatkan tradisi-tradisi kuno mengenai penciptaan dunia yang dipikirkan sebagai pertempuran Allah dengan anasir jagat raya (samudera raya, laut, sungai dsb), bdk Ayu 7:12+. Di sini pertempuran berakhir dengan dikalahkannya "orang fasik", ialah orang Kasdim, Hab 3:13-15

Jerusalem: Hab 3:8 - mengendarai kuda Bdk Ula 33:26; Maz 68:5+.

Jerusalem: Hab 3:9 - telah Kauisi... Naskah Ibrani tidak dapat dimengerti maksudnya

Naskah Ibrani tidak dapat dimengerti maksudnya

Jerusalem: Hab 3:9 - anak panah Ialah halilintar, bdk Hab 3:4; Maz 29:7; 77:18. Dalam Ula 32:23; Yeh 5:16, dll Tuhan dibandingkan dengan pembusur. Busur melambangkan kekuatan, bdk Ke...

Ialah halilintar, bdk Hab 3:4; Maz 29:7; 77:18. Dalam Ula 32:23; Yeh 5:16, dll Tuhan dibandingkan dengan pembusur. Busur melambangkan kekuatan, bdk Kej 49:24; Ayu 29:20, dll

Jerusalem: Hab 3:9 - menjadi sungai Sungai dipikirkan terbit dari samudera raya di bawah keping bumi. Dengan "membelah bumi" Tuhan memunculkan air samudera itu.

Sungai dipikirkan terbit dari samudera raya di bawah keping bumi. Dengan "membelah bumi" Tuhan memunculkan air samudera itu.

Jerusalem: Hab 3:10 - samudera raya Ialah samudera purba yang ada di bawah bumi. Air samudera itu bercampur dengan air hujan lebat dari langit

Ialah samudera purba yang ada di bawah bumi. Air samudera itu bercampur dengan air hujan lebat dari langit

Jerusalem: Hab 3:10 - tangannya Ialah ombak-ombak samudera raya.

Ialah ombak-ombak samudera raya.

Jerusalem: Hab 3:13 - orang yang Kauurapi Yang dimaksudkan kiranya bukan raja, melainkan seluruh umat, bdk Maz 28:8; Kel 19:6

Yang dimaksudkan kiranya bukan raja, melainkan seluruh umat, bdk Maz 28:8; Kel 19:6

Jerusalem: Hab 3:13 - Engkau meremukkan.... Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Maksud naskah Ibrani tidak jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Hab 3:14 - -- Dalam naskah Ibrani ayat ini nampaknya rusak dan terjemahannya tidak pasti.

Dalam naskah Ibrani ayat ini nampaknya rusak dan terjemahannya tidak pasti.

Jerusalem: Hab 3:16-19 - -- Ini bagian penutup doa Habakuk.

Ini bagian penutup doa Habakuk.

Jerusalem: Hab 3:16 - Ketika aku mendengarnya Dalam naskah Ibrani hanya tertulis: Aku mendengar bdk Hab 2; Yes 21:3-4; Yer 23:9; Dan 8:18-27; 10:8. Nabi mendengar pertempuran yang diadakan Tuhan l...

Dalam naskah Ibrani hanya tertulis: Aku mendengar bdk Hab 2; Yes 21:3-4; Yer 23:9; Dan 8:18-27; 10:8. Nabi mendengar pertempuran yang diadakan Tuhan lalu disergap ketakutan keagamaan dan kegelisahan hati oleh karena pertempuran itu serta malapetaka yang menyertainya, Hab 3:16-17. Tetapi kemudian rasa takut dan gelisah diganti dengan rasa sukacita oleh karena nabi selamat dan aman pada Tuhan, Hab 3:18-19 bdk Hab 3:16

Jerusalem: Hab 3:16 - dan aku gemetar.... berdiri Dalam naskah Ibrani tertulis: di bawahku aku menggentarkan yang

Dalam naskah Ibrani tertulis: di bawahku aku menggentarkan yang

Jerusalem: Hab 3:16 - yang akan mendatangi.... menyerang kami Naskah Ibrani sangat tidak jelas. Terjemahan lain: buat maju melawan suatu bangsa yang menyerangnya, atau: ketika orang maju melawan suatu bangsa meny...

Naskah Ibrani sangat tidak jelas. Terjemahan lain: buat maju melawan suatu bangsa yang menyerangnya, atau: ketika orang maju melawan suatu bangsa menyerangnya.

Jerusalem: Hab 3:17 - -- Ayat ini mengenai kemalangan kaum tani, paceklik. Ini kurang sesuai rasanya dengan sajak yang menggambarkan pertempuran yang menyangkut segenap jagat ...

Ayat ini mengenai kemalangan kaum tani, paceklik. Ini kurang sesuai rasanya dengan sajak yang menggambarkan pertempuran yang menyangkut segenap jagat raya. Mungkin Hab 3:17 sebuah sisipan yang bermaksud menekankan bahwa perlu orang mengandalkan Tuhan. Mungkin pula ayat ini mengenai paceklik di negeri Yehuda yang disebabkan peperangan.

Jerusalem: Hab 3:19 - (Untuk pemimpin... ) Catatan serupa banyak terdapat dalam judul mazmur-mazmur.

Catatan serupa banyak terdapat dalam judul mazmur-mazmur.

Ende: Hab 3:1 - -- Djudul itu serupa dengan djudul beberapa mazmur dan sama pula nilainja. Njata, bahwa lagu ini dipakai dalam ibadah (selah: Hab 3:9,13).

Djudul itu serupa dengan djudul beberapa mazmur dan sama pula nilainja. Njata, bahwa lagu ini dipakai dalam ibadah (selah: Hab 3:9,13).

Ende: Hab 3:2 - -- Nabi telah mendapat suatu penglihatan (kauperdengarkan, kulihat), jaitu penglihatan jang termuat Hab 2:1-4(pekerdjaan jang gagah), jang akan terdjadi ...

Nabi telah mendapat suatu penglihatan (kauperdengarkan, kulihat), jaitu penglihatan jang termuat Hab 2:1-4(pekerdjaan jang gagah), jang akan terdjadi djuga (hidupkanlah)

Ende: Hab 3:3 - -- Teman,Paran, letaknja di Edom (gurun). Jang berikut (Hab 3:3-7) adalah gambaran (jang agak biasa pada para nabi) tentang Allah jang tampil akan pengad...

Teman,Paran, letaknja di Edom (gurun).

Jang berikut (Hab 3:3-7) adalah gambaran (jang agak biasa pada para nabi) tentang Allah jang tampil akan pengadilan. Gambaran itu merupakan suatu djenis sastera.

Ende: Hab 3:4 - disana ialah dalam pokok gemuruh.

ialah dalam pokok gemuruh.

Ende: Hab 3:5 - sampar, dendam diperorangkan sebagai tentara pembinasa Jahwe.

diperorangkan sebagai tentara pembinasa Jahwe.

Ende: Hab 3:6 - -- Gambaran gempa bumi untuk melukiskan penampakan Allah.

Gambaran gempa bumi untuk melukiskan penampakan Allah.

Ende: Hab 3:7 - Kusjan = negeri Midian, jang letaknja digurun. Jahwe melintasi gurun (aj.3)(Hab 3:3).

= negeri Midian, jang letaknja digurun. Jahwe melintasi gurun (aj.3)(Hab 3:3).

Ende: Hab 3:8 - sungai (laut purba) jang dibajangkan sebagai musuh Jahwe jang mau menghalangi pentjiptaan. Sekarang Jahwe tidak datang untuk memerangi machluk2 dahsjat itu, melainkan sek...

jang dibajangkan sebagai musuh Jahwe jang mau menghalangi pentjiptaan. Sekarang Jahwe tidak datang untuk memerangi machluk2 dahsjat itu, melainkan sekarang tampil akan pengadilan atas manusia.

Ende: Hab 3:9 - Kaudjampi seperti seorang pradjurit mendjampi, mambatja mantera, agar sendjatanja dalam pertempuran mendjadi kuat berhasil. Jahwe dibandingkan dengan pradjurit ...

seperti seorang pradjurit mendjampi, mambatja mantera, agar sendjatanja dalam pertempuran mendjadi kuat berhasil. Jahwe dibandingkan dengan pradjurit itu.

Ende: Hab 3:9 - sungai (hudjan lebat), ialah air bah, jang disini merupakan lambang pengadilan Jahwe.

(hudjan lebat), ialah air bah, jang disini merupakan lambang pengadilan Jahwe.

Ende: Hab 3:9 - tubir ialah laut purba (Hab 3:8), jang bergelora, ibarat pengadilan.

ialah laut purba (Hab 3:8), jang bergelora, ibarat pengadilan.

Ende: Hab 3:10-11 - tjahaja... Matahari dan bulan se-akan2 hilang,sebab tjahajanja dilebihi tjahaja Jahwe.

Matahari dan bulan se-akan2 hilang,sebab tjahajanja dilebihi tjahaja Jahwe.

Ende: Hab 3:12 - bangsa2 ialah hanja Babel sadja.

ialah hanja Babel sadja.

Ende: Hab 3:13 - orang jang Kauurapi ialah bukan radja tertentu, tetapi wangsa keradjaan.

ialah bukan radja tertentu, tetapi wangsa keradjaan.

Ende: Hab 3:14 - daku ialah Israil.

ialah Israil.

Ende: Hab 3:15 - -- Seperti waktu pengungsian dari Mesir, musuh dibinasakan dalam laut oleh Jahwe.

Seperti waktu pengungsian dari Mesir, musuh dibinasakan dalam laut oleh Jahwe.

Ende: Hab 3:16 - -- Bahasa penghebat, jang menundjuk kesan, jang ditinggalkan penampakan Allah pada nabi. Tetapi nabi penuh pengharapan dan malahan menaruh kepastian, bah...

Bahasa penghebat, jang menundjuk kesan, jang ditinggalkan penampakan Allah pada nabi. Tetapi nabi penuh pengharapan dan malahan menaruh kepastian, bahwa pengadilan itu akan terlaksana pada waktunja.

Ende: Hab 3:17-19 - -- Kendati keadaan malang sekarang, nabi tetap pertjaja dan berharap.

Kendati keadaan malang sekarang, nabi tetap pertjaja dan berharap.

Ende: Hab 3:19 - untuk pemimpin, dst. seperti dalam djudul beberapa mazmur.

seperti dalam djudul beberapa mazmur.

Endetn: Hab 3:2 - kulihat diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "aku menakuti".

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "aku menakuti".

Endetn: Hab 3:4 - (kilat)Nja ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

Endetn: Hab 3:6 - digontjangkanNja diperbaiki menurut terdjemahan Junani. tertulis: "diukurNja".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. tertulis: "diukurNja".

Endetn: Hab 3:9 - Kau(djampi), diperbaiki. Tertulis: "Ia mendjampi (katanja)".

diperbaiki. Tertulis: "Ia mendjampi (katanja)".

Endetn: Hab 3:10 - Tjahaja.. dst. Naskah Hibrani tidak pasti. terdjemahan2 kunopun amat berbeda satu sama lain. Tertulis: "itu menadahkan tangannja".

Naskah Hibrani tidak pasti. terdjemahan2 kunopun amat berbeda satu sama lain. Tertulis: "itu menadahkan tangannja".

Endetn: Hab 3:11 - ditempat diperbaiki. Tertulis: "menudju ke".

diperbaiki. Tertulis: "menudju ke".

Endetn: Hab 3:13 - guna menjelamatkan diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "penjelamatan, orang jang Kauurapi".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "penjelamatan, orang jang Kauurapi".

Endetn: Hab 3:13 - kepadas diperbaiki. Tertulis: "leher".

diperbaiki. Tertulis: "leher".

Endetn: Hab 3:14 - (anakpanah)Mu diperbaiki. Tertulis: "(-)Nja".

diperbaiki. Tertulis: "(-)Nja".

Endetn: Hab 3:14 - penunggang2nja diperbaiki. Seluruh ajat itu dalam naskah Hibrani sukar untuk diartikan.

diperbaiki. Seluruh ajat itu dalam naskah Hibrani sukar untuk diartikan.

Endetn: Hab 3:16 - langkah2ku ber-tatih2 diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "(dibawahku) aku menggentarkan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "(dibawahku) aku menggentarkan".

Endetn: Hab 3:19 - ketinggian diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ketinggian2ku".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ketinggian2ku".

Endetn: Hab 3:19 - Alat diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "alat2ku".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "alat2ku".

Ref. Silang FULL: Hab 3:1 - nada ratapan · nada ratapan: Mazm 7:1

· nada ratapan: Mazm 7:1

Ref. Silang FULL: Hab 3:2 - telah kudengar // ya Tuhan // kutakuti // Hidupkanlah // akan kasih · telah kudengar: Ayub 26:14; Ayub 26:14; Mazm 44:2 · ya Tuhan: Mazm 90:16; Mazm 90:16 · kutakuti: Mazm 119:120; Mazm 119:120 &mi...

· telah kudengar: Ayub 26:14; [Lihat FULL. Ayub 26:14]; Mazm 44:2

· ya Tuhan: Mazm 90:16; [Lihat FULL. Mazm 90:16]

· kutakuti: Mazm 119:120; [Lihat FULL. Mazm 119:120]

· Hidupkanlah: Mazm 85:7

· akan kasih: Yes 54:8

Ref. Silang FULL: Hab 3:3 - negeri Teman // Yang Mahakudus // pegunungan Paran // segenap langit // dan bumipun · negeri Teman: Kej 36:11,15; Kej 36:11; Kej 36:15 · Yang Mahakudus: Yes 31:1 · pegunungan Paran: Bil 10:12; Bil 10:12 · s...

· negeri Teman: Kej 36:11,15; [Lihat FULL. Kej 36:11]; [Lihat FULL. Kej 36:15]

· Yang Mahakudus: Yes 31:1

· pegunungan Paran: Bil 10:12; [Lihat FULL. Bil 10:12]

· segenap langit: Mazm 8:2; [Lihat FULL. Mazm 8:2]

· dan bumipun: Mazm 48:11

Ref. Silang FULL: Hab 3:4 - seperti cahaya // terselubung kekuatan-Nya · seperti cahaya: Yes 18:4; Yes 18:4 · terselubung kekuatan-Nya: Ayub 9:6; Ayub 9:6

· seperti cahaya: Yes 18:4; [Lihat FULL. Yes 18:4]

· terselubung kekuatan-Nya: Ayub 9:6; [Lihat FULL. Ayub 9:6]

Ref. Silang FULL: Hab 3:5 - penyakit sampar · penyakit sampar: Im 26:25; Im 26:25

· penyakit sampar: Im 26:25; [Lihat FULL. Im 26:25]

Ref. Silang FULL: Hab 3:6 - melompat terkejut, hancur // sejak purba, merendah // bukit-bukit // perjalanan-Nya berabad-abad · melompat terkejut, hancur: Mazm 46:13; Mazm 46:13 · sejak purba, merendah: Kel 19:18; Kel 19:18; Mazm 18:8; 114:1-6 · bukit-buk...

· melompat terkejut, hancur: Mazm 46:13; [Lihat FULL. Mazm 46:13]

· sejak purba, merendah: Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]; Mazm 18:8; 114:1-6

· bukit-bukit: Kej 49:26

· perjalanan-Nya berabad-abad: Kej 21:33; [Lihat FULL. Kej 21:33]

Ref. Silang FULL: Hab 3:7 - tanah Midian // menggetar · tanah Midian: Kej 25:2; Kej 25:2; Bil 25:15; Bil 25:15; Hak 7:24-25 · menggetar: Kel 15:14

· tanah Midian: Kej 25:2; [Lihat FULL. Kej 25:2]; Bil 25:15; [Lihat FULL. Bil 25:15]; Hak 7:24-25

· menggetar: Kel 15:14

Ref. Silang FULL: Hab 3:8 - Terhadap sungai-sungaikah // terhadap lautkah // dan kereta · Terhadap sungai-sungaikah: Kel 7:20; Kel 7:20 · terhadap lautkah: Mazm 77:17; Mazm 77:17 · dan kereta: 2Raj 2:11; 2Raj 2:11; Ma...

· Terhadap sungai-sungaikah: Kel 7:20; [Lihat FULL. Kel 7:20]

· terhadap lautkah: Mazm 77:17; [Lihat FULL. Mazm 77:17]

· dan kereta: 2Raj 2:11; [Lihat FULL. 2Raj 2:11]; Mazm 68:18; [Lihat FULL. Mazm 68:18]

Ref. Silang FULL: Hab 3:9 - anak panah · anak panah: Ul 32:23; Ul 32:23; Mazm 7:13-14

· anak panah: Ul 32:23; [Lihat FULL. Ul 32:23]; Mazm 7:13-14

Ref. Silang FULL: Hab 3:10 - gunung-gunung gemetar // memperdengarkan suaranya // mengangkat tangannya · gunung-gunung gemetar: Mazm 77:17; Mazm 77:17 · memperdengarkan suaranya: Mazm 98:7 · mengangkat tangannya: Mazm 93:3; Mazm 93:...

· gunung-gunung gemetar: Mazm 77:17; [Lihat FULL. Mazm 77:17]

· memperdengarkan suaranya: Mazm 98:7

· mengangkat tangannya: Mazm 93:3; [Lihat FULL. Mazm 93:3]

Ref. Silang FULL: Hab 3:11 - bulan berhenti // anak-anak panah-Mu // laju, karena kilauan · bulan berhenti: Yos 10:13 · anak-anak panah-Mu: Mazm 18:15 · laju, karena kilauan: Mazm 144:6; Mazm 144:6; Za 9:14

· bulan berhenti: Yos 10:13

· anak-anak panah-Mu: Mazm 18:15

· laju, karena kilauan: Mazm 144:6; [Lihat FULL. Mazm 144:6]; Za 9:14

Ref. Silang FULL: Hab 3:12 - Engkau menggasak · Engkau menggasak: Yes 41:15; Yes 41:15

· Engkau menggasak: Yes 41:15; [Lihat FULL. Yes 41:15]

Ref. Silang FULL: Hab 3:13 - berjalan maju // untuk menyelamatkan // yang Kauurapi // Engkau meremukkan · berjalan maju: Kel 13:21; Kel 13:21 · untuk menyelamatkan: Mazm 20:7; Mazm 20:7; Mazm 28:8; Mazm 28:8 · yang Kauurapi: 2Sam 2...

· berjalan maju: Kel 13:21; [Lihat FULL. Kel 13:21]

· untuk menyelamatkan: Mazm 20:7; [Lihat FULL. Mazm 20:7]; Mazm 28:8; [Lihat FULL. Mazm 28:8]

· yang Kauurapi: 2Sam 23:1; [Lihat FULL. 2Sam 23:1]

· Engkau meremukkan: Mazm 68:22; 110:6

Ref. Silang FULL: Hab 3:14 - menyerakkan aku // orang tertindas · menyerakkan aku: Hak 7:22 · orang tertindas: Mazm 64:3-6

· menyerakkan aku: Hak 7:22

· orang tertindas: Mazm 64:3-6

Ref. Silang FULL: Hab 3:15 - menginjak laut // timbunan air · menginjak laut: Ayub 9:8; Ayub 9:8 · timbunan air: Kel 15:8

· menginjak laut: Ayub 9:8; [Lihat FULL. Ayub 9:8]

· timbunan air: Kel 15:8

Ref. Silang FULL: Hab 3:16 - aku gemetar // dengan tenang · aku gemetar: Ayub 4:14; Ayub 4:14 · dengan tenang: Mazm 37:7; Mazm 37:7

· aku gemetar: Ayub 4:14; [Lihat FULL. Ayub 4:14]

· dengan tenang: Mazm 37:7; [Lihat FULL. Mazm 37:7]

Ref. Silang FULL: Hab 3:17 - bahan makanan // dalam kandang · bahan makanan: Yoel 1:10-12,18 · dalam kandang: Yer 5:17

· bahan makanan: Yoel 1:10-12,18

· dalam kandang: Yer 5:17

Ref. Silang FULL: Hab 3:18 - dalam Tuhan // yang menyelamatkan · dalam Tuhan: Mazm 97:12; Yes 61:10; Yes 61:10; Fili 4:4 · yang menyelamatkan: Kel 15:2; Kel 15:2; Luk 1:47; Luk 1:47

· dalam Tuhan: Mazm 97:12; Yes 61:10; [Lihat FULL. Yes 61:10]; Fili 4:4

· yang menyelamatkan: Kel 15:2; [Lihat FULL. Kel 15:2]; Luk 1:47; [Lihat FULL. Luk 1:47]

Ref. Silang FULL: Hab 3:19 - itu kekuatanku // di bukit-bukitku · itu kekuatanku: Ul 33:29; Ul 33:29; Mazm 46:2-6 · di bukit-bukitku: Ul 32:13; Ul 32:13; Mazm 18:34

· itu kekuatanku: Ul 33:29; [Lihat FULL. Ul 33:29]; Mazm 46:2-6

· di bukit-bukitku: Ul 32:13; [Lihat FULL. Ul 32:13]; Mazm 18:34

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Hab 3:1-16 - -- VII. SEBUAH PENGLIHATAN TENTANG PENGADILAN ILAHI. 3:1-16. Pasal ini disebut oleh penulis sebagai doa (tepillâ), walaupun telah disepakati secar...

VII. SEBUAH PENGLIHATAN TENTANG PENGADILAN ILAHI. 3:1-16.

Pasal ini disebut oleh penulis sebagai doa (tepillâ), walaupun telah disepakati secara universal bahwa bagian terbesarnya merupakan gambaran tentang suatu teofani yang dialami oleh sang nabi. Hanya ayat 2 yang merupakan sebuah doa. Namun sikap takut karena hormat, karena kekaguman, karena kemenangan iman atas berbagai keadaan yang mengganggu telah begitu hebat dikuasai oleh roh doa sehingga hampir tidak diragukan bahwa "doa" itu mencakup keseluruhan pasal. Pasal ini juga disebut sebuah mazmur walaupun bukan oleh Habakuk karena petunjuk-petunjuk ditempatkan di bagian atas mengenai cara melagukannya, dan tulisan di bawah garis menyebutkan alat apa yang dipakai untuk mengiringi nyanyian. Demikian juga dengan Sela yang mengandung teka-teki, yang biasanya menandai waktu berhenti sebentar pada saat-saat tertentu, atau barangkali perubahan tempo, muncul sebanyak tiga kali.

Karena berbagai alasan, seperti yang telah disebutkan dalam Pendahuluan, pasal ini dianggap telah ditulis oleh orang lain dan bukan oleh Habakuk. Tentu ini akan berarti bahwa pasal 3:1, yang menyatakan bahwa pasal tersebut ditulis olehnya adalah tidak benar. Fakta bahwa pasal ketiga itu tidak terdapat dalam Tafsiran Qumran tidak merupakan keberatan yang berarti. Begitu juga argumentasi bahwa bagian ini tidak memiliki bentuk dialog seperti bagian-bagian sebelumnya. Sifat dari pasal ini, yang merupakan sebuah doa, menghindarkan gaya percakapan. Terdapat beberapa bukti linguistik untuk memperkuat kesatuan kitab itu, dan juga fakta bahwa teodisenya tidak lengkap tanpa pasal ini.

Wycliffe: Hab 3:1 - Menurut nada ratapan 1. Menurut nada ratapan. Arti kata ini begitu tidak pasti sehingga cara paling aman adalah dengan menyalin hurufnya saja. Vulgata yang berbahasa Latin...

1. Menurut nada ratapan. Arti kata ini begitu tidak pasti sehingga cara paling aman adalah dengan menyalin hurufnya saja. Vulgata yang berbahasa Latin menerjemahkannya menjadi pro ignorantiis, "untuk dosa yang dilakukan dalam ketidaktahuan." Tidak ada petunjuk dalam nubuatan ini apakah dosa-dosa Yehuda atau dosa-dosa orang Kasdim yang dapat dianggap sebagai telah diperbuat dalam ketidaktahuan. Barangkali kata ini menyatakan tipe musik atau tempo untuk menyanyikan mazmur tersebut jika dipakai dalam ibadah.

Wycliffe: Hab 3:2 - Kabar tentang Engkau, // Hidupkanlah itu // pekerjaan-Mu // Dalam lintasan tahun 2. Kabar tentang Engkau, atau laporan. Laporan ini berisi tindakan penghakiman Ilahi, yang kemungkinan akan mendatangkan penderitaan atas Habakuk sert...

2. Kabar tentang Engkau, atau laporan. Laporan ini berisi tindakan penghakiman Ilahi, yang kemungkinan akan mendatangkan penderitaan atas Habakuk serta orang-orang yang terkait dengannya oleh ikatan umum berupa iman dan kasih. Itu merupakan penghakiman yang dinyatakan dalam pasal 1.

Terjemahan AV dalam ayat ini sama sekali tidak memuaskan. Terjemahan berikut inilah yang disarankan:

TUHAN, telah kudengar kabar tentang Engkau,

Dan pekerjaan-Mu, ya Tuhan, kutakuti!

Hidupkanlah itu dalam lintasan tahun,

nyatakanlah itu dalam lintasan tahun;

Dalam murka ingatlah akan kasih sayang!

Hidupkanlah itu. Walaupun versi bahasa Inggris menerjemahkan kata Ibrani ini menjadi menghidupkan lagi atau memulai lagi, nabi tidak meminta Allah supaya mengulangi apa yang hebat yang telah diperbuat-Nya pada masa dahulu. Kata kerja ini dipakai di bagian lain disertai gaya kausatif, misalnya, Kejadian 7:3; 19:32; Ulangan 32:39, di mana artinya adalah mempertahankan hidup, atau menghidupkan. Allah diminta untuk melaksanakan rancangan yang sudah Ia nyatakan, serta menjadikan rancangan itu suatu tindakan yang hidup. Bahwa memang itu yang dimaksudkan diperkuat oleh kalimat paralel, "nyatakanlah itu dalam lintasan tabun." Jadi, pekerjaan-Mu adalah maksud yang diberitakan dalam " 1:5, bersama dengan penghukuman yang dinyatakan dalam pasal 2.

Dalam lintasan tahun. Seorang penafsir yang lebih tua, Bengel, menyatakan bahwa ayat ini menunjuk kepada kelahiran Kristus dan zaman Kristen. Karya Allah akan dilaksanakan pada waktu yang memisahkan sejarah, Perjanjian Lama dari Perjanjian Baru. Proposal ini belum diterima. Habakuk meminta agar dalam perjalanan tahun-tahun yang mendatang, Allah dapat menghajar dan menyembuhkan.

Beberapa pihak menganggap bahwa ayat 3-15 menggambarkan suatu teofani, atau sebuah perwujudan Ilahi kepada sang nabi. Yang lainnya berpendapat bahwa ini hanyalah sebuah deklamasi puisi mengenai karya Allah dengan motif Keluaran, yaitu, menggunakan pola tindakan-tindakan Ilahi pada masa Keluaran. Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa Habakuk mendapat semacam pengalaman teofani seperti yang diberikan kepada Abraham. Dalam pada itu, ayat-ayat ini bukan sekadar perayaan puitis.

Meskipun bahasanya kelihatannya diambil dari Keluaran dan kisah-kisah berikutnya mengenai campur tangan Allah atas Israel, ada juga banyak sekali yang asli dalam uraiannya. Nabi berbicara, misalnya, tentang gunung-gunung yang menggeliat dan juga keagungan-Nya menutupi segenap langit dan bumi. Yang terbaik adalah menganggap keseluruhan panorama tentang kekacauan-kekacauan kosmik yang merupakan akibat dari kehadiran Allah itu sebagai hal yang ada dalam penglihatan nabi.

Wycliffe: Hab 3:3 - Dari negeri Téman ... Paran // Pujian kepada-Nya. Pujian 3. Dari negeri Téman ... Paran. Paran adalah wilayah padang gurun di sebelah timur Arabah dan dekat situs tradisional Gunung Sinai. Teman adala...

3. Dari negeri Téman ... Paran. Paran adalah wilayah padang gurun di sebelah timur Arabah dan dekat situs tradisional Gunung Sinai. Teman adalah ibu kota Edom yang berbenteng batu, namun nama ini juga menunjuk pada wilayah sebelah timur Paran. Allah digambarkan sedang mendekati dengan penghukuman dari wilayah di mana Israel dulu bukan hanya mengalami anugerah penebusan-Nya, melainkan telah terlibat dalam perjanjian dengan Dia. Ini juga merupakan wilayah di mana beberapa generasi yang tidak percaya binasa. Pujian kepada-Nya. Pujian di sini, bukan menunjuk pada pujian yang diucapkan oleh para penghuni bumi, melainkan lebih kepada keunggulan Allah yang layak untuk memperoleh pujian dari semua ciptaan.

Wycliffe: Hab 3:4 - Sinar cahaya dari sisi-Nya 4. Sinar cahaya dari sisi-Nya. Sinar ini keluar dari kedua sisi. Pusat yang darinya keluar cahaya seperti matahari adalah tempat rahasia kuasa Allah.

4. Sinar cahaya dari sisi-Nya. Sinar ini keluar dari kedua sisi. Pusat yang darinya keluar cahaya seperti matahari adalah tempat rahasia kuasa Allah.

Wycliffe: Hab 3:5 - Penyakit sampar dan demam 5. Penyakit sampar dan demam merupakan fenomena yang menyertai mendekatnya TUHAN sebagaimana kilat dan halilintar menyertai datangnya badai. Barangkal...

5. Penyakit sampar dan demam merupakan fenomena yang menyertai mendekatnya TUHAN sebagaimana kilat dan halilintar menyertai datangnya badai. Barangkali sang nabi melihat karya hidup itu remuk di hadapan Allah, seolah-olah dihantam oleh angin yang merusakkan. Di belakang-Nya, jalan terbakar hangus seolah-olah dihanguskan oleh api.

Wycliffe: Hab 3:6 - Ia berdiri 6. Ia berdiri. TUHAN menghentikan langkah-Nya supaya Dia dapat memandang sekeliling-Nya, untuk memastikan jenis dan tingkatan hukuman yang akan diberi...

6. Ia berdiri. TUHAN menghentikan langkah-Nya supaya Dia dapat memandang sekeliling-Nya, untuk memastikan jenis dan tingkatan hukuman yang akan diberikan. Hanya dengan sentuhan Allah, gunung-gunung hancur dan bergoyang. Ada sebuah argumentasi fortiori di sini. Bila batu-batu dan bukit-bukit yang tahan menghadapi kerusakan oleh zaman bisa hancur tanpa bekas akibat sentuhan kaki Allah, atau akibat pandangan sekilas mata-Nya, maka siapakah yang bisa tinggal bertahan pada hari murka-Nya?

Wycliffe: Hab 3:7 - Kusyan 7. Kusyan. Biasa dianggap sebagai Etiopia. Akan tetapi, lebih logis untuk beranggapan bahwa Kusyan adalah bagian dari wilayah di mana bangsa Midian me...

7. Kusyan. Biasa dianggap sebagai Etiopia. Akan tetapi, lebih logis untuk beranggapan bahwa Kusyan adalah bagian dari wilayah di mana bangsa Midian mengembara, dan bahwa dari sinilah asalnya Zipora, istri Musa, yang disebut orang Kusy.

Wycliffe: Hab 3:8 - Terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? 8. Terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? Ini adalah jenis pertanyaan retoris, yang diperkirakan akan mengubah pikiran menjadi alasan nyata bagi ...

8. Terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? Ini adalah jenis pertanyaan retoris, yang diperkirakan akan mengubah pikiran menjadi alasan nyata bagi hukuman TUHAN yakni keselamatan. Bisa dianggap bahwa keselamatan dari Tuhan merupakan sejenis pembebasan yang didoakan oleh nabi di pasal 1. Ini mencakup pembebasan dari kekerasan dan kejahatan yang mengelilingi orang saleh, sehingga hukum tidak lagi "mengendur." Keselamatan ini tidak sama dengan yang ditawarkan dalam Tuhan Yesus Kristus, walaupun dalam beberapa aspek ini merupakan suatu penggambaran lebih dulu tentang karya Mesias.

Wycliffe: Hab 3:9 - Kau isi dengan anak panah 9. Kau isi dengan anak panah (AV., The oaths of the tribes, even thy word). Dari semua anak kalimat di keseluruhan nubuatan ini, barangkali inilah yan...

9. Kau isi dengan anak panah (AV., The oaths of the tribes, even thy word). Dari semua anak kalimat di keseluruhan nubuatan ini, barangkali inilah yang paling sulit untuk dijelaskan. Bunyi dari Alkitab Indonesia ini sesuai dengan bunyi dalam sekelompok kecil naskah kuno yang kedengarannya masuk akal namun tidak mendapat dukungan dari naskah-naskah Ibrani yang terbaik.

Wycliffe: Hab 3:10 - Samudera raya ... mengangkat tangannya 10. Samudera raya ... mengangkat tangannya. Dalam penglihatannya, sang nabi melihat air bah menderu di samudera raya, dan ia teringat akan gerakan-ger...

10. Samudera raya ... mengangkat tangannya. Dalam penglihatannya, sang nabi melihat air bah menderu di samudera raya, dan ia teringat akan gerakan-gerakan seorang manusia yang diserang teror.

Wycliffe: Hab 3:11 - Matahari, bulan berhenti 11. Matahari, bulan berhenti. Kedua benda bulat yang memberi sinar pada bumi dan mengatur waktunya ini tampaknya terdiam, bersama dengan ciptaan lainn...

11. Matahari, bulan berhenti. Kedua benda bulat yang memberi sinar pada bumi dan mengatur waktunya ini tampaknya terdiam, bersama dengan ciptaan lainnya, menghadapi kemegahan TUHAN ketika Dia muncul di penghakiman. Mereka tampak pucat bila dibandingkan dengan cahaya anak panah Allah dan tombak-Nya yang berkilat.

Wycliffe: Hab 3:12 - Engkau melangkah 12. Engkau melangkah. TUHAN melangkah melintasi bumi sebagai seorang Penakluk yang penuh kemenangan, menginjak-injak bangsa-bangsa seperti petani seda...

12. Engkau melangkah. TUHAN melangkah melintasi bumi sebagai seorang Penakluk yang penuh kemenangan, menginjak-injak bangsa-bangsa seperti petani sedang mengirik padinya dengan cara menginjak-injaknya.

Wycliffe: Hab 3:13 - Menyelamatkan ... (yang) Kauurapi 13. Menyelamatkan ... (yang) Kauurapi. Yang diurapi adalah orang-orang tersisa yang setia dari antara umat perjanjian. Dalam masa PL, tidak semua oran...

13. Menyelamatkan ... (yang) Kauurapi. Yang diurapi adalah orang-orang tersisa yang setia dari antara umat perjanjian. Dalam masa PL, tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel (Rm. 9:6). Pembebasan oleh Allah diperluas kepada orang-orang yang mencari penghiburan Israel dalam pribadi raja Mesiasnya.

Wycliffe: Hab 3:13 - Dasarnya sampai batu yang penghabisan 13. Dasarnya sampai batu yang penghabisan. Gambarannya adalah tentang seorang penakluk yang sedang meremukkan dasarnya sampai batu penghabisan: Rumah ...

13. Dasarnya sampai batu yang penghabisan. Gambarannya adalah tentang seorang penakluk yang sedang meremukkan dasarnya sampai batu penghabisan: Rumah orang fasik dihancurkan sama sekali.

Wycliffe: Hab 3:16 - Ketika aku mendengarnya 16. Ketika aku mendengarnya. Walaupun penglihatan itu telah dilihat, maknanya sudah didengar, atau dipahami oleh sang nabi. Bandingkan Yesaya 55:3, "d...

16. Ketika aku mendengarnya. Walaupun penglihatan itu telah dilihat, maknanya sudah didengar, atau dipahami oleh sang nabi. Bandingkan Yesaya 55:3, "dengarkanlah, maka kamu akan hidup." Sang nabi tahu benar apa arti tindakan Allah keluar dengan hukuman itu bagi dirinya dan bagi bangsa di mana dia hidup. Dampak langsung terhadapnya sangat mengherankan, sebagaimana ditunjukkan oleh gemparnya organ-organ internal. Tetapi, dampak terhebatnya adalah iman yang pasti. Seperti dinyatakan oleh Calvin, "Barangsiapa yang pada waktunya mengantisipasi murka Allah dan disentuh rasa takut begitu dia mendengar bahwa Allah, sang hakim sudah dekat, akan menyediakan bagi dirinya perlindungan yang paling aman untuk menghadapi masa penderitaan."

Wycliffe: Hab 3:17 - -- 17. Penyebutan pohon ara, pohon anggur, pohon zaitun, hasil ladang, dan ternak, semua itu mencakup keseluruhan hasil pertanian yang padanya bangsa ini...

17. Penyebutan pohon ara, pohon anggur, pohon zaitun, hasil ladang, dan ternak, semua itu mencakup keseluruhan hasil pertanian yang padanya bangsa ini bergantung. Rupanya alasan kegagalan panen adalah penyerbuan bangsa Kasdim. Pasukan musuh tidak hanya hidup di wilayah ini, namun sering juga dengan sengaja menghancurkan pepohonan dan panen. Sejarah Mesir masa awal membual bahwa pasukan Mesir telah menghancurkan pohon-pohon buah-buahan di salah satu dataran pantai Palestina.

Wycliffe: Hab 3:18 - Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN 18. Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN. Kehancuran yang dijelaskan begitu gamblang mendorong sang nabi bukan untuk berputus asa melainkan un...

18. Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN. Kehancuran yang dijelaskan begitu gamblang mendorong sang nabi bukan untuk berputus asa melainkan untuk beriman kepada Tuhannya.

Wycliffe: Hab 3:19 - Kakiku seperti kaki rusa // Untuk pemimpin biduan 19. Kakiku seperti kaki rusa. Binatang semacam rusa sangat cepat dan berkaki cekatan, sehingga ia dapat segera melepaskan diri dari para pengejarnya. ...

19. Kakiku seperti kaki rusa. Binatang semacam rusa sangat cepat dan berkaki cekatan, sehingga ia dapat segera melepaskan diri dari para pengejarnya. Gambaran ini adalah tentang seseorang yang sangat yakin bahwa Dia yang memimpin umat-Nya ke dalam pencobaan adalah setia dan akan juga memberikan jalan keluar untuk setiap pencobaan, sehingga mereka mampu menanggungnya.

Untuk pemimpin biduan. Doa ini sudah jelas dimaksudkan untuk dipakai oleh paduan suara orang Lewi, walaupun nyanyian mazmur itu, berbeda dengan beberapa mazmur lainnya yang berada di luar kumpulan ini, misalnya, II Samuel 22:2 dan seterusnya, I Tawarikh 16:8 dan seterusnya, tidak pernah dimasukkan ke dalam Kitab Mazmur.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Hab 3:1-19 - Ratapan menjadi sukacita! (Kamis, 1 Desember 2005) Ratapan menjadi sukacita! Iman sejati tidak kehilangan asa. Habakuk mulai dengan meragukan keadilan Allah. Namun, kitab ini ditutup dengan perny...

SH: Hab 3:1-19 - Diri yang memuji. (Jumat, 20 Desember 2002) Diri yang memuji. Dalam keheningan dan kesadaran akan tidak utuhnya kehidupan, Habakuk mulai bernyanyi (ayat 1,19b). Nyanyian memerlukan rua...

Topik Teologia: Hab 3:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuji Allah Yang Ikut Ambil Bagian dalam Memuji Allah S...

Topik Teologia: Hab 3:5 - -- Eskatologi Neraka Gambaran Neraka Pragambar Neraka dalam Murka Ilahi Penyakit dan Wabah Yeh 38:22 Hab 3:5-6

Topik Teologia: Hab 3:6 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kekal Kej 21:33 Ula 32:40 Ula 33:27 1Ta 16:36 Neh 9:5 Ayu 36:26 Maz 29:10...

Topik Teologia: Hab 3:18 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Juruselamat Ula 3...

Topik Teologia: Hab 3:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menikmati Allah Sukacita dalam Allah Al...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Habakuk (Pendahuluan Kitab) Penulis : Habakuk Tema : Hidup Dengan Iman Tanggal Penulisan: + 606 SM Latar Belakang Penulis kitab ini memperkenalkan dirinya...

Full Life: Habakuk (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Hab 1:1) I. Pertanyaan-Pertanyaan Habakuk (Hab 1:2-2:20) A. Pertanyaan 1: ...

Jerusalem: Habakuk (Pendahuluan Kitab) HABAKUK Kitab kacil Habakuk disusun dengan rapih. Awal kitab ialah sebuah dialog antara nabi dengan Allah: dua keluhan nabi ditanggapi dua nubuat Ilah...

Ende: Habakuk (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Habakuk (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Habakuk (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN HABAKUK Penulis. Mengenai Habakuk sendiri, tidak ada yang diketahui kecuali apa yang bisa disimpulkan dari kitab ini yang memuat namanya....

Wycliffe: Habakuk (Garis Besar) GARIS BESAR HABAKUK I. Pengantar. 1:1. II. Keluhan nabi tentang kekejaman yang tak terkendali di Yehuda. 1:2-4. III. Jawaban Tuhan: Oran...

BIS: Habakuk (Pendahuluan Kitab) HABAKUK PENGANTAR Nabi Habakuk menyampaikan pesan-pesannya menjelang akhir abad ketujuh Sebelum Masehi, pada masa kekuasaan kerajaan Babel. Ia sanga

HABAKUK

PENGANTAR

Nabi Habakuk menyampaikan pesan-pesannya menjelang akhir abad ketujuh Sebelum Masehi, pada masa kekuasaan kerajaan Babel. Ia sangat prihatin melihat kekerasan yang dilakukan oleh bangsa yang kejam itu, maka ia bertanya kepada TUHAN, "Bagaimana Engkau dapat tahan melihat orang-orang jahat yang kejam itu? Bukankah Engkau terlalu suci untuk memandang kejahatan? Bukankah Engkau merasa muak melihat ketidakadilan? Jadi, mengapa Engkau diam saja ketika orang yang saleh dihancurkan oleh pendurhaka?" (Hab 1:13).

TUHAN menjawab bahwa Ia akan bertindak pada waktu yang ditentukan-Nya sendiri, dan sementara itu harus diingat bahwa, "Orang yang jahat tidak akan selamat, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah akan hidup karena kesetiaannya kepada Allah" (Hab 2:4).

Bagian yang terakhir dari buku ini berisi ramalan tentang kehancuran bagi mereka yang tidak taat kepada perintah TUHAN. Dan di dalam bagian yang terakhir itu diselipkan nyanyian pujian bagi kebesaran Allah. Di dalam pujian itu tergambar juga iman yang teguh dari sang nabi.

Isi

  1.  Keluhan Habakuk dan jawaban-jawaban TUHAN
    Hab 1:1-2:4
  2.  Kutuk atas orang-orang yang tidak taat kepada perintah TUHAN
    Hab 2:5-20
  3.  Doa Habakuk
    Hab 3:1-19

Ajaran: Habakuk (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang pertumbuhan iman, serta membawa mereka kepada kedewasaan iman yang benar. Pendahuluan Penulis

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang pertumbuhan iman, serta membawa mereka kepada kedewasaan iman yang benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Habakuk.

Isi Kitab: Kitab Habakuk dibagi atas 3 pasal, yang berisi keluhan-keluhan tentang kekejaman bangsa fasik dan ramalan akan kejatuhan bangsa seperti itu, sebagai jawaban terhadap keluhan nabi itu.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Nabi Habakuk

  1. Pasal 1 (Hab 1:1-17).

    Keluhan-keluhan Nabi Habakuk dan jawaban Allah

    Pendalaman

    1. Nabi Habakuk mengeluh melihat keadaan tanah Yehud (Hab 1:1-2). Tetapi Allah menjawab Nabi Habakuk bahwa Ialah yang membangkitka bangsa Kasdim yang menindas bangsa Yehuda (Hab 1:5-6).
    2. Nabi Habakuk memberikan keluhan lagi karena tidak puas dengan jawaba Allah (Hab 1:12-17). Namun kemudian Nabi Habakuk merasa dikuatkan setelah memperole jawaban Allah bahwa orang benar akan hidup oleh percayanya, tetap orang sombong dan khianat akan tetap berada dalam hukuman Alla (Hab 2:4).
  2. Pasal 2 (Hab 2:1-20).

    Penglihatan Nabi Habakuk

    Bagian ini merupakan penglihatan yang diberikan oleh Tuhan kepada Nabi Habakuk. Ini adalah jawaban secara rohani yang dapat dimengerti oleh orang beriman.

    Pendalaman

    1. Nabi Habakuk juga mendapat penglihatan akan peristiwa di mana "bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan, seperti air yang menutupi dasar laut" (Hab 2:14).
    2. Dalam pasal 2; Hab 2:1-20 ini terdapat lima kali kata "celakalah" Ini pun merupakan jawaban atas penglihatan itu, bahwa orang- orang fasik akan dihancurkan, tetapi orang-orang benar akan hidup karena imannya (Hab 2:4-5).
  3. Pasal 3 (Hab 3:1-19).

    Doa dan syukur Nabi Habakuk

    Bagian ini menjelaskan doa dan ucapan syukur Nabi Habakuk atas keadilan Tuhan serta atas pengharapan keadaan yang akan datang.

    Pendalaman

    1. Sumber sukacita dan kekuatan bagi orang percaya adala Tuhan (Hab 3:17-19).
    2. Apakah sumber sukacita saudara?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Pergumulan dalam hidup Nabi Habakuk membuktikan bahwa pergumulan hidu merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap orang beriman.
  2. Keteguhan Nabi Habakuk merupakan teladan kepada orang percaya, untu memiliki keteguhan iman di dalam berbagai keadaan.
  3. Kemahakuasaan Allah dengan jelas dinyatakan dalam Kitab Habakuk.
  4. Sumber sukacita dan kebahagiaan tidak ada pada orang lain selain pad Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab Habakuk?
  2. Apakah isi Kitab Habakuk?
  3. Dengan apakah orang benar dapat hidup?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Habakuk?

Intisari: Habakuk (Pendahuluan Kitab) Bagaimana Allah dapat memakai orang jahat? NABI YANG TIDAK DIKENALSelain dari satu petunjuk yang singkat, kita samma sekali tidak tahu tentang Habaku

Bagaimana Allah dapat memakai orang jahat?

NABI YANG TIDAK DIKENAL
Selain dari satu petunjuk yang singkat, kita samma sekali tidak tahu tentang Habakuk atau kapan ia berkhotbah. Beberapa orang berpendapat bahwa karena pasal Hab 3 ditulis seperti Mazmur lainnya, yaitu untuk penyembahan umum -- lengkap dengan petunjuk-petunjuk untuk musiknya (Hab 3:1,3,9,13,19) -- ia boleh jadi seorang Lewi yang bekerja di dalam Rumah Tuhan di Yerusalemm dan juga seorang nabi. Petunjuk yang kita punyai mengacu kepada orang Kasdim atau orang babel. (Hab 1:6), dan ada yang memperdebatkan apakah Habakuk meramalkan kebangkitan kekuasaan mereka atau hanya menggambarkan apa yang terjadi pada masa hidupnya. Kedua asumsi menempatkan Habakuk pada akhir abad ketujuh S.M. Pada waktu itulah kerajaan Asyur menyerah kepada bangsa Babel (612 S.M). Pada waktu itulah kerajaan Asyur menyerah kepada bangsa Babel (612 S.M). Setelah mereka mengalahkan Mesir dalam perang Karkemis (605 S.M), mereka terus menggempur Palestina. Pada tahun 597 S.M mereka merebut Yerusalem, dan sepuluh tahun kemudian mereka menghancurkannya. Bangsa Babel menutup satu era dalam sejarah orang Yahudi.

APA YANG HARUS DIBERITAKANNYA?
Beberapa orang berpendapat bahwa kitab yang sekarang kita punyai ini terdiri bermacam-macam tulisan, tetapi rupanya hanya ada satu tema. Kembali tema itu mengenai masalah penderitaan, dilihat baik dalam masyarakat maupun pada skala yang lebih luas dalam politik internasional. Sementara nabi Habakuk yakin bahwa Allah itu berdaulat, dan bhwa segala sesuatu tidak akan terjadi tanpa kehendaknya, ia juga tahu bahwa Allah itu kudus dan benar. Bagaimana mungkin Allah memakai tangan-tangan orang jahat tanpa mengerti mengotori tanganNya sendiri? Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu percakapan yang didalamnya nabi itu mengeluh kepada Allah dan memaksa diberikannya suatu jawaban, walaupun jalan keluar yang sebenarnya terhadap masalah itu tidak diberikan. Menghadapi tidak adanya rasa perikemanusiaan manusia terhadap manusia lain, kita hanya boleh percaya bahwa Allah akan meluruskan yang salah menurut kehendak dan waktuNya.

Pesan

1. Dunia penuh penderitaan
Di mana-mana dalam masyarakat nabi melihat adanya penderitaan, dan yang lebih buruk lagi ialah bahwa hal itu sering sebagai akibat dari ketidakadilan. Oleh karena orang jahat rupanya bebas melakukan kejahatan, dan doa-doanya memohon keadilan tidak dijawab, Habakuk dihadapkan pada dilema yang tidak enak: 'Jika Tuhan itu adil, mengapa Ia membiarkan ketidakadilan berlangsung terus?' Hab 1:2-4 Bukannya membuat masalah menjadi lebih mudah untuk diterima, Tuhan malah memberikan kepadanya suatu visi yang jauh lebih buruk. Bangsa Babel yang hampir tidak mempedulikan hidup manusia atau hak-hak mereka, akan mengalahkan negeri itu. Hab 1:5-11 Lebih menyeramkan lagi ialah bahwa para penakluk itu tidak mempunyai waktu untuk Tuhan. Mereka mempunyai rasa percaya diri yang luar biasa. Hab 1:7,11,15,16

2. Allah berkuasa
Habakuk percaya bahwa Allahnya adalah Tuhan atas seluruh muka bumi, dan oleh karena itu, Dia rupanya telah membiarkan semua ini terjadi. Dia melihat bahwa Tuhan memakai kekuasaan jahat untuk mencapai maksudNya. Hab 1:5,6; 2:20; 3:19 Ia juga sadar bahwa Tuhan itu adil, dan bahwa Ia akan menghakimi ketidakadilan dan kejahatan. Musuh-musush yang bertubi-tubi merupakan takdir mereka. Hab 1:12; 2:6-20; 3:3-15. Masih ada masalah yang belum terjawab, yaitu bagaimana Allah sampai terlibat, mengingat bahwa Ia suci dan benar. Hab 1:13

3. Pesan tentang kepercayaan
Walaupun Habakuk mengeluh kepada Allah dan menunggu suatu jawaban, Allah tidak benar-benar memberikannya. Hab 2:1 Sebaliknya, kebenaran yang diungkapkan-Nya -- dan perintah yang harus ditulis dengan sederhana sehingga semua orang dapat membacanya dengan mudah -- ialah bahwa orang benar akan dipelihara melalui semua itu, karena kesetiaannya kepada Allah. Hab 2:2-4 Habakuk diberi sekilas pemandangan mengenai masa depan, yaitu waktu semua orang akan mengakui Allah dan hukumNya. Dengan mempercayai siapa Allah dan apa yang akan dilakukanNya, ia mendapati bahwa mungkin saja tidak hanya dapat bertahan melalui masa-masa yang sulit, tetapi sebenarnya juga dapat bersukacita. Hab 2:14; 3:17-19

Penerapan

1. Dunia ini adalah tempat yang penuh dosa
Kita harus realistis tentang manusia, baik dalam masyarakat maupun dalam dunia internasional. Manusia, laki-laki dan perempuan tidak lagi mempedulikan Tuhan dan hukum-Nya. Jika diberi kesempatan mereka dapat menginjak-injak orang lain demi untuk mendapatkan harta, rasa aman, kuasa dan kenikmatan.

2. Tidak salah untuk meminta
Pertanyaan-pertanyaan Habakuk bukan merupakan dosa keragu-raguan, tetapi didorong oleh rasa bingung. Kita juga harus berpikir melalui iman kita, menghadapi pertanyaan-pertanyaan sukar yang dilemparkan kehidupan kepada kita, walaupun mungkin kita tidak mempunyai jalan keluarnya.

3. Kita dapat bergantung kepada Allah juga
Walaupun kita tidak dapat mengerti apa yang Tuhan kerjakan, kita boleh percaya bahwa Ia menyelesaikan segala sesuatu dengan cara dan waktuNya sendiri. Kita juga dapat belajar untuk bersukacita, bukan di dalam keadaan kita, tetapi di dalam Dia, di dalam kenyataan siapa Dia dan apa yang akan dilakukanNya.

4. Sejarah menuntut penghakiman
Sangat banyak kejahatan manusia yang tidak mendapatkan hukuman dalam hidup ini atau dalam dunia ini. Jika Allah itu adil, harus ada penghakiman di kemudian hari. Masalah penderitaan membawa kita keluar dari hidup ini menuju ke kehidupan berikutnya.

Tema-tema Kunci

1. Allah
Masalah Habakuk timbul karena ia mempunyai gambaran yang jelas tentang siapa Allah. Perhatikan cara ia menggambarkan-Nya sebagai Tuhan yang suci (Hab 1:12,13; 3:3), adil (Hab 1:12), berdaulat (Hab 2:20; 3:19), tidak berubah (Hab 1:12; 3:6, penuh belas kasihan (Hab 3:2), menyelamatkan (Hab 3:13,18), menghakimi (Hab 2:13,16; 3:3-15), dan mengungkapkan kebenaran (Hab 2:2).

2. Kesetiaan
Jawaban Allah atas pertanyaan nabi adalah 'orang yang benar akan hidup karena iman percayanya (atau kesetiaannya)' Hab 2:4, yaitu kesetiaannya kepada Allah di tengah-tengah orang lain yang tidak mengenal Allah. Para pembaca surat Ibrani diperintahkan untuk bertahan dengan cara yang sama (Hab 10:35-39), sementara itu Paulus memakai ayat ini untuk membuat ilustrasi mengenai pengertiannya tentang 'pembenaran karena iman' Roma 1:17; Galatia 3:11). Bagi Allah, kesetiaan berarti tindakan ketaatan. Oleh karenanya, sementara dalam Habakuk dikatakan bahwa orang yang benar adalah orang yang setia kepada Tuhan, dalam tulisan-tulisan Paulus pendapat ini bertolak belakang. Hanya orang yang sedah menyerahkan diri kepada Kristus saja yang benar.

Garis Besar Intisari: Habakuk (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA, TUHAN? Hab 1:1-4 Hab 1:1-3Terlalu banyak penderitaan Hab 1:4Terlalu banyak ketidakadilan [2] MASIH BANYAK LAGI YANG AKAN TERJADI!

[1] MENGAPA, TUHAN? Hab 1:1-4

Hab 1:1-3Terlalu banyak penderitaan
Hab 1:4Terlalu banyak ketidakadilan

[2] MASIH BANYAK LAGI YANG AKAN TERJADI! Hab 1:5-11

Hab 1:5Kejadian-kejadian yang tidak diduga-duga
Hab 1:6-11Bangsa Kasdim datang!

[3] BAGAIMANA ENGKAU MELAKUKANNYA, TUHAN? Hab 1:12-2:1

Hab 1:12Engkau berkuasa
Hab 1:13Tetapi Engkau kudus
Hab 1:14-17Bagaimana Engkau membiarkan itu terjadi?
Hab 2:1Saya menginginkan suatu jawaban

[4] ALLAH TAHU APA YANG DILAKUKANNYA Hab 2:2-5

Hab 2:2,3Firman-Nya benar
Hab 2:4,5Penghukuman-Nya akan menyusul

[5] ALLAH MEMBENCI KETIDAKADILAN Hab 2:2-5

Hab 2:6-8Mereka yang senang membunuh dan mencuri
Hab 2:9-11Mereka yang merasa aman dalam kejahatan mereka
Hab 2:12-14Mereka yang tidak mempunyai hati
Hab 2:15-17Mereka yang mempermalukan orang lain
Hab 2:18-20Mereka yang menyembah dewa-dewa palsu

[6] ALLAH KITA SEGERA DATANG Hab 3:1-19

Hab 3:1-15Tuhan datang untuk menghakimi
Hab 3:16-19Dengan gemetar, percaya dan kemenangan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 1.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA