Daftar Isi
HEBREW: 2265 qwqbx Chabaqquwq
HAAG: Habakuk
TOKOH: Habakuk
BIOTOKOH PL: HABAKUK
BROWNING: HABAKUK

Habakuk

memeluk, rangkuman. Hab 1:1.

Ibrani

Strongs #02265: qwqbx Chabaqquwq

Habakkuk = "embrace"

1) a prophet of Israel who wrote the book by that name; probably
lived about the 12th or 13th year of the reign of Josiah

2265 Chabaqquwq khab-ak-kook'

by reduplication from 2263; embrace; Chabakkuk, the prophet: KJV -- Habakkuk.
see HEBREW for 02263

Habakuk [haag]

Habakuk.

  1. (I). (Nama itu berarti: tanaman kebun). Salah seorang "Nabi Kecil". Jangan ditukar-balikkan dengan seorang nabi dari Yuda, yang mengunjungi Daniel di dalam gua singa (Dan 14:33-39). Pengarang dari
  2. (II). HABAKUK (Kitab).
    1. (1) Dengan isi.
      1. (a) Pada dua buah keluh-kesah nabi ~H (Hab 1:2-4,12,17) timbul jawaban bercabang dua dari Yahwe (Hab 1:5-11; 2:1-5). Pada jawaban itu langsung diikuti
      2. (b) lima buah penghukuman atas para penindas yang tidak ber-Tuhan (Hab 2:6-20).
      3. (c) Bab 3 adalah sebuah lagu himne atau sebuah penglihatan yang diberi bentuk pujian atas penampakkan Yahwe. Tuhan bertindak terhadap para penindas yang tidak ber-Tuhan. Barangkali bagian ini di kemudian harinya baru diberi tambahan ungkapan pendahuluan: Doa Nabi ~H.
    2. (2) Kesatuan dan saat timbulnya tulisan itu. Sudah sejak zaman dahulu nukilan tentang penghukuman yang dilakukan oleh orang Kasdim (Hab 1:5-11) dipandang mengganggu. Oleh karenanya nukilan itu pada waktu semula dihapuskan atau disisipkan di belakang Hab 2:4. Atau dipandang pula sebagai sebagian dari sebuah Mazmur Ratapan pribadi perorangan atau "orang Kasdim" dan diperbaiki (Hab 1:6) menjadi "orang Kit". Pada dewasa ini orang kembali pada pandangan pertama, bahwa bab 1-2 merupakan satu kesatuan. bab 3 menunjukkan adanya penggunaan naskah itu untuk keperluan ibadat liturgi. Dulu orang berpendapat, bahwa "mazmur" ini diambil dari kumpulan nyanyian ibadat. Sekarang ini secara lebih tepat orang menaruh pendapat, bahwa Himne yang berhaluan umum diambil dari ~H untuk dipakai di dalam ibadat liturgi. -- Mengenai waktu timbulnya naskah ~H itu tidak jelas. Apabila orang (seperti pandangan kebanyakan para eksegit) berpegang pada "Orang Kasdim" (Hab 1:6), maka penganiaya di situ bisa dimengerti sebagai pendahulu orang Kasdim. Mereka adalah orang-orang Asyur di bawah penguasa Nakho. Atau penganiaya itu adalah orang-orang Kasdim sendiri. Dari pandangan tersebut ~H ditulis pada sekitar tahun 600.
    3. (3) Pesan ~H. Sebuah nubuat keselamatan: Allah sendiri yang membebaskan bangsa-Nya dari desakan musuh yang tidak ber-Tuhan. Kalimat inti "orang jujur akan hidup oleh kesetiaannya", yang oleh Paulus mengalami suatu pemberian-arti yang baru (Gal.,Rom).

Habakuk [tokoh]

Habakuk

Nabi ke Yehuda (Hab 1:1; 3:1).

HABAKUK [biotokoh pl]

Arti nama:PELUKAN KASIH
Disebut pertamaHabakuk 1:1
Namanya disebut2 kali
Kitab yang menyebut1 buku : Habakuk
PekerjaanNabi dan pemusik - Habakuk 1:1. 3:1
Terakhir disebutHabakuk 3:1
Fakta pentingUNGKAPANNYA : "ORANG BENAR AKAN HIDUP OLEH IMAN" DIULANG 3X DALAM P.B. (HABAKUK 2:4, ROMA 1:17, GALATIA 3:11, IBRANI 10:38)

HABAKUK [browning]

Seorang Nabi *Yehuda pada tahun-tahun terakhir abad ke-7 sM, yang mengenai dirinya sedikit sekali diketahui. Kemungkinan ia hidup sezaman dengan *Yeremia, pada masa pemerintahan *Yoyakhim, anak *Yosia. Ia menaruh perhatian pada kewajiban-kewajiban peribadahan umum. Kitab PL yang diberi nama sesuai dengan namanya ini, dengan jelas terbagi ke dalam dua bagian. Dua pasal pertama (ditulis sekitar 625 sM) memberitakan tentang akan datangnya serangan gencar bangsa *Babel (bangsa *Khaldea) yang tak tertahankan, yang akan menjadi hukuman bagi Yoyakhim karena tiraninya yang jahat. Namun, dalam proses itu orang-orang yang tidak begitu jahat akan lebih menderita. Mengapa hal itu terjadi? Jawaban yang diberikan adalah: 'orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya' (Hab. 2:4), ia akan hidup sejahtera (atau mungkin hanya terpelihara selama invasi) karena mempertahankan kesetiaannya (kepada Allah). Ayat ini dikutip oleh Paulus dalam Rm. 1:17 dan Gal. 3:11 dari *LXX sebagai bukti alkitabiah dari pengajarannya bahwa orang percaya akan dibenarkan oleh Allah karena *imannya.

Pasal ketiga (salah satu pasal yang paling mulia dalam seluruh PL) terdiri dari doa liturgis dan *ucapan syukur. Apa pun boleh terjadi (Hab. 3:17), nabi hanya mau bersukacita dalam Allah karena keselamatan yang telah diberikan-Nya (Hab. 3:18-19).

Salah satu naskah paling awal dalam *Gulungan Laut Mati yang ditemukan pada 1947-1948 ternyata merupakan suatu komentar atas Hab. 1 dan 2, dan dalam kode yang telah disepakati diberi simbol IQpH.




TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA