kecilkan semua  

Teks -- Bilangan 3:1-51 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Orang Lewi
3:1 Inilah keturunan Harun dan Musa pada waktu TUHAN berfirman kepada Musa di gunung Sinai. 3:2 Nama anak-anak Harun, ialah: yang sulung Nadab, kemudian Abihu, Eleazar dan Itamar. 3:3 Itulah nama anak-anak Harun, imam-imam yang diurapi, yang telah ditahbiskan untuk memegang jabatan imam. 3:4 Tetapi Nadab dan Abihu sudah mati di hadapan TUHAN di padang gurun Sinai, ketika mereka mempersembahkan api yang asing ke hadapan TUHAN. Mereka tidak mempunyai anak. Jadi ketika Harun, ayah mereka, masih hidup, yang memegang jabatan imam ialah Eleazar dan Itamar. 3:5 TUHAN berfirman kepada Musa: 3:6 "Suruhlah suku Lewi mendekat dan menghadap imam Harun, supaya mereka melayani dia. 3:7 Mereka harus mengerjakan tugas-tugas bagi Harun dan bagi segenap umat Israel di depan Kemah Pertemuan dan dengan demikian melakukan pekerjaan jabatannya pada Kemah Suci. 3:8 Mereka harus memelihara segala perabotan Kemah Pertemuan, dan mengerjakan tugas-tugas bagi orang Israel dan dengan demikian melakukan pekerjaan jabatannya pada Kemah Suci. 3:9 Orang Lewi harus kauserahkan kepada Harun dan anak-anaknya; dari antara orang Israel haruslah orang-orang itu diserahkan kepadanya dengan sepenuhnya. 3:10 Tetapi Harun dan anak-anaknya haruslah kautugaskan untuk memegang jabatannya sebagai imam, sedang orang awam yang mendekat harus dihukum mati." 3:11 TUHAN berfirman kepada Musa: 3:12 "Sesungguhnya, Aku mengambil orang Lewi dari antara orang Israel ganti semua anak sulung mereka, yang terdahulu lahir dari kandungan, supaya orang Lewi menjadi kepunyaan-Ku, 3:13 sebab Akulah yang punya semua anak sulung. Pada waktu Aku membunuh semua anak sulung di tanah Mesir, maka Aku menguduskan bagi-Ku semua anak sulung yang ada pada orang Israel, baik dari manusia maupun dari hewan; semuanya itu kepunyaan-Ku; Akulah TUHAN." 3:14 TUHAN berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai: 3:15 "Catatlah bani Lewi menurut puak-puak dan kaum-kaum mereka; semua laki-laki yang berumur satu bulan ke atas harus kaucatat." 3:16 Lalu Musa mencatat mereka sesuai dengan titah TUHAN, seperti yang diperintahkan kepadanya. 3:17 Inilah anak-anak Lewi dengan nama mereka: Gerson, Kehat dan Merari. 3:18 Inilah nama anak-anak Gerson dan kaum-kaum mereka: Libni dan Simei. 3:19 Anak-anak Kehat dan kaum-kaum mereka ialah Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. 3:20 Anak-anak Merari dan kaum-kaum mereka ialah Mahli dan Musi. Inilah kaum-kaum orang Lewi yang ada dalam puak-puak mereka. 3:21 Puak Gerson terdiri dari kaum Libni dan kaum Simei; itulah kaum-kaum Gerson. 3:22 Jumlah pencatatan mereka ketika semua laki-laki yang berumur satu bulan ke atas dicatat ada tujuh ribu lima ratus orang. 3:23 Kaum-kaum Gerson ini berkemah di belakang Kemah Suci di sebelah barat. 3:24 Pemimpin puak Gerson ialah Elyasaf bin Lael. 3:25 Yang harus dipelihara oleh bani Gerson dalam Kemah Pertemuan ialah Kemah Suci dan Kemah dengan tudungnya, tirai pintu Kemah Pertemuan, 3:26 layar pelataran dan tirai pintu pelataran yang ada sekeliling Kemah Suci dan mezbah, dan talinya, termasuk segala pekerjaan yang berhubungan dengan semuanya itu. 3:27 Puak Kehat terdiri dari kaum Amram, kaum Yizhar, kaum Hebron dan kaum Uziel; itulah kaum-kaum Kehat. 3:28 Jumlah pencatatan mereka ketika semua laki-laki yang berumur satu bulan ke atas dicatat ada delapan ribu enam ratus orang, yakni mereka yang memelihara barang-barang kudus. 3:29 Kaum-kaum bani Kehat ini berkemah pada sisi Kemah Suci sebelah selatan. 3:30 Pemimpin puak Kehat dan kaum-kaumnya ialah Elisafan bin Uziel. 3:31 Yang harus dipelihara mereka ialah tabut, meja, kandil, mezbah-mezbah, perkakas tempat kudus yang dipakai untuk menyelenggarakan ibadah, juga tirai, termasuk segala pekerjaan yang berhubungan dengan semuanya itu. 3:32 Adapun pemimpin tertinggi orang Lewi ialah Eleazar, anak imam Harun, yang mengawasi mereka yang memelihara barang-barang kudus. 3:33 Puak Merari terdiri dari kaum Mahli dan kaum Musi; itulah kaum-kaum Merari. 3:34 Jumlah pencatatan mereka ketika semua laki-laki yang berumur satu bulan ke atas dicatat ada enam ribu dua ratus orang. 3:35 Pemimpin puak Merari dan kaum-kaumnya ialah Zuriel bin Abihail. Mereka berkemah pada sisi Kemah Suci sebelah utara. 3:36 Yang ditugaskan kepada bani Merari untuk dipelihara ialah papan Kemah Suci, kayu lintangnya, tiang-tiangnya, alasnya, segala perabotannya, termasuk segala pekerjaan yang berhubungan dengan semuanya itu, 3:37 juga tiang pelataran sekelilingnya, alas, patok dan talinya. 3:38 Yang berkemah di depan Kemah Suci di sebelah timur, di depan Kemah Pertemuan, ialah Musa, dan Harun serta anak-anaknya, yang mengerjakan tugas pemeliharaan tempat kudus bagi orang Israel; tetapi orang awam yang mendekat, haruslah dihukum mati. 3:39 Jumlah orang Lewi yang sesuai dengan titah TUHAN dicatat oleh Musa dan Harun, menurut kaum-kaum mereka, yakni semua laki-laki yang berumur satu bulan ke atas, ada dua puluh dua ribu orang. 3:40 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Catatlah semua anak sulung laki-laki Israel yang berumur satu bulan ke atas, lalu hitunglah jumlah mereka, 3:41 dan ambillah orang-orang Lewi bagi-Ku -- Akulah TUHAN -- sebagai ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel, juga hewan orang Lewi ganti semua anak sulung di antara hewan orang Israel." 3:42 Maka Musa mencatat semua anak sulung yang ada pada orang Israel, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya. 3:43 Semua anak sulung laki-laki yang dicatat namanya dalam pencatatan itu, yakni yang berumur satu bulan ke atas, ada dua puluh dua ribu dua ratus tujuh puluh tiga orang. 3:44 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 3:45 "Ambillah orang Lewi ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel, juga hewan orang Lewi ganti hewan mereka, supaya orang Lewi itu menjadi kepunyaan-Ku; Akulah TUHAN. 3:46 Sebagai uang tebusan untuk kedua ratus tujuh puluh tiga anak sulung Israel yang melebihi jumlah orang Lewi itu, 3:47 haruslah engkau mengambil lima syikal seorang; engkau harus mengambilnya menurut syikal kudus -- syikal ini dua puluh gera beratnya --. 3:48 Berikanlah perak itu kepada Harun dan anak-anaknya sebagai uang tebusan untuk orang-orang yang kelebihan itu." 3:49 Lalu Musa mengambil uang tebusan untuk orang-orang yang melebihi jumlah mereka yang telah ditebus oleh orang Lewi itu; 3:50 dari pada anak-anak sulung Israel diambilnya perak itu, seribu tiga ratus enam puluh lima syikal, ditimbang menurut syikal kudus, 3:51 maka Musa memberikan uang tebusan itu kepada Harun dan anak-anaknya sesuai dengan titah TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abihail a Levite in Moses' time,wife of Abishur of the tribe of Judah;,the son of Huri of the tribe of Gad,a woman; King David's niece and Rehoboam's wife,the father of Queen Esther and Uncle of Mordecai, a Benjamite
 · Abihu son of Aaron the high priest
 · Amram son of Kohath son of Levi,an Israelite (Bani) who put away his heathen wife
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bani Gerson the clan of Gershom/Gershon of the tribe of Levi
 · bani Kehat members of the clan of Kohath of Levi
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Eleazar a son of Eliud; the father of Matthan; an ancestor of Jesus.,a chief priest; son of Aaron,son of Abinadab; caretaker of the Ark at Kiriath-Jearim,son of Dodo the Ahohite; one of David's military elite,son of Mahli the Levite,a priest who participated in the dedication of the wall,a priest under Ezra; son of Phinehas,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife
 · Elisafan son of Parnach, Moses' land distribution deputy for Zebulun,son of Uzziel son of Kohath son of Levi
 · Elsafan son of Uzziel son of Kohath son of Levi
 · Elyasaf son of Deuel; Moses' officer over the tribe of Gad
 · Gerson son of Levi; founder of the clan of Gershon/Gershom,the clan of Gershom/Gershon of the tribe of Levi
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Hebron a valley and town of Judah 25 km west of the dead sea,son of Kohath son of Levi,son of Mareshah of Judah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Itamar son of Aaron
 · kaum Amram members of the clan of Amram son of Kohath
 · kaum Hebron members of the clan of Hebron
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum Libni members of the clan of Libni
 · kaum Mahli members of the clan of Mahli
 · kaum Musi members of the clan of Mushi
 · kaum orang Hebron members of the clan of Hebron
 · kaum orang Kehat members of the clan of Kohath of Levi
 · kaum orang Libni members of the clan of Libni
 · kaum orang Mahli members of the clan of Mahli
 · kaum orang Merari the clan of Merari of the tribe of Levi
 · kaum orang Musi members of the clan of Mushi


Topik/Tema Kamus: Lewi | Bilangan, Kitab | Hukum Musa | Orang Lewi | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | Anak Sulung | Kemah Suci | Abihu | Imam | Sulung, Anak | Nadab | Uang | Imam Besar | Amrami | Simei | Meminyaki | Yizhar | Zuriel | Abihail | Elisafan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Bil 3:3 - IMAM-IMAM YANG DIURAPI. Nas : Bil 3:3 Tujuan pengurapan para imam ialah untuk "menahbiskan" mereka kepada pelayanan Allah. 1) Demikian pula, dalam PB, bilamana orang ...

Nas : Bil 3:3

Tujuan pengurapan para imam ialah untuk "menahbiskan" mereka kepada pelayanan Allah.

  1. 1) Demikian pula, dalam PB, bilamana orang percaya diurapi oleh Roh Kudus, mereka dipisahkan dan diberi kuasa untuk melayani dan bersaksi di dalam Kerajaan Allah (Kis 1:8; 2:4).
  2. 2) Nama Ibrani "_Mesias_" dan nama Yunani "_Kristus_," keduanya berarti "Yang Diurapi"

    (lihat cat. --> Mat 1:1).

    [atau ref. Mat 1:1]

    Segala sesuatu yang dilakukan Kristus, telah dilakukan-Nya di bawah urapan Roh Kudus,

    (lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).

Full Life: Bil 3:4 - MEMPERSEMBAHKAN API YANG ASING. Nas : Bil 3:4 Lihat cat. --> Im 10:1, lihat cat. --> Im 10:2. [atau ref. Im 10:1-2]

Nas : Bil 3:4

Lihat cat. --> Im 10:1,

lihat cat. --> Im 10:2.

[atau ref. Im 10:1-2]

Full Life: Bil 3:43 - ANAK SULUNG LAKI-LAKI. Nas : Bil 3:43 Jumlah rendah "anak sulung laki-laki" dibandingkan dengan sekitar 600.000 orang laki-laki dalam Bil 1:46 diterangkan oleh berapa ora...

Nas : Bil 3:43

Jumlah rendah "anak sulung laki-laki" dibandingkan dengan sekitar 600.000 orang laki-laki dalam Bil 1:46 diterangkan oleh berapa orang sebagai hanya mengacu kepada anak sulung laki-laki yang lahir di antara saat keluaran (bd. Kel 13:1-2) dengan saat sensus 13 bulan kemudian.

Jerusalem: Bil 1:1--4:49 - -- Bab 1-4 digubah oleh Para Imam. Israel ditampilkan sebagai sebuah jemaat kudus yang rapi tersusun dan teratur. Bagian teras jemaat itu ialah kaum Lewi...

Bab 1-4 digubah oleh Para Imam. Israel ditampilkan sebagai sebuah jemaat kudus yang rapi tersusun dan teratur. Bagian teras jemaat itu ialah kaum Lewi. Kedudukannya itu sudah nampak pada tempat suku Lewi di perkemahan, pada tugas yang diserahkan kepada mereka dan bahkan pada jumlah mereka (yang sesuai dengan jumlah anak sulung Israel yang mereka ganti sebagai persembahan kepada Tuhan). Pendaftaran anggota-anggota jemaat itu sendiri mempunyai ciri keagamaan, bdk 2Sa 24. angka-angka yang disajikan di sini tidak sama dalam semua naskah Ibrani dan terjemahan-terjemahan kuno.

Jerusalem: Bil 3:2 - Eleazar Eleazar adalah bapa leluhur Zadok dan para imam yang bertugas dalam bait Allah di Yerusalem, 1Ta 6:4 dst; Bil 18:16; bdk 2Sa 8:17, Itamar menjadi bapa...

Eleazar adalah bapa leluhur Zadok dan para imam yang bertugas dalam bait Allah di Yerusalem, 1Ta 6:4 dst; Bil 18:16; bdk 2Sa 8:17, Itamar menjadi bapa leluhur Ahimelekh dan melalui dia bapa leluhur Abyatar yang di zaman Daud sebagai imam bertugas di samping Zadok, 1Ta 24:3 dst; bdk 2Sa 20:25.

Jerusalem: Bil 3:9 - diserahkan kepadanya Dalam bait Allah sesudah pembuangan "orang-orang yang diserahkan" ialah petugas-petugas rendahan pada bait Allah, Ezr 2:43+. Dalam sejumlah naskah Ibr...

Dalam bait Allah sesudah pembuangan "orang-orang yang diserahkan" ialah petugas-petugas rendahan pada bait Allah, Ezr 2:43+. Dalam sejumlah naskah Ibrani dan terjemahan Yunani serta Pentateukh orang Samaria tertulis: diserahkan kepadaKu.

Jerusalem: Bil 3:11-13 - -- Kaum Lewi menjadi milik Tuhan, sama seperti anak-anak sulung merupakan kepunyaan Allah. Kaum Lewi mengganti anak-anak sulung lainnya, Kel 13:11. Kedud...

Kaum Lewi menjadi milik Tuhan, sama seperti anak-anak sulung merupakan kepunyaan Allah. Kaum Lewi mengganti anak-anak sulung lainnya, Kel 13:11. Kedudukan mereka merupakan permulaan kedudukan kudus yang kemudian dimiliki para imam dan biarawan dalam agama Kristen. Sama seperti dalam Kel 13:14, demikianpun di sini lembaga kaum Lewi dikaitkan pada tulah yang kesepuluh di negeri Mesir (Kel 11:4 dst; Kel 12:29 dst) dan kaum Lewi dianggap pengganti anak-anak sulung Israel yang di waktu tulah itu tidak turut dibunuh, bdk Bil 8:12.

Jerusalem: Bil 3:43 - dua puluh dua ribu dua ratus tujuh puluh tiga Juga ini ialah jumlah orang Lewi tambahan anak-anak sulung kelebihan jumlah orang Lewi, yang harus ditebus dengan sejumlah uang. Penebusan itu menjadi...

Juga ini ialah jumlah orang Lewi tambahan anak-anak sulung kelebihan jumlah orang Lewi, yang harus ditebus dengan sejumlah uang. Penebusan itu menjadi aturan yang biasa.

Ende: Bil 3:1--4:49 - -- Perbedaan antara imam-imam dan Levita agak belakangan muntjul dalam sedjarah Israil dan sudah barang tentu tidak ada dimasa Musa.

Perbedaan antara imam-imam dan Levita agak belakangan muntjul dalam sedjarah Israil dan sudah barang tentu tidak ada dimasa Musa.

Ende: Bil 3:1 - -- Oleh karena turunan Musa tidak disebut, maka nama Musa mungkin harus ditjoret.

Oleh karena turunan Musa tidak disebut, maka nama Musa mungkin harus ditjoret.

Ende: Bil 3:8 - -- Kaum Levita sebagai pengganti dan sebagai wakil suku-suku lain mengurus kemah sutji (bdk. aj. 12-13;44-45)(Bil 3:12-13,44-45). Namun demikian kaum Lev...

Kaum Levita sebagai pengganti dan sebagai wakil suku-suku lain mengurus kemah sutji (bdk. aj. 12-13;44-45)(Bil 3:12-13,44-45). Namun demikian kaum Levita tidak menjelenggarakan ibadah (kurban) sendiri, jang merupakan keistimewaan para imam, turunan Harun.

Ende: Bil 3:9 - -- Kaum Levita mendjadi pelajan para imam dalam ibadah.

Kaum Levita mendjadi pelajan para imam dalam ibadah.

Ende: Bil 3:25 - Kediaman itu maupun kemahnja Kediaman ialah bagian belakang kemah, tempat tinggal Jahwe, dan kemah itu ialah bagian lain, terletak didepan.

Kediaman ialah bagian belakang kemah, tempat tinggal Jahwe, dan kemah itu ialah bagian lain, terletak didepan.

Ende: Bil 3:28 - -- Angka ini kiranja harus diperbaiki mendjadi 8.300 supaja tjotjok dengan aj. 39(Bil 3:39).

Angka ini kiranja harus diperbaiki mendjadi 8.300 supaja tjotjok dengan aj. 39(Bil 3:39).

Ende: Bil 3:31 - mesbah-mesbah jaitu mesbah kurban bakar didepan kemah dan mesbah dupa didalam.

jaitu mesbah kurban bakar didepan kemah dan mesbah dupa didalam.

Ende: Bil 3:31 - tabir itu ialah tirai jang membagi kemah sutji atas dua bagian: Kudus Mukadas dan jang kudus.

itu ialah tirai jang membagi kemah sutji atas dua bagian: Kudus Mukadas dan jang kudus.

Ende: Bil 3:38 - jang sebenarnja ... Djadi para imampun (seperti kaum Levita) mewakili seluruh umat, tapi setjara lain.

Djadi para imampun (seperti kaum Levita) mewakili seluruh umat, tapi setjara lain.

Ende: Bil 3:41 - -- Menurut ketetapan ini tentang anak sulung ternak, maka anak-anak sulung itu diganti dengan anak sulung ternak kaum Levita, sehingga suku-suku lain tid...

Menurut ketetapan ini tentang anak sulung ternak, maka anak-anak sulung itu diganti dengan anak sulung ternak kaum Levita, sehingga suku-suku lain tidak perlu menjerahkan anak sulung ternaknja, (menurut Kel 13:12; 3:19). Tetapi menurut Ima 27:26 dan Bil 18:17 anak sulung itu tidak dapat ditebus, djadi harus diberikan kepada Jahwe.

Endetn: Bil 3:22 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.): "jang "dibilang....".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.): "jang "dibilang....".

Endetn: Bil 3:28 - Adapun djumlah mereka jang dibilang ditambahkan menurut satu naskah Hibrani, terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.) serta aj. Bil 3:22 dan Bil 3:34.

ditambahkan menurut satu naskah Hibrani, terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.) serta aj. Bil 3:22 dan Bil 3:34.

Endetn: Bil 3:32 - adalah pengawas mereka menurut terdjemahan Junani. Kata Hibrani jang dipakai biasanja berarti: pengawasan (djabatan).

menurut terdjemahan Junani. Kata Hibrani jang dipakai biasanja berarti: pengawasan (djabatan).

Ref. Silang FULL: Bil 3:1 - dan Musa // gunung Sinai · dan Musa: Kel 6:26; Kel 6:26 · gunung Sinai: Kel 19:11; Kel 19:11

· dan Musa: Kel 6:26; [Lihat FULL. Kel 6:26]

· gunung Sinai: Kel 19:11; [Lihat FULL. Kel 19:11]

Ref. Silang FULL: Bil 3:2 - yang sulung // dan Itamar · yang sulung: Bil 1:20 · dan Itamar: Kel 6:22; Kel 6:22

· yang sulung: Bil 1:20

· dan Itamar: Kel 6:22; [Lihat FULL. Kel 6:22]

Ref. Silang FULL: Bil 3:3 - Harun, imam-imam · Harun, imam-imam: Kel 28:41; Kel 28:41; Kel 29:30; Kel 29:30

· Harun, imam-imam: Kel 28:41; [Lihat FULL. Kel 28:41]; Kel 29:30; [Lihat FULL. Kel 29:30]

Ref. Silang FULL: Bil 3:4 - hadapan Tuhan // gurun Sinai // ketika Harun // dan Itamar · hadapan Tuhan: Im 10:2; Im 10:2 · gurun Sinai: Im 10:1; Im 10:1 · ketika Harun: 1Taw 24:1 · dan Itamar: Im 10:6,12; Bil ...

· hadapan Tuhan: Im 10:2; [Lihat FULL. Im 10:2]

· gurun Sinai: Im 10:1; [Lihat FULL. Im 10:1]

· ketika Harun: 1Taw 24:1

· dan Itamar: Im 10:6,12; Bil 4:28

Ref. Silang FULL: Bil 3:6 - suku Lewi // melayani dia · suku Lewi: Ul 10:8; 31:9; 1Taw 15:2 · melayani dia: Bil 8:6-22; 18:1-7; 2Taw 29:11

· suku Lewi: Ul 10:8; 31:9; 1Taw 15:2

· melayani dia: Bil 8:6-22; 18:1-7; 2Taw 29:11

Ref. Silang FULL: Bil 3:7 - segenap umat // melakukan pekerjaan · segenap umat: Bil 1:53; 8:19 · melakukan pekerjaan: Im 8:35; Im 8:35

· segenap umat: Bil 1:53; 8:19

· melakukan pekerjaan: Im 8:35; [Lihat FULL. Im 8:35]

Ref. Silang FULL: Bil 3:9 - dan anak-anaknya · dan anak-anaknya: Bil 3:12,45; Bil 8:19; 18:6

· dan anak-anaknya: Bil 3:12,45; Bil 8:19; 18:6

Ref. Silang FULL: Bil 3:10 - Tetapi Harun // sebagai imam // dihukum mati · Tetapi Harun: Kel 30:7; Kel 30:7 · sebagai imam: Kel 29:9; Kel 29:9 · dihukum mati: Bil 1:51

· Tetapi Harun: Kel 30:7; [Lihat FULL. Kel 30:7]

· sebagai imam: Kel 29:9; [Lihat FULL. Kel 29:9]

· dihukum mati: Bil 1:51

Ref. Silang FULL: Bil 3:12 - orang Lewi // terdahulu lahir // menjadi kepunyaan-Ku · orang Lewi: Neh 13:29; Mal 2:4 · terdahulu lahir: Bil 3:41; Bil 8:16,18 · menjadi kepunyaan-Ku: Bil 3:9; Bil 3:9; Kel 13:2; Bil...

· orang Lewi: Neh 13:29; Mal 2:4

· terdahulu lahir: Bil 3:41; Bil 8:16,18

· menjadi kepunyaan-Ku: Bil 3:9; [Lihat FULL. Bil 3:9]; Kel 13:2; Bil 8:14; 16:9

Ref. Silang FULL: Bil 3:13 - yang punya // Akulah Tuhan · yang punya: Kel 13:12; Kel 13:12 · Akulah Tuhan: Im 11:44

· yang punya: Kel 13:12; [Lihat FULL. Kel 13:12]

· Akulah Tuhan: Im 11:44

Ref. Silang FULL: Bil 3:14 - gurun Sinai · gurun Sinai: Kel 19:1; Kel 19:1

· gurun Sinai: Kel 19:1; [Lihat FULL. Kel 19:1]

Ref. Silang FULL: Bil 3:15 - Catatlah // ke atas · Catatlah: Bil 3:39; Bil 1:19; Bil 1:19 · ke atas: Bil 3:22; Bil 18:16; 26:62

· Catatlah: Bil 3:39; Bil 1:19; [Lihat FULL. Bil 1:19]

· ke atas: Bil 3:22; Bil 18:16; 26:62

Ref. Silang FULL: Bil 3:17 - anak-anak Lewi // mereka: Gerson // Kehat // dan Merari · anak-anak Lewi: Kej 29:34; Kej 29:34; Kej 46:11; Kej 46:11; Bil 1:47; 1Taw 15:4; 23:6; 2Taw 29:12 · mereka: Gerson: Yos 21:6 ·...

· anak-anak Lewi: Kej 29:34; [Lihat FULL. Kej 29:34]; Kej 46:11; [Lihat FULL. Kej 46:11]; Bil 1:47; 1Taw 15:4; 23:6; 2Taw 29:12

· mereka: Gerson: Yos 21:6

· Kehat: Yos 21:4

· dan Merari: Kel 6:15; [Lihat FULL. Kel 6:15]

Ref. Silang FULL: Bil 3:18 - dan Simei · dan Simei: Kel 6:16

· dan Simei: Kel 6:16

Ref. Silang FULL: Bil 3:19 - dan Uziel · dan Uziel: Kel 6:17; Kel 6:17

· dan Uziel: Kel 6:17; [Lihat FULL. Kel 6:17]

Ref. Silang FULL: Bil 3:20 - dan kaum-kaum // dan Musi · dan kaum-kaum: Kej 46:11; Kej 46:11 · dan Musi: Kel 6:18; Kel 6:18

· dan kaum-kaum: Kej 46:11; [Lihat FULL. Kej 46:11]

· dan Musi: Kel 6:18; [Lihat FULL. Kel 6:18]

Ref. Silang FULL: Bil 3:21 - Puak Gerson // kaum Simei · Puak Gerson: Kej 46:11; Kej 46:11 · kaum Simei: Kel 6:16

· Puak Gerson: Kej 46:11; [Lihat FULL. Kej 46:11]

· kaum Simei: Kel 6:16

Ref. Silang FULL: Bil 3:23 - Kemah Suci · Kemah Suci: Bil 2:18; Bil 2:18

· Kemah Suci: Bil 2:18; [Lihat FULL. Bil 2:18]

Ref. Silang FULL: Bil 3:25 - Kemah Suci // dengan tudungnya // tirai pintu // Kemah Pertemuan · Kemah Suci: Kel 25:9; Bil 7:1 · dengan tudungnya: Kel 26:14 · tirai pintu: Kel 26:36; Bil 4:25 · Kemah Pertemuan: Kel 40...

· Kemah Suci: Kel 25:9; Bil 7:1

· dengan tudungnya: Kel 26:14

· tirai pintu: Kel 26:36; Bil 4:25

· Kemah Pertemuan: Kel 40:2

Ref. Silang FULL: Bil 3:26 - layar pelataran // dan mezbah // dan talinya // termasuk segala · layar pelataran: Kel 27:9 · dan mezbah: Bil 3:31 · dan talinya: Kel 35:18 · termasuk segala: Bil 4:26

· layar pelataran: Kel 27:9

· dan mezbah: Bil 3:31

· dan talinya: Kel 35:18

· termasuk segala: Bil 4:26

Ref. Silang FULL: Bil 3:27 - Puak Kehat // kaum Uziel // kaum-kaum Kehat · Puak Kehat: Kej 46:11; Kej 46:11; Kel 6:17; Kel 6:17 · kaum Uziel: Kel 6:17; 1Taw 26:23 · kaum-kaum Kehat: Bil 4:15,37

· Puak Kehat: Kej 46:11; [Lihat FULL. Kej 46:11]; Kel 6:17; [Lihat FULL. Kel 6:17]

· kaum Uziel: Kel 6:17; 1Taw 26:23

· kaum-kaum Kehat: Bil 4:15,37

Ref. Silang FULL: Bil 3:28 - ke atas // yang memelihara // barang-barang kudus · ke atas: Bil 3:15 · yang memelihara: Bil 4:4,15 · barang-barang kudus: Kel 25:8; Kel 25:8; Kel 30:13; 2Taw 30:19; Mazm 15:1; 2...

· ke atas: Bil 3:15

· yang memelihara: Bil 4:4,15

· barang-barang kudus: Kel 25:8; [Lihat FULL. Kel 25:8]; Kel 30:13; 2Taw 30:19; Mazm 15:1; 20:3; Yeh 44:27

Ref. Silang FULL: Bil 3:29 - sebelah selatan · sebelah selatan: Bil 1:53; Bil 1:53

· sebelah selatan: Bil 1:53; [Lihat FULL. Bil 1:53]

Ref. Silang FULL: Bil 3:30 - ialah Elisafan · ialah Elisafan: Kel 6:21; Kel 6:21

· ialah Elisafan: Kel 6:21; [Lihat FULL. Kel 6:21]

Ref. Silang FULL: Bil 3:31 - ialah tabut // meja // kandil // mezbah-mezbah // perkakas // juga tirai // dengan semuanya · ialah tabut: Kel 25:10-22; Kel 25:10 s/d 22; Ul 10:1-8; 2Taw 5:2; Yer 3:16 · meja: Kel 25:23; Kel 25:23 · kandil: Kel 25:31; Ke...

· ialah tabut: Kel 25:10-22; [Lihat FULL. Kel 25:10] s/d 22; Ul 10:1-8; 2Taw 5:2; Yer 3:16

· meja: Kel 25:23; [Lihat FULL. Kel 25:23]

· kandil: Kel 25:31; [Lihat FULL. Kel 25:31]; 1Taw 28:15; Yer 52:19

· mezbah-mezbah: Bil 3:26

· perkakas: Bil 1:50

· juga tirai: Kel 26:33; [Lihat FULL. Kel 26:33]; Bil 4:5

· dengan semuanya: Bil 4:15; 18:3

Ref. Silang FULL: Bil 3:32 - ialah Eleazar // yang memelihara // barang-barang kudus · ialah Eleazar: Kel 6:22; Kel 6:22 · yang memelihara: Bil 3:28 · barang-barang kudus: Bil 4:19; 18:3

· ialah Eleazar: Kel 6:22; [Lihat FULL. Kel 6:22]

· yang memelihara: Bil 3:28

· barang-barang kudus: Bil 4:19; 18:3

Ref. Silang FULL: Bil 3:33 - kaum Musi // itulah kaum-kaum · kaum Musi: Kel 6:18; Kel 6:18 · itulah kaum-kaum: Kej 46:11; Kej 46:11

· kaum Musi: Kel 6:18; [Lihat FULL. Kel 6:18]

· itulah kaum-kaum: Kej 46:11; [Lihat FULL. Kej 46:11]

Ref. Silang FULL: Bil 3:34 - ke atas · ke atas: Bil 3:15

· ke atas: Bil 3:15

Ref. Silang FULL: Bil 3:35 - Kemah Suci · Kemah Suci: Bil 2:25; Bil 2:25

· Kemah Suci: Bil 2:25; [Lihat FULL. Bil 2:25]

Ref. Silang FULL: Bil 3:36 - Yang ditugaskan // Kemah Suci // kayu lintangnya // tiang-tiangnya // dengan semuanya · Yang ditugaskan: Bil 4:32 · Kemah Suci: Kel 26:15-25; 35:20-29 · kayu lintangnya: Kel 26:26-29 · tiang-tiangnya: Kel 36:...

· Yang ditugaskan: Bil 4:32

· Kemah Suci: Kel 26:15-25; 35:20-29

· kayu lintangnya: Kel 26:26-29

· tiang-tiangnya: Kel 36:36

· dengan semuanya: Bil 18:3

Ref. Silang FULL: Bil 3:37 - tiang pelataran // alas, patok · tiang pelataran: Kel 27:10-17 · alas, patok: Kel 27:19

· tiang pelataran: Kel 27:10-17

· alas, patok: Kel 27:19

Ref. Silang FULL: Bil 3:38 - sebelah timur // Kemah Pertemuan // tempat kudus // dihukum mati · sebelah timur: Bil 2:3 · Kemah Pertemuan: Bil 1:53; Bil 1:53; 1Taw 9:27; 23:32 · tempat kudus: Bil 3:7; Bil 18:5 · dihuk...

· sebelah timur: Bil 2:3

· Kemah Pertemuan: Bil 1:53; [Lihat FULL. Bil 1:53]; 1Taw 9:27; 23:32

· tempat kudus: Bil 3:7; Bil 18:5

· dihukum mati: Bil 3:10; Bil 1:51

Ref. Silang FULL: Bil 3:39 - Tuhan dicatat // 22.000 orang · Tuhan dicatat: Bil 3:15; Bil 3:15 · 22.000 orang: Bil 26:62

· Tuhan dicatat: Bil 3:15; [Lihat FULL. Bil 3:15]

· 22.000 orang: Bil 26:62

Ref. Silang FULL: Bil 3:40 - ke atas // jumlah mereka · ke atas: Bil 3:15 · jumlah mereka: Bil 1:2

· ke atas: Bil 3:15

· jumlah mereka: Bil 1:2

Ref. Silang FULL: Bil 3:41 - Akulah Tuhan // orang Israel · Akulah Tuhan: Im 11:44 · orang Israel: Bil 3:12

· Akulah Tuhan: Im 11:44

· orang Israel: Bil 3:12

Ref. Silang FULL: Bil 3:43 - ke atas // 22.273 orang · ke atas: Bil 3:15 · 22.273 orang: Bil 3:39

· ke atas: Bil 3:15

· 22.273 orang: Bil 3:39

Ref. Silang FULL: Bil 3:45 - menjadi kepunyaan-Ku // Akulah Tuhan · menjadi kepunyaan-Ku: Bil 3:9; Bil 3:9 · Akulah Tuhan: Im 11:44

· menjadi kepunyaan-Ku: Bil 3:9; [Lihat FULL. Bil 3:9]

· Akulah Tuhan: Im 11:44

Ref. Silang FULL: Bil 3:46 - uang tebusan · uang tebusan: Kel 13:13; Bil 18:15

· uang tebusan: Kel 13:13; Bil 18:15

Ref. Silang FULL: Bil 3:47 - lima syikal // menurut syikal // puluh gera · lima syikal: Im 27:6; Im 27:6 · menurut syikal: Kel 30:13; Kel 30:13 · puluh gera: Im 27:25; Im 27:25

· lima syikal: Im 27:6; [Lihat FULL. Im 27:6]

· menurut syikal: Kel 30:13; [Lihat FULL. Kel 30:13]

· puluh gera: Im 27:25; [Lihat FULL. Im 27:25]

Ref. Silang FULL: Bil 3:48 - dan anak-anaknya // uang tebusan · dan anak-anaknya: Bil 3:50 · uang tebusan: Bil 3:51

· dan anak-anaknya: Bil 3:50

· uang tebusan: Bil 3:51

Ref. Silang FULL: Bil 3:49 - uang tebusan · uang tebusan: Bil 3:48

· uang tebusan: Bil 3:48

Ref. Silang FULL: Bil 3:50 - sulung Israel // 1.365 syikal · sulung Israel: Bil 3:41,45 · 1.365 syikal: Bil 3:46-48; Bil 3:46 s/d 48

· sulung Israel: Bil 3:41,45

· 1.365 syikal: Bil 3:46-48; [Lihat FULL. Bil 3:46] s/d 48

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Bil 3:1-13 - Pemisahan Orang-orang Lewi Pasal ini dan pasal berikutnya adalah mengenai suku Lewi, yang harus dikumpulkan dan diatur secara tersendiri, dan tidak bersama-sama dengan suku-s...

Matthew Henry: Bil 3:14-39 - Pembagian Tugas Menurut Kaum-kaumnya Pembagian Tugas Menurut Kaum-kaumnya (3:14-39) Karena orang-orang Lewi diberikan kepada Harun untuk melayani dia, maka mereka di sini diserahkan ke...

Matthew Henry: Bil 3:40-51 - Pertukaran Anak-anak Sulung Pertukaran Anak-anak Sulung (3:40-51) Di sini orang-orang Lewi dipertukarkan dengan anak-anak sulung. 1. Anak-anak sulung dihitung sejak ber...

SH: Bil 3:1-13 - Persiapan rohani (Sabtu, 7 Agustus 1999) Persiapan rohani Persiapan dan pengaturan fisik bangsa Israel sudah selesai. Namun demikian masih ada suatu persiapan yang harus diperhatikan da...

SH: Bil 3:1--4:49 - Dikhususkan untuk pelayanan (Jumat, 10 April 2015) Dikhususkan untuk pelayanan Setiap anak Tuhan dipanggil untuk melayani. Namun, tidak semua dipanggil untuk melayani penuh waktu dan khusus di rumah T...

SH: Bil 3:1--4:49 - Melayani Allah (Sabtu, 18 April 2020) Melayani Allah Pada 1700-an, William Carrey, seorang guru dan pembuat sepatu dari Inggris, memiliki kerinduan sederhana. Ia ingin menjadi pemberita K...

SH: Bil 3:14-39 - Kehidupan rohani umat-Nya (Minggu, 8 Agustus 1999) Kehidupan rohani umat-Nya Pemilihan dan penetapan orang Lewi. Melalui pemilihan dan penetapan orang Lewi sebagai imam, Allah memperlihatkan bahw...

SH: Bil 3:40--4:14 - Sisakan untuk Tuhan (Senin, 9 Agustus 1999) Sisakan untuk Tuhan Salah satu konsep yang keliru, yang telah tersebar luas di kalangan Kristen adalah Tuhan tidak berkeberatan menerima yang ...

Topik Teologia: Bil 3:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Pengembaraan di Padang Gurun Tanggal Penulisan: + 1405 SM Latar Belakang Judul kitab ini muncul pertama ...

Full Life: Bilangan (Garis Besar) Garis Besar I. Allah Mempersiapkan "Angkatan Keluaran" untuk Memperoleh Tanah Perjanjian (Bil 1:1-10:10) A. Persiapan...

Matthew Henry: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Nama kelima kitab Musa, yang kita pergunakan di dalam Alkitab, semuanya dipinjam dari Septuaginta, yakni terjemahan Perjanjian Lama ke dalam bahasa...

Jerusalem: Bilangan (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Bilangan (Pendahuluan Kitab) KITAB TJATJAH DJIWA PENDAHULUAN Kitab jang berikut ini diberi berdjudul "Tjatjah Djiwa". Adapun sebabnja ialah tjatjah djiwa umat Israil jang menurut ...

BIS: Bilangan (Pendahuluan Kitab) BILANGAN PENGANTAR Buku Bilangan menceritakan tentang sejarah bangsa Israel selama hampir empat puluh tahun, sejak mereka meninggalkan Gunung Sinai

BILANGAN

PENGANTAR

Buku Bilangan menceritakan tentang sejarah bangsa Israel selama hampir empat puluh tahun, sejak mereka meninggalkan Gunung Sinai sampai tiba di perbatasan timur Kanaan, yaitu negeri yang dijanjikan Allah untuk diberikan kepada mereka. Nama Bilangan diambil dari peristiwa yang paling penting dalam buku ini, yaitu sensus bangsa Israel. Sensus pertama diadakan oleh Musa di Gunung Sinai sebelum bangsa itu berangkat, dan yang kedua ketika mereka berada di wilayah bangsa Moab, di sebelah timur Sungai Yordan, kira-kira satu angkatan kemudian. Dalam waktu antara sensus yang pertama dan sensus yang kedua, bangsa Israel pergi ke Kades-Barnea di perbatasan selatan Kanaan. Dari situ mereka mencoba memasuki negeri Kanaan, tetapi tidak berhasil. Sesudah bertahun-tahun lamanya tinggal di daerah sekitar Kades-Barnea itu, mereka pergi ke wilayah di sebelah timur Sungai Yordan. Sebagian dari bangsa itu menetap di sana, sedangkan yang lain bersiap-siap menyeberangi sungai itu untuk masuk ke negeri Kanaan.

Buku Bilangan adalah kisah tentang suatu bangsa yang seringkali berkecil hati dan takut menghadapi kesukaran-kesukaran. Mereka melanggar perintah Allah dan tak mau menurut kepada Musa yang ditunjuk TUHAN untuk memimpin mereka. Buku ini juga merupakan kisah tentang bagaimana TUHAN dengan setia dan tekun memelihara bangsa-Nya, walaupun mereka itu lemah dan tidak taat. Juga mengisahkan tentang Musa, yang kadang-kadang kurang sabar, tetapi tetap melayani TUHAN dan bangsa Israel dengan tabah.

Isi

  1.  Bangsa Israel bersiap-siap untuk meninggalkan Gunung Sinai
    Bil 1:1-9:23
    1. a. Sensus yang pertama
      Bil 1:1-4:49
    2. b. Berbagai hukum dan peraturan
      Bil 5:1-8:26
    3. c. Paskah yang kedua
      Bil 9:1-23
  2.  Dari Gunung Sinai ke wilayah bangsa Moab
    Bil 10:1-21:35
  3.  Kejadian-kejadian di Moab
    Bil 22:1-32:42
  4.  Ringkasan perjalanan dari Mesir ke Moab
    Bil 33:1-49
  5.  Perintah-perintah sebelum menyeberangi Sungai Yordan
    Bil 33:50-36:13

Ajaran: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Bilangan, anggota Jemaat dapat mengerti akan kebesaran Allah di dalam mengampuni dan mendisiplin umat-Nya yan

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Bilangan, anggota Jemaat dapat mengerti akan kebesaran Allah di dalam mengampuni dan mendisiplin umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Bilangan adalah kitab ke 4 dalam urutan kitab. Kitab ini terbagi atas 36 pasal. Isi kitab Bilangan menceritakan tentang perjalanan umat Allah dari gunung Sinai menuju ke Kadesy sampai ke Moab.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Bilangan

  1. Pasal 1-14 (Bil 1:1-14:45).

    Perjalanan umat Allah dari Sinai ke Kadesy Pada saat bangsa ini mulai bergerak dari Sinai menuju Kadesy, mereka mengalami kegoncangan iman. Mereka mulai bersungut-sungut sehingga Tuhan memberikan peringatan berupa api yang merajalela. Setelah itu terjadilah pemberontakan Miryam dan Harun kepada Musa. Tetapi kemudian Allah mengampuni pemberontak-pemberontak itu, setelah mereka bertobat.

    Kemudian Tuhan menyuruh Musa mengirim beberapa orang untuk melihat tanah Kanaan yang dijanjikan kepada bangsa Israel dan Musa mengirimkan 12 orang pengintai. Walaupun para pengintai melihat orang-orang raksasa, tetapi 2 orang pengintai, yaitu Kaleb dan Yosua dengan iman mereka percaya bahwa mereka dapat mengalahkannya. Akhir bagian ini, karena takut terhadap orang-orang raksasa itu, maka bangsa Israel mengambil keputusan untuk tidak mentaati perintah Tuhan agar mereka masuk ke daerah Kanaan. Kemudian Tuhan menghukum mereka dengan membiarkan bangsa ini mengembara di padang gurun selama empat puluh tahun.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 1:1; 10:11-13. Dari manakah bangsa Israel berangkat?
    2. Bacalah pasal Bil 11:1-2. Apakah yang dilakukan oleh umat Israel sehingga mendapa peringatan dari Allah? Apakah saudara sering melakukan hal yang sama?
    3. Bacalah pasal Bil 12:1-16. Mengapakah Musa dipakai Allah? Apakah sebabnya Miryam dan Harun dihukum Allah?
    4. Bacalah pasal Bil 13:1-3,27-33. Ada berapa macam laporan yang disampaikan? Pendapat yang manakah yang sesuai dengan kehendak Tuhan?
    5. Bacalah pasal Bil 14:1-11. Apakah sebabnya bangsa Israel memberontak pada Alla (ayat 11; Bil 14:11)?
    6. Bacalah pasal Bil 14:30-34. Apakah hukuman yang Allah jatuhkan, atas orang-oran yang kurang percaya ini?
  2. Pasal 15-20 (Bil 15:1-20:29).

    Pengembaraan di padang gurun Bangsa Israel tidak dapat segera masuk ke tanah Kanaan yang dijanjikan, karena ketidakpercayaan mereka kepada pimpinan Allah. Karena itu mereka mulai mengembara di padang gurun. Dalam saat-saat pengembaraan ini, Allah tetap mempersiapkan mereka melalui mengulangi segala perintah-Nya dengan tegas, yakni tentang tata kehidupan sebagai umat Allah, yang akan masuk ke tanah perjanjian di Kanaan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 15:1-2. Dapatkah saudara melihat dalam ayat tersebut bahw semua ajaran setelah ayat ini, dimaksudkan untu mempersiapkan umat Allah?
    2. Bacalah pasal Bil 20:1-13. Apakah yang menyebabkan Musa marah? Dan apakah akiba kemarahan tersebut atas diri Musa dan Harun?
  3. Pasal 21-36Bil 21:1-36:13.

    Perjalanan dari Kadesy ke Moab Bangsa Israel berhasil membuat perjalanan maju sampai Moab melalui peperangan. Tetapi seseorang bernama Bileam dipanggil oleh Balak, raja dari Moab, supaya mengutuki Israel, namun Tuhan menegur Bileam melalui Imedainya yang berbicara, sehingga Bileam akhirnya memberkati Israel. Akhirnya Yosua dipilih untuk menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel memasuki tanah perjanjian di Kanaan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 22:1-6. Bagaimanakah perasaan pemimpin-pemimpin orang Moab, wakt melihat bangsa Israel? Mengapakah orang Moab memanggil Bileam?
    2. Bacalah pasal Bil 22:21-31. Apakah kejadian yang aneh di sini? Mengapa demikian?
    3. Bacalah pasal Bil 24:1-2,10. Bangsa manakah yang diberkati Allah melalui Bileam?
    4. Bacalah pasal Bil 28:12-20. Siapakah yang dipilih oleh Tuhan untuk menggantikan Musa? Mengapa orang itu yang dipilih?
    5. Bacalah pasal Bil 36:13. Dimanakah bangsa Israel sekarang berada?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Bilangan mengajarkan kemurahan Allah dalam mengampuni dan menyatakan keadilan Allah terhadap umat-Nya yang berbuat dosa.

  2. Pemberontakan dan ketidaktaatan kepada Allah hanya menghasilkan murka dan hukuman Allah.

  3. Hidup yang berkemenangan, hanya dapat diperoleh dengan iman yang penuh kepercayaan dan ketergantungan terhadap Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Bilangan?
  2. Apakah isi Kitab Bilangan?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Bilangan?

Intisari: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Bangsa Israel di padang gurun MENGENAI APA?Nama kitab ini dalam Alkitab Ibrani berarti "di padang gurun" dan judul itu mencakup semua peristiwa yang

Bangsa Israel di padang gurun

MENGENAI APA?
Nama kitab ini dalam Alkitab Ibrani berarti "di padang gurun" dan judul itu mencakup semua peristiwa yang dilukiskan dalam kitab itu. Judul "Bilangan" dipakai oleh karena kitab itu mencatat "penjumlahan" bangsa itu pada tahun kedua (pasal Bil 1) setelah mereka meninggalkan Mesir dan tahun keempat puluh (pasal Bil 26). Sebagian isi kitab menceritakan pengalaman bangsa Israel selama empat puluh tahun sebelum mereka memasuki Tanah Perjanjian. Dalam banyak hal Bilangan menjadi bacaan yang menyedihkan, oleh karena banyak dari penderitaan bangsa Israel adalah akibat langsung dari ketidaksetiaan dan ketidaktaatan. Orang boleh mengatakan bahwa Bilangan merupakan catatan mengenai kegagalan manusia terhadap kesetiaan ilahi.

APA KESAN KESELURUHAN?
Salah satu cirinya ialah bahwa kitab ini tidak mencoba untuk menyajikan kepada kita suatu narasi penuh atau kisah bersambung yang ketat. Sebagai perbandingan, hanya sedikit yang diceritakan mengenai masa-masa yang dilewati di padang gurun, tetapi peristiwa-peristiwa tertentu ditonjolkan dan digambarkan secara panjang lebar. Kesan keseluruhan ialah bahwa Allah tetap berkuasa melawan pemberhalaan dan imoralitas bangsa Israel. Sebagian Kitab Bilangan bersifat sejarah dan sebagian lagi bersifat undang-undang.

SIAPAKAH TOKOH-TOKOH UTAMA YANG DISEBUT DALAM KITAB BILANGAN?
Sudah jelas bahwa Musa banyak sekali disebut dalam kitab ini -- perhatian Musa terhadap Hobab (Bil 10:29-32); doanya di Tabera (Bil 11:10-15); reaksinya terhadap kecaman (Bil 12); imannya yang kurang (Bil 13); keprihatinannya terhadap kehormatan Allah (Bil 14:13-19); ketidakikutsertaannya masuk ke dalam Tanah Perjanjian (Bil 20:2-13). Harun juga disebut, terutama dalam hubungannya dengan pemberontakan Korah (Bil 16). Miryam, saudara perempuan Musa, juga merupakan salah seorang tokoh dalam kitab ini. Pasal Bil 12 menceritakan bagaimana ia dihukum oleh karena iri hati. Nama-nama lain yang disebut termasuk Yosua dan Kaleb, dua orang mata-mata yang berani percaya kepada Allah dan hanya mereka berdua dari generasi itu yang diizinkan masuk ke Kanaan. Kisah mengenai Bileam dan Balak juga dicatat dalam kitab itu (pasal Bil 22-24).

APA KESUKARAN-KESUKARAN YANG DIHADAPI?
Para kritikus Alkitab mengajukan sejumlah pertanyaan tentang ketepatan sejarah dan statistik dari kitab ini. Sebagian besar, walaupun tidak semua, dari kitab ini dapat diterima jika kita menyadari bahwa para penulis bangsa Ibrani tidak selalu mengikuti urutan kronologis peristiwa-peristiwa secara ketat. Mereka lebih mementingkan arti dan pentingnya peristiwa.

Pesan

1. Pengaturan yang baik
Bil 1:1-10:10
Pasal-pasal pembukaan menggambarkan situasi bangsa Israel di padang gurun Sinai, termasuk keterangan mengenai sensus, pemilihan imam-imam Lewi dan pentahbisan mereka, peraturan untuk orang nazir dan tata cara penyembahan di Kemah Suci. Penekanan utama ialah pada kekudusan dan kesetiaan Allah.

2. Keluh-kesah dan pemberontakan
Bil 10:11-20:29
Di sini kita menelusuri perjalanan bangsa Israel setelah mereka meninggalkan Gunung Sinai dan mencapai Kades Barnea. Bagian dari kitab ini merupakan kisah sedih yang berisi keluhan yang terus menerus terhadap Allah dan mengenai hukuman yang kemudian dijatuhkan. Lagi-lagi ini merupakan peringatan bagi mereka yang kurang percaya.

3. Kegagalan dan kemenangan
Bil 21:1-36:13
Dalam bagian ketiga kitab itu kita membaca hal-hal yang menggembirakan. Catatan yang menonjol ialah mengenai kemenangan yang diperoleh, walaupun masih ada kegagalan yang perlu dicatat. Kita melihat bahwa Yosua diangkat sebagai pengganti Musa, dan persiapan-persiapan yang dibuat untuk memasuki Tanah Perjanjian. Sementara terus ditekankan mengenai kekudusan Allah, kita juga belajar dari Bilangan bahwa Allah adalah Allah yang tertib. Dengan cara yang sama Allah memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas mengenai bagaimana mereka harus menjalani kehidupan dan ibadah mereka. Di bawah perjanjian yang baru hal itu sama pentingnya, yaitu bahwa segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur (1Ko 14:40).

Penerapan

1. Kita diselamatkan untuk melayani
Dalam Keluaran kita membaca kisah pembebasan bangsa Israel dari perbudakan; dalam Bilangan penekanan terletak pada pelayanan. Hanya orang yang sudah diselamatkan yang dapat sungguh-sungguh menyembah dan melayani Allah yang hidup.

2. Allah adalah Allah yang tertib
Kitab ini berisi banyak hukum dan peraturan yang mengingatkan kita bahwa dalam melayani Allah "segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur" (1Ko 14:40).

3. Dosa-dosa yang sering dilakukan oleh umat Allah
o Dosa tidak percaya. Kegagalan bangsa Israel untuk masuk ke Tanah Perjanjian disebabkan oleh ketidakpercayaan.
o Dosa pemberontakan. Dalam Bilangan kita membaca beberapa kisah mengenai pemberontakan. Kita semua cenderung terlalu mudah untuk menyerah kepada semangat pemberontakan dan melawan para pemimpin yang dipilih Allah.
o Dosa kecemburuan. Harun dan Miryam, keduanya membuat Allah tidak senang. Hati-hati terhadap kecemburuan.

4. Allah menghargai kesetiaan
Kaleb dan Yosua bertahan sebagai pengikut Allah yang setia dan hanya mereka yang diperbolehkan memasuki Tanah Perjanjian. Secara tragis mudah bagi kita untuk merasa takut menghadapi kesukaran-kesukaran, tetapi iman mengalahkan hal yang tidak mungkin.

Tema-tema Kunci

1. Pemeliharaan Allah
Kita menemukan beberapa ilustrasi dalam Bilangan mengenai bagaimana Allah memenuhi kebutuhan umat-Nya. Contoh: Bil 20:1-11; 21:1-9; 27:1-11, (lihat Bil 36:1-12); Bil 27:12-23; 35:1-5; 35:6-28. Renungkanlah bagaimana cara Allah memenuhi kebutuhan umat-Nya dewasa ini.

2. Ketidaksenangan Allah
Salah satu aspek yang menyedihkan dalam Bilangan ialah kenyataan bahwa Allah sering kali murka kepada umat-Nya. Lihat Bil 11:1-3; 11:33; 12:1-16; 14:20-23; 14:36-38; 16:31-35; 25:1-3. Apa yang diperbuat oleh umat Allah pada masa kini yang membuat Allah sedih?

3. Keteraturan Allah
Allah adalah Allah yang teratur dan tertib. Lihat pasal Bil 1; 2; 3; 4; 26; 32 mengenai penjumlahan umat-Nya, pengaturan perkemahan suku-suku. Lihat juga Bil 7:1-19:14; pasal Bil 15; 18; 19; 28; 29 mengenai tata-cara ibadah.

4. Pimpinan Allah
Patut dicatat bahwa, kendatipun terjadi pembangkangan yang terus menerus, Allah masih memimpin umat-Nya dalam pengembaraan mereka dengan tiang awan dan api (Bil 9:15-23). Sampai saat ini Allah masih memimpin umat-Nya: bagaimana cara Allah melakukannya?

Garis Besar Intisari: Bilangan (Pendahuluan Kitab) [1] ORGANISASI BANGSA ISRAEL Bil 1:1-10:36 Bil 1:1-54Sensus yang diperintahkan oleh Allah Bil 2:1-4:49Pengaturan perkemahan Bil 5:1-6:27Penyucian

[1] ORGANISASI BANGSA ISRAEL Bil 1:1-10:36

Bil 1:1-54Sensus yang diperintahkan oleh Allah
Bil 2:1-4:49Pengaturan perkemahan
Bil 5:1-6:27Penyucian perkemahan
Bil 7:1-9:14Penyembahan dalam Kemah Suci
Bil 9:15-10:36Pimpinan Allah di perkemahan

[2] PENGALAMAN DALAM PERJALANAN Bil 11:1-25:18

Bil 11:1-35Kerusuhan dalam perkemahan
Bil 12:1-16Keluhan terhadap Musa
Bil 13:1-33Penyelidikan ke Kanaan
Bil 14:1-45Pemberontakan di perkemahan
Bil 15:1-41Peraturan-peraturan tambahan
Bil 16:1-17:13Pemberontakan terhadap kepemimpinan Musa
Bil 18:1-19:22Hukum dan peraturan-peraturan
Bil 20:1-21:35Peristiwa-peristiwa di perjalanan
Bil 22:1-24:25Kisah Bileam
Bil 25:1-18Dosa dan hukuman

[3] PENANTIAN MASUK KE TANAH PERJANJIAN Bil 26:1-33:49

Bil 26:1-65Sensus kedua
Bil 27:1-11Anak-anak perempuan Zelafehad
Bil 27:12-23Yosua menggantikan Musa
Bil 28:1-30:16Hukum dan peraturan-peraturan
Bil 31:1-54Penghakiman atas Midian
Bil 32:1-42Penempatan suku-suku Ruben dan Gad
Bil 33:1-49Tinjauan kisah perjalanan

[4] PERSIAPAN UNTUK MEMASUKI KANAAN Bil 33:50-36:13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.81 detik
dipersembahkan oleh YLSA