: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
995 | 996 | 997 | 998 | 999 | Aaron | Abaddon | Abagta | Abagtha | Abana | Abarim
Daftar Isi
GAMBAR: Harun
GREEK: 2 Aarwn Aaron
HEBREW: 175 Nrha 'Aharown 2037 Mrh Harum
BARCLAY: 2
HAAG: Harun
KECIL: Harun
TOKOH: Harun
BIOTOKOH PL: HARUN
LAMBANG: Harun
BROWNING: HARUN
ENSIKLOPEDIA: HARUN

Aaron

Dalam versi-versi Alkitab:

Aaron: ENDE KL1863
Haroen: KL1863 KL1870
Harum: BIS FAYH TB
Harun: BABA BIS FAYH LDKDR SBDR TB TL WBTCDR
Haruni: TL
mulia, luhur. 1Taw 4:8.
(terang, guru). Anak sulung Amram dan Yokebed, abang Musa dan Miryam dari suku Lewi. Bil 26:59.

Gambar

Harun: selebihnya..
Topik: Aaron in Various Compositions; Aaron to Assist Moses; Aaron's First Offering; Other Portraits of Aaron; The Death of Aaron; The Lord's Anger against Miriam and Aaron; The Miracle of Aaron's Staff; The Plague and Aaron's Atonement

Yunani

Strongs #2: Aarwn Aaron

Aaron = "light-bringer"

1) the brother of Moses, the first high priest of Israel and head
of the whole priestly order

2 Aaron ah-ar-ohn'

of Hebrew origin (175); Aaron, the brother of Moses: KJV -- Aaron.
see HEBREW for 0175

Ibrani

Strongs #0175: Nrha 'Aharown

Aaron = "light bringer"

1) brother of Moses, a Levite and the first high priest

175 'Aharown a-har-one'

of uncertain derivation; Aharon, the brother of Moses: KJV -- Aaron.

Strongs #02037: Mrh Harum

Harum = "exalted"

1) a man of Judah, father of Aharhel

2037 Harum haw-room'

passive participle of the same as 2036; high; Harum, an Israelite: KJV -- Harum.
see HEBREW for 02036

[Barclay]

Strongs #2:

[maskulin] Harun

Harun [haag]

Harun. (Arti kata tersebut tidak diketahui).

Nama ini hampir-hampir hanya ditemukan pada tradisi-tradisi muda dalam Pentateukh maupun dalam tulisan para Imam. Menurut beberapa ungkapan yang tua, ~H adalah saudara laki-laki --> Miryam (Kel 15:20); ia adalah yang pertama di kalangan para --> Penatua (Kel 17:10,12; 18:12; 24:14): Kadang-kadang ia tampil sebagai lawan Musa (Kel 32:1-35 ia menyuruh buat anak lembu emas; Bil 12:1-15: ia bangkit bersama Miryam untuk melawan Musa). Di dalam tradisi yang lebih muda ia dijadikan "mulut" (Kel 4:16) dan "nabi" (Kel 7:1) dari Musa. Akhirnya ia juga disebut sebagai abangnya (Kel 6:20) dan sebagai pembuat mujizat (Kel 7:10,19 dan lain-lain). Terlebih-lebih ia menjadi --> eponim dari golongan "anak-anak ~H" (Imam ?). Dengan mengikuti pandangan Noth (UP 198) perlu dikatakan di sini, "bahwa bahan yang masih tersimpan sampai detik ini, tidak mencukupi untuk memberikan keterangan yang tepat mengenai asal-usul maupun sejarah dari tokoh tradisi ini".

Harun [kecil]

BIS- Saudara Musa yang dipilih oleh Allah untuk menjadi imam agung di Israel.

KS.- [PL] Kel 4:14; 5:1; 17:12,28,29,32; pasal Bil 12:1-16,17:1-13,20:1-29
[PB] Kis 7:40; Ibr 5:4; 7:11; 9:4

Harun [tokoh]

Harun

Silsilah (Kel 6:16-20; Yos 21:4,10; 1Taw 6:3-15).

Imamat (Kel 28:1; Bil 17:1-13; Ibr 5:1-4; 7:1-28), pakaian (dalam Kel 28:1-43; 39:1-43), kekudusan (dalam Kel 29:1-46), pentahbisan (dalam Im 8:1-36).

Pembicara Musa (Kel 4:14-16; dalam Kel 27:1-31:18; 7:1-2).

Menopang tangan Musa di medan perang (Kel 17:8-13).

Membuat anak lembu (dalam Kel 32:1-35; Ul 9:20).

Pemberontakan terhadap Musa (dalam Bil 12:1-16).

Imamat ditentangi (dalam Bil 16:1-50).

Tongkat berbunga (dalam Bil 17:1-13).

Dilarang masuk negeri (Bil 20:1-12).

Kematian (Bil 20:22-29; 33:38,39).

HARUN [biotokoh pl]

Arti nama:DITERANGI, DISINARI
AyahAmran - Bilangan 26:59
IbuYokhebed - Bilangan 26:59
IstriElisheba - Keluaran 6:22
AnakNadab, Abihu, Eleazar, Itamar - Keluaran 6:22, Bilangan 3:2-4
Saudara laki-lakiMusa - Bilangan 26:59
Saudara perempuanMiryam - Bilangan 26:59
Nenek moyangLewi - Bilangan 26:59
KeturunanEzra - Ezra 7:5
Zakaria & Elizabet - Lukas 1:5
Disebut pertamaKeluaran 4:14
Namanya disebut339 kali
Kitab yang menyebut16 kitab : Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, Yosua, Hakim-hakim, 1 Samuel, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Mazmur, Markus, Lukas, K.P.R, Ibrani
PekerjaanImam besar Israel yang pertama - Keluaran 28:1
Tempat kelahiranMesir - Bilangan 26:59
Tempat kematianGunung Hor - Bilangan 20:27-28
Terakhir disebutIbrani 9:4
Umur123 tahun - Bilangan 33:9
Fakta pentingIA KAKAK KANDUNG MUSA DAN IMAM BESAR ISRAEL YANG PERTAMA (BILANGAN 26; 59, KELUARAN 28:1)

Harun [lambang]

Sebagai imam besar yang diangkat oleh Allah, Harun sering (tapi tidak selalu) merupakan TIPE Kristus. Kel 4:14, dsb; Ibr 5:4.

HARUN [browning]

Saudara laki-laki Musa dan *Miryam, berasal dari suku Lewi. Selama berabad-abad kedudukan Harun dalam kenangan Israel makin berkembang. Dalam tradisi paling awal, Harun harus membahasakannya dalam perkataan apa yang dikehendaki Allah (Kel. 4:16), namun ia tidak memiliki peran keimaman. Berita mengenai pengumpulan gelang-gelang emas oleh Harun untuk dilebur dalam api (Kel. 32:24) tampaknya membayangkan apa yang terjadi dengan pemujaan di Utara, dengan anak lembu emas, yang didirikan oleh *Yerobeam (1Raj. 12:28) pada 922 sM. Pada kedua ayat tersebut *penyembahan berhala *anak lembu menandakan independensi kepemimpinan (bnd. Kel. 24:14). Namun, biasanya Harun ditempatkan lebih rendah ketimbang Musa. Ketika Musa mengangkat tangan untuk kemenangan Israel atas *Amalek, peran Harun (dan Hur) hanyalah menopang tangan Musa, ketika ia lelah. Dalam sumber *P kemungkinan pasca-pembuangan (yang dikumpulkan setelah tahun 500 sM), Harun menjadi leluhur keimaman Yerusalem, yang mempersembahkan korban, memberkati dan menjalankan otoritas tertinggi (Bil. 27:21 -- Eleazar adalah anak Harun, 1Taw. 24:1), serta memimpin Hari Raya *Pendamaian (Im. 16:32-34). Akhirnya, dalam tradisi, Harun ditinggikan di atas Musa (Sir. 45:20). Hal ini mencerminkan situasi pasca-pembuangan tentang pembagian keimaman di antara 24 keluarga, yang masing-masing melaksanakan tugas di Bait Allah untuk satu minggu; 16 keluarga mengaku sebagai keturunan *Zadok (anak tertua Eleazar) dan delapan lainnya keturunan Itamar (1Taw. 24:1-19). Dalam Injil Lukas dikatakan bahwa *Yohanes Pembaptis berasal dari keluarga imam (Luk. 1:5).

HARUN [ensiklopedia]

Mungkin putra sulung Amran dan Yokhebed, 3 thn lebih tua dari saudaranya, Musa (Kel 6:20; 7:7). Miryam mungkin sekali adalah kakak kedua orang itu (Bil 26:59; 1 Taw 6:3), karena ia memelihara Musa selagi bayi (Kel 2:4). Menurut Kel 6:16-20 dan 1 Taw 6:1-3, Harun adalah keturunan ketiga dari Lewi (Lewi-Kehat-AmranHarun), tapi silsilah ini mungkin sekali dengan sengaja tidak lengkap (bnd Rut 4:18-20; 1 Taw 2).

Pertama kali Harun muncul bertalian dengan panggilan Allah kepada Musa untuk pergi ke Mesir. Musa mengeluh bahwa ia tidak fasih bicara (Kel 4:10), dan Harun diperkenalkan sebagai orang yg pandai bicara (Kel 4:14). Maka Harun bertugas sebagai 'nabi' atau jurubicara dan melalui dia Musa akan berbicara kepada Firaun (Kel 7:1).

Harun diperintahkan menjumpai Musa di padang gurun (Kel 4:27) dan ia menurut. Musa memberitahukan kepada Harun pekerjaan yg akan mereka lakukan. Keduanya mengumpulkan semua tua-tua umat Israel dan menerangkan kepada mereka apa yg hendak dilakukan oleh Allah. Bangsa itu percaya pada ucapan-ucapan mereka (Kel 4:27-31).

Namun, tanda-tanda kepercayaan yg pertama segera lenyap. Akibat penindasan yg kejam, orang Israel tidak mendengarkan -- 'karena mereka putus asa dan karena perbudakan yg berat itu' (Kel 6:8). Karena itu Tuhan menyuruh Musa dan Harun menghadap raja Mesir. Harun akan membuat tanda-tanda ajaib. Maka, tampillah dia sebagai jurubicara yg dipercayai dan bertindak bersama Musa di hadapan Firaun.

Ketika orang Amalek menyerang Israel, Harun dan Hur menopang kedua tangan Musa sehingga Israel mengalahkan musuh (Kel 17:8). Kepada Harun, kepada Musa, kepada kedua putra Harun yaitu Nadab dan Abihu, dan kepada 70 orang dari tua-tua Israel, diberi kesempatan melihat kemuliaan Tuhan. Hanya Musa sendirilah yg dapat mendekati kemuliaan Tuhan, sedangkan yg lain menyembah dari jauh. Namun demikian semua mereka melihat kemuliaan Tuhan (Kel 24:1, 9, 10).

Watak Harun tidak setegar watak Musa. Ketika Musa berada di atas gunung, Harun menyerah -- walaupun mungkin dengan hati yg luluh -- lalu memenuhi desakan bangsa itu untuk membuat ilah bagi mereka. Mungkin pula Harun berpikir bahwa dalam bentuk ilah mode baru itu ia menyembah Tuhan (Kel 32:5). Tapi sekalipun demikian ia telah turut mengambil bagian dalam pemujaan berhala. Ketika Musa memanggil mereka yg memihak kepada Tuhan, maka suku Harun, yaitu bani Lewi, segera tampil dengan ikhlas. Peristiwa ini memperlihatkan Harun bukan pemimpin, melainkan orang yg lemah dan mudah menurut.

Tapi Allah toh memakai pelayan-pelayan yg berdosa, dan adalah maksud-Nya bahwa Harun akan melayani sebagai imam besar. Sesuai kesucian jabatan, maka dibuatlah pakaian yg indah untuk imam besar, seperti diuraikan dalam Kel 39. Penahbisan untuk jabatan itu merupakan peristiwa yg khidmat sekali, dan dilaksanakan oleh Musa. Harun sendiri diurapi dengan minyak untuk menguduskannya bagi jabatan yg suci itu.

Jadi Harun menjadi pemimpin rohani bangsa. Maka sangat mengejutkan ketika terdengar berita, bahwa ia bersekongkol dengan kakaknya, Miryam, membuat pengaduan yg bersifat cemburu terhadap Musa. Dengan alasan yg dicari-cari Miryam dan Harun mengata-ngatai Musa karena menikah dengan wanita Kusy (mungkin seorang wanita yg telah menggabungkan diri dgn orang Israel). Padahal mereka cemburu pada kedudukan Musa dalam rencana ilahi. Tuhan menjelaskan kepada Miryam dan Harun sifat mulia jabatan Musa, dan karena Miryam turut mengambil bagian dalam pengaduan itu maka ia dihukum kena penyakit kusta. Harun atas nama kakaknya mohon pengampunan kepada Musa, dan Musa berdoa kepada Allah, dan sebagai hasilnya Miryam sembuh, tapi dikucilkan dari tempat perkemahan selama 7 hari (Bil 12).

Dalam Bil 16 diterangkan, bahwa baik Musa dan Harun merupakan sasaran pemberontakan yg dilakukan oleh pihak Korah, Datan dan Abiram. Tuhan menunjukkan melalui wabah penyakit, bahwa Musa dan Harun mempunyai kedudukan yg sah dan berkuasa penuh. Harun mengambil perbaraan dan lari ke tengah-tengah umat, dan dengan demikian ia melakukan penebusan dosa bagi bangsanya, dan wabah itu berhenti. Kini harus dijelaskan bahwa Harun-lah imam besar yg sah. Hal ini dilakukan, karena ternyata di antara tongkat-tongkat para putra keturunan bani Israel, tongkat Harun sajalah yg bertunas (Bil 17:8). Tongkat ini disimpan dekat tabut Perjanjian sebagai tanda bagi orang-orang durhaka kelak. *HARUN, TONGKAT.

Bersama dengan Musa, Harun, karena tidak percaya pada Tuhan, dicegah untuk masuk ke negeri yg dijanjikan (Bil 20:12). Ia meninggal pada usia 123 thn. Ada tiga pernyataan mengenai kematiannya. Musa mengumumkan kematiannya dan ia dibawa ke Hor, di mana pakaiannya ditanggalkan dan dikenakan pada putra dan penggantinya Eleazar. Di sana pada puncak gunung itu Harun meninggal (Bil 20:28). Secara tepat lokasi G Hor tidak diketahui, walaupun menurut tradisi letaknya dekat Petra. Pernyataan mengenai kematiannya diulangi dalam Bil 33:38, 39 dan sekali lagi dalam Ul 10:6.

Harun agaknya tampil sebagai tokoh kelas dua, hidup dalam bayangan tokoh yg lebih besar, yakni Musa. Ia rupanya telah menunjukkan pengabdian yg tulus ikhlas kepada tugas-tugasnya sebagai imam. Namun demikian, peristiwa anak lembu emas, menunjukkan bahwa ia bukanlah pemimpin yg sama kalibernya seperti saudaranya. FJY/WBS




TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.13 detik
dipersembahkan oleh YLSA