kecilkan semua  

Teks -- Amos 8:1-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penglihatan keempat: Bakul dengan buah-buahan
8:1 Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak sebuah bakul berisi buah-buahan musim kemarau. 8:2 Lalu berfirmanlah Ia: "Apakah yang kaulihat, Amos?" Jawabku: "Sebuah bakul berisi buah-buahan musim kemarau." Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Kesudahan telah datang bagi umat-Ku Israel. Aku tidak akan memaafkannya lagi. 8:3 Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam."
Peringatan terhadap orang yang mengisap sesamanya
8:4 Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini 8:5 dan berpikir: "Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu, 8:6 supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?" 8:7 TUHAN telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: "Bahwasanya Aku tidak akan melupakan untuk seterusnya segala perbuatan mereka! 8:8 Tidakkah akan gemetar bumi karena hal itu, sehingga setiap penduduknya berkabung? Tidakkah itu seluruhnya akan naik seperti sungai Nil, diombang-ambingkan dan surut seperti sungai Mesir?"
Gerhana matahari dan ratapan
8:9 "Pada hari itu akan terjadi," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah. 8:10 Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."
Lapar dan haus
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN. 8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya. 8:13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus; 8:14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amos father of the prophet Isaiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · padang gurun di tepi laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · sungai Nil a river that flows north through Egypt to the Mediterranean Sea
 · teluk Mesir the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Amos | Lihat, Penglihatan | Nabi | Tidak Adil, Ketidakadilan | Orang Miskin | Lapar, Kelaparan | Raya, Perayaan Bulan Baru | Sembah, Penyembahan Berhala | Sungai Nil | Sidang, Persidangan Pengadilan | Sepatu (Kasut) | Samaria Kuno | Matahari | Hari Raya | Tanggalan | Gempa Bumi | Dosa Suatu Bangsa | Hari | Hukum, Hukuman | Hari Sabat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Am 8:1 - BAKUL BERISI BUAH-BUAHAN MUSIM KEMARAU Nas : Am 8:1 (versi Inggris NIV -- buah-buahan yang sudah matang). Buah-buah yang matang itu menunjukkan bahwa umat itu siap dihukum; akhir mereka ...

Nas : Am 8:1

(versi Inggris NIV -- buah-buahan yang sudah matang). Buah-buah yang matang itu menunjukkan bahwa umat itu siap dihukum; akhir mereka sudah kelihatan.

Full Life: Am 8:5 - HARI SABAT. Nas : Am 8:5 Para pedagang demikian materialistis sehingga mereka menginginkan hari Sabat cepat berlalu supaya mereka dapat melanjutkan perdagangan...

Nas : Am 8:5

Para pedagang demikian materialistis sehingga mereka menginginkan hari Sabat cepat berlalu supaya mereka dapat melanjutkan perdagangan mereka. Kita harus bertanya pada diri sendiri: Apakah saya demikian terlibat dalam mencari uang sehingga hampir tidak memperhatikan firman Allah dan kemajuan kerajaan-Nya? Menurut Tuhan Yesus sendiri, kita tidak dapat melayani Allah dan Mamon sekaligus

(lihat cat. --> Mat 6:24).

[atau ref. Mat 6:24]

Full Life: Am 8:11 - KELAPARAN ... MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN. Nas : Am 8:11 Israel berkali-kali menolak firman Allah yang disampaikan kepada mereka (Am 2:11-12; 7:10-13,16); kini mereka akan mengalami apa yang...

Nas : Am 8:11

Israel berkali-kali menolak firman Allah yang disampaikan kepada mereka (Am 2:11-12; 7:10-13,16); kini mereka akan mengalami apa yang mereka inginkan.

  1. 1) Allah tidak akan mengutus nabi kepada mereka, dan firman Allah tidak lagi disampaikan kepada mereka; dengan kata lain, apabila mereka mungkin mencari bimbingan Allah sementara bencana yang akan datang, mereka hanya akan menemukan kesunyian.
  2. 2) Tidak ada hukuman yang lebih parah daripada Allah menyerahkan seseorang kepada keinginannya yang berdosa; orang semacam itu akan terjerumus ke dalam kebobrokan akhlak dan kesesatan serta akhirnya menjadi budak kekuatan setan (Rom 1:21-32;

    lihat cat. --> Rom 1:24).

    [atau ref. Rom 1:24]

Jerusalem: Am 8:1 - Inilah... Penglihatan ini melanjutkan penglihatan ketiga, Ams 7:7-9, sedangkan Ams 7:10-17 merupakan suatu sisipan. Penglihatan keempat ini serupa dengan yang k...

Penglihatan ini melanjutkan penglihatan ketiga, Ams 7:7-9, sedangkan Ams 7:10-17 merupakan suatu sisipan. Penglihatan keempat ini serupa dengan yang ketiga, baik menurut susunannya maupun isinya.

Jerusalem: Am 8:2 - Kesudahan Kata Ibrani (qes) menyindir buah-buahan musim kemarau (qayis).

Kata Ibrani (qes) menyindir buah-buahan musim kemarau (qayis).

Jerusalem: Am 8:3 - dengan diam-diam Maksud naskah Ibrani kurang jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Maksud naskah Ibrani kurang jelas dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Am 8:4-14 - -- Bagian ini memuat serangkaian firman kenabian yang diselipkan antara penglihatan keempat dan kelima. Firman-firman itu ditempatkan di sini oleh karena...

Bagian ini memuat serangkaian firman kenabian yang diselipkan antara penglihatan keempat dan kelima. Firman-firman itu ditempatkan di sini oleh karena memerincikan, membenarkan dan mengembangkan kesudahan Israel yang dinubuatkan dalam penglihatan yang keempat.

Jerusalem: Am 8:5 - bulan baru Hari raya bulan baru, Ima 23:24+ sama seperti hari Sabat, Kel 20:8+, tidak mengizinkan orang berjual beli

Hari raya bulan baru, Ima 23:24+ sama seperti hari Sabat, Kel 20:8+, tidak mengizinkan orang berjual beli

Jerusalem: Am 8:5 - mengecilkan efa... Bdk Ula 25:13.

Bdk Ula 25:13.

Jerusalem: Am 8:7 - kebanggaan Yakub Ungkapan ini dapat berarti: suatu sifat Allah, 1Sa 15:29 (Sang Mulia), atau keangkuhan hati umat Israel, Ams 6:8, yang begitu kokoh kuat sehingga oran...

Ungkapan ini dapat berarti: suatu sifat Allah, 1Sa 15:29 (Sang Mulia), atau keangkuhan hati umat Israel, Ams 6:8, yang begitu kokoh kuat sehingga orang dapat bersumpah demi kebangsaan Yakub itu. Ungkapan itupun dapat berarti: tanah Palestina, Maz 47:5.

Jerusalem: Am 8:8 - -- Nabi membandingkan gempa bumi, Ams 1:1+ dengan air sungai Nil yang pasang surut. Perbandingan itu memang buah khayal pesajak

Nabi membandingkan gempa bumi, Ams 1:1+ dengan air sungai Nil yang pasang surut. Perbandingan itu memang buah khayal pesajak

Jerusalem: Am 8:8 - seperti sungai Nil Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis; seperti terang.

Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis; seperti terang.

Jerusalem: Am 8:9 - hari itu Yaitu Hari Tuhan, Ams 5:18+, yang disertai berbagai gejala di jagat raya: gempa bumi, Ams 8:8; Yes 2:10; Yer 4:24, dan gerhana, Ams 8:9; Yer 4:23. Par...

Yaitu Hari Tuhan, Ams 5:18+, yang disertai berbagai gejala di jagat raya: gempa bumi, Ams 8:8; Yes 2:10; Yer 4:24, dan gerhana, Ams 8:9; Yer 4:23. Para nabi selanjutnya mengembangkan bahasa kiasan itu dengan memakai ungkapan dan gagasan yang tetap sama, yang juga tidak boleh dimengerti secara harafiah, Zef 1:15; Yes 13:10,13; 34:4; Yeh 32:7,8; Hab 3:6; Yoe 2:10,11; 3:3,4,15,16; bdk Mat 24:29; Wah 6:12-14; lihat Mat 24:1+.

Jerusalem: Am 8:10 - menjadikan gundul Bangsa-bangsa tetangga Israel menggundulkan kepala, tanda kesusahan dan perkabungan, Yes 15:2. Bangsa Israelpun mempunyai adat itu, Yer 7:29; Mik 1:16...

Bangsa-bangsa tetangga Israel menggundulkan kepala, tanda kesusahan dan perkabungan, Yes 15:2. Bangsa Israelpun mempunyai adat itu, Yer 7:29; Mik 1:16.

Jerusalem: Am 8:11 - firman Tuhan Bdk Ula 8:3+. Menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: firman-firman TUHAN. Nabi Amos tidak menubuatkan pertobatan Israel seolah-olah ...

Bdk Ula 8:3+. Menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: firman-firman TUHAN. Nabi Amos tidak menubuatkan pertobatan Israel seolah-olah kembali ingin mendengar dan menaati firman Tuhan. Sebaliknya, nabi Amos berpikir kepada hukuman. allah sudah jemu berbicara oleh karena tidak didengarkan. Karenanya Allah berdiam diri dan tidak menampilkan nabi lagi.

Jerusalem: Am 8:12 - mencari firman TUHAN Bdk Hos 5:6+.

Bdk Hos 5:6+.

Jerusalem: Am 8:14 - Asima, dewi Samaria Naskah Ibrani sebenarnya kurang jelas. Mungkin dimaksudkan dewi yang bernama Asyema, bdk 2Ra 17:30, yang oleh nabi dengan sengaja dirubah menjadi Asim...

Naskah Ibrani sebenarnya kurang jelas. Mungkin dimaksudkan dewi yang bernama Asyema, bdk 2Ra 17:30, yang oleh nabi dengan sengaja dirubah menjadi Asima, artinya: dosa. Tetapi mungkin pula bahwa Asima sindiran menghina untuk menyebut sebuah tempat kudus di Samaria. Bdk Ula 9:21; anak lembu emas oleh Harun disebut "dosa kamu" (terj: perbuatanmu yang berdosa)

Jerusalem: Am 8:14 - Dan.... Di Dan dan Bersyeba raja Yerobeam I menempatkan anak lembu emas, 1Ra 12:29

Di Dan dan Bersyeba raja Yerobeam I menempatkan anak lembu emas, 1Ra 12:29

Jerusalem: Am 8:14 - Demi dewa kekasihmu yang hidup Dalam naskah Ibrani tertulis; Hiduplah jalan. ini dapat diartikan sbb: Hiduplah ziarah-ziarah. Tetapi mungkin naskah Ibrani perlu diperbaiki, seperti ...

Dalam naskah Ibrani tertulis; Hiduplah jalan. ini dapat diartikan sbb: Hiduplah ziarah-ziarah. Tetapi mungkin naskah Ibrani perlu diperbaiki, seperti yang dibuat penterjemah Indonesia.

Ende: Am 8:3 - -- Terdjemahan ajat ini tidak pasti.

Terdjemahan ajat ini tidak pasti.

Ende: Am 8:5 - miskal pada djaman itu perak masih ditimbang, bila orang harus membajar sesuatu. Dengan mata timbangan jang palsu orang itu membuatnja lebih berat daripada j...

pada djaman itu perak masih ditimbang, bila orang harus membajar sesuatu. Dengan mata timbangan jang palsu orang itu membuatnja lebih berat daripada jang diperbolehkan.

Ende: Am 8:9 - Pada hari itu jakni: hari-pengadilan-Jahwe (Amo 5:18).

jakni: hari-pengadilan-Jahwe (Amo 5:18).

Ende: Am 8:10 - tempat lokos ialah tanda perkabungan, seperti kain karung. Sebagian dari rambut ditjukur.

ialah tanda perkabungan, seperti kain karung. Sebagian dari rambut ditjukur.

Ende: Am 8:11-12 - -- Sekarang Israil menolak sabda Jahwe (nabiNja). Tetapi kemudian mereka mau mendengarkan, tetapi Jahwe lalu akan diam sadja. Israil akan ditinggalkan Ja...

Sekarang Israil menolak sabda Jahwe (nabiNja). Tetapi kemudian mereka mau mendengarkan, tetapi Jahwe lalu akan diam sadja. Israil akan ditinggalkan Jahwe, hukumannja paling berat.

Ende: Am 8:13 - Pada hari itu jaitu hari Jahwe (Amo 8:10).

jaitu hari Jahwe (Amo 8:10).

Ende: Am 8:14 - -- Sebab-musabab keruntuhan ialah ibadah jang buruk serta lahirlah belaka.

Sebab-musabab keruntuhan ialah ibadah jang buruk serta lahirlah belaka.

Ende: Am 8:14 - Asjima Sjomron Asjima adalah dewa kafir, tetapi disini agaknja anaksapi Israil (di Betel). Di Dan terdapat anaksapi lain.

Asjima adalah dewa kafir, tetapi disini agaknja anaksapi Israil (di Betel). Di Dan terdapat anaksapi lain.

Endetn: Am 8:8 - sungai Nil diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Kata Hibrani tidak dapat diartikan.

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Kata Hibrani tidak dapat diartikan.

Endetn: Am 8:8 - -- Ditinggalkan "digelorakan" menurut terdjemahan Junani.

Ditinggalkan "digelorakan" menurut terdjemahan Junani.

Endetn: Am 8:14 - Asjima diperbaiki. Tertulis: "kesalahan".

diperbaiki. Tertulis: "kesalahan".

Ref. Silang FULL: Am 8:1 - Allah kepadaku · Allah kepadaku: Am 7:1; Am 7:1

· Allah kepadaku: Am 7:1; [Lihat FULL. Am 7:1]

Ref. Silang FULL: Am 8:2 - yang kaulihat // Amos // Sebuah bakul // memaafkannya lagi · yang kaulihat: Yer 1:13; 24:3 · Amos: Am 7:8 · Sebuah bakul: Kej 40:16; Kej 40:16 · memaafkannya lagi: Rat 4:18; Rat 4:1...

· yang kaulihat: Yer 1:13; 24:3

· Amos: Am 7:8

· Sebuah bakul: Kej 40:16; [Lihat FULL. Kej 40:16]

· memaafkannya lagi: Rat 4:18; [Lihat FULL. Rat 4:18]; Yeh 7:2-9

Ref. Silang FULL: Am 8:3 - menjadi ratapan // dengan diam-diam · menjadi ratapan: Am 5:16; Am 5:16 · dengan diam-diam: Am 6:10

· menjadi ratapan: Am 5:16; [Lihat FULL. Am 5:16]

· dengan diam-diam: Am 6:10

Ref. Silang FULL: Am 8:4 - orang sengsara // di negeri · orang sengsara: Ams 30:14; Ams 30:14 · di negeri: Ayub 20:19; Ayub 20:19; Mazm 14:4; Mazm 14:4; Am 2:7; Am 2:7

· orang sengsara: Ams 30:14; [Lihat FULL. Ams 30:14]

· di negeri: Ayub 20:19; [Lihat FULL. Ayub 20:19]; Mazm 14:4; [Lihat FULL. Mazm 14:4]; Am 2:7; [Lihat FULL. Am 2:7]

Ref. Silang FULL: Am 8:5 - bulan baru // boleh menawarkan // terigu // berbuat curang // neraca palsu · bulan baru: Bil 10:10; Bil 10:10 · boleh menawarkan: Yes 58:13 · terigu: Neh 10:31; Neh 10:31 · berbuat curang: Kej 31:7...

· bulan baru: Bil 10:10; [Lihat FULL. Bil 10:10]

· boleh menawarkan: Yes 58:13

· terigu: Neh 10:31; [Lihat FULL. Neh 10:31]

· berbuat curang: Kej 31:7; [Lihat FULL. Kej 31:7]

· neraca palsu: Ul 25:15; 2Raj 4:23; Neh 13:15-16; Yeh 45:10-12; Hos 12:8; [Lihat FULL. Hos 12:8]; Mi 6:10-11; Za 5:6

Ref. Silang FULL: Am 8:6 - orang lemah // menjual terigu · orang lemah: Am 5:11 · menjual terigu: Am 2:6; Am 2:6; Am 4:1; Am 4:1

· orang lemah: Am 5:11

· menjual terigu: Am 2:6; [Lihat FULL. Am 2:6]; Am 4:1; [Lihat FULL. Am 4:1]

Ref. Silang FULL: Am 8:7 - kebanggaan Yakub // akan melupakan // segala perbuatan · kebanggaan Yakub: Mazm 47:5; Mazm 47:5 · akan melupakan: Hos 8:13; Hos 8:13 · segala perbuatan: Ayub 35:15; Ayub 35:15

· kebanggaan Yakub: Mazm 47:5; [Lihat FULL. Mazm 47:5]

· akan melupakan: Hos 8:13; [Lihat FULL. Hos 8:13]

· segala perbuatan: Ayub 35:15; [Lihat FULL. Ayub 35:15]

Ref. Silang FULL: Am 8:8 - akan gemetar // sungai Mesir · akan gemetar: Ayub 9:6; Ayub 9:6; Yer 51:29 · sungai Mesir: Mazm 18:8; Yer 46:8; Yer 46:8; Am 9:5

· akan gemetar: Ayub 9:6; [Lihat FULL. Ayub 9:6]; Yer 51:29

· sungai Mesir: Mazm 18:8; Yer 46:8; [Lihat FULL. Yer 46:8]; Am 9:5

Ref. Silang FULL: Am 8:9 - hari cerah · hari cerah: Ayub 5:14; Ayub 5:14; Yes 59:9-10; Yer 13:16; 15:9; Yeh 32:7; Yeh 32:7; Am 5:8; Am 5:8; Mi 3:6; Mat 27:45; Mr 15:33; Luk 23:44-45...

· hari cerah: Ayub 5:14; [Lihat FULL. Ayub 5:14]; Yes 59:9-10; Yer 13:16; 15:9; Yeh 32:7; [Lihat FULL. Yeh 32:7]; Am 5:8; [Lihat FULL. Am 5:8]; Mi 3:6; Mat 27:45; Mr 15:33; Luk 23:44-45

Ref. Silang FULL: Am 8:10 - mengubah perayaan-perayaanmu // menjadi ratapan // kain kabung // menjadikan gundul // anak tunggal // seperti hari · mengubah perayaan-perayaanmu: Im 26:31; Im 26:31 · menjadi ratapan: Rat 5:15; Rat 5:15; Hos 2:10; Hos 2:10 · kain kabung: Yoel ...

· mengubah perayaan-perayaanmu: Im 26:31; [Lihat FULL. Im 26:31]

· menjadi ratapan: Rat 5:15; [Lihat FULL. Rat 5:15]; Hos 2:10; [Lihat FULL. Hos 2:10]

· kain kabung: Yoel 1:8; [Lihat FULL. Yoel 1:8]

· menjadikan gundul: Im 13:40; [Lihat FULL. Im 13:40]; Yes 3:17; [Lihat FULL. Yes 3:17]

· anak tunggal: Kej 21:16; [Lihat FULL. Kej 21:16]

· seperti hari: Yer 2:19; [Lihat FULL. Yer 2:19]; Yeh 7:18; [Lihat FULL. Yeh 7:18]

Ref. Silang FULL: Am 8:11 - akan datang // bukan kelaparan // firman Tuhan · akan datang: Yer 30:3; 31:27 · bukan kelaparan: Yes 30:20; Yes 30:20 · firman Tuhan: 1Sam 3:1; 1Sam 3:1; 1Sam 28:6; 1Sam 28:6...

· akan datang: Yer 30:3; 31:27

· bukan kelaparan: Yes 30:20; [Lihat FULL. Yes 30:20]

· firman Tuhan: 1Sam 3:1; [Lihat FULL. 1Sam 3:1]; 1Sam 28:6; [Lihat FULL. 1Sam 28:6]; 2Taw 15:3; [Lihat FULL. 2Taw 15:3]

Ref. Silang FULL: Am 8:12 - tidak mendapatnya · tidak mendapatnya: Yeh 20:3,31; Yeh 20:3; Yeh 20:31

· tidak mendapatnya: Yeh 20:3,31; [Lihat FULL. Yeh 20:3]; [Lihat FULL. Yeh 20:31]

Ref. Silang FULL: Am 8:13 - anak-anak teruna // karena haus · anak-anak teruna: Yes 9:16; Yes 9:16 · karena haus: Yes 41:17; Hos 2:2

· anak-anak teruna: Yes 9:16; [Lihat FULL. Yes 9:16]

· karena haus: Yes 41:17; Hos 2:2

Ref. Silang FULL: Am 8:14 - dewi Samaria // hai Dan // hai Bersyeba // akan rebah // bangkit-bangkit lagi · dewi Samaria: Mi 1:5 · hai Dan: 1Raj 12:29; 1Raj 12:29 · hai Bersyeba: Am 5:5; Am 5:5 · akan rebah: Mazm 46:3; Mazm 46:3...

· dewi Samaria: Mi 1:5

· hai Dan: 1Raj 12:29; [Lihat FULL. 1Raj 12:29]

· hai Bersyeba: Am 5:5; [Lihat FULL. Am 5:5]

· akan rebah: Mazm 46:3; [Lihat FULL. Mazm 46:3]

· bangkit-bangkit lagi: Am 5:2; [Lihat FULL. Am 5:2]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Am 8:1-14 - Ketika Allah membelakangi umat (Kamis, 24 Juli 2003) Ketika Allah membelakangi umat Untuk menyatakan bahwa keputusan Allah sudah waktunya (ayat 1,2), Allah memberikan penglihatan keempat kepada Amo...

SH: Am 8:1-3 - Hasil panen atau hukuman (Sabtu, 1 Desember 2012) Hasil panen atau hukuman Banyak orang merasa nyaman dengan kebiasaan ibadah yang sudah ada sehingga tidak mampu lagi menghayati maknanya. Ibadah seak...

SH: Am 8:1-3 - Jika Masih Ada Kesempatan (Rabu, 6 Oktober 2021) Jika Masih Ada Kesempatan Jika seorang anak berbuat kesalahan, orang tua sering kali menegur dan mengingatkan mereka. Tidak hanya satu kali, teguran ...

SH: Am 8:4-14 - Melanggar firman vs haus firman (Senin, 3 Desember 2012) Melanggar firman vs haus firman Siapa saja yang Tuhan peringatkan dalam penglihatan yang Amos terima? Dan apa saja dampak perbuatan mereka terhadap k...

SH: Am 8:4-14 - Jujurlah dalam Berusaha (Kamis, 7 Oktober 2021) Jujurlah dalam Berusaha Terhadap perilaku orang-orang Israel yang munafik Amos dengan sangat keras memberi peringatan. Ada banyak ibadah yang tampak ...

Topik Teologia: Am 8:5 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Am 8:7 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah TUHAN Kebanggaan Yakub Amo 8:7

Topik Teologia: Am 8:8 - -- Eskatologi Penghakiman Akhir Gambaran Umum tentang Penghakiman Akhir Ciri-ciri Penghakiman Akhir Bersifat Universal Amo ...

Topik Teologia: Am 8:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Amos (Pendahuluan Kitab) Penulis : Amos Tema : Keadilan, Kebenaran dan Hukuman Ilahi Karena Dosa Tanggal Penulisan: + 760 - 755 SM Latar Belakang Amos ...

Full Life: Amos (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Am 1:1-2) I. Delapan Ucapan Ilahi Mengenai Hukuman atas Bangsa-Bangsa (Am 1:3-2:16) A. D...

Jerusalem: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS Amos bekerja sebagai peternak domba. Ia tinggal di Tekoa, di pinggir padang gurun Yehuda, Am 1:1. Amos tidak mempunyai hubungan dengan "tare...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS PENGANTAR Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berk

AMOS

PENGANTAR

Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berkhotbah kepada orang-orang Israel di kerajaan utara sekitar pertengahan abad kedelapan Sebelum Masehi. Pada masa itu banyak orang hidup makmur, ibadah dipentingkan, dan negeri Israel nampaknya damai. Tapi Amos melihat bahwa yang mengecap kemakmuran hanyalah para hartawan yang memperkaya diri dengan hasil penindasan dan ketidakadilan terhadap orang miskin. Orang menjalankan ibadah dengan hati yang tidak tulus, dan keadaan damai hanya tampak dari luar. Dengan berani dan penuh semangat, Amos menyampaikan pesan bahwa Allah akan menghukum bangsa Israel. Amos menyerukan agar keadilan "mengalir seperti air". Ia berkata, "Mungkin TUHAN akan mengasihani orang-orang yang tersisa dari bangsa Israel" (Am 5:15).

Isi

  1.  Hukuman atas negara-negara tetangga Israel
    Am 1:1-2:5
  2.  Hukuman atas Israel
    Am 2:6-6:14
  3.  Lima penglihatan
    Am 7:1-9:15

Ajaran: Amos (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan ja

Tujuan

Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Amos.

Isi Kitab: Kitab Amos dibagi atas 9 pasal yang berisi tentang keadilan dan kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Amos

  1. Pasal 1-2 (Am 1:1-2:16).

    Pemberitaan tentang hukuman dari Allah terhadap bangsa-bangsa

    Hukuman Allah atas bangsa Damsyik, Gaza, Tirus, Edom, Amon, Moab serta hukuman atas Yehuda dan atas bangsa Israel. Hukuman ini diberikan Allah karena perbuatan bangsa-bangsa yang durhaka itu telah melampaui batas kesabaran Allah. Hukuman itu dilambangkan sebagai api, tanda hukuman yang paling berat. Dari semua hukuman pada bagian pertama ini, dapat diketahui bahwa dosa yang mendatangkan hukuman itu adalah kekejaman terhadap bangsa lain.

    Pendalaman

    1. Apakah sebab bangsa-bangsa dihukum? (Am 1:3,6,9,11,13; 2:1,4).
    2. Apakah sebab umat Allah dihukum? (Am 2:4-5; 6-8).
  2. Pasal 3-6 (Am 3:1-6:14).

    Pemberitaan tentang tiga Firman Allah terhadap dosa bangsa Israel

    1. Pasal 3; Am 3:1-15. Firman Allah tentang kesalahan bangsa Israel, yait lalai melaksanakan tugasnya sebagai umat pilihan Allah.
    2. Pasal 4; Am 4:1-13. Firman Allah tentang kemunafikan dan kebobrokan mora bangsa Israel dalam hidup beragama.
    3. Pasal 5-6; Am 5:1-6:14. Firman Allah sebagai peringatan kepada bangsa Israe sebelum mengalami hukuman.

    Pendalaman

    1. Kelalaian umat Allah (Am 3:15).
    2. Kebobrokan moral dalam hidup beragama (Am 4:1,4-5,6-9).
    3. Ratapan tentang keadaan umat Allah (Am 5:1-2; 6:11-14).
  3. Pasal 7-9 (Am 7:1-9:15).

    Penglihatan tentang hukuman dari Allah dan pelepasan bagi umat-Nya

    1. Pasal Am 7:1-9:10. Penglihatan tentang belalang; Api sebagai alat penghakiman Tali Sipat; Bakul dan Buah-buahan; dan Tuhan di dekat Mezbah.
    2. Pasal Am 9:11-15. Pemberitaan akan janji Allah untuk memulihkan kembal keadaan umat Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Am 7:1-9. Apakah penglihatan Amos?
    2. Siapakah Amos dan mengapa ia diusir? (Am 7:10-17).
    3. Bacalah pasal Am 8:1-3; 9:1-6. Apakah penglihatan Amos selanjutnya ini?
    4. Apakah janji Tuhan bagi umat-Nya? (Am 9:14-15).

II. Kesimpulan/penerapan

Dari uraian di atas dapatlah diambil beberapa kesimpulan/penerapan, seperti:

  1. Kitab Amos mengajarkan bahwa hukuman Allah akan jatuh ke atas segala bangsa yang tidak mau beribadah kepada-Nya.

  2. Allah lebih mengutamakan kebenaran dan keadilan, daripada korban-korban atau persembahan dalam ibadah.

  3. Amos sebagai seorang peternak di desa, dapat dipakai Allah dalam memberitakan Firman-Nya, mengajarkan bahwa Allah bisa memakai orang yang tidak berpendidikan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Amos?
  2. Apakah isi Kitab Amos?
  3. Apakah pekerjaan Amos sebelum menjadi hamba Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Amos?

Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) Nabi bagi masyarakat yang makmur SANG NABIAmos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba

Nabi bagi masyarakat yang makmur

SANG NABI
Amos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba yang senantiasa pergi ke pasar untuk menjual domba-dombanya. Mungkin dalam rangka perjalanan niaganya itulah ia mulai berkhotbah. Tempat tinggalnya di Tekoa, dua belas mil di sebelah selatan Yerusalem. Karena ia berkhotbah di kerajaan Israel bagian utara, maka tentu saja ia tidak diterima dengan baik -- orang selatan berkhotbah di utara (Amo 7:12)! Walaupun ia bukan seorang nabi profesional (Amo 7:14), ia telah mendengar suara Allah dan ia merasa tidak mempunyai pilihan lain selain berkhotbah (Amo 1:12).

WAKTU PENULISAN
Amos menandai waktu khotbahnya dengan "dua tahun sebelum gempa bumi". Gempa bumi itu merupakan suatu peristiwa bersejarah yang penting (lihat Amo 8:8; 9:5; Zak 14:5), tetapi waktunya yang tepat tidak lagi dapat dilacak. Waktunya mungkin sekitar tahun 760 SM. Dua orang Raja disebutkan di sini, yaitu Uzia yang memerintah dari tahun 783-742 SM dan Yerobeam II dari tahun 786-746 SM.

KEADAAN SAAT ITU
Amos berkhotbah kepada suatu masyarakat yang belum pernah mengalami keadaan sebaik itu.
1. Masa damai. Kerajaan Asyur yang penuh kuasa dipimpin oleh penguasa-penguasa yang lemah, sehingga Israel dibiarkan begitu saja.
2. Masa kemakmuran. Perdagangan maju dan untuk beberapa waktu Israel cukup makmur.
3. Masa penuh masalah. Kekayaan tidak dibagi rata dalam masyarakat. Si kaya bertambah kaya, sedangkan si miskin bukan hanya bertambah miskin, tetapi dengan sengaja ditindas oleh si kaya. Pada waktu yang bersamaan mereka mulai melupakan Allah dalam kehidupan mereka. Mereka tetap menampilkan sikap beragama mereka, tetapi semua itu tidak berarti apa-apa bagi mereka.

GAYANYA
Amos tentunya seorang pemberani. Khotbahnya langsung pada sasaran. Ia tidak pernah berpura-pura dengan kata-katanya, bahkan waktu berdebat dengan seorang imam (Amo 7:17). Nubuatannya penuh dengan penghakiman dan kebinasaan. Ia menggambarkan Allah sebagai seekor singa yang mengaum-aum, dan kita dapat membayangkan bagaimana ia menyampaikan khotbahnya bak singa sedang mengaum kepada para pendengar yang enggan mendengar dan malu, yang ketenteramannya sudah diganggunya dengan kasar. Secara keseluruhan, ada saat-saat kelembutan di dalam nubuatnya dan kitab ini diakhiri dengan suatu pesan pengharapan.

Pesan

1. Allah menghakimi bangsa-bangsa yang berdosa
o Allah mempunyai hak untuk menghakimi seluruh bangsa di dunia, tidak hanya bangsa pilihan-Nya, oleh karena Ia adalah Sang Pencipta (Amo 1:3-2:3).
o Ia menghukum mereka, karena tindakan mereka dalam memperlakukan sesama manusia.
o Hukuman yang dijatuhkan kepada setiap bangsa berlangsung terus sepanjang sejarah.

2. Allah menginginkan keadilan sosial
o Dosa yang dikutuk-Nya:
- Uang adalah segalanya. Amo 3:10,15; 6:4-6
- Si miskin diperas. Amo 2:7; 4:1; 5:11
- Keadilan disalahgunakan. Amo 2:7; 5:7,10; 8:4-6
- Kelonggaran moral. Amo 2:7; 4:1
o Sikap yang diharapkan-Nya:
- Mengasihi kebaikan Amo 5:14,15
- Menjaga keadilan. Amo 5:15,24
- Hidup dalam kebenaran. Amo 5:24

3. Allah membenci kepura-puraan beragama
Sikap Israel:
o Tidak setia kepada janji mereka Amo 2:4,5; 3:1,2
o Tidak menghormati Bait Allah. Amo 2:8
o Tidak bersyukur pada masa lalu. Amo 2:9-12
o Berpura-pura dalam penyembahan mereka. Amo 4:4,5; 5:21-27; 8:5
o Tidak menghargai nabi. Amo 7:10-17

4. Allah mengasihi Israel yang tidak layak itu
Walaupun Amos pada pokoknya berkhotbah mengenai pesan penghakiman, ia juga berbicara mengenai Allah sebagai Allah yang penuh kasih.
o Allah dengan tanpa paksaan memilih untuk mengasihi. Amo 3:2
o Allah dengan sabar mencoba untuk mengajar. Amo 4:6-11
o Allah dengan penuh belas kasihan menawarkan pertolongan. Amo 5:6
o Allah dengan penuh kemurahan berjanji untuk memulihkan. Amo 9:11-15

Penerapan

1. Bagaimana seharusnya hidup di dunia ini
Ingatlah:
o Hak-hak asasi manusia harus dihargai
o Keadilan yang benar itu penting
o Orang miskin berharga di mata Allah
o Hidup bermewah-mewah adalah hidup yang berbahaya
o Penghakiman segera datang

2. Bagaimana harus hidup di hadapan Allah
Ingatlah:
o Taruhlah Allah di atas segalanya
o Pastikan bahwa ibadahmu nyata
o Pekalah terhadap suara Allah
o Bersiaplah untuk bertemu Allah
o Janganlah bergantung kepada agama -- bergantunglah kepada Allah

Tema-tema Kunci

1. Melanggar Hukum Allah
Amos mengutuk bangsa-bangsa karena dosa mereka (Amo 1:3,6,9,11,13; 2:1,4,6), yaitu untuk pemberontakan mereka terhadap hukum Allah. Melanggar hukum Allah merupakan dosa yang paling utama. Pelanggaran itu dapat pribadi maupun secara nasional. Buatlah daftar dosa-dosa manusia dalam kitab ini yang menyebabkan mereka dihukum. Dosa apa yang relevan pada masa kini?

2. Menghadapi hukuman Allah
Apabila manusia berdosa maka:
o Hukuman tak dapat dielakkan sebab dosa membawa hukuman sebagai ekornya (Amo 1:3, 6,9,11,13; 2:1,4,6).
o Hukuman tidak dapat dihindari sebab Allah membiarkan hukuman itu berlaku (Amo 3:13-15).
o Hukuman menjadi lebih besar bagi mereka yang mendapat hak istimewa untuk membina hubungan yang khusus dengan Allah (Amo 3:2).
o Hukuman dilaksanakan oleh Allah dengan penuh keengganan (Amo 7:1-6).
o Bagaimana kita secara realistis berbicara mengenai hukuman Allah dalam dunia dewasa ini?

3. Mendengar suara Allah
Nasib yang paling buruk yang mungkin dialami umat manusia ialah bertahan dalam suatu periode yang di dalamnya Allah diam (Amo 8:11,12). Tetapi, dalam zaman Amos Allah telah berbicara melalui:
o Peristiwa-peristiwa (Amo 4:4-11)
o Nabi (Amo 7:14,15). Amos bukan seorang nabi yang sungguh-sungguh, tetapi seorang yang diambil dari kalangan orang biasa yang mempunyai keinginan bernyala-nyala untuk mengumandangkan firman Tuhan.
Apakah Allah masih berbicara seperti itu dewasa ini? Pikirkanlah contohnya. Apa yang diajarkan Amos kepada kita mengenai menjadi pelayan Allah?

4. Melakukan kehendak Allah
Amos memanggil bangsa Israel untuk bertobat. Pertobatan itu lebih dari hanya berkata "Maaf". Pertobatan merupakan suatu perubahan cara berpikir secara total, yang mengakibatkan orang berpaling dari cara hidup yang lama dan mulai hidup sesuai dengan apa yang Allah kehendaki. Apa yang Allah inginkan dari bangsa Israel adalah tindakan (Amo 5:14,15,24). Apa yang seharusnya menjadi buah pertobatan dalam kehidupan Anda?

Garis Besar Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) [1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2 [2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5 Amo 1:3-5Siria

[1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2

[2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5

Amo 1:3-5Siria: mengabaikan hak-hak manusia
Amo 1:6-8Orang Filistin: menjual manusia demi uang
Amo 1:9,10Funisia: melanggar janji
Amo 1:11-12Edom: membenci saudaranya
Amo 1:13-15Amon: kejam kepada orang yang tidak berdaya
Amo 2:1-3Moab: tidak menghormati jasad orang yang sudah mati
Amo 2:4,5Yehuda: tidak setia kepada Allah

[3] ISRAEL DI SIDANG PENGADILAN Amo 2:6-16

Amo 2:6-9Kejahatan mereka yang serius
Amo 2:10-12Ingatan mereka yang pendek
Amo 2:13-16Hukuman yang berat atas mereka

[4] KEPUTUSAN HAKIM Amo 3:1-4:3

Amo 3:1,2Tanggung jawab kasih
Amo 3:3-8Penghakiman yang tak terelakkan
Amo 3:9-4:3Penjabaran tentang penghakiman

[5] KAPANKAH MEREKA MAU BELAJAR? Amo 4:4-13

Amo 4:4,5Terus menerus mengabaikan Allah
Amo 4:6Allah telah berbicara melalui bencana kelapara...
Amo 4:7,8... dan kekeringan ...
Amo 4:9... dan panen yang gagal...
Amo 4:10... dan perang...
Amo 4:11... dan bencana
Amo 4:12,13Siap untuk bertemu Allah

[6] UPACARA PENGUBURAN TERHADAP AGAMA Amo 5:1-27

Amo 5:1-3Nyanyian penguburan
Amo 5:4-6Undangan untuk mencari Allah
Amo 5:7-13Sebab-sebab kematian
Amo 5:14,15Undangan untuk mencari kebaikan
Amo 5:16-27Pembedahan atas kepura-puraan beragama

[7] NASIB SI KAYA Amo 6:1-14

Amo 6:1-7Kesia-siaan kemewahan
Amo 6:8-10Dahsyatnya penghakiman
Amo 6:11-14Bodohnya ketidakadilan

[8] PENGLIHATAN NABI Amo 7:1-8:6

Amo 7:1-3Penglihatan tentang belalang
Amo 7:4-6Penglihatan tentang api
Amo 7:7-9Penglihatan tentang tali sipat
Amo 7:10-17Selingan: penyiksaan atas Amos
Amo 8:1-6Penglihatan tentang buah yang matang

[9] DIAMNYA ALLAH Amo 8:7-9:10

Amo 8:7,8Ingatan Allah
Amo 8:9-14Diamnya Allah
Amo 9:1-10Penghancuran dari Allah

[10] PENGHARAPAN MASA DEPAN Amo 9:11-15

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 1.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA