kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 34:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Raja Yosia -- Pembaharuan yang dilakukan Yosia
34:1 Yosia berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga puluh satu tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. 34:2 Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup seperti Daud, bapa leluhurnya, dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri. 34:3 Pada tahun kedelapan dari pemerintahannya, ketika ia masih muda belia, ia mulai mencari Allah Daud, bapa leluhurnya, dan pada tahun kedua belas ia mulai mentahirkan Yehuda dan Yerusalem dari pada bukit-bukit pengorbanan, tiang-tiang berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan. 34:4 Mezbah-mezbah para Baal dirobohkan di hadapannya; ia menghancurkan pedupaan-pedupaan yang ada di atasnya; ia meremukkan dan menghancurluluhkan tiang-tiang berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan, dan menghamburkannya ke atas kuburan orang-orang yang mempersembahkan korban kepada berhala-berhala itu. 34:5 Tulang-tulang para imam dibakarnya di atas mezbah-mezbah mereka. Demikianlah ia mentahirkan Yehuda dan Yerusalem. 34:6 Juga di kota-kota Manasye, Efraim dan Simeon, sampai di kota-kota Naftali, yang di mana-mana telah menjadi reruntuhan, 34:7 ia merobohkan segala mezbah dan tiang berhala, meremukkan segala patung pahatan serta menghancurluluhkannya, dan menghancurkan semua pedupaan di seluruh tanah Israel. Sesudah itu ia kembali ke Yerusalem.
Kitab Taurat ditemukan kembali
34:8 Pada tahun kedelapan belas dari pemerintahannya, setelah selesai mentahirkan negeri dan rumah TUHAN, ia menyuruh Safan bin Azalya, dan Maaseya, penguasa kota, serta Yoah bin Yoahas, bendahara negara, untuk memperbaiki rumah TUHAN, Allahnya. 34:9 Maka datanglah mereka kepada imam besar Hilkia dan menyerahkan kepadanya uang yang telah dibawa ke rumah Allah dan yang telah dikumpulkan oleh orang-orang Lewi, yakni oleh para penjaga pintu, dari orang-orang Manasye dan Efraim, dan dari semua orang yang masih tinggal dari Israel, pula dari seluruh orang Yehuda dan Benyamin, dan dari penduduk Yerusalem. 34:10 Uang itu diberikan mereka ke tangan para pekerja yang diangkat untuk mengawasi rumah TUHAN; dan mereka itu, yang bekerja dalam rumah TUHAN, mengeluarkannya untuk membetulkan dan memperbaiki rumah itu. 34:11 Mereka memberikannya kepada tukang-tukang kayu dan tukang-tukang bangunan, supaya tukang-tukang itu membeli batu pahat dan kayu untuk tupai-tupai dan untuk memasang balok-balok pada gedung-gedung, yang oleh raja-raja Yehuda dibiarkan roboh. 34:12 Orang-orang itu melakukan pekerjaan itu dengan setia. Orang-orang yang diangkat menjadi pengawas mereka ialah: Yahat dan Obaja, orang-orang Lewi dari bani Merari, sedangkan Zakharia dan Mesulam dari bani Kehat mengepalai semua. Dan semua orang Lewi yang pandai memainkan alat-alat musik, 34:13 mengepalai kuli-kuli dan mengiringi semua tukang dalam pekerjaan apapun. Dari antara orang-orang Lewi itu ada yang menjadi panitera, pengatur atau penunggu pintu gerbang. 34:14 Ketika mereka mengeluarkan uang yang telah dibawa ke rumah TUHAN, imam Hilkia menemukan kitab Taurat TUHAN, yang diberikan dengan perantaraan Musa. 34:15 Maka berkatalah Hilkia kepada Safan, panitera negara itu: "Aku telah menemukan kitab Taurat di rumah TUHAN!" Lalu Hilkia memberikan kitab itu kepada Safan, 34:16 dan Safan membawa kitab itu kepada raja. Ia juga menyampaikan kabar kepada raja: "Segala sesuatu yang ditugaskan kepada hamba-hambamu, telah mereka laksanakan. 34:17 Mereka telah mengambil seluruh uang yang terdapat di rumah TUHAN dan memberikannya ke tangan para pengawas dan para pekerja." 34:18 Safan, panitera negara itu, memberitahukan juga kepada raja: "Imam Hilkia telah memberikan kitab kepadaku," lalu Safan membacakan sebagian di depan raja. 34:19 Segera sesudah raja mendengar perkataan Taurat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya. 34:20 Kemudian raja memberi perintah kepada Hilkia, kepada Ahikam bin Safan, kepada Abdon bin Mikha, kepada Safan, panitera negara itu, dan kepada Asaya, hamba raja, katanya: 34:21 "Pergilah, mintalah petunjuk TUHAN bagiku, bagi yang masih tinggal di Israel dan di Yehuda tentang perkataan kitab yang ditemukan ini, sebab hebat kehangatan murka TUHAN yang dicurahkan kepada kita, oleh karena nenek moyang kita tidak memelihara firman TUHAN dengan berbuat tepat seperti yang tertulis dalam kitab ini!" 34:22 Maka pergilah Hilkia dengan orang-orang yang disuruh raja kepada nabiah Hulda, isteri seorang yang mengurus pakaian-pakaian, yaitu Salum bin Tokhat bin Hasra, penunggu pakaian-pakaian; nabiah itu tinggal di Yerusalem, di perkampungan baru. Mereka berbicara kepadanya sebagaimana yang diperintahkan. 34:23 Perempuan itu menjawab mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel! Katakanlah kepada orang yang menyuruh kamu kepada-Ku! 34:24 Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya Aku akan mendatangkan malapetaka atas tempat ini dan atas penduduknya, yakni segala kutuk yang tertulis dalam kitab yang telah dibacakan di depan raja Yehuda, 34:25 karena mereka meninggalkan Aku dan membakar korban kepada allah lain dengan maksud menimbulkan sakit hati-Ku dengan segala pekerjaan tangan mereka; sebab itu nyala murka-Ku akan dicurahkan ke tempat ini dengan tidak padam-padam. 34:26 Tetapi kepada raja Yehuda yang telah menyuruh kamu untuk meminta petunjuk TUHAN, harus kamu katakan demikian: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Mengenai perkataan yang telah kaudengar itu, 34:27 oleh karena engkau sudah menyesal dan engkau merendahkan diri di hadapan Allah pada waktu engkau mendengar firman-Nya terhadap tempat ini dan terhadap penduduknya, oleh karena engkau merendahkan diri di hadapan-Ku, mengoyakkan pakaianmu dan menangis di hadapan-Ku, Akupun telah mendengarnya, demikianlah firman TUHAN, 34:28 maka sesungguhnya Aku akan mengumpulkan engkau kepada nenek moyangmu, dan engkau akan dikebumikan ke dalam kuburmu dengan damai, dan matamu tidak akan melihat segala malapetaka yang akan Kudatangkan atas tempat ini dan atas penduduknya." Lalu mereka menyampaikan jawab itu kepada raja. 34:29 Sesudah itu raja menyuruh orang mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem. 34:30 Kemudian pergilah raja ke rumah TUHAN bersama-sama semua orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, para imam, orang-orang Lewi, dan seluruh orang awam, baik yang besar maupun yang masih kecil. Dengan didengar mereka ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di rumah TUHAN itu. 34:31 Sesudah itu berdirilah raja pada tempatnya dan diikatnyalah perjanjian di hadapan TUHAN untuk hidup dengan mengikuti TUHAN, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya dan untuk melakukan perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu. 34:32 Ia menyuruh semua orang yang berada di Yerusalem dan Benyamin ikut serta dalam perjanjian itu. Dan penduduk Yerusalem berbuat menurut perjanjian Allah, yakni Allah nenek moyang mereka. 34:33 Yosia menjauhkan segala dewa kekejian dari semua daerah orang Israel dan menyuruh semua orang yang ada di Israel beribadah kepada TUHAN, Allah mereka. Maka sepanjang hidup Yosia mereka tidak menyimpang mengikuti TUHAN, Allah nenek moyang mereka.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abdon a town of Asher east. of Achzib, given to the Gershonite Levites,a man who was the eleventh judge of Israel,the son of Shashak of Benjamin,son of Je-Iel of Gibeon in Benjamin; great uncle to King Saul,son (descendent) of Micah/Micaiah in King Josiah's time
 · Ahikam son of Shaphan; an official under King Josiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Asaya King Josiah's servant,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,son of Haggiah the Levite,a man (Shelah Judah) who returned from exile with his family,chief of the sons of Merari the Levite under David
 · Azalya son of Meshullam; father of Shaphan, secretary to King Josiah
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Kehat members of the clan of Kohath of Levi
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · bani Simeon the tribe of Simeon
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Hasra grandfather of Shallum the husband of Huldah the prophetess
 · Hilkia father of Eliakim who was head of King Hezekiah's household,a high priest; son of Shalum /Meshulam,son of Amzi of Levi; forefather of returned exiles,son of Hosah; a Levite gatekeeper,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a man of Anathoth; father of the prophet Jeremiah
 · Hulda wife of Shallum; a prophetess
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum orang Kehat members of the clan of Kohath of Levi
 · kaum orang Merari the clan of Merari of the tribe of Levi
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum Kehat members of the clan of Kohath of Levi
 · Kaum-kaum keturunan Merari the clan of Merari of the tribe of Levi
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Kehat members of the clan of Kohath of Levi


Topik/Tema Kamus: Yosia | Raja | Hulda | Bait Suci Yang Pertama | Hukum, Hukum Musa | Pohon Kayu Yang Dianggap Sebagai Berhala | Rendah, Kerendahan Hati | Setia, Kesetiaan (Percaya) | Suku Simeon | Suku Naftali | Suku Manasye | Orang Mati | Sembah, Penyembahan Berhala | Dupa | Yoahas | Tokhat | Hasra | Ahli Taurat | Anak Yang Baik | Abdon | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 34:1 - YOSIA. Nas : 2Taw 34:1 Lihat cat. --> 2Raj 22:1. [atau ref. 2Raj 22:1]

Nas : 2Taw 34:1

Lihat cat. --> 2Raj 22:1.

[atau ref. 2Raj 22:1]

Full Life: 2Taw 34:14 - MENEMUKAN KITAB TAURAT TUHAN. Nas : 2Taw 34:14 Lihat cat. --> 2Raj 22:8. [atau ref. 2Raj 22:8]

Nas : 2Taw 34:14

Lihat cat. --> 2Raj 22:8.

[atau ref. 2Raj 22:8]

Full Life: 2Taw 34:24 - MENDATANGKAN MALAPETAKA ATAS TEMPAT INI. Nas : 2Taw 34:24 Dosa-dosa umat itu telah mencapai tingkat sedemikian rupa sehingga hukuman yang menghancurkan dari Allah atas mereka tidak terelak...

Nas : 2Taw 34:24

Dosa-dosa umat itu telah mencapai tingkat sedemikian rupa sehingga hukuman yang menghancurkan dari Allah atas mereka tidak terelakkan lagi

(lihat cat. --> 2Raj 22:13).

[atau ref. 2Raj 22:13]

Full Life: 2Taw 34:27 - ENGKAU MERENDAHKAN DIRI DI HADAPAN ALLAH. Nas : 2Taw 34:27 Lihat cat. --> 2Taw 7:14; lihat cat. --> 2Raj 22:19. [atau ref. 2Taw 7:14; 2Raj 22:19]

Nas : 2Taw 34:27

Lihat cat. --> 2Taw 7:14;

lihat cat. --> 2Raj 22:19.

[atau ref. 2Taw 7:14; 2Raj 22:19]

Full Life: 2Taw 34:30 - IA MEMBACAKAN SEGALA PERKATAAN DARI KITAB. Nas : 2Taw 34:30 Setiap kebangunan rohani yang dicatat PL muncul dari suatu proklamasi dari dan komitmen kepada firman Allah yang diperbaharui. ...

Nas : 2Taw 34:30

Setiap kebangunan rohani yang dicatat PL muncul dari suatu proklamasi dari dan komitmen kepada firman Allah yang diperbaharui.

  1. 1) Yosia membaca "perkataan dari kitab perjanjian" di hadapan rakyatnya dan mereka kembali kepada Tuhan (ayat 2Taw 34:30-33).
  2. 2) Sebelumnya, Yosafat dan orang Lewi "memberikan pelajaran di Yehuda dengan membawa kitab Taurat Tuhan" (2Taw 17:9).
  3. 3) Kemudian, Ezra membacakan hukum Allah selama enam jam sehari selama tujuh hari (Neh 8:4,19) dan menerangkannya sedemikian rupa "sehingga pembacaan dimengerti" oleh umat itu (Neh 8:9). Semua kebangunan rohani sejati yang bertahan lama disertai dengan mengembalikan Firman Allah ke tempatnya yang layak penuh kekuasaan dan kehormatan. Salah satu bukti yang pasti bahwa suatu kebangunan rohani sedang mulai di kalangan umat Allah ialah kerinduan yang besar untuk mendengar, mempelajari, dan menaati Firman Tuhan (lih. Kis 2:42).

BIS: 2Taw 34:20 - Abdon Abdon: Dalam 2Ra 22:12 ia disebut Akhbor.

Abdon: Dalam 2Ra 22:12 ia disebut Akhbor.

BIS: 2Taw 34:22 - Harhas Harhas: Demikianlah namanya dalam 2Ra 22:14.

Harhas: Demikianlah namanya dalam 2Ra 22:14.

BIS: 2Taw 34:30-31 - di dekat ... untuk raja di dekat ... untuk raja: Kemungkinan besar demikianlah artinya; menurut naskah Ibrani: pada tempat raja.

di dekat ... untuk raja: Kemungkinan besar demikianlah artinya; menurut naskah Ibrani: pada tempat raja.

Jerusalem: 2Taw 34:3 - Pada tahun kedelapan 2Ta 34:3-35:19 memuat kisah mengenai pembaharuan agama yang diadakan raja Yosia. Menurut pandangan 2Ra 22:3-23:27 pembaharuan itu dimulai karena kitab...

2Ta 34:3-35:19 memuat kisah mengenai pembaharuan agama yang diadakan raja Yosia. Menurut pandangan 2Ra 22:3-23:27 pembaharuan itu dimulai karena kitab Hukum Taurat yang ditemukan waktu bait Allah diperbaiki. Menurut si Muwarikh pekerjaan pada bait Allah itu berupa sebuah pentahiran, 2Ta 34:8, yang menyusul suatu aksi untuk menumpas pemujaan berhala di Yerusalem, Yehuda dan Israel, 2Ta 34:3-7. Kalau demikian maka pembaharuan dimulai Yosia, bukannya pada tahun yang kedelapan belas seperti dikatakan 2Ra 22:3; 2Ta 34:8. Keterangan si Muwarikh agaknya tepat juga. Pekerjaan perbaikan bait Allah agaknya ditangani justru oleh karena sudah ada semangat pembaharuan. Penumpasan pemujaan berhala yang mendahului kiranya dicetuskan oleh semangat kebangsaan yang kembali berkobar-kobar. Pembaharuan nasional itu memanfaatkan kenyataan pada kerajaan Asyur sedang melemah dan merosot pada akhir pemerintahan raja Asurbanipal. Pembaharuan di Yehuda agaknya terlaksana bertahap-tahap, seperti digambarkan 2Tawarikh. Sebaliknya 2Raja-raja menempatkan seluruh pembaharuan sesudah kitab Taurat ditemukan Kitab Raja dipakai si Muwarikh untuk mengisahkan tahap pertama dalam pembaharuan itu dan sehubungan dengan tahap terakhir ia hanya berceritera tentang pembaharuan perjanjian dan perayaan Paskah yang meriah.

Jerusalem: 2Taw 34:9 - uang yang telah dibawa.... Menurut catatan ini semua orang Israel memberi sumbangan berupa uang guna perbaikan bait Allah. Memang si Muwarikh selalu menekankan kesatuan umat Tuh...

Menurut catatan ini semua orang Israel memberi sumbangan berupa uang guna perbaikan bait Allah. Memang si Muwarikh selalu menekankan kesatuan umat Tuhan, bdk Yeh 37:15 dst.

Jerusalem: 2Taw 34:12-13 - -- Bagian ini hanya terdapat dalam 2Tawarikh Si Muwarikh memberi orang-orang Lewi tugas memimpin pekerjaan pada bait Allah.

Bagian ini hanya terdapat dalam 2Tawarikh Si Muwarikh memberi orang-orang Lewi tugas memimpin pekerjaan pada bait Allah.

Jerusalem: 2Taw 34:18 - Safan membacakan sebagian Menurut 2Ra 22:10 Safan membacakan seluruh kitab yang ditemukan itu. Tetapi menurut pandangan si Muwarikh kitab itu tidak lain kecuali seluruh kitab M...

Menurut 2Ra 22:10 Safan membacakan seluruh kitab yang ditemukan itu. Tetapi menurut pandangan si Muwarikh kitab itu tidak lain kecuali seluruh kitab Musa (Pentateukh) yang memang terlalu tebal untuk dibacakan dengan sekali jadi.

Jerusalem: 2Taw 34:31 - pada tempatnya Dalam bait Allah ada sebuah tempat khusus bagi raja, 2Ra 23:13; 2Ra 11:14. Agaknya tempat itu berupa panggung.

Dalam bait Allah ada sebuah tempat khusus bagi raja, 2Ra 23:13; 2Ra 11:14. Agaknya tempat itu berupa panggung.

Jerusalem: 2Taw 34:33 - nenek moyang mereka Apa yang dikatakan oleh 2Ra 23:4 dst diringkaskan oleh si Muwarikh dan ditempatkan pada awal kisahnya, 2Ta 34:3 dst.

Apa yang dikatakan oleh 2Ra 23:4 dst diringkaskan oleh si Muwarikh dan ditempatkan pada awal kisahnya, 2Ta 34:3 dst.

Ende: 2Taw 34:3-7 - -- Boleh diperhatikan, bahwa dalam Kitab Radja2 tindakan ini diambil setelah Kitab Taurat diketemukan. Disini ditaruh pada waktu sebelumnja, sehingga pen...

Boleh diperhatikan, bahwa dalam Kitab Radja2 tindakan ini diambil setelah Kitab Taurat diketemukan. Disini ditaruh pada waktu sebelumnja, sehingga penemuan kitab itu merupakan sebangsa gandjaran untuk kesalehan.

Endetn: 2Taw 34:6 - jang telah .... dst diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani. Tertulis: "mengudji (membiasakan) (rumah2 mereka(?)"!

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani. Tertulis: "mengudji (membiasakan) (rumah2 mereka(?)"!

Endetn: 2Taw 34:9 - penduduk diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno.

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno.

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:1 - Yosia // menjadi raja · Yosia: 1Taw 3:14; 1Taw 3:14 · menjadi raja: Zef 1:1

· Yosia: 1Taw 3:14; [Lihat FULL. 1Taw 3:14]

· menjadi raja: Zef 1:1

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:2 - seperti Daud · seperti Daud: 2Taw 29:2

· seperti Daud: 2Taw 29:2

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:3 - mencari Allah · mencari Allah: 1Taw 16:11; 1Taw 16:11

· mencari Allah: 1Taw 16:11; [Lihat FULL. 1Taw 16:11]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:4 - menghancurluluhkan tiang-tiang // kepada berhala-berhala · menghancurluluhkan tiang-tiang: Kel 34:13; Kel 34:13 · kepada berhala-berhala: Kel 32:20; Im 26:30; Im 26:30; 2Raj 23:11; Mi 1:5

· menghancurluluhkan tiang-tiang: Kel 34:13; [Lihat FULL. Kel 34:13]

· kepada berhala-berhala: Kel 32:20; Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]; 2Raj 23:11; Mi 1:5

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:5 - imam dibakarnya · imam dibakarnya: 1Raj 13:2; 1Raj 13:2

· imam dibakarnya: 1Raj 13:2; [Lihat FULL. 1Raj 13:2]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:7 - serta menghancurluluhkannya · serta menghancurluluhkannya: Kel 32:20; Kel 32:20

· serta menghancurluluhkannya: Kel 32:20; [Lihat FULL. Kel 32:20]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:9 - besar Hilkia · besar Hilkia: 1Taw 6:13; 1Taw 6:13

· besar Hilkia: 1Taw 6:13; [Lihat FULL. 1Taw 6:13]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:11 - Mereka memberikannya // dibiarkan roboh · Mereka memberikannya: 2Taw 24:12 · dibiarkan roboh: 2Taw 33:4-7

· Mereka memberikannya: 2Taw 24:12

· dibiarkan roboh: 2Taw 33:4-7

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:12 - dengan setia // memainkan alat-alat · dengan setia: 2Raj 12:15 · memainkan alat-alat: 1Taw 25:1; 1Taw 25:1

· dengan setia: 2Raj 12:15

· memainkan alat-alat: 1Taw 25:1; [Lihat FULL. 1Taw 25:1]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:13 - mengepalai kuli-kuli · mengepalai kuli-kuli: 1Taw 23:4; 1Taw 23:4

· mengepalai kuli-kuli: 1Taw 23:4; [Lihat FULL. 1Taw 23:4]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:15 - kitab Taurat · kitab Taurat: 2Raj 22:8; 2Raj 22:8; Ezr 7:6; Neh 8:2

· kitab Taurat: 2Raj 22:8; [Lihat FULL. 2Raj 22:8]; Ezr 7:6; Neh 8:2

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:19 - perkataan Taurat // itu, dikoyakkannyalah · perkataan Taurat: Ul 28:3-68 · itu, dikoyakkannyalah: Yes 36:22; 37:1

· perkataan Taurat: Ul 28:3-68

· itu, dikoyakkannyalah: Yes 36:22; 37:1

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:20 - bin Safan · bin Safan: 2Raj 22:3; 2Raj 22:3

· bin Safan: 2Raj 22:3; [Lihat FULL. 2Raj 22:3]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:21 - yang dicurahkan · yang dicurahkan: Rat 2:4; 4:11; Yeh 36:18

· yang dicurahkan: Rat 2:4; 4:11; Yeh 36:18

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:22 - kepada nabiah · kepada nabiah: Kel 15:20; Kel 15:20; Neh 6:14

· kepada nabiah: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]; Neh 6:14

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:24 - akan mendatangkan // atas penduduknya // segala kutuk · akan mendatangkan: Ams 16:4; Yes 3:9; Yer 40:2; 42:10; 44:2,11 · atas penduduknya: 2Taw 36:14-20 · segala kutuk: Ul 28:15-68

· akan mendatangkan: Ams 16:4; Yes 3:9; Yer 40:2; 42:10; 44:2,11

· atas penduduknya: 2Taw 36:14-20

· segala kutuk: Ul 28:15-68

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:25 - meninggalkan Aku · meninggalkan Aku: 2Taw 33:3-6; Yer 22:9

· meninggalkan Aku: 2Taw 33:3-6; Yer 22:9

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:27 - sudah menyesal // merendahkan diri · sudah menyesal: 2Taw 32:26; 2Taw 32:26 · merendahkan diri: Kel 10:3; Kel 10:3; 2Taw 6:37; 2Taw 6:37

· sudah menyesal: 2Taw 32:26; [Lihat FULL. 2Taw 32:26]

· merendahkan diri: Kel 10:3; [Lihat FULL. Kel 10:3]; 2Taw 6:37; [Lihat FULL. 2Taw 6:37]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:28 - nenek moyangmu // atas penduduknya · nenek moyangmu: 2Taw 35:20-25 · atas penduduknya: 2Taw 32:26; 2Taw 32:26

· nenek moyangmu: 2Taw 35:20-25

· atas penduduknya: 2Taw 32:26; [Lihat FULL. 2Taw 32:26]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:30 - rumah Tuhan · rumah Tuhan: 2Raj 23:2; 2Raj 23:2

· rumah Tuhan: 2Raj 23:2; [Lihat FULL. 2Raj 23:2]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:31 - pada tempatnya // diikatnyalah perjanjian // dengan mengikuti · pada tempatnya: 1Raj 7:15; 1Raj 7:15 · diikatnyalah perjanjian: 2Raj 11:17; 2Raj 11:17; 2Taw 23:16; 2Taw 23:16 · dengan mengiku...

· pada tempatnya: 1Raj 7:15; [Lihat FULL. 1Raj 7:15]

· diikatnyalah perjanjian: 2Raj 11:17; [Lihat FULL. 2Raj 11:17]; 2Taw 23:16; [Lihat FULL. 2Taw 23:16]

· dengan mengikuti: Ul 13:4; [Lihat FULL. Ul 13:4]

Ref. Silang FULL: 2Taw 34:33 - dewa kekejian · dewa kekejian: Ul 18:9; Ul 18:9

· dewa kekejian: Ul 18:9; [Lihat FULL. Ul 18:9]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Taw 12:1--36:16 - -- B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16). Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sa...

B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16).

Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sangat beragam wataknya mulai dari yang kokoh dan baik hingga yang lemah dan jahat. Nasib setiap bangsa sebagian besar ditentukan oleh kaliber kepemimpinannya, dan hal ini sangat nyata di dalam kehidupan bangsa Israel di mana tangan Allah sering kali ikut campur tangan secara lebih nyata daripada di tempat lainnya. Penulis Tawarikh dengan demikian memberikan dorongan kepada manusia sezamannya untuk menyerahkan diri kepada Allah dengan cara menunjukkan berdasarkan berbagai kelepasan Yehuda secara mukjizat oleh Allah pada masa lalu betapa "iman adalah kemenangan" yang dapat mengalahkan dunia (II Taw. 20:20). Namun pada saat yang bersamaan, dan dari data sejarah yang sama pula, penulis Tawarikh mengingatkan mereka akan bahayanya berkompromi dengan dunia, bersikap acuh terhadap Hukum Taurat dan bertindak menyimpang dari Tuhan. Sebab pola dasar dari sejarah Yehuda adalah kemerosotan religius. Dosa demikian mengakar di dalam kehidupan mereka sehingga seorang Yosia sekalipun tidak mampu membalik arus: "Oleh sebab itu murka Tuhan bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan" (36;16). Allah bisa menghukum umat yang telah dipilih-Nya! Di dalam hal tertentu 12:1-36:16 sangat sama dengan I Raja-Raja 14:22; II Raja-Raja 24:20. Akan tetapi, sebagian besar dari Kitab Raja-Raja dihilangkan, misalnya: kehidupan para nabi dan, tentu saja, juga seluruh sejarah kerajaan Israel di utara (bdg. Pendahuluan, Tujuan Penulisan). Namun tentang Yehuda, penulis Tawarikh memberikan sejumlah teladan mengesankan tentang iman dan tentang kelepasan yang tidak ada paralelnya di dalam Kitab Raja-Raja.

Wycliffe: 2Taw 34:1--35:27 - -- 16) Yosia (639 *-608 sM; 34:1-35:27). Yosia adalah raja saleh terakhir dari Yehuda, dan di dalam hal tertentu dia juga merupakan Raja Yehuda yang ter...

16) Yosia (639 *-608 sM; 34:1-35:27).

Yosia adalah raja saleh terakhir dari Yehuda, dan di dalam hal tertentu dia juga merupakan Raja Yehuda yang terbesar (lih. taf. 34:2). Karena pembaharuan yang diadakannya pada tahun 621 sM itulah yang mampu memulihkan komitmen Israel kepada Kitab Allah; dan kesetiaan kepada Firman Allah inilah yang memberikan secercah harapan bagi Yudaisme sepanjang masa pembuangan (bdg. Dan. 9:2), dalam pemulihannya yang sulit (Ezr. 7:10; Mal. 4:6), dan bahkan sepanjang beberapa abad hingga kedatangan Kristus (Mat. 5:17, 18). Pasal 34, 35 menganalisis pembaharuan-pembaharuan yang diadakan Yosia pada awal pemerintahannya (34:17); pembaharuan besar yang diadakannya pada tahun kedelapan belas dari pemerintahannya yang diawali dengan perbaikan Bait Allah ketika mana kitab hukum Taurat ditemukan (34:8-33); perayaan Paskah yang diadakan secara khidmat oleh sang raja sesudah itu (35:1-19), dan kematiannya yang tragis (35:20-27). Pokok yang pertama dan yang ketiga hanya diutarakan sekilas saja di II Raja-Raja 22:1-23:30, sedangkan pokok-pokok lainnya (lih. taf. 34:33) memperoleh pembahasan yang lebih luas.

Wycliffe: 2Taw 34:2 - Ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan 2. Ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan (lih. taf. 29:2), khususnya kesetiaan Yosia terhadap seluruh hukum Musa sehingga "sebelum dia ... dan ses...

2. Ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan (lih. taf. 29:2), khususnya kesetiaan Yosia terhadap seluruh hukum Musa sehingga "sebelum dia ... dan sesudah dia tidak ada ... lagi yang seperti dia" (II Raj. 23:25).

Wycliffe: 2Taw 34:3 - Pada tahun kedelapan // Dan pada tahun kedua belas 3. Pada tahun kedelapan. Tahun yang dimaksud adalah tahun 631 sM, pada saat Yosia berumur 16 tahun. Dan pada tahun kedua belas. Atau, tahun 627 sM. Ta...

3. Pada tahun kedelapan. Tahun yang dimaksud adalah tahun 631 sM, pada saat Yosia berumur 16 tahun. Dan pada tahun kedua belas. Atau, tahun 627 sM. Tanggal yang kedua ini terjadi pada saat terjadi kekacauan yang ditimbulkan oleh bangkitnya suku-suku pengembara berkuda dari utara ke hampir seluruh Timur Dekat (628-626 sM). Gerombolan orang Skit tersebut mengacau wilayah itu (Yer. 6:22-24; Zef. 1:12); dan walaupun mereka tidak pernah mengadakan kekacauan di luar daerah dataran pantai, di mana mereka akhirnya berhasil ditumpas oleh tentara Mesir, sesungguhnya gerombolan berkuda tersebut menguntungkan Yehuda dalam dua hal: (1) kekacauan yang mereka timbulkan telah mempercepat pemanggilan Nabi Yeremia (Yer. 1:2) dan Nabi Zefanya (Zef. 1:1?) dan juga mempercepat kebangunan kembali yang diadakan oleh Yosia pada tahun 627 sM yang menjangkau jauh melewati bidang agama yang sempit saja (34:3-7); dan (2) gerombolan berkuda tersebut menyingkirkan kekuasaan Asyur yang sudah menjajah Yehuda selama sekitar setengah abad (ay. 6; bdg. taf. 33:3).

Wycliffe: 2Taw 34:4 - Pedupaan-pedupaan 4. Pedupaan-pedupaan. Lihat tafsiran 14:5; bandingkan ayat 7.

4. Pedupaan-pedupaan. Lihat tafsiran 14:5; bandingkan ayat 7.

Wycliffe: 2Taw 34:6 - Simeon // Sampai di kota-kota Naftali, 6. Simeon. Lihat tafsiran I Tawarikh 4:24-43. Sampai di kota-kota Naftali, di Galilea. Yosia dengan demikian telah berhasil merampas kembali sebagian ...

6. Simeon. Lihat tafsiran I Tawarikh 4:24-43. Sampai di kota-kota Naftali, di Galilea. Yosia dengan demikian telah berhasil merampas kembali sebagian besar provinsi yang sebelumnya merupakan wilayah kekuasaan Asyur (ay. 7, 9).

Wycliffe: 2Taw 34:9 - Telah dikumpulkan oleh orang-orang Lewi, 9. Telah dikumpulkan oleh orang-orang Lewi, mengikuti teladan Yoas dengan kotak persembahannya (II Raj. 12:9).

9. Telah dikumpulkan oleh orang-orang Lewi, mengikuti teladan Yoas dengan kotak persembahannya (II Raj. 12:9).

Wycliffe: 2Taw 34:12 - Orang-orang itu melakukan pekerjaan itu dengan setia, 12. Orang-orang itu melakukan pekerjaan itu dengan setia, sehingga hasilnya tidak perlu diaudit (II Raj. 22:7) seperti ketika zaman Yoas (II Raj. 12:1...

12. Orang-orang itu melakukan pekerjaan itu dengan setia, sehingga hasilnya tidak perlu diaudit (II Raj. 22:7) seperti ketika zaman Yoas (II Raj. 12:15).

Wycliffe: 2Taw 34:14 - Hilkia menemukan Kitab Taurat Tuhan // Yang diberikan dengan perantaraan Musa 14. Hilkia menemukan Kitab Taurat Tuhan. Kitab ini juga disebut "kitab perjanjian" (ay. 30) yang memberikan kesan bahwa yang dimaksudkan adalah Keluar...

14. Hilkia menemukan Kitab Taurat Tuhan. Kitab ini juga disebut "kitab perjanjian" (ay. 30) yang memberikan kesan bahwa yang dimaksudkan adalah Keluaran 19-24; sedangkan kutuk-kutuk yang terdapat di dalamnya (II Taw. 34:24) dan hukum tentang tempat ibadah pusat (II Raj. 23:8, 9) secara berurutan mengacu kepada Imamat 26 atau Ulangan 28 dan 12:5-13 dan seterusnya. Kitab yang ditemukan itu mungkin merupakan sebuah gulungan resmi dari Pentateukh yang biasanya diletakkan di sebelah Tabut Perjanjian (Ul. 31:25, 26), namun akibat kelalaian-kelalaian sebelumnya menjadi tidak lagi pada tempatnya, sementara Tabut Perjanjian sudah dipindahkan (35:3). Yang diberikan dengan perantaraan Musa. Sekalipun tidak seluruh Pentateukh mengklaim telah ditulis atau diutarakan langsung oleh Musa (bdg. Ul. 34), Kesaksian Alkitab jelas bahwa isi dari Pentateukh ditulis pada zaman Musa (Ul. 4:2; 12:32) dan telah disusun dengan pengawasan Musa secara langsung (bdg. keyakinan Kristus sendiri, Yoh. 7:19; Luk. 24:44). Tuhan kita, yang seakan-akan sudah mengantisipasi penyangkalan peranan Musa dalam menulis Pentateukh ini, secara tegas menyatakan bahwa mereka yang menolak untuk percaya kepada Musa tidak mungkin bisa menerima apa yang diucapkan oleh-Nya sendiri (Yoh. 5:47).

Wycliffe: 2Taw 34:19 - Dikoyakkannyalah pakaiannya // Asaya, hamba raja // Abdon bin Mikha 19. Dikoyakkannyalah pakaiannya. Setelah menjadi bingung membaca tentang ancaman-ancaman seperti yang terungkap di Imamat 26:32, 33 dan Ulangan 28:38 ...

19. Dikoyakkannyalah pakaiannya. Setelah menjadi bingung membaca tentang ancaman-ancaman seperti yang terungkap di Imamat 26:32, 33 dan Ulangan 28:38 (lih. 34:21, 24, 27) yang seakan-akan tertulis untuk mereka itu (bdg. II Raj. 22:13, "ditulis untuk kita," AV). 20. Asaya, hamba raja. Kedudukan khusus yang termasuk pejabat tinggi negara. Abdon bin Mikha. II Raja-Raja 22:12 mengemukakan nama yang berbeda dari orang yang sama, Akhbor bin Mikha.

Wycliffe: 2Taw 34:22 - Nabiah Hulda 22. Nabiah Hulda. Pembedaan berlandaskan pada jenis kelamin merupakan kebiasaan yang asing untuk Perjanjian Lama (bdg. Hak. 4:4; II Sam. 20:16). Pemis...

22. Nabiah Hulda. Pembedaan berlandaskan pada jenis kelamin merupakan kebiasaan yang asing untuk Perjanjian Lama (bdg. Hak. 4:4; II Sam. 20:16). Pemisahan kaum perempuan dengan kaum laki-laki di pelataran yang berbeda dalam Bait Allah, baru muncul ketika Yudaisme masa antar perjanjian melakukan berbagai penyimpangan.

Wycliffe: 2Taw 34:24 - Aku akan mendatangkan malapetaka atas tempat ini // Matamu tidak akan melihat segala malapetaka yang akan Kudatangkan 24. Aku akan mendatangkan malapetaka atas tempat ini. Tuhan tidak 'beralih dari murka-Nya yang sangat menyala-nyala itu yang telah bangkit terhadap Ye...

24. Aku akan mendatangkan malapetaka atas tempat ini. Tuhan tidak 'beralih dari murka-Nya yang sangat menyala-nyala itu yang telah bangkit terhadap Yehuda oleh karena segala sakit hati-Nya yang telah ditimbulkan Manasye" (II Raj. 23:26). 28. Matamu tidak akan melihat segala malapetaka yang akan Kudatangkan. Murka ilahi tersebut ditunda sebab janji Allah yang telah diberikan pada saat Hizkia bertobat (32:26) dan juga kepada Ahab sebelumnya (I Raj. 21:29).

Wycliffe: 2Taw 34:30 - Perjanjian 30. Perjanjian (ay. 31) merupakan sarana yang dipakai oleh Allah untuk menebus umat pilihan-Nya. Yang dimaksudkan di sini adalah "perjanjian (yang leb...

30. Perjanjian (ay. 31) merupakan sarana yang dipakai oleh Allah untuk menebus umat pilihan-Nya. Yang dimaksudkan di sini adalah "perjanjian (yang lebih) lama" (bdg. I Taw. 16:15 dan II Taw. 15:12-15).

Wycliffe: 2Taw 34:31 - Berdirilah raja pada tempatnya 31. Berdirilah raja pada tempatnya. "Dekat tiangnya" (lih. 23:13; II Raj. 23:3).

31. Berdirilah raja pada tempatnya. "Dekat tiangnya" (lih. 23:13; II Raj. 23:3).

Wycliffe: 2Taw 34:33 - Yosia menjauhkan segala dewa kekejian // Semua daerah orang Israel // Sepanjang hidup Yosia mereka tidak menyimpang mengikuti Tuhan. Sekalipun // mengikuti Tuhan 33. Yosia menjauhkan segala dewa kekejian. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pembersihan menyeluruh penyembahan berhala - dan segenap kedursilaan ya...

33. Yosia menjauhkan segala dewa kekejian. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pembersihan menyeluruh penyembahan berhala - dan segenap kedursilaan yang terkait dengannya - di bukit-bukit pengorbanan, lihat II Raja-Raja 23:4-14, 24. Semua daerah orang Israel (lih. ay. 6). Raja menghancurkan mezbah di Betel yang didirikan oleh Yerobeam bersamaan dengan semua bukit pengorbanan di wilayah bekas kerajaan utara dan membunuh juga imam-imam dari agama berhala yang masih tersisa (II Raj. 23:15-20). Sepanjang hidup Yosia mereka tidak menyimpang mengikuti Tuhan. Sekalipun demikian, kesaksian Yeremia yang mendukung pembaharuan yang dilaksanakan Yosia (Yer. 11:1-5) menunjukkan bahwa untuk sebagian besar penduduk tindakan mereka mengikuti Tuhan hanya bersifat lahiriah saja dan bukan dari hati (Yer. 11:9-13).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Taw 34:1-13 - Apa dan bagaimana memulai reformasi. (Kamis, 11 Juli 2002) Apa dan bagaimana memulai reformasi. Melalui tokoh raja Yosia, penulis Tawarikh memberikan satu lagi teladan bagi orang-orang Yehuda pascapembuangan. ...

SH: 2Taw 34:14-33 - Pembaruan perjanjian berdasarkan firman. (Jumat, 12 Juli 2002) Pembaruan perjanjian berdasarkan firman. Pada zaman Yosia, Taurat Musa belum terkumpul secara utuh seperti yang kita miliki sekarang. Penemuan kembali...

Topik Teologia: 2Taw 34:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Carilah Allah Contoh-contoh Orang-orang yang Mencari Allah ...

Topik Teologia: 2Taw 34:19 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Hukum 2Ta 25:4 2Ta 34:19 Ezr...

Topik Teologia: 2Taw 34:29 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Objek dari Ketaatan Kita Harus Taat pada ...

Topik Teologia: 2Taw 34:30 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Perjanjian ...

Topik Teologia: 2Taw 34:31 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah

Topik Teologia: 2Taw 34:32 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Ikut Allah Teladan dari Orang-orang yang Mengikut Allah Yos...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 TAWARIKH LIHAT PENDAHULUAN I TAWARIKH

Wycliffe: 2 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 2 TAWARIKH I. Masa Pemerintahan Salomo (1:1-9:31)> A. Penobatan Salomo (1:1-17) B. Bait Suci Salomo (2:1-7:22) ...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.44 detik
dipersembahkan oleh YLSA