TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yesaya 7

  Boks Temuan
Yesaya dan raja Ahas
7:1 Dalam zaman Ahas z  bin Yotam bin Uzia, raja Yehuda 1 , maka Rezin, a  raja Aram, b  dengan Pekah c  bin Remalya, d  raja Israel, maju ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, namun mereka tidak dapat mengalahkannya. 7:2 Lalu diberitahukanlah kepada keluarga Daud: e  "Aram telah berkemah di wilayah Efraim, f " maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar g  ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin. 7:3 Berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: "Baiklah engkau keluar menemui Ahas, engkau dan Syear Yasyub 2 , h  anakmu laki-laki, ke ujung saluran kolam atas, ke jalan raya pada Padang i  Tukang Penatu, 7:4 dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, j  janganlah takut k  dan janganlah hatimu kecut l  karena kedua puntung m  kayu api yang berasap ini, yaitu kepanasan amarah n  Rezin dengan Aram dan anak Remalya. o  7:5 Oleh karena Aram dan Efraim dengan anak Remalya p  telah merancang q  yang jahat atasmu, dengan berkata: 7:6 Marilah kita maju menyerang Yehuda dan menakut-nakutinya serta merebutnya, kemudian mengangkat anak Tabeel sebagai raja di tengah-tengahnya, 7:7 maka beginilah firman r  Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan terjadi, s  7:8 sebab Damsyik t  ialah ibu kota Aram, dan Rezin u  ialah kepala Damsyik. Dalam enam puluh lima tahun 3  Efraim akan pecah, v  tidak menjadi bangsa lagi. 7:9 Dan Samaria w  ialah ibu kota Efraim, dan anak Remalya ialah kepala Samaria. Jika kamu tidak percaya, x  sungguh, y  kamu tidak teguh jaya. z "
Pemberitaan mengenai Imanuel
7:10 TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: 7:11 "Mintalah suatu pertanda a  dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi b  yang di atas." 7:12 Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta 4 , aku tidak mau mencobai c  TUHAN." 7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! d  Belum cukupkah e  kamu melelahkan f  orang, sehingga kamu melelahkan Allahku g  juga? 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: h  Sesungguhnya, seorang perempuan muda i  mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, j  dan ia akan menamakan Dia Imanuel 5 . k  7:15 Ia akan makan dadih l  dan madu m  sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, 7:16 sebab sebelum anak itu tahu n  menolak yang jahat dan memilih yang baik, o  maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. p  7:17 TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri q  dari Yehuda--yakni raja Asyur. r " 7:18 Pada hari itu s  akan terjadi: TUHAN bersuit t  memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur. u  7:19 Dan semuanya akan datang hinggap di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah v  bukit-bukit batu, di segala pagar duri w  dan di segala tanah penggembalaan. 7:20 Pada hari itu x  dengan y  pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, z  yakni raja Asyur, a  Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan b  pisau itu akan melenyapkan janggut c  juga. 7:21 Pada hari itu d  setiap orang akan memiara seekor lembu betina yang muda dan dua ekor domba, e  7:22 dan karena banyaknya susu yang dihasilkan, mereka akan makan dadih; f  sungguh, dadih g  dan madu akan dimakan oleh setiap orang yang masih tinggal di dalam negeri. 7:23 Pada hari itu h  setiap tempat, di mana biasanya tumbuh seribu pohon anggur dan yang berharga seribu syikal perak, i  akan menjadi tempat puteri malu dan rumput. j  7:24 Orang pergi ke sana terpaksa membawa anak-anak panah dan busur, sebab puteri malu k  dan rumput belaka seluruh negeri itu. 7:25 Dan engkau tidak berani pergi ke segala lereng l  gunung yang biasanya dicangkul, karena takut akan puteri malu dan rumput; m  di situ hanya lembu dan domba akan berkeliaran. n 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[7:1]  1  Full Life : DALAM ZAMAN AHAS ... RAJA YEHUDA.

Nas : Yes 7:1-25

Sekitar tahun 735/734 SM raja Israel dan raja Aram menyerang Yehuda. Raja Ahas diberi tahu oleh Yesaya agar percaya Allah untuk kelepasan. Namun Ahas menolak untuk menerima tawaran Allah akan sebuah tanda ajaib, ia malah meminta bantuan Asyur (lih. 2Raj 16:5-18; 2Taw 28:16-21). Sekalipun demikian Allah tetap memberi tanda kepada seluruh rumah Daud ini -- lahirnya Imanuel (ayat Yes 7:13-17). Walaupun serbuan Aram-Israel akan gagal, Allah kelak akan mengirim orang Asyur dan Babel untuk menghancurkan negeri itu.

[7:3]  2  Full Life : SYEAR YASYUB.

Nas : Yes 7:3

Nama putra sulung Yesaya berarti "kaum sisa akan kembali." Nama ini menyoroti maksud Allah untuk memelihara kaum sisa yang setia untuk melaksanakan rencana keselamatan-Nya (bd. Yes 11:11-12,16; 37:4,31).

[7:8]  3  Full Life : DALAM ENAM PULUH LIMA TAHUN.

Nas : Yes 7:8

Israel (juga disebut Efraim) dikalahkan pada tahun 722 oleh Asyur, yang membawa orang asing ke negeri itu untuk kawin-mengawini dengan sedikit orang Israel yang tertinggal; keturunan campuran itu kemudian disebut orang Samaria (lih. 2Raj 17:24-34; bd. Yoh 4:7-42).

[7:12]  4  Full Life : AKU TIDAK MAU MEMINTA.

Nas : Yes 7:12

Ahas menolak nasihat nabi Yesaya untuk percaya Allah buat kelepasan; dia malah lebih mengandalkan akalnya yang terbatas dengan meminta pertolongan Asyur (lih. 2Raj 16:5-18; 2Taw 28:16-21).

[7:14]  5  Full Life : SEORANG PEREMPUAN MUDA MENGANDUNG ... IMANUEL.

Nas : Yes 7:14

"Perempuan muda" (juga diterjemahkan "perawan"; bah. Ibr. _almah_) dapat berarti "perawan" atau "seorang wanita muda sebelum nikah".

  1. 1) Penerapan langsung tanda ini ialah pada seorang pengantin perempuan baru yang masih perawan hingga saat pernikahannya. Sebelum anaknya cukup besar untuk mengetahui perbedaan di antara baik dengan buruk, raja-raja Aram dan Israel akan binasa (ayat Yes 7:16).
  2. 2) Penggenapan akhir nubuat ini terjadi dalam kelahiran Yesus Kristus oleh perawan Maria (Mat 1:23). Maria adalah perawan dan tetap perawan hingga Yesus lahir (Mat 1:18,25). Maria hamil secara ajaib oleh Roh Kudus dan bukan oleh seorang laki-laki

    (lihat cat. --> Mat 1:16;

    lihat cat. --> Mat 1:23;

    lihat cat. --> Luk 1:35).

    [atau ref. Mat 1:16,23; Luk 1:35]

  3. 3) Putra sang perawan akan diberi nama "Imanuel", yaitu "Allah menyertai kita" (Mat 1:23); nama tersebut memperoleh arti yang lebih dalam ketika Anak Tunggal Allah sendiri datang ke dalam dunia (bd. Yoh 3:16).



TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA