TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Nahum 1:1-8

Konteks
Judul
1:1 Ucapan ilahi a  tentang Niniwe 1 . b  Kitab penglihatan c  Nahum, orang Elkosh.
Murka TUHAN
1:2 TUHAN itu Allah yang cemburu d  dan pembalas 2 , TUHAN itu pembalas e  dan penuh kehangatan amarah. TUHAN itu pembalas kepada para lawan-Nya dan pendendam kepada para musuh-Nya. f  1:3 TUHAN itu panjang sabar 3  g  dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman h  orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung i  dan badai, j  dan awan k  adalah debu kaki-Nya. 1:4 Ia menghardik l  laut dan mengeringkannya, m  dan segala sungai dijadikan-Nya kering. Basan dan Karmel n  menjadi merana dan kembang Libanon menjadi layu. 1:5 Gunung-gunung gemetar o  terhadap Dia, dan bukit-bukit mencair. p  Bumi menjadi sunyi sepi q  di hadapan-Nya, dunia serta seluruh penduduknya. r  1:6 Siapakah yang tahan s  berdiri menghadapi geram-Nya? Dan siapakah yang tahan t  tegak terhadap murka-Nya u  yang bernyala-nyala? Kehangatan amarah-Nya tercurah seperti api, v  dan gunung-gunung batu menjadi roboh w  di hadapan-Nya. 1:7 TUHAN itu baik; x  Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; y  Ia mengenal z  orang-orang yang berlindung kepada-Nya a  1:8 dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. b  Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : NINIWE.

Nas : Nah 1:1

Bernubuat di antara 663-612 SM, Nahum memberitahukan kejatuhan ibu kota Asyur, Niniwe

(lih. Pendahuluan Nahum).

Niniwe pernah bertobat akibat khotbah Yunus sekitar 100 tahun sebelumnya, tetapi bangsa itu kembali menyembah berhala, bertindak kejam dan menindas. Orang Asyur telah mengalahkan kerajaan utara Israel dan kini mereka menjarah wilayah-wilayah tertentu di Yehuda. Nahum menghibur umat Allah dengan mengatakan bahwa kelak Allah akan membinasakan bangsa Asyur; jatuhnya Niniwe terjadi pada tahun 612 SM ketika ditaklukkan oleh persekutuan tentara Babel, Media, dan Skit.

[1:2]  2 Full Life : ALLAH YANG CEMBURU DAN PEMBALAS.

Nas : Nah 1:2

"Cemburu" di sini dipakai dalam arti semangat Tuhan untuk melindungi umat-Nya (bd. Ul 4:24; 5:9). Dia akan membalas mereka yang menentang firman dan kerajaan-Nya dengan mengganjar mereka secara adil karena permusuhan dan dosa-dosa mereka (lih. Ul 32:35,41).

[1:3]  3 Full Life : TUHAN ITU PANJANG SABAR.

Nas : Nah 1:3

Allah ingin memberikan kesempatan pada orang berdosa untuk bertobat (2Pet 3:9), tetapi kemurahan dan kesabaran-Nya itu ada batasnya; orang yang terus saja berbuat kejahatan akhirnya akan mengalami murka-Nya (bd. Rom 11:22).



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA