Zakharia 4:3
Konteks4:3 Dan pohon zaitun 1 w ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
Zakharia 3:1
KonteksZakharia 14:4
Konteks14:4 Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun 3 f yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah g dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.
Zakharia 6:13
Konteks6:13 Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam 4 p dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.
Zakharia 14:10
Konteks14:10 Seluruh negeri ini akan berubah menjadi seperti Araba-Yordan 5 , dari Geba v sampai ke Rimon w di sebelah selatan Yerusalem. Tetapi kota itu akan menjulang tinggi x dan tetap tinggal di tempatnya, y dari pintu gerbang Benyamin z sampai ke tempat pintu gerbang yang dahulu, yakni sampai ke pintu gerbang Sudut, a dan dari menara Hananeel b sampai ke tempat pemerasan anggur raja.
Zakharia 8:7
Konteks8:7 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, Aku menyelamatkan umat-Ku 6 dari tempat terbitnya matahari sampai kepada tempat terbenamnya, m
Zakharia 4:11
Konteks4:11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun m yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
Zakharia 6:8
Konteks6:8 Kemudian berteriaklah ia kepadaku: "Lihat, mereka yang keluar ke Tanah Utara itu akan menenteramkan h roh-Ku 7 di Tanah Utara. i "
Zakharia 6:6
Konteks6:6 Yang ditarik oleh kuda hitam itu keluar ke Tanah Utara; yang putih itu keluar ke arah barat; yang berbelang-belang itu keluar ke Tanah Selatan;
Zakharia 5:3
Konteks5:3 Lalu ia berkata kepadaku: "Inilah sumpah serapah q yang keluar menimpa seluruh negeri; sebab menurut sumpah serapah itu setiap pencuri r di sini masih bebas dari hukuman, dan setiap orang yang bersumpah palsu s di sini juga masih bebas dari hukuman.
Zakharia 7:7
Konteks7:7 Bukankah ini firman yang telah disampaikan TUHAN dengan perantaraan para nabi e yang dahulu, ketika Yerusalem dengan kota-kota yang di sekelilingnya masih didiami orang dan masih sentosa f dan Tanah Negeb dan Daerah Bukit g masih didiami? h "
Zakharia 2:6
KonteksZakharia 9:14
Konteks9:14 TUHAN akan menampakkan diri kepada mereka, g dan anak panah-Nya akan melayang keluar seperti kilat. h Dan Tuhan ALLAH akan meniup sangkakala i dan akan berjalan maju dalam angin badai j dari selatan.
Zakharia 14:13
Konteks14:13 Maka pada waktu itu akan terjadi kegemparan g besar dari pada TUHAN di antara mereka, sehingga masing-masing memegang tangan temannya dan mengangkat tangannya melawan tangan temannya. h
![Seret untuk mengatur ukuran](images/t_arrow.gif)
![Seret untuk mengatur ukuran](images/d_arrow.gif)
[4:3] 1 Full Life : (DUA) POHON ZAITUN.
Nas : Za 4:3
Kedua pohon zaitun melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat Zerubabel dan Yosua
(lihat cat. --> Hag 1:1).
[atau ref. Hag 1:1]
- 1) Pohon melambangkan sumber minyak yang tidak pernah habis; kedua pemimpin itu harus menuntun umat itu kepada hidup yang dimungkinkan oleh kuasa Roh Kudus (ayat Za 4:12).
- 2) Demikian, kedua pohon itu melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat Yesus Kristus sendiri. Dialah yang membaptis dalam Roh Kudus, dan semua pemenuhan selanjutnya bersumber pada Kristus.
[3:1] 2 Full Life : IBLIS BERDIRI DI SEBELAH KANANNYA UNTUK MENDAKWA DIA.
Nas : Za 3:1
Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si penuduh"
(lihat cat. --> Mat 4:10),
[atau ref. Mat 4:10]
berdiri untuk menentangnya, yang menunjukkan bahwa semua halangan dan perlawanan terhadap pembangunan kembali Bait Suci sesungguhnya berasal dari Iblis. Dia masih merupakan musuh kita, "pendakwa saudara-saudara kita" (Wahy 12:10) yang berusaha mengalahkan kita.
[14:4] 3 Full Life : KAKI-NYA AKAN BERJEJAK DI BUKIT ZAITUN.
Nas : Za 14:4
Nubuat ini akan digenapi oleh Yesus Kristus pada kedatangan-Nya yang terakhir ketika Dia kembali ke tempat yang ditinggalkan-Nya (Luk 24:50-51; Kis 1:9-12). Topografi wilayah itu akan berubah secara dramatis ketika bukit itu akan terbelah dua, setengahnya bergeser ke utara, setengahnya lagi ke selatan, sehingga terjadi sebuah lembah di antaranya.
[6:13] 4 Full Life : DI SEBELAH KANANNYA AKAN ADA SEORANG IMAM.
Nas : Za 6:13
Tuhan memerintahkan Zakharia membuat mahkota dari perak dan emas dan mengenakannya pada kepala Yosua, sang imam besar.
- 1) Pemahkotaan Yosua melambangkan pemahkotaan dan pemerintahan Yesus,
yang adalah "Tunas", yaitu Mesias (Yes 11:1; Yer 33:15; bd.
Yes 53:2;
lihat cat. --> Za 3:8).
[atau ref. Za 3:8]
Yesus akan menjadi imam besar dan raja; Dia akan melaksanakan tugas keimaman-Nya dahulu dan baru kemudian memerintah (bd. Yes 53:10; Luk 24:26). - 2) Pada saat ini Yesus adalah sejahtera kita (Ef 2:14-15), di dalam Dia kita menemukan Kerajaan Allah, yang berada dalam kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus (Rom 14:17). Puncak penggenapan pemerintahan Kristus dimulai dalam kerajaan seribu tahun ketika Dia akan memerintah bumi dengan damai (bd. Yes 9:5).
[14:10] 5 Full Life : MENJADI SEPERTI ARABA-YORDAN.
Nas : Za 14:10
Akibat kedatangan Tuhan, negeri sekitar Yerusalem akan diratakan, sekalipun Yerusalem sendiri akan menjadi dataran tinggi, yang sedikit tinggi di atas wilayah sekitarnya sehingga menonjol.
[8:7] 6 Full Life : AKU MENYELAMATKAN UMAT-KU.
Nas : Za 8:7-8
Kembalinya umat Israel setelah pembuangan Babel hanya terjadi dari timur; jadi, bagian ini mengacu kepada suatu pemulihan di masa depan dari timur dan barat, yaitu dari seluruh bumi (bd. Yes 43:5-6), Allah akan sungguh-sungguh menjadi Allah umat-Nya, dan mereka akan menerima kebenaran-Nya melalui Kristus.
[6:8] 7 Full Life : AKAN MENENTERAMKAN ROH-KU.
Nas : Za 6:8
Dengan membawa hukuman Allah, malaikat-malaikat ini telah memuaskan keadilan-Nya dan menghentikan murka-Nya. Allah akan memastikan bahwa rencana-Nya terlaksana pada saat yang telah ditentukan-Nya.
[2:6] 8 Full Life : LARILAH DARI TANAH UTARA.
Nas : Za 2:6
Pengarahan Zakharia di sini dapat ditafsirkan pada berapa tingkat yang berbeda.
- 1) Pembangunan kembali Bait Suci menjadi tanda bagi lebih banyak orang Yahudi buangan untuk kembali dari Babel (ayat Za 2:7).
- 2) Para nabi PL juga melihat adanya rombongan Yahudi yang kelak kembali pada akhir zaman yang akan memuncak dalam kerajaan seribu tahun (ayat Za 2:7-9).
- 3) Kita dapat menerapkan kata-kata ini pada zaman kita sendiri sebagai imbauan untuk meninggalkan penyembahan berhala, kebejatan, kefasikan, perbuatan ilmu gaib, dan cara-cara berdosa dari sistem dunia dewasa ini.