Yeremia 7:31
Konteks7:31 Mereka telah mendirikan bukit pengorbanan yang bernama Tofet s di Lembah Ben-Hinom 1 t untuk membakar anak-anaknya lelaki dan perempuan, u suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku. v
Yeremia 12:1
KonteksYeremia 19:5
Konteks19:5 Mereka telah mendirikan bukit-bukit pengorbanan bagi Baal untuk membakar anak-anak z mereka sebagai korban bakaran kepada Baal, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan atau Kukatakan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku. a
Yeremia 20:10
Konteks20:10 Aku telah mendengar bisikan banyak orang: "Kegentaran v datang dari segala jurusan! Adukanlah w dia! Kita mau mengadukan dia!" Semua orang sahabat karibku x mengintai apakah aku tersandung jatuh: y "Barangkali ia membiarkan dirinya dibujuk, sehingga kita dapat mengalahkan z dia dan dapat melakukan pembalasan a kita terhadap dia!"
Yeremia 29:26
Konteks29:26 TUHAN telah mengangkat engkau, Zefanya, menjadi imam menggantikan imam Yoyada, supaya engkau menjadi pengawas di rumah TUHAN untuk memasungkan w setiap orang gila x yang menganggap dirinya nabi dan untuk merantai lehernya dengan besi.
Yeremia 30:16
Konteks30:16 Tetapi semua orang yang menelan p engkau akan tertelan, dan semua lawanmu akan masuk ke dalam tawanan; q orang-orang yang merampok r engkau akan menjadi rampokan, dan semua orang yang menjarah engkau akan Kubuat menjadi jarahan.
Yeremia 31:40
Konteks31:40 Dan segenap lembah c itu, dengan mayat-mayat d dan abu korbannya, dan segenap tanah di tepi sungai Kidron e sampai ke sudut Pintu Gerbang Kuda f ke arah timur, akan menjadi kudus g bagi TUHAN. Orang tidak akan meruntuhkan dan merobohkan lagi di sana untuk selama-lamanya."
Yeremia 32:35
Konteks32:35 Mereka mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk Baal di Lembah Ben-Hinom, e untuk mempersembahkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka kepada Molokh f sebagai korban dalam api, sekalipun Aku tidak pernah memerintahkannya kepada mereka dan sekalipun hal itu tidak pernah timbul dalam hati-Ku, g yakni hal melakukan kejijikan h ini, sehingga Yehuda tergelincir ke dalam dosa. i
Yeremia 35:4
Konteks35:4 Aku membawa mereka ke rumah TUHAN, ke dalam kamar anak-anak Hanan bin Yigdalya, abdi Allah; j itulah kamar yang di sebelah kamar para pembesar, di atas kamar Maaseya bin Salum, k penjaga pintu. l
Yeremia 36:6
Konteks36:6 Jadi pada hari puasa y engkaulah yang pergi membacakan perkataan-perkataan TUHAN kepada orang banyak di rumah TUHAN dari gulungan yang kautuliskan langsung dari mulutku z itu; kepada segenap orang Yehuda a yang datang dari kota-kotanya haruslah kaubacakannya juga.
Yeremia 36:12
Konteks36:12 turunlah ia ke istana raja, ke kamar panitera. k Di sana tampak duduk semua pemuka, yakni panitera Elisama, Delaya bin Semaya, Elnatan l bin Akhbor, Gemarya bin Safan, Zedekia bin Hananya dan semua pemuka m lain.
Yeremia 38:22
Konteks38:22 Sungguh, semua perempuan o yang masih tinggal di istana raja Yehuda digiring ke luar ke hadapan para perwira raja Babel sambil berseru: Engkau diperdayakan, dikalahkan oleh sahabat-sahabatmu. p Tetapi baru saja kakimu terperosok ke dalam lumpur, q mereka sudah berpaling pulang.
Yeremia 40:12
Konteks40:12 maka kembalilah semua orang Yehuda dari segala tempat ke mana mereka telah berserak-serak, r dan masuk ke tanah Yehuda kepada Gedalya di Mizpa; mereka mengumpulkan hasil anggur dan buah-buahan amat sangat banyaknya.
Yeremia 44:8
Konteks44:8 Mengapa kamu mau menimbulkan sakit hati-Ku dengan perbuatan tanganmu, w yakni membakar korban x kepada allah lain 3 di tanah Mesir y yang kamu masuki untuk tinggal z sebagai orang asing di sana? Mengapa kamu mau menjadi kutuk dan aib a di antara segala bangsa di bumi?
Yeremia 44:15
Konteks44:15 Lalu menjawablah kepada Yeremia semua orang laki-laki yang tahu bahwa isteri v mereka membakar korban w kepada allah lain, dan semua perempuan x yang hadir di sana, suatu kumpulan yang besar, yakni segala rakyat yang diam di tanah Mesir dan di Patros, y katanya:
Yeremia 48:11
Konteks48:11 Moab hidup aman x dari sejak masa mudanya, dia hidup tenang seperti anggur di atas endapannya, y tidak dituangkan dari tempayan yang satu ke tempayan yang lain, tidak pernah masuk ke dalam pembuangan; sebab itu rasanya tetap padanya, dan baunya tidak berubah.
[7:31] 1 Full Life : LEMBAH BEN-HINOM.
Nas : Yer 7:31
Lembah ini di batas pinggir sebelah selatan Yerusalem ini dipakai sebagai tempat pembuangan sampah dan sebagai tempat menyembah berhala serta mempersembahkan anak-anak dalam api (suatu kebiasaan yang dilarang keras dalam hukum Musa; lih. Im 18:21; 20:2-5). Beberapa dosa paling keji dalam sejarah Yahudi dilaksanakan di lembah ini. Dari nama "Lembah Hinom" (Ibr. _ge'hinnom_) datang kata Yunani _geenna_ yang diterjemahkan "neraka" dalam PB, yaitu tempat hukuman Allah yang kekal (Mat 18:9; Mr 9:47-48;
lihat cat. --> Mat 10:28).
[atau ref. Mat 10:28]
[12:1] 2 Full Life : MENGAPAKAH MUJUR HIDUP ORANG-ORANG FASIK?
Nas : Yer 12:1-4
Yeremia membandingkan penderitaannya sendiri dengan kemakmuran orang fasik. Ia bingung oleh penundaan hukuman Allah atas mereka. Berusaha memahami keberhasilan materi orang fasik menjadi persoalan yang muncul berkali-kali dalam diri orang kudus PL, karena mereka pada dasarnya berpikir tentang pahala dan hukuman di dunia (lih. Ayub 21:7-15; Mazm 10:1-18; 37:1-40; 73:1-28; 94:1-23; Hab 1:5-13; Mal 3:15).
[44:8] 3 Full Life : MEMBAKAR KORBAN KEPADA ALLAH LAIN.
Nas : Yer 44:8
Para buangan di Mesir mengesampingkan perjanjian dengan Allah mereka dan berbalik kepada dewa-dewa Mesir dengan harapan memperoleh kemakmuran dan perlindungan yang mereka inginkan. Yeremia memohon agar mereka kembali kepada Tuhan dan memperbaharui perjanjian itu (ayat Yer 44:7-10). Dasar dari teologi dan perilaku Yeremia ialah kebenaran bahwa seseorang hanya dapat melayani Allah dengan kesetiaan penuh dan dengan berusaha menaati sabda-Nya yang dinyatakan.