TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yeremia 21:1-7

Konteks
Pembuangan raja Zedekia diberitahukan
21:1 Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia, ketika raja Zedekia 1  s  mengutus Pasyhur t  bin Malkia dan imam Zefanya u  bin Maaseya kepadanya dengan pesan: 21:2 "Tanyakanlah v  kiranya petunjuk TUHAN untuk kami, sebab Nebukadnezar, w  raja Babel, x  memerangi kami! Barangkali TUHAN mau melakukan kepada kami tepat seperti perbuatan-perbuatan-Nya y  yang ajaib, sehingga Nebukadnezar mundur meninggalkan kami." 21:3 Kata Yeremia kepada mereka: "Beginilah kamu katakan kepada Zedekia: 21:4 Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku akan membalikkan z  senjata perang yang kamu pegang, yang kamu pakai berperang melawan raja Babel dan melawan orang-orang Kasdim yang mengepung a  kamu dari luar tembok; Aku akan mengumpulkannya ke dalam kota ini. 21:5 Aku sendiri akan berperang b  melawan kamu 2  dengan tangan c  yang teracung, dengan lengan d  yang kuat, dengan murka, dengan kehangatan amarah dan dengan kegusaran yang besar. 21:6 Aku akan memukul e  penduduk kota ini, baik manusia maupun binatang; mereka akan mati oleh penyakit sampar f  yang hebat. 21:7 Sesudah itu, demikianlah firman TUHAN, maka Zedekia, g  raja Yehuda, dan pegawai-pegawainya dan rakyat di kota ini, yang masih tinggal hidup dari penyakit sampar, h  dari pedang dan dari kelaparan, akan Kuserahkan ke dalam tangan Nebukadnezar 3 , raja Babel, i  yaitu ke dalam tangan musuh j  mereka yang berusaha mencabut nyawa k  mereka; orang akan memukul mati mereka dengan mata pedang l  tanpa merasa sayang, tanpa belas kasihan m  dan tanpa ampun.

Yeremia 37:1-10

Konteks
Raja Zedekia meminta petunjuk kepada Yeremia
37:1 Zedekia 4  t  bin Yosia menjadi raja u  menggantikan Konya v  bin Yoyakim; Nebukadnezar, raja Babel, telah mengangkat dia menjadi raja atas negeri Yehuda. 37:2 Tetapi baik ia, baik pegawai-pegawainya maupun rakyat negeri itu, tidak mendengarkan w  firman yang disampaikan TUHAN dengan perantaraan nabi Yeremia. 37:3 Pada suatu kali raja Zedekia menyuruh x  Yukhal y  bin Selemya dan imam Zefanya z  bin Maaseya kepada Yeremia untuk meminta: "Berdoalah a  hendaknya untuk kami 5  kepada TUHAN, Allah kita!" 37:4 Adapun pada waktu itu Yeremia masih bebas pergi datang di tengah-tengah rakyat; ia belum dimasukkan orang ke dalam penjara. b  37:5 Adapun tentara Firaun telah berangkat keluar dari Mesir; c  mendengar kabar itu maka orang-orang Kasdim yang mengepung Yerusalem angkat kaki d  dari Yerusalem. e  37:6 Lalu datanglah firman TUHAN kepada nabi Yeremia, bunyinya: 37:7 "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel. Kepada raja Yehuda, yang menyuruh kamu kepada-Ku untuk meminta petunjuk, f  harus kamu katakan begini: Lihat, tentara Firaun yang telah berangkat g  keluar untuk membantu kamu akan kembali ke negerinya, ke Mesir. h  37:8 Tetapi orang-orang Kasdim akan datang kembali memerangi kota ini, merebutnya i  dan menghanguskannya j  dengan api. 37:9 Beginilah firman TUHAN 6 : Janganlah kamu membohongi k  dirimu sendiri dengan mengatakan: Orang-orang Kasdim itu telah pergi untuk selamanya dari pada kita! Padahal mereka tidak pergi untuk selamanya! 37:10 Dan seandainya kamu memukul kalah segenap tentara orang Kasdim yang telah memerangi kamu itu, sehingga di antara mereka hanya tinggal orang-orang yang luka parah, masing-masing di kemahnya mereka akan bangun dan menghanguskan l  kota ini dengan api."

Yeremia 37:17-20

Konteks
Zedekia memindahkan tempat Yeremia dikurung
37:17 Pada suatu kali raja Zedekia menyuruh orang mengambil u  dia. Lalu dengan diam-diam v  bertanyalah w  raja di istananya kepadanya: "Adakah datang firman dari TUHAN 7 ?" Jawab Yeremia: "Ada!" Lagi katanya: "Bunyinya: Engkau akan diserahkan x  ke dalam tangan raja Babel!" 37:18 Kemudian berkatalah Yeremia kepada raja Zedekia: "Apakah dosa y  yang kuperbuat kepadamu, kepada pegawai-pegawaimu dan kepada bangsa ini, sehingga kamu memasukkan aku ke dalam penjara? 37:19 Di manakah gerangan para nabimu z  yang telah bernubuat kepadamu, bahwa raja Babel tidak akan datang menyerang kamu dan negeri ini? 37:20 Sekarang, dengarkanlah, hai tuanku raja! Biarlah permohonanku sampai di hadapanmu: janganlah kembalikan aku ke rumah panitera Yonatan, nanti aku mati di sana. a "

Yeremia 38:14-18

Konteks
Pembicaraan terakhir dengan raja Zedekia
38:14 Raja Zedekia menyuruh z  orang membawa nabi Yeremia kepadanya di pintu yang ketiga pada rumah TUHAN. Berkatalah raja kepada Yeremia: "Aku mau menanyakan sesuatu kepadamu; janganlah sembunyikan a  apa-apa kepadaku!" 38:15 Jawab Yeremia kepada Zedekia: "Apabila aku memberitahukannya kepadamu, tentulah engkau akan membunuh aku, bukan? Dan apabila aku memberi nasihat kepadamu, engkau tidak juga akan mendengarkan aku!" 38:16 Lalu bersumpahlah raja Zedekia dengan diam-diam b  kepada Yeremia, katanya: "Demi TUHAN yang hidup yang telah memberi nyawa c  ini kepada kita, aku tidak akan membunuh engkau dan tidak akan menyerahkan engkau ke dalam tangan orang-orang yang berusaha mencabut nyawamu d  itu!" 38:17 Sesudah itu berkatalah Yeremia kepada Zedekia: "Beginilah firman TUHAN, Allah semesta alam, Allah Israel: Jika engkau keluar menyerahkan diri e  kepada para perwira raja Babel, maka nyawamu akan terpelihara, dan kota ini tidak akan dihanguskan dengan api; engkau dengan keluargamu akan hidup. f  38:18 Tetapi jika engkau tidak menyerahkan diri kepada para perwira raja Babel, maka kota ini akan diserahkan g  ke dalam tangan orang-orang Kasdim yang akan menghanguskannya h  dengan api; dan engkau sendiri tidak akan luput i  dari tangan mereka."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[21:1]  1 Full Life : ZEDEKIA.

Nas : Yer 21:1

Zedekia, raja Yehuda yang terakhir, masih memerintah ketika Yerusalem runtuh. Pemberontakan terhadap Babel mengakibatkan Yehuda diserbu dan Yerusalem dihancurkan; tetapi, penyebab rohani yang mendasari kejatuhan negeri itu ialah ketetapan Allah terhadap umat-Nya karena dosa Manasye dan kemurtadan Yehuda itu (Yer 15:4).

[21:5]  2 Full Life : AKU SENDIRI AKAN BERPERANG MELAWAN KAMU.

Nas : Yer 21:5

Zedekia mengutus dua imam kepada Yeremia untuk bertanya apakah Allah akan membuat Nebukadnezar mundur (ayat Yer 21:1-3). Melalui nabi itu Allah menyatakan, "Tidak," dengan tegas. Sesungguhnya, Allah sendiri akan bertempur melawan Yehuda dan menyerahkan umat-Nya itu ke tangan musuh. Semua perlawanan mereka akan terbukti sia-sia.

[21:7]  3 Full Life : ZEDEKIA ... KE DALAM TANGAN NEBUKADNEZAR.

Nas : Yer 21:7

Nubuat Yeremia benar-benar digenapi pada tahun 586 SM (bd. Yer 52:9-11,24-27). Semua putra Zedekia dibunuh di depan matanya oleh raja Babel; kemudian mata Zedekia sendiri dibutakan, dan dalam keadaan hina mengenaskan ia dibawa dengan terbelenggu ke Babel, di mana ia mati dalam pembuangan (Yer 39:5-7).

[37:1]  4 Full Life : ZEDEKIA.

Nas : Yer 37:1

Nebukadnezar menempatkan Zedekia atas takhta di Yerusalem selaku bawahan Babel; sebelumnya raja Yoyakhin hanya memerintah selama tiga bulan sebelum dibawa ke Babel

(lihat cat. --> Yer 36:30).

[atau ref. Yer 36:30]

[37:3]  5 Full Life : BERDOALAH ... UNTUK KAMI.

Nas : Yer 37:3

Sekalipun Zedekia menolak untuk memperhatikan firman Tuhan (ayat Yer 37:2), ia masih ingin Yeremia mendoakan Yehuda, mengharapkan berkat Tuhan dengan cara bagaimanapun. Zedekia seperti banyak orang sekarang ini yang ingin ditolong Allah, namun pada saat yang sama berusaha untuk menikmati kesenangan dosa dunia ini. Orang semacam itu adalah penganut agama yang dangkal yang tidak memiliki hubungan sungguh dengan Allah namun percaya bahwa ketika kesulitan datang, mereka dapat berseru kepada-Nya dan menerima pertolongan-Nya; seperti Zedekia, mereka pun akan kecewa (ayat Yer 37:6-9).

[37:9]  6 Full Life : BEGINILAH FIRMAN TUHAN.

Nas : Yer 37:9

Yeremia berdiri di hadapan raja dan dengan tegas menyatakan firman Allah. Ia tidak ragu-ragu untuk memberitakan berita yang tidak populer bahwa kota itu akan dibinasakan (ayat Yer 37:8,10). Pukulan, hukuman penjara, dan ancaman kematian tidak membuatnya goyah dari kesetiaannya kepada Tuhan dan apa yang Allah ingin dia ucapkan (ayat Yer 37:11-17).

[37:17]  7 Full Life : ADAKAH DATANG FIRMAN DARI TUHAN?

Nas : Yer 37:17

Karena mengetahui bahwa Yeremia seorang nabi Tuhan yang sejati, Zedekia mengharapkan berita yang lebih menggembirakan dari Allah. Tetapi perkataan Yeremia tetap sama -- Yerusalem akan jatuh dan Zedekia akan diserahkan kepada raja Babel. Nabi itu tidak akan mengurangi kebenaran bahkan di dalam situasi separah itu.



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA