Roma 11:26-31
Konteks11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel 1 akan diselamatkan, q seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. 11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa r mereka." 11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru s Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. t 11:29 Sebab Allah tidak menyesali u kasih karunia dan panggilan-Nya 2 . v 11:30 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat w kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, 11:31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.
[11:26] 1 Full Life : SELURUH ISRAEL.
Nas : Rom 11:26
Ungkapan "seluruh Israel" harus diartikan orang percaya berbangsa Israel secara keseluruhan.
- 1) Jumlah orang Yahudi yang percaya kepada Kristus akan meningkat pesat
dalam hari-hari kesengsaraan besar yang suram (Ul 4:30-31;
Hos 5:14-6:3; Wahy 7:1-8). Masa kesengsaraan besar akan berakhir pada
saat Kristus membebaskan orang Israel yang percaya dan membinasakan sisa
orang Israel yang tidak percaya
(lihat cat. --> Yes 10:20;
lihat cat. --> Za 13:8-9).
[atau ref. Yes 10:20; Za 13:8-9]
Semua pemberontak (yaitu, orang Yahudi yang tidak percaya) akan dipisahkan(lihat cat. --> Yeh 20:34-44).
[atau ref. Yeh 20:34-44]
- 2) Sisa Israel yang percaya (yaitu, mereka yang masih ada pada akhir
zaman) dan orang Israel yang setia pada angkatan-angkatan yang lampau
menjadi "seluruh Israel"
(lihat cat. --> Yeh 37:12-14).
[atau ref. Yeh 37:12-14]
[11:29] 2 Full Life : KASIH KARUNIA DAN PANGGILAN-NYA.
Nas : Rom 11:29
Kata-kata ini menunjuk kepada hak istimewa Israel yang disebutkan dalam Rom 9:4-5 dan Rom 11:26. Konteks jelas menunjukkan kepada Israel dan maksud-maksud Allah bagi mereka, dan bukan kepada karunia-karunia Roh Kudus dan panggilan pelayanan yang dihubungkan dengan pekerjaan Roh Kudus di dalam gereja (bd. Rom 12:6-8; 1Kor 12:1-31). Panggilan, penetapan, dan pemeliharaan seorang dalam jabatan gembala atau penilik jemaat harus menurut kualifikasi sifat pribadi dan sejarah rohani orang itu
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).