Mazmur 112:5
Konteks112:5 Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman, d yang melakukan urusannya dengan sewajarnya.
Daniel 6:4-5
Konteks6:4 (6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan w terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. 6:5 (6-6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali 1 dalam hal ibadahnya kepada Allahnya! x "
Kolose 4:5
Konteks4:5 Hiduplah dengan penuh hikmat t terhadap orang-orang luar, u pergunakanlah waktu yang ada. v
Yakobus 1:5
Konteks1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat 2 , hendaklah ia memintakannya kepada Allah, j --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya. k
Yakobus 3:17
Konteks3:17 Tetapi hikmat yang dari atas a adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, b peramah, penurut, penuh belas kasihan c dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. d
[6:5] 1 Full Life : TERHADAP DANIEL INI, KECUALI.
Nas : Dan 6:6
Musuh-musuh Daniel tidak ada harapan untuk mendakwanya telah berbuat kesalahan; satu-satunya cara untuk menghukum dia adalah menuntut sesuatu darinya yang mempunyai dukungan pemerintah tetapi bertentangan dengan kesetiaan Daniel kepada Allah dan firman-Nya. Strategi yang sama akan dipakai Iblis terhadap umat Allah yang setia sementara masa pemerintahan antikristus pada akhir zaman. Supaya menemukan alasan untuk menuduh umat Allah, antikristus akan menciptakan situasi di mana hukum Allah akan bertentangan dengan tuntutan resmi pemerintah; jadi, antikristus akan mendirikan patung dan memerintahkan agar patung itu disembah sebagai ilah (bd. Dan 3:1-6; lih. 2Tes 2:1-12;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
[1:5] 2 Full Life : APABILA DI ANTARA KAMU ADA YANG KEKURANGAN HIKMAT.
Nas : Yak 1:5
Hikmat artinya kemampuan rohani untuk melihat dan menilai kehidupan dan kelakuan dari sudut pandangan Allah (Ams 1:2). Hal ini meliputi pengadaan pilihan yang tepat serta melakukan hal-hal yang benar menurut kehendak Allah yang dinyatakan dalam Firman-Nya dan pimpinan Roh (Rom 8:4-17). Kita dapat menerima hikmat ini dengan menghampiri Allah dan memohonnya dengan iman (ayat Yak 1:6-8; Ams 2:6; 1Kor 1:30).