Kisah Para Rasul 6:7
Konteks6:7 Firman Allah makin tersebar, s dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; t juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.
Kisah Para Rasul 6:12
Konteks6:12 Dengan jalan demikian mereka mengadakan suatu gerakan di antara orang banyak serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat; mereka menyergap Stefanus, menyeretnya dan membawanya ke hadapan Mahkamah Agama. b
Kisah Para Rasul 10:2
Konteks10:2 Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah m dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.
Kisah Para Rasul 11:20
Konteks11:20 Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus o dan orang Kirene p yang tiba di Antiokhia q dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, r bahwa Yesus adalah Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:16
Konteks13:16 Maka bangkitlah Paulus. Ia memberi isyarat dengan tangannya, c lalu berkata: "Hai orang-orang Israel dan kamu yang takut akan Allah, dengarkanlah!
Kisah Para Rasul 13:26
Konteks13:26 Hai saudara-saudaraku, a baik yang termasuk keturunan Abraham, b maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu c sudah disampaikan kepada kita.
Kisah Para Rasul 13:48
Konteks13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; h dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal 1 , menjadi percaya.
Kisah Para Rasul 14:27
Konteks14:27 Setibanya di situ mereka memanggil jemaat berkumpul, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka, i dan bahwa Ia telah membuka pintu j bagi bangsa-bangsa lain kepada iman.
Kisah Para Rasul 15:1
KonteksSidang di Yerusalem
15:1 Beberapa orang l datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara m di situ: "Jikalau kamu tidak disunat n menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, o kamu tidak dapat diselamatkan."
Kisah Para Rasul 15:8
Konteks15:8 Dan Allah, yang mengenal hati manusia 2 , y telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka z sama seperti kepada kita,
Kisah Para Rasul 15:10
Konteks15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah c dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, d yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?
Kisah Para Rasul 15:17
Konteks15:17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, j
Kisah Para Rasul 18:7
Konteks18:7 Maka keluarlah ia dari situ, lalu datang ke rumah seorang bernama Titius Yustus, yang beribadah kepada Allah, t dan yang rumahnya berdampingan dengan rumah ibadat.
Kisah Para Rasul 23:14
Konteks23:14 Mereka pergi kepada imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi dan berkata: "Kami telah bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa kami tidak akan makan atau minum, sebelum kami membunuh Paulus. r
Kisah Para Rasul 24:1
KonteksPaulus di hadapan Feliks
24:1 Lima hari kemudian datanglah Imam Besar Ananias v bersama-sama dengan beberapa orang tua-tua dan seorang pengacara bernama Tertulus. Mereka menghadap wali negeri w dan menyampaikan dakwaan x mereka terhadap Paulus.
[13:48] 1 Full Life : DITENTUKAN ALLAH UNTUK HIDUP YANG KEKAL.
Nas : Kis 13:48
Beberapa orang menafsirkan ayat ini sebagai berarti predestinasi tertentu. Akan tetapi, konteks maupun kata yang diterjemahkan "ditentukan" (Yun. _tetagmenoi_, dari _tasso_) tidak membenarkan tafsiran ini.
- 1) Ayat Kis 13:46 dengan jelas menekankan tanggung jawab manusia
dalam menerima atau menolak hidup kekal. Karena itu, terjemahan terbaik
dari _tetagmenoi_ adalah "berkecenderungan"; "dan semua orang yang
berkecenderungan untuk hidup yang kekal menjadi percaya". Terjemahan ini
sangat selaras dengan 1Tim 2:4; Tit 2:11; 2Pet 3:9
(lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI).
- 2) Apa lagi, menurut Paulus, tidak seorang pun yang tanpa syarat ditetapkan untuk hidup kekal (lih. Rom 11:20-22).
[15:8] 2 Full Life : ALLAH, YANG MENGENAL HATI MANUSIA.
Nas : Kis 15:8
Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan dalam diri mereka. Allah mengesahkan kesungguhan iman mereka
- (1) dengan menyucikan hati mereka melalui karya pembaharuan Roh Kudus (ayat Kis 15:9) dan
- (2) dengan membaptis mereka dalam Roh segera setelah itu, yang dibuktikan dengan tanda yang menyertainya, yaitu berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:44-46; 11:15-18).