Imamat 3:1
KonteksImamat 4:28
Konteks4:28 maka jikalau dosa yang telah diperbuatnya itu diberitahukan kepadanya, haruslah ia membawa sebagai persembahannya k karena dosa yang telah diperbuatnya itu seekor kambing betina l yang tidak bercela.
Imamat 8:2
Konteks8:2 "Panggillah Harun dan anak-anaknya 2 x bersama-sama dengan dia, dan ambillah pakaian-pakaian, y minyak urapan, z dan lembu jantan korban penghapus dosa, a dua domba jantan b dan bakul berisi roti yang tidak beragi, c
Imamat 22:25
Konteks22:25 Juga dari tangan orang asing janganlah kamu persembahkan sesuatu dari semuanya itu sebagai santapan Allahmu, l karena semuanya itu telah rusak dan bercacat m badannya; TUHAN tidak akan berkenan akan kamu karena persembahan-persembahan itu."
Imamat 26:37
Konteks26:37 Dan mereka akan jatuh tersandung seorang kepada seorang v seolah-olah hendak menjauhi pedang, sungguhpun yang mengejar tidak ada, dan kamu tidak akan dapat bertahan di hadapan musuh-musuhmu. w
[3:1] 1 Full Life : KORBAN KESELAMATAN.
Nas : Im 3:1
Korban keselamatan (versi Inggris NIV -- korban persekutuan) dipersembahkan kepada Allah supaya dapat bersekutu dengan Dia, mengungkapkan rasa syukur (Im 7:12-16; 22:29) atau bernazar (Im 7:16).
- 1) Bagi yang memberikan persembahan, upacara ini meliputi penyerahan kepada perjanjian dan merayakan damai dan perukunan kembali di antara Allah dan si penyembah.
- 2) Korban ini menunjuk ke depan kepada damai dan persekutuan yang dimiliki orang percaya dengan Allah dan sesama orang percaya berlandaskan kematian Kristus di salib (bd. Kol 1:20; 1Yoh 1:3), dan kemudian kepada persekutuan terakhir ketika kita semua duduk bersama dengan Allah di dalam kerajaan-Nya (Mazm 22:27; Luk 14:15; Wahy 19:6-10).
[8:2] 2 Full Life : HARUN DAN ANAK-ANAKNYA.
Nas : Im 8:2
Pasal Im 8:1-36 menggambarkan pentahbisan Harun dan anak-anaknya menjadi imam. Di dalam PL seorang penyembah yang menghampiri Allah tidak hanya memerlukan persembahan (pasal Im 1:1-7:38), tetapi juga perantaraan seorang imam (bd. 1Tim 2:5). Keimaman Lewi yang digambarkan di sini digenapi di dalam Yesus Kristus, imam besar orang percaya (Ibr 2:17).
- 1) Seorang imam ditetapkan untuk kepentingan manusia agar menjadi perantara antara Allah dengan manusia (Ibr 5:1). Tugasnya ialah menolong orang menghampiri Allah dan membawa mereka kepada pengampunan dan keselamatan (Ibr 7:24-25; 10:14).
- 2) Imam membawa umat menghampiri Allah dengan memberikan persembahan dan korban-korban karena dosa dan dengan mengajarkan hukum Allah (Ul 33:8-10; Ibr 5:1; 8:3; 9:7,13).
- 3) Di bawah perjanjian yang baru jabatan imam tidak diperlukan lagi;
tidak ada pelayanan imam dalam daftar karunia-karunia pelayanan untuk
orang percaya dalam PB (bd. Ef 4:11). Yesus Kristus kini menjadi
imam besar perjanjian yang baru (Ibr 9:15-22), menggantikan keimaman
PL yang tidak sempurna. Dialah imam yang sempurna untuk "selama-lamanya"
(bd. 1Tim 2:5; Ibr 7:25; 9:23-28;
lihat cat. --> Ibr 2:17;
[atau ref. Ibr 2:17]
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).