Keluaran 20:5
Konteks20:5 Jangan sujud menyembah j kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah k yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa l kepada anak-anaknya 1 , kepada keturunan m yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
Keluaran 34:14
Konteks34:14 Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, t karena TUHAN, yang nama-Nya u Cemburuan, adalah Allah v yang cemburu.
Mazmur 78:58
Konteks78:58 mereka menyakiti hati-Nya u dengan bukit-bukit pengorbanan v mereka, membuat Dia cemburu dengan patung-patung w mereka.
Mazmur 79:5
Konteks79:5 Berapa lama c lagi, ya TUHAN, Engkau murka d terus-menerus, dan cemburu-Mu berkobar-kobar seperti api e ?
Kidung Agung 8:6
Konteks8:6 2 --Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta d kuat seperti maut, kegairahan e gigih seperti dunia orang mati 3 , nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!
Yehezkiel 8:3
Konteks8:3 Dia mengulurkan sesuatu yang berbentuk tangan b dan dipegang-Nya jambul kepalaku. Lalu Roh itu mengangkat c aku ke antara langit dan bumi dan membawa aku dalam penglihatan-penglihatan d ilahi ke Yerusalem 4 dekat pintu gerbang pelataran e dalam yang menghadap ke utara, di mana terdapat berhala cemburuan, f yang menimbulkan cemburu itu.
Yehezkiel 8:5
Konteks8:5 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, lihatlah ke utara!" Aku melihat ke utara, sungguh, di sebelah utara gerbang mezbah, dekat jalan masuk, terdapat berhala i cemburuan tadi.
Yehezkiel 23:25
Konteks23:25 Aku akan membalaskan cemburuan-Ku p kepadamu, sehingga mereka memperlakukan engkau dengan kemurkaan, hidung dan telingamu akan dikerat dan sisamu akan mati rebah oleh pedang. Mereka akan menangkap anak-anakmu lelaki dan perempuan q dan sisamu akan dimakan api. r
Yehezkiel 36:5
Konteks36:5 oleh karena itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku pasti berfirman dalam api y cemburuan-Ku melawan sisa bangsa-bangsa dan melawan seluruh Edom, yang menentukan tanah-Ku menjadi miliknya dengan segala rasa sukacita dan rasa penghinaan, sehingga tanah-Ku z itu dimilikinya dan dapat habis dijarah.
Nahum 1:2
KonteksZefanya 1:18
Konteks1:18 Mereka tidak dapat diselamatkan oleh perak atau emas mereka pada hari kegemasan r TUHAN, dan seluruh bumi akan dimakan habis s oleh api cemburu-Nya; t sebab kebinasaan, malah kebinasaan dahsyat diadakan-Nya terhadap segenap penduduk bumi. u
Zefanya 1:1
KonteksKolose 1:22
Konteks1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, a di dalam tubuh jasmani b Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu c kudus dan tak bercela dan tak bercacat d di hadapan-Nya.
[20:5] 1 Full Life : ANAK-ANAKNYA.
Nas : Kel 20:5
Lihat cat. --> Kel 34:7.
[atau ref. Kel 34:7]
[8:6] 2 Full Life : CINTA KUAT SEPERTI MAUT ... AIR YANG BANYAK TAK DAPAT MEMADAMKAN CINTA.
Nas : Kid 8:6-7
Tidak ada yang lebih kuat dan indah daripada ungkapan saling cinta di antara pasangan yang sungguh-sungguh terikat satu sama lain.
[8:6] 3 Full Life : KEGAIRAHAN GIGIH SEPERTI DUNIA ORANG MATI
Nas : Kid 8:6
(versi Inggris NIV -- Kecemburuan gigih seperti kuburan). Kecemburuan di sini dapat diterjemahkan "kasih yang berahi". Kasih semacam itu tidak dapat diubah seperti kuburan (Ibr. _sheol_), dari tempat ini tak seorang pun dapat melarikan diri
(lihat cat. --> Mazm 16:10).
[atau ref. Mazm 16:10]
[8:3] 4 Full Life : MEMBAWA AKU ... KE YERUSALEM.
Nas : Yeh 8:3
Yehezkiel dibawa ke Bait Suci di Yerusalem untuk melihat hal-hal keji yang dilakukan umat itu. Penyataan ini mengungkapkan dengan jelas mengapa Allah akan menghukum kota kudus itu.
[1:2] 5 Full Life : ALLAH YANG CEMBURU DAN PEMBALAS.
Nas : Nah 1:2
"Cemburu" di sini dipakai dalam arti semangat Tuhan untuk melindungi umat-Nya (bd. Ul 4:24; 5:9). Dia akan membalas mereka yang menentang firman dan kerajaan-Nya dengan mengganjar mereka secara adil karena permusuhan dan dosa-dosa mereka (lih. Ul 32:35,41).
Nas : Zef 1:1
Zefanya bernubuat pada masa pemerintahan Yosia, raja Yehuda (640-609 SM). Bangsa itu sedang terjerat dalam kekerasan dan penyembahan berhala, dan dengan menghina mengabaikan Tuhan. Berita-Nya untuk bangsa itu mungkin diberikan sebelum gerakan pembaharuan di bawah pimpinan Yosia dan mungkin menjadi motivasi yang mendorong raja untuk meminta rakyatnya membaharui ketaatan kepada Allah dan hukum-Nya
(lih. Pendahuluan Zefanya).