Ayub 2:13
Konteks2:13 Lalu mereka duduk bersama-sama dia di tanah y selama tujuh hari tujuh malam. z Seorangpun tidak mengucapkan sepatah kata kepadanya, a karena mereka melihat, bahwa sangat berat penderitaannya.
Ayub 4:2
Konteks4:2 "Kesalkah engkau, bila orang mencoba berbicara kepadamu? Tetapi siapakah dapat tetap menutup p mulutnya?
Ayub 4:12
Konteks4:12 Suatu perkataan l telah disampaikan kepadaku dengan diam-diam dan telingaku menangkap bisikannya, m n
Ayub 6:3
Konteks6:3 Maka beratnya akan melebihi pasir q di laut; oleh sebab itu tergesa-gesalah r perkataanku.
Ayub 9:14
Konteks9:14 lebih-lebih aku, bagaimana aku dapat membantah Dia, memilih kata-kataku di hadapan Dia? v
Ayub 11:2
Konteks11:2 "Apakah orang yang banyak bicara tidak harus dijawab? j Apakah orang yang banyak mulut harus dibenarkan? k
Ayub 15:3
Konteks15:3 Apakah ia menegur dengan percakapan yang tidak berguna, dan dengan perkataan yang tidak berfaedah? w
Ayub 15:11
Konteks15:11 Kurangkah artinya bagimu penghiburan j Allah, dan perkataan k yang dengan lemah lembut ditujukan kepadamu? l
Ayub 16:3
Konteks16:3 Belum habiskah p omong kosong itu? Apa yang merangsang engkau untuk menyanggah? q
Ayub 19:28
Konteks19:28 Kalau kamu berkata: Kami akan menuntut o dia dan mendapatkan padanya sebab perkaranya!,
Ayub 26:14
Konteks26:14 Sesungguhnya, semuanya itu hanya ujung-ujung jalan-Nya; betapa lembutnya bisikan p yang kita dengar dari pada-Nya! q Siapa dapat memahami guntur kuasa-Nya? r "
Ayub 29:22
Konteks29:22 Sehabis bicaraku tiada seorangpun angkat bicara lagi, u dan perkataanku menetes ke atas mereka. v
Ayub 31:40
Konteks31:40 maka biarlah bukan gandum yang tumbuh, tetapi onak, k dan bukan jelai, tetapi lalang. l " Sekianlah kata-kata Ayub. m
Ayub 32:4
Konteks32:4 Elihu menangguhkan bicaranya dengan Ayub, karena mereka lebih tua dari pada dia. v
Ayub 32:11
Konteks32:11 Ketahuilah, aku telah menantikan kata-katamu, aku telah memperhatikan pemikiranmu, hingga kamu menemukan kata-kata yang tepat.
Ayub 33:1
KonteksAyub 33:13
Konteks33:13 Mengapa engkau berbantah dengan Dia, q bahwa Dia tidak menjawab segala perkataanmu? r
Ayub 34:35
Konteks34:35 Ayub berbicara tanpa pengetahuan, e dan perkataannya tidak mengandung pengertian. f
Ayub 41:12
Konteks41:12 (41-3) Aku tidak akan berdiam diri tentang anggota-anggota i badannya, tentang keperkasaannya j dan perawakannya yang tampan.
Ayub 42:7
Konteks[42:7] 1 Full Life : SETELAH TUHAN MENGUCAPKAN FIRMAN ITU.
Nas : Ayub 42:7
Walaupun kitab Ayub tidak pernah memberikan penyelesaian yang menentukan mengenai persoalan penderitaan yang tidak sepantasnya dialami orang benar, jawaban akhirnya tidak dijumpai dalam pemikiran teologis, tetapi dalam suatu perjumpaan pribadi di antara Allah dengan penderita yang setia.
- 1) Hanya kehadiran pribadi dari Allah akan mendatangkan kepercayaan
akan kasih karunia dan maksud-Nya bagi kehidupan kita. Allah mengutus
Roh Kudus sebagai Penolong dan Penasihat
(lihat cat. --> Yoh 14:16)
[atau ref. Yoh 14:16]
bagi mereka yang percaya kepada Kristus. - 2) Kehadiran Allah ini melalui Roh Kudus mengajarkan kita bahwa kita
dapat mempercayai kasih Allah, baik di tengah keadaan yang sulit maupun
berkat. Melalui kehadiran Kristus kita memperoleh keyakinan bahwa Allah
ada di pihak kita dan bahwa Dia mengusahakan yang terbaik bagi kita
(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]
[42:7] 2 Full Life : KAMU TIDAK BERKATA BENAR TENTANG AKU.
Nas : Ayub 42:7
Tuhan menghukum ketiga sahabat Ayub atas teologi kemakmuran dan penderitaan mereka yang salah, teologi yang tampak dalam tuduhan mereka kepada Ayub. Ketiga kesalahan utama mereka adalah:
- 1) Mereka mengajarkan prinsip balas jasa dalam hal kemakmuran dan
penderitaan -- bahwa yang benar akan senantiasa diberkati dan yang fasik
senantiasa mengalami kemalangan
(lihat cat. --> Yoh 9:3).
[atau ref. Yoh 9:3]
- 2) Mereka mendorong Ayub untuk mengakui suatu dosa yang tidak dibuatnya supaya ia dapat lolos dari penderitaannya dan menerima berkat Allah lagi. Dengan nasihat itu mereka mencobai Ayub untuk memakai Allah demi keuntungan pribadi. Jikalau mengikuti nasihat mereka, Ayub akan
- (a) mencemarkan kepercayaan Allah pada dirinya, dan
- (b) memperkuat tuduhan Iblis bahwa Ayub hanya takut akan Allah karena berkat dan keuntungan yang diperolehnya.
- 3) Mereka telah berbicara dengan angkuh ketika menyatakan bahwa Allah mendukung beberapa doktrin dan teologi mereka yang salah.
[42:7] 3 Full Life : BENAR ... SEPERTI HAMBA-KU AYUB.
Nas : Ayub 42:7
Allah menyatakan bahwa apa yang dikatakan Ayub itu benar. Allah tidak bermaksud bahwa segala sesuatu yang dikatakan Ayub itu sungguh tepat, tetapi bahwa tanggapan Ayub kepada ketiga temannya sangat jujur di hadapan Allah dan sikapnya berkenan kepada-Nya. Allah kadang-kadang mengizinkan kesalahan di dalam doa-doa kita dan membiarkan kita meragukan jalan-jalan-Nya jikalau hati kita sungguh-sungguh berserah kepada Dia dalam komitmen sejati.