2 Tawarikh 2:3
Konteks2:3 Lalu Salomo mengutus orang kepada Huram, a raja negeri Tirus, dengan pesan: "Perbuatlah terhadap aku seperti yang kauperbuat terhadap ayahku Daud, ketika engkau mengirim kayu aras b kepadanya, sehingga ia dapat mendirikan baginya suatu istana untuk tinggal di situ.
2 Tawarikh 3:1
Konteks2 Tawarikh 4:6
Konteks4:6 Lagipula dibuatnya sepuluh bejana t pembasuhan dan ditaruhnya lima pada sisi kanan dan lima pada sisi kiri sebagai tempat pembasuhan; di situ orang membasuh apa yang diperlukan untuk korban bakaran u , sedang "laut" itu adalah untuk para imam sebagai tempat membasuh.
2 Tawarikh 5:10
Konteks5:10 Dalam tabut itu tidak ada apa-apa selain q dari kedua loh r yang ditaruh Musa ke dalamnya di gunung Horeb, ketika TUHAN mengikat perjanjian dengan orang Israel pada waktu perjalanan mereka keluar dari Mesir.
2 Tawarikh 7:8
Konteks7:8 Dan pada waktu itu juga Salomo mengadakan perayaan c Pondok Daun selama tujuh hari, bersama-sama dengan seluruh Israel, d suatu jemaah yang amat besar, dari jalan masuk ke Hamat e sampai ke sungai Mesir. f
2 Tawarikh 12:5
Konteks12:5 Nabi Semaya n datang kepada Rehabeam dan pemimpin-pemimpin Yehuda yang berkumpul di Yerusalem berhubung dengan ancaman Sisak, dan berkata kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN: Kamu telah meninggalkan Aku, oleh sebab itu 3 Akupun meninggalkan o kamu juga dalam kuasa Sisak."
2 Tawarikh 20:17
Konteks20:17 Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Hai Yehuda dan Yerusalem, tinggallah berdiri di tempatmu, dan lihatlah x bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu."
2 Tawarikh 22:5
Konteks22:5 Atas nasihat mereka pula ia pergi bersama-sama Yoram bin Ahab, raja Israel, untuk berperang melawan Hazael, raja Aram, di Ramot-Gilead. q Tetapi orang-orang Aram melukai Yoram.
2 Tawarikh 24:11
Konteks24:11 Setiap kali peti itu dibawa masuk untuk diperiksa oleh orang-orang Lewi atas nama raja, dan apabila mereka melihat bahwa sudah banyak uang di dalamnya, maka datanglah panitera raja dan kuasa usaha imam kepala mengeluarkan isi peti itu; kemudian mereka mengangkat peti itu, lalu menaruhnya pula di tempatnya. Demikianlah mereka lakukan setiap kali, dan banyaklah uang yang dikumpulkan.
2 Tawarikh 25:18
Konteks25:18 Tetapi Yoas, raja Israel, menyuruh orang kepada Amazia, raja Yehuda, mengatakan: "Onak z yang di gunung Libanon mengirim pesan kepada pohon aras yang di gunung Libanon, bunyinya: Berikanlah anakmu perempuan kepada anakku laki-laki menjadi isterinya. Tetapi binatang-binatang hutan yang ada di gunung Libanon itu berjalan lewat dari sana, lalu menginjak onak itu.
2 Tawarikh 28:3
Konteks28:3 Ia membakar juga korban di Lebak Ben-Hinom k dan membakar anak-anaknya l sebagai korban dalam api 4 , sesuai dengan perbuatan keji m bangsa-bangsa yang telah dihalaukan TUHAN dari depan orang Israel.
2 Tawarikh 29:31
Konteks29:31 Kemudian berbicaralah Hizkia: "Sekarang kamu telah mentahbiskan dirimu untuk TUHAN. Mendekatlah dan bawalah korban-korban h sembelihan dan korban-korban syukur ke rumah TUHAN!" Lalu jemaah membawa korban-korban sembelihan dan korban-korban puji-pujian; setiap orang yang rela hati i membawa juga korban-korban bakaran.
2 Tawarikh 31:12
Konteks31:12 Dan dengan setia mereka membawa segala persembahan khusus, persembahan persepuluhan dan persembahan-persembahan kudus itu ke sana. Konanya, p seorang Lewi, mengawasi semuanya, dan Simei, saudaranya, adalah orang kedua,
2 Tawarikh 32:21
Konteks32:21 Lalu TUHAN mengirim malaikat 5 w yang melenyapkan semua pahlawan yang gagah perkasa, pemuka dan panglima yang ada di perkemahan raja Asyur, sehingga ia kemalu-maluan kembali ke negerinya. Kemudian ia ditewaskan dengan pedang x oleh anak-anak kandungnya sendiri ketika ia memasuki rumah allahnya.
2 Tawarikh 34:4
Konteks34:4 Mezbah-mezbah para Baal dirobohkan di hadapannya; ia menghancurkan pedupaan-pedupaan yang ada di atasnya; ia meremukkan dan menghancurluluhkan tiang-tiang s berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan, dan menghamburkannya ke atas kuburan orang-orang yang mempersembahkan korban kepada berhala-berhala t itu.
2 Tawarikh 35:12
Konteks35:12 Tetapi mereka memisahkan korban bakaran untuk diserahkan kepada kaum awam menurut golongan puak mereka, supaya dipersembahkan kepada TUHAN sebagaimana tertulis dalam kitab Musa. Demikian pula dilakukan mereka dengan lembu-lembu.
2 Tawarikh 35:24
Konteks35:24 Orang-orangnya mengangkatnya dari keretanya, lalu mengangkutnya dengan kereta cadangannya lalu membawanya ke Yerusalem. Kemudian matilah ia, lalu dikuburkan di pekuburan nenek moyangnya. Seluruh Yehuda dan Yerusalem berkabung karena Yosia.
[3:1] 1 Full Life : SALOMO MULAI MENDIRIKAN.
Nas : 2Taw 3:1
Membandingkan bait Salomo dengan bait Kristus (yaitu gereja) menyatakan hal-hal berikut ini:
- 1) Bait Salomo didirikan oleh putra Daud (2Taw 2:1); gereja oleh keturunan Daud, Tuhan Yesus Kristus (Ibr 3:3-6).
- 2) Bait Salomo didirikan dari emas, perak, dan batu-batu berharga (1Taw 29:3-8); gereja didirikan dengan kehidupan yang tertebus dari orang-orang yang dibeli dengan darah Kristus yang mahal (1Pet 1:18-19; 1Pet 2:5).
- 3) Bait Salomo didirikan di Gunung Muria (2Taw 3:1); gereja didirikan di atas Yesus, batu karang ilahi dan kematian-Nya sebagai korban karena kita (Mat 16:18; Ef 2:20).
- 4) Bait Salomo dilayani oleh pengantara-pengantara imam duniawi (pasal 1Taw 24:1-31); gereja memiliki imam besar sorgawi dan semua orang percaya dapat menghampiri Dia untuk menerima keselamatan kekal (Ibr 2:17; 7:25).
- 5) Bait Salomo diperindah dengan emas dan aneka dekorasi (1Taw 22:5); gereja diperindah oleh kemurnian dan kuasa Roh Kudus di dalam kehidupan orang percaya (Kis 1:8; 2:4; Gal 5:22; bd. 1Pet 3:3-4).
- 6) Bait Salomo menyediakan tempat kediaman khusus bagi Allah di antara umat-Nya; gereja adalah kediaman khusus Roh Kudus di bumi ini (1Kor 3:16; 6:19).
- 7) Bait Salomo bersifat duniawi dan sementara (2Raj 25:8-9); bait Kristus bersifat sorgawi dan kekal (pasal Wahy 21:1-22:21).
- 8) Karena itu, gereja adalah pewaris dan penerus dari kemah/Bait Suci
sebagai tempat tinggal Allah yang kelihatan di bumi ini
(lihat art. BAIT SUCI).
[3:1] 2 Full Life : TEMPAT PENGIRIKAN ORNAN.
Nas : 2Taw 3:1
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai tempat bait suci dan keadaan bagaimana itu diperoleh lih. 1Taw 21:16-30.
[12:5] 3 Full Life : KAMU TELAH MENINGGALKAN AKU, OLEH SEBAB ITU.
Nas : 2Taw 12:5
Penulis Tawarikh sering kali menekankan bahwa berkat-berkat Allah mengikuti ketaatan (2Taw 11:17) sedangkan hukuman mengikuti ketidaktaatan (2Taw 12:1-6). Ketika raja Rehabeam berubah setia, Allah berhenti melindunginya dari musuh-musuhnya (ayat 2Taw 12:5). Kita tidak dapat mengharapkan Allah melindungi kita dari berbagai bahaya kehidupan atau serangan Iblis jikalau kita tidak setia kepada-Nya dan kehendak-Nya. Kuasa perlindungan Allah sampai kepada kita hanya melalui iman yang hidup pada Kristus
(lihat cat. --> Rom 8:28;
lihat cat. --> 1Pet 1:5).
[atau ref. Rom 8:28; 1Pet 1:5]
"Tuhan beserta dengan kamu apabila kamu beserta dengan Dia" (2Taw 15:2).
[28:3] 4 Full Life : MEMBAKAR ANAK-ANAK-NYA SEBAGAI KORBAN DALAM API.
Nas : 2Taw 28:3
Raja Ahas demikian menyerah kepada penyembahan berhala dan kegiatan okultisme sehingga ia membakar anak-anaknya sendiri dalam api sebagai korban bagi para dewa kafir (lih. Im 20:1-5; Yer 7:31-32;
lihat cat. --> 2Raj 16:3).
[atau ref. 2Raj 16:3]
Anak-anak dewasa ini juga dapat dirusak dengan kejam -- secara jasmaniah melalui pengguguran kandungan dan penyiksaan, dan secara rohani oleh orang-tua yang gagal mengajarkan mereka jalan-jalan Allah yang suci berlandaskan Alkitab
(lihat cat. --> Ul 6:7)
[atau ref. Ul 6:7]
atau memisahkan dan melindungi mereka dari kefasikan dunia ini
(lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).
[32:21] 5 Full Life : LALU TUHAN MENGIRIM MALAIKAT.
Nas : 2Taw 32:21
Lihat cat. --> 2Raj 19:35.
[atau ref. 2Raj 19:35]