: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
18 September 1998

Bermasalah dengan Pengkritik

Topik : -

Nats : Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan (Amsal 12: 18)
Bacaan : Nehemia 4:1-6

Pengkritik umumnya banyak bicara namun sedikit memberi dukungan yang membangun. Mereka lebih suka membuat diri mereka tampak baik, dengan membuat orang lain tampak buruk.

Seandainya Nehemia mendengarkan para pengkritik, tembok yang mengelilingi kota Yerusalem tak akan pernah dibangun kembali. Sebagian kritik mereka memang tepat. Tembok itu memang telah menjadi puing-puing dan api telah menghanguskan batu-batu yang ada sehingga menyebabkannya hancur dan roboh (4:2-3). Tetapi para pengkritik itu hanya banyak berbicara dan tidak berbuat untuk membantu.

Bertahun-tahun yang lalu, Theodore Roosevelt mencatat, "Bukan tukang kritik yang harus diperhitungkan, bukan pula orang yang menunjukkan bagaimana seseorang yang kuat dapat tersandung atau bagaimana seharusnya seseorang dapat berlaku lebih baik. Penghargaan hanya diberikan kepada orang yang sungguh-sungguh ikut berjuang di medan laga, dengan wajah penuh debu, keringat dan darah...dan yang...seandainya mengalami kegagalan, kegagalan itu tetap didukung keberanian yang teguh sehingga tiada tempat bagi jiwa-jiwa yang kaku dan penakut, yang tak mengenal kemenangan maupun kekalahan."

Lewat contoh ini, di manakah Anda berada? Apakah saat ini Anda sedang dihujani kritik yang tak adil tatkala melayani Kristus? Jika ya, majulah terus dan Allah akan menghargai usaha keras Anda. Atau, Anda justru termasuk orang yang suka mengkritik orang lain? Jika demikian, sudah tiba saatnya Anda harus keluar dari kelompok yang suka menghancurkan itu dan bergabung dengan kelompok yang suka membangun HWR


I would not criticize the one who works,
The one who listens to God's Word and heeds;
But I would criticize myself; dear Lord,
Confess to you my faithless words and deeds. --Hess



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA