Zerubbabel
Dalam versi-versi Alkitab:
Zarobbabil: SBDRZarubabil: TL
Zarubbabil: BABA
Zerubabel: BIS FAYH LDKDR TB WBTCDR
Zerubabil: TL
Zerubbabil: TL
Zorobabel: ENDE KL1863
Zorobabil: KL1870
Zorubabil: TL
Gambar
ZERUBABEL [biotokoh pl]
Arti nama | : | BENIH DARI BABILON |
Ayah | : | Sealtiel - Ezra 3:2, Hagai 2:2 |
Anak laki-laki | : | Mesulam, Hananya, Hasuba, Ohel, Berekhya, Hasaja, Yusab dan Hesed 1 Tawarikh 3:19, 20 |
Anak perempuan | : | Selomit - 1 Tawarikh 3:19 |
Saudara laki-laki | : | Simei - 1 Tawarikh 3:19 |
Nenek moyang | : | Kakeknya Raja Yoyakin - 1 Tawarikh 3:17-19 |
Disebut pertama | : | 1 Tawarikh 3:19 |
Namanya disebut | : | 26 kali |
Kitab yang menyebut | : | 5 buku : 1 Tawarikh, Ezra, Nehamia, Hagai dan Zakharia |
Pekerjaan | : | Pemimpin Politik - Hagai 1:1 |
Tempat kelahiran | : | Persia - Ezra 2:2 |
Tempat kematian | : | Mungkin di Yerusalem |
Terakhir disebut | : | Zakharia 4:10 |
Fakta penting | : | IA MEMIMPIN ROMBONGAN I YANG PULANG KE YERUSALEM DARI PENAWANAN DI BABIL (EZRA 2:2). |
ZERUBABEL [browning]
*Daud yang disebut dalam Hag. 1:1; 2:2 bersama dengan *imam besar *Yosua. Dia ditugasi membangun kembali Bait Allah. Dalam Kitab Zakharia (Zak. 4:6-10) dia harus mengerjakan pekerjaan itu dengan bantuan *Roh Tuhan yang mahakuasa saja. Dia menolak bantuan paksa dari orang-orang yang menyebut dirinya sendiri penyembah Yahweh (Ezr. 4:1-3). Mungkin Zebubabel dijadikan pemerintah daerah (Hag. 1:1) oleh *Darius I dari *Persia.
ZERUBABEL [ensiklopedia]
Anti yg tepat dari nama ini belum diketahui dengan pasti. Mungkin berasal dari nama Akad zeru-Babili, 'keturunan Babel'. Ia putra Sealtiel, atau Salatiel, jadi dia adalah cucu raja Yoyakhin (Ezr 3:2; Hag 1:1; Mat 1:12). Naskah 1 Taw 3:19 bh Ibrani, kendati tidak dalam LXX, menyebutnya anak Pedaya, saudara Sealtiel. Bila ini bukan kekeliruan penyalin, maka mungkin telah terjadi pernikahan levirat -- adat Yahudi kuno dan beberapa bangsa lain, yg mewajibkan seorang pemuda menikahi janda saudaranya.
Adalah tidak mungkin bahwa Zerubabel identik dengan Sesbazar, sebab laporan dalam surat yg dikirimkan kepada Darius (Ezr 5:6-17), hampir tidak dapat dimengerti kecuali Sesbazar telah meninggal pada waktu berlangsungnya percakapan yg dilaporkan dal am surat itu, sementara Zerubabel dengan giatnya membangun Bait Suci. Boleh jadi Sesbazar adalah paman Zerubabel yg bernama Syenazar (1 Taw 3:18), tapi entah siapa pun dia, dia bukanlah pemimpin sungguhan, padahal Zerubabel dan Yosua adalah pemimpin yg aktif Zerubabel kembali dari Pembuangan bersama kelompok utama di bawah pimpinan Sesbazar thn 537 sM, dan meletakkan dasar Bait Suci (Ezr 3). Ezra mencatat bahwa pekerjaan itu terhambat sampai thn 520 sM, ketika dimulai lagi dengan Zerubabel dan Yosua sebagai pemimpin (Ezr 5-6; Hag 1-2). Dalam Hag 1:1; 2:2 Zerubabel disebut 'bupati'.
Visi Zakharia mendorong semangat Yosua dan Zerubabel dalam pekerjaan mereka, dan Za 4:6-10 menjanjikan bahwa gunung perlawanan (mungkin perlawanan yg disebut dlm Ezr 5) akan dipindahkan, dan Zerubabel akan menyelesaikan pekerjaannya Sering dianggap bahwa pemahkotaan Yosua dalam Za 6:9-15 sebenarnya adalah pemahkotaan Zerubabel, tapi tidak ada bukti naskah untuk itu, dan dalam 3:8 nampak bahwa Yosua-lah yg menjadi lambang Tunas mesianik, seperti dalam Za 6:9-15. Sejak E Sellin pada thn 1898 mengemukakan dugaannya berdasarkan pemahkotaan dan janji perlindungan dalam Hag 2:20-23, makin diterima dugaan bahwa Hagai dan Zakharia membujuk orang Yahudi untuk memahkotai Zerubabel menjadi raja, meskipun tindakan pemberontakan itu dengan cepat dapat dibasmi oleh Persia. Tidak ada bukti secuil pun baik yg menunjang maupun yg melawan teori itu.
KEPUSTAKAAN. L. E Browne, Early Judaism, 1929; A. C Welch, Post-Exilic Judaism, 1935; J. S Wright, The Building of the Second Temple, 1958; P. R Ackroyd, Exile Restoration, 1968. JSW/BS/HAO