Daftar Isi
GAMBAR: Saul Saulus
GREEK: 4549 saoul Saoul 4569 saulov Saulos
HEBREW: 7586 lwav Sha'uwl 7587 ylwav Sha'uwliy
YOPPI: 4569
BARCLAY: 4549 4569
HAAG: Saul
KECIL: Saul Saulus
TOKOH: Saul
BIOTOKOH PL: SAUL
BROWNING: SAUL
ENSIKLOPEDIA: SAUL
BIOTOKOH PB: SAULUS

Saul

Dalam versi-versi Alkitab:

Sa'oel: KL1870
Sa'ul: BABA
Saoel: KL1863
Saul: BIS ENDE FAYH TB TL WBTCDR
Saulus: BIS FAYH TB WBTCDR
SJa`ul: LDKDR
Sya'ul: SBDR
(1) diminta, 1Samuel 9:2 (2) Kejadian 46:10

Gambar

Saul: selebihnya..
Topik: David in Saul's Service; Mark Joining Barnabas and Saul; Portraits of Saul, King of Israel; Samuel Rebukes Saul; Saul and the Witch of Endor; Saul Confirmed as King; Saul Gives Michal to Paltiel; Saul Meets Samuel; Saul Tries to Kill David; Saul's Death Reported; Saul's Growing Jealousy; Saul's Life Spared; Saul's Life Spared Again; The Death of Saul; The Lord Rejects Saul
Saulus: selebihnya..
Topik: David in Saul's Service; Mark Joining Barnabas and Saul; Portraits of Saul, King of Israel; Samuel Rebukes Saul; Saul and the Witch of Endor; Saul Confirmed as King; Saul Gives Michal to Paltiel; Saul Meets Samuel; Saul Tries to Kill David; Saul's Death Reported; Saul's Growing Jealousy; Saul's Life Spared; Saul's Life Spared Again; The Death of Saul; The Lord Rejects Saul

Yunani

Strongs #4549: saoul Saoul

Saul = "desired"

1) the Jewish name of the apostle Paul
2) the son of Kish and the first king of Israel

4549 Saoul sah-ool'

of Hebrew origin (7586); Saul (i.e. Shaul), the Jewish name of Paul: KJV -- Saul. Compare 4569.
see GREEK for 4569
see HEBREW for 07586

Strongs #4569: saulov Saulos

Saul = "desired"

1) the Jewish name of the apostle Paul

4569 Saulos sow'-los

of Hebrew origin, the same as 4549; Saulus (i.e. Shaul), the Jewish name of Paul: KJV -- Saul.
see GREEK for 4549

Ibrani

Strongs #07586: lwav Sha'uwl

Saul or Shaul = "desired"

1) a Benjamite, son of Kish, and the 1st king of Israel
2) an early king of Edom and a successor of Samlah
3) a son of Simeon
4) a Levite, son of Uzziah

7586 Sha'uwl shaw-ool'

passive participle of 7592; asked; Shaul, the name of an Edomite and two Israelites: KJV -- Saul, Shaul.
see HEBREW for 07592

Strongs #07587: ylwav Sha'uwliy

Shaulites = see Saul "desired"

1) descendants of Saul or Shaul

7587 Sha'uwliy shaw-oo-lee'

patronymic from 7856; a Shaulite or descendant of Shaul: KJV -- Shaulites.
see HEBREW for 07856

[Yoppi]

Strongs #04569:

Saulus

[Barclay]

Strongs #4549:

[maskulin] Saul: (1) nama Ibrani rasul Paulus (2) raja Israel pertama (Kis 13.21)

Strongs #4569:

ou [maskulin] Saulus (mana Ibrahim rasul Paulus)

Saul [haag]

Saul. (Bhs. Ibr.: yang didoakan).

Raja Isr. yang pertama (sekitar 1012-1004). Silsilah 1Sam 9:1; 1Taw 8:29-33; 9:35-39. Tradisi Alkitab tentang ~S (1Sam 9:1-31:13) adalah sebuah cerita anekdot tentang hubungannya dengan Daud dan Samuel. Pemilihannya menjadi raja (: tempat tinggalnya di ---> Gibea) diperolehnya karena penampilannya dalam usaha penyelamatan kota Yabesy-Gilead dari bangsa Amon (11-12). Ia tidak mampu membebaskan Isr. dari penguasa bangsa Filistin, meskipun banyak perang perluasan daerah yang dilakukannya. Mengenai politik dalam-negerinya hanya diketahui masalah pengusiran pemanggil arwah dan peramal (1Sam 28:3-25). ~S yang selalu berdiri di bawah naungan Samuel, akhirnya bertengkar dengan Samuel (1Sam 13:7-15; 15:1-35), sebab ia tidak merasa dirinya seorang Raja yang berdaulat penuh. Goncangan hatinya yang penuh kesedihan dan histerinya, maupun rasa tidak percaya terhadap Daud dan Samuel pada saat-saat tertentu menggerakkan hatinya untuk mengambil putusan keras (1Sam 22:6-19). Tetapi para musuh ~S menghargainya, hal mana terbukti dari nyanyian ratapan Daud (2Sam 1:19-27).

Saul [kecil]

KS.-

  1. raja Israel
    [PL] pasal 1Sam 9:1-11:15; 13:1-28:25; 31:1-13; pasal 2Sam 1:1-27
    [PB] Kis 13:21
  2. dari Tarsus, Lihat Paulus --> 20528

Saulus [kecil]

TB- Lihat Paulus --> 20528

Saul [tokoh]

Saul

  1. Orang suku Benyamin, anak Kisy, diurapi oleh Samuel sebagai raja Israel yang pertama (dalam 1Sam 9:1-10:27). Mengalahkan orang Amon (dalam 1Sam 11:1-15). Ditegor karena mempersembahkan korban (1Sam 13:1-15). Mengalahkan orang-orang Filistin (dalam 1Sam 14:1-52). Ditolak sebagai raja karena tidak memusnahkan orang Amalekh (dalam 1Sam 15:1-35). Diganggu oleh roh jahat (1Sam 16:14-23). Mengirim Daud untuk melawan Goliat (dalam 1Sam 17:1-58). Kebencian dan usaha untuk membunuh Daud (1Sam 18:1-11). Anaknya Mikhal diberi sebagai istri Daud (1Sam 18:12-30). Usaha ke dua untuk membunuh Daud (dalam 1Sam 19:1-24). Marah kepada Yonatan (1Sam 20:26-34). Mengejar Daud; membunuh para nabi di Nob (dalam 1Sam 22:1-26), pergi di Kehila dan Zif (dalam 1Sam 23:1-29), dibiarkan hidup oleh Daud di En Gedi (dalam 1Sam 24:1-22), dan dalam kemahnya (dalam 1Sam 26:1-25). Ditegor roh Samuel karena mencari penenung di En-Dor (dalam 1Sam 28:1-25). Dilukai oleh orang Filistin; membunuh diri (dalam 1Sam 31:1-13; 1Taw 10:1-14). Berkabung oleh Daud (2Sam 1:17-27). Anak-anaknya (1Sam 14:49-51; 1Taw 8:1-40).
  2. Lihat Paulus.

SAUL [biotokoh pl]

Arti nama:YANG DIMINTA
AyahKisy - 1 Samuel 9:1-2.
IstriAhinoam - 1 Samuel 14:50.
Anak laki-lakiYonatan, Yiswi, Malkisua, dan Abinadab - 1 Samuel 14:49 ; 1 Tawarikh 8:33.
Anak perempuanMerab dan Mikhal - 1 Samuel 14:49.
Disebut pertama1 Samuel 9:2.
Namanya disebut388 kali
Kitab yang menyebut6 buku : 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Tawarikh, Mazmur, Yeyasa, Kisah Para Rasul
Tempat kematianDi kaki Gunung Gilboa - 1 Samuel 31:1-2
Keadaan kematianIa dibunuh oleh orang Filisan sebagai hukuman langsung dari Allah - 1 Samuel 28:16-19
Terakhir disebutKisah Para Rasul 13:21.
Fakta pentingIA RAJA ISRAEL 1 (1 Samuel 8-10).

SAUL [browning]

1) Raja Israel yang pertama. Ia berasal dari suku Benyamin dan agaknya dipilih menjadi raja berdasarkan peran kepemimpinan militernya (1Sam. 14:47-48). Ada dua berita dalam 1 Samuel mengenai permulaan kerajaan itu. Yang satu menampilkan Saul dengan baik dan terhormat, sedangkan dalam berita yang kedua Saul dibayangi oleh Nabi *Samuel dan kehilangan perkenanan Allah, yang dialihkan kepada *Daud. Musuh utama semasa pemerintahan Saul adalah orang Filistin, yang dikalahkan di *Mikhmas (1Sam. 14:31). Dalam hidup Saul kemudian, ia diganggu oleh roh jahat serta dikuasai oleh kecemburuan dan kecurigaan, dan ia melimpahkan kebenciaannya ke atas *Daud. Dalam permusuhan yang berkembang antara kedua tokoh ini, Daud dua kali meloloskan Saul dari kematian (1Sam. 24:6). Di Gunung *Gilboa Saul tewas dalam pertempuran (ia jatuh atas pedangnya sendiri, 1Sam. 31:4) bersama dengan putranya, *Yonatan, yang adalah kawan karib dari Daud (2Sam. 1:26).

2) Nama Ibrani dari *Paulus dari Tarsus.

SAUL [ensiklopedia]

(Ibrani sya'ul, 'yg diminta').

1. Seorang raja Edom (1 Taw 1:48-49; bnd Kej 36:37-38), yg berasal dari Rehobot.

2. Anak Simeon, yg lahir dari perempuan Kanaan (Kej 46:10); dari sinilah berasal orang Saul (Bil 26:13).

3. Anak Kohat (1 Taw 6:24), yg disebut 'Yoel' dalam 1 Taw 6:36. GMG/MHS/HAO

\\==> Image 00260\\

4. Raja pertama umat Israel, putra Kisy dari suku Benyamin. Kisah tentang Saul menyita bagian terbesar 1 Sam (ps 9-31) dan menggambarkan seorang yg amat menyedihkan dari semua hamba pilihan Allah.

Raja Saul lebih tinggi dari saudara-saudaranya. Keberaniannya sepadan dengan kekekaran badannya. Terhadap teman-temannya ia raja, dan terhadap musuh-musuhnya ia murah hati. Saul ialah pilihan Allah untuk melembagakan monarki, untuk menghadirkan melalui dirinya pemerintahan Kerajaan Yahweh atas umat-Nya. Tapi tiga kali ia nyatakan dirinya tidak layak bagi tugas untuk mana ia telah dipilih. Namun dan kendati dalam penunjukan itu ada acuan mengenai kelemahan watak orang yg oleh Allah -- dalam kedaulatan-Nya -- toh memilihnya menjadi raja.

Di bawah tekanan kekuasaan bangsa Filistin, orang Israel mulai berpikir bahwa hanya pemimpin perang yg akan mampu membebaskan mereka. Dengan menolak kepemimpinan rohani Yahweh, yg diterapkan dalam pelayanan Samuel, mereka menuntut seorang raja (1 Sam 8). Sesudah memperingatkan mereka tentang bahaya pemerintahan macam itu -- peringatan yg tidak mereka gubris -- Samuel diperintahkan Allah untuk memenuhi keinginan mereka, dan dibimbing untuk memilih Saul, yg secara rahasia diurapinya di tanah Zuf (1 Sam 10:1), dan mengumumkan pengangkatan itu kemudian dalam suatu upacara umum di Mizpa (10:17-25).

Segera saja Saul mendapat kesempatan menunjukkan keperkasaannya. Nahas, orang Amon, mengepung Yabesy-Gilead dan menuntut penduduk Yabesy mematuhi syarat-syarat penyerahan diri yg kejam. Penduduk segera meminta pertolongan Saul yg sedang berada di seberang S Yordan. Saul mengumpulkan rakyatnya sesuai adat bangsa dan zamannya, dan sebagai satu pasukan mereka memperoleh kemenangan besar (11:1-11). Adalah menjadi bukti nalurinya yg halus, ketika ia menolak keinginan pengikutnya pada saat itu, untuk menghukum orang-orang yg tidak mau menghormatinya (10:27; 11:12, 13).

Mengikuti peristiwa tersebut, suatu upacara keagamaan di Gilgal mengukuhkan pengangkatan Saul sebagai raja, yg rupanya jelas memperoleh restu ilahi dengan dikalahkannya orang Amon itu. Dengan nasihat perpisahan kepada rakyat agar tekun dalam ketaatan kepada Allah, yg disertai tanda-tanda mujizat, Samuel menyerahkan pemerintahan atas umat itu kepada raja baru, Saul. Hanya dalam tiga peristiwa -- satu di antaranya terjadi sesudah ia wafat -- nabi tua itu muncul kembali. Setiap kali adalah untuk menegur Saul karena ketidaktaatannya kepada syarat-syarat pengangkatannya, yaitu menaati sepenuhnya perintah Allah, termasuk syarat terkecil sekalipun.

Peristiwa pertama, Saul, karena tidak sabar melakukan tugas keimaman melayankan korban di Gilgal (13:7-10). Karena pelanggarannya terhadap hal sakral ini, Samuel menubuatkan penolakan terhadap dia sebagai raja. Dan Saul memperoleh petunjuk pertama, bahwa dalam pemikiran Tuhan sudah ada orang yg dipilih-Nya untuk menggantikan Saul.

Peristiwa kedua, ketidaktaatan Saul menyebabkan nabi Samuel mengeluarkan pernyataan yg terkenal, 'Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik daripada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik daripada lemak domba-domba jantan' (1 Sam 15:22). Lagi, penolakan atas Saul sebagai pemimpin Israel dinyatakan dan ditunjukkan secara simbolik. Samuel memutuskan semua hubungan dengan raja yg sudah jatuh itu.

Peristiwa ketiga, Samuel muncul dari kuburnya memarahi Saul. Persoalan apapun yg timbul sehubungan dengan kisah dukun wanita dari Endor itu (ps 28), adalah jelas bahwa Tuhan mengizinkan percakapan supranatural ini dengan raja yg sedih itu, demi mengisi piala kejahatan Saul dan untuk meramalkan ajalnya sudah dekat.

Mengenai persengketaan yg lama antara Saul dan Daud, *DAUD, membahas aspek-aspek lain dari sifat Saul. Adalah mempunyai arti penting, bahwa ketika Daud diurapi di hadapan umum di Betlehem, Samuel sebelumnya telah menolak Eliab, saudara Daud yg paling gagah. Ini mengajarkan agar jangan menganggap bahwa kekuatan alamiah dan spiritual harus berjalan bersama-sama (16:7).

Saul menjadi bahan pelajaran tentang perbedaan asasi antara manusia jasmaniah dan rohaniah. Orang yg senama dengan dia dalam PB membedakan kedua hal itu (1 Kor 3 dst). Saul hidup pada masa di mana Roh Kudus datang kepada manusia untuk suatu jangka waktu tertentu dan tujuan khusus, bukannya tinggal menetap mendiami anak anak Tuhan. Saul mudah sekali kena godaan, menjadi murung dan pendiriannya goyah. Namun demikian, ketidaktaatannya tak dapat diampuni karena ia memiliki kesempatan mendengar firman Tuhan yg disampaikan oleh Samuel.

Kejatuhannya lebih menyedihkan lagi, karena dia adalah tokoh dengan peranan mewakili di tengah-tengah umat Allah.

5. Nama Yahudi rasul *PAULUS (Kis 13:9).

KEPUSTAKAAN. J Gregory, The Life and Character of Saul', ExpT 19, 1907-1908, hlm 510-513; A. C Welch, Kings and Prophets of Israel, 1952, hlm 63-79; E Robertson, The Old Testament Problem, 1946, hlm 105-136; J Bright, A History of Israel2, 1972, hlm 180-190. THJ/S/HAO

PAULUS (Saulus) [biotokoh pb]

Disebut pertamaSaulus Kis 7:50, Paulus Kis 13:9
Namanya disebut180 X (Saulus 22 X / Paulus 158 X)
Kitab yang menyebut15 Kitab Kisah Para Rasul, Rama, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, I Tesalonika, 2 Tesalonika, I Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon dan Petrus.
PekerjaanTukang kemah dan rasul.
Tempat kelahiranKota Tarsus di Asia Kecil.(Kis 9:11; 22:3)
Keadaan kematianDibunuh dengan pedang.
Terakhir disebutSaulus Kis 26:14, Paulus 2 Pet 3:15
Fakta pentingDia adalah penginjil terbesar, Penanam Gereja, pemenang jiwa, dan seorang Teolog dari sejarah Gereja. Dia penulis 13 dari 27 Kitab Perjanjian Baru.
Ringkasan
  1. I. Latar belakangnya.
    1. A. Silsilah dan masa muda Kis 21:39; 22:3; 23:34; Rom 11:1 2 Kor 11: 22; Fil 3:4-5
      1. 1. Dia lahir dan dibesarkan di Tarsus di Kilikia; Kis 21:39
      2. 2. Dia adalah keturunan Benyamin; Rom 11:1
      3. 3. Dia adalah orang Ibrani; Fil 3:5
    2. B. Pendidikan.- Kis 22:3; 23:6; 26:4-5; Gal 1:13-14; Fil 3:5
      1. 1. Dia dididik di bawah pimpinan Gamaliel; Kis 22:3
      2. 2. Dia adalah Farisi dan keturunan Farisi; Kis 23:6
    3. C. Status politiknya.
    4. Dia adalah warganegara Romawi. Kis 16:37; 22:25-29
    5. D. Karakternya. Fil 3:6; 1Tim l:12-13; 2 Tim 1:3
      1. 1. Tentang agama ia tidak bercacat; Fil 3:6
      2. 2. Ia melakukan segala sesuatu dengan semangat tinggi
      3. 3. Karena kebodohan ia menyiksa gereja; Fil 3:6
      4. 4. Karena kebodohan, ia menyiksa gereja; 1Tim 1:13
    6. E. Penampilan pribadinya
      1. 1. Dia orangnya kecil,sesuai namanya Paulus artinya kecil.
      2. 2. Dia mempunyai kelemahan di matanya, seperti yang, tertulis di Galatia 4:15; 16:11. Tuhan berkata: "Cukuplah kasih karuniaKu bagimu, sebab justru dalam kelemahan kuasaKu menjadi sempurna." 2 Kor 12:7-10 Paulus berkata: "Sebab jika aku lemah, maka aku kuat."
      3. 3. Ia bukan seorang yang tampan atau mengesankan; 2 Kor 10:7-10
      4. 4. Rupanya dia.bukanlah seorang yang fasih bicara; 2 Kor 10:10; 11:6
  2. II. Peperangan melawan gereja.
  3. Kis 7:57-58; 8:1-4; 22:4-5,19-20; 26:9-11; 1 Kor 15-9; Gal 1:13,22-24; Fil 3:6; 1 Tim 1: 3.
    1. A. Stefanus diseret ke luar kota, lalu dilemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda bernama Saulus. Kis 7:57-58; 8:1-2; 22:20
    2. B. Dia membuat malapetaka pada gereja; Kis 8:3
    3. C. Dia memasuki rumah orang Kristen, dan menganiaya serta memenjarakannya; Kis 8:3
    4. D. Di berbagai kota ia memburu orang-orang Kristen untuk dibunuh; Kis 22:4
    5. E. Dia memasuki beberapa rumah ibadat, dan menangkapi orang-orang percaya dan memasukkan ke dalam penjara; Kis 22:19
    6. F. Dia menangkapi mereka untuk dihukum mati; Kis 26:10
    7. G. Dengan amarah yang meluap-luap, ia menangkapi dan menyiksa mereka dan memaksanya untuk menyangkali imannya. Dan mengejar-ngejar mereka sampai ke kota-kota asing; Kis 26:11
    8. H. Hidupnya dalam agama Yahudi; tanpa batas ia menganiaya Jemaat Allah dan berusaha membinasakannya. Gal 1:13
PERTOBATAN PAULUS
  1. I. Penglihatan dari Anak Allah. Kis 9:3-9; 22:6-11; 26:1-18
    1. A. Apa yang ia lihat? Cahaya yang memancar dari langit yang menyilaukan, lebih dari terangnya matahari, mengelilingi aku." Kis 9:3; 22:6; 26:13
    2. B. Apa yang ia dengar?
      1. 1. Yesus berkata:"Akulah Yesus yang kau aniaya." Kis 9:4,5; 22:7-8; 26:15.
      2. 2. Yesus berkata: "Di sana akan dikatakan kepadamu apa yang harus kau perbuat." Kis 9:6; 22:10; 26:16-18.
  2. II. Ia dikunjungi seorang Hamba Allah.
    1. A. Ananias protes.
    2. Tuhan menyuruh Ananias untuk mengunjungi Paulus, namun Ananias menjawab: "Tuhan, betapa banyak kejahatan yang dilakukan orang ini, terhadap orang-orang kudusMu di Yerusalem." Tuhan menjawab: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagiKu untuk memberitakan namaKu kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. Kis 9:11,13-16
    3. B. Ananias menggembalakan.
    4. Ananias pergi dan.masuk ke rumah itu, serta menumpangkan tangan ke atas Saul supaya dapat melihat dan Penuh Roh Kudus. Seketika itu juga ia dapat melihat, kemudian bangun dan dibaptis. Kis 9:17-18
    5. C. Ananias menubuatkan.
    6. Katanya: "Allah telah menetapkan - Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulutNya. Sebab engkau harus menjadi saksiNya terhadap semua orang. Kis 22:14-15
KEGIATAN PAULUS SETELAH BERTOBAT
  1. I. Awal pelayanannya. Kis 9:19-30; 11:22-30; 12:25-13:3; Gal 2:1-14
    1. A. Mengajar dalam rumah-rumah sembahyang di Damsyik. Kis 9:19-21
    2. B. Mengasingkan diri di gurun Arab selama beberapa tahun. Gal 1:16-17
    3. C. Kembali ke Damsyik dengan pengetahuan yang tinggi dan ia mengajar dengan kuasa. Kis 9:22; Gal 1:17
    4. D. Melarikan diri dari Damsyik. Kis 9:23-25
    5. E. Mengunjungi Yerusalem untuk pertama kalinya, sejak ia bertobat. Kis 9:26-29; Gal 1:18-19
      1. 1. Lamanya kunjungan. Gal 1:18-19
      2. "Tetapi aku tidak melihat seorangpun dari rasul-rasul yang lain kecuali Yakobus, saudara Tuhan Yesus.
      3. 2. Kesulitannya dalam kunjungan. Kis 9:26-29
        1. a. Kekhawatiran.- Semua takut kepadanya, karena mereka tidak percaya kalau sia seorang murid. Kis 9:26
        2. b. Persekutuan.- Tetapi Barnabas menerimanya, dan membawanya kepada rasul-rasul, dan menceritakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan. Kis 9:27.
    6. F. Melarikan diri dari Yerusalem dan pergi ke Tarsus. Kis 9:29-30; 22:17-21; Gal 1:21
      1. 1. Komplotan penjahat akan membunuh Paulus. Kis 9:29
      2. 2. Penglihatan tentang komplotan pembunuh.
      3. Tetapi kata Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada bangsa-bangsa lain." Kis 22:17-21
    7. G. Pergumulan dalam diri Paulus.- Yaitu dari kehendak hati dan dari akalnya. Rom 7:18-19,21-25
    8. H. Bekerjasama dengan Barnabas di Antiokia. Kis 11:19-21
      1. 1. Latar belakang gereja di Antiokia. Kis 11:19-26
      2. 2. Gembala misi pada gereja di Antiokia. Kis 11:22-24
      3. 3. Teman sejawat kependetaan di Antiokia. Kis 11:25-26
    9. I. Kunjungan ke dua kalinya di Yerusalem.
    10. Untuk membawa sumbangan kasih bagi yang kekurangan. Kis 11:27-30; Gal 2:1
      1. 1. Berita dari Roh Allah mengarahkan kunjungan itu. Kis 11:28; Gal 2:2
        1. a. Wahyu kepada Agabus Kis 11:28
        2. b. Wahyu kepada Paulus Gal 2:2
      2. 2. Pertemuan dengan umat Allah selama kunjung. Gal 2:9
    11. J. Kembali ke Antiokia untuk khotbah dan mengajar Firman. Kis 12:25-13:1
  2. II. Perjalanan Misi Paulus yang pertama.. Kis 13:2-14:28
    1. A. Berhenti pertama di Siprus. Kis 13:4-12
      1. 1. Khotbah di Salamis. Kis 13:5
      2. 2. Khotbah di Pafos. Kis 13:6
        1. a. Kesempatan. Kis 13:6,8-11
        2. b. Perlawanan
          1. (1) Dari Elimas Kis 13:6,8
          2. (2) Kebutaan Elimas Kis 13:9-11
        3. c. Hati yang terbuka
    2. B. Berhenti ke dua di Perga. Kis 13:13
    3. Yohanes memisahkan diri.
    4. C. Berhenti ke tiga di Antiokia Kis 13 :14-50
      1. 1. Khotbah pertama. Kis 13:14-43
        1. a. Persiapan Juruselamat
          1. (1) Persiapan Historis
            1. (a) Allah memilih bangsa Israel. Kis 13:17
            2. (b) Allah memimpin bangsa itu keluar dari tanah Mesir masuk ke Kanaan. Kis 13:18-19
            3. (c) Memberikan Hakim-hakim. Kis 13:20
            4. (d) Ia memilih raja-raja untuk memerintah atas mereka. Kis 13:21
          2. (2) Persiapan melalui nubuatan Kis 13:33-37
          3. (3) Persiapan melalui khotbah Yohanes Pembaptis tentang Anak Domba. Kis 13:24-25
        2. b. Ciri-ciri dari Juruselamat.
          1. (1) Dia adalah keturunan Daud. Kis 13: 23
          2. (2) Namanya Yesus Kis 13:23
        3. c. Penolakan Juruselamat Kis 13:27-29
        4. d. Kebangkitan Juruselamat. Kis 13:30-32
        5. e. Tawaran dari Juruselamat. Kis 13:38-39
      2. 2. Khotbah Paulus yang ke dua. Kis 13:44-50
        1. a. Ditolak oleh orang Yahudi. Kis 13:45-46,50
        2. b. Diterima oleh orang kafir. Kis 13:47-49
          1. (1) Menerima berita Injil. Kis 13:48
          2. (2) Membantu pemberitaan Injil Gal 4:13-15
    5. D. Berhenti ke empat di Ikonium. Kis 13:51-14:5
    6. E. Berhenti ke lima di Listra. Kis 14:6-23
      1. 1. Penyembuhan seorang yang lumpuh kakinya sejak lahir. Kis 14:8
      2. 2. Paulus berkata: "Berdirilah teguh diatas kakimu!" Dan orang itu melonjak berdiri, lalu berjalan kian kemari. Kis 14:9-10
      3. 3. Keributan. Ketika orang banyak melihat apa yang telah diperbuat Paulus, mereka itu berseru dalam bahasa Likonia: " Dewa-dewa telah turun ke tengah-tengah kita dalam rupa manusia." Kis 14:11
      4. 4. Kekacauan. Barnabas mereka sebut Zeus, dan Paulus mereka sebut Hermis, karena ia yang berbicara. Kis 14:12
      5. 5. Kecurangan. Datanglah imam dewa Zeus, yang kuilnya terletak di luar kota, membawa lembu-lembu jantan dan karangan-karangan bunga ke pintu kota untuk mempersembahkan korban bersama-sama orang banyak kepada rasul-rasul itu. Kis 14:13
      6. 6. Mendengar itu Barnabas dan Paulus mengoyakkan pakaian dan masuk di tengah-tengah orang banyak. Kis 14:14
      7. 7. Koreksi. "Mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini adalah manusia biasa sama seperti kamu. Kami diutus memberitakan Injil kepadamu." Kis 14:15
      8. 8. Penghukuman. Orang Yahudi membujuk mereka, lalu mereka melempari Paulus dengan batu dan menyeret dia ke luar kota. Mereka menyangka Paulus sudah mati. Akan tetapi ketika murid-murid itu berdiri mengelilingi dia, bangkitlah ia lalu masuk ke dalam kota. Keesokan harinya berangkatlah ia bersama-sama dengan Barnabas ke Derbe. Kis 14:19-20
      9. 9. Penegasan. Bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara. Kis 14:22-23
    7. F. Berhenti ke enam, kembali ke Antiokia di Siria. Kis 14:14-28.
  3. III. Peran Paulus di dalam Sidang di Yerusalem. Kis 14:1-15:35; Gal 2:1-50
    1. A. Wahyu untuk menghadiri Sidang. Gal:2:1-2
    2. B. Alasan diselenggarakannya Sidang. Masalah penyunatan Kis 15:1,6
    3. C. Laporan yang diberikan di dalam Sidang.
      1. 1. Laporan Petrus. Kis 15:7-11
      2. 2. Laporan Paulus. Kis 15:12
      3. 3. Laporan Yakobus. Kis 15:13-21
        1. (1) Alasan praktis.
        2. Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmatNya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi namaNya. Kis 15:14
        3. (2) Alasan nubuatan.
        4. "Supaya semua orang lain mencari Tuhan, dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku. Kis 15:15-18
        5. (3) Saran.
        6. Bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah. Kis 15:19
    4. D. Rekomendasi Sidang.
      1. 1. Utusan yang membawa rekomendasi. Kis 15:22-27
      2. 2. Isi rekomendasi. Kis 15:28-35
    5. E. Hasil dari Sidang
      1. 1. Paulus menolak tuntutan untuk menyunat Titus. Gal 2:3-5
      2. 2. Pemberitaan Paulus dalam misinya dikenal oleh pemimpin Kristen Yahudi. Gal 2:6-7
      3. 3. Paulus dan Barnabas diterima dalam persekutuan oleh Yakobus, Petrus dan Yohanes. Gal 2:19
    6. F. Kembali kepada Dewan. Kis 15:30,35
    7. G. Kemarahan anggota Dewan. Gal 2:11-14
  4. IV. Pertentangan dengan Barnabas. Kis 15:36-40
    1. A. Latar belakang pertentangan. Kis 15:36-38
    2. B. Berkat dari pertentangan. Kis 15:39-40
  5. V. Perjalanan Misi ke dua
    1. A. Berhenti pertama di Listra. Kis 16:1-5
      1. 1. Memilih Timotius. Kis 16:1-2
      2. 2. Menyunat Timotius. Kis 16:3
    2. B. Berhenti ke dua di Troas. Kis 16:6-10
      1. 1. Roh Kudus melarang untuk pergi ke utara atau selatan. Kis 16:6-7
      2. 2. Roh Kudus menyuruh pergi ke barat. Kis 16:8-10
    3. C. Berhenti ke tiga di Filipi. Kis 16:11-40
    4. Di Filipi ada tiga pertobatan yang terjadi
      1. 1. Penyelamatan seorang pedagang perempuan. Kis 16:13-15
      2. 2. Penyelamatan seorang hamba perempuan. Kis 16:16-18
      3. 3. Penyelamatan kepala penjara. Kis 16:19-40
        1. a. Paulus difitnah. Kis 16:19-21
        2. b. Paulus didera. Kis 16:22-24
        3. c. Paulus menyanyi. Kis 16:25
        4. d. Paulus jurubicara. Kis 16:26-28
        5. e. Paulus pemenang jiwa. Kis 16:29-34
        6. f. Paulus warganegara Roma. Kis 16:35-40
    5. D. Berhenti ke empat di Tesalonika. Kis 17:1-9
      1. 1. Paulus bekerja tidak mengenal lelah. 2 Tes 3:7-10
      2. 2. Paulus bersaksi tidak mengelah lelah. Kis 17:2-5
    6. E. Berhenti ke lima di Berea. Kis 17:10-14
    7. F. Berhenti ke enam di Atena. Kis 17:15-34
      1. 1. Paulus sangat sedih hatinya, melihat kota ini penuh dengan patung-patung. Kis 17:16-17
      2. 2. Para pendengar khotbahnya. Kis 17:22
      3. 3. Kata pengantar khotbahnya. Kis 17:22
      4. 4. Naskah khotbahnya. Kis 17:23-31
      5. 5. Maksud dari khotbahnya. Kis 17:24-31
        1. a. Allah adalah pencipta. Kis 17:24-26,28-29
        2. b. Allah ingin menyelamatkan semua bangsa. Kis 17:27,30
          1. (1) Supaya mereka mencari Dia. Kis 17:27
          2. (2) Supaya mereka bertobat. Kis 17:30
        3. c. Mengenai masa depan Allah akan menghakimi. Kis 17:31
      6. 6. Reaksi terhadap khotbahnya Kis 17:32
        1. a. Ada yang mengejek. Kis 17:32-34
        2. b. Ada yang tertambat. Kis 17:32
        3. c. Ada yang percaya. Kis 17:34
    8. G. Berhenti ketujuh di Korintus. Kis 18:1-18
    9. Ia datang bukan dengan akal budi, tetapi dengan kuasa Roh Kudus. 1 Kor 2:1-4
      1. 1. Sahabat-sahabat Paulus ada di kota ini. Kis 18:1-5
        1. a. Tukang kemah. Kis 18:1-4
        2. b. Anggota misi. Kis 18:5
      2. 2. Lawan Paulus ada di kota ini. Kis 18:5-6,12-17
        1. a. Ciri-ciri mereka. Kis 18:5
        2. b. Penghinaan mereka. Kis 18:6
        3. c. Pemberontakan mereka. Kis 18:12-15
          1. (1) Ironinya usaha mereka. Kis 18:16
          2. (2) Pengejekan. Kis 18:17
      3. 3. Buah-buah Paulus di kota ini. Kis 18:8,11
      4. 4. Bapa Sorgawi Paulus di kota ini. Kis 18:19-21
    10. H. Berhenti ke delapan di Efesus. Kis 18:10-21
      1. 1. Priskila dan Akwila menyertai dia. Kis 18:18
      2. 2. Mereka minta Paulus tinggal di situ, tetapi Paulus melanjutkan perjalanannya. Kis 18:20-21
    11. I. Berhenti terakhir kembali ke Antiokia.
  6. VI. Perjalanan Misi ke tiga. Kis 18:23-21:24
    1. A. Berhenti pertama di Asia Kecil. Kis 18:24-19:40
    2. Paulus mengunjungi kembali Gereja-gereja dengan mengajar mereka.
    3. B. Berhenti ke dua di Efesus. Kis 18:24
      1. 1. Pendahulu Paulus. Kis 18:24
        1. a. Pengajaran Apolos. Kis 18:25
        2. b. Guru Apolos. Kis 18:26
      2. 2. Buah-buah Paulus di Efesus Kis 19:1-41
        1. a. Murid Yohanes Kis 19:1-7
        2. b. Lamanya berada di Tiranus Kis 19:8-10
        3. c. Membagikan kain yang sudah didoakan Kis 19:11-12
        4. d. Peristiwa Skewa Kis 19:13-17
        5. e. Pengabdian orang orang percaya Kis 19:18-20
        6. f. Keputusan Paulus
        7. g. Pembela-pembela, Diana / Artemis. Kis 19:23-40
          1. (1) Fitnah Demitrius. Kis 19:23-28
          2. (2) Kegilaan orang banyak. Kis 19:29-34
          3. (3) Logika pegawai kota. Kis 19:35-41
            1. (a) Satu : Sifat Ilahi patung. Kis 19:35-36
            2. (b) Dua : Kejujuran lawan. Kis 19: 37
            3. (c) Tiga : Sahnya persoalan. Kis 38-39
            4. (d) Empat: Kemungkinan dituduh mengadakan huru-hara. Kis 19:40
      3. 3. Tindak lanjut Paulus di Efesus
        1. a. Sementara di Efesus, Paulus menerima berita yang mengganggu. 1 Kor 1:11
        2. b. Dia menulis surat 1 Korintus dari Efesus.
        3. c. Ia pernah menerima surat yang mungkin hilang di gereja ini. 1 Kor 5:9
        4. d. Paulus mempercepat perjalanannya ke Korintus. 2 Kor 2:1; 12:4; 13:1-2.
        5. e. Sesudah kembali, ia menulis surat 2 Korintus dari Efesus .
    4. C. Berhenti ke tiga di Gerika. Kis 20:1-5
      1. 1. Sesudah tinggal tiga bulan, ia melarikan diri dari komplotan orang Yahudi yang akan membunuh dia.
      2. 2. Paulus menulis Kitab Roma dari Gerika.
    5. D. Berhenti ke.empat di Troas. Kis 20:6-12
      1. 1. Khotbah tengah malam. Kis 20:7
      2. 2. Kecelakaan di pagi buta. Kis 20:8-9
      3. 3. Bangun kembali oleh mujizat. Kis 20:10-12
    6. E. Berhenti ke lima di Miletus. Kis 20:13-38
      1. 1. Tinjauan masa lalu. Kis 20:31
        1. a. Tugas sebagai hamba Tuhan. Kis 20:19
        2. b. Tugas sebagai guru. Kis 20:20,27
        3. c. Tugas sebagai pemberi Injil. Kis 20:21,26
        4. d. Tugas sebagai teladan. Kis 20:33-35
      2. 2. Pandangan mengenai saat ini
        1. a. Ringkasan situasinya. Kis 20:22-23,25
        2. b. Ringkasan situasi mereka. Kis 20:28,32
          1. (1) Apa yang harus mereka kerjakan. Kis 20:28
          2. (2) Bagaimana mereka dapat bekerja Kis 20:32
      3. 3. Peninjauan masa depan
        1. a. Hasrat apa yang ada. Kis 20:24
        2. b. Apa bahayanya. Kis 20:29-30
    7. F. Berhenti ke enam di Tire. Kis 21:1-6
      1. 1. Berita Injil dari Roh Kudus. Kis 21:4
      2. 2. Persekutuan di pantai. Kis 21:5-6
    8. G. Berhenti ke tujuh di Ptolemais. Kis 21:7
    9. H. Berhenti ke delapan di Kaisarea. Kis 12:8-14
      1. 1. Prajurit Allah. Kis 21:8
      2. 2. Wanita dari Allah. Kis 21:9
      3. 3. Peringatan dari Allah. Kis 21:10-11
      4. 4. Kemauan dari Allah. Kis 21:12-14
  7. VII. Penangkapan Paulus di Yerusalem. Kis 21:15-23:32
    1. A. Desas-desus tentang perlawanan. Kis 21:18-22,27-30
      1. 1. Dituduh mencela hukum Musa. Kis 21:18-21
      2. 2. Menajiskan Bait Allah. Kis 21:27-30
    2. B. Reaksi Paulus. Kis 21:23-26
    3. C. Penyelamatan Paulus. Kis 21:30-32
    4. D. Jawaban Paulus. Kis 21:33-23:10
      1. 1. Jawaban kepada Kapten kepala
        1. a. Percakapan pertama Kis 21:33-39
          1. (1) Kebingungan Kapten Kis 21:38
          2. (2) Koreksi dari rasul Kis 21:39
        2. b. Percakapan kedua. Kis 22:24-30
          1. (1) Perintah Kapten. Kis 22:24-25
          2. (2) Perhatian Kapten. Kis 22:28-29
      2. 2. Jawaban kepada orang-orang Yahudi Kis 21:40; 22:23
        1. a. Pidato. Kis 22:1-21
          1. (1) Pertobatannya. Kis 22:1-16
          2. (2) Panggilannya. Kis 22:17-18,21
        2. b. Jeritan. Kis 22:22-23
      3. 3. Jawaban kepada Sanhedrin Kis 23:1-10
        1. a. Ia ditampar. Kis 23:1-2
        2. b. Allah akan menampar mereka. Kis 23:3
        3. c. Penyesalan. Kis 23:4-5
        4. d. Diambil dari tengah massa
    5. E. Wahyu kepada Paulus Kis 23:11
    6. F. Pembalasan dendam dan perlawanan Kis 23:12-15
    7. G. Sanak famili Paulus Kis 23:16-22
    8. H. Paulus dipindahkan Kis 23:23-24
      1. 1. Para prajurit. Kis 23:23-24
      2. 2. Salam. Kis 23:25-32
  8. VIII. Hukuman penjara di Kaisarea. Kis 23:33-26:32
    1. A. Paulus di hadapan Feliks. Kis 23:33-24:27
      1. 1. Dakwaan dari Tertulus. Kis 24:1-9
        1. a. Pemberontakan politik. Kis 24:5
        2. b. Dituduh menghujat agama. Kis 24:5
        3. c. Penajisan rumah ibadat. Kis 24:6
      2. 2. Jawaban Paulus. Kis 24:10-21
        1. a. Mengenai tuntutan yang pertama dan ketiga. Kis 24:11-13
        2. b. Mengenai tuntutan yang kedua. Kis 24:14-16,20-21
      3. 3. Pemikiran Feliks. Kis 24:22
    2. B. Paulus di hadapan Festus Kis 25:1-12
      1. 1. Perjalanan. Kis 25:1-6
      2. 2. Penyiksa Kis 25:7
      3. 3. Yang disiksa. Kis 25:8
      4. 4. Pengkhianatan Kis 25:9
      5. 5. Naik banding Kis 25:10-12
    3. C. Paulus di hadapan Agripa Kis 25:13-26:32
      1. 1. Meringkaskan
        1. a. Kegiatannya sebagai orang beragama Kis 26:2-5,9-11
        2. b. Kegiatannya sebagai orang yang ditebus
          1. (1) Pertobatannya. Kis 26:15
          2. (2) Panggilannya. Kis 26:16-18
          3. (3) Pengabdiannya. Kis 26:19
          4. (4) Perselisihannya. Kis 26:21
          5. (5) Ketetapannya. Kis 26:22-23
      2. 2. Pemenang jiwa Kis 26:24-32
        1. a. Paulus dan Festus. Kis 26:24-25
        2. b. Paulus dan Agripa Kis 26:26-32
        3. Paulus menulis Ibrani dari Kaisarea.
  9. IX. Pelayarannya ke Roma. Kis 27:1-28:15
    1. A. Tahap 1: Dari Kaisarea ke Pelabuhan Indah. Kis 27:1-2
      1. 1. Kebaikan Yulius kepada Paulus. Kis 27:1,3
      2. 2. Perhatian Paulus kepada Yulius. Kis 27:9-11
    2. B. Tahap 2: Dari Pelabuhan Indah ke Melita. Kis 27:13-14
      1. 1. Badai yang menakutkan. Kis 27:14-20
      2. 2. Orang-orang kudus yang gembira Kis 27:21-26,33-37
        1. a. Aspek nubuat. Kis 27:23-25
          1. (1) "Kamu akan selamat". Kis 27:22
          2. (2) Kecuali kapal ini. Kis 27:22
          3. (3) Namun kita harus mendamparkan kapal ini di salah satu pulau. Kis 27:26
        2. b. Aspek praktis. Paulus memecahkan roti untuk 276 jiwa. Kis 27:33-37.
        3. c. Aspek politik. Kis 27:39-44
    3. C. Tahap 3: di Melita. Kis 28:1-10
      1. 1. Paulus dan rakyat Kis 28:1-6
        1. a. Pendapat pertama, mereka mengira Paulus pembunuh. Kis 28:2-4
        2. b. Akhirnya Paulus disebut dewa. Kis 28:5,7
      2. 2. Paulus dan Publius Kis 28:7-10
        1. a. Penyembuhan Ayahnya. Kis 28:8
        2. b. Penyembuhan sahabatnya. Kis 28:9
    4. D. Tahap 4: Dari Melita ke Roma Kis 28:11-15
  10. X. Pertama dipenjara di Roma. Kis 28:11-15
    1. A. Dua kali pertemuan di mana Injil diberitakan kepada orang-orang Yahudi di Roma. Kis 28:17-29
      1. 1. Pertemuan pertama. Kis 28:17-22
        1. a. Tinjauan Rasul. Kis 28:17-20
        2. b. Reaksi para hadirin. Kis 28:21-22
      2. 2. Pertemuan ke dua. Kis 28:23-29
        1. a. Khotbah yang terperinci tentang Allah Kis 28:23-24
        2. b. Melakukan Injil Allah Kis 28:25-26
        3. c. Mengembangkan keselamatan dari Allah Kis 28:28
    2. B. Dua tahun, selama Injil diberitakan kepada semua orang. Kis 28:30-31
  11. XI. Pembebasannya.
  12. * Kemegahan dalam Kristus semakin bertumbuh Fil 1:26 * Tetapi dalam Tuhan aku percaya, bahwa aku sendiripun akan segera kembali. Fil 2:24 * Karena aku harap oleh doamu aku akan dikembalikan kepadamu. Filemon 22.
  13. XII. Perjalanan Misi terakhir.
    1. A. Di Efesus. 1 Tim 1:3;3:14-15
    2. Paulus meninggalkan Timotius untuk menggembalakan sidang di Efesus.
    3. B. Di Makedonia. 1 Tim 1:3
    4. Paulus menulis surat l Timotius dari Makedonia.
    5. C. Mungkin di Spanyol, seperti ia jelaskan dalam surat Roma 15:24-28.
    6. D. Paulus meninggalkan Titus untuk menjadi penilik jemaat di Krete.
    7. E. Di Korintus. 2 Tim 4:20
      1. 1. Paulus meninggalkan Erastus.
      2. 2. Paulus menulis Surat Titus.
    8. F. Dia meninggalkan Trophinus yang sakit di Miletus. 2 Tim 4:20
    9. G. Di Troas 2 Tim 4: 13
    10. Jika engkau ke mari bawa juga jubahku yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu.
    11. H. Di Nikopolis. Tit 3:12
    12. Paulus merencanakan tinggal selama musim dingin.
  14. XIII. Terakhir dipenjarakan di Roma.
    1. A. Dia menulis 2 Timotius.
    2. B. Dia ditinggalkan banyak sahabatnya 2 Tim 1:15; 4:10
    3. C. Hal ini terjadi pada waktu pemeriksaan pertama. 2 Tim 4:16
    4. D. Hanya Onesiphorus, keluarganya dan Lukas yang tetap setia 2 Tim 1:16; 4:11
    5. E. Permintaan Paulus; agar Timotius segera datang kepadanya sebelum musim dingin. 2 Tim 4:19,21
    6. F. Apabila ia datang, agar membawa Yohanes Markus, juga mantel dan buku-buku. 2 Tim 4:13
  15. XIV. Kematiannya sebagai martir buat Kristus. 2 Tim 4:6-8.
[+] Bhs. Inggris



TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.25 detik
dipersembahkan oleh YLSA