Daftar Isi
GAMBAR: Filipus
BROWNING: FILIPI FILIPUS KAISAREA FILIPI
BIOTOKOH PB: FILIPUS FILIPUS
ENSIKLOPEDIA: FILIPUS KAISAREA FILIPI

Philippi

Dalam versi-versi Alkitab:

Filipi: BABA BIS FAYH TB WBTCDR
Filipij: LDKDR
Filippi: KL1863
Filipus: LDKDR
Kaisarea Filipi: BIS
Kaisariah-Filipi: BABA
Pilipi: ENDE KL1870 SBDR TL
Pilippi: KL1863

Gambar

Filipus: selebihnya..
Topik: Other Portraits of Philip from Beth-saida; Philip and Nathanael; Philip and the Eunuch; Philip, Apostle, in Various Compositions; The Death of Philip

FILIPI [browning]

Kota di timur laut Yunani yang diberi nama menurut Filipus II dari Makedon. Kota ini dikukuhkan kembali oleh Markus Antonius sebagai perkampungan veteran tentara Roma yang berjaya (41 sM), dan diperluas dengan perkampungan tambahan pada 31 sM den dikelola sebagai kotapraja Romawi. Penduduknya campuran, mencakup orang-orang Yahudi (Kis. 16:13). Ada yang menjadi Kristen a.l. oleh Rasul Paulus, yang beberapa kali berkunjung ke kota itu dan yang menuliskan suratnya kepada jemaat di tempat itu dengan penuh kasih sayang (54 M). Kira-kira tahun 125, sepucuk surat dituliskan kepada Gereja di tempat itu oleh Polikarpus dari Smirna, yang masih ada sekarang.

FILIPUS [browning]

Nama dari banyak tokoh Alkitab. Mulai dari Filipus, ayah *Aleksander Agung dan seterusnya (1Mak. 1:1; 6:2). 1) *Herodes Agung memperanakkan seorang putra dari Marianne, yang disebut Herodes Filipus. Ia menikah dengan *Herodias dan mempunyai anak perempuan, *Salome yang menikah dengan Herodes Filipus II, anak laki-laki dari Herodes Agung dan Kleopatra dari Yerusalem. Filipus II ini adalah raja wilayah *Ituraea dan *Trakhonitis (Luk. 3:1), dari 4 sM sampai 33 M. 2) Salah seorang pengikut Yesus bernama Filipus (Mrk. 3:18; Yoh. 1:43). Ia ada di Yerusalem setelah *kebangkitan (Kis. 1:13). 3) Seorang Filipus lagi (si pemberita Injil) adalah salah seorang dari tujuh orang yang ditunjuk untuk mengurusi pelayanan kasih Gereja (Kis. 6:5), tetapi kemudian ia memperluas kegiatannya itu (Kis. 8:29) dengan membaptiskan seorang Etiopia yang takut akan Allah. Kemudian, Filipus hidup di *Kaisarea (Kis. 21:8-9) bersama empat orang putrinya yang bernubuat.

KAISAREA FILIPI [browning]

Sebuah kota pedalaman di tepi Sungai *Yordan, di kaki Gunung *Hermon, tempat *Herodes Agung membangun sebuah kuil untuk Kaisar *Agustus, yang telah memberi dia kota itu. Semula disebut Panion. Kota itu diberi nama Kaisar oleh *Filipus, anak keempat Herodes, yang secara egoistis menambahkan 'Filipi' !!- untuk menghindari kekacauan dengan sebuah kota di tepi pantai Laut Tengah.

FILIPUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaMat 10:3
Namanya disebut16 X
Kitab yang menyebutMatius, Markus, Lukas, Yohanes dan Kisah Para Rasul.
Tempat kelahiranMungkin di kota Galilea di Betsaida (Yoh 1:44)
Tempat kematianTradisi mengatakan, dia mati di Hierapolis, kota dekat Kolose dan Laodikia.
Terakhir disebutKis 1: 13
Fakta pentingDia membawa Natanael kepada Kristus (Yoh 1:45-46)
Ringkasan
  1. I. Perjumpaan pertama dengan Kristus.
    1. A. Kerelaan Filipus; Yoh 1:43
    2. B. Kesaksiannya; Yoh 1:45
    3. C. Kearifannya; Yoh 1:46
  2. II. Pelayanan sepenuhnya untuk Kristus.
    1. A. Filipus dan Juruselamat.
      1. 1. Waktu di laut Galilea; Yoh 6:5-7
      2. 2. Di ruang atas; Yoh 14:8-9
    2. B. Filipus dengan orang yang mencari Yesus; Yoh 12:20-22.

FILIPUS (Penginjil) [biotokoh pb]

Disebut pertamaKis 6:5
Namanya disebut16 X
Kitab yang menyebutKisah Para Rasul.
PekerjaanPenginjil
Tempat kelahiranMungkin di Kaisarea
Terakhir disebutKis 21:8
Fakta pentingDia membawa orang Etiopia kepada Kristus dalam perjalanan dari Gaza.
Ringkasan
  1. I. Dia dipilih sebagai diaken di Yerusalem.
    1. A. Alasan untuk dipilih Kis 6:1-2
    2. B. Syarat untuk dipilih Kis 6:3-4; 6:5a
  2. II. Penginjilan di Samaria Kis 8:5-8
    1. A. Pengajarannya; Kis 8:5
    2. B. Melakukan Keajaiban; Kis 8:6-8
  3. III. Pemenang jiwa di Gaza. Kis 8: 26-40
    1. A. Berita dar Malaikat; Kis 8:26
    2. B. Pelayanannya kepada sida-sida.
      1. 1. Kedudukan sida-sida; Kis 8:27
      2. 2. Kebingungan sida-sida; Kis 8:27
        1. a. Perjalanan; Kis 8:28,32-34
        2. b. Persoalan; Kis 8:29,30,34
      3. 3. Penjelasan kepada sida-sida; Kis 8:35
    3. C. Perubahan dari sida-sida; Kis 8:36-37
    4. D. Pengakuan sida-sida; Kis 8:38-39
  4. IV. Keluarga di Kaisarea. Kis 8:40
    1. A. Berkunjung kerumah Filipus; Kis 21:8
    2. B. Empat anak dara Filipus; Kis 21:9

FILIPUS [ensiklopedia]

(Yunani philippos, 'pencinta kuda'). Ada 4 tokoh yg memakai nama ini, yg dikenal oleh para penulis PB.

1. Seorang putra Herodes Agung dan Mariamne, putri Simon, Imam Besar. Untuk beberapa saat dialah penerus terdekat untuk Antipater (Jos., Ant. 17.53), tapi urutan ini dibatalkan oleh wasiat Antipater di kemudian hari, dan akhirnya ia hidup sebagai orang biasa. A. H. M Jones (The Herods of Judaea, 1938, hlm 176n) kemukakan, bahwa namanya sebenarnya ialah Herodes, bukan Filipus (Jos., Ant. 18.137, menyebutnya Herodes, tapi karena begitu banyak anggota keluarga Herodes yg memakai nama itu, maka dirasakan harus ada nama tambahan untuk membedakannya). Istrinya Herodias, ibu Salome, meninggalkannya dan kawin dengan Herodes Antipas, saudara tirinya (Mat 14:3: Mrk 6:17, Luk 3:19).

2. Seorang putra Herodes Agung dari istrinya yg kelima, yaitu Kleopatra orang Yerusalem; menurut keterangan Jos., Ant, 17.21 dia dibesarkan di Roma. Sesuai wasiat Herodes, kaisar Agustus mengangkat Filipus menjadi raja wilayah atas empat daerah, yaitu Gaulanitis, Trakhonitis, Auranitis dan Batanea (Jos), dan Iturea (Luk 3:1). Ia memerintah selama 37 thn, sampai ia mati pada thn 33/34 M. Ia berbeda dari kaum keluarganya dalam hal dilunakkannya pemerintahannya dan dalam menegakkan keadilan (Jos., Ant 18.106). Sesudah ia mati, wilayahnya disatukan dengan propinsi Siria sampai thn 37 M, tatkala Kaisar Gayus Kaligula memberikannya kepada raja Agripa (raja Herodes dim Kis 12:1, 19-23), putra Aristobulus dan cucu Herodes dan Mariamne.

Filipus membangun Panias kembali (Banyas modern) dan memberinya nama Kaisarea Filipi (Mat 16:13; Mrk 8:27) dan Betsaida Yulias (Jos., Ant. 18.28; BJ2.168). Kedua nama itu memantulkan simpatinya terhadap Roma. Dialah pangeran Yahudi pertama yg mencetak gambar kepala kaisar-kaisar Roma di atas mata uangnya. Ia kawin dengan Salome, putri Herodias, tapi tidak mempunyai anak (Jos., Ant. 18.137).

3. Filipus yg rasul, dipanggil mengikuti Yesus pada keesokan harinya sesudah Andreas dan Simon dipanggil, dan dialah pengantara yg membawa Natanael mengikuti Yesus (Yoh 1:43-46). Ia tinggal di Betsaida (Yoh 1:44); inilah Betsaida yg ada di Galilea (Yoh 12:21), yaitu tempat tinggal Andreas dan Simon, suatu kampung nelayan di tepi pantai barat danau Galilea. Dalam daftar rasul-rasul sesuai Mat 10:3; Mrk 3:14: Luk 6:14, namanya nomor lima dalam urutan, dan Bartolomeus nomor enam; dalam daftar Kis 1:13 dia nomor lima, tapi Tomas nomor enam. Ay-ay yg lain dalam PB yg mengandung namanya, menceritakan tentang ucapannya bahwa tak mungkin menyediakan makanan bagi 5.000 orang (Yoh 6:5); bahwa dia membawa orang-orang Yunani kepada Yesus (Yoh 12:21 dab), dan permohonannya kepada Yesus untuk melihat Bapak (Yoh 14:8). Papias 2:4 menyinggung mengenai dia sebagai salah seorang presbuteroi (penatua) (lih sambungannya di bawah).

4. Filipus adalah seorang dari 'tujuh orang' yg terpilih menjadi pelayan dari jemaat di Yerusalem (Kis 6:3,5). Dengan adanya penganiayaan terhadap gereja yg disusul oleh martirnya Stefanus, Filipus pergi ke Samaria untuk memberitakan Injil, dan di situ penginjilannya mendapat berkat yg lebih banyak (Kis 8:5-13). Sesudah itu ia disuruh ke selatan ke jalan Yerusalem-Gaza, untuk membawa sida-sida Etiopia kepada Kristus (Kis 8:26-38). Sesudah peristiwa ini, dia 'dilarikan oleh Rob Tuhan' ke Azotus, yaitu kota Asdod di negeri Filistin. Dari sana ia berkeliling melaksanakan tugasnya sampai ia tiba di pelabuhan Kaisarea (Kis 8:39-40). Agaknya ia menetap di situ (Kis 21:8).

Ia terkenal sebagai 'pemberita Injil', barangkali untuk membedakan dia dari rasul Filipus (lih 3 di atas), dan ada 4 anaknya perempuan, 'yg beroleh karunia untuk bernubuat' (Kis 21:9). Di sini Lukas dengan jelas membedakan Filipus pemberita Injil dari Filipus sang rasul. Eusebius dua kali (EH 3.31; 5.24) mengutip Polikrates, yg maksudnya menunjuk kepada Filipus 'seorang dari 12 rasul', dan kedua anaknya perempuan yg sudah tua itu seakan-akan sudah dikuburkan di Hierapolis, sedang anaknya perempuan yg satu lagi dikuburkan di Efesus. Barangkali yg terakhir inilah yg disebut dalam 3.30 (dikutip dari Klemen Aleksandria, nampaknya di sini memakai bentuk jamak secara serampangan), seakan-akan sudah dikawinkan.

Papias dikutip juga (EH 3.39) sebagai menerangkan bahwa rasul Filipus' bersama anak-anaknya yg perempuan tinggal di Hierapolis, dan anak-anaknya itu memberikan dia penerangan. Suatu kutipan dari Dialogue of Gains and Proclus dalam Eus, EH 3.31, mengatakan bahwa kuburan Filipus bersama keempat anaknya yg bernubuat itu bisa dilihat di Hierapolis, yg disusul dengan menunjuk kepada Kis 21:8-9, dan menunjukkan bahwa Eusebius, sejarahwan itu, mengacaukan Filipus rasul dengan Filipus pemberita Injil. Mungkin sekali, bahwa baik rasul maupun pemberita Injil itu sama-sama mempunyai anak perempuan, yg menimbulkan kekacauan tsb. Lightfoot (Colossians, hlm 45 dst) mungkin benar dalam mempertahankan, bahwa rasul Filipus-lah yg mati di Hierapolis.

Penemuan papirus di Nag Hammadi membuat kita tahu tentang suatu kitab Apokrifa, yaitu Gospel according to Philip: lih R McL Wilson, The Gospel of Philip, 1962. DHW/MHS

KAISAREA FILIPI [ensiklopedia]

Kota yg indah di kaki G Hermon, di tempat muasal S Yordan, terkenal sebagai tempat pengakuan Petrus (Mat 16:13 dab). Mungkin kota ini sama dengan Baal-Gad dalam PL. Baal ialah dewa yg disembah di sana pada zaman PL; di zaman yg kemudian orang Yunani mengganti dewa Baal dengan dewa mereka, Pan, dan kotanya diberi nama Paneas, sedang kuilnya sendiri disebut Panion. Ketika pemerintah dari wangsa Seleukus, Antiokhus III, merebut Palestina (bersama seluruh Siria) dari Ptolomeues, Paneas menjadi salah satu medan pertempuran yg menentukan (200 sM). Herodes Agung membangun satu kuil marmer di sana bagi Kaisar Agustus, yg telah memberikan kepadanya kota itu; dan Filipus, raja wilayah itu, yg lebih kemudian memerintah pada zaman Kaisar yg sama, memperindah kota itu lebih lanjut, dengan memberikan nama Kaisarea lagi untuk menghormati Kaisar.

Tambahan sebutan 'Filipi' yakni dari Filipus, dimaksudkan untuk membedakannya dari Kaisarea yg di pantai (bnd Kis 8:40). Agripa II kemudian membangun kembali kota itu pada zaman pemerintahan Nero, serta memberikannya nama yg lain, yaitu Neronias; tapi nama ini segera dilupakan. Kota ini agak penting pada zaman Perang Salib. Namanya yg kuno bertahan hingga kini sebagai Banias. Di sana ada tempat suci bagi orang Muslim al-Khidr, yg dapat disamakan dengan St. George. DFP/HH




TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA