Papiri
Papiri [haag]
Papiri.
Papirus masuk ilmu pengetahuan tentang ~P dimulai pada tahun 1877, pada saat digalinya berbagai ribu fragmen ~P di Fayum (di sekitar kota lama Arsinoe). Sekarang ini ~P yang ditemukan sudah meningkat jumlahnya. Sekurang-kurangnya mencapai jumlah 10.000 buah. ~P tertua berasal dari dinasti Mesir yang ke 5 dan ke 6 (2500-2200 seb. Mas.). Kebanyakan ~P berasal dari zaman antara tahun 500 seb. Mas. sampai pada tahun 1000 ses. Mas. ~P merupakan sumber keterangan yang sangat berharga tentang sejarah, tentang sastra, tentang hukum dan hubungan keadaan ekonomi dari dunia Yunani-Romawi dan dari awal Yudaisme. ~P banyak membantu pengetahuan kita tentang bahasa pergaulan Yunani dan hubungannya dengan bahasa --> Yunani Alkitab. Demikian pula pengetahuan kita tentang penyampaian --> naskah Alkitab, tentang keadaan di --> diaspora Yahudi maupun tentang aliran Gnosis. Untuk ilmu pengetahuan Alkitab ~P berikut ini termasuk penting:
- (I) PAPIRI ALKITAB. (:baru diketahui sejak akhir abad 19).
- (1) Sampai pada penemuan di gurun Yehuda (lihat III) P PL dalam bahasa Ibrani yang paling berharga adalah ~P Nash (: diperkirakan berasal dari zaman Makabe). ~P itu memuat Dekalog dalam sebuah lembaran (Kel 20:2-17) dan memuat Syema' (Ul 6:1-5) untuk dipakai di dalam liturgi.
- (2) Bagi ~P pada PL maupun PB dengan bahasa Yunani, lihat --> Naskah-naskah Alkitab. Naskah Alkitab di dalam bahasa Koptis memungkinkan adanya terbitan PB dalam bahasa Koptis yang tertib.
- (II) PAPIRI ELEFANTIN. Penemuan utama pada tahun 1898-1908. ~P terutama memuat dokumen perkawinan dan dokumen perdagangan. Sebagian besar ditulis dalam bahasa Aram. Tulisan itu berlangsung dari zaman tahun 494 sampai tahun 400 seb. Mas. dan berasal dari arsip-arsip koloni militer Yahudi, yang tinggal di pulau Nil pada zaman kekuasaan Persia. Tulisan itu memungkinkan kita untuk merekonstruksi kembali kehidupan jemaat Yahudi di dalam diaspora (kenisah Yahwe tersendiri (--> Kenisah II.2) dengan cara-cara pelaksanaan kurban!) dan banyak membantu untuk mengetahui Kitab Ezr/Neh dengan lebih baik. Tetapi naskah-naskah biblik maupun nukilan-nukilan biblik tidak ditemukan di dalam ~P itu.
- (III) PAPIRI DARI GURUN YEHUDA.
- (1) --> Kumran. Dari sebelas gua di daerah Khirbet-Kumran orang menemukan naskah-naskah. Gua-gua 1,4,6,7 dan 9 memuat ~P. Dari gua 4 kita memiliki sekitar 1600 fragmen ~P yang isinya bukan biblik. Dalam inventaris yang melimpah pada gua 6 terutama banyak berisi ~P. Di situ ada pula naskah biblik Ibrani. Sebuah bukti, bahwa juga di dalam Yudaisme di Palestina boleh ditulis naskah kanonik di atas ~P.
- (2) Murabbat'at. ~P dalam bahasa Ibrani dan bahasa Aram berasal dari abad 8 seb. Mas., abad 1 ses. Mas., dan dari waktu pemberontakan Yahudi yang ke-2. Dua buah surat berasal dari Simon ben Koska (bar Kokhba). ~P lainnya adalah perjanjian-perjanjian perkawinan dan perjanjian pembelian. Di situ ditemukan pula fragmen-fragmen di dalam bahasa Yunani serta Arab.
- (3) Khirbet Mird (1952-1953): ~P pertama dalam bahasa Aram dari zaman Palestina-serani yang ditemukan di Palestina (Surat seorang pertapa, abad 7 ses. Mas.).
- (4) Nahal Heber: ~P ber-bahasa Nabati dan Aram. Masih ditemukan pula 14 pucuk surat Simon ben Kosba atas ~P (: dalam bahasa Aram, Ibrani dan Yunani), tambahan lagi dari arsip pribadi Babata, puteri Ben Kosba (35 buah ~P dalam bahasa Nabati, Aram dan Yunani). Kecuali itu masih banyak ~P lainnya dari waktu pemberontakan Yahudi yang kedua.
- (5) --> Masada: ~P berbahasa Latin dari garnisun Romawi.
- (IV) PAPIRI DARI NAG HAMMADI. 13 buah kodeks berbahasa Koptis (1014 halaman). Ditemukan pada tahun 1945 dan sampai kini belum diumumkan. Kumpulan itu memuat naskah-naskah Hermetis, Gnostik kafir dan Gnostik-kristen. Pandangan-pandangan baru mengenai sejarah purba PL, mengenai pribadi para Nenek-moyang, mengenai Yesus dan berbagai pribadi lainnya dari PB. Injil Thomas membangkitkan minat luar-biasa, sebab Injil itu paling dekat pada PB.