: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Amnon | Amok | Amoni | Amorite | Amorites | Amos | Amphipolis | Ampliatus | Ampun | Amrafel | Amram

Amos

Dalam versi-versi Alkitab:

Amawn: LDKDR
Amawts: LDKDR
Ammon: TL
Ammoni: TL
Amon: BIS FAYH TB ENDE KL1863 KL1870 TL WBTCDR
Amos: BIS ENDE KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
AMOS: FAYH
Amoz: TL
Amun: BABA SBDR TL
Amus: BABA
(1) anak kepunyaanku, Kej 19:38; (2) sebuah suku berasal dari Ammon. Ula 2:20.
2Raj 21:18.
(1) kuat, Yes 1:1; (2) beban. Amos 1:1.

Gambar

Amon: selebihnya..
Topik: Amon, King of Judah, in Various Compositions; Other Portraits of Amon, King of Judah
Amos: selebihnya..
Topik: Amos in Various Compositions; Amos Preaching; Other Portraits of Amos; The Call of Amos
AMOS: selebihnya..
Topik: Amos in Various Compositions; Amos Preaching; Other Portraits of Amos; The Call of Amos
Peta Google: Amon (31° 57´, 35° 55´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Amon

Yunani

Strongs #300: Amwn Amon

Amon = "builder"

1) a king of Judah, son of Manasseh, and father of Josiah

300 Amon am-one'

of Hebrew origin (526); Amon, an Israelite: KJV -- Amon.
see HEBREW for 0526

Strongs #301: Amwv Amos

Amos = "burden"

1) an ancestor of Christ

301 Amos am-oce'

of Hebrew origin (531); Amos, an Israelite: KJV -- Amos.
see HEBREW for 0531

Ibrani

Strongs #0526: Nwma 'Amown

Amon = "skilled workman" or "master workman"

1) a king of Judah, son of Manasseh
2) a governor of Samaria
3) a descendant of a servant of Solomon

526 'Amown aw-mone'

the same as 525; Amon, the name of three Israelites: KJV -- Amon.
see HEBREW for 0525

Strongs #0531: Uwma 'Amowts

Amoz = "strong"

1) father of Isaiah

531 'Amowts aw-mohts'

from 553; strong; Amots, an Israelite: KJV -- Amoz.
see HEBREW for 0553

Strongs #05983: Nwme `Ammown

Ammon = "tribal"

1) a people dwelling in Transjordan descended from Lot through Ben-ammi

5983 `Ammown am-mone'

from 5971; tribal, i.e. inbred; Ammon, a son of Lot; also his posterity and their country: KJV -- Ammon, Ammonites.
see HEBREW for 05971

Strongs #05984: ynwme `Ammowniy

Ammonite = see Ammon "tribal"

1) descendants of Ammon and inhabitants of Ammon

5984 `Ammowniy am-mo-nee'

patronymically from 5983; an Ammonite or (the adjective) Ammonitish: KJV -- Ammonite(-s).
see HEBREW for 05983

Strongs #05985: tynwme 'Ammowniyth

Ammonitess = see Ammon "tribal"

1) a woman of Ammon

5985 'Ammowniyth am-mo-neeth'

feminine of 5984; an Ammonitess: KJV -- Ammonite(-ss).
see HEBREW for 05984

Strongs #05986: owme `Amowc

Amos = "burden"

1) a prophet of the Lord who prophesied in the northern kingdom;
native of Tekoa in Judah near Bethlehem and a shepherd by trade;
author of the prophetic book by his name

5986 `Amowc aw-moce'

from 6006; burdensome; Amos, an Israelite prophet: KJV -- Amos.
see HEBREW for 06006

[Barclay]

Strongs #300:

[maskulin] Amon (Mat 1.10)

Strongs #301:

[maskulin] Amos: (1) ayah Matica (Luk 3.25); (2) ayah Yosia (Mat 1.10)

Ammon [haag]

Ammon. (Bhs. Ibr. yang barangkali berarti: Paman kecil).

Sebuah suku Aram yang pada abad 12 mulai menetap di dekat hulu sungai Yabok. Di situ mereka mengusir atau memusnahkan penghuni aslinya. Ibu kota adalah --> Raba. Cerita rakyat dalam Kej 19:30-38 menyebutkan Ben-Ammi dan Lot sebagai Nenek-moyang Ammon dan mengakui asal-usul Aramnya. Peperangan dengan Isr. terjadi sejak zaman para Hakim (--> Yefta), kemudian di bawah pemerintahan Saul (1Sam 11:1-11), demikian pula pada zaman Daud (2Sam 10:1-11:1; 12:26-31). Meskipun Daud memakai mahkota raja di Raba, namun hubungan bangsa ~A. dengan kerajaan Daud tetap tidak jelas. (Sejak pertengahan abad 9 seb. Mas.). ~A. lalu menjadi bawahan bangsa Asyur dan membayar pajak bakti kepada mereka (Tiglatpileser III; Asarhadon, Asurbanipal). ~A. menjadi negara bawahan yang punya dinasti sendiri. Pada zaman Babilon Baru, ~A. mempersulit Yoyakin dengan serangan-serangannya (2Raj 24:2). Baalis, raja bangsa ~A., membayar Ismail untuk membunuh Gedalya (Yer 40:14; 41:1-2). Setelah Babel hancur, bangsa ~A, menjadi bawahan Persia. Sesudah itu ~A. lalu menjadi bawahan Yunani (1Mak 5:1-3 memberitahukan peperangan-peperangan mereka dengan Yudas dari Makabe). Sejak tahun 64 seb. Mas. mereka dikuasai Roma. Para Nabi mengucapkan banyak amsal ancaman kepada ~A.: Am 1:13-15; Zef 2:8-11; Yer 9:25; 49:1-6; Yeh 21:33-37; 25:1-7. Dewa nasional mereka adalah --> Molokh. Salomo (1Raj 11:7) telah membangun sebuah bukit pengorbanan (--> Ibadat di bukit) yang ditujukan untuk menghormati dewa itu. Disamping beberapa meterai kita sudah tidak mempunyai tulisan lain dari Ammon. Peta PL D5/E6.

Amos [haag]

Amos. (Bhs. Ibr.: Yahwe telah memikulnya).

  1. (I). ~A., orang ketiga dari kalangan para --> nabi kecil. Ia berasal dari Tekoa. Ia tidak mau dipandang sebagai seorang nabi. Ia menganggap dirinya sebagai orang yang bertugas menjadi peternak domba dan pemungut buah ara hutan (Am 1:1; 7:14). Ia tampil pada zaman pemerintahan Yeroboam II dari Isr. (783-743). karena buku ~A. mencerminkan suatu periode kesadaran Nasional dan kesejahteraan, maka dapatlah diterima, bahwa ~A. memulai jabatannya sebagai nabi pada tahun 760-750 setelah Isr., memperoleh kemenangan atas bangsa Aram. Apakah yang mendorong dia sebagai seorang Yudea, menuju kerajaan Utara Isr., tidaklah jelas. Ia tampil di Betel (Am 7:10-17) dan di Samaria (Am 3:9-12; 4:1-3; 6:1-7). Ia diusir oleh --> Amazia dari Kenisah dan dari Isr. --> ~A. itu seorang sastrawan yang cerdas. Ia mampu mengutarakan penglihatannya dengan tepat dan jelas. Amsal ancaman yang diucapkannya nampak jelas dan tajam.
  2. (II). ~A. (kitab).
    1. (A) Isi Kitab:
      1. (1) Amsal ancaman lawan bangsa-bangsa, termasuk bangsa Yuda maupun bangsa Isr. (Am 1:3-2:16).
      2. (2) Empat buah amsal ancaman "Dengarlah firman ini" lawan Isr. (Am 3:1-5:6; 8:4-14).
      3. (3) Tiga buah teriakan "ratapan" lawan Isr. (Am 5:7-6:14).
      4. (4) Lima buah penglihatan (Am 7:1-9:4). Berita-berita itu terpisah satu sama lain: oleh sebuah berita dalam bentuk pribadi ketiga, yaitu pertemuan ~A. dengan Amazia di Betel Am 7:10-17, dan oleh sebuah amsal ancaman Am 8:4-14.
      5. (5) Sebuah pujian himne (Am 9:5-6; di tempat lain Am 4:13 dan Am 5:8-9).
      6. (6) Sebuah amsal ancaman lawan Isr. (Am 9:7-10).
      7. (7) Sebuah janji (Am 9:11-15).
    2. (B) Sejarah perihal terjadinya Kitab ~A. Keaslian daripada berita penglihatan dan kebanyakan amsal ancaman yang diucapkan ~A., dipandang pasti oleh para ahli tafsir. Berita penglihatan dan amsal ancaman digabungkan oleh seorang redaktur dengan berita dalam bentuk pribadi ketiga yang tidak berasal dari ~A. Kemudian masih dapat diragukan pula amsal lawan Tirus (sebab waktunya tidak cocok), dan lawan Yehuda (disebabkan adanya alasan sastra), demikian pula pujian himne dan janji. Redaksi terakhir dari Kitab ~A. terjadi pada waktu setelah pembuangan.
    3. (C) Theologi Kitab ~A. Setelah terbebaskan dari bangsa Aram, kesejahteraan di Isr. meningkat. Pertentangan sosial di kalangan rakyat dan formalisme religius meningkat pula. Nabi ~A. melawan kebaktian lahiriah yang tidak didasari sikap batin. Ia menuntut hak dan keadilan. Ia serukan, bahwa Isr. menyiapkan kehancurannya oleh pelanggaran hukum. "Hari Yahwe" (di sini timbul untuk pertama kalinya) akan menakutkan. Hanya sisa Yusuf akan dikasihani (Am 5:15; bdk. Am 9:11-12; ungkapan "sisa" (selama dapat dipertahankan kalau otentik) muncul untuk pertama kalinya dalam pengertian sejarah keselamatan).

Amos [tokoh]

Amos

  1. Nabi dari Tekoa (Am 1:1; 7:10-17).
  2. Nenek moyang Yesus (Luk 3:25).

Orang Amon [pedoman]

  1. 1. Keturunan dari.
  2. Kej 19:38
  3. 2. Dinamai:
    1. 2.1 Bani Lot.
    2. Ul 2:19
    3. 2.2 Bani Amon.
    4. Yer 25:21
  4. 3. Diperintah oleh raja-raja yang turun-temurun.
  5. 2Sam 10:1
  6. 4. Negeri - :
    1. 4.1 Kepunyaan orang Zamzumim.
    2. Ul 2:20,21
    3. 4.2 Berbatasan dengan negeri orang Amori.
    4. Bil 21:24
    5. 4.3 Subur.
    6. Yer 49:4
    7. 4.4 Kuat.
    8. Bil 21:24
    9. 4.5 Setengahnya diberikan kepada suku Gad.
    10. Yos 13:25
  7. 5. Sifat - :
    1. 5.1 Bengis dan serakah.
    2. Am 1:13
    3. 5.2 Suka mencela dan sombong.
    4. Zef 2:10
    5. 5.3 Pendendam.
    6. Yeh 25:3,6
    7. 5.4 Suka akan perhiasan-perhiasan.
    8. 2Taw 20:25
    9. 5.5 Penyembah berhala.
    10. Hak 10:6; 1Raj 11:7,33; 2Raj 23:13
    11. 5.6 Percaya pada tukang-tukang tenung dan sihir.
    12. Yer 27:3,9
  8. 6. Kota-kota - yang terpenting:
    1. 6.1 Raba.
    2. 2Sam 12:26,27; Yer 49:3
    3. 6.2 Ai.
    4. Yer 49:3
  9. 7. Undang-undang Yahudi mengenai - :
    1. 7.1 Dilarang masuk jemaah Tuhan sampai selama-lamanya.
    2. Ul 23:3; Neh 13:1
    3. 7.2 Dilarang mengadakan persahabatan dengan - .
    4. Ul 23:6
    5. 7.3 Dilarang menyusahkan - .
    6. Ul 2:19; 2Taw 20:10
  10. 8. Membantu Eglon melawan orang Israel.
  11. Hak 3:12,13
  12. 9. Bersama dengan orang Filistin menindas orang Israel selama 18 tahun.
  13. Hak 10:6-9
  14. 11. Yefta diangkat untuk membebaskan orang Israel dari - .
  15. Hak 10:18; 11:4-33
  16. 12. Mengajukan satu perjanjian yang menghina Yabesh-Gilead.
  17. 1Sam 11:1-3
  18. 13. Kemenangan Saul atas - .
  19. 1Sam 11:11; 14:47
  20. 14. Menganiaya utusan raja Daud.
  21. 2Sam 10:1-4
  22. 15. Menyewa orang Aram-Bet-Rehob untuk melawan Daud.
  23. 2Sam 10:6
  24. 16. Kemenangan Yoab atas - .
  25. 2Sam 10:7-14; 12:26-29
  26. 17. Harta benda kerajaan diambil dari - .
  27. 2Sam 12:30
  28. 18. Harta rampasan - dipersembahkan kepada Tuhan.
  29. 2Sam 8:11,12
  30. 19. Salah seorang dari pahlawan Daud berasal dari - .
  31. 2Sam 23:37
  32. 20. Salomo mengadakan perkawinan campuran dengan - memperkenalkan
  33. alah-alah - kepada orang Israel.
    1Raj 11:1-5
  34. 21. Bersekutu melawan Yosafat.
  35. 2Taw 20:1; Mazm 83:7
  36. 22. Kekalahan - yang ajaib.
  37. 2Taw 20:5-24
  38. 23. Takluk kepada Uzia.
  39. 2Taw 26:8
  40. 24. Dikalahkan oleh Yotam.
  41. 2Taw 27:5
  42. 25. Merebut milik Gad.
  43. Yer 49:1
  44. 26. Menolong gerombolan-gerombolan orang Kasdim melawan Yehuda.
  45. 2Raj 24:2
  46. 27. Mengacau orang Israel setelah mereka ditawan.
  47. Neh 4:3,7,8
  48. 28. Orang Yahudi dikutuk sebab mengadakan perkawinan campuran dengan - .
  49. Ezr 9:1-3; Neh 13:23-28
  50. 29. Nubuat yang berhubungan dengan - :
    1. 29.1 - ditaklukkan oleh Babel.
    2. Yer 25:9-21; 27:3,6
    3. 29.2 Dibinasakan karena membenci orang Israel.
    4. Yeh 25:2-10; Zef 2:8,9
    5. 29.3 Hukuman karena penganiayaannya yang bengis.
    6. Yer 49:1-5; Am 1:13-15
    7. 29.4 Pemulihan.
    8. Yer 49:6
    9. 29.5 Takluk kepada orang Yahudi.
    10. Yes 11:14

AMON [biotokoh pl]

Arti nama:PEKERJA
AyahManasye - 2 Raja-raja 21:18
IbuMesyulemet - 2 Raja-raja 21:19
IstriYedida - 2 Raja-raja 22:1
Anak laki-lakiYosia - 2 Raja-raja 21:24
Disebut pertama2 Raja-raja 21:18
Namanya disebut16 kali
Kitab yang menyebut6 buku : 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Yeremia, Zefanya, Matius
PekerjaanRaja Yehuda - 2 Raja-raja 21:19
Tempat kematianDi istana Yerusalem - 2 Raja-raja 21:23
Keadaan kematianDibunuh oleh pegawainya sendiri - 2 Raja-raja 21:23
Terakhir disebutMatius 1:10
Fakta pentingIA MENGULANGI DOSA AYAHNYA MANASYE (2 Raja-raja 21:21).

AMOS [biotokoh pl]

Arti nama:PENANGGUNG BEBAN
Disebut pertamaAmos 1:1
Namanya disebut7 kali
Kitab yang menyebut1 buku : Amos
PekerjaanGembala, pemungut buah ara hutan, Nabi - Amos 7:14-15
Tempat kelahiranKota Tekoa - Amos 1:1
Terakhir disebutAmos 8:2
Fakta pentingIA ADALAH NABI YANG SEDERHANA

AMON [browning]

Raja *Yehuda (642-640 sM), ayah Yosia. Agaknya ia dibunuh oleh orang-orang yang menentang kebijakannya untuk bersikap lunak terhadap *Asyur. Penulis Tawarikh tidak meratapi hal ini (2Taw. 33:23 dyb.).

AMOS [browning]

Seorang *nabi, namun tidak profesional dalam perannya itu (Am. 7:14). Dari *Yehuda di selatan, ia mencela kejahatan-kejahatan di Israel, kerajaan Utara, selama masa pemerintahan *Yerobeam 11(775-750 sM). Dari pedalaman dekat *Betlehem, Amos merasa muak atas kemewahan pedesaan yang dijumpainya (Am. 3:15), dan meramalkan malapetaka militer (Am. 6:14) sebagai alat hukuman Allah. Pesan nabi-nabi sebelumnya (*Elia, *Elisa) tercatat dalam kitab-kitab historis. Amoslah nabi pertama yang perkataannya ada dalam kitabnya sendiri. Pesannya mengenai malapetaka ditolak oleh kalangan istana (7:10-17), karena itu, ditegaskan kembali dalam tulisan dengan keterampilan sastra yang baik. Invasi di bawah *Tiglat-Pileser III dimulai pada 734 sM, tidak lama setelah Amos menyampaikan peringatannya.

AMON [ensiklopedia]

Anak Manasye, Amon memerintah 2 thn lamanya di Yehuda (2 Raj 21:19-26; 2 Taw 33:21-25). Sebelum pemerintahannya yg singkat terhenti karena ia dibunuh, ia memberikan bukti nyata bahwa ia menerima sepenuhnya penyembahan berhala secara besar-besaran seperti yg dilakukan almarhum ayahnya. Tidak diketahui dengan pasti alasan mengapa ia dibunuh, tapi kenyataan bahwa para pembunuh pada gilirannya dibunuh oleh 'rakyat negeri itu' menggambarkan bahwa Amon agaknya korban persekongkolan dalam istana daripada korban revolusi biasa. JCJW/WBS

Amon [MYSABDA]

Amon

male person
Definisi : Anak Mesulemet, Manasye; Raja Yehuda; Penerus dari Manasye
Nomor Strong : G300; H526
Kata Asli : Ἀμών; Ἀμών; אָמוֹן
Orang Tua : Manasye , Mesulemet
Pasangan : Yedida
Keturunan : Yosia

Amon [MYSABDA]

Amon

male person
Definisi : Melayani dibawah Salomo; Setelah pembuangan
Nomor Strong : H526
Kata Asli : אָמוֹן

Amon [MYSABDA]

Amon

male person
Definisi : Gubernur Samaria; Pada masa Ahab
Nomor Strong : H526
Kata Asli : אָמוֹן

Amon [MYSABDA]

Amon

supernatural beings and powers
Definisi : dewa/dewi
Nomor Strong : H528
Kata Asli : אָמוֹן

Amos [MYSABDA]

Amos

male person
Definisi : Ayah Yesaya
Nomor Strong : H531
Kata Asli : אָמוֹץ
Keturunan : Yesaya

Amos [MYSABDA]

Amos

male person
Definisi : Nabi kecil
Nomor Strong : H5986
Kata Asli : עָמוֹס

Amos [MYSABDA]

Amos

male person
Definisi : Ayah Matica
Nomor Strong : G301
Kata Asli : Ἀμώς; Ἀμώς; ἀμώς
Keturunan : Matica

Orang Amon [MYSABDA]

Orang Amon

people
Definisi : Keturunan dari Ben-Ami
Nama Lain : Amon; Orang-Orang Amon
Nomor Strong : H5984
Kata Asli : עַמּוֹנִי

Amon [AI-PEDIA]

Amon, Raja Yehuda

Biodata

Peristiwa Penting

  • Pemerintahan yang Jahat: Amon dikenal karena pemerintahannya yang jahat. Ia mengikuti jejak ayahnya, Manasye, yang juga dikenal karena dosa-dosanya. Amon tidak bertobat dari dosa-dosa ayahnya, melainkan meneruskannya dan bahkan semakin terjerumus dalam penyembahan berhala (2 Raja-raja 21:20-22, 2 Tawarikh 33:22-23).
  • Pembunuhan dan Pemberontakan: Karena kejahatannya, Amon dibunuh oleh para pegawainya sendiri dalam suatu persekongkolan istana. Rakyat Yehuda kemudian bangkit dan membunuh semua orang yang terlibat dalam konspirasi tersebut. Setelah kematian Amon, rakyat mengangkat Yosia, putranya, menjadi raja (2 Raja-raja 21:23-24, 2 Tawarikh 33:24-25).

Ayat-ayat Alkitab Terkait

  • 2 Raja-raja 21:19-26: Menceritakan tentang pemerintahan Amon yang jahat, pembunuhannya, dan pengangkatan Yosia sebagai raja.
  • 2 Tawarikh 33:20-25: Memberikan catatan yang serupa dengan 2 Raja-raja tentang Amon, dengan sedikit perbedaan detail.

Pelajaran dari Kehidupan Amon

Meskipun singkat, kehidupan Amon memberikan beberapa pelajaran penting:

  • Dosa memiliki konsekuensi: Amon memilih untuk mengikuti jalan kejahatan ayahnya dan menolak untuk bertobat. Akibatnya, pemerintahannya singkat dan berakhir tragis.
  • Kita menuai apa yang kita tabur: Kejahatan Amon menuai kebencian dan pemberontakan dari rakyatnya sendiri, yang pada akhirnya menyebabkan kematiannya.
  • Allah itu pengasih dan adil: Meskipun Amon berbuat jahat, Allah tetap memberikan kesempatan bagi Yehuda untuk bertobat melalui pemerintahan Yosia, putra Amon, yang dikenal sebagai raja yang saleh.

Meskipun Amon adalah raja yang jahat, kisahnya mengingatkan kita bahwa Allah selalu memberikan kesempatan untuk bertobat dan berbalik kepada-Nya. Kisah Amon juga menunjukkan bahwa Allah dapat memakai siapa saja, bahkan keturunan dari orang-orang yang jahat, untuk menggenapi rencana-Nya.

Amos [AI-PEDIA]

Pendalaman Tokoh Alkitab: Amos

A. Biodata

  • Nama: Amos (עָמוֹס) yang berarti "Beban" atau "Yang Membawa Beban".
  • Asal: Tekoa, sebuah kota kecil di Yehuda, sekitar 12 km selatan Betlehem dan 16 km dari Yerusalem (Amos 1:1).
  • Profesi: Peternak domba dan penoreh pohon ara (Amos 7:14).
  • Pelayanan: Bertugas sebagai nabi di Israel Utara (Samaria) pada masa pemerintahan Raja Uzia di Yehuda (792-740 SM) dan Raja Yerobeam II di Israel (793-753 SM) (Amos 1:1).

B. Peristiwa Penting

  1. Panggilan Amos (Amos 7:14-15): Meskipun bukan berasal dari kalangan nabi, Amos dipanggil oleh Tuhan untuk menyampaikan pesan kepada bangsa Israel. Ia dengan tegas menyatakan bahwa panggilannya datang langsung dari Tuhan.
  2. Hukuman atas Bangsa-Bangsa (Amos 1-2): Amos memulai nubuatnya dengan mengecam dosa-dosa bangsa-bangsa tetangga Israel, menunjukkan bahwa Allah akan menghukum setiap bangsa atas kejahatan mereka.
  3. Hukuman atas Israel (Amos 3-6): Bagian inti dari kitab Amos berisi kecaman keras terhadap dosa-dosa sosial dan spiritual bangsa Israel, termasuk ketidakadilan, penindasan, penyembahan berhala, dan kemunafikan agama.
  4. Penglihatan-Penglihatan Amos (Amos 7:1-9; 8:1-3; 9:1-4): Tuhan memberi Amos beberapa penglihatan yang menggambarkan hukuman yang akan datang atas Israel, tetapi juga memberikan secercah harapan untuk pemulihan di masa depan.
  5. pertentangan dengan Amazia (Amos 7:10-17): Amazia, imam di Betel, menentang Amos dan melarangnya bernubuat di sana. Amos dengan berani membela panggilannya dari Tuhan dan menubuatkan hukuman atas Amazia dan keluarganya.

C. Ayat-Ayat Alkitab Terkait

  • Amos 1:1: "Inilah firman yang dinyatakan kepada Amos, salah seorang peternak domba dari Tekoa, tentang Israel pada zaman Uzia, raja Yehuda, dan pada zaman Yerobeam, anak Yoas, raja Israel, dua tahun sebelum gempa bumi."
  • Amos 7:14-15: "Tetapi Amos menjawab Amazia: "Aku ini bukan nabi dan aku ini bukan anak nabi, melainkan aku ini seorang peternak dan pemungut buah ara hutan. Tetapi TUHAN mengambil aku dari pekerjaan menggiring kambing domba, dan TUHAN berfirman kepadaku: pergilah, bernubuatlah kepada umat-Ku Israel."
  • Amos 5:24: "Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."
  • Amos 9:11-12: "Pada waktu itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan mereparasi tembok-temboknya yang telah runtuh, dan mendirikannya kembali seperti dahulu kala, supaya mereka menguasai sisa-sisa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku, firman TUHAN, yang melakukan hal ini."

D. Pelajaran dari Kitab Amos

  • Keadilan dan kebenaran sosial: Allah membenci ketidakadilan dan penindasan, dan Ia menuntut umat-Nya untuk hidup benar dan adil.
  • Pertobatan sejati: Pertobatan yang sejati bukan hanya sekedar ritual keagamaan, tetapi perubahan hati yang menghasilkan perubahan hidup.
  • Kedaulatan Allah: Allah berdaulat atas segala bangsa, dan Ia akan menghukum dosa dan ketidaktaatan.
  • Pengharapan akan pemulihan: Meskipun hukuman akan datang, Allah tetap setia dan menawarkan harapan untuk pemulihan dan berkat di masa depan.

E. Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Berjuang untuk keadilan dan kebenaran: Kita dipanggil untuk menjadi suara bagi mereka yang tidak bersuara dan untuk melawan ketidakadilan dalam segala bentuknya.
  • Hidup dalam pertobatan: Kita harus senantiasa mengintrospeksi diri dan bertobat dari dosa-dosa kita, mencari pengampunan dan pemulihan dari Allah.
  • Menaruh kepercayaan pada Allah: Meskipun menghadapi masa-masa sulit, kita dapat menaruh kepercayaan kita pada Allah yang berdaulat dan setia.
  • Berbagi pengharapan: Kita memiliki pengharapan di dalam Kristus, dan kita dipanggil untuk membagikan pengharapan ini dengan orang lain.

Semoga pendalaman tokoh Alkitab ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal lain yang ingin Anda ketahui.

[+] Bhs. Inggris



TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.25 detik
dipersembahkan oleh YLSA