ENSIKLOPEDIA: YAHYA YOHANES PEMBAPTIS
BIOTOKOH PB: YOHANES YOHANES PEMBAPTIS
BROWNING: YOHANES PEMBAPTIS
John
Dalam versi-versi Alkitab:
Jahhja: LDKDRJahhja 'Elghazal: LDKDR
Jahhja Permandij: LDKDR
Jahja: KL1870
Jahja pembabtis: KL1870
Joanes: ENDE
Joenas: KL1863
Joenoes: KL1863
Johanes: ENDE
Johannes: KL1863
Jona: ENDE
Jonas: KL1870
Junus: LDKDR
Yahya: BABA SBDR TL
Yahya Pembaptis: SBDR
Yahya Pmbaptis: BABA
Yohanes: BIS FAYH TB WBTCDR
Yohanes Pembaptis: BIS
Yona: BIS
Gambar
YAHYA [ensiklopedia]
Lihat YOHANES.
YOHANES PEMBAPTIS [ensiklopedia]
Lahir (kr 7 sM) bagi satu keluarga yg sudah lanjut usia, yaitu imam Zakharia dan istrinya Elisabet. Yohanes dewasa di padang gurun Yudea (Luk 1:80), dan di situlah ia menerima panggilan menjadi nabi pada kr thn 27 M (Luk 3:2). Dugaan bahwa pada kurun waktu ia di padang gurun itu ia bersekutu dengan kelompok Qumran atau kelompok Esen tidaklah pasti. Seandainya pun hal itu dapat dibuktikan, namun jelas adalah suatu 'dorongan baru' yg menggerakkan dia 'untuk menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yg layak bagi-Nya' (Luk 1:17). Dan jabatan kenabiannya pasti mengakibatkan pemutusan hubungan dengan kelompok Esen atau dengan kelompok lain yg serupa dengan itu, seandainya pun hubungan itu ada selama ini. Sesudah Roh kenabian menghinggapi dia, segera ia terkenal sebagai pengkhotbah yg memanggil seluruh umat supaya bertobat. Berbondong-bondong orang datang mendengar dia, dan banyak dari antara mereka yg dia baptiskan di S Yordan, sesudah mereka mengakui dosa-dosa mereka.
Sikapnya terhadap para pemimpin Israel merupakan kutukan yg sangat berat. 'Kapak sudah tersedia pada akar pohon' demikian ia mengingatkan mereka (Mat 3:10; Luk 3:9). Ia menyebut para pemimpin agama bangsa itu keturunan ular beludak (Mat 3:7), dan dengan gamblang ia menyatakan sama sekali tidak ada artinya kalau hanya tinggal nama saja keturunan Abraham. Hidup yg baru harus mulai; waktunya sudah tiba untuk memanggil keluar dari segenap bangsa itu suatu sisa yg taat, yg bersedia menerima kedatangan Kristus yg sudah sangat dekat, dan menghadapi penghakiman yg hendak diadakan-Nya. Nabi Yohanes menganggap dan juga mengatakan, bahwa dia hanyalah perintis jalan bagi Kristus yg sedang datang, dan -- sejauh bertalian dengan Kristus -- dia juga berkata tidak layak bahkan untuk melakukan pekerjaan yg paling hina pun. Jika pelayanan Yohanes dicirikan oleh baptisan dengan air, maka pelayanan Kristus dicirikan oleh baptisan dengan Roh Kudus dan api.
Tujuan Yohanes Pembaptis dengan sisa bangsa Israel yg taat kepada Allah itu, ialah supaya mereka hidup tersendiri dan khas -- seperti mengutip pernyataan Yosefus (Ant., 18.117) -- Yohanes Pembaptis'Menghimbau orang Yahudi supaya melakukan kebajikan, supaya jujur yg seorang terhadap yg lain, saleh di hadapan Allah, dan bersekutu oleh baptisan'. Himbauan yg terakhir agaknya mengarah kepada pembentukan persekutuan agama yg anggotanya ditentukan oleh baptisan. Barangkali demikianlah setepatnya keadaan itu harus dilukiskan. Tapi Yosefus berkata bahwa ajaran Yohanes ialah, 'baptisan baru berterima bagi Allah jika orang menerimanya bukan untuk mendatangkan pengampunan dosa tapi untuk membersihkan tubuh, dan jika rohnya sudah lebih dulu dibersihkan melalui keadilbenaran'.
Dalam hal ini Yosefus berbeda dari nalar PB. Para penulis Injil mencatat jelas sekali bahwa Yohanes Pembaptis menyerukan, 'Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis supaya Allah mengampuni dosamu' (Mrk 1:4; Luk 3:3). Agaknya Yosefus memasukkan ke dalam baptisan Yohanes apa yg dia ketahui tentang makna pembasuhan orang Esen. Rule of the Community Qumran mencatat makna pembasuhan seperti itu yg hampir sama dengan uraian Yosefus mengenai baptisan Yohanes. Tapi baptisan Yohanes, sama seperti pemberitaannya, jelas adalah kosokbali dari kepercayaan dan praktik orang Esen.
Di antara orang yg datang kepada Yohanes untuk dibaptiskan ialah Yesus. Ia disambut oleh Yohanes sebagai Yg Akan Datang itu, yg sudah dia bicarakan -- kendati kemudian sewaktu Yohanes dalam penjara, ia meragukan jati diri Yesus dan hatinya harus diteguhkan dengan mengatakan kepadanya, bahwa pelayanan Yesus tepat seperti nubuat para nabi, yaitu ciri-ciri dari zaman pemulihan.
Pelayanan Yohanes tidak terbatas hanya di lembah Yordan. Berita dalam Yoh 3:23, bahwa ia melaksanakan pembaptisan (barangkali tidak begitu lama) 'di Ainon, dekat Salim, sebab di situ banyak air', mudah terlupakan. Agaknya W. F Albright (The Archaeology of Palestine, 1956, hlm 247) benar dalam menentukan letak lokasi ini di sebelah tenggara Nablus, dekat mata air Wadi Far'ah. Artinya, di daerah yg pada waktu itu termasuk kawasan Samaria. Ini dapat menerangkan sedikit tentang ciri-ciri agama Samaria pada zaman permulaan Kristen, juga ucapan Yesus kepada murid-murid-Nya dalam Yoh 4:35-38, mengenai orang yg tinggal di daerah ini, yg diakhiri dengan kata-kata, 'Orang-orang lain berusaha dan kamu datang memetik hasil usaha mereka.' Hasil yg mereka tuai (Yoh 4:39, 41) adalah yg ditaburkan oleh Yohanes Pembaptis.
Usai pelayanan di Samaria, Yohanes kembali ke daerah Herodes Antipas (*HERODES), agaknya ke Perea. Kehadirannya membuat Antipas curiga kalau-kalau dia adalah pemimpin gerakan massa, yg mungkin menimbulkan sesuatu di luar dugaan. Antipas memusuhi Yohanes, lebih-lebih lagi Herodias, istri kedua Antipas, karena Yohanes mencela perkawinan mereka tidak sah. Karena itulah dia dipenjarakan di benteng Makhaerus, dan beberapa bulan kemudian dipancung di sana.
Dalam PB Yohanes digambarkan terutama sebagai perintis jalan bagi Yesus. Dijebloskannya dia ke dalam penjara menjadi tanda bagi awal pelayanan Yesus di Galilea (Mrk 1:14 dab). Dan aktivitasnya membaptiskan merupakan titik permulaan bagi pemberitaan rasuli (Kis 10:37; 13:24 dab; bnd 1:22 dan Mrk 11:1-4). Yesus menilai Yohanes ialah Elia yg dijanjikan dalam Mat 4:5 dab, yg harus datang dan menggenapi pelayanannya untuk memulihkan Israel menjelang datangnya 'hari Yahweh yg besar dan dahsyat itu' (Mrk 9:13; Mat 11: 14; bnd Luk 1:17). Yesus juga menganggap Yohanes sebagai orang yg terakhir dan yg terbesar dalam urutan nabi: 'Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan' (Luk 16:16). Kendati demikian dan kendati tidak ada yg melebihinya perihal citra pribadi, toh dia lebih kecil dari yg terkecil dalam Kerajaan Allah. Ia berada di ambang pintu orde baru sebagai perintisnya (seperti Musa memandang tanah perjanjian dari Pisga), tanpa ia sendiri masuk ke dalamnya. Murid-murid Yohanes tetap mempertahankan keberadaan mereka, agak lama sesudah ia mati.
KEPUSTAKAAN. C. H Kraeling, John the Baptist, 1951; .1 Steinmann, Saint John the Baptist and the Desert Tradition, 1958; A. S Geyser, 'The Youth of John the Baptist', NovT 1, 1956, hlm 70 dab; W. H Brownlee, 'John the Baptist in the New Light of Ancient Scrolls', dalam The Scrolls and the New Testament, (red.) K Stendahl, 1958, hlm 33 dab; C. H Scobie, John the Baptist, 1964. FFB/MHS/HAO
YOHANES [biotokoh pb]
Ayah | : | Zebedius (Mat 4:21) |
Ibu | : | Salome (Mrk 15:40) |
Disebut pertama | : | Mat 4:21 |
Namanya disebut | : | 42 X |
Kitab yang menyebut | : | Matius, Markus, Lukas, Kisah Para Rasul, Galatia dan Wahyu. |
Pekerjaan | : | Nelayan, sebelum menjadi Rasul. |
Tempat kelahiran | : | Betsaida di Galilea. |
Tempat kematian | : | Tidak disebut dalam Alkitab, tetapi tradisi mengatakan, mati di Efesus. (dikutip dari Willmington!s Guide) |
Terakhir disebut | : | Wah 22:8 |
Fakta penting | : | Dia adalah salah satu Rasul yang sangat dikasihi Yesus. |
Ringkasan | : | |
|
YOHANES PEMBAPTIS [biotokoh pb]
Ayah | : | Zakharia |
Ibu | : | Elisabet |
Disebut pertama | : | Mat 3:1 |
Namanya disebut | : | 90 X |
Kitab yang menyebut | : | Matius, Markus, Lukas, Yohanes dan Kisah Para Rasul. |
Pekerjaan | : | Nabi |
Tempat kelahiran | : | Pegunungan Yudea |
Tempat kematian | : | Penjara, ruang dibawah tanah, di Laut Mati. |
Keadaan kematian | : | Dipenggal kepalanya dengan pedang. |
Terakhir disebut | : | Kis 19:4 |
Umur | : | Kira-kira 35 Tahun |
Fakta penting | : | Pembuka jalan, Pelopor dari Tuhan Yesus; Ia memperkenalkan Yesus dan membaptis Mesias. |
Ringkasan | : | |
|
YOHANES PEMBAPTIS [browning]
(Mrk.1:4, NRSV baptizer); pemberitaannya mendahului pemberitaan Yesus, yang mengaitkan diriNya dengan *pelayanan Yohanes. Injil-injil memperlihatkan meningkatnya keengganan untuk mengatakan bahwa Yohanes *membaptiskan Yesus tanpa kualifikasi (Injil keempat tidak menyebut masalah ini sama sekali). Mereka tidak ingin para pembacanya meragukan bahwa Yohanes hanyalah perintis, mungkin karena untuk beberapa waktu ada *murid-murid Yohanes (Kis. 18:24-28; 19:1-7) dan dirasa penting untuk membuat jarak antara *Mesias dalam kepercayaan Kristen dengan *nabi yang mendahului-Nya, sebagaimana Kitab Suci telah mengatakan (Mal. 4:5). Namun, jelas bah wa pengaruh Yohanes pada penduduk begitu menggemparkan (Mrk. 1:15). Ia menghukum orang-orang *jahat pada zamannya, membaptiskan di sungai, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam *Yudaisme, dan menawarkan pengharapan akan *keselamatan. Ritus Yohanes adalah sekali untuk selamanya, tidak seperti ritual pembasuhan harian dalam komunitas *Qumran. Perbedaan-perbedaan lain antara Yohanes dengan komunitas Qumran adalah: Yohanes pada dasarnya adalah tokoh masyarakat yang menegur semua orang yang datang kepadanya; sedangkan komunitas Qumran adalah sekte tertutup dan keras. Meskipun ada kemungkinan bahwa untuk beberapa waktu Yohanes menjadi anggota komunitas itu -- ia menampakkan diri dari *padang gurun (Luk. 1:80) untuk memberitakan kedatangan *Kerajaan Allah. Namun, jubah Yohanes yang terbuat dari bulu unta (Mat. 3:4) dan ikat pinggang kulitnya lebih merupakan gaya profetis daripada jubah putih komunitas Qumran. Keberaniannya mencela Herodes *Antipas (Mrk. 6:18) karena perkawinannya yang tidak sah menurut *Taurat Yahudi, telah menyebabkan ia dipenjara dan dihukum mati di Benteng Makhaerus di dekat *Laut Mati. Namun, *Yosefus memberi alasan lain atas eksekusi Yohanes tersebut, yaitu karena Herodes takut akan popularitas Yohanes dan menganggap dia sebagai ancaman bagi hukum dan tatanan yang ada. Aktivitas Yohanes di dekat Sungai *Yordan dapat dianggap sebagai upaya menghimpun perencanaan apokalyptik untuk memberontak.