Gunung
Gunung [haag]
Gunung.
- (1) Pengertian ~G di dalam PL. ~G adalah sebuah gunung tunggal yang memuncak, atau seluruh daerah pegunungan. Tanah Palestina yang terdiri dari ~GG di tengah tanah memanjang itu antara lain disebut "G". Tetapi masih dibeda-bedakan atas daerah ~G (-->) Libanon, Negeb, Syefela dan Araba (Ul 3:25; Yos 9:1; 10:40 dan lain-lain). Masih ditemukan pembedaan lain seperti daerah pegunungan Neftali (Galilea atas), Efraim (daerah pegunungan Samaria) dan Yuda (Yos 20:7). Di seberang Timur sungai Yordan ditemukan pembagian daerah pegunungan Basyan, Gilead dan Seir (Kej 36:8-9). Adapun perincian gunung tunggal yang dipandang terpenting adalah (-->) Ebal, Gerizim, Hermon, Horeb, Karmel, Moria, Nebo, G. Jaitun, Sinai, Tabor dan Sion. ~GG merupakan tempat pelarian orang (Kej 19:17,19; bdk. Mat 24:16 dsj. dan lain-lain). Dipandang pula sebagai tempat kediaman para dewa (--> kebaktian di ~G). Hukum Tuhan diberikan di atas ~G (Kel 19:11 dan seterusnya). Pengukuhan perjanjian dilakukan pula di atas ~G (Kel 24:1-2,9-11; 34:27-28).
- (2) Di dalam PB. ~GG yang disebutkan adalah Sinai, Sion dan ~G. Jaitun. Yoh 4:20-21 mengutip ~G Gerizim. Kemudian masih disebutkan pula ~G. Pencobaan (Mat 4:8), khotbah Bukit (yang juga disebut ~G Mat 5:1; 8:1; Yoh 6:3), ~G. Doa (Mat 14:23 dsj.) dan ~G. Pemulihan Yesus (Mat 17:1-9 dsj.). Semua ~GG yang terakhir itu tidak dapat ditempatkan lokasinya. Sebagian hanyalah sebuah ungkapan kiasan belaka.
Gunung, Pegunungan [pedoman]
- 1. Bagian-bagian bumi yang tinggi. Kej 7:19,20
- 2. Allah:
- 2.1 Membentuk - . Am 4:13
- 2.2 Menegakkan - . Mazm 65:7
- 2.3 - ada di dalam tangan-Nya. Mazm 95:4
- 2.4 Menimbang - . Yes 40:12
- 2.5 Memberi minum - . Mazm 104:13
- 2.6 Mengeringkan - dengan musim kemarau. Hag 1:11
- 2.7 Menyentuh - sehingga berasap. Mazm 104:32; 144:5
- 2.8 Menghanguskan dasar - . Ul 32:22
- 2.9 Membinasakan - . Yes 42:15
- 2.10 Menyebabkan - gemetar. Nah 1:5; Hab 3:10
- 2.11 Menyebabkan - berlompatan. Mazm 114:4,6
- 2.12 Menyebabkan - luluh. Mazm 97:5
- 2.13 Menyebabkan - bergoyang. Hak 5:5; Yes 64:1,3
- 2.14 Menyebabkan - hancur. Mazm 97:5; Hab 3:6
- 2.15 Memindahkan - . Ayub 9:5
- 2.16 Membongkar-bangkir - . Ayub 9:5; 28:9
- 2.17 Menghancurkan - . Hab 3:6
- 3. Dijadikan untuk kemuliaan Allah. Mazm 148:9
- 4. Disebut:
- 4.1 Gunung-gunung Allah. Yes 49:11
- 4.2 Pegunungan yang berabad-abad. Ul 33:15
- 4.3 Gunung-gunung yang ada sejak purba. Hab 3:6
- 4.4 Bukit-bukit berabad-abad. Hab 3:6
- 4.5 Gunung-gunung yang sejak dahulu. Kej 49:26
- 4.6 Tiang langit. Ayub 26:11
- 5. Banyak yang tinggi. Mazm 104:18; Yes 2:14
- 6. Mengumpulkan uap yang naik dari bumi. Mazm 104:6,8
- 7. Sumber mata air, sungai dan danau. Ul 8:7; Mazm 104:8-10
- 8. Banyak sekali di negeri Kanaan. Ul 11:11
- 9. Gunung api disebutkan. Yes 64:1,2; Yer 51:25; Nah 1:5,6
- 10. - yang disebut di dalam Firman Tuhan:
- 10.1 Abarim. Bil 33:47,48
- 10.2 Amalek. Hak 12:15
- 10.3 Ararat. Kej 8:4
- 10.4 Basyan. Mazm 68:16
- 10.5 Betel. 1Sam 13:2
- 10.6 Ebal. Ul 11:29; 27:13
- 10.7 Efraim. Yos 17:15; Hak 2:9
- 10.8 Gerizim. Ul 11:29; Hak 9:7
- 10.9 Gilboa. 1Sam 31:1; 2Sam 1:6,21
- 10.10 Gilead. Kej 31:21,25; Kid 4:1
- 10.11 Hakhila. 1Sam 23:19
- 10.12 Hermon. Yos 13:11
- 10.13 Hor. Bil 20:22; 34:7,8
- 10.14 Horeb. Kel 3:1
- 10.15 Karmel. Yos 15:55; 19:26
- 10.16 Libanon. Ul 3:25
- 10.17 Mizar. Mazm 42:6
- 10.18 More. Hak 7:1
- 10.19 Moria. Kej 22:2; 2Taw 3:1
- 10.20 Nebo. Bil 32:3; Ul 34:1
- 10.21 Pisga. Bil 21:20; Ul 34:1
- 10.22 Seir. Kej 14:6; 36:8
- 10.23 Sinai. Kej 19:2,18,20,23; 31:18
- 10.24 Sion. 2Sam 5:7
- 10.25 Tabor. Hak 4:6; 12:4
- 10.26 Zaitun atau bukit kebusukan. 1Raj 11:7; 2Raj 23:13; Luk 21:37
- 10.27 Zaitun. Luk 21:37
- 11. Suatu pertahanan negeri. Mazm 125:2
- 12. Memberi perlindungan kalau ada bahaya. Kej 14:10; Hak 6:2; Mat 24:16; Ibr 11:38
- 13. Menumbuhkan padang rumput. Kel 3:1; 1Sam 25:7; 1Raj 22:17; Mazm 147:8
- 14. Penuh dengan:
- 14.1 Barang-barang yang terbaik. Ul 33:15
- 14.2 Batu-batu untuk mendirikan rumah. 1Raj 5:14,17; Dan 2:45
- 14.3 Binatang-binatang perburuan. 1Sam 26:20
- 14.4 Binatang-binatang buas. Kid 4:8; Hab 2:17
- 14.5 Hutan. 2Raj 19:23; 2Taw 2:2,8-10
- 14.6 Kebun anggur. 2Taw 26:10; Yer 31:5
- 14.7 Logam. Ul 8:9
- 14.8 Rempah-rempah. Kid 4:6; 8:14
- 14.9 Rumput. Ams 27:25
- 14.10 Kijang. 1Taw 12:8; Kid 2:7,8
- 15. Seringkali didiami orang. Kej 36:8; Yos 11:21
- 16. Kadang-kadang dipilih sebagai tempat beribadah. Kej 22:2,5; Kel 3:12; Yes 2:2
- 17. Seringkali dipilih sebagai tempat menyembah berhala. Ul 12:2; 2Taw 21:11
- 18. Seringkali dijadikan untuk mengumumkan. Yes 40:9
- 19. Seringkali di atasnya dipancangkan sebuah tonggak atau panji-panji. Yes 13:2; 30:17
- 20. Melukiskan:
- 20.1 Kesusahan. Yes 40:4; Za 4:7; Mat 17:20
- 20.2 Orang-orang yang duduk dalam pemerintahan. Mazm 72:3; Yes 44:23
- 20.3 Jemaat Allah. Yes 2:2; Dan 2:35,44,45
- 20.4 Keadilan Allah. Mazm 36:7
- 20.5 Orang yang sombong. Yes 2:14
- 20.6 ( - api) musuh yang membinasakan. Yer 51:25; Wahy 8:8
- 20.7 (Bersorak-sorak) kegembiraan yang besar. Yes 44:23; 55:12
- 20.8 (Mengirik) hukuman yang berat. Yes 41:15
- 20.9 (Membinasakan) kebinasaan. Yes 42:15; Mal 1:3
- 20.10 (Meniriskan anggur baru) kelimpahan. Ams 9:13
GUNUNG [browning]
Di Palestina ada dua barisan pegunungan, pada kedua belah Sungai *Yordan, membentang dari utara ke selatan. Oleh karena itu, perhubungan perdagangan, berlangsung dalam arah itu, sedangkan jalan-jalan Timur !!- Barat adalah jarang dan terbatas pada beberapa celah pegunungan itu saja. Dalam PL gunung-gunung menguasai sejarah Israel dan disebut-sebut dalam banyak cerita -- untuk pertemuan besar (Yos. 8:33), tempat tentara berkumpul (1Sam. 17:3) dan medan peperangan (1Sam. 23:26); juga berguna untuk padang rerumputan (Mzm. 104:18). Istilah gunung digunakan untuk puncak-puncak tertentu pada jajaran pegunungan dan ada dua puncak yang terutama penting bagi Israel -- Gunung *Sinai, tempat *perjanjian antara Allah dan Israel dikukuhkan (Kel. 19:23) dan hukum *Taurat diterima oleh Israel; dan Gunung *Sion yang dipandang sebagai tempat Allah berdiam (mis. Mzm. 68:16).
Gunung dianggap mempesona dan suci (Ul. 11:29). Itu adalah kelanjutan dari mitologi *Kanaan, yang ilahnya Baal, penguasa badai dengan kilat dan petir, dikira hidup di Gunung Zafon; juga bagi orang Ibrani, Allah adalah Allah gunung (1Raj. 20:23-28 dyb.). Tempat berhenti *Tabut Perjanjian adalah di atas bukit (1Sam. 7:1). Di atas bukit pula para *nabi gembira berkumpul (1Sam. 10:5). Gunung Sion yang di atasnya dibangun Bait Allah, akan selalu menjadi gunung Allah (Mzm. 2:6; 78:68-69), gunung kudus (Yes. 8:18). Dan pandangan atas gunung-gunung ini muncul lagi dalam PB, tepatnya dalam Mat. 5-7, di mana Yesus menyampaikan *Khotbah di Bukit, yang adalah tandingan dari perjanjian yang lama, yang sekarang disampaikan kepada Israel baru sebagai manifesto: Yesus adalah Musa baru yang menyelamatkan umat-Nya dari perbudakan; demikian pula Yesus *dimuliakan di atas gunung (Mrk. 9:2), lagi pula di atas gunung juga kesebelas murid itu diperintahkan melakukan perintah Tuhannya (Mat. 28:16-20).
GUNUNG [ensiklopedia]
Istilah-istilah ilmu bumi giv'a dan har (Ibrani), dan bounos dan oros (Yunani), diterjemahkan tepat oleh bh Indonesia 'bukit' dan 'gunung' secara berurut. Istilah giv `a, 'bukit', mempunyai arti khas, menunjuk kepada suatu tempat yg agak tinggi, lereng atau pendakian. Arti akarnya, 'bungkuk' atau 'bongkol', secara tepatnya menunjuk kepada bukit-bukit yg puncaknya membulat seperti bongkol, dan perbukitan seperti inilah yg merupakan tulang punggung wilayah Palestina Tengah, dikikis dari bongkol-bongkol batu kapur Kenomani yg keras dan berlipat-lipat. Bentuknya yg sudah mengalami erosi itu berbeda sekali dari jurang-jurang yg dalam, yg terkorek dalam pada batu kapur Senones yg lunak, yg merusak tanah tinggi Yudea, yg disebut lebih merupakan 'tempat-tempat licin' (Ul 32:35; Ams 3:23; Yer 23:12, 31:9).
Istilah har, umumnya diterjemahkan gunung dalam TBI, mempunyai pengertian yg lebih umum, dan dipakai untuk gunung yg tunggal, barisan atau rentetan gunung, atau daerah pegunungan.
Maka untuk menentukan tempat-tempat tertentu tidak selalu mungkin, seperti dalam hal tempat pencobaan yg tinggi (Luk 4:5), bukit tempat Pengucapan Bahagia (Mat 5:1), dan gunung tempat Yesus dimuliakan (Mat 17:1; Mrk 9:2; Luk 9:28). Tempat G Sinai tak dapat ditentukan, jika gunung itu dulu masih gunung berapi, seperti dugaan beberapa orang (Kel 19:16; Mzm 104:32; 144:5). Dalam hal itu tempatnya menurut tradisi di jazirah Sinai (Jebel Musa), secara geologi tidaklah mungkin, karena batu-batuan daerah itu tidak menunjukkan adanya gunung berapi di situ. Dua gunung berapi berbentuk kerucut dari zaman pleistosin, yg barangkali masih berapi pada permulaan sejarah manusia, terdapat di sebelah timur Teluk Akaba. Tapi beberapa ahli tidak dapat mengerti, bagaimana itu bisa cocok dengan arah perjalanan yg ditunjuk Keluaran. *KELUARAN; *SINAI, GUNUNG.
Bukit Pertemuan, disebut dalam Yes 14:13, berkaitan dengan raja Babel menyombongkan diri, dan mungkin menyinggung suatu legenda Babel, yg ada hubungannya dengan tempat tinggal dewa-dewa (bnd Ayb 37:22; Yeh 28:13 dab).
Harmagedon (bh Ibrani Why 16:16) mungkin menunjuk kepada daerah perbukitan Megido, yaitu G Gerizim, dari situ orang bisa meliput dataran Megido, bakal tempat kejadian-kejadian apokaliptis yg lain (bnd Za 12:11).
Pegunungan mempunyai arti yg besar dalam ilmu bumi dan sejarah Palestina (*PALESTINA). Justru gunung-gunung berulang-ulang disebut dalam Kitab Suci. Dari gunung-gunung kelihatan pemandangan: 'Naiklah ke puncak gunung Pisga dan layangkanlah pandangmu...' (Ul 3:27; bnd Luk 4:5). Pengaruh pegunungan terhadap curah hujan membuatnya menjadi lambang kesuburan (Ul 33:15; Yer 1:19; Mi 7:14), menjadi tempat merumput (Mzm 50:10) dan tempat berburu (1 Sam 26:20). Gunung-gunung selalu dihubungkan dengan kuil-kuil kafir (1 Raj 18:17-46; Yes 14:13; 65:7; Yeh 6:13). Karena daerah pegunungan sukar dijelajahi, maka sering menjadi tempat pelarian (Hak 6:2; 1 Sam 14:21-22; Mzm 68:15, 22; Mat 24:16).
Gunung dijadikan lambang keabadian (Ul 33:15; Hab 3:6) dan keadaan yg teguh kokoh (Yes 54:10). Bukit-bukit dianggap sebagai diciptakan lebih dahulu (Ayb 15:7; Ams 8:25), gunung-gunung mempunyai permulaan dari zaman purba (Mzm 90:2), dan merupakan obyek dari kekuatan (Mzm 65:7) dan kemuliaan Pencipta (Mzm 68:17). Gunung-gunung menjadi tempat penampakan Allah, dan meleleh atau luluh jika Yahweh hadir di atasnya (Hak 5:5; Mzm 97:5; Yes 64:1; Mi 1:4) dan bergetar karena penghakiman-Nya (Mzm 18:8; Mi 6:1 dab). Orang-orang durhaka berseru ke gunung-gunung supaya menutupi mereka terhadap wajah Allah (Hos 10:8; Luk 23:30). Jika Allah menyentuhnya gunung akan berasap (Mzm 104:32; 144:5). Gunung bersorak-sorak juga menjelang kedatangan kelepasan Israel (Mzm 98:8; Yes 44:23; 49:13; 55:12), melompat-lompat hendak memuji Yahweh (Mzm 114:4,6) dan dipanggil menjadi saksi mengenai perbuatan-Nya terhadap umat-Nya (Mi 6:2).
Bukit-bukit juga melambangkan jalan hidup yg sukar (Yer 13:16), hambatan-hambatan (Mat 21:21), dan kesukaran-kesukaran lain (Za 4:7), dan semuanya itu dapat diatasi oleh orang-orang yg imannya besar dan kuat (Mat 17:20). JMH/MHS