Daftar Isi
GAMBAR: Efraim
BROWNING: EFRAIM
ENSIKLOPEDIA: EFRAIM
BIOTOKOH PL: EFRAYIM

Ephraim

Dalam versi-versi Alkitab:

Efraim: BIS FAYH KL1863 SBDR TB WBTCDR
Efrajim: LDKDR
Efrayim: TL
Efrem: ENDE
Eperajim: KL1870
Ifra'im: BABA

Gambar

Efraim: selebihnya..
Topik: Jephthah and the Ephraimites; The Fall of Damascus and Ephraim; Withdrawing to Ephraim; Woe to Ephraim

EFRAIM [browning]

Salah satu di antara keduabelas suku Israel yang merupakan keturunan anak *Yusuf yang termuda dan menempati daerah di kerajaan Utera, sebelah barat Sungai *Yordan, di dalamnya termasuk kota *Betel dan *Sikhem. Pada abad ke-8 sM oleh *Yesaya dan *Hoses dianggap sebagai keseluruhan kerajaan Utara. Yesaya menyarankan raja *Yehuda agar tidak takut terhadap aliansi Efraim dengan *Aram (Yes. 7:1-17).

EFRAIM [ensiklopedia]

1. Suku Israel. Putra kedua dari Yusuf, yg dilahirkan oleh Asnat, istrinya, putri dari Potifera, sebelum tiba masa kelaparan (Kej 41:50-52). Kedua putra Yusuf diberkati oleh Yakub yg sudah sakit-sakitan (Kej 48:5). Yakub memberkati Efraim dengan tangan kanan, dan Manasye dengan tangan kiri, yg berarti Efraim akan menjadi suku yg lebih besar (Kej 48:19).

Bahwa Efraim menjadi suku besar terlihat dari daftar sensus dalam Bil (Bil 1:33, 40.500 orang; Bil 26:37, 32.500 orang). Dalam pengaturan suku-suku Israel panji-panji perkemahan Efraim terletak di sebelah barat (Bil 2:18). Elisama dari suku Efraim harus mendampingi Musa (Bil 1:10), dan Hosea bin Nun mewakili suku Efraim sebagai salah seorang pengintai Kanaan (Bil 13:8, orang ini disebut juga Yosua). Dia terpilih bersama imam Eleazar untuk membagi-bagi tanah Kanaan (Bil 34:17). Efraim termasuk juga dalam berkat Musa (Ul 33:17).

Dengan pimpinan Yosua yg perkasa, suku Efraim bersama suku lainnya mendapat milik pusakanya yg diterangkan dalam Yos 16. Daerah itu secara kasar dapat dijabarkan sebagai berikut. Dari Gilgal ke arah barat sampai ke Betel, lalu ke hilir Bet-Horon di sebelah barat Gezer, ke arah utara menuju Lod, dan memutar ke arah barat ke laut, lalu ke arah utara ke S Kana dan kemudian ke arah timur ke Tapuah, Yanobah, Taanat-Silo, Atarot, kemudian ke arah selatan ke Nasrat dan Gilgal lagi.

Sejak dari semula suku Efraim mempunyai kedudukan dan peranan penting. Suku Efraim mengeluh kepada Gideon karena ia tidak memanggil mereka dalam peperangan melawan orang Midian; jawaban Gideon mengungkapkan keunggulan Efraim, Hak 8:2. Sekali lagi suku Efraim mengeluh kepada Yefta, dan hal ini menimbulkan perang antara suku Efraim dengan orang Gilead.

Suku Efraim tidak senang melihat perkembangan suku Yehuda yg mengancam martabat mereka. Sesudah Saul mati, maka Isyboset diangkat oleh Abner, panglima Saul, menjadi raja suku-suku utara, termasuk Efraim. Ia memerintah selama 2 thn, tapi Yehuda mengikuti Daud (2 Sam 2:8 dab).

Di kemudian hari bangsa Israel mengikuti Absalom. Suku-suku utara tidak pernah mau mengaku tunduk kepada takhta Daud, tapi Daud kian hari kian berjaya. Pada waktu pemerintahan Salomo kerajaan selatan mencapai puncak kemuliaan dan kemakmurannya. Tapi justru pada saat ini berkecamuk perasaan kurang senang di utara (1 Raj 11:26 dab).

Kebebalan Rehabeam mendorong suku-suku utara memisahkan diri dari suku-suku selatan, dengan meniadakan semua ikatan perjanjian yg telah dibuat terhadap Daud (1 Raj 12:16). Kendati demikian Allah tetap menyuruh para nabiNya ke kerajaan utara, dan satu dari ciri Kerajaan Mesianis ialah menyatukan kembali bangsa yg pecah secara menyedihkan itu, yg dimulai oleh Yerobeam bin Nebat (bnd Hos 1:11). EJY/MHS

2. Daerah. Batas daerah Efraim tertulis dalam Yos 16, dan perbatasan dengan daerah Manasye dalam Yos 17. Dari perbatasan ini hanya beberapa segi utama topografis yg ditentukan dengan pasti; kebanyakan dari tempat yg disebut dalam ps-ps ini belum dapat ditentukan dengan tepat di mana letaknya.

Batas selatan daerah Efraim paling jelas dipaparkan dalam Yos 16:1-3, walaupun disebut sebagai perbatasan selatan 'anak-anak Yusuf', yaitu Efraim-Manasye. Karena tempat Manasye adalah di utara dan di timur laut Efraim, maka dalam praktiknya perbatasan dalam Yos 16:1-3 adalah perbatasan daerah Efraim saja. Perbatasan itu mulai (dari timur ke barat) dari S Yordan dan Yerikho masuk ke pedalaman ke Betel (Beitin modern, kr 15 km sebelah utara Yerusalem), Lus dan Atarot (letaknya tidak pasti), lalu melalui perbatasan Bet-Horon hilir ke Gezer -- tempat yg terkenal -- dan pantai Laut Tengah. Ay 5 sukar dimengerti, tapi barangkali mungkin menentukan selanjutnya bagian perbatasan selatan ini.

Batas utara yg mulai dari Mikhmetat 'yg di sebelah timur Sikhem' (Yos 16:6; 17:2) berbelok ke arah barat; membentang dari Tapuah ke S Kana dan menyusuri sungai itu (barangkali Wadi Kana modern, yg bergabung dgn Wadi Auyah, dan bermuara di Laut Tengah kr 6 km sebelah utara Yafo) terus ke taut (16:8). Ke arah timur dari Mikhmetat, perbatasan itu berbelok dekat Tanaat-Silo (ke arah selatan) menyusuri bagian timur Yanoah ke Atarot (yg lain), Naara dan kembali ke Yerikho dan S Yordan (16:6-7). Di utara nampaknya Sikhem termasuk bagian Efraim, atas bukti daftar kota-kota suku Lewi (Yos 21:20-21; 1 Taw 6:67).

Daerah Efraim di pusat Palestina barat terutama merupakan daerah bukit-bukit tinggi dengan curah hujan yg lebih baik dari Yudea, disertai tanah subur yg baik; dari situlah timbul beberapa singgungan Alkitab akan kesuburan daerah Efraim. Orang Efraim mempunyai hubungan langsung, walau tidak terlalu mudah, dengan Jalan Utama Raya yg menghubungkan utara -- selatan di dataran barat.

KEPUSTAKAAN. D Baly, The Geography of the Bible2, 1974, hlm 164-176; J Simons, The Geographical and Topographical Texts of the Old Testament, 1959, hlm 158-169; Y Kaufmann, The Biblical Account of the Conquest of Palestine, 1953, hlm 28-36; E Jenni, Zeitschrift des deutschen Palestina-Vereins, 74, 1958, hlm 35-40, dan kepustakaan; FM Abel, Geographie de Ia Palestine, 1-2, 1933-1938. KAK/MHS

EFRAYIM [biotokoh pl]

Arti nama:BERBUAH LEBAT, BERBUAH LIPAT GANDA
AyahYusuf - Kejadian 41:50; 52, 46:20
IbuAsenat - Kejadian 41:50, 52
Anak laki-lakiEzer, Elead dan Beria - 1 Tawarikh 7:22-23
Anak perempuanSyera - 1 Tawarikh 7:24.
Saudara laki-lakiManasye - Kejadian 41:51.
KeturunanYosua - 1 Tawarikh 7:27.
Disebut pertamaKejadian 41:52.
Namanya disebut14 kali.
Kitab yang menyebut3 buku : Kejadian, Bilangan, 1 Tawarikh.
Terakhir disebut1 Tawarikh 7:22.
Fakta pentingIA ADALAH ANAK YUSUF NO. 2 (KEJADIAN 41:52).



TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA