HAAG: Dagon
KECIL: Dagon
BROWNING: DAGON PATUNG
ENSIKLOPEDIA: DAGON PATUNG
Dagon
Dalam versi-versi Alkitab:
Dagon: BIS FAYH TB TLpatung: BIS
Ibrani
Strongs #01712: Nwgd Dagown
Dagon = "a fish"1) a Philistine deity of fertility; represented with the face and
hands of a man and the tail of a fish
1712 Dagown daw-gohn'
from 1709; the fish-god; Dagon, a Philistine deity: KJV -- Dagon.see HEBREW for 01709
Dagon [haag]
Dagon.
(Arti etimologisnya tidak jelas).
Seorang dewa yang dipuja di Asia depan. Ia dihormati di daerah dua sungai Efrat dan Tigris, di Kapadokia, di Ugarit dan (sejak zaman sebelum Isr.) di Palestina (: Lihat nama tempat Bet-Dagon dan Yos 15:41; 19:27). Di dalam PL Dagon adalah dewa orang Filistin dengan kenisah di Gaza (Hak 16:23) dan Asydod (1Sam 5:1-5; 1Taw 10:10). Sifat dewa ini sukar ditentukan. Berdasarkan etimologi rakyat kadang-kadang ia dihormati sebagai dewa ikan. Pada awal mula barangkali ia itu dewa cuaca. Ia juga memiliki sifat-sifat seorang dewa dari neraka. ~D dilukiskan atau dibayangkan setengah orang dan setengah binatang.
Dagon [kecil]
TB- Dewa utama sembahan bangsa Filistin --> 20003. Kuilnya di Asdod (1Sam 5:1-12) dan Gaza (Hak 16:23).
DAGON [browning]
Dewa orang *Filistin (Hak. 16:23 dst.; 1Sam. 5:2 dst.) dan juga dewa berbagai bangsa yang tinggal di wilayah Mesopotamia. Menurut 1Sam. 5:2-7, karena *Tabut Yahweh direbut dan secara provokatif ditempatkan di sebuah kuil di *Asdod, akibatnya patung dewa itu roboh dan kemudian dihancurkan.
PATUNG [browning]
Objek pengabdian religius. Kata Inggris image tidak mesti berarti sesuatu yang dianggap bersalah seperti idol (berhala), atau abomination ('kejijikan', 1Raj. 11:5), yang pada umumnya digunakan pada terjemahan bahasa Inggris untuk objek-objek penyembahan bangsa-bangsa. Pada abad ke-8 sM, terdapat pertentangan tajam mengenai ketepatan patung-patung atau gambar-gambar Kristus dan orang-orang kudus dalam Gereja, yang akhirnya diselesaikan dengan tetap mendukung gambar-gambar dan patung-patung itu hingga Reformasi, ketika kaum Protestan menghancurkan banyak patung dan tempat-tempat suci.
DAGON [ensiklopedia]
Dalam PL Dagon adalah ilah utama yg disembah orang Filistin pada zaman Simson di Gaza (Hak 16:21-23), di Asdod (sampai zaman Makabe, 1 Makabe 10:83-85; 11:4) dan di Bet-Sean pada zaman Saul dan Daud (1 Sam 5:2-7; 1 Taw 10:10 bersama 1 Sam 31:10). Muasal dari nama ilah ini hilang dalam sejarah kuno, bahkan hakikatnya yg tepat pun tak dapat dipastikan. Gagasan umum yg menyatakan bahwa Dagon adalah berhala yg merupakan ikan, agaknya tak berdasar; yg membayangkannya demikian ialah Yerome (BDB, hlm 1121) dan yg pertama mengungkapkannya dengan jelas ialah Kimhi pada abad 13 M (Schmokel), tapi gagasan ini melulu dipengaruhi oleh persamaan lahiriah yg terdapat pada kata 'dagon' dengan kata Ibrani dag, artinya 'ikan'.
Berhala berekor ikan yg ada pada mata uang dari Arpad dan Askalon dikaitkan dengan Atargitis, tapi tidak ada hubungannya dengan Dagon (Dhonne dan Dussaud). Barangkali kata Ibrani biasa dagan, artinya 'beras atau padi' (BDB, hlm 186), bisa diturunkan atau menjadi asal dari nama ilah Dagon atau Dagan; jadi memang mungkin bahwa dia adalah ilah tetumbuhan atau ilah betas (bnd Albright, Archaeology and the Religion of Israel3, 1953, hlm 74 dan 220, n. 15).
Paling tidak sejak thn 2500 sM dan selanjutnya, Dagon disembah di seluruh Mesopotamia, teristimewa di daerah Efrat Tengah; dan di kotanya, Mari, ada kuil Dagon (kr abad 18 sM) dihiasi dengan patung singa terbuat dari perunggu (lih contoh A Champdor, Babylon, 1959). Banyak nama pribadi digabungkan dengan Dagon.
Pada abad 14 sM dan sebelumnya, ada kuil Dagon di Ugarit di Fenisia utara, dipersembahkan kepada Dagon seperti nampak pada dua tiang batu di dalam kuil itu bertuliskan namanya; gambar tiang batu ini dimuat dalam Syria 16, 1935, gambar 31:1-2, berhadapan dengan hlm 156, diterjemahkan oleh Albright, hlm 203, n. 30. Kuil ini mempunyai pelataran depan (?), bilik atau ruang depan, dan barangkali sebuah menara (bg dim Schaeffer, The Cuneiform Texts of Ras Shamra-Ugarit, 1939, gbr 39), seluruhnya barangkali berbentuk seperti digambarkan Sir L. C Woolley (A Forgotten Kingdom, 1953, hlm 57, gbr 9).
Dalam naskah Ugarit (Kanaan Utara), Dagon adalah bapak Baal. Di Bet-Sean, ditemukan sebuah kuil, mungkin kuil yg disebut dalam 1 Taw 10:10 (lih A Rowe, Four Canaanite Temples of Beth Shan, 1, 1940, hlm 22-24). Bahwa ada kuil Dagon lain di Palestina dijelaskan oleh dua permukiman, masing-masing disebut Bet-Dagon (Yos 15:41; 19:27) di daerah Yehuda dan Asyer. Rameses II menyebut suatu B(e)t-/ D(a)g(o)n dalam daftarnya mengenai Palestina (kr thn 1270 sM), dan Sanherib menyebut Bit-Dagannu pada thn 701 sM.
KEPUSTAKAAN H Schmokel, Der Gott Dagan, 1928, dan dim Ebeling dan Meissner (para penyusun), Reallexikon der Assyriologie, 1938, hlm 99-101; E Dhorme dan R Dussaud, Les Religions de Babylonie et d'Assyrie...des Hittites ... Pheniciens, etc., 1949, hlm 165-167, 173, 364, 365, 371, 395, 396; M Dahood, (S Moscati, red) Le antiche di vinita semitiche, 1958, hlm 77-80; M Pope (W Haussing, red) Worterhuch der Mythologie 1, 1965, hlm 276-278; J. R Kupper, Les Nomades en Mesopotamie au temps des Rois de Mari, 1957, hlm 69-71, tentang Mari. KAK/MHS
PATUNG [ensiklopedia]
Beberapa istilah Alkitab harfiah berarti 'patung' (representasi digunakan untuk tujuan kultis), masing-masing dengan coraknya sendiri. Museum-museum dipenuhi benda-benda kultis yg memperlihatkan segi-segi hakiki ke suatu ilah, ump lembu jantan (kekuasaan), makhluk bersayap (kehadiran). Israel tidak membenarkan pembatasan demikian dalam kekuasaan Allah, dan jijik melihat akibat seks yg berlebihan yg sering mendampingi kultus patung. *BERHALA, PENYEMBAHAN.
I. Dalam PLBenda-benda patung
1. Pesel mengacu pada patung berhala, terbuat dari kayu atau batu yg diukir. Kadang-kadang menunjukkan kekuasaan dan keindahan yg besar seperti patung-patung Asyur dan Mesir, tapi kadang-kadang dengan kekasaran cabul. Membuat patung jelas terlarang bagi Israel sesuai titah-titah Kel 20:4; Im 24:1; Ul 5:8. Patung-patung berhala merupakan pokok ejekan pahit Yes 40:20 dan 44:15, dan dari penghukuman nabi-nabi, Yer 8:19; Hos 11:2;
2. Masseka, patung tuangan, dituang dalam cetakan tembaga, perak, atau emas. Inilah istilah yg dipakai untuk anak lembu emas yg dibuat oleh Harun (Kel 32:4) dan Yerobeam (1 Raj 14:9). Segala benda macam itu dilarang oleh Taurat (Kel 34:17; Im 19:4) dan disalahkan oleh pemazmur (Mzm 106:19) dan oleh para nabi (Yes 30:22; Hos 13:2; Hab 2:18).
3. Khammanim, dahulu diterjemahkan 'patung-patung matahari' (Im 26:30; Yes 17:8; Yeh 6:4), tapi kata itu sebetulnya merupakan mezbah-mezbah dupa. *Terafim', dewa-dewa rumah tangga (Kej 31:19; 1 Sam 19:13; Yeh 21:21). Dewa-dewa ini digunakan dalam kebaktian-kebaktian pribadi, dan mungkin dihubungkan dengan ramalan. *RAMAL, DAN TENUNG.
4. Tselem. Sebagai istilah umum kata ini dipakai dalam Dan 2 mengenai patung logam besar, yg dimimpikan Nebukadnezar, dan dalam Dan 3 mengenai berhala emas yg didirikannya; kata itu juga dipakai untuk lukisan-lukisan manusia (Mzm 73:20; Yeh 16:17).
II. Dalam PB
Istilah dalam PB adalah eikon, 'keserupaan yg diperoleh (berasal) dari sesuatu dan mengandung gambar asal' (Abbott-Smith, Lexicon, hlm 131). Dipakai dalam Why 13:14 dst mengenai berhala yg disembah orang jahat dan bejat. Dalam Mat 22:20 kata itu dipakai Yesus mengenai gambar kaisar pada uang logam. *GAMBAR.
KEPUSTAKAAN. K. H Bernhardt, Gott and Bild, 1956; E. D van Buren, Or 10, 1941, hlm 65-92; A. L Oppenheim, Ancient Mesopotamia, 1964, hlm 171-227. DJAC/AAJ/HH