Daftar Isi
HEBREW: 884 ebv rab B@'er Sheba`
HAAG: Bersyeba
BROWNING: BERSYEBA
ENSIKLOPEDIA: BERSYEBA

Bersyeba

Ibrani

Strongs #0884: ebv rab B@'er Sheba`

Beer-sheba = "well of the sevenfold oath"

1) a city at the south edge of Israel

884 B'er Sheba` be-ayr' sheh'-bah

from 875 and 7651 (in the sense of 7650); well of an oath; Beer-Sheba, a place in Palestine: KJV -- Beer-shebah.
see HEBREW for 0875
see HEBREW for 07651
see HEBREW for 07650

Bersyeba [haag]

Bersyeba. (Bhs. Ibr.: Sumber air berkelimpahan).

Sebuah kota Kanaan kuno (Kej 21:33). Sebuah tempat kebaktian di daerah Negeb. Kota kuno itu ada hubungannya dengan Abraham (Kej 21:22-33; 22:19), dengan Ishak (Kej 26:23-33) dan Yakub (Kej 28:10; 46:1-5). ~B. diambil alih bangsa Isr. sebagai tempat kebaktian pula (1Sam 8:2). Amos memandangnya sebagai tempat terkucil (1Sam 5:5; 8:14). Di dalam Kitab Yos 15:28 ~B. masuk ke dalam wilayah Yuda. Pada Yos 19:2 di masukkan ke dalam wilayah Simeon. Orang sering mengungkapkan kalimat "Dari Dan sampai Bersyeba" (1Sam 3:20 dan lain-lain). Ungkapan itu mengandung arti bahwa ~B. merupakan sebuah kota di atas ujung Selatan Kanaan. Penggalian yang dilakukan di dekat kota ~B. yang modern ternyata menunjukkan adanya sebuah tempat yang didiami orang pada zaman kalkolitikum (sekitar tahun 3.500 seb. Mas.) dan sebagian menunjukkan adanya perumahan di bawah tanah. Nampaknya mereka hidup dari pertanian (--> pengelolahan tanah). ~B. yang disebutkan di dalam Alkitab diperkirakan berada di Tell es-seba, kira-kira 5 km dari ~B. yang sekarang. Di situ sedang dilakukan penggalian oleh Israel sejak tahun 1969. Lihat peta PL B8.

BERSYEBA [browning]

Daerah Israel paling selatan, terkenal karena perigi-periginya dan karena itu sangat cocok untuk menggembalakan domba. Dalam Kitab Kejadian dikemukakan bahwa nenek moyang *Abraham, *Ishak, dan *Yakub tinggal di sana (Kej. 22:19; 28:10; 46:1). Frasa 'dari Dan sampai ke Bersyeba' merupakan cara menyebut seluruh Israel (2Sam. 17:11).

BERSYEBA [ensiklopedia]

Nama yg diberikan kepada sumber air yg penting, juga kepada kotanya dan daerahnya (Kej 21:14; Yos 19:2). Kota yg sekarang terletak 77 km sebelah barat daya Yerusalem dan hampir di tengah-tengah antara Laut Tengah dan bagian selatan dari Laut Mati.

Penggalian di Tel es-Seba' 5 km sebelah barat kota modern, menemukan kota benteng yg teratur yg dibangun pada zaman kerajaan Yehuda. Sumur di luar pintu gerbangnya oleh penggalinya dianggap berasal dari abad 12 sM. Penggali menghubungkannya dengan Abraham dan cerita-cerita lain tentang Bapak-bapak leluhur Israel, tanpa ada bukti apa pun untuk mendukung spekulasinya. Di situ belum terdapat periuk dari Zaman Perunggu atau barang-barang lain yg dapat membuktikan bahwa namanya kuno. Periuk dari Zaman Besi telah ditemukan di Bir es-Seba' kota modern itu, yg pada zaman Romawi disebut Berosaba; adalah mungkin bahwa kota yg sekarang berdiri pada lahan yg sama dengan lahan kota kuno.

Dekat dengan kota itu ada beberapa sumber air, yg paling besar bergaris tengah 3,75 m. Sumber air ini memerlukan penggalian sedalam 5 m batu karang yg keras. Di salah satu batu dinding lobang, Conder mendapati tulisan yg menunjukkan tgl perbaikan yg dilakukan pada abad 12 sM. Pada waktu Conder mengunjunginya, thn 1874, kedalaman permukaan airnya adalah 11 m.

Arti nama ini diberikan dalam Kej 21:31. 'Sumber dari ke tujuh' (yaitu anak-anak domba). Keterangan 'Sumber bersumpah', berdasarkan gagasan 'karena' kedua orang itu telah bersumpah di sana bukanlah keterangan yg benar dari nama ini, tapi hanya mengatakan bahwa pada waktu itulah nama itu pertama-tama dipakai.

Keterangan dari cerita kedua tentang pemberian nama kepada sumber itu oleh Ishak (Kej 26:33) terdapat dalam ay 18, 'Kemudian Ishak menggali kembali sumur-sumur yg digali pada zaman Abraham, ayahnya, dan yg telah ditutup oleh orang Filistin sesudah Abraham mati, disebutkannya nama sumur-sumur itu menurut nama-nama yg telah diberikan oleh ayahnya'. Karena menggali sumur adalah merupakan jasa besar, maka menggali kembali sumur seperti diceritakan adalah memperingati karya besar itu dan sekaligus menghormati sang ayah. Dalam ay 33 kata-kata yg dipakai adalah 'dan ia menamakannya Syeba'.

Bersyeba sering dikunjungi oleh para Bapak leluhur; Abraham tinggal di sini lama sekali (Kej 22:19). Mungkin daerah ini adalah bagian dari Palestina tanpa penduduk, karena pergantian musim menjadikan iklim daerah berumput ini tidak cocok untuk ditinggali. Dari sinilah Abraham berangkat untuk mengorbankan Ishak. Ishak tinggal di sini waktu Yakub pergi ke Haran (Kej 28:10). Dalam perjalanannya ke Mesir, Yakub berhenti di sini untuk mempersembahkan korban-korban (Kej 46:1). Waktu pembagian tanah, lahan kota ini jatuh ke tangan suku Simeon (Yos 19:2).

Ungkapan 'dari Dan sampai Bersyeba' (Hak 20:1 dab) memaksudkan bahwa Bersyeba adalah kota yg paling selatan dari negeri itu. Kota ini penting karena letaknya pada jalan perdagangan ke Mesir.

Amos (5:5; 8:14) menyebut dan menunjukkan bahwa Bersyeba telah menjadi pusat kegiatan-kegiatan agamawi yg tidak baik.

Bersyeba dan desa-desanya (Ibrani 'anak-anak perempuan') diduduki lagi sesudah pembuangan (Neh 11:27).

Kota yg disebut oleh Yosefus (BJ 2.573 dan 3.39) yg menurut Winckler adalah Bersyeba dari PL, adalah suatu desa di Galilea bg bawah (Jos., Life 5.188). Tentang penggalian di sekitar Bersyeba, lih Jean Perrot, 'Les Fouilles d'Abou Matar pres de Beersheba', Syria, 34, 1957.

KEPUSTAKAAN. Zimmerli, Geschichte u. Tradition von Beersheba im A T, 1932; Y Aharoni, Beer-Sheba 1, 1973; Tel-Aviv 1, 1974, hlm 34-42; 2, 1975, hlm 146-168. WJM/ARM/RS




TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.12 detik
dipersembahkan oleh YLSA