TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yesaya 63

  Boks Temuan
Hukuman pembalasan atas Edom
63:1 "Siapa dia yang datang dari Edom 1 , d  yang datang dari Bozra e  dengan baju yang merah, f  dia yang bersemarak dengan pakaiannya, yang melangkah dengan kekuatannya g  yang besar?" "Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan! h " 63:2 "Mengapakah pakaian-Mu semerah itu, dan baju-Mu seperti baju pengirik buah anggur? i " 63:3 "Aku seorang dirilah yang melakukan pengirikan 2 , j  dan dari antara umat-Ku tidak ada yang menemani Aku! Aku telah mengirik k  bangsa-bangsa dalam murka-Ku, dan Aku telah menginjak-injak mereka dalam kehangatan amarah-Ku; l  semburan darah mereka memercik kepada baju-Ku, m  dan seluruh pakaian-Ku telah cemar. 63:4 Sebab hari pembalasan n  telah Kurencanakan dan tahun penuntutan bela telah datang. 63:5 Aku melayangkan pandangan-Ku: tidak ada o  yang menolong; Aku tertegun: tidak ada yang membantu. Lalu tangan-Ku p  memberi Aku pertolongan, dan kehangatan amarah-Ku, itulah yang membantu Aku. q  63:6 Aku memijak-mijak r  bangsa-bangsa dalam murka-Ku, menghancurkan mereka dalam kehangatan amarah-Ku s  dan membuat semburan darah t  mereka mengalir ke tanah."
Doa pengakuan dan permohonan Israel
63:7 Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia u  TUHAN 3 , perbuatan TUHAN yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan TUHAN kepada kita, dan kebajikan v  yang besar kepada kaum Israel yang dilakukan-Nya kepada mereka sesuai dengan kasih sayang-Nya w  dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar. 63:8 Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, x  anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat y  mereka 63:9 dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, z  melainkan Ia sendirilah a  yang menyelamatkan mereka 4 ; Dialah yang menebus b  mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong c  mereka selama zaman dahulu kala. d  63:10 Tetapi mereka memberontak e  dan mendukakan Roh Kudus-Nya 5 ; f  maka Ia berubah menjadi musuh g  mereka, dan Ia sendiri berperang h  melawan mereka. 63:11 Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut i  bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? j  Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya k  dalam hati mereka; 63:12 yang dengan tangan-Nya l  yang agung menyertai Musa di sebelah kanan; yang membelah air m  di depan mereka untuk membuat nama abadi n  bagi-Nya; 63:13 yang menuntun o  mereka melintasi samudera raya p  seperti kuda melintasi padang gurun? Mereka tidak pernah tersandung, q  63:14 seperti ternak yang turun ke dalam lembah. Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. r  Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu. 63:15 Pandanglah dari sorga s  dan lihatlah dari kediaman-Mu t  yang kudus dan agung! Di manakah kecemburuan-Mu u  dan keperkasaan-Mu, hati-Mu yang tergerak dan kasih sayang-Mu? v  Janganlah kiranya Engkau menahan diri! w  63:16 Bukankah Engkau Bapa x  kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal y  kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus z  kami" sejak dahulu kala. 63:17 Ya TUHAN, mengapa Engkau biarkan kami sesat a  dari jalan-Mu, dan mengapa Engkau tegarkan hati b  kami, sehingga tidak takut c  kepada-Mu? Kembalilah d  oleh karena hamba-hamba-Mu, oleh karena suku-suku milik kepunyaan-Mu! e  63:18 Mengapa orang-orang fasik menghina tempat kudus-Mu, f  para lawan kami memijak-mijak g  bait kudus-Mu? h  63:19 Keadaan kami seolah-olah kami dari dahulu kala tidak pernah berada di bawah pemerintahan-Mu, seolah-olah nama-Mu i  tidak pernah disebut atas kami.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[63:1]  1  Full Life : DARI EDOM.

Nas : Yes 63:1-6

Ayat-ayat ini melukiskan hukuman Allah yang akan datang atas dunia yang berdosa. "Edom" mewakili semua kekuatan dunia yang menentang Allah dan umat-Nya. Pakaian Tuhan bernoda merah karena darah orang fasik. Perhatikan Wahy 19:13 di mana jubah Kristus digambarkan sebagai "dicelupkan dalam darah" ketika Ia kembali ke dunia untuk membinasakan orang fasik.

[63:3]  2  Full Life : SEORANG DIRILAH YANG MELAKUKAN PENGIRIKAN.

Nas : Yes 63:3

Allah sendiri akan berperang melawan bangsa-bangsa dan mengalahkan mereka; Ia akan menginjak-injak mereka sebagaimana orang menginjak-injak buah anggur di tempat pengirikan (bd. Yoel 3:13; Wahy 14:17-20; 19:15).

[63:7]  3  Full Life : KASIH SETIA TUHAN.

Nas : Yes 63:7-64:12

Yesaya memuji belas kasihan dan kasih setia Allah, mengakui dosa Israel, dan berdoa bagi kelepasan mereka dari hukuman dan untuk penebusan yang dijanjikan Allah.

[63:9]  4  Full Life : IA SENDIRILAH YANG MENYELAMATKAN MEREKA

Nas : Yes 63:9

(versi Inggris NIV -- Malaikat kehadiran-Nya yang menyelamatkan mereka). Malaikat ini mungkin malaikat Tuhan, yang sebenarnya adalah Tuhan sendiri

(lihat cat. --> Kej 16:7;

lihat cat. --> Kel 3:2;

[atau ref. Kej 16:7; Kel 3:2]

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

[63:10]  5  Full Life : MENDUKAKAN ROH KUDUS-NYA.

Nas : Yes 63:10

"Mendukakan" mengemukakan pelanggaran terhadap kasih Roh Kudus dan pemberontakan terhadap jalan-jalan-Nya. Roh Kudus adalah oknum ilahi yang dapat dilukai dan didukakan (bd. Ef 4:30). "Kudus" mengacu kepada kekudusan yang agung dan kemurnian-Nya yang tak bercacat. Roh Kudus telah diberikan kepada semua orang percaya untuk menuntun mereka kepada kasih karunia, penyataan, kuasa, kasih, kehadiran, bimbingan, dan kekudusan Allah.



TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA