Yesaya 57
AlkiPEDIA (Perpustakaan Elektronik Dan Informasi Alkitab)
buka semuaAlkiPEDIA Kitab
Fakta
Fakta: Statistik 66 pasal, 1292 ayat, 37.044 kata Penulis Yesaya Tema Hukuman dan Keselamatan; Keselamatan bangsa melalui hukuman dan...
Statistik | 66 pasal, 1292 ayat, 37.044 kata |
Penulis | Yesaya |
Tema | Hukuman dan Keselamatan; Keselamatan bangsa melalui hukuman dan anugerah. |
Waktu | + 700-680 SM |
Tempat | Yerusalem, di Yehuda |
Kata Kunci | Keselamatan. |
Kristus Di Alkitab | Dia adalah Raja Damai |
Latar Belakang
Latar Belakang: Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah
Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan...
Latar belakang sejarah bagi pelayanan nubuat Yesaya, anak Amos adalah Yerusalem pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 SM (bd. 1Sam 6:1) dan Hizkia pada tahun 687 SM; jadi, pelayanan Yesaya meliputi lebih daripada setengah abad sejarah Yehuda. Menurut tradisi Yahudi, Yesaya mati syahid dengan digergaji menjadi dua (bd. Ibr 11:37) oleh Raja Manasye putra Hizkia yang jahat dan penggantinya (+ 680 SM).
Yesaya rupanya berasal dari keluarga kalangan atas di Yerusalem; dia orang berpendidikan, memiliki bakat sebagai penggubah syair dan berkarunia nabi, mengenal keluarga raja, dan memberikan nasihat secara nubuat kepada para raja mengenai politik luar negeri Yehuda. Biasanya, Yesaya dipandang sebagai nabi yang paling memahami kesusastraan dan paling berpengaruh dari semua nabi yang menulis kitab. Ia menikahi seorang wanita yang juga berkarunia kenabian, dan pasangan ini memiliki dua putra yang namanya mengandung pesan yang simbolik bagi bangsa itu.
Yesaya hidup sezaman dengan Hosea dan Mikha; ia bernubuat selama perluasan yang mengancam dari kerajaan Asyur, keruntuhan terakhir Israel (kerajaan utara) serta kemerosotan rohani dan moral di Yehuda (kerajaan selatan). Yesaya memperingati raja Yehuda, Ahas, untuk tidak mengharapkan bantuan dari Asyur melawan Israel dan Aram; ia mengingatkan Raja Hizkia, setelah kejatuhan Israel tahun 722 SM, agar jangan mengadakan persekutuan dengan bangsa asing menentang Asyur. Ia menasihati kedua raja itu untuk percaya Tuhan saja sebagai perlindungan mereka (Yes 7:3-7; Yes 30:1-17). Yesaya mempunyai pengaruhnya terbesar pada masa pemerintahan Raja Hizkia.
Beberapa cendekiawan meragukan apakah Yesaya menulis seluruh kitab ini. Mereka menentukan pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) saja yang ditulis Yesaya dari Yerusalem; biasanya mereka beranggapan pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24) berasal dari seorang atau beberapa orang pengarang lain sekitar satu atau satu setengah abad kemudian. Akan tetapi, tidak ada data alkitabiah yang mengharuskan kita menolak Yesaya sebagai penulis seluruh kitab ini. Nubuat-nubuat Yesaya dalam pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24) untuk para buangan Yahudi di Babel jauh setelah kematiannya menekankan kemampuan Allah untuk menyatakan berbagai peristiwa khusus di masa depan melalui para nabi-Nya (mis. Yes 42:8-9; Yes 44:6-8; Yes 45:1; Yes 47:1-11; Yes 53:1-12). Jikalau seorang dapat menerima perwujudan penglihatan dan penyataan kenabian (bd. Wahy 1:1; Wahy 4:1--22:21), maka lenyaplah sudah halangan utama untuk percaya bahwa Yesaya menulis seluruh kitab ini. Bukti-bukti pendukung positif cukup banyak dan tergolong di bawah dua bagian yang luas.
- (1) Bukti dari dalam kitab ini sendiri mencakup pernyataan pembukaan (Yes 1:1) (yang berlaku untuk seluruh kitab) dan banyak kesamaan ungkapan dan pikiran yang mencolok di antara kedua bagian utama kitab ini. Salah satu contoh terkenal ialah ungkapan "Yang Mahakudus, Allah Israel" yang muncul 12 kali dalam pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) dan 14 kali dalam pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24), dan hanya enam kali di seluruh bagian PL lainnya. Tidak kurang dari 25 bentuk kata Ibrani muncul dalam kedua bagian utama Yesaya, tetapi tidak terdapat di kitab nubuat yang lain di PL.
- (2) Bukti dari luar kitab ini mencakup kesaksian Talmud Yahudi dan PB sendiri, yang menghubungkan seluruh bagian kitab ini dengan nabi Yesaya (mis. bd. Mat 12:17-21 dengan Yes 42:1-4; Mat 3:3 dan Luk 3:4 dengan Yes 40:3; Yoh 12:37-41 dengan Yes 6:9-10 dan Yes 53:1; Kis 8:28-33 dengan Yes 53:7-9; Rom 9:27 dan Yes 10:16-21 dengan Yes 10:1-34; Yes 53:1-12; Yes 65:1-25).
Garis Besar
Garis Besar:
I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
( Yes 1:1-35:10 )
A. Latar Belakang Nubuat Yesaya...
- I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
(Yes 1:1-35:10) - A. Latar Belakang Nubuat Yesaya
(Yes 1:1-31) - B. Berbagai Nubuat Yesaya yang Mula-Mula
(Yes 2:1-5:30) - 1. Hari Tuhan
(Yes 2:1-22) - 2. Hukuman Terhadap Yehuda dan Yerusalem
(Yes 3:1-4:1) - 3. Nubuat-Nubuat Tentang Hukuman dan Kemuliaan
(Yes 4:2-6) - 4. Perumpamaan Tentang Hukuman dan Pembuangan Yehuda
(Yes 5:1-30) - C. Penyucian dan Pengutusan Yesaya
(Yes 6:1-13) - D. Berbagai Nubuat Yesaya yang Mula-Mula Tentang Mesias
(Yes 7:1-12:6) - 1. Tanda Imanuel
(Yes 7:1-25) - 2. Berbagai Lambang Tentang Pelepasan oleh Mesias
(Yes 8:1-9:6) - 3. Berbagai Nubuat Tentang Hukuman Terhadap Israel (Kerajaan Utara)
dan Asyur
(Yes 9:7-10:34) - 4. Mesias dari Keturunan Daud dan Kerajaan-Nya
(Yes 11:1-12:6) - E. Berbagai Nubuat Yesaya Tentang Hukuman Terhadap Bangsa-Bangsa
(Yes 13:1-23:18) - 1. Terhadap Babel
(Yes 13:1-14:23) - 2. Terhadap Asyur
(Yes 14:24-27) - 3. Terhadap Filistea
(Yes 14:28-32) - 4. Terhadap Moab
(Yes 15:1-16:14) - 5. Terhadap Damsyik dan Efraim
(Yes 17:1-14) - 6. Terhadap Etiopia
(Yes 18:1-7) - 7. Terhadap Mesir
(Yes 19:1-20:6) - 8. Terhadap Babel (Nubuat Kedua)
(Yes 21:1-10) - 9. Terhadap Duma
(Yes 21:11-12) - 10. Terhadap Arabia
(Yes 21:13-17) - 11. Terhadap Yerusalem
(Yes 22:1-25) - 12. Terhadap Tirus dan Sidon
(Yes 23:1-18) - F. Berbagai Nubuat Tentang Akhir Zaman
(Yes 24:1-27:13) - G. Berbagai Nubuat Tentang Celaka yang Kait-Mengait Dengan Harapan
Nubuat akan Keselamatan
(Yes 28:1-35:10) - II. Sisipan Sejarah Mengenai Hizkia
(Yes 36:1-39:8) - A. Pelepasan Hizkia dari Asyur
(Yes 36:1-37:38) - B. Penyakit dan Kesembuhan Hizkia
(Yes 38:1-22) - C. Kesombongan Hizkia yang Bodoh
(Yes 39:1-8) - III.Berbagai Nubuat Tentang Keselamatan dan Pengharapan
(Yes 40:1-66:24) - A. Berbagai Janji yang Menubuatkan Pemulihan Umat Allah
(Yes 40:1-48:22) - 1. Kemuliaan Tuhan dan Hamba-Nya akan Dinyatakan
(Yes 40:1-42:25) - 2. Pemulihan Kaum Sisa yang Ditebus
(Yes 43:1-45:25) - 3. Pelajaran Iman bagi Yehuda Ketika Allah Menghukum Babel
(Yes 46:1-48:22) - B. Berbagai Janji yang Menubuatkan Mesias, Hamba yang Menderita
(Yes 49:1-53:12) - 1. Tugas dan Ketaatan-Nya
(Yes 49:1-50:11) - 2. Dorongan dan Nasihat-Nya untuk Kaum Sisa
(Yes 51:1-52:12) - 3. Penderitaan dan Kematian-Nya yang Mendamaikan
(Yes 52:13-53:12) - C. Penyataan Selanjutnya yang Menubuatkan Pemulihan dan Penebusan
(Yes 54:1-59:21) - D. Berbagai Penglihatan yang Menubuatkan Masa Depan Sion yang Mulia
(Yes 60:1-66:24) - 1. Kemakmuran dan Damai Sejahtera Sion
(Yes 60:1-22) - 2. Pengurapan dan Misi Mesias
(Yes 61:1-11) - 3. Syafaat yang Bersifat Nubuat untuk Pemulihan dan Kemuliaan Sion
(Yes 62:1-64:12) - 4. Jawaban Allah yang Memberi Kemurahan dan Akhir yang Mulia
(Yes 65:1-66:24)
Tujuan
Tujuan: Tujuan lipat tiga jelas kelihatan dalam tulisan Yesaya.
(1) Sang nabi pertama-tama menghadapi bangsanya sendiri dan bangsa lain yang...
Tujuan lipat tiga jelas kelihatan dalam tulisan Yesaya.
- (1) Sang nabi pertama-tama menghadapi bangsanya sendiri dan bangsa lain yang sezaman dengan firman Tuhan mengenai dosa mereka dan hukuman Allah yang akan datang.
- (2) Lalu, melalui berbagai penglihatan yang mengandung wahyu dan Roh nubuat, Yesaya menubuatkan pengharapan bagi angkatan masa depan orang Yahudi buangan. Mereka akan dikembalikan dari pembuangan dan akan ditebus Allah untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi.
- (3) Akhirnya, Yesaya bernubuat bahwa Allah akan mengirim Mesias dari keturunan Daud, yang keselamatan-Nya pada akhirnya akan meliputi semua bangsa di bumi ini, sehingga memberikan pengharapan bagi umat Allah di bawah perjanjian yang lama dan yang baru.
Tema-tema Kunci
Tema-tema Kunci: 1. Allah (pasal 6 )
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah...
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.
2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.
3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?
1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.
3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.
4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.
Survei
Survei: Sebagian besar sarjana berpendapat bahwa ke-66 pasal kitab ini dengan
sendirinya terbagi menjadi dua bagian utama: pasal 1-39 ( Yes 1:1--39:8 )...
Sebagian besar sarjana berpendapat bahwa ke-66 pasal kitab ini dengan sendirinya terbagi menjadi dua bagian utama: pasal 1-39 (Yes 1:1--39:8) dan pasal 40-66 (Yes 40:1--66:24). Dalam hal-hal tertentu kitab Yesaya adalah seperti suatu Alkitab kecil:
- (1) Kedua bagian besar ini menekankan tema umum penghukuman dan keselamatan, sesuai dengan tema-tema umum di PL dan PB; dan
- (2) dalam kedua bagian Yesaya dan Alkitab, hal yang menyatukannya adalah karya penebusan Kristus.
- (1) Bagian pertama Yesaya (pasal 1-39; Yes 1:1--39:8) berisi empat kelompok besar materi.
- (a) Dalam pasal 1-12 (Yes 1:1--12:6) Yesaya mengingatkan dan mengecam Yehuda karena penyembahan berhala, kebejatan, dan ketidakadilan sosial selama masa kemakmuran yang menyesatkan. Terjalin dengan berita mengenai hukuman yang akan datang adalah beberapa nubuat penting tentang Mesias (mis. Yes 2:4; Yes 7:14; Yes 9:5-6; Yes 11:1-9), bersama kesaksian Yesaya tentang pentahiran dirinya dari dosa dan penugasan ilahi untuk pelayanan kenabian (pasal 6; Yes 6:1-13).
- (b) Dalam pasal 13-23 (Yes 13:1--23:18) Yesaya bernubuat kepada bangsa-bangsa sezaman Yehuda mengenai dosa mereka dan hukuman Allah yang akan datang.
- (c) Pasal 24-35 (Yes 24:1--35:10) berisi bermacam-macam janji bersifat nubuat tentang keselamatan dan hukuman yang akan datang.
- (d) Pasal 36-39 (Yes 36:1--39:8) mencatat aneka cuplikan sejarah dari kehidupan Hizkia yang serupa dengan 2Raj 18:13--20:21.
- (2) Bagian utama kedua (pasal 40-66; Yes 40:1--66:24) berisi berbagai nubuat yang paling akbar dalam Alkitab mengenai kebesaran Allah dan kemegahan rencana penebusan-Nya. Pasal-pasal ini membangkitkan harapan dan hiburan dalam umat Allah pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Hizkia (Yes 38:5) dan untuk abad-abad selanjutnya. Bagian ini penuh dengan penyataan nubuat mengenai kuasa dan kemuliaan Allah dan janji-janji-Nya untuk memulihkan kaum sisa di Israel yang benar dan berbuah dan di antara bangsa-bangsa sebagai perwujudan penuh dari kasih penebusan-Nya. Janji-janji dan penggenapannya ini secara khusus dikaitkan dengan tema penderitaan dan berisi "nyanyian hamba" gubahan Yesaya (lih. Yes 42:1-4; Yes 49:1-6; Yes 50:4-9; Yes 52:13--53:12), yang menunjuk kepada titik waktu melewati pengalaman orang buangan Yahudi kepada kedatangan Yesus Kristus di kemudian hari dan kematian-Nya yang mendamaikan (pasal 53; Yes 53:1-12). Sang nabi menubuatkan bahwa datangnya Mesias akan memungkinkan kebenaran bersinar dengan terang dan keselamatan keluar kepada bangsa-bangsa bagaikan obor yang menyala (pasal 60-66; Yes 60:1--66:24). Yesaya mengutuk kebutaan rohani mengenai jalan-jalan Allah (Yes 42:18-25) dan menghargai doa syafaat dan rasa sakit melahirkan oleh umat Allah sebagai perlu agar segala sesuatu dapat digenapi (bd. Yes 56:6-8; Yes 62:1-2,6-7; Yes 66:7-18).
Ciri Khas
Ciri Khas: Delapan ciri utama menandai kitab Yesaya ini.
(1) Sebagian besar kitab ini ditulis dalam bentuk syair Ibrani dan sebagai
karya sastra...
Delapan ciri utama menandai kitab Yesaya ini.
- (1) Sebagian besar kitab ini ditulis dalam bentuk syair Ibrani dan sebagai karya sastra tidak dapat dibandingi keindahan, kuasa, dan keanekaragaman dalam syairnya. Kekayaan kosakata Yesaya mengungguli semua penulis PL lainnya.
- (2) Yesaya disebut "nabi injili" karena, dari semua kitab PL, nubuat-nubuatnya tentang Mesias berisi pernyataan yang paling lengkap dan jelas dari Injil Yesus Kristus.
- (3) Penglihatannya tentang salib dalam pasal 53 (Yes 53:1-12) adalah nubuat yang paling khusus dan terinci dalam seluruh Alkitab mengenai kematian Yesus yang mendamaikan bagi orang berdosa.
- (4) Kitab ini menjadi kitab nubuat PL yang paling teologis dan luas; ia menjangkau ke belakang kepada saat Allah menciptakan langit dan bumi serta hidup manusia (mis. Yes 42:5) dan memandang ke depan kepada saat Allah mengakhiri sejarah dan menciptakan langit baru dan bumi baru (mis. Yes 65:17; Yes 66:22).
- (5) Kitab ini berisi lebih banyak penyataan tentang tabiat, keagungan, dan kekudusan Allah daripada kitab nubuat PL lainnya. Allah yang diperlihatkan Yesaya adalah kudus dan mahakuasa, Yang akan menghakimi dosa dan ketidakbenaran dalam umat manusia dan bangsa-bangsa. Ungkapan yang digemari untuk Allah ialah "Yang Mahakudus, Allah Israel".
- (6) Yesaya, yang artinya "Tuhan menyelamatkan", adalah nabi keselamatan. Ia memakai istilah "keselamatan" hampir tiga kali lebih banyak daripada seluruh kitab para nabi lainnya. Yesaya menyatakan bahwa maksud penuh keselamatan Allah akan digenapi hanya dalam kaitan dengan Mesias.
- (7) Yesaya sering kali mengacu kembali kepada peristiwa-peristiwa penebusan sebelumnya dalam sejarah Israel, mis. peristiwa keluaran (Yes 4:5-6; Yes 11:15; Yes 31:5; Yes 43:16-17), pemusnahan Sodom dan Gomora (Yes 1:9), dan kemenangan Gideon atas suku Midian (Yes 9:4; Yes 10:26; Yes 28:21); ia juga mengutip dari nyanyian Musa yang bersifat nubuat dalam Ul 32:1-52 (Yes 1:2; Yes 30:17; Yes 43:11,13).
- (8) Bersama dengan Ulangan dan Mazmur, Yesaya termasuk kitab PL yang paling banyak dikutip dalam PB.
Penggenapan Dalam Perjanjian Baru
Yesaya bernubuat tentang Yohanes Pembaptis sebagai pendahulu yang ditentukan bagi Mesias (Yes 40:3-5; bd. Mat 3:1-3). Berikut ini adalah sebagian dari nubuat-nubuat Yesaya tentang Mesias serta penerapan PB-nya dalam kehidupan dan pelayanan Yesus Kristus: - penjelmaan dan ke-Tuhanan-Nya (Yes 7:14; lih. Mat 1:22-23; Luk 1:34-35; Yes 9:5-6; lih. Luk 1:32-33; Luk 2:11); - masa remaja-Nya (Yes 7:15-16 dan Yes 11:1; lih. Luk 3:23,32 dan Kis 13:22-23); - misi-Nya (Yes 11:2-5; Yes 42:1-4; Yes 60:1-3; Yes 61:1; lih. Luk 4:17-19,21); - ketaatan-Nya (Yes 50:5; lih. Ibr 5:8); - berita dan pengurapan-Nya oleh Roh Kudus (Yes 11:2; Yes 42:1 dan Yes 61:1; lih. Mat 12:15-21); - mukjizat-mukjizat-Nya (Yes 35:5-6; lih. Mat 11:2-5); - penderitaan-Nya (Yes 50:6; lih. Mat 26:67; Mat 27:26,30; Yes 53:4-5,11; lih. Kis 8:28-33); - penolakan-Nya (Yes 53:1-3; lih. Luk 23:18; Yoh 1:11; Yoh 7:5); - rasa malu-Nya (Yes 52:14; lih. Fili 2:7-8); - kematian-Nya yang mendamaikan (Yes 53:4-12; lih. Rom 5:6); - kenaikan-Nya (Yes 52:13; lih. Fili 2:9-11); dan - kedatangan-Nya yang kedua (Yes 26:20-21; lih. Yud 1:14; Yes 61:2-3; lih. 2Tes 1:5-12; Yes 65:17-25; lih. 2Pet 3:13).
buka semuaAlkiPEDIA Pasal
Penjelasan Singkat
Penjelasan Singkat: Allah menegur orang Yahudi
Isi Pasal
Isi Pasal: Pengajaran etis lainnya. Dosa umat dicela.
Garis Besar
Garis Besar: 57:1 Kematian yang membahagiakan atas orang benar. 57:3 TUHAN menegur bangsa Yahudi karena berhala persundalan mereka. 57:13 Dia memberikan...
Judul Perikop
Tokoh
Tokoh: Allah .
Nama dan Tempat
Kesimpulan
Kesimpulan: Allah sudah sepantasnya tidak suka ketika suara teguran-Nya tidak didengarkan, terlebih lagi, ketika dosa dan penyembahan berhala disukai....
Fakta
Fakta: -
Storyboard Yesaya 57
Infografis Yesaya 57
Infografis Yesaya 57
buka semuaAI-PEDIA
Ringkasan
Ringkasan: Pasal 57 dari Kitab Yesaya berbicara tentang perbedaan nasib antara orang benar dan orang fasik. Orang benar diambil oleh Tuhan untuk dihindarkan...
Pengantar & Latar Belakang
Pengantar & Latar Belakang: Latar belakang dari pasal 57 dalam Kitab Yesaya adalah sebagai berikut:
Konteks Historis :
Pasal 57 ditulis oleh nabi Yesaya pada masa...
Konteks Historis:
Pasal 57 ditulis oleh nabi Yesaya pada masa pemerintahan raja-raja di Kerajaan Yehuda. Pada saat itu, bangsa Israel mengalami masa kegelapan rohani dan moral. Mereka terjerumus dalam penyembahan berhala dan melakukan kejahatan. Nabi Yesaya dipanggil oleh Allah untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat-Nya agar mereka bertobat dan kembali kepada Allah.
Konteks Budaya:
Pada masa itu, budaya di Yehuda dipengaruhi oleh praktik penyembahan berhala dan kehidupan yang jauh dari kebenaran Allah. Masyarakat terbagi antara yang setia kepada Allah dan yang terjerumus dalam dosa dan penyembahan berhala. Nabi Yesaya berusaha mengingatkan umat akan pentingnya hidup sesuai dengan kehendak Allah.
Konteks Literatur:
Pasal 57 dalam Kitab Yesaya merupakan bagian dari nubuat dan pesan-pesan nabi Yesaya yang ditulis dalam bentuk puisi dan prosa. Gaya bahasa yang digunakan dalam Kitab Yesaya adalah kaya dan penuh dengan gambaran dan perumpamaan.
Konteks Teologis:
Pasal 57 mengandung pesan teologis tentang pentingnya ketaatan dan kesetiaan kepada Allah. Nabi Yesaya menegaskan bahwa Allah menghendaki umat-Nya hidup dalam kekudusan dan kebenaran. Pesan ini juga mengandung pengharapan akan pemulihan dan pengampunan Allah bagi mereka yang bertobat.
Dalam ayat-ayat sebelumnya, nabi Yesaya mengungkapkan kekecewaan Allah terhadap umat-Nya yang melakukan penyembahan berhala dan hidup dalam dosa. Ia menegur mereka karena meninggalkan Allah dan mengikuti praktik-praktik pagan. Nabi Yesaya juga mengingatkan umat akan hukuman yang akan datang jika mereka tidak bertobat dan kembali kepada Allah.
Demikianlah latar belakang singkat dari pasal 57 dalam Kitab Yesaya. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami konteks historis, budaya, literatur, dan teologis dari pasal tersebut.
Topik
Topik: Berikut adalah beberapa topik penting dalam Kitab Yesaya pasal 57 :
1. Kehilangan orang benar dan ketidaktahuan orang-orang saleh ( Yesaya...
1. Kehilangan orang benar dan ketidaktahuan orang-orang saleh (Yesaya 57:1)
- Orang benar binasa tanpa ada yang memperhatikan
- Orang-orang saleh kehilangan nyawa tanpa ada yang memahami
2. Kritik terhadap anak-anak peramal dan keturunan pezina (Yesaya 57:3-5)
- Anak-anak peramal dan keturunan pezina dihina
- Mereka melakukan praktik-praktik keagamaan yang salah
3. Penghinaan terhadap Allah dan penyembahan berhala (Yesaya 57:6-10)
- Mereka mempersembahkan kurban sembelihan di tempat-tempat yang salah
- Mereka membuat perjanjian dengan berhala-berhala dan melupakan Allah
4. Peringatan terhadap keputusasaan dan kebohongan (Yesaya 57:11-13)
- Orang-orang fasik mencari bantuan dari berhala-berhala yang tidak berdaya
- Allah menjanjikan pemulihan dan penghiburan bagi yang merendahkan diri
5. Perbandingan antara orang fasik dan orang benar (Yesaya 57:20-21)
- Orang fasik seperti laut yang berombak dan tidak tenang
- Tidak ada damai sejahtera bagi orang fasik
Referensi:
- Yesaya 57:1
- Yesaya 57:3-5
- Yesaya 57:6-10
- Yesaya 57:11-13
- Yesaya 57:20-21
Nama dan Tempat
Nama dan Tempat: Orang-orang yang disebutkan dalam pasal ini : - Orang benar : mereka yang hidup dengan kebenaran dan keadilan.
- Orang-orang saleh : mereka...
- Orang-orang saleh: mereka yang hidup dengan kesalehan dan ketakwaan.
Lokasi yang disebutkan dalam pasal ini:- Pohon-pohon tarbantin: tempat di mana anak-anak dipersembahkan sebagai korban.
- Pohon yang rimbun: tempat di mana anak-anak dipersembahkan sebagai korban.
- Lembah-lembah: tempat di mana anak-anak dipersembahkan sebagai korban.
- Celah-celah bukit batu: tempat di mana anak-anak dipersembahkan sebagai korban.
- Gunung tinggi dan menjulang: tempat di mana persembahan kurban sembelihan dipersembahkan.
- Pintu dan tiang pintu: tempat di mana berhala-berhala dipasang.
- Tempat tidur: tempat di mana perjanjian dengan berhala-berhala dibuat.
- Raja: penguasa atau pemimpin yang disembah oleh orang-orang yang berpaling dari Allah.
- Tempat yang sangat jauh: tempat di mana utusan-utusan dikirim untuk menyembah berhala-berhala.
- Dunia orang mati: tempat di mana utusan-utusan dikirim untuk menyembah berhala-berhala.
- Negeri: tempat di mana orang yang berlindung kepada Allah akan mewarisi.
- Gunung-Ku yang kudus: tempat di mana orang yang berlindung kepada Allah akan memiliki.
Kata Kunci
Kata Kunci: Analisis dan kata kunci dalam Kitab "Yesaya" pasal "57" adalah sebagai berikut:
1. Orang benar binasa : Menunjukkan bahwa orang yang hidup...
1. Orang benar binasa: Menunjukkan bahwa orang yang hidup benar dapat mengalami kehancuran.
2. Orang-orang saleh kehilangan nyawa: Menunjukkan bahwa orang-orang yang hidup saleh dapat kehilangan nyawa mereka.
3. Anak-anak peramal, keturunan pezina dan pelacur: Menyoroti kelompok orang yang melakukan praktik-praktik dosa dan kejahatan.
4. Pemberontak, keturunan pendusta: Menggambarkan kelompok orang yang memberontak dan berbohong.
5. Membawa persembahan minuman dan makanan: Menunjukkan praktik penyembahan berhala dan pengorbanan yang tidak diterima oleh Allah.
6. Membangun jalan dan menghilangkan rintangan: Menunjukkan kebutuhan untuk mempersiapkan jalan bagi umat Allah.
7. Orang yang hancur hati dan rendah hati: Menunjukkan bahwa Allah bersemayam bersama mereka yang merendahkan diri dan merasa hancur hati.
8. Orang fasik: Menggambarkan orang-orang yang hidup dalam dosa dan tidak memiliki damai sejahtera.
Pertanyaan Refleksi dan Diskusi
Pertanyaan Refleksi dan Diskusi: Pertanyaan Refleksi :
1. Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh pasal ini?
2. Bagaimana perbandingan antara nasib orang benar dan orang...
1. Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh pasal ini?
2. Bagaimana perbandingan antara nasib orang benar dan orang fasik dalam pasal ini?
3. Apa yang dapat kita pelajari tentang karakter dan sifat Allah dari pasal ini?
4. Bagaimana kita dapat menghubungkan pesan pasal ini dengan kehidupan kita sehari-hari?
Pertanyaan Diskusi:
1. Apa yang dapat kita pelajari tentang pentingnya hidup yang benar dan jujur dari pasal ini?
2. Bagaimana kita dapat menghindari jalan-jalan yang salah dan memilih hidup yang benar menurut panduan Alkitab?
3. Apa yang dapat kita pelajari tentang konsekuensi dari hidup dalam dosa dan kejahatan?
4. Bagaimana kita dapat menemukan kedamaian dan penghiburan sejati dalam hidup kita?
Hal-hal Menarik Terkait Kitab Yesaya Pasal 57:
1. Pasal ini menggambarkan perbedaan antara nasib orang benar dan orang fasik.
2. Allah mengecam praktik-praktik pagan yang dilakukan oleh orang-orang yang berpaling dari-Nya.
3. Pasal ini menekankan pentingnya hidup yang jujur dan rendah hati di hadapan Allah.
4. Allah menjanjikan penghiburan dan pemulihan bagi mereka yang merendahkan diri dan mencari-Nya.
5. Pasal ini mengingatkan kita bahwa Allah adalah Tuhan yang tinggi dan kudus, tetapi Dia juga dekat dengan mereka yang hancur hati dan rendah hati.
Pelajaran dan Doa
Pelajaran dan Doa: Dari pasal Yesaya 57 , ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dan terapkan dalam hidup kita:
1. Menghargai orang benar : Pasal ini...
1. Menghargai orang benar: Pasal ini menggambarkan bahwa orang benar seringkali diabaikan dan tidak dihargai oleh dunia. Kita harus belajar untuk menghargai dan menghormati orang-orang yang hidup dengan integritas dan kebenaran.
2. Menjauhi kejahatan: Pasal ini mengatakan bahwa orang benar diambil untuk dihindarkan dari kejahatan dan masuk ke dalam kedamaian. Kita harus berusaha menjauhi kejahatan dan hidup dalam kebenaran.
3. Menyesali dosa dan bertobat: Pasal ini juga menggambarkan kejahatan dan dosa yang dilakukan oleh orang-orang yang jauh dari Allah. Kita harus belajar untuk menyesali dosa-dosa kita dan bertobat kepada Allah.
4. Mengandalkan Allah: Pasal ini mengajarkan kita untuk mengandalkan Allah dalam segala hal. Kita harus belajar untuk tidak takut dan khawatir, tetapi percaya bahwa Allah akan melindungi dan menyertai kita.
Doa terkait pasal ini dapat mencakup:
1. Doa untuk menghargai orang benar: "Tuhan, ajarilah kami untuk menghargai dan menghormati orang-orang yang hidup dengan integritas dan kebenaran. Bantu kami untuk belajar dari teladan mereka dan menghormati mereka dengan tulus."
2. Doa untuk menjauhi kejahatan: "Tuhan, tolonglah kami untuk menjauhi kejahatan dan hidup dalam kebenaran. Bimbinglah kami dalam setiap langkah kami dan jauhkanlah kami dari godaan dan dosa."
3. Doa untuk bertobat: "Tuhan, kami menyesali dosa-dosa kami dan memohon pengampunan-Mu. Bantu kami untuk bertobat dengan tulus dan hidup sesuai dengan kehendak-Mu."
4. Doa untuk mengandalkan Allah: "Tuhan, kami percaya bahwa Engkau adalah sumber kekuatan dan perlindungan kami. Bantu kami untuk mengandalkan-Mu sepenuhnya dan tidak takut atau khawatir dalam menghadapi tantangan hidup."
Semoga kita dapat belajar dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal ini dalam kehidupan kita sehari-hari.
5W1H
5W1H: Analisis Yesaya 57 (5W+1H)
What (Apa): Pasal ini berisi teguran keras terhadap kemunafikan bangsa Israel dan janji pemulihan bagi mereka...
Analisis Yesaya 57 (5W+1H)
What (Apa): Pasal ini berisi teguran keras terhadap kemunafikan bangsa Israel dan janji pemulihan bagi mereka yang bertobat.
Who (Siapa):
- Nabi Yesaya: menyampaikan pesan Tuhan.
- Bangsa Israel: dituduh melakukan kemunafikan dan penyembahan berhala.
- Orang benar: binasa, tetapi Tuhan melindunginya.
- Orang fasik: akan terus gelisah dan tidak mendapat damai.
When (Kapan): Tidak disebutkan secara spesifik, tetapi kemungkinan besar selama masa pelayanan Yesaya di Kerajaan Yehuda.
Where (Di mana): Tidak disebutkan secara spesifik, tetapi kemungkinan besar di Yehuda.
Why (Mengapa):
- Teguran: Bangsa Israel telah meninggalkan Tuhan dan menyembah berhala.
- Janji pemulihan: Tuhan tetap mengasihi umat-Nya dan menawarkan pengampunan bagi mereka yang bertobat.
How (Bagaimana):
- Teguran: Tuhan menggunakan bahasa yang keras dan gamblang untuk mengekspos dosa-dosa bangsa Israel.
- Janji pemulihan: Tuhan menjanjikan penghiburan, penyembuhan, dan kedamaian bagi mereka yang bertobat dan kembali kepada-Nya.
Ringkasan:
Yesaya 57 menggambarkan kontras yang tajam antara orang benar yang binasa dan orang fasik yang tampaknya makmur. Tuhan menegur kemunafikan bangsa Israel yang menyembah berhala, tetapi juga menawarkan pengampunan dan pemulihan bagi mereka yang bertobat. Pesan ini menekankan kesetiaan Tuhan dan kasih-Nya yang tak terbatas bagi umat-Nya, bahkan ketika mereka tidak setia.Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi