Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 15 No. 1 Tahun 2000 >  KEILAHIAN KRISTUS: KOLOSE 1:15-18 > 
PEKERJAAN KRISTUS YANG TERUS MENERUS DALAM PENCIPTAAN 

Pokok pikiran selanjutnya (Kol 1:17-18a) masih penciptaan, tetapi suatu pemikiran baru diperkenalkan yakni bahwa segala sesuatu ada di dalam Dia (sunesteken), yaitu Kristus. Alam semesta bukan hanya diciptakan di dalam Anak sebagai lingkungan, oleh Dia sebagai agen ilahi, dan untuk Dia sebagai tujuan; tetapi juga bahwa alam semesta dibuat secara tetap "di dalam Dia" sendiri. Ini adalah sebagai penegasan yang kedua, "di dalam Dia segala sesuatu dipelihara bersama-sama". Dia memelihara keserasian, kehidupan, dan ketertibannya.1485 Dia juga memeliharanya dari kehancuran.1486 Dia adalah penopang dari alam semesta dan menyatakan prinsip-prinsip kehidupan dari alam ini. Bila terpisah dari aktifitasNya sebagai penopang, maka semua akan hancur.1487 Alam semesta tidak akan berfungsi, jika tidak berada di dalam Dia.1488 Gagasan mengenai Kristus yang mempertalikan segala sesuatu dalam alam semesta memang menonjol, dan hal ini terdapat juga dalam Ibr 1:3, yang berkata bahwa segala sesuatu ditopang oleh kuasa-Nya. Adanya pernyataan ini, mengakibatkan semua pikiran mengenai Kristus sebagai pencipta yang tidak hadir atau yang tidak menaruh perhatian pada ciptaan-Nya. harus dibuang! Lagi pula pernyataan ini sama sekali bertentangan dengan pendapat bahwa kuasa roh-roh jahat menguasai dunia, yang mungkin diajarkan oleh guru-guru palsu di Kolose. Jadi jelaslah bahwa Paulus berani menegaskan bahwa keilahian Kristus alas penciptaan. yang diperlihatkan tidak hanya pada karya-karya masa lampau yang telah selesai. tetapi juga dalam pekerjaan-Nya sekarang sebagai pemegang kedaulatan.1489 Anak Allah memang secara aktif dan istimewa mengambil bagian dalam pemeliharaan ciptaan Allah. Pembahasan dalam Kolose ini sejalan dengan Perjanjian Lama yang menggambarkan Kristus sebagai pemelihara ciptaan-Nya. Hal ini dapat dilihat dalam pekerjaan Malaikat Jehovah yang merupakan bukti penting bahwa Anak Allah memelihara dan memimpin umat Israel, penunjukkan kepada Jehovah sebagai Gembala Israel dapat diambil sebagai penunjuk khusus kepada Kristus (band. Kej 49:24; Mzm 23:1; 80:1 Yes 40:1; Yer 31:10; Yeh 34:11-12, 23; 37:24). Walau secara konteks ayat-ayat ini dapat menunjuk kepada Allah sebagai Tritunggal namun fakta bahwa Kristus secara istimewa adalah Gembala yang baik, dalam Yoh. 10 dapat membenarkan hal ini.1490 Sebagai Gembala yang baik, Dia mati bagi domba-domba-Nya sebagaimana dinubuatkan dalam Mzm 22: sebagai Gembala agung (Ibr 13:20). Dia menggenapkan Mzm 23: sebagai Gembala besar (1 Pet 5:4). Dia akan kembali untuk memerintah sebagai Raja kemuliaan (Mzm 24). Kemudian dalam Yes 53 juga menunjukkan pekerjaan pengambilan tindakan Allah dan pemeliharaan-Nya dalam Perjanjian Lama. Pembahasan dalam Kolose ini yang menyatakan Kristus sebagai pemelihara juga diperkuat dalam Ibr 1:3. "Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firmanNya yang penuh kekuasaan". Dengan kata lain bahwa alam semesta ini ditopang oleh firman kuasa Anak Allah.1491

Kristus adalah pencipta, pemelihara, tetapi juga menjadi sasaran dari penciptaan, yaitu segala sesuatu diciptakan untuk DiriNya.1492



TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA