Kisah Para Rasul 13:48-50
Konteks13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; h dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal 1 , menjadi percaya. 13:49 Lalu firman Tuhan i disiarkan di seluruh daerah itu.
Kisah Para Rasul 14:4
Konteks14:4 Tetapi orang banyak di kota itu terbelah menjadi dua: ada yang memihak kepada orang Yahudi, ada pula yang memihak kepada kedua rasul itu 2 . u
Kisah Para Rasul 17:4-5
Konteks17:4 Beberapa orang dari mereka menjadi yakin dan menggabungkan diri dengan Paulus dan Silas h dan juga sejumlah besar orang Yunani yang takut kepada Allah, dan tidak sedikit perempuan-perempuan terkemuka. 17:5 Tetapi orang-orang Yahudi menjadi iri hati dan dengan dibantu oleh beberapa penjahat dari antara petualang-petualang di pasar, mereka mengadakan keributan dan mengacau kota itu. i Mereka menyerbu rumah Yason j dengan maksud untuk menghadapkan Paulus dan Silas kepada sidang rakyat.
Kisah Para Rasul 18:6-8
Konteks18:6 Tetapi ketika orang-orang itu memusuhi dia dan menghujat, o ia mengebaskan debu dari pakaiannya p dan berkata kepada mereka: "Biarlah darahmu tertumpah ke atas kepalamu sendiri; q aku bersih, tidak bersalah. r Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain. s " 18:7 Maka keluarlah ia dari situ, lalu datang ke rumah seorang bernama Titius Yustus, yang beribadah kepada Allah, t dan yang rumahnya berdampingan dengan rumah ibadat. 18:8 Tetapi Krispus, u kepala rumah ibadat itu, v menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, w dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis.
Kisah Para Rasul 19:8-9
Konteks19:8 Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat l di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah. m 19:9 Tetapi ada beberapa orang n yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan o di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya p dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus.
[13:48] 1 Full Life : DITENTUKAN ALLAH UNTUK HIDUP YANG KEKAL.
Nas : Kis 13:48
Beberapa orang menafsirkan ayat ini sebagai berarti predestinasi tertentu. Akan tetapi, konteks maupun kata yang diterjemahkan "ditentukan" (Yun. _tetagmenoi_, dari _tasso_) tidak membenarkan tafsiran ini.
- 1) Ayat Kis 13:46 dengan jelas menekankan tanggung jawab manusia
dalam menerima atau menolak hidup kekal. Karena itu, terjemahan terbaik
dari _tetagmenoi_ adalah "berkecenderungan"; "dan semua orang yang
berkecenderungan untuk hidup yang kekal menjadi percaya". Terjemahan ini
sangat selaras dengan 1Tim 2:4; Tit 2:11; 2Pet 3:9
(lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI).
- 2) Apa lagi, menurut Paulus, tidak seorang pun yang tanpa syarat ditetapkan untuk hidup kekal (lih. Rom 11:20-22).
[14:4] 2 Full Life : KEDUA RASUL ITU.
Nas : Kis 14:4
Paulus dan Barnabas disebut rasul. Sebagai istilah yang lebih umum, "rasul" digunakan untuk misionaris Kristen pertama yang diutus oleh gereja untuk memberitakan pesan PB (ayat Kis 14:4,14). Dalam arti kata yang lebih khusus, "rasul" digunakan hanya untuk mereka yang menerima tugas langsung dari Kristus untuk menegakkan berita dan penyataan-Nya yang asli
(lihat cat. --> Ef 2:20).
[atau ref. Ef 2:20]
Paulus adalah seorang rasul dalam arti yang khusus ini.