TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amos 2:6-8

Konteks
Hukuman atas Israel
2:6 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Israel 1 , bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: k  Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut; l  2:7 mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu dan membelokkan jalan orang sengsara; anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda, sehingga melanggar kekudusan nama-Ku; m  2:8 mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah di atas pakaian gadaian n  orang, dan minum anggur o  orang-orang yang kena denda p  di rumah Allah mereka.

Amos 4:1-3

Konteks
Terhadap perempuan-perempuan Samaria yang mabuk kemewahan
4:1 "Dengarlah firman ini, hai lembu-lembu Basan 2 , r  yang ada di gunung Samaria, s  yang memeras orang lemah, t  yang menginjak orang miskin, u  yang mengatakan kepada tuan-tuanmu: v  bawalah ke mari, supaya kita minum-minum! w  4:2 Tuhan ALLAH telah bersumpah demi kekudusan-Nya: sesungguhnya, akan datang masanya x  bagimu, bahwa kamu diangkat y  dengan kait 3  z  dan yang tertinggal di antara kamu dengan kail ikan. 4:3 Kamu akan keluar melalui belahan tembok, a  masing-masing lurus ke depan, dan kamu akan diseret ke arah Hermon," demikianlah firman TUHAN.

Amos 5:10-13

Konteks
5:10 Mereka benci kepada yang memberi teguran di pintu gerbang, d  dan mereka keji kepada yang berkata dengan tulus ikhlas. e  5:11 Sebab itu, karena kamu menginjak-injak orang yang lemah f  dan mengambil pajak gandum dari padanya, --sekalipun kamu telah mendirikan rumah-rumah dari batu pahat, g  kamu tidak akan mendiaminya; h  sekalipun kamu telah membuat kebun anggur yang indah, kamu tidak akan minum anggurnya. i  5:12 Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu j  berjumlah besar, hai kamu yang menjadikan orang benar terjepit 4 , yang menerima uang suap k  dan yang mengesampingkan orang miskin l  di pintu gerbang. m  5:13 Sebab itu orang yang berakal budi akan berdiam n  diri pada waktu itu, karena waktu itu adalah waktu yang jahat. o 

Amos 6:1-7

Konteks
Rasa tenteram yang palsu
6:1 "Celaka atas orang-orang b  yang merasa aman 5  c  di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram d  di gunung Samaria, e  atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang! f  6:2 Menyeberanglah ke Kalne, g  dan lihat-lihatlah; berjalanlah dari sana ke Hamat h  yang besar itu, dan pergilah ke Gat i  orang Filistin! Adakah mereka lebih baik dari j  kerajaan-kerajaan ini, atau lebih besarkah daerah mereka dari daerahmu? 6:3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan; k  6:4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; l  yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang m  yang tambun; 6:5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, n  dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian o  bagi dirinya; 6:6 yang minum anggur p  dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka 6  q  karena hancurnya keturunan Yusuf! r  6:7 Sebab itu sekarang, mereka akan pergi sebagai orang buangan s  di kepala barisan, dan berlalulah t  keriuhan pesta orang-orang yang duduk berjuntai itu."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:6]  1 Full Life : PERBUATAN JAHAT ISRAEL.

Nas : Am 2:6

Setelah menegur dosa tetangga-tetangga Israel, Amos kini mencapai puncaknya dan mengarahkan perhatian pada dosa-dosa dan hukuman yang akan menimpa Israel, kerajaan utara itu. Mereka tidak taat kepada firman Allah, tetapi malah menindas orang miskin (ayat Am 2:6-7), hidup mesum (ayat Am 2:7) dan mencemarkan penyembahan Allah (ayat Am 2:7-8); di bagian lain dijelaskan bahwa mereka menentang pelayanan nabi-nabi Allah yang benar (bd. Am 7:10-17).

[4:1]  2 Full Life : LEMBU-LEMBU BASAN.

Nas : Am 4:1

Wanita kalangan atas disebut "lembu-lembu Basan" (yaitu, ternak Kanaan yang berketurunan murni dan diberi makanan cukup; bd. Mazm 22:13). Sementara para wanita ini minum anggur, mereka mendesak suami mereka untuk mencari uang lebih banyak dengan menindas orang miskin supaya mereka dapat minum lebih banyak lagi dan bersenang-senang dalam kemewahan.

[4:2]  3 Full Life : DIANGKAT DENGAN KAIT.

Nas : Am 4:2

Gambar-gambar Asyur yang diukirkan pada batu menggambarkan tawanan yang digiring dengan tali yang diikat pada kait di hidung atau bibir. Para wanita kaya dari ibu kota Israel akan digiring pergi dalam hukuman bagaikan ternak.

[5:12]  4 Full Life : MENJADIKAN ORANG BENAR TERJEPIT.

Nas : Am 5:12

Di antara semua dosa Israel yang dikemukakan Amos, yang paling menonjol adalah dosa-dosa sosial mereka -- orang kaya yang mengambil keuntungan dari yang miskin dan memeras mereka. Allah menghendaki bahwa kita mempunyai kasih istimewa dan belas kasihan bagi mereka yang perlu bantuan

(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

[6:1]  5 Full Life : CELAKA ... ORANG-ORANG YANG MERASA AMAN.

Nas : Am 6:1-7

Umat Allah baik di Israel (Samaria) maupun Yehuda (Sion) ditegur di sini.

  1. 1) Mereka mempunyai kuasa dan kemakmuran, tetapi sudah menjadi puas dengan dosa mereka. Mereka percaya bahwa keberhasilan materiel mereka membuktikan bahwa mereka hidup di bawah berkat Allah; mereka merasa yakin bahwa hukuman Allah takkan pernah datang.
  2. 2) Demikian pula, kemakmuran dan gaya hidup yang menyenangkan dapat membuat kita hanyut dalam gaya hidup duniawi di mana kerinduan yang mendalam dan tetap akan Allah tidak ada lagi

    (lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

[6:6]  6 Full Life : TIDAK BERDUKA.

Nas : Am 6:6

Daripada hidup berbahagia dengan kemewahan materiel, bangsa Israel seharusnya meratapi dosa-dosa bangsa itu dan malapetaka yang akan segera datang. Mereka yang merasa sedih karena dosa-dosa umat itu akan lolos dari hukuman Allah (lih. Yeh 9:4) dan malahan mengalami berkat-Nya (Mat 5:4).



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA