Daftar Isi
GREEK: 5061 Tertullov Tertullos
BARCLAY: 5061
KECIL: Tertulus
BIOTOKOH PB: TERTULUS
BROWNING: TERTULUS
ENSIKLOPEDIA: TERTULUS

Tertullus

Dalam versi-versi Alkitab:

Tertoeloes: KL1863 KL1870
Tertullus: BABA SBDR TL
Tertulus: BIS ENDE FAYH LDKDR TB WBTCDR
tentang Tertius. Kis 24:1.

Yunani

Strongs #5061: Tertullov Tertullos

Tertullus = "triple-hardened"

1) a Roman orator

5061 Tertullos ter'-tool-los

of uncertain derivation; Tertullus, a Roman: KJV -- Tertullus.

[Barclay]

Strongs #5061:

ou [maskulin] Tertulus Kis 24.1; 2)

Tertulus [kecil]

KS.- [PB] Kis 24:1-2

TERTULUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaKis 24:1
Namanya disebut2 X
Kitab yang menyebutKisah Para Rasul
Terakhir disebutKis 24:2
Fakta pentingIa pura-pura sebagai jaksa yang melawan Paulus sebelum Gubernur Roma, Feliks.
Ringkasan
  1. I. Ia Jurubicara orang Yahudi yang melawan Paulus. Kis 24:1
  2. II. Ia pemfitnah melawan Paulus.
    1. A. Rayuannya mengenai Gubernur. Kis 24:2-4
    2. B. Perbuatannya mengenai Rasul, ia menuduh tiga hal:
      1. 1. Dia adalah pengacau. Kis 24:5a
      2. 2. Dia adalah biang keladi sekte orang Nasrani. Kis 24:5b
      3. 3. Dia mencemari Bait Suci orang Yahudi. Kis 24:6a

TERTULUS [browning]

Seorang pengacara penuntut atas nama orang Yahudi yang menuduh Paulus telah mengacaukan ketenteraman umum (Kis. 24:1-8). Nama Tertulus adalah nama *Latin, tetapi tadinya mungkin ia seorang Yahudi. Pengaduannya tidak sepenuhnya berhasil. Perkara Paulus ditangguhkan oleh *Felix, wali negeri itu (Kis. 24:22).

TERTULUS [ensiklopedia]

Nama Romawi dan agak lazim, berasal dari kata Tertius. Tak ada yg kita ketahui mengenai ahli pidato Tertulus ini, yg menuduh Paulus di hadapan Feliks, kecuali apa yg dapat disimpulkan dari Kis 24:1 dab.

Dari pemakaiannya sebagai orang pertama dalam ay 3, 4, 6 dan 7 (walaupun ini hanya terdapat dlm Naskah Barat, ay 7 tanpa diragukan memang sungguh) agaknya Tertulus adalah orang Yahudi. Kata-kata 'bangsa kami' (ay 2) dan 'orang Yahudi' (ay 5) tidaklah bertentangan dengan kesimpulan ini. Pada zaman itu tidaklah asing bagi orang Yahudi untuk memakai nama non-Yahudi, dan adalah mungkin sekali seorang Yahudi yg baik menjadi warga negara Roma sambil memakai nama Romawi (bnd *PAULUS).

Rayuan yg berlebih-lebihan terhadap Feliks dalam kata-kata pembukaan Tertulus, seirama dengan kebiasaan berpidato pada zaman itu. Tapi sisa pidato itu tak memberi kesan apa-apa. Bahkan dalam ringkasan itu sudah dijelaskan oleh Lukas, bahwa Tertulus mencoba menutupi suatu tuduhan yg lemah dengan bunga-bunga retorika. Untuk menambah tuduhan yg sebenarnya, yaitu bahwa Paulus berusaha 'melanggar kekudusan Bait Allah', Tertulus mencoba menggambarkan Paulus sebagai penghasut kerusuhan dan seorang Mesias politikus, yg sudah begitu sering menjadi masalah bagi penguasa Romawi di Palestina. KLMcK/MHS/HAO




TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA