kecilkan semua  

Teks -- Amos 9:1-15 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penglihatan kelima: Tuhan dekat mezbah
9:1 Kulihat Tuhan berdiri dekat mezbah, dan Ia berfirman: "Pukullah hulu tiang dengan keras, sehingga ambang-ambang bergoncang, dan runtuhkanlah itu ke atas kepala semua orang, dan sisa-sisa mereka akan Kubunuh dengan pedang; tidak seorangpun dari mereka akan dapat melarikan diri, dan tidak seorangpun dari mereka akan dapat meluputkan diri. 9:2 Sekalipun mereka menembus sampai ke dunia orang mati, tangan-Ku akan mengambil mereka dari sana; sekalipun mereka naik ke langit, Aku akan menurunkan mereka dari sana. 9:3 Sekalipun mereka bersembunyi di puncak gunung Karmel, Aku akan mengusut dan mengambil mereka dari sana; sekalipun mereka menyembunyikan diri terhadap mata-Ku di dasar laut, Aku akan memerintahkan ular untuk memagut mereka di sana. 9:4 Sekalipun mereka berjalan di depan musuhnya sebagai orang tawanan, Aku akan memerintahkan pedang untuk membunuh mereka di sana. Aku akan mengarahkan mata-Ku kepada mereka untuk kecelakaan dan bukan untuk keberuntungan mereka." 9:5 Tuhan ALLAH semesta alamlah yang menyentuh bumi, sehingga bergoyang, dan semua penduduknya berkabung, dan seluruhnya naik seperti sungai Nil, dan surut seperti sungai Mesir; 9:6 yang mendirikan anjung-Nya di langit dan mendasarkan kubah-Nya di atas bumi; yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi -- TUHAN itulah nama-Nya.
Bangsa pilihan ditolak Allah
9:7 "Bukankah kamu sama seperti orang Etiopia bagi-Ku, hai orang Israel?" demikianlah firman TUHAN. "Bukankah Aku telah menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir, orang Filistin dari Kaftor, dan orang Aram dari Kir? 9:8 Sesungguhnya, TUHAN Allah sudah mengamat-amati kerajaan yang berdosa ini: Aku akan memunahkannya dari muka bumi! Tetapi Aku tidak akan memunahkan keturunan Yakub sama sekali," demikianlah firman TUHAN. 9:9 "Sebab sesungguhnya, Aku memberi perintah, dan Aku mengiraikan kaum Israel di antara segala bangsa, seperti orang mengiraikan ayak, dan sebiji batu kecilpun tidak akan jatuh ke tanah. 9:10 Oleh pedang akan mati terbunuh semua orang berdosa di antara umat-Ku yang mengatakan: Malapetaka itu tidak akan menyusul dan tidak akan mencapai kami."
Janji mengenai keselamatan
9:11 "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala, 9:12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini. 9:13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran. 9:14 Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya. 9:15 Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kaftor a people who were descendants of Egypt son of Ham son of Noah
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kir a city of Mesopotamia probably in or near Elam (OS),a town of Moab 20 km east of the southern end of the Dead Sea
 · Kir-Moab a city of Mesopotamia probably in or near Elam (OS),a town of Moab 20 km east of the southern end of the Dead Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · perempuan Karmel a woman resident of the town of Carmel
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · seorang Etiopia a man of Ethiopia,a member of the nation of Ethiopia
 · seorang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · sungai Nil a river that flows north through Egypt to the Mediterranean Sea


Topik/Tema Kamus: Amos | Lihat, Penglihatan | Hukum, Hukuman | Orang Edom | Orang Filistin | Tani, Pertanian | Sungai Nil | Awan | Air Anggur | Kaftor | Aram | Kebun Anggur | Filistin | Karmel | Kreta, Orang | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Am 9:1-10 - KULIHAT TUHAN. Nas : Am 9:1-10 Dalam penglihatan kelima, Amos melihat Tuhan berdiri dekat mezbah di tempat suci-Nya, siap untuk membinasakan semua penyembah denga...

Nas : Am 9:1-10

Dalam penglihatan kelima, Amos melihat Tuhan berdiri dekat mezbah di tempat suci-Nya, siap untuk membinasakan semua penyembah dengan merobohkan bait itu di atas mereka. Orang yang selamat akan dibunuh dengan pedang; semua orang berdosa di antara umat-Nya akan mati (ayat Am 9:10). Demikian pula, ketika Kristus datang kembali, dengan keras Dia akan menghukum semua orang di dalam gereja-Nya yang bergaya hidup penuh dosa; tidak ada di antara mereka yang akan luput dari murka Allah.

Full Life: Am 9:11-15 - PADA HARI ITU. Nas : Am 9:11-15 Kitab Amos berakhir dengan janji bahwa Israel tidak akan dimusnahkan sama sekali (bd. ayat Am 9:8). Sang nabi melihat suatu hari k...

Nas : Am 9:11-15

Kitab Amos berakhir dengan janji bahwa Israel tidak akan dimusnahkan sama sekali (bd. ayat Am 9:8). Sang nabi melihat suatu hari ketika bangsa itu akan dikembalikan ke negeri mereka dan akan memberkati semua bangsa di bumi; Tuhan akan menjadi Allah mereka (ayat Am 9:15). Hari itu mengacu kepada kerajaan Mesias ketika Kristus memerintah atas seluruh bumi. Yakobus mengutip ayat Am 9:11-12 untuk menunjukkan bahwa rencana keselamatan Allah dirancang untuk mengikutsertakan orang bukan Yahudi di dalam kerajaan-Nya

(lihat cat. --> Kis 15:16).

[atau ref. Kis 15:16]

Full Life: Am 9:11 - PONDOK DAUD YANG TELAH ROBOH. Nas : Am 9:11 Frase ini mengacu kepada kedua belas suku Israel yang hidup di bawah pemerintahan Mesias.

Nas : Am 9:11

Frase ini mengacu kepada kedua belas suku Israel yang hidup di bawah pemerintahan Mesias.

Full Life: Am 9:12 - SEGALA BANGSA. Nas : Am 9:12 Mesias akan memerintah atas semua bangsa, dan Israel akan menjadi berkat bagi mereka; ini merupakan penggenapan akhir dari perjanjian...

Nas : Am 9:12

Mesias akan memerintah atas semua bangsa, dan Israel akan menjadi berkat bagi mereka; ini merupakan penggenapan akhir dari perjanjian Allah dengan Abraham dan dengan Daud

(lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN DAUD, dan

lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).

Full Life: Am 9:13-15 - PEMBAJAK AKAN TEPAT MENYUSUL PENUAI. Nas : Am 9:13-15 Amos menubuatkan dunia yang diubah dan dimuliakan, tempat umat Allah dapat terus-menerus menanam dan menuai pada saat bersamaan. N...

Nas : Am 9:13-15

Amos menubuatkan dunia yang diubah dan dimuliakan, tempat umat Allah dapat terus-menerus menanam dan menuai pada saat bersamaan. Negeri itu akan sangat subur, dan berkat-berkat Allah tidak pernah berakhir. Israel pada akhirnya akan dikembalikan kepada Tuhan dan tidak akan pernah meninggalkan-Nya lagi; mereka akan aman di negeri itu.

BIS: Am 9:3 - naga laut naga laut: Orang zaman itu percaya bahwa di laut ada naga atau ular raksasa. Ular itu, seperti binatang-binatang lain, dikendalikan oleh Allah.

naga laut: Orang zaman itu percaya bahwa di laut ada naga atau ular raksasa. Ular itu, seperti binatang-binatang lain, dikendalikan oleh Allah.

Jerusalem: Am 9:1-4 - -- Amos menubuatkan runtuhnya sebuah kuil. Ia khususnya berpikir kepada kuil di Betel. Tetapi ia tidak menyebut nama atau tempat, oleh karena ia sekaligu...

Amos menubuatkan runtuhnya sebuah kuil. Ia khususnya berpikir kepada kuil di Betel. Tetapi ia tidak menyebut nama atau tempat, oleh karena ia sekaligus berpikir kepada semua kuil di kerajaan Israel.

Jerusalem: Am 9:1 - dekat mezbah Terjemahan lain: di atas mezbah

Terjemahan lain: di atas mezbah

Jerusalem: Am 9:1 - Pukullah... Perintah itu mungkin ditujukan kepada seorang malaikat.

Perintah itu mungkin ditujukan kepada seorang malaikat.

Jerusalem: Am 9:2 - dunia orang mati Bdk Maz 6:6+; Bil 16:33+; Ayu 7:9+.

Jerusalem: Am 9:3 - ular Bdk Ayu 3:8+; Ayu 7:12+.

Bdk Ayu 3:8+; Ayu 7:12+.

Jerusalem: Am 9:5-6 - -- Ini sepotong lagu pujian yang kemudian disisipkan ke dalam kitab Amos, agaknya untuk keperluan ibadat, bdk Ams 4:13+. lalu pertama lagu ini barangkali...

Ini sepotong lagu pujian yang kemudian disisipkan ke dalam kitab Amos, agaknya untuk keperluan ibadat, bdk Ams 4:13+. lalu pertama lagu ini barangkali ditambah waktu dimasukkan ke dalam kitab Amos.

Jerusalem: Am 9:6 - anjungNya Dalam naskah Ibrani tertulis: tanggaNya (atau: tangga-tanggaNya, Ketib). Tetapi sebaik-baiknya kata maaloto diperbaiki menjadi aliyyataw.

Dalam naskah Ibrani tertulis: tanggaNya (atau: tangga-tanggaNya, Ketib). Tetapi sebaik-baiknya kata maaloto diperbaiki menjadi aliyyataw.

Jerusalem: Am 9:7 - orang Etiopia Ibraninya: orang Kusy. Ialah sebuah bangsa terpencil di ujung bumi (barangkali negeri Sudan sekarang). Israel salah benar dengan menganggap dirinya "b...

Ibraninya: orang Kusy. Ialah sebuah bangsa terpencil di ujung bumi (barangkali negeri Sudan sekarang). Israel salah benar dengan menganggap dirinya "bangsa utama" Ams 6:1

Jerusalem: Am 9:7 - orang Filistin Kaftor... Bdk Yer 13:2+. Bangsa Israel tidak boleh berbangga oleh karena adalah umat terpilih, Ula 7:6+. Kepilihan itu tidak memberi hak istimewa, tetapi membeb...

Bdk Yer 13:2+. Bangsa Israel tidak boleh berbangga oleh karena adalah umat terpilih, Ula 7:6+. Kepilihan itu tidak memberi hak istimewa, tetapi membebankan tuntutan khusus, Ams 3:2+. Allah sama-sama merangkum bangsa-bangsa lain juga, Yes 19:22-25.

Jerusalem: Am 9:8 - tidak akan memusnahkan keturunan Yakub sama sekali Jelas terungkap di sini ajaran tentang "sisa yang selamat", Yes 4:3+; Ams 3:12+. Dalam Ams 5:15 keselamatan itu hanya suatu kemungkinan saja, bukan ke...

Jelas terungkap di sini ajaran tentang "sisa yang selamat", Yes 4:3+; Ams 3:12+. Dalam Ams 5:15 keselamatan itu hanya suatu kemungkinan saja, bukan kepastian.

Jerusalem: Am 9:9 - di antara segala bangsa Nubuat ini mungkin dibawakan waktu penduduk negeri Israel dibuang untuk pertama kalinya pada th 734 seb Mas. Bdk 2Ra 15:29

Nubuat ini mungkin dibawakan waktu penduduk negeri Israel dibuang untuk pertama kalinya pada th 734 seb Mas. Bdk 2Ra 15:29

Jerusalem: Am 9:9 - ayak Dalam ayak gandum tetap ditinggal di dalam sementara debu dan sekam dihilangkan. Mungkin juga dimaksudkan ayak yang menahan batu-batu (=orang berdosa)...

Dalam ayak gandum tetap ditinggal di dalam sementara debu dan sekam dihilangkan. Mungkin juga dimaksudkan ayak yang menahan batu-batu (=orang berdosa), sedangkan gandum (=orang benar) jatuh ke bawah.

Jerusalem: Am 9:10 - -- Amos yakin bahwa orang berdosa akan dihukum dan orang benar selamat. Pembalasan itu dipikirkan sebagai suatu bencana yang hanya menimpa orang berdosa....

Amos yakin bahwa orang berdosa akan dihukum dan orang benar selamat. Pembalasan itu dipikirkan sebagai suatu bencana yang hanya menimpa orang berdosa. Tetapi yang sedemikian itu ternyata tidak terjadi. Keyakinan Amos itu berlawanan dengan kenyataan dan pengalaman, sehingga dikecewakan. Keyakinan yang dikecewakan itu oleh Roh Kudus dipergunakan begitu rupa sehingga enam ratus tahun kemudian tercetus ajaran tentang pembalasan di akhirat, bdk Dan 12:2-3

Jerusalem: Am 9:10 - Malapetaka.... mencapai kami Terjemahan ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: Engkau tidak akan mendatangkan malapetaka dan tidak mengizinkan itu mencapai ka...

Terjemahan ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: Engkau tidak akan mendatangkan malapetaka dan tidak mengizinkan itu mencapai kami.

Jerusalem: Am 9:11-15 - -- Janji keselamatan di masa depan ini mengandung: pemulihan kerajaan Daud, Ams 9:11-12; kesejahteraan jasmani, Ams 9:13-14; Tanah Suci menjadi milik tet...

Janji keselamatan di masa depan ini mengandung: pemulihan kerajaan Daud, Ams 9:11-12; kesejahteraan jasmani, Ams 9:13-14; Tanah Suci menjadi milik tetap, Ams 9:15. Mengenai kebahagiaan di zaman Mesias itu bdk Hos 2:17+.

Jerusalem: Am 9:12 - segala bangsa yang Kusebut milikKu Harafiah: segala bangsa yang atasnya namaKu diserukan. Bdk 2Sa 12:28. Yang dimaksudkan kiranya bangsa-bangsa yang dahulu menjadi taklukan Daud, bdk 2S...

Harafiah: segala bangsa yang atasnya namaKu diserukan. Bdk 2Sa 12:28. Yang dimaksudkan kiranya bangsa-bangsa yang dahulu menjadi taklukan Daud, bdk 2Sa 8. Terjemahan Yunani (LXX) mengartikan ayat ini secara jauh lebih luas. terjemahan itulah yang dikutip dalam Kis 15:16-17.

Jerusalem: Am 9:14 - memulihkan kembali Terjemahan lain: mengembalikan kaum buangan/tawanan.

Terjemahan lain: mengembalikan kaum buangan/tawanan.

Ende: Am 9:1 - -- Mal terdapat diatas turus penjangga kuil. Bila dipukul (oleh malaekat?), maka balok2 (lintangan) djuga gontjang.

Mal terdapat diatas turus penjangga kuil. Bila dipukul (oleh malaekat?), maka balok2 (lintangan) djuga gontjang.

Ende: Am 9:2 - -- Bahasa penghebat jang berarti: orang tidak dapat lari dari keruntuhan.

Bahasa penghebat jang berarti: orang tidak dapat lari dari keruntuhan.

Ende: Am 9:5-6 - -- Kekuasaan Jahwe Pentjipta mendjamin, bahwa antjamanNja dapat dilaksanakanNja pula.

Kekuasaan Jahwe Pentjipta mendjamin, bahwa antjamanNja dapat dilaksanakanNja pula.

Ende: Am 9:7-8 - -- Meskipun Israil sungguh2 dipilih Jahwe, tetapi Jahwelah jang memilih tanpa djasa Israil. Makanja pilihan itu tidak melindungi Israil terhadap keadilan...

Meskipun Israil sungguh2 dipilih Jahwe, tetapi Jahwelah jang memilih tanpa djasa Israil. Makanja pilihan itu tidak melindungi Israil terhadap keadilan Jahwe.

Ende: Am 9:9 - -- Niru jang dimaksudkan ialah niru dengan lubang jang agak besar: Batu2 (jang tidak perlu, djadi kotoran sadja) tinggal diatas dan lalu dibuang sadja. D...

Niru jang dimaksudkan ialah niru dengan lubang jang agak besar: Batu2 (jang tidak perlu, djadi kotoran sadja) tinggal diatas dan lalu dibuang sadja. Demikianpun halnja dengan Israil: Pendosa2 akan ditjari Jahwe dan dihukum, sedangkan jang baik akan selamat.

Ende: Am 9:9 - di-tengah2 sekalian bangsa menjindir pembuangan.

menjindir pembuangan.

Ende: Am 9:11 - -- Pada masa depan (al-Masih) wangsa Dawud, jang sekarang runtuh, akan dipulihkan. Keradjaan Israil dan Juda akan bersatu lagi dibawah pimpinan radja dar...

Pada masa depan (al-Masih) wangsa Dawud, jang sekarang runtuh, akan dipulihkan. Keradjaan Israil dan Juda akan bersatu lagi dibawah pimpinan radja dari wangsa Dawud. Keradjaan akan dipulihkan menurut batas jang di-idam2kan (Amo9:12) dan jang kira2 terwudjud pada djaman Dawud.

Ende: Am 9:12 - jang atasnja...dst Istilah jang berarti: "jang Kumiliki".

Istilah jang berarti: "jang Kumiliki".

Ende: Am 9:13-15 - -- Gambaran kesedjahteraan materiil matjam itu agak biasa pada para nabi untuk kebahagiaan masa depan (lih. tjatatan Yoe 3:18-21).

Gambaran kesedjahteraan materiil matjam itu agak biasa pada para nabi untuk kebahagiaan masa depan (lih. tjatatan Yoe 3:18-21).

Endetn: Am 9:3 - -- Ditinggalkan: "dari sana".

Ditinggalkan: "dari sana".

Endetn: Am 9:6 - ruang2 atasnja diperbaiki. Tertulis: "tingkat2nja".

diperbaiki. Tertulis: "tingkat2nja".

Ref. Silang FULL: Am 9:1 - atas kepala // melarikan diri · atas kepala: Mazm 68:22 · melarikan diri: Yer 11:11

· atas kepala: Mazm 68:22

· melarikan diri: Yer 11:11

Ref. Silang FULL: Am 9:2 - orang mati // ke langit // akan menurunkan · orang mati: Ayub 7:9; Ayub 7:9; Yeh 26:20; Yeh 26:20 · ke langit: Yer 51:53 · akan menurunkan: Ob 1:4

· orang mati: Ayub 7:9; [Lihat FULL. Ayub 7:9]; Yeh 26:20; [Lihat FULL. Yeh 26:20]

· ke langit: Yer 51:53

· akan menurunkan: Ob 1:4

Ref. Silang FULL: Am 9:3 - gunung Karmel // mengambil mereka // dasar laut // memerintahkan ular // memagut mereka // memagut mereka · gunung Karmel: Am 1:2 · mengambil mereka: Mazm 139:8-10 · dasar laut: Mazm 68:23 · memerintahkan ular: Yes 27:1 ·...

· gunung Karmel: Am 1:2

· mengambil mereka: Mazm 139:8-10

· dasar laut: Mazm 68:23

· memerintahkan ular: Yes 27:1

· memagut mereka: Yer 16:16-17

· memagut mereka: Kej 49:17; [Lihat FULL. Kej 49:17]; Ayub 11:20; [Lihat FULL. Ayub 11:20]

Ref. Silang FULL: Am 9:4 - memerintahkan pedang // untuk kecelakaan // untuk keberuntungan // untuk keberuntungan · memerintahkan pedang: Im 26:33; Im 26:33; Yeh 15:12; Yeh 15:12 · untuk kecelakaan: Yer 21:10; Yer 21:10 · untuk keberuntungan: ...

· memerintahkan pedang: Im 26:33; [Lihat FULL. Im 26:33]; Yeh 15:12; [Lihat FULL. Yeh 15:12]

· untuk kecelakaan: Yer 21:10; [Lihat FULL. Yer 21:10]

· untuk keberuntungan: Yer 39:16; Yeh 15:7; [Lihat FULL. Yeh 15:7]

· untuk keberuntungan: Yer 44:11; [Lihat FULL. Yer 44:11]

Ref. Silang FULL: Am 9:5 - sehingga bergoyang // sungai Mesir · sehingga bergoyang: Mazm 46:3; Mazm 46:3 · sungai Mesir: Am 8:8; Am 8:8

· sehingga bergoyang: Mazm 46:3; [Lihat FULL. Mazm 46:3]

· sungai Mesir: Am 8:8; [Lihat FULL. Am 8:8]

Ref. Silang FULL: Am 9:6 - mendirikan anjung-Nya // itulah nama-Nya · mendirikan anjung-Nya: Yer 43:9 · itulah nama-Nya: Mazm 104:1-3,5-6,13; Am 5:8; Am 5:8

· mendirikan anjung-Nya: Yer 43:9

· itulah nama-Nya: Mazm 104:1-3,5-6,13; Am 5:8; [Lihat FULL. Am 5:8]

Ref. Silang FULL: Am 9:7 - orang Etiopia // orang Filistin // dari Kaftor // dari Kir · orang Etiopia: 2Taw 12:3; 2Taw 12:3; Yes 20:4; 43:3 · orang Filistin: Kej 10:14; Kej 10:14 · dari Kaftor: Ul 2:23; Ul 2:23 &mid...

· orang Etiopia: 2Taw 12:3; [Lihat FULL. 2Taw 12:3]; Yes 20:4; 43:3

· orang Filistin: Kej 10:14; [Lihat FULL. Kej 10:14]

· dari Kaftor: Ul 2:23; [Lihat FULL. Ul 2:23]

· dari Kir: 2Raj 16:9; [Lihat FULL. 2Raj 16:9]; Yes 22:6; [Lihat FULL. Yes 22:6]; Am 2:10; [Lihat FULL. Am 2:10]

Ref. Silang FULL: Am 9:8 - akan memunahkannya // firman Tuhan · akan memunahkannya: Yer 4:27; Yer 4:27 · firman Tuhan: Yer 44:27; Yer 44:27

· akan memunahkannya: Yer 4:27; [Lihat FULL. Yer 4:27]

· firman Tuhan: Yer 44:27; [Lihat FULL. Yer 44:27]

Ref. Silang FULL: Am 9:9 - mengiraikan ayak // ke tanah · mengiraikan ayak: Yes 30:28 · ke tanah: Yer 31:36; Yer 31:36; Dan 9:7; Dan 9:7

· mengiraikan ayak: Yes 30:28

· ke tanah: Yer 31:36; [Lihat FULL. Yer 31:36]; Dan 9:7; [Lihat FULL. Dan 9:7]

Ref. Silang FULL: Am 9:10 - Oleh pedang // mencapai kami · Oleh pedang: Yer 49:37 · mencapai kami: Yer 5:12; Yer 23:17; Yer 23:17; Yeh 20:38; Yeh 20:38; Am 6:3; Am 6:3

· Oleh pedang: Yer 49:37

· mencapai kami: Yer 5:12; Yer 23:17; [Lihat FULL. Yer 23:17]; Yeh 20:38; [Lihat FULL. Yeh 20:38]; Am 6:3; [Lihat FULL. Am 6:3]

Ref. Silang FULL: Am 9:11 - kembali pondok // Daud // kembali reruntuhannya // zaman dahulu · kembali pondok: Yes 7:2; Yes 7:2 · Daud: Kej 26:22; Kej 26:22 · kembali reruntuhannya: Mazm 53:7; Yes 49:8; Yes 49:8 · z...

· kembali pondok: Yes 7:2; [Lihat FULL. Yes 7:2]

· Daud: Kej 26:22; [Lihat FULL. Kej 26:22]

· kembali reruntuhannya: Mazm 53:7; Yes 49:8; [Lihat FULL. Yes 49:8]

· zaman dahulu: Mazm 80:13; Yeh 17:24; [Lihat FULL. Yeh 17:24]; Mi 7:8,11; Za 12:7; 14:10

Ref. Silang FULL: Am 9:12 - bangsa Edom // Kusebut milik-Ku // melakukan hal · bangsa Edom: Bil 24:18; Bil 24:18 · Kusebut milik-Ku: Yes 43:7; Yer 25:29 · melakukan hal: Kis 15:16-17%&

· bangsa Edom: Bil 24:18; [Lihat FULL. Bil 24:18]

· Kusebut milik-Ku: Yes 43:7; Yer 25:29

· melakukan hal: Kis 15:16-17%&

Ref. Silang FULL: Am 9:13 - akan datang // bahwa pembajak // menyusul penuai // dan pengirik // meniriskan anggur // segala bukit · akan datang: Yer 31:38; 33:14 · bahwa pembajak: Im 26:5 · menyusul penuai: Rut 2:3; Rut 2:3 · dan pengirik: Hak 9:27; Ha...

· akan datang: Yer 31:38; 33:14

· bahwa pembajak: Im 26:5

· menyusul penuai: Rut 2:3; [Lihat FULL. Rut 2:3]

· dan pengirik: Hak 9:27; [Lihat FULL. Hak 9:27]

· meniriskan anggur: Yoel 2:24; [Lihat FULL. Yoel 2:24]

· segala bukit: Yoel 3:18; [Lihat FULL. Yoel 3:18]

Ref. Silang FULL: Am 9:14 - akan memulihkan // kembali umat-Ku // membangun kota-kota // kebun-kebun anggur // makan buahnya · akan memulihkan: Yer 29:14; Yer 29:14 · kembali umat-Ku: Yer 33:7; Yer 33:7 · membangun kota-kota: Yes 32:18; Yes 32:18; Yes 4...

· akan memulihkan: Yer 29:14; [Lihat FULL. Yer 29:14]

· kembali umat-Ku: Yer 33:7; [Lihat FULL. Yer 33:7]

· membangun kota-kota: Yes 32:18; [Lihat FULL. Yes 32:18]; Yes 49:8; [Lihat FULL. Yes 49:8]; Yes 61:4; [Lihat FULL. Yes 61:4]

· kebun-kebun anggur: 2Raj 19:29; [Lihat FULL. 2Raj 19:29]

· makan buahnya: Yes 62:9; [Lihat FULL. Yes 62:9]; Yer 30:18; [Lihat FULL. Yer 30:18]; Yer 31:28; [Lihat FULL. Yer 31:28]; Yeh 28:25-26; Yeh 34:13-14; [Lihat FULL. Yeh 34:13]; [Lihat FULL. Yeh 34:14]; Am 5:11; [Lihat FULL. Am 5:11]

Ref. Silang FULL: Am 9:15 - akan menanam // di tanah // akan dicabut // kepada mereka // Tuhan, Allahmu · akan menanam: Kel 15:17; Kel 15:17; Yes 60:21; Yes 60:21 · di tanah: Yer 23:8; Yer 23:8 · akan dicabut: Yoel 3:20; Yoel 3:20 &m...

· akan menanam: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Yes 60:21; [Lihat FULL. Yes 60:21]

· di tanah: Yer 23:8; [Lihat FULL. Yer 23:8]

· akan dicabut: Yoel 3:20; [Lihat FULL. Yoel 3:20]

· kepada mereka: Yes 65:9; [Lihat FULL. Yes 65:9]; Yer 3:18; [Lihat FULL. Yer 3:18]; Ob 1:17

· Tuhan, Allahmu: Yer 18:9; [Lihat FULL. Yer 18:9]; Yer 24:6; [Lihat FULL. Yer 24:6]; Yer 32:15; [Lihat FULL. Yer 32:15]; Yeh 28:26; [Lihat FULL. Yeh 28:26]; Yeh 34:25-28; [Lihat FULL. Yeh 34:25] s/d 28; Yeh 37:12,25; [Lihat FULL. Yeh 37:12]; [Lihat FULL. Yeh 37:25]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Am 9:1-10 - -- F. Penghakiman Tuhan. 9:1-10. Penglihatan kelima adalah mengenai pelaksanaan penghukuman dari Tuhan yang tak mungkin dihindari. Menyusul suatu gambar...

F. Penghakiman Tuhan. 9:1-10.

Penglihatan kelima adalah mengenai pelaksanaan penghukuman dari Tuhan yang tak mungkin dihindari. Menyusul suatu gambaran jelas tentang kebinasaan tersebut.

Wycliffe: Am 9:1 - Kulihat // Dekat mezbah 1. Kulihat. Pendahuluan dari penglihatan ini berbeda dengan pendahuluan dari keempat penglihatan yang pertama. Di sini Tuhan sendiri muncul dan karena...

1. Kulihat. Pendahuluan dari penglihatan ini berbeda dengan pendahuluan dari keempat penglihatan yang pertama. Di sini Tuhan sendiri muncul dan karenanya Amos tidak lagi memakai lambang-lambang. Dekat mezbah. Penghancuran mulai di pusat penyembahan berhala.

Wycliffe: Am 9:2 - Menembus sampai ke dunia orang mati // Naik ke langit 2. Menembus sampai ke dunia orang mati. Mengacu kepada Syeol, tempat orang-orang mati (Yes. 14:9), sebagai tempat yang tak bisa dihampiri. Naik ke lan...

2. Menembus sampai ke dunia orang mati. Mengacu kepada Syeol, tempat orang-orang mati (Yes. 14:9), sebagai tempat yang tak bisa dihampiri. Naik ke langit. Surga dan neraka kadang-kadang dipakai sebagai lambang untuk pertentangan total (Ayb. 11:8).

Wycliffe: Am 9:3 - Karmel // Naik seperti sungai Nil 3. Karmel. Simbol untuk tempat yang tak bisa dihampiri. Ular. Kata yang .dipakai untuk monster di laut dalam (Yes. 27:1). 5. Naik seperti sungai Nil. ...

3. Karmel. Simbol untuk tempat yang tak bisa dihampiri. Ular. Kata yang .dipakai untuk monster di laut dalam (Yes. 27:1). 5. Naik seperti sungai Nil. Bandingkan 8:8.

Wycliffe: Am 9:6 - Anjung-Nya di langit // Kubah-Nya 6. Anjung-Nya di langit. Suatu gambaran tentang luasnya alam semesta. Kubah-Nya. Kata Ibraninya berarti terikat bersama. Bagian pertama dari ayat itu ...

6. Anjung-Nya di langit. Suatu gambaran tentang luasnya alam semesta. Kubah-Nya. Kata Ibraninya berarti terikat bersama. Bagian pertama dari ayat itu merupakan lukisan tentang lengkungan yang luas dari langit, yang rupanya didirikan dengan kokoh di bumi.

Wycliffe: Am 9:7 - Orang Etiopia // Kaftor 7. Orang Etiopia. Sama dengan orang-orang Kusy. Kaftor. Umumnya dianggap sebagai pulau Kreta.

7. Orang Etiopia. Sama dengan orang-orang Kusy. Kaftor. Umumnya dianggap sebagai pulau Kreta.

Wycliffe: Am 9:11-15 - -- IV. JANJI TENTANG PEMULIHAN ISRAEL. 9:11-15. Bagian terakhir nubuatan ini memberikan gambaran tentang kerajaan Daud yang dipulihkan. Gambaran ini men...

IV. JANJI TENTANG PEMULIHAN ISRAEL. 9:11-15.

Bagian terakhir nubuatan ini memberikan gambaran tentang kerajaan Daud yang dipulihkan. Gambaran ini menyorot tujuan dari pengendalian sejarah oleh Yehovah. Ide bahwa kehendak Allah pasti terlaksana dalam sejarah adalah bagian integral dari pemikiran Amos.

Wycliffe: Am 9:11 - Pada hari itu // Pondok Daud 11. Pada hari itu. Hari TUHAN. Pondok Daud. Waktu hukuman menimpa Israel, rumah Daud berkurang menjadi suatu pondok. Ini adalah gambaran tentang pemul...

11. Pada hari itu. Hari TUHAN. Pondok Daud. Waktu hukuman menimpa Israel, rumah Daud berkurang menjadi suatu pondok. Ini adalah gambaran tentang pemulihan Israel yang akan datang, ketika takhta Daud akan kembali ditegakkan (Kis. 15:15-17).

Wycliffe: Am 9:12 - Sisa-sisa bangsa Edom 12. Sisa-sisa bangsa Edom. Penglihatan Amos tentang kerajaan Mesias di bawah takhta Daud menggambarkan kerajaan itu sebagai bersifat universal dan mel...

12. Sisa-sisa bangsa Edom. Penglihatan Amos tentang kerajaan Mesias di bawah takhta Daud menggambarkan kerajaan itu sebagai bersifat universal dan meliputi orang-orang non-Yahudi.

Wycliffe: Am 9:13 - Pembajak akan tepat menyusul penuai 13. Pembajak akan tepat menyusul penuai. Suatu gambaran pendahuluan mengenai kesuburan negeri itu pada zaman Milenial.

13. Pembajak akan tepat menyusul penuai. Suatu gambaran pendahuluan mengenai kesuburan negeri itu pada zaman Milenial.

Wycliffe: Am 9:14 - Aku akan memulihkan kembali umat-Ku 14. Aku akan memulihkan kembali umat-Ku. Suatu janji bahwa Israel akan dipulihkan kembali ke negerinya yang akan dibangun lagi dan dibuat makmur.

14. Aku akan memulihkan kembali umat-Ku. Suatu janji bahwa Israel akan dipulihkan kembali ke negerinya yang akan dibangun lagi dan dibuat makmur.

Wycliffe: Am 9:15 - Aku akan menanam mereka di tanah mereka // Mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah ... mereka // TUHAN, Allahmu 15. Aku akan menanam mereka di tanah mereka (bdg. Yer. 24:6; 32:41; 42:10). Kembalinya Israel akan merupakan tindakan langsung Allah. Mereka tidak aka...

15. Aku akan menanam mereka di tanah mereka (bdg. Yer. 24:6; 32:41; 42:10). Kembalinya Israel akan merupakan tindakan langsung Allah. Mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah ... mereka. Janji tanpa syarat tentang kepemilikan yang permanen, yang belum digenapi (II Sam. 7:10; Yes. 60:21; Yl. 3:20). TUHAN, Allahmu. Kata-kata akhir dari nubuatan itu adalah dasar kepastian untuk Israel, bahwa hal-hal ini akan terjadi.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Am 9:1-10 - Allah, Penguasa alam semesta. (Jumat, 25 Juli 2003) Allah, Penguasa alam semesta. Bangsa Israel tidak dapat menghindar dari penghukuman Allah (ayat 1). Ingin lari? Kemanapun mereka pergi bahka...

SH: Am 9:11-15 - Dibongkar untuk ditata kembali. (Sabtu, 26 Juli 2003) Dibongkar untuk ditata kembali. Bangsa Israel berada dalam krisis hukum, krisis sosial dan berbagai krisis lain yang luar biasa. Di tengah-t...

Topik Teologia: Am 9:1 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30...

Topik Teologia: Am 9:4 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Mata Ula 11:12 1Ra 8:29 2Ta 16:9 Maz 33:18 Maz 34:16 ...

Topik Teologia: Am 9:6 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Nama Ilahi itu Mewakili Kuasa dan Otoritas All...

Topik Teologia: Am 9:10 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kebutaan Moral dan Spiritual Ayu 21:14 Maz 82:5 Ams 4:19 Ams 14:12 Ams 30:20 Yes 6:9-10 Yes 44:18-20 Yer 9:3-...

Topik Teologia: Am 9:11 - -- Eskatologi Kerajaan Seribu Tahun Damai dan Berkat Universal Maz 46:9-10 Yes 2:4 Yes 9:4-6 Yes 11:6-9 Yes 35:1-10 Yes 55:9-13 Yes 65:20-25 ...

Topik Teologia: Am 9:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Eskatologi Kerajaan Seribu Tahun Damai dan Berkat Universal Maz 46:9-10 Yes 2:4 Yes 9...

Topik Teologia: Am 9:14 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Penyediaan Restorasi Allah atas Israel ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Amos (Pendahuluan Kitab) Penulis : Amos Tema : Keadilan, Kebenaran dan Hukuman Ilahi Karena Dosa Tanggal Penulisan: + 760 - 755 SM Latar Belakang Amos ...

Full Life: Amos (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Am 1:1-2) I. Delapan Ucapan Ilahi Mengenai Hukuman atas Bangsa-Bangsa (Am 1:3-2:16) A. D...

Jerusalem: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS Amos bekerja sebagai peternak domba. Ia tinggal di Tekoa, di pinggir padang gurun Yehuda, Am 1:1. Amos tidak mempunyai hubungan dengan "tare...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Amos (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN AMOS Tanggal Penulisan dan Latar Belakang. Ayat pertama dari nubuat Amos, bersama dengan 7:10-13, menempatkan sang nabi pada pertengahan ...

Wycliffe: Amos (Garis Besar) GARIS BESAR AMOS I. Nubuat-nubuat melawan bangsa-bangsa. 1:1-2:16. A. Tulisan awal dan proklamasi. 1:1, 2 B. Tuduhan terhad...

BIS: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS PENGANTAR Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berk

AMOS

PENGANTAR

Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berkhotbah kepada orang-orang Israel di kerajaan utara sekitar pertengahan abad kedelapan Sebelum Masehi. Pada masa itu banyak orang hidup makmur, ibadah dipentingkan, dan negeri Israel nampaknya damai. Tapi Amos melihat bahwa yang mengecap kemakmuran hanyalah para hartawan yang memperkaya diri dengan hasil penindasan dan ketidakadilan terhadap orang miskin. Orang menjalankan ibadah dengan hati yang tidak tulus, dan keadaan damai hanya tampak dari luar. Dengan berani dan penuh semangat, Amos menyampaikan pesan bahwa Allah akan menghukum bangsa Israel. Amos menyerukan agar keadilan "mengalir seperti air". Ia berkata, "Mungkin TUHAN akan mengasihani orang-orang yang tersisa dari bangsa Israel" (Am 5:15).

Isi

  1.  Hukuman atas negara-negara tetangga Israel
    Am 1:1-2:5
  2.  Hukuman atas Israel
    Am 2:6-6:14
  3.  Lima penglihatan
    Am 7:1-9:15

Ajaran: Amos (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan ja

Tujuan

Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Amos.

Isi Kitab: Kitab Amos dibagi atas 9 pasal yang berisi tentang keadilan dan kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Amos

  1. Pasal 1-2 (Am 1:1-2:16).

    Pemberitaan tentang hukuman dari Allah terhadap bangsa-bangsa

    Hukuman Allah atas bangsa Damsyik, Gaza, Tirus, Edom, Amon, Moab serta hukuman atas Yehuda dan atas bangsa Israel. Hukuman ini diberikan Allah karena perbuatan bangsa-bangsa yang durhaka itu telah melampaui batas kesabaran Allah. Hukuman itu dilambangkan sebagai api, tanda hukuman yang paling berat. Dari semua hukuman pada bagian pertama ini, dapat diketahui bahwa dosa yang mendatangkan hukuman itu adalah kekejaman terhadap bangsa lain.

    Pendalaman

    1. Apakah sebab bangsa-bangsa dihukum? (Am 1:3,6,9,11,13; 2:1,4).
    2. Apakah sebab umat Allah dihukum? (Am 2:4-5; 6-8).
  2. Pasal 3-6 (Am 3:1-6:14).

    Pemberitaan tentang tiga Firman Allah terhadap dosa bangsa Israel

    1. Pasal 3; Am 3:1-15. Firman Allah tentang kesalahan bangsa Israel, yait lalai melaksanakan tugasnya sebagai umat pilihan Allah.
    2. Pasal 4; Am 4:1-13. Firman Allah tentang kemunafikan dan kebobrokan mora bangsa Israel dalam hidup beragama.
    3. Pasal 5-6; Am 5:1-6:14. Firman Allah sebagai peringatan kepada bangsa Israe sebelum mengalami hukuman.

    Pendalaman

    1. Kelalaian umat Allah (Am 3:15).
    2. Kebobrokan moral dalam hidup beragama (Am 4:1,4-5,6-9).
    3. Ratapan tentang keadaan umat Allah (Am 5:1-2; 6:11-14).
  3. Pasal 7-9 (Am 7:1-9:15).

    Penglihatan tentang hukuman dari Allah dan pelepasan bagi umat-Nya

    1. Pasal Am 7:1-9:10. Penglihatan tentang belalang; Api sebagai alat penghakiman Tali Sipat; Bakul dan Buah-buahan; dan Tuhan di dekat Mezbah.
    2. Pasal Am 9:11-15. Pemberitaan akan janji Allah untuk memulihkan kembal keadaan umat Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Am 7:1-9. Apakah penglihatan Amos?
    2. Siapakah Amos dan mengapa ia diusir? (Am 7:10-17).
    3. Bacalah pasal Am 8:1-3; 9:1-6. Apakah penglihatan Amos selanjutnya ini?
    4. Apakah janji Tuhan bagi umat-Nya? (Am 9:14-15).

II. Kesimpulan/penerapan

Dari uraian di atas dapatlah diambil beberapa kesimpulan/penerapan, seperti:

  1. Kitab Amos mengajarkan bahwa hukuman Allah akan jatuh ke atas segala bangsa yang tidak mau beribadah kepada-Nya.

  2. Allah lebih mengutamakan kebenaran dan keadilan, daripada korban-korban atau persembahan dalam ibadah.

  3. Amos sebagai seorang peternak di desa, dapat dipakai Allah dalam memberitakan Firman-Nya, mengajarkan bahwa Allah bisa memakai orang yang tidak berpendidikan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Amos?
  2. Apakah isi Kitab Amos?
  3. Apakah pekerjaan Amos sebelum menjadi hamba Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Amos?

Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) Nabi bagi masyarakat yang makmur SANG NABIAmos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba

Nabi bagi masyarakat yang makmur

SANG NABI
Amos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba yang senantiasa pergi ke pasar untuk menjual domba-dombanya. Mungkin dalam rangka perjalanan niaganya itulah ia mulai berkhotbah. Tempat tinggalnya di Tekoa, dua belas mil di sebelah selatan Yerusalem. Karena ia berkhotbah di kerajaan Israel bagian utara, maka tentu saja ia tidak diterima dengan baik -- orang selatan berkhotbah di utara (Amo 7:12)! Walaupun ia bukan seorang nabi profesional (Amo 7:14), ia telah mendengar suara Allah dan ia merasa tidak mempunyai pilihan lain selain berkhotbah (Amo 1:12).

WAKTU PENULISAN
Amos menandai waktu khotbahnya dengan "dua tahun sebelum gempa bumi". Gempa bumi itu merupakan suatu peristiwa bersejarah yang penting (lihat Amo 8:8; 9:5; Zak 14:5), tetapi waktunya yang tepat tidak lagi dapat dilacak. Waktunya mungkin sekitar tahun 760 SM. Dua orang Raja disebutkan di sini, yaitu Uzia yang memerintah dari tahun 783-742 SM dan Yerobeam II dari tahun 786-746 SM.

KEADAAN SAAT ITU
Amos berkhotbah kepada suatu masyarakat yang belum pernah mengalami keadaan sebaik itu.
1. Masa damai. Kerajaan Asyur yang penuh kuasa dipimpin oleh penguasa-penguasa yang lemah, sehingga Israel dibiarkan begitu saja.
2. Masa kemakmuran. Perdagangan maju dan untuk beberapa waktu Israel cukup makmur.
3. Masa penuh masalah. Kekayaan tidak dibagi rata dalam masyarakat. Si kaya bertambah kaya, sedangkan si miskin bukan hanya bertambah miskin, tetapi dengan sengaja ditindas oleh si kaya. Pada waktu yang bersamaan mereka mulai melupakan Allah dalam kehidupan mereka. Mereka tetap menampilkan sikap beragama mereka, tetapi semua itu tidak berarti apa-apa bagi mereka.

GAYANYA
Amos tentunya seorang pemberani. Khotbahnya langsung pada sasaran. Ia tidak pernah berpura-pura dengan kata-katanya, bahkan waktu berdebat dengan seorang imam (Amo 7:17). Nubuatannya penuh dengan penghakiman dan kebinasaan. Ia menggambarkan Allah sebagai seekor singa yang mengaum-aum, dan kita dapat membayangkan bagaimana ia menyampaikan khotbahnya bak singa sedang mengaum kepada para pendengar yang enggan mendengar dan malu, yang ketenteramannya sudah diganggunya dengan kasar. Secara keseluruhan, ada saat-saat kelembutan di dalam nubuatnya dan kitab ini diakhiri dengan suatu pesan pengharapan.

Pesan

1. Allah menghakimi bangsa-bangsa yang berdosa
o Allah mempunyai hak untuk menghakimi seluruh bangsa di dunia, tidak hanya bangsa pilihan-Nya, oleh karena Ia adalah Sang Pencipta (Amo 1:3-2:3).
o Ia menghukum mereka, karena tindakan mereka dalam memperlakukan sesama manusia.
o Hukuman yang dijatuhkan kepada setiap bangsa berlangsung terus sepanjang sejarah.

2. Allah menginginkan keadilan sosial
o Dosa yang dikutuk-Nya:
- Uang adalah segalanya. Amo 3:10,15; 6:4-6
- Si miskin diperas. Amo 2:7; 4:1; 5:11
- Keadilan disalahgunakan. Amo 2:7; 5:7,10; 8:4-6
- Kelonggaran moral. Amo 2:7; 4:1
o Sikap yang diharapkan-Nya:
- Mengasihi kebaikan Amo 5:14,15
- Menjaga keadilan. Amo 5:15,24
- Hidup dalam kebenaran. Amo 5:24

3. Allah membenci kepura-puraan beragama
Sikap Israel:
o Tidak setia kepada janji mereka Amo 2:4,5; 3:1,2
o Tidak menghormati Bait Allah. Amo 2:8
o Tidak bersyukur pada masa lalu. Amo 2:9-12
o Berpura-pura dalam penyembahan mereka. Amo 4:4,5; 5:21-27; 8:5
o Tidak menghargai nabi. Amo 7:10-17

4. Allah mengasihi Israel yang tidak layak itu
Walaupun Amos pada pokoknya berkhotbah mengenai pesan penghakiman, ia juga berbicara mengenai Allah sebagai Allah yang penuh kasih.
o Allah dengan tanpa paksaan memilih untuk mengasihi. Amo 3:2
o Allah dengan sabar mencoba untuk mengajar. Amo 4:6-11
o Allah dengan penuh belas kasihan menawarkan pertolongan. Amo 5:6
o Allah dengan penuh kemurahan berjanji untuk memulihkan. Amo 9:11-15

Penerapan

1. Bagaimana seharusnya hidup di dunia ini
Ingatlah:
o Hak-hak asasi manusia harus dihargai
o Keadilan yang benar itu penting
o Orang miskin berharga di mata Allah
o Hidup bermewah-mewah adalah hidup yang berbahaya
o Penghakiman segera datang

2. Bagaimana harus hidup di hadapan Allah
Ingatlah:
o Taruhlah Allah di atas segalanya
o Pastikan bahwa ibadahmu nyata
o Pekalah terhadap suara Allah
o Bersiaplah untuk bertemu Allah
o Janganlah bergantung kepada agama -- bergantunglah kepada Allah

Tema-tema Kunci

1. Melanggar Hukum Allah
Amos mengutuk bangsa-bangsa karena dosa mereka (Amo 1:3,6,9,11,13; 2:1,4,6), yaitu untuk pemberontakan mereka terhadap hukum Allah. Melanggar hukum Allah merupakan dosa yang paling utama. Pelanggaran itu dapat pribadi maupun secara nasional. Buatlah daftar dosa-dosa manusia dalam kitab ini yang menyebabkan mereka dihukum. Dosa apa yang relevan pada masa kini?

2. Menghadapi hukuman Allah
Apabila manusia berdosa maka:
o Hukuman tak dapat dielakkan sebab dosa membawa hukuman sebagai ekornya (Amo 1:3, 6,9,11,13; 2:1,4,6).
o Hukuman tidak dapat dihindari sebab Allah membiarkan hukuman itu berlaku (Amo 3:13-15).
o Hukuman menjadi lebih besar bagi mereka yang mendapat hak istimewa untuk membina hubungan yang khusus dengan Allah (Amo 3:2).
o Hukuman dilaksanakan oleh Allah dengan penuh keengganan (Amo 7:1-6).
o Bagaimana kita secara realistis berbicara mengenai hukuman Allah dalam dunia dewasa ini?

3. Mendengar suara Allah
Nasib yang paling buruk yang mungkin dialami umat manusia ialah bertahan dalam suatu periode yang di dalamnya Allah diam (Amo 8:11,12). Tetapi, dalam zaman Amos Allah telah berbicara melalui:
o Peristiwa-peristiwa (Amo 4:4-11)
o Nabi (Amo 7:14,15). Amos bukan seorang nabi yang sungguh-sungguh, tetapi seorang yang diambil dari kalangan orang biasa yang mempunyai keinginan bernyala-nyala untuk mengumandangkan firman Tuhan.
Apakah Allah masih berbicara seperti itu dewasa ini? Pikirkanlah contohnya. Apa yang diajarkan Amos kepada kita mengenai menjadi pelayan Allah?

4. Melakukan kehendak Allah
Amos memanggil bangsa Israel untuk bertobat. Pertobatan itu lebih dari hanya berkata "Maaf". Pertobatan merupakan suatu perubahan cara berpikir secara total, yang mengakibatkan orang berpaling dari cara hidup yang lama dan mulai hidup sesuai dengan apa yang Allah kehendaki. Apa yang Allah inginkan dari bangsa Israel adalah tindakan (Amo 5:14,15,24). Apa yang seharusnya menjadi buah pertobatan dalam kehidupan Anda?

Garis Besar Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) [1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2 [2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5 Amo 1:3-5Siria

[1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2

[2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5

Amo 1:3-5Siria: mengabaikan hak-hak manusia
Amo 1:6-8Orang Filistin: menjual manusia demi uang
Amo 1:9,10Funisia: melanggar janji
Amo 1:11-12Edom: membenci saudaranya
Amo 1:13-15Amon: kejam kepada orang yang tidak berdaya
Amo 2:1-3Moab: tidak menghormati jasad orang yang sudah mati
Amo 2:4,5Yehuda: tidak setia kepada Allah

[3] ISRAEL DI SIDANG PENGADILAN Amo 2:6-16

Amo 2:6-9Kejahatan mereka yang serius
Amo 2:10-12Ingatan mereka yang pendek
Amo 2:13-16Hukuman yang berat atas mereka

[4] KEPUTUSAN HAKIM Amo 3:1-4:3

Amo 3:1,2Tanggung jawab kasih
Amo 3:3-8Penghakiman yang tak terelakkan
Amo 3:9-4:3Penjabaran tentang penghakiman

[5] KAPANKAH MEREKA MAU BELAJAR? Amo 4:4-13

Amo 4:4,5Terus menerus mengabaikan Allah
Amo 4:6Allah telah berbicara melalui bencana kelapara...
Amo 4:7,8... dan kekeringan ...
Amo 4:9... dan panen yang gagal...
Amo 4:10... dan perang...
Amo 4:11... dan bencana
Amo 4:12,13Siap untuk bertemu Allah

[6] UPACARA PENGUBURAN TERHADAP AGAMA Amo 5:1-27

Amo 5:1-3Nyanyian penguburan
Amo 5:4-6Undangan untuk mencari Allah
Amo 5:7-13Sebab-sebab kematian
Amo 5:14,15Undangan untuk mencari kebaikan
Amo 5:16-27Pembedahan atas kepura-puraan beragama

[7] NASIB SI KAYA Amo 6:1-14

Amo 6:1-7Kesia-siaan kemewahan
Amo 6:8-10Dahsyatnya penghakiman
Amo 6:11-14Bodohnya ketidakadilan

[8] PENGLIHATAN NABI Amo 7:1-8:6

Amo 7:1-3Penglihatan tentang belalang
Amo 7:4-6Penglihatan tentang api
Amo 7:7-9Penglihatan tentang tali sipat
Amo 7:10-17Selingan: penyiksaan atas Amos
Amo 8:1-6Penglihatan tentang buah yang matang

[9] DIAMNYA ALLAH Amo 8:7-9:10

Amo 8:7,8Ingatan Allah
Amo 8:9-14Diamnya Allah
Amo 9:1-10Penghancuran dari Allah

[10] PENGHARAPAN MASA DEPAN Amo 9:11-15

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 1.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA