kecilkan semua  

Teks -- 1 Tawarikh 4:1-43 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keturunan Yehuda dari cabang lain
4:1 Anak-anak Yehuda ialah Peres, Hezron, Karmi, Hur dan Syobal. 4:2 Reaya, anak Syobal, memperanakkan Yahat, dan Yahat memperanakkan Ahumai dan Lahad. Itulah kaum-kaum orang Zora. 4:3 Inilah anak-anak Etam: Yizreel, Isma dan Idbas; nama saudara perempuan mereka ialah Hazelelponi; 4:4 lalu Pnuel, bapa Gedor, dan Ezer, bapa Husa. Itulah keturunan Hur, anak sulung Efrata, bapa Betlehem. 4:5 Asyur, bapa Tekoa, mempunyai dua isteri, yakni Hela dan Naara. 4:6 Naara melahirkan baginya Ahuzam, Hefer, Temeni dan orang Ahastari. Itulah anak-anak Naara. 4:7 Anak-anak Hela ialah Zeret, Yezohar dan Etnan. 4:8 Kos memperanakkan Anub, Hazobeba dan kaum-kaum Aharhel bin Harum. 4:9 Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan." 4:10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu. 4:11 Kelub, saudara Suha, memperanakkan Mehir, dialah ayah Eston; 4:12 dan Eston memperanakkan Bet-Rafa, Paseah dan Tehina, bapa Ir-Nahas. Itulah orang-orang Rekha. 4:13 Anak-anak Kenas ialah Otniel dan Seraya; dan anak-anak Otniel ialah Hatat dan Meonotai; 4:14 dan Meonotai memperanakkan Ofra. Seraya memperanakkan Yoab, bapa Lembah Tukang-tukang, karena mereka adalah tukang-tukang. 4:15 Anak-anak Kaleb bin Yefune ialah Iru, Ela dan Naam; dan keturunan Ela ialah Kenas. 4:16 Anak-anak Yehaleleel ialah Zif, Zifa, Tireya dan Asareel. 4:17 Anak-anak Ezra ialah Yeter, Mered, Efer dan Yalon. Itulah anak-anak Bica, puteri Firaun yang telah dikawini Mered. Perempuan ini melahirkan Miryam, Samai dan Yisbah, bapa Estemoa. 4:18 Isteri Mered, perempuan Yehuda itu, melahirkan Yered, bapa Gedor, dan Heber, bapa Sokho, dan Yekutiel, bapa Zanoah. 4:19 Anak-anak isteri Hodia, saudara perempuan Naham, ialah Abu Kehila, orang Garmi itu, dan Estemoa, orang Maakha itu. 4:20 Anak-anak Simon ialah Amnon, Rina, Benhanan dan Tilon. Anak-anak Yisei ialah Zohet dan Ben-Zohet. 4:21 Keturunan Sela, anak Yehuda, ialah Er, bapa Lekha, dan Lada, bapa Maresa, dan kaum-kaum para pengusaha kain lenan halus di Bet-Asybea, 4:22 lalu Yokim dan orang-orang Kozeba, lagi Yoas dan Saraf yang menguasai Moab dan kemudian pulang ke Betlehem; -- riwayat-riwayat ini tua. 4:23 Mereka ini adalah tukang-tukang periuk yang diam di Netaim dan Gedera; mereka diam di sana dan bekerja untuk raja.
Keturunan Simeon
4:24 Anak-anak Simeon ialah Nemuel, Yamin, Yarib, Zerah dan Saul; 4:25 anak orang ini ialah Salum; anak orang ini ialah Mibsam; anak orang ini ialah Misma. 4:26 Keturunan Misma ialah Hamuel, anaknya; anak orang ini ialah Zakur; anak orang ini ialah Simei. 4:27 Simei mempunyai enam belas orang anak laki-laki dan enam orang anak perempuan; tetapi saudara-saudaranya tidak mempunyai banyak anak; seluruh kaum mereka tidak bertambah banyak seperti bani Yehuda. 4:28 Mereka diam di Bersyeba, Molada, Hazar-Sual, 4:29 Bilha, Ezem, Tolad, 4:30 Betuel, Horma, Ziklag, 4:31 Bet-Markabot, Hazar-Susim, Bet-Biri dan di Saaraim. Itulah kota-kota mereka sampai Daud menjadi raja. 4:32 Dan desa-desanya ialah Etam, Ain, Rimon, Tokhen dan Asan, lima perkampungan; 4:33 juga segala desanya yang di sekitar perkampungan-perkampungan itu sampai ke Baal. Itulah tempat-tempat kediaman mereka dan mereka mempunyai silsilahnya sendiri. 4:34 Dan Mesobab, Yamlekh, Yosa bin Amazia, 4:35 Yoel, Yehu bin Yosibya bin Seraya bin Asiel, 4:36 Elyoenai, Yaakoba, Yesohaya, Asaya, Adiel, Yesimiel, Benaya, 4:37 Ziza bin Sifei bin Alon bin Yedaya bin Simri bin Semaya -- 4:38 orang-orang ini yang disebutkan dengan nama-namanya adalah pemimpin-pemimpin di antara kaum-kaum mereka. Keluarga-keluarga mereka makin bertambah banyak. 4:39 Oleh sebab itu mereka pindah ke arah Gedor sampai ke sebelah timur lembah untuk mencari padang rumput bagi kambing domba mereka. 4:40 Mereka menemui padang rumput yang gemuk dan baik; negeri itu luas, aman dan sentosa; orang-orang yang diam di sana sebelum mereka berasal dari Ham. 4:41 Orang-orang yang namanya tertulis ini datang dalam zaman Hizkia, raja Yehuda, dan memusnahkan kemah-kemah orang Ham dan orang Meunim yang terdapat di sana dan menumpas mereka; demikianlah sampai hari ini. Kemudian mereka menduduki tempat orang-orang itu, sebab di sana ada padang rumput bagi kambing domba mereka. 4:42 Dan sebagian dari mereka, dari bani Simeon, sebanyak lima ratus orang, pindah ke pegunungan Seir. Sebagai kepala mereka ialah Pelaca, Nearya, Refaya dan Uziel, anak-anak Yisei. 4:43 Mereka membinasakan sisa orang Amalek yang telah meluputkan diri. Lalu mereka diam di sana sampai hari ini.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adiel the head of an influential family of Simeon in Hezekiah's time,son of Jahzerah; a priest whose descendants returned from exile,the father of Azmaveth, King David's treasurer
 · Aharhel son of Harum of Judah
 · Ahastari son of Ashhur and his wife Naarah in Moses time
 · Ahumai son of Jahath of Judah
 · Ahuzam son of Ashhur and his wife Naarah in Moses time
 · Ain a place marking part of the north-eastern boarder of Israel,a town of Simeon in the western foothills of Judah
 · Alon son of Jedaiah (Simeon)
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · Amazia son of Joash; king of Judah,a prince of Simeon under Hezekiah,son of Hilkiah (Merari Levi),pagan priest of Bethel under Jeroboam who opposed Amos
 · Amnon son of King David and Ahinoam,the son of Shimon of Judah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · Anak-anak Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · anak-anak Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · Anub son of Koz of Judah
 · Asan a town of Simeon in the western foothills of Judah
 · Asareel son of Jehallelel a descendant of Judah
 · Asaya King Josiah's servant,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,son of Haggiah the Levite,a man (Shelah Judah) who returned from exile with his family,chief of the sons of Merari the Levite under David
 · Asiel forefather of a large influential family of Simeon
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Meunim a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,a people who were enemies of Israel
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · bani Paseah son of Eshton; a descendant of Caleb of Judah (DC),a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time,father of Joiada who repaired the Old Gate of Jerusalem
 · bani Reaya son of Shobal of Judah,son of Micah of Reuben,a Levite; head of a group of temple servants in Ezra's time
 · bani Simeon the tribe of Simeon
 · Benanya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Benaya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel


Topik/Tema Kamus: Yakub | Suku | Asal Usul | Silsilah | Suku Simeon | Gembala | Kerajinan Tangan | Orang Amalek | Anak | Tokhen | Tolad | Yaakoba | Yabes | Yalon | Yedaya | Yarib | Yamlekh | Tireya | Simri | Rekha | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Taw 4:10 - YABES BERSERU KEPADA ALLAH ISRAEL. Nas : 1Taw 4:10 Contoh Yabes yang benar menekankan kebenaran bahwa Allah memberkati orang yang dengan setia berseru kepada-Nya. Perhatikan bahwa Ya...

Nas : 1Taw 4:10

Contoh Yabes yang benar menekankan kebenaran bahwa Allah memberkati orang yang dengan setia berseru kepada-Nya. Perhatikan bahwa Yabes "lebih dimuliakan daripada saudara-saudaranya" (ayat 1Taw 4:9). Yabes menujukkan bahwa berkat dan perlindungan dari Allah tidak datang dengan otomatis, tetapi terjadi sebagai hasil dari penyerahan kita kepada-Nya dan maksud-Nya di bumi dan sebagai hasil doa kita (lih. Mat 6:13;

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

Sudut pandangan penulis terungkap dengan baik dalam 2Taw 20:20, "Percayalah kepada Tuhan, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh!" Doa Yabes merupakan pola bagi semua orang percaya.

Full Life: 1Taw 4:10 - MELINDUNGI AKU DARI PADA MALAPETAKA. Nas : 1Taw 4:10 Lihat cat. --> Mat 6:13. [atau ref. Mat 6:13]

Nas : 1Taw 4:10

Lihat cat. --> Mat 6:13.

[atau ref. Mat 6:13]

BIS: 1Taw 4:9 - Yabes Yabes: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "menderita".

Yabes: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "menderita".

BIS: 1Taw 4:21-22 - kawin ... wanita-wanita Moab kawin ... wanita-wanita Moab atau menguasai Moab.

kawin ... wanita-wanita Moab atau menguasai Moab.

Jerusalem: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abra...

Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abraham, dan daftar-daftar keturunan yang disajikan 1Tawarikh berakhir dengan raja Saul. Begitu disiapkan kisah mengenai Daud yang menjadi tokoh utama dalam kitab Tawarikh. baiklah dibandingkan silsilah Yesus yang disajikan Mat 1:1-17; Luk 3:23-38. Si Muwarikh memanfaatkan kitab Pentateukh dalam redaksinya yang terakhir dan lagi kitab-kitab sejarah yang sudah disusun sebelumnya. Ia menambah beberapa berita lain yang kiranya tepat. Berita-berita itu diangkatnya dari sumber-sumber lain yang tersedia baginya. Silsilah-silsilah yang disajikan si Muwarikh kemudian masih dilengkapi oleh orang-orang lain yang berhaluan sama,- Seperti seringkali halnya dengan silsilah-silsilah yang tercantum dalam Alkitab, demikianpun silsilah-silsilah yang tercantum dalam 1Tawarikh ini menunjuk hubungan kekeluargaan yang agak longgar dan bahkan hubungan antar tetangga saja. Nama-nama tempat dapat menjadi nama orang. Baik dalam naskah-naskah Ibrani maupun dalam terjemahan-terjemahan kuno ada banyak perbedaan nama. Tidak semua perbedaan dapat dicatat di sini.

Jerusalem: 1Taw 4:1-23 - -- Daftar keturunan Yehuda, 1Ta 4:1-2, Hur 1Ta 4:3-4 dan Kaleb, 1Ta 4:11-20 sejalan dengan yang termuat dalam bab 2. Tetapi kebanyakan nama berbeda. Sele...

Daftar keturunan Yehuda, 1Ta 4:1-2, Hur 1Ta 4:3-4 dan Kaleb, 1Ta 4:11-20 sejalan dengan yang termuat dalam bab 2. Tetapi kebanyakan nama berbeda. Selebihnya ditambahkan daftar keturunan Asyhur, 1Ta 5-10, dan daftar keturunan Sela, 1Ta 4:21-23. Mungkin seluruh bagian ini, 1Ta 4:1-23 (dan 1Ta 2:18-4:23) sebuah sisipan, sehingga kitab Tawarikh yang asli dari daftar keturunan Yehuda, 1Ta 2:1-17, langsung beralih kepada daftar keturunan Simeon, 1Ta 4:24-43.

Jerusalem: 1Taw 4:4 - keturunan Hur Bdk 1Ta 2:50+.

Bdk 1Ta 2:50+.

Jerusalem: 1Taw 4:8 - Yabes Dalam bahasa Ibrani nama ini (ya'bes) menyinggung kata "kesaksian" ('obes)

Dalam bahasa Ibrani nama ini (ya'bes) menyinggung kata "kesaksian" ('obes)

Jerusalem: 1Taw 4:14 - Lembah Tukang-tukang Yaitu lembah tukang-tukang kayu dan besi. Naskah Ibrani juga dapat dimengerti sebagai nama diri: Ge Harasyim, bdk Neh 11:35.

Yaitu lembah tukang-tukang kayu dan besi. Naskah Ibrani juga dapat dimengerti sebagai nama diri: Ge Harasyim, bdk Neh 11:35.

Jerusalem: 1Taw 4:21-23 - -- Catatan mengenai keturunan Sela ini kurang sesuai dengan daftar-daftar lain yang tercantum dalam bab 4 ini.

Catatan mengenai keturunan Sela ini kurang sesuai dengan daftar-daftar lain yang tercantum dalam bab 4 ini.

Jerusalem: 1Taw 4:21 - kaum-kaum para pengusaha kain lenan halus Salah satu pertukangan atau kejuruan adalah usaha keluarga tertentu dan diwariskan turun-temurun, bdk 1Ta 4:14.

Salah satu pertukangan atau kejuruan adalah usaha keluarga tertentu dan diwariskan turun-temurun, bdk 1Ta 4:14.

Jerusalem: 1Taw 4:22 - yang menguasai Moab Terjemahan lain: yang pergi kawin di Moab; bdk Rut 1

Terjemahan lain: yang pergi kawin di Moab; bdk Rut 1

Jerusalem: 1Taw 4:22 - kemudian pulang ke Betlehem Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki. hubungan kekeluargaan antara Betlehem dan Moab diandaikan dalam 1Sa 22:3 dan disebutkan dalam kitab Rut.

Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki. hubungan kekeluargaan antara Betlehem dan Moab diandaikan dalam 1Sa 22:3 dan disebutkan dalam kitab Rut.

Jerusalem: 1Taw 4:24-43 - -- Bagian ini memuat sebuah silsilah, 1Ta 4:24-27 sebuah daftar nama-nama kota, 1Ta 4:28-33, dan sebuah catatan mengenai kaum-kaum yang berpindah-pindah ...

Bagian ini memuat sebuah silsilah, 1Ta 4:24-27 sebuah daftar nama-nama kota, 1Ta 4:28-33, dan sebuah catatan mengenai kaum-kaum yang berpindah-pindah tempat. 1Ta 4:31 menyatakan bahwa di masa pemerintahan Daud suku Simeon melebur ke dalam suku Yehuda. Karena itu Kota-kota Simeon yang disebutkan di sini, dalam Yos 15 terbilang di antara kota-kota Yehuda. Lama sekali suku Simeon hidup sebagai suku setengah Badui, 1Ta 4:39 dst.

Jerusalem: 1Taw 4:39 - Gedor Dalam terjemahan Yunani terbaca Gerar.

Dalam terjemahan Yunani terbaca Gerar.

Jerusalem: 1Taw 4:40 - berasal dari Ham Menurut 1Ta 1:8 keturunan Ham mendiami baik negeri Kanaan maupun Afrika. Di sini "keturunan Ham" mempunyai arti luas, yaitu: bukan orang Israel.

Menurut 1Ta 1:8 keturunan Ham mendiami baik negeri Kanaan maupun Afrika. Di sini "keturunan Ham" mempunyai arti luas, yaitu: bukan orang Israel.

Jerusalem: 1Taw 4:41 - Kemah-kemah orang-orang Ham dan orang-orang Meunim Bdk 2Ta 20:1. Terjemahan lain: kemah-kemah dan pondok-pondok mereka.

Bdk 2Ta 20:1. Terjemahan lain: kemah-kemah dan pondok-pondok mereka.

Ende: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pad...

Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pada kaum Levita. Silsilah2 itu untuk sebagian diambil alih dari Kitab Sutji, untuk sebagian di-buat2 sadja, entah oleh si penjusun sendiri, entah oleh orang lain jang mendahuluinja, sehingga si penjusun menjalin sadja. Pada bangsa Jahudi sesudah pembuangan silsilah2 keluarga dan marga dianggap sangat penting. Nama2 jang terdapat dalam daftar2 itu tidak selalu nama2 orang tertentu, melainkan sering-kali djuga nama marga, keluarga, suku, bangsa, daerah atau kota. Kata "anak" atau "bapak","melahirkan" dan "memperanakkan" serta "kawin" tidak selalu mempunjai maknanja jang biasa, tetapi dapat berarti djuga "pendiri", "penguasa", "perebut", "bertjampur dengan suku bangsa atau marga lain" dan sebangsanja. Perlulah tiap2 kali nama2 diperiksa untuk menentukan maknanja jang konkrit. Apa jang dimaksudkan ialah seringkali hubungan2 tertentu, kadang2 hubungan tempat sadja, antara marga2 dan keluarga2 Israil satu sama lain atau dengan suku2 lain, jang lama-kelamaan diisap atau ditaklukkan oleh suku2 Israil. Dan hubungan2 sematjam itu tidak boleh dianggap sebagai selalu tjotjok dengan hasil ilmu bangsa.

Maksudnja si pengarang dengan daftar2 nama ialah: Menggabungkan Dawud dan keturunannja (al-Masih) dengan asal-usul umat Allah dan bangsa manusia seluruhnja. Dalam rentjana Allah Penjelamat semuanja menudju kesitu sebagai pusat dan penjelesaian sedjarah.

Ende: 1Taw 4:1--9:34 - -- Dalam fasal2 ini disadjikan nama marga2, keluarga2 dan suku2, jang termasuk kedalam Israil. Bukan semua Jahudi aseli, tetapi djuga marga2 dan keluarga...

Dalam fasal2 ini disadjikan nama marga2, keluarga2 dan suku2, jang termasuk kedalam Israil. Bukan semua Jahudi aseli, tetapi djuga marga2 dan keluarga2 asing, jang diisap oleh suku2 Israil. Dengan djalan ini mau dibuktikan, marga dan keluarga mana (sesudah pembuangan) termasuk kedalam umat Jahwe. Karena itu, bila mungkin, daftar nama diteruskan sampai kemasa pembuangan, chususnja mengenai marga2 dan keluarga2 Juda, Jerusjalem dan kaum Levita. Ketiga ini mendapat perhatian jang chusus.

Ende: 1Taw 4:11-20 - -- Disini didaftarkan beberapa marga dan suku bangsa, jang ada sangkut-pautnja dengan marga Kaleb, meskipun bukan keturunan sama.

Disini didaftarkan beberapa marga dan suku bangsa, jang ada sangkut-pautnja dengan marga Kaleb, meskipun bukan keturunan sama.

Endetn: 1Taw 4:7 - Sohar diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani Kere dan beberapa naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "Jesohar".

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani Kere dan beberapa naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "Jesohar".

Endetn: 1Taw 4:15 - 'Ir diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: ",Iru".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: ",Iru".

Endetn: 1Taw 4:15 - -- Ditinggalkan satu huruf (dan), menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno.

Ditinggalkan satu huruf (dan), menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno.

Endetn: 1Taw 4:22 - sebelum kembali ke Betlehem diperbaiki. Tertulis: "dan Jasjubi-Lehem".

diperbaiki. Tertulis: "dan Jasjubi-Lehem".

Endetn: 1Taw 4:27 - marganja diperbaiki menurut terdjemahan Junani, supaja subjek kalimat ini tjotjok dengan katakerdjanja.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani, supaja subjek kalimat ini tjotjok dengan katakerdjanja.

Endetn: 1Taw 4:39 - Gerar diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "Gedor".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "Gedor".

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:1 - Anak-anak Yehuda // Peres, Hezron · Anak-anak Yehuda: Kej 29:35; Kej 29:35; 1Taw 2:3; 1Taw 2:3 · Peres, Hezron: Bil 26:21

· Anak-anak Yehuda: Kej 29:35; [Lihat FULL. Kej 29:35]; 1Taw 2:3; [Lihat FULL. 1Taw 2:3]

· Peres, Hezron: Bil 26:21

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:4 - keturunan Hur // bapa Betlehem · keturunan Hur: 1Taw 2:50 · bapa Betlehem: Rut 1:19

· keturunan Hur: 1Taw 2:50

· bapa Betlehem: Rut 1:19

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:5 - Asyur · Asyur: 1Taw 2:24

· Asyur: 1Taw 2:24

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:13 - ialah Otniel · ialah Otniel: Yos 15:17; Yos 15:17

· ialah Otniel: Yos 15:17; [Lihat FULL. Yos 15:17]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:17 - melahirkan Miryam · melahirkan Miryam: Kel 15:20; Kel 15:20

· melahirkan Miryam: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:18 - bapa Zanoah · bapa Zanoah: Yos 15:34; Yos 15:34

· bapa Zanoah: Yos 15:34; [Lihat FULL. Yos 15:34]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:19 - Abu Kehila // orang Maakha · Abu Kehila: Yos 15:44; Yos 15:44 · orang Maakha: Ul 3:14; Ul 3:14

· Abu Kehila: Yos 15:44; [Lihat FULL. Yos 15:44]

· orang Maakha: Ul 3:14; [Lihat FULL. Ul 3:14]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:21 - Keturunan Sela · Keturunan Sela: Kej 38:5; Kej 38:5

· Keturunan Sela: Kej 38:5; [Lihat FULL. Kej 38:5]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:24 - Anak-anak Simeon // Yamin, Yarib · Anak-anak Simeon: Kej 29:33; Kej 29:33 · Yamin, Yarib: Bil 26:12

· Anak-anak Simeon: Kej 29:33; [Lihat FULL. Kej 29:33]

· Yamin, Yarib: Bil 26:12

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:28 - di Bersyeba // Molada · di Bersyeba: Kej 21:14; Kej 21:14 · Molada: Yos 15:26; Yos 15:26

· di Bersyeba: Kej 21:14; [Lihat FULL. Kej 21:14]

· Molada: Yos 15:26; [Lihat FULL. Yos 15:26]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:29 - Bilha, Ezem · Bilha, Ezem: Yos 15:29; Yos 15:29

· Bilha, Ezem: Yos 15:29; [Lihat FULL. Yos 15:29]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:30 - Betuel, Horma // Ziklag · Betuel, Horma: Bil 14:45; Bil 14:45 · Ziklag: Yos 15:31; Yos 15:31

· Betuel, Horma: Bil 14:45; [Lihat FULL. Bil 14:45]

· Ziklag: Yos 15:31; [Lihat FULL. Yos 15:31]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:31 - di Saaraim · di Saaraim: Yos 15:36; Yos 15:36

· di Saaraim: Yos 15:36; [Lihat FULL. Yos 15:36]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:32 - Etam, Ain // dan Asan · Etam, Ain: Bil 34:11; Bil 34:11 · dan Asan: Yos 15:42; Yos 15:42

· Etam, Ain: Bil 34:11; [Lihat FULL. Bil 34:11]

· dan Asan: Yos 15:42; [Lihat FULL. Yos 15:42]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:39 - arah Gedor · arah Gedor: Yos 15:58; Yos 15:58

· arah Gedor: Yos 15:58; [Lihat FULL. Yos 15:58]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:40 - dan sentosa · dan sentosa: Hak 18:7-10

· dan sentosa: Hak 18:7-10

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:41 - orang Meunim · orang Meunim: 2Taw 20:1; 26:7

· orang Meunim: 2Taw 20:1; 26:7

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:42 - pegunungan Seir · pegunungan Seir: Kej 14:6; Kej 14:6

· pegunungan Seir: Kej 14:6; [Lihat FULL. Kej 14:6]

Ref. Silang FULL: 1Taw 4:43 - orang Amalek · orang Amalek: Kej 14:7; Kej 14:7; Est 3:1; 9:16

· orang Amalek: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]; Est 3:1; 9:16

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Taw 4:1-10 - Anak-anak Yehuda; Doa Yabes Dalam pasal ini, terdapat I. Catatan lebih lanjut mengenai silsilah suku Yehuda, suku yang terbanyak jumlahnya sekaligus yang paling ...

Matthew Henry: 1Taw 4:11-23 - Silsilah Silsilah (4:11-23) Dalam ayat-ayat di atas, kita bisa mengamati, (1) Sebuah kaum keluarga yang seluruhnya memiliki pekerjaan sebagai ...

Matthew Henry: 1Taw 4:24-43 - Silsilah Silsilah (4:24-43) Di sini terdapat sejumlah silsilah suku Simeon, kendati suku ini tidak terkemuka, khususnya para pemimpin suku itu (ay. 38). Ten...

SH: 1Taw 4:1-43 - Kasih yang istimewa (Jumat, 25 Januari 2002) Kasih yang istimewa Silsilah Yehuda ditutup dengan daftar anak-anak Yehuda: keturunan Peres (ayat 1-20) dan Sela (ayat 21-23). Kisah tentang Yab...

SH: 1Taw 4:1-23 - Menghidupi Janji Tuhan (Sabtu, 29 Juli 2023) Menghidupi Janji Tuhan Silsilah Yehuda (psl.2) mendahului silsilah Daud (psl.3) dan kini kembali dituliskan di dalam pasal 4 ini. Melalui garis ketur...

SH: 1Taw 4:24-43 - Fokus pada yang Positif (Minggu, 30 Juli 2023) Fokus pada yang Positif Salah satu keunikan penulis Tawarikh adalah menyelipkan pesan dengan "melupakan" bagian tertentu dari catatan sejarah sebelum...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Sejarah "Penebusan" Israel Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Sejarah yang tercatat dalam ...

Full Life: 1 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan (1Taw 1:1-9:44) A. Adam Sampai Abraham (1Taw ...

Matthew Henry: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Dalam perkara sehari-hari, pengulangan dipandang sebagai sesuatu yang tidak perlu dan membosankan, tetapi dalam perkara kudus, ada perintah demi pe...

Jerusalem: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

BIS: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) I TAWARIKH PENGANTAR Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tet

I TAWARIKH

PENGANTAR

Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tetapi di dalam buku Tawarikh kejadian-kejadian itu diceritakan dari segi pandangan lain. Sejarah kerajaan Israel dalam buku Tawarikh ditulis dengan dua maksud utama:

  1. 1. Untuk menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, namun Allah masih memegang janji-Nya kepada bangsa itu, dan melaksanakan rencana-Nya untuk umat-Nya melalui orang-orang yang tinggal di Yehuda. Penulis yakin mengenai hal itu karena ia ingat akan hal-hal besar yang telah dicapai oleh Daud dan Salomo, serta pembaruan-pembaruan yang diusahakan oleh Yosafat, Hizkia dan Yosia. Juga karena masih ada orang-orang yang tetap setia menyembah Allah.
  2. 2. Untuk menguraikan asal mula upacara ibadat di Rumah TUHAN di Yerusalem, terutama mengenai susunan jabatan imam dan orang-orang Lewi yang bertugas dalam upacara-upacara ibadat itu. Sekalipun Rumah TUHAN di Yerusalem itu dibangun oleh Salomo, namun di dalam buku Tawarikh ini Daud dikemukakan sebagai pendiri yang sesungguhnya dari Rumah TUHAN itu dan upacara-upacara ibadatnya.

Isi

  1.  Silsilah dan nama-nama
    1Taw 1:1-9:44
  2.  Wafatnya Saul
    1Taw 10:1-14
  3.  Pemerintahan Daud
    1Taw 11:1-29:30
    1. a. Kesukaran-kesukaran yang dialaminya dan hal-hal yang dicapainya
      1Taw 11:1-22:1
    2. b. Persiapan untuk pembangunan Rumah TUHAN
      1Taw 22:2-29:30

Ajaran: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Kitab I-II Tawarikh kemungkinan besar ditulis oleh Ezra.

Isi Kitab: Kitab I Tawarikh terdiri dari 29 pasal. Kitab II Tawarikh terdiri dari 36 pasal. Isi dari kedua Kitab ini khususnya ialah daftar nama- nama atau silsilah bangsa Israel, dan pengulangan sejarah kerajaan Daud. Namun untuk mengerti lebih jelas akan isi Kitab ini, lihatlah uraian berikut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (1Taw 1:1-9:44).

    Daftar silsilah bangsa Israel

    Bagian ini menjelaskan daftar silsilah-silsilah.

    1. Daftar silsilah Adam sampai kepada Abraham dan sampa kepada Esau. 1Taw 1:1-54.
    2. Daftar silsilah keturunan Yehuda. 1Taw 2:1-3:24.
    3. Daftar keturunan Simeon, Lewi, dan Benyamin. 1Taw 4:1-8:28.
    4. Daftar silsilah Saul. 1Taw 8:29-40.
    5. Daftar penduduk Yerusalem sesudah peperangan bangs Israel di Babel. 1Taw 9:1-44.
  2. Pasal 10-29 (1Taw 10:1-29:30).

    Riwayat Daud dan kerajaannya.

    Isi pasal-pasal ini diawali dengan riwayat kematian raja Saul, yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat raja Daud. Pada akhir pemerintahannya raja Daud memberi amanat kepada Salomo, anaknya, untuk membangun Bait Allah bagi umat Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Taw 10:13-14. Apakah sebabnya raja Saul dihukum oleh Allah? Hal ini berarti apa bagi kita sekarang?
    2. Bacalah pasal 1Taw 11:1-3. Apakah tugas Daud menurut ayat-ayat ini?
    3. Bacalah pasal 1Taw 28:1-11. Apakah amanat pertama Daud kepada Salomo? (1Taw 28:9). Dan apakah amanat yang kedua? Bagaimanaka amanat-amanat ini diterapkan dalam hidup saudara?
    4. Bagaimanakah pemerintahan raja Salomo? (1Taw 29:20-25).

II. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (2Taw 1:1-9:31).

    Riwayat tentang Salomo dan kerajaannya Pasal-pasal ini menjelaskan bagaimana setelah Salomo diresmikan menjadi raja bangsa Israel, dia mulai membangun Rumah Tuhan sebagaimana dipesan oleh Daud, kemudian Salomo mentahbiskan Rumah Tuhan yang telah didirikannya itu, dengan memberikan kurban persembahan yang berkenan kepada Tuhan. Dalam pemerintahan Salomo yang berkenan kepada Tuhan itu, dia menerima berkat kebesaran dan kemuliaan-Nya, akhir pasal 9; 2Taw 9:1-31 menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Taw 1:7-13. Apakah isi permintaan Salomo kepada Tuhan? Dan apakah yang diterimanya? Bagaimana dengan isi permohonan doa kita pada Tuhan?
    2. Kejayaan kerajaan Salomo disebabkan karena hikmat yan ada padanya. Dari manakah datangnya hikmat Salomo? (2Taw 9:22). Apakah saudara mempunyai hikmat dari Allah?
  2. Pasal 10-36 (2Taw 10:1-36:23).

    Riwayat tentang raja-raja dalam kerajaan Yehuda Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja-raja kerajaan Yehuda yang kebanyakan dari mereka tidak mengindahkan Firman Tuhan. Akhirnya kerajaan Yehuda runtuh.

    Pendalaman

    Kebanyakan dari raja-raja kerajaan Yehuda setelah Salomo bersifat seperti yang terdapat dalam pasal 2Taw 36:11-16. Itulah sebabnya mereka dihukum oleh Allah. Sifat-sifat bagaimanakah yang diberkati Tuhan? (Banding sifat jelek pada pasal 2Taw 36:11-16).

III. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan hanya dapat diperoleh apabila berada di pihak Allah.

  2. Allah tidak segan untuk melimpahkan berkat-berkatnya kepada orang yang percaya dan tulus hati.

  3. Pertolongan yang sejati hanya ada pada Allah yang adalah sumber kekuasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi dari kitab I-II Tawarikh?
  2. Sebutkanlah pelajaran rohani yang saudara terima setelah pelajaran ini.

Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Sejarah kerohanian bangsa Israel TENTANG APA I TAWARIKH? I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-9

Sejarah kerohanian bangsa Israel

TENTANG APA I TAWARIKH?
I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-961 SM). Pasal-pasal pembukaan (1Ta 1-9) merupakan ringkasan tentang sejarah mula-mula bangsa Israel dengan menuliskan silsilah keturunan yang dimulai dari Adam dan seterusnya. Kitab ini secara singkat juga menyebutkan kejatuhan Saul dan kenaikan Salomo. Tetapi, sisanya melulu bercerita mengenai Daud.

BAGAIMANA CARA PENULISAN I TAWARIKH?
I Tawarikh tidak ditulis oleh seorang penulis, tetapi oleh seorang penyusun tulisan yang dengan pandainya menggabungkan sejumlah tulisan yang terdahulu (lihat 1Ta 9:1; 29:29,30) untuk dijadikan suatu kesatuan sejarah. Tradisi Yahudi menegaskan bahwa si penyusun itu ialah Ezra.
Kitab ini merupakan bagian dari suatu karya yang terdiri dari empat jilid, yang termasuk didalamnya 2 Tawarikh, Ezra dan Nehemia.
Ada beberapa usul mengenai masa penyusunan kitab itu. Jika Ezra dianggap sebagai penyunting, maka kitab itu boleh jadi disusun dalam abad keempat sebelum Masehi.

MENGAPA I TAWARIKH DITULIS?
Kisah sejarah yang terdapat dalam I Tawarikh ditulis dengan suatu tujuan tertentu; tidak hanya mencatat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengemukakan arti dari apa yang terjadi. 1 Tawarikh merupakan kitab sejarah yang ditulis menurut pandangan Tuhan. Kitab ini ditulis pada waktu umat Allah hidup dalam lingkungan yang bersiifat sangat duniawi. Negeri mereka telah hancur karena perang, akibatnya banyak dari mereka yang runtuh imannya. Mereka tidak lagi dapat melihat campur tangan Allah dalam masalah-masalah mereka atau percaya bahwa Dia adalah Allah yang menepati apa yang telah dijanjikannya. I Tawarikh menjelaskan mengapa peristiwa sejarah berjalan sedemikian rupa dan mengapa masih mungkin menekuni iman.

APAKAH 1 TAWARIKH DAPAT DIPERCAYA?
Si penyusun seakan-akan memilih peristiwa sejarah untuk membuktikan argumentasinya, dan sebagai akibatnya banyak fakta sejarah bangsa Israel yang terlewatkan dan gambaran sejarah yang disusunnya agak berbeda dengan yang ditemukan dalam Samuel atau Raja-raja. Dari kisah-kisah yang dihilangkan terdapat kisah Elia dan peristiwa-peristiwa yang kurang berkenan dalam kehidupan Daud. Walaupun demikian, tidak dapat dikatakan bahwa I Tawarikh tidak akurat. Si penyusun tidak mengada-ada, ia semata-mata memakai apa yang ada untuk menarik pelajaran tertentu untuk masa itu. Sejarah masih ditulis dengan cara seperti itu. Sebenarnya, sukar untuk menulis sejarah tanpa memilih fakta yang dapat dibuktikan. dan itulah yang dilakukan oleh si Penyusun.

Pesan

I Tawarikh semata-mata berisi tentang hubungan bangsa Israel dengan Allah. Kitab itu menekankan hal-hal berikut:

1. Perlunya beribadah
o Ibadah seharusnya dilaksanakan dengan:
o Penuh suka cita. Penyampaian rasa terima kasih kepada Allah banyak kita jumpai dalam kitab ini. 1Ta 13:8; 15:16; 16:4-36; 29:22
o Diwarnai dengan musik. Musik ditambahkan ke dalam suka cita dan pujian. 1Ta 13:8; 15:16,28; 25:3,6,7
o Benar. Mereka tidak terbawa arus suka cita dan tidak menyembah Allah semau mereka sendiri. Ibadah mereka dilakukan sesuai dengan hukum Allah. 1Ta 15:2,12-15; 16:1,40; 23:31; 24:19
o Murni. Baik penyucian maupun pengakuan dosa amat penting supaya ibadah kita menyenangkan hati Tuhan. 1Ta 15:12-15; 23:28
o Kerendahan hati. Doa-doa Daud menekankan betapa murahnya Allah dan tidak layaknya kita untuk menerima kemurahan-Nya. Daud merasa ia tidak layak di hadapan Allah. 1Ta 16:29,30; 17:16-27; 29:10-19

2. Perlunya ketaatan
o Saul digulingkan karena ketidaktaatan. 1Ta 10:13,14; 1Sa 28:3-25
o Uza dibunuh karena ketidaktaatan. 1Ta 13:9,10; 15:2
o Daud diberkati karena keinginan untuk mencari kehendak Allah dan menaatinya. 1Ta 14:2; 14:10,14; 17:1-27; 22:13

3. Perlunya percaya
Allah dapat dipercaya karena:
o Janji-janji-Nya menjadi kenyataan. 1Ta 11:2,3; 12:23; 17:26; 27:23
o Ia menentukan hasil peperangan. 1Ta 14:10-17; 18:13; 19:13
o Ia mengendalikan hari depan. 1Ta 17:9-14

4. Perlunya pelayanan
o yang terbaik bagi Allah 1Ta 13:7; 22:5
o yang menjadikan waspada terhadap godaan. 1Ta 21:1
o yang penuh pengorbanan. 1Ta 21:24
o yang sepenuh hati. 1Ta 28:9
o yang penuh keikhlasan 1Ta 28:9

Penerapan

1. Pesan untuk Gereja
o Ibadah harus merupakan:
- suatu upacara yang menyenangkan.
- pernyataan terima kasih yang diwarnai dengan musik.
- perayaan yang penuh hormat.
- pemujaan dengan penuh kerendahan hati.
o Pelayanan harus:
- dengan motivasi yang benar.
- dengan roh yang benar.
- tidak dengan sikap acuh tak acuh.
- yang terbaik bagi Allah.
o Pembangunan harus:
- mencerminkan kebesaran Allah.
- tidak membatasi visi kita tentang Allah.

2. Pesan bagi orang Kristen
o Percaya kepada Allah dengan sepenuh hati.
o Taatilah Allah dengan sungguh-sungguh.
o Layanilah Allah dengan penuh suka cita.

3. Pesan bagi orang yang belum percaya
o Allah bekerja di balik semua yang terjadi di dunia ini.
o Allah tidak boleh dipandang enteng.
o Tidak boleh berlaku jahat terhadap umat Allah.

Tema-tema Kunci

1. Apa yang dapat kita pelajari tentang doa
Pelajarilah doa-doa Daud (1Ta 16:8-36; 17:16-27; 29:10-19). Dengan cara bagaimana doa-doa Daud itu memberikan kepada kita suatu pola bagi doa-doa kita sendiri?

2. Apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan
Mudah saja untuk menghilangkan daftar nama-nama yang ada, tetapi dengan berbuat demikian berarti kita akan kehilangan beberapa fakta penting. Lihatlah beberapa daftar nama itu (misalnya 1Ta 12:23-37; 25:1-8) dan catatlah apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan Kristen melalui cara orang-orang ini melayani Daud.

3. Apa yang dapat kita pelajari tentang kegagalan
Dosa Daud dengan mengadakan sensus menunjukkan kepada kita bahwa kita harus selalu waspada godaan. Pelajarilah insiden itu (1Ta 21:1-22) dan lihatlah bagaimana Daud telah melakukan suatu kesalahan; bagaimana Daud menanggung segala akibatnya; pelajaran apa yang didapat oleh Daud, dan apa reaksinya, serta bagaimana pada akhirnya segala sesuatu berjalan dengan baik.

4. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pembangunan
Orang Kristen dewasa ini sangat menekankan masalah pembangunan. Pelajarilah penolakan Allah untuk mengizinkan Daud membangun Rumah Tuhan (1Ta 17:3-15) dan persiapan yang dilakukan oleh Daud untuk Rumah Tuhan (1Ta 22:2-19). Sebutkan bahaya yang menyangkut pembangunan dan prinsip-prinsip apa yang dapat diungkapkan dari masalah itu?

5. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pemilihan
Tema utama dari 1 Tawarikh ialah bahwa Allah memilih Daud dan keluarganya untuk memerintah Israel di Yerusalem (1Ta 16:13; 28:4-6,10; 29:1). Mengapa fakta ini ditekankan di sini, dan apa tujuan praktis dari doktrin mengenai pemilihan?

6. Apa yang dapat kita pelajari mengenai memberi
Prinsip apa yang diajarkan berkenaan dengan memberi bagi pekerjaan Allah (1Ta 29:3-5)? Telusurilah pengajaran dalam Perjanjian Baru (1Ko 16:1,2; 2Korintus 8 dan 2Ko 9) dan tulislah prinsip-prinsip lain yang Anda temukan disitu.

Garis Besar Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44 1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub 1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda 1Ta 4:24-43Keturunan Si

[1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44

1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub
1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda
1Ta 4:24-43Keturunan Simeon
1Ta 5:1-10Keturunan Ruben
1Ta 5:11-22Keturunan Gad
1Ta 5:23-26Pemimpin-pemimpin suku Manasye yang berdosa
1Ta 6:1-53Keturuan Lewi
1Ta 6:54-81Kota-kota bangsa Lewi
1Ta 7:1-5Keturuan Isakhar
1Ta 7:6-12Keturunan Benyamin
1Ta 7:13Keturunan Naftali
1Ta 7:14-19Keturunan Manasye
1Ta 7:20-29Keturunan Efraim
1Ta 7:30-40Keturunan Asher
1Ta 8:1-40Keturunan Benyamin
1Ta 9:1-44Penduduk pertama Yerusalem sesudah pembuangan

[2] SEJARAH PEMERINTAHAN DAUD 1Ta 10:1-29:30

1Ta 10:1-14Hari-hari terakhir Saul
1Ta 11:1-3Daud menjadi raja
1Ta 11:4-9Daud menduduki Yerusalem
1Ta 11:10-47Pejuang-pejuang Daud yang gagah perkasa
1Ta 12:1-22Pendukung-pendukung Daud di Ziklag
1Ta 12:23-40Pasukan Daud di Hebron
1Ta 13:1-14Usaha yang gagal untuk memindahkan Tabut Perjanjian ke Yerusalem
1Ta 14:1-17Daud-raja seluruh Israel
1Ta 15:1-29Tabut perjanjian dibawa ke Yerusalem
1Ta 16:1-43Rasa syukur di Yerusalem
1Ta 17:1-27Permohonan Daud untuk membangun Rumah Tuhan ditolak
1Ta 18:1-20:8Kemenangan-kemenangan pasukan Daud
1Ta 21:1-22:1Daud mengadakan sensus dan hasilnya
1Ta 22:2-23:1Persiapan untuk mendirikan Rumah Tuhan
1Ta 23:2-26:32Daftar orang Lewi
1Ta 27:1-34Daftar pejabat pemerintahan

Kata-kata terakhir Daud:

1Ta 28:1-8kepada para pejabat
1Ta 28:9-21kepada Salomo
1Ta 29:1-9Kepada rakyatnya
1Ta 29:10-19Kepada Allahnya
1Ta 29:20-30Daud meninggal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.56 detik
dipersembahkan oleh YLSA