kecilkan semua  

Teks -- 1 Tawarikh 3:1-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keturunan Daud
3:1 Inilah anak-anak Daud yang lahir bagi dia di Hebron; anak sulung ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anak yang kedua ialah Daniel, dari Abigail, perempuan Karmel; 3:2 anak yang ketiga ialah Absalom, anak Maakha, yakni anak perempuan Talmai, raja Gesur; anak yang keempat ialah Adonia, anak Hagit; 3:3 anak yang kelima ialah Sefaca, dari Abital; anak yang keenam ialah Yitream, dari Egla, isterinya itu. 3:4 Enam orang lahir bagi dia di Hebron, di mana ia memerintah tujuh tahun enam bulan lamanya; dan tiga puluh tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. 3:5 Inilah yang lahir bagi dia di Yerusalem: Simea, Sobab, Natan dan Salomo, empat orang dari Batsyua binti Amiel, 3:6 lalu Yibhar, Elisama, Elifelet, 3:7 Nogah, Nefeg, Yafia, 3:8 Elisama, Elyada dan Elifelet, sembilan orang. 3:9 Semuanya itu anak-anak Daud, belum terhitung anak-anak dari gundik-gundik. Tamar ialah saudara perempuan mereka. 3:10 Keturunan Salomo ialah Rehabeam; anak orang ini ialah Abia; anak orang ini ialah Asa; anak orang ini ialah Yosafat; 3:11 anak orang ini ialah Yoram; anak orang ini ialah Ahazia; anak orang ini ialah Yoas; 3:12 anak orang ini ialah Amazia; anak orang ini ialah Azarya; anak orang ini ialah Yotam; 3:13 anak orang ini ialah Ahas; anak orang ini ialah Hizkia; anak orang ini ialah Manasye; 3:14 anak orang ini ialah Amon; anak orang ini ialah Yosia. 3:15 Anak-anak Yosia: anak sulung ialah Yohanan, anak yang kedua ialah Yoyakim, anak yang ketiga ialah Zedekia dan anak yang keempat ialah Salum. 3:16 Keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu, dan anak orang ini ialah Zedekia. 3:17 Anak-anak Yekhonya, orang kurungan itu, ialah Sealtiel, anaknya, 3:18 lalu Malkhiram, Pedaya, Syenasar, Yekamya, Hosama dan Nedabya. 3:19 Anak-anak Pedaya ialah Zerubabel dan Simei, dan anak-anak Zerubabel ialah Mesulam dan Hananya; Selomit ialah saudara perempuan mereka; 3:20 lalu Hasuba, Ohel, Berekhya, Hasaja dan Yusab-Hesed, lima orang. 3:21 Anak-anak Hananya ialah Pelaca dan Yesaya; anak orang ini ialah Refaya; anak orang ini ialah Arnan; anak orang ini ialah Obaja, dan anak orang ini ialah Sekhanya. 3:22 Anak-anak Sekhanya ialah Semaya, dan anak-anak Semaya ialah Hatus, Yigal, Bariah, Nearya dan Safat, enam orang. 3:23 Anak-anak Nearya ialah Elyoenai, Hizkia, dan Azrikam, tiga orang. 3:24 Anak-anak Elyoenai ialah Hodawya, Elyasib, Pelaya, Akub, Yohanan, Delaya dan Anani, tujuh orang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiam the son and successor of King Rehoboam
 · Abigail the widow of Nabal; wife of David,daughter of Jesse; sister of King David; wife of Ithra/Jether
 · Abigal the widow of Nabal; wife of David,daughter of Jesse; sister of King David; wife of Ithra/Jether
 · Abital a woman; David's wife
 · Absalom the son of David and Maacah
 · Adonia son of David and Haggith,a Levite whom King Jehoshaphat commissioned to teach the law,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Ahas a son of Jotham; listed as an ancestor of Jesus,son and successor of King Jotham of Judah,son of Micah of Benjamin
 · Ahazia son and successor of King Ahab of Israel,youngest son and successor of King Jehoram of Judah
 · Ahinoam a woman; Saul's wife, daughter of Ahimaaz,a woman; David's wife from Jezreel
 · Akub son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah); Akkub I,a Levite who was chief gate keeper under Nehemiah; Akkub II,a chief Temple Servant under Nehemiah; Akkub III,a Levite scribe who helped Ezra explain the law; Akkub IV
 · Amazia son of Joash; king of Judah,a prince of Simeon under Hezekiah,son of Hilkiah (Merari Levi),pagan priest of Bethel under Jeroboam who opposed Amos
 · Amiel a man sent by Moses as a spy,father of Machir who sheltered Mephibosheth after Saul's death,father of Bathshua/Bathsheba, David's wife,a Levite gatekeeper whose descendants returned from exile
 · Amnon son of King David and Ahinoam,the son of Shimon of Judah
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Anani son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David)
 · Arnan son of Rephaiah, a descendant of Hananiah, Zerubbabel and David
 · Asa a son of Abijah; the father of Jehoshaphat; an ancestor of Jesus.,son of Abijam and king of Judah,son of Elkanah; a Levite whose descendants returned from exile
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · Azrikam son of Neariah, the descendent of Solomon,son of Azel of Benjamin,son of Hashabiah (Merari Levi),the commander of the palace under King Ahaz
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Bariah son of Shemaiah, a descendant of Hananiah, Zerubbabel and David
 · Berekhya son of Meshullam; a descendant of Jehoiachin, king of Judah,son of Shimea (Levi); father of Asaph, David's song leader,son of Asa; a Levite who led his clan back from exile,a Levite porter for the ark in David's time,son of Meshillemoth, a man of Ephraim in the time of Pekah 741 BC (YC),son of Meshezabel; father of Meshullam a wall repairman,son of Iddo; father of Zechariah the prophet
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Delaya son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah),chief of a division of priests serving in David's sanctuary,head of a clan of returnees lacking proof of being Israelites,son of Mehetabel; father of Shemaiah who tempted Nehemiah,son of Shemaiah; a prince of Judah under Jehoiakim
 · Egla wife of king David
 · Elisama son of Ammihud of Ephraim; Moses' deputy over Ephraim,Elishama I; son of David,son of David; Elishama II,son of Jekamiah of Judah,grandfather of Ishmael who killed Gedaliah; the father of Nethaniah,a man who was the secretary of King Jehoiakim,a priest whom King Jehoshaphat sent to teach the law in Judah
 · Elyada father of Rezon, king of Damascus in Solomon's time,son of David born in Jerusalem,a Benjamite commander under Jehoshaphat
 · Elyasib chief of a division of priests serving in David's sanctuary,son of Eli-O-Enai, (Hananiah Zerubbabel David),high priest in the days of Nehemiah,a Levite singer who agreed to put away his heathen wife,a layman of the Zattu clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a chief priest; son of Joiakim
 · Gesur a town and nation


Topik/Tema Kamus: Silsilah | Suku | Yakub | Asal Usul | Daud | Salomo | Zerubabel | Yusab-Heseb | Adonai | Yekamya | Simea | Syenasar | Yekhona | Yesaya | Absalom | Yosia | Zedekia | Rehabeam | Daniel /Beltazar | Amnon | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Taw 3:1 - ANAK-ANAK DAUD. Nas : 1Taw 3:1 Penulis memberikan perhatian khusus kepada keturunan Daud. Allah sudah berjanji bahwa dari keturunan Daud Dia akan mendatangkan raja...

Nas : 1Taw 3:1

Penulis memberikan perhatian khusus kepada keturunan Daud. Allah sudah berjanji bahwa dari keturunan Daud Dia akan mendatangkan raja Mesias untuk memerintah umat Allah (lih. 2Sam 7:12-17). Penulis ingin menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Daud sudah dihancurkan, keturunannya masih hidup terus. Jadi, Allah dapat dan akan menggenapi janji-janji-Nya.

Jerusalem: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abra...

Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abraham, dan daftar-daftar keturunan yang disajikan 1Tawarikh berakhir dengan raja Saul. Begitu disiapkan kisah mengenai Daud yang menjadi tokoh utama dalam kitab Tawarikh. baiklah dibandingkan silsilah Yesus yang disajikan Mat 1:1-17; Luk 3:23-38. Si Muwarikh memanfaatkan kitab Pentateukh dalam redaksinya yang terakhir dan lagi kitab-kitab sejarah yang sudah disusun sebelumnya. Ia menambah beberapa berita lain yang kiranya tepat. Berita-berita itu diangkatnya dari sumber-sumber lain yang tersedia baginya. Silsilah-silsilah yang disajikan si Muwarikh kemudian masih dilengkapi oleh orang-orang lain yang berhaluan sama,- Seperti seringkali halnya dengan silsilah-silsilah yang tercantum dalam Alkitab, demikianpun silsilah-silsilah yang tercantum dalam 1Tawarikh ini menunjuk hubungan kekeluargaan yang agak longgar dan bahkan hubungan antar tetangga saja. Nama-nama tempat dapat menjadi nama orang. Baik dalam naskah-naskah Ibrani maupun dalam terjemahan-terjemahan kuno ada banyak perbedaan nama. Tidak semua perbedaan dapat dicatat di sini.

Jerusalem: 1Taw 3:1 - anak-anak Daud Bab 3 ini memuat daftar keturunan Daud yang diteruskan sampai ke zaman sesudah pembuangan. Daftar ini kurang pada tempatnya di tengah-tengah silsilah-...

Bab 3 ini memuat daftar keturunan Daud yang diteruskan sampai ke zaman sesudah pembuangan. Daftar ini kurang pada tempatnya di tengah-tengah silsilah-silsilah suku-suku Israel, bdk bab 2,4,5,6,7,8. Daftar keturunan Daud ini boleh dianggap sebagai lanjutan 1Ta 2:17, tetapi sebaik-baiknya dianggap sisipan saja. Daftar anak-anak Daud yang lahir di Yerusalem, 1Ta 3:5-8, terulang dalam 1Ta 14:3-7.

Jerusalem: 1Taw 3:5 - Batsyua Ini sama dengan Batsyeba, sebagaimana terbaca dalam terjemahan Yunani dan Latin.

Ini sama dengan Batsyeba, sebagaimana terbaca dalam terjemahan Yunani dan Latin.

Jerusalem: 1Taw 3:10-16 - -- Daftar raja-raja Yehuda ini tersusun atas dasar kitab Raja-raja.

Daftar raja-raja Yehuda ini tersusun atas dasar kitab Raja-raja.

Jerusalem: 1Taw 3:15 - Yohanan Dalam beberapa naskah Ibrani tertulis: Yoahas

Dalam beberapa naskah Ibrani tertulis: Yoahas

Jerusalem: 1Taw 3:15 - Salum Orang ini sama dengan Yoahas yang disebut dalam 2Ra 23:30 dst; bdk Yer 22:11.

Orang ini sama dengan Yoahas yang disebut dalam 2Ra 23:30 dst; bdk Yer 22:11.

Jerusalem: 1Taw 3:17-24 - -- Daftar ini agaknya menyajikan keturunan Daud sampai di masa si Muwarikh sendiri.

Daftar ini agaknya menyajikan keturunan Daud sampai di masa si Muwarikh sendiri.

Jerusalem: 1Taw 3:19 - Zerubabel Di lain tempat Zerubabel selalu dikatakan anak Sealtiel dan bukan anak Pedaya, bdk Ezr 3:2; Hag 1:1.

Di lain tempat Zerubabel selalu dikatakan anak Sealtiel dan bukan anak Pedaya, bdk Ezr 3:2; Hag 1:1.

Ende: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pad...

Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pada kaum Levita. Silsilah2 itu untuk sebagian diambil alih dari Kitab Sutji, untuk sebagian di-buat2 sadja, entah oleh si penjusun sendiri, entah oleh orang lain jang mendahuluinja, sehingga si penjusun menjalin sadja. Pada bangsa Jahudi sesudah pembuangan silsilah2 keluarga dan marga dianggap sangat penting. Nama2 jang terdapat dalam daftar2 itu tidak selalu nama2 orang tertentu, melainkan sering-kali djuga nama marga, keluarga, suku, bangsa, daerah atau kota. Kata "anak" atau "bapak","melahirkan" dan "memperanakkan" serta "kawin" tidak selalu mempunjai maknanja jang biasa, tetapi dapat berarti djuga "pendiri", "penguasa", "perebut", "bertjampur dengan suku bangsa atau marga lain" dan sebangsanja. Perlulah tiap2 kali nama2 diperiksa untuk menentukan maknanja jang konkrit. Apa jang dimaksudkan ialah seringkali hubungan2 tertentu, kadang2 hubungan tempat sadja, antara marga2 dan keluarga2 Israil satu sama lain atau dengan suku2 lain, jang lama-kelamaan diisap atau ditaklukkan oleh suku2 Israil. Dan hubungan2 sematjam itu tidak boleh dianggap sebagai selalu tjotjok dengan hasil ilmu bangsa.

Maksudnja si pengarang dengan daftar2 nama ialah: Menggabungkan Dawud dan keturunannja (al-Masih) dengan asal-usul umat Allah dan bangsa manusia seluruhnja. Dalam rentjana Allah Penjelamat semuanja menudju kesitu sebagai pusat dan penjelesaian sedjarah.

Ende: 1Taw 3:17 - Jekonja ialah nama radja Juda, jang dibuang ke Babel oleh Nebukadnezar, dan jang biasanja ditulis: "Jojakin".

ialah nama radja Juda, jang dibuang ke Babel oleh Nebukadnezar, dan jang biasanja ditulis: "Jojakin".

Endetn: 1Taw 3:1 - jang kedua diperbaiki sedikit menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "kedua".

diperbaiki sedikit menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "kedua".

Endetn: 1Taw 3:2 - Absjalom diperbaiki sedikit menurut banjak naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "Bagi Absjalom".

diperbaiki sedikit menurut banjak naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "Bagi Absjalom".

Endetn: 1Taw 3:17 - jang terkurung diperbaiki sedikit. Tertulis: "terkurung". Satu kata (puteranja) ditinggalkan.

diperbaiki sedikit. Tertulis: "terkurung". Satu kata (puteranja) ditinggalkan.

Endetn: 1Taw 3:19 - Putera2 diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani, terdjemahan Syriah dan Junani. Tertulis: "putera".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani, terdjemahan Syriah dan Junani. Tertulis: "putera".

Endetn: 1Taw 3:20 - (Putera2 Mesjulam) ditambahkan menurut kiraan.

ditambahkan menurut kiraan.

Endetn: 1Taw 3:23 - Putera2 diperbaiki. Tertulis: "Putera".

diperbaiki. Tertulis: "Putera".

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:1 - anak-anak Daud // dari Ahinoam // perempuan Yizreel // dari Abigail · anak-anak Daud: 1Taw 14:3; 28:5 · dari Ahinoam: 1Sam 25:43; 1Sam 25:43 · perempuan Yizreel: Yos 15:56; Yos 15:56 · dari ...

· anak-anak Daud: 1Taw 14:3; 28:5

· dari Ahinoam: 1Sam 25:43; [Lihat FULL. 1Sam 25:43]

· perempuan Yizreel: Yos 15:56; [Lihat FULL. Yos 15:56]

· dari Abigail: 1Sam 25:42

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:2 - ialah Adonia · ialah Adonia: 1Raj 2:22

· ialah Adonia: 1Raj 2:22

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:4 - di Hebron // enam bulan · di Hebron: 2Sam 5:4; 2Sam 5:4; 1Taw 29:27 · enam bulan: 2Sam 5:5; 2Sam 5:5

· di Hebron: 2Sam 5:4; [Lihat FULL. 2Sam 5:4]; 1Taw 29:27

· enam bulan: 2Sam 5:5; [Lihat FULL. 2Sam 5:5]

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:5 - dari Batsyua · dari Batsyua: 2Sam 11:3

· dari Batsyua: 2Sam 11:3

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:9 - gundik-gundik. Tamar // ialah saudara · gundik-gundik. Tamar: 2Sam 13:1; 2Sam 13:1 · ialah saudara: 1Taw 14:4

· gundik-gundik. Tamar: 2Sam 13:1; [Lihat FULL. 2Sam 13:1]

· ialah saudara: 1Taw 14:4

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:10 - ialah Rehabeam // ialah Abia // ialah Asa // ialah Yosafat · ialah Rehabeam: 1Raj 14:21-31; 2Taw 12:16 · ialah Abia: 1Raj 15:1-8; 2Taw 13:1 · ialah Asa: 1Raj 15:9-24 · ialah Yosafat...

· ialah Rehabeam: 1Raj 14:21-31; 2Taw 12:16

· ialah Abia: 1Raj 15:1-8; 2Taw 13:1

· ialah Asa: 1Raj 15:9-24

· ialah Yosafat: 2Taw 17:1-21:3

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:11 - ialah Yoram // ialah Ahazia // ialah Yoas · ialah Yoram: 2Raj 8:16-24; 2Taw 21:1 · ialah Ahazia: 2Raj 8:25-10:14; 2Taw 22:1-10 · ialah Yoas: 2Raj 11:1-12:21; 2Taw 22:11-24...

· ialah Yoram: 2Raj 8:16-24; 2Taw 21:1

· ialah Ahazia: 2Raj 8:25-10:14; 2Taw 22:1-10

· ialah Yoas: 2Raj 11:1-12:21; 2Taw 22:11-24:27

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:12 - ialah Amazia // ialah Azarya // ialah Yotam · ialah Amazia: 2Raj 14:1-22; 2Taw 25:1-28 · ialah Azarya: 2Raj 15:1-7; 2Taw 26:1-23 · ialah Yotam: 2Raj 15:32-38; 2Taw 27:1; Yes...

· ialah Amazia: 2Raj 14:1-22; 2Taw 25:1-28

· ialah Azarya: 2Raj 15:1-7; 2Taw 26:1-23

· ialah Yotam: 2Raj 15:32-38; 2Taw 27:1; Yes 1:1; Hos 1:1; Mi 1:1

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:13 - ialah Ahas // ialah Hizkia // ialah Manasye · ialah Ahas: 2Raj 16:1-20; 2Taw 28:1; Yes 7:1 · ialah Hizkia: 2Raj 18:1-20:21; 2Taw 29:1; Yes 1:1; Yer 26:19; Hos 1:1; Mi 1:1 · ...

· ialah Ahas: 2Raj 16:1-20; 2Taw 28:1; Yes 7:1

· ialah Hizkia: 2Raj 18:1-20:21; 2Taw 29:1; Yes 1:1; Yer 26:19; Hos 1:1; Mi 1:1

· ialah Manasye: 2Raj 21:1-18; 2Taw 33:1

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:14 - ialah Amon // ialah Yosia · ialah Amon: 2Raj 21:19-26; 2Taw 33:21; Zef 1:1 · ialah Yosia: 2Raj 22:1; 2Taw 34:1; Yer 1:2; 3:6; 25:3

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:15 - ialah Yoyakim // ialah Zedekia // ialah Salum · ialah Yoyakim: 2Raj 23:34; 2Raj 23:34 · ialah Zedekia: Yer 37:1 · ialah Salum: 2Raj 23:31; 2Raj 23:31

· ialah Yoyakim: 2Raj 23:34; [Lihat FULL. 2Raj 23:34]

· ialah Zedekia: Yer 37:1

· ialah Salum: 2Raj 23:31; [Lihat FULL. 2Raj 23:31]

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:16 - ialah Yekhonya // ialah Zedekia · ialah Yekhonya: 2Raj 24:6,8; 2Raj 24:6; 2Raj 24:8 · ialah Zedekia: 2Raj 24:18; 2Raj 24:18

· ialah Yekhonya: 2Raj 24:6,8; [Lihat FULL. 2Raj 24:6]; [Lihat FULL. 2Raj 24:8]

· ialah Zedekia: 2Raj 24:18; [Lihat FULL. 2Raj 24:18]

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:17 - ialah Sealtiel · ialah Sealtiel: Ezr 3:2

· ialah Sealtiel: Ezr 3:2

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:18 - Pedaya, Syenasar // dan Nedabya · Pedaya, Syenasar: Ezr 1:8; 5:14 · dan Nedabya: Yer 22:30

· Pedaya, Syenasar: Ezr 1:8; 5:14

· dan Nedabya: Yer 22:30

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:19 - ialah Zerubabel · ialah Zerubabel: Ezr 2:2; 3:2; 5:2; Neh 7:7; 12:1; Hag 1:1; 2:3; Za 4:6

Ref. Silang FULL: 1Taw 3:22 - ialah Hatus · ialah Hatus: Ezr 8:2-3

· ialah Hatus: Ezr 8:2-3

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Taw 2:1--4:23 - -- B. Yehuda (2:1-4:23) Negeri yang ditempati oleh orang-orang Yahudi yang kembali dari pembuangan sebagian besar merupakan wilayah Yehuda dan Benyamin....

B. Yehuda (2:1-4:23)

Negeri yang ditempati oleh orang-orang Yahudi yang kembali dari pembuangan sebagian besar merupakan wilayah Yehuda dan Benyamin. Lagi pula, orang Yahudi yang kembali pada zaman Ezra pada umumnya juga terdiri dari bekas penduduk kerajaan Yehuda (Ezr. 1:5; 10:9). Oleh karena itu, dalam usahanya untuk mempertahankan kemurnian bangsa, penulis Tawarikh sangat menekankan Yehuda (sebagian besar ps. 2-4) dan Benyamin (sebagian besar ps. 7-9). Yehudalah yang terUtama penting (Ezr. 4:4, 6) yang darinya berasal nama "Yahudi."

Wycliffe: 1Taw 3:1-24 - -- 2) Keluarga Daud (3:1-24). Pasal ini menelusuri keturunan kerajaan Yehuda yang berasal dari Daud, pendiri keturunan tersebut, hingga sekitar tahun 50...

2) Keluarga Daud (3:1-24).

Pasal ini menelusuri keturunan kerajaan Yehuda yang berasal dari Daud, pendiri keturunan tersebut, hingga sekitar tahun 500 sM. Di bawah pemerintahan orang Persia, masyarakat Yahudi tidak diizinkan untuk memiliki seorang raja, dan memang telah dinubuatkan bahwa tidak akan ada lagi keturunan yang murni dari Daud yang akan menduduki takhta Israel (Yer. 22:30). Sekalipun demikian, perhatian masyarakat Yahudi pasca pembuangan tetap terpusat pada keluarga ini. Sebab keturunan Daud bukan hanya melahirkan para pemimpin sipil (Za. 12:7, 8), termasuk Zerubabel gubernur masa pemulihan awal, tetapi melalui keluarga inilah akan muncul puncak harapan Israel. Orang Yahudi menantikan Putra Daud yang lebih besar, seorang manusia, tetapi bukan sekadar manusia, "orang yang paling karib" kepada Allah (Za. 13:7). Melalui Mesias ini, yaitu Tuhan yang mereka tikam (Za. 12:10), akan datang penebusan (Za. 13:1) dan kerajaan Allah di bumi (Za. 4:9).

Wycliffe: 1Taw 3:1 - Yang kedua ialah Daniel 1. Yang kedua ialah Daniel. Daniel anak kedua ini dikenal sebagai Kileab di II Samuel 3:3.

1. Yang kedua ialah Daniel. Daniel anak kedua ini dikenal sebagai Kileab di II Samuel 3:3.

Wycliffe: 1Taw 3:5 - Batsyua 5. Batsyua di bagian lain juga disebut sebagai Batsyeba. Daftar keturunan ini juga muncul dengan sedikit perbedaan di 14:4-7 dan di II Samuel 5:14-16....

5. Batsyua di bagian lain juga disebut sebagai Batsyeba. Daftar keturunan ini juga muncul dengan sedikit perbedaan di 14:4-7 dan di II Samuel 5:14-16. Adalah Salomo yang telah dipilih Allah untuk menggantikan Daud (22:9) dan bukan salah satu putra Daud yang lebih tua, yang tiga di antaranya telah mati terbunuh dalam pertikaian keluarga.

Wycliffe: 1Taw 3:6 - Elisama . . . dan Elifelet 6. Elisama . . . dan Elifelet. Lebih tepat lagi untuk menerjemahkan nama mereka sebagai Elisua dan Elpelet (seperti di 14:5); mereka tentu tidak akan ...

6. Elisama . . . dan Elifelet. Lebih tepat lagi untuk menerjemahkan nama mereka sebagai Elisua dan Elpelet (seperti di 14:5); mereka tentu tidak akan mempunyai nama yang sama dengan saudara mereka yang disebutkan di ayat 8.

Wycliffe: 1Taw 3:9 - Tamar ... saudara perempuan mereka 9. Tamar ... saudara perempuan mereka. Lihat II Samuel 13 tentang kisah pemerkosaan dirinya oleh Amnon yang kemudian dibalaskan oleh kakaknya Absalom.

9. Tamar ... saudara perempuan mereka. Lihat II Samuel 13 tentang kisah pemerkosaan dirinya oleh Amnon yang kemudian dibalaskan oleh kakaknya Absalom.

Wycliffe: 1Taw 3:10 - Abia 10. Abia. Di bagian lain namanya disebut Abiya.

10. Abia. Di bagian lain namanya disebut Abiya.

Wycliffe: 1Taw 3:15 - Salum 15. Salum juga disebut Yoahas (II Raj. 23; II Taw. 36; bdg. Yer. 22:11). Sesungguhnya, dia lebih tua usianya daripada Zedekia (II Raj. 24:18), tetapi ...

15. Salum juga disebut Yoahas (II Raj. 23; II Taw. 36; bdg. Yer. 22:11). Sesungguhnya, dia lebih tua usianya daripada Zedekia (II Raj. 24:18), tetapi masa pemerintahannya lebih pendek.

Wycliffe: 1Taw 3:16 - Yekhonya // Zedekia // anaknya 16. Yekhonya juga dinamakan Konya (Yer. 22:24, 28; 37:1) dan Yoyakhin (II Raj. 24; II Taw. 36). Zedekia adalah anaknya hanya dalam pemakaian kata anak...

16. Yekhonya juga dinamakan Konya (Yer. 22:24, 28; 37:1) dan Yoyakhin (II Raj. 24; II Taw. 36). Zedekia adalah anaknya hanya dalam pemakaian kata anak untuk arti "pengganti" atau "kerabat." Sesungguhnya, Yekhonya adalah paman Zedekia.

Wycliffe: 1Taw 3:17 - Orang kurungan // Sealtiel 17. Orang kurungan (assir dalam KJV/AV). Yang lebih tepat ialah tawanan. Sealtiel pastilah hanya seorang anak angkat atau adopsi saja, sebab menurut L...

17. Orang kurungan (assir dalam KJV/AV). Yang lebih tepat ialah tawanan. Sealtiel pastilah hanya seorang anak angkat atau adopsi saja, sebab menurut Lukas 3:27 ayahnya yang sesungguhnya adalah seorang yang bernama Neri.

Wycliffe: 1Taw 3:19 - Zerubabel 19. Zerubabel sering kali dianggap sebagai putra saudara-saudara lelaki Pedaya, yakni Sealtiel (lih. Hag. 1:1, 12; Ezr. 3:2; Mat. 1:12; Luk. 3:27), mu...

19. Zerubabel sering kali dianggap sebagai putra saudara-saudara lelaki Pedaya, yakni Sealtiel (lih. Hag. 1:1, 12; Ezr. 3:2; Mat. 1:12; Luk. 3:27), mungkin melalui kebiasaan levirat jika diperkirakan bahwa Sealtiel meninggal tanpa mempunyai keturunan (bdg. Ul. 25:5-10). Zerubabel merupakan pemimpin orang-orang Yahudi waktu kembali ke Palestina sesudah pembuangan pada tahun 538 sM (Ezr. 2:2; 3:2).

Wycliffe: 1Taw 3:21 - Refaya ... Arnan ... Obaja ... Sekhanya 21. Refaya ... Arnan ... Obaja ... Sekhanya. Hubungan yang sebenarnya dari keempat orang ini tidak jelas. Jika mereka bersaudara, angkatan kelima akan...

21. Refaya ... Arnan ... Obaja ... Sekhanya. Hubungan yang sebenarnya dari keempat orang ini tidak jelas. Jika mereka bersaudara, angkatan kelima akan membawa keturunan itu ke sekitar tahun 500 sM, beberapa saat sebelum Ezra dan penyusunan Kitab Tawarikh. Keterangan yang lebih jelas lihat pendahuluan, tanggal penulisan dan penulisnya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Taw 3:1-24 - Rencana yang istimewa. (Kamis, 24 Januari 2002) Rencana yang istimewa. Menyambung silsilah Ram (ayat 2:10-17), penulis Tawarikh melanjutkan dengan anak-anak Daud: yang lahir di Hebron dan Y...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Sejarah "Penebusan" Israel Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Sejarah yang tercatat dalam ...

Full Life: 1 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan (1Taw 1:1-9:44) A. Adam Sampai Abraham (1Taw ...

Jerusalem: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 TAWARIKH (untuk I & II Tawarikh) Judul. Di dalam Alkitab Ibrani, Kitab Tawarikh berjudul dibrê hãy-yamîm, "...

Wycliffe: 1 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 1 TAWARIKH I. Daftar Keturunan (1:1-9:44) A. Para Leluhur (1:1-54) B. Yehuda (2:1-4:23) 1....

BIS: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) I TAWARIKH PENGANTAR Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tet

I TAWARIKH

PENGANTAR

Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tetapi di dalam buku Tawarikh kejadian-kejadian itu diceritakan dari segi pandangan lain. Sejarah kerajaan Israel dalam buku Tawarikh ditulis dengan dua maksud utama:

  1. 1. Untuk menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, namun Allah masih memegang janji-Nya kepada bangsa itu, dan melaksanakan rencana-Nya untuk umat-Nya melalui orang-orang yang tinggal di Yehuda. Penulis yakin mengenai hal itu karena ia ingat akan hal-hal besar yang telah dicapai oleh Daud dan Salomo, serta pembaruan-pembaruan yang diusahakan oleh Yosafat, Hizkia dan Yosia. Juga karena masih ada orang-orang yang tetap setia menyembah Allah.
  2. 2. Untuk menguraikan asal mula upacara ibadat di Rumah TUHAN di Yerusalem, terutama mengenai susunan jabatan imam dan orang-orang Lewi yang bertugas dalam upacara-upacara ibadat itu. Sekalipun Rumah TUHAN di Yerusalem itu dibangun oleh Salomo, namun di dalam buku Tawarikh ini Daud dikemukakan sebagai pendiri yang sesungguhnya dari Rumah TUHAN itu dan upacara-upacara ibadatnya.

Isi

  1.  Silsilah dan nama-nama
    1Taw 1:1-9:44
  2.  Wafatnya Saul
    1Taw 10:1-14
  3.  Pemerintahan Daud
    1Taw 11:1-29:30
    1. a. Kesukaran-kesukaran yang dialaminya dan hal-hal yang dicapainya
      1Taw 11:1-22:1
    2. b. Persiapan untuk pembangunan Rumah TUHAN
      1Taw 22:2-29:30

Ajaran: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Kitab I-II Tawarikh kemungkinan besar ditulis oleh Ezra.

Isi Kitab: Kitab I Tawarikh terdiri dari 29 pasal. Kitab II Tawarikh terdiri dari 36 pasal. Isi dari kedua Kitab ini khususnya ialah daftar nama- nama atau silsilah bangsa Israel, dan pengulangan sejarah kerajaan Daud. Namun untuk mengerti lebih jelas akan isi Kitab ini, lihatlah uraian berikut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (1Taw 1:1-9:44).

    Daftar silsilah bangsa Israel

    Bagian ini menjelaskan daftar silsilah-silsilah.

    1. Daftar silsilah Adam sampai kepada Abraham dan sampa kepada Esau. 1Taw 1:1-54.
    2. Daftar silsilah keturunan Yehuda. 1Taw 2:1-3:24.
    3. Daftar keturunan Simeon, Lewi, dan Benyamin. 1Taw 4:1-8:28.
    4. Daftar silsilah Saul. 1Taw 8:29-40.
    5. Daftar penduduk Yerusalem sesudah peperangan bangs Israel di Babel. 1Taw 9:1-44.
  2. Pasal 10-29 (1Taw 10:1-29:30).

    Riwayat Daud dan kerajaannya.

    Isi pasal-pasal ini diawali dengan riwayat kematian raja Saul, yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat raja Daud. Pada akhir pemerintahannya raja Daud memberi amanat kepada Salomo, anaknya, untuk membangun Bait Allah bagi umat Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Taw 10:13-14. Apakah sebabnya raja Saul dihukum oleh Allah? Hal ini berarti apa bagi kita sekarang?
    2. Bacalah pasal 1Taw 11:1-3. Apakah tugas Daud menurut ayat-ayat ini?
    3. Bacalah pasal 1Taw 28:1-11. Apakah amanat pertama Daud kepada Salomo? (1Taw 28:9). Dan apakah amanat yang kedua? Bagaimanaka amanat-amanat ini diterapkan dalam hidup saudara?
    4. Bagaimanakah pemerintahan raja Salomo? (1Taw 29:20-25).

II. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (2Taw 1:1-9:31).

    Riwayat tentang Salomo dan kerajaannya Pasal-pasal ini menjelaskan bagaimana setelah Salomo diresmikan menjadi raja bangsa Israel, dia mulai membangun Rumah Tuhan sebagaimana dipesan oleh Daud, kemudian Salomo mentahbiskan Rumah Tuhan yang telah didirikannya itu, dengan memberikan kurban persembahan yang berkenan kepada Tuhan. Dalam pemerintahan Salomo yang berkenan kepada Tuhan itu, dia menerima berkat kebesaran dan kemuliaan-Nya, akhir pasal 9; 2Taw 9:1-31 menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Taw 1:7-13. Apakah isi permintaan Salomo kepada Tuhan? Dan apakah yang diterimanya? Bagaimana dengan isi permohonan doa kita pada Tuhan?
    2. Kejayaan kerajaan Salomo disebabkan karena hikmat yan ada padanya. Dari manakah datangnya hikmat Salomo? (2Taw 9:22). Apakah saudara mempunyai hikmat dari Allah?
  2. Pasal 10-36 (2Taw 10:1-36:23).

    Riwayat tentang raja-raja dalam kerajaan Yehuda Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja-raja kerajaan Yehuda yang kebanyakan dari mereka tidak mengindahkan Firman Tuhan. Akhirnya kerajaan Yehuda runtuh.

    Pendalaman

    Kebanyakan dari raja-raja kerajaan Yehuda setelah Salomo bersifat seperti yang terdapat dalam pasal 2Taw 36:11-16. Itulah sebabnya mereka dihukum oleh Allah. Sifat-sifat bagaimanakah yang diberkati Tuhan? (Banding sifat jelek pada pasal 2Taw 36:11-16).

III. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan hanya dapat diperoleh apabila berada di pihak Allah.

  2. Allah tidak segan untuk melimpahkan berkat-berkatnya kepada orang yang percaya dan tulus hati.

  3. Pertolongan yang sejati hanya ada pada Allah yang adalah sumber kekuasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi dari kitab I-II Tawarikh?
  2. Sebutkanlah pelajaran rohani yang saudara terima setelah pelajaran ini.

Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Sejarah kerohanian bangsa Israel TENTANG APA I TAWARIKH? I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-9

Sejarah kerohanian bangsa Israel

TENTANG APA I TAWARIKH?
I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-961 SM). Pasal-pasal pembukaan (1Ta 1-9) merupakan ringkasan tentang sejarah mula-mula bangsa Israel dengan menuliskan silsilah keturunan yang dimulai dari Adam dan seterusnya. Kitab ini secara singkat juga menyebutkan kejatuhan Saul dan kenaikan Salomo. Tetapi, sisanya melulu bercerita mengenai Daud.

BAGAIMANA CARA PENULISAN I TAWARIKH?
I Tawarikh tidak ditulis oleh seorang penulis, tetapi oleh seorang penyusun tulisan yang dengan pandainya menggabungkan sejumlah tulisan yang terdahulu (lihat 1Ta 9:1; 29:29,30) untuk dijadikan suatu kesatuan sejarah. Tradisi Yahudi menegaskan bahwa si penyusun itu ialah Ezra.
Kitab ini merupakan bagian dari suatu karya yang terdiri dari empat jilid, yang termasuk didalamnya 2 Tawarikh, Ezra dan Nehemia.
Ada beberapa usul mengenai masa penyusunan kitab itu. Jika Ezra dianggap sebagai penyunting, maka kitab itu boleh jadi disusun dalam abad keempat sebelum Masehi.

MENGAPA I TAWARIKH DITULIS?
Kisah sejarah yang terdapat dalam I Tawarikh ditulis dengan suatu tujuan tertentu; tidak hanya mencatat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengemukakan arti dari apa yang terjadi. 1 Tawarikh merupakan kitab sejarah yang ditulis menurut pandangan Tuhan. Kitab ini ditulis pada waktu umat Allah hidup dalam lingkungan yang bersiifat sangat duniawi. Negeri mereka telah hancur karena perang, akibatnya banyak dari mereka yang runtuh imannya. Mereka tidak lagi dapat melihat campur tangan Allah dalam masalah-masalah mereka atau percaya bahwa Dia adalah Allah yang menepati apa yang telah dijanjikannya. I Tawarikh menjelaskan mengapa peristiwa sejarah berjalan sedemikian rupa dan mengapa masih mungkin menekuni iman.

APAKAH 1 TAWARIKH DAPAT DIPERCAYA?
Si penyusun seakan-akan memilih peristiwa sejarah untuk membuktikan argumentasinya, dan sebagai akibatnya banyak fakta sejarah bangsa Israel yang terlewatkan dan gambaran sejarah yang disusunnya agak berbeda dengan yang ditemukan dalam Samuel atau Raja-raja. Dari kisah-kisah yang dihilangkan terdapat kisah Elia dan peristiwa-peristiwa yang kurang berkenan dalam kehidupan Daud. Walaupun demikian, tidak dapat dikatakan bahwa I Tawarikh tidak akurat. Si penyusun tidak mengada-ada, ia semata-mata memakai apa yang ada untuk menarik pelajaran tertentu untuk masa itu. Sejarah masih ditulis dengan cara seperti itu. Sebenarnya, sukar untuk menulis sejarah tanpa memilih fakta yang dapat dibuktikan. dan itulah yang dilakukan oleh si Penyusun.

Pesan

I Tawarikh semata-mata berisi tentang hubungan bangsa Israel dengan Allah. Kitab itu menekankan hal-hal berikut:

1. Perlunya beribadah
o Ibadah seharusnya dilaksanakan dengan:
o Penuh suka cita. Penyampaian rasa terima kasih kepada Allah banyak kita jumpai dalam kitab ini. 1Ta 13:8; 15:16; 16:4-36; 29:22
o Diwarnai dengan musik. Musik ditambahkan ke dalam suka cita dan pujian. 1Ta 13:8; 15:16,28; 25:3,6,7
o Benar. Mereka tidak terbawa arus suka cita dan tidak menyembah Allah semau mereka sendiri. Ibadah mereka dilakukan sesuai dengan hukum Allah. 1Ta 15:2,12-15; 16:1,40; 23:31; 24:19
o Murni. Baik penyucian maupun pengakuan dosa amat penting supaya ibadah kita menyenangkan hati Tuhan. 1Ta 15:12-15; 23:28
o Kerendahan hati. Doa-doa Daud menekankan betapa murahnya Allah dan tidak layaknya kita untuk menerima kemurahan-Nya. Daud merasa ia tidak layak di hadapan Allah. 1Ta 16:29,30; 17:16-27; 29:10-19

2. Perlunya ketaatan
o Saul digulingkan karena ketidaktaatan. 1Ta 10:13,14; 1Sa 28:3-25
o Uza dibunuh karena ketidaktaatan. 1Ta 13:9,10; 15:2
o Daud diberkati karena keinginan untuk mencari kehendak Allah dan menaatinya. 1Ta 14:2; 14:10,14; 17:1-27; 22:13

3. Perlunya percaya
Allah dapat dipercaya karena:
o Janji-janji-Nya menjadi kenyataan. 1Ta 11:2,3; 12:23; 17:26; 27:23
o Ia menentukan hasil peperangan. 1Ta 14:10-17; 18:13; 19:13
o Ia mengendalikan hari depan. 1Ta 17:9-14

4. Perlunya pelayanan
o yang terbaik bagi Allah 1Ta 13:7; 22:5
o yang menjadikan waspada terhadap godaan. 1Ta 21:1
o yang penuh pengorbanan. 1Ta 21:24
o yang sepenuh hati. 1Ta 28:9
o yang penuh keikhlasan 1Ta 28:9

Penerapan

1. Pesan untuk Gereja
o Ibadah harus merupakan:
- suatu upacara yang menyenangkan.
- pernyataan terima kasih yang diwarnai dengan musik.
- perayaan yang penuh hormat.
- pemujaan dengan penuh kerendahan hati.
o Pelayanan harus:
- dengan motivasi yang benar.
- dengan roh yang benar.
- tidak dengan sikap acuh tak acuh.
- yang terbaik bagi Allah.
o Pembangunan harus:
- mencerminkan kebesaran Allah.
- tidak membatasi visi kita tentang Allah.

2. Pesan bagi orang Kristen
o Percaya kepada Allah dengan sepenuh hati.
o Taatilah Allah dengan sungguh-sungguh.
o Layanilah Allah dengan penuh suka cita.

3. Pesan bagi orang yang belum percaya
o Allah bekerja di balik semua yang terjadi di dunia ini.
o Allah tidak boleh dipandang enteng.
o Tidak boleh berlaku jahat terhadap umat Allah.

Tema-tema Kunci

1. Apa yang dapat kita pelajari tentang doa
Pelajarilah doa-doa Daud (1Ta 16:8-36; 17:16-27; 29:10-19). Dengan cara bagaimana doa-doa Daud itu memberikan kepada kita suatu pola bagi doa-doa kita sendiri?

2. Apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan
Mudah saja untuk menghilangkan daftar nama-nama yang ada, tetapi dengan berbuat demikian berarti kita akan kehilangan beberapa fakta penting. Lihatlah beberapa daftar nama itu (misalnya 1Ta 12:23-37; 25:1-8) dan catatlah apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan Kristen melalui cara orang-orang ini melayani Daud.

3. Apa yang dapat kita pelajari tentang kegagalan
Dosa Daud dengan mengadakan sensus menunjukkan kepada kita bahwa kita harus selalu waspada godaan. Pelajarilah insiden itu (1Ta 21:1-22) dan lihatlah bagaimana Daud telah melakukan suatu kesalahan; bagaimana Daud menanggung segala akibatnya; pelajaran apa yang didapat oleh Daud, dan apa reaksinya, serta bagaimana pada akhirnya segala sesuatu berjalan dengan baik.

4. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pembangunan
Orang Kristen dewasa ini sangat menekankan masalah pembangunan. Pelajarilah penolakan Allah untuk mengizinkan Daud membangun Rumah Tuhan (1Ta 17:3-15) dan persiapan yang dilakukan oleh Daud untuk Rumah Tuhan (1Ta 22:2-19). Sebutkan bahaya yang menyangkut pembangunan dan prinsip-prinsip apa yang dapat diungkapkan dari masalah itu?

5. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pemilihan
Tema utama dari 1 Tawarikh ialah bahwa Allah memilih Daud dan keluarganya untuk memerintah Israel di Yerusalem (1Ta 16:13; 28:4-6,10; 29:1). Mengapa fakta ini ditekankan di sini, dan apa tujuan praktis dari doktrin mengenai pemilihan?

6. Apa yang dapat kita pelajari mengenai memberi
Prinsip apa yang diajarkan berkenaan dengan memberi bagi pekerjaan Allah (1Ta 29:3-5)? Telusurilah pengajaran dalam Perjanjian Baru (1Ko 16:1,2; 2Korintus 8 dan 2Ko 9) dan tulislah prinsip-prinsip lain yang Anda temukan disitu.

Garis Besar Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44 1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub 1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda 1Ta 4:24-43Keturunan Si

[1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44

1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub
1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda
1Ta 4:24-43Keturunan Simeon
1Ta 5:1-10Keturunan Ruben
1Ta 5:11-22Keturunan Gad
1Ta 5:23-26Pemimpin-pemimpin suku Manasye yang berdosa
1Ta 6:1-53Keturuan Lewi
1Ta 6:54-81Kota-kota bangsa Lewi
1Ta 7:1-5Keturuan Isakhar
1Ta 7:6-12Keturunan Benyamin
1Ta 7:13Keturunan Naftali
1Ta 7:14-19Keturunan Manasye
1Ta 7:20-29Keturunan Efraim
1Ta 7:30-40Keturunan Asher
1Ta 8:1-40Keturunan Benyamin
1Ta 9:1-44Penduduk pertama Yerusalem sesudah pembuangan

[2] SEJARAH PEMERINTAHAN DAUD 1Ta 10:1-29:30

1Ta 10:1-14Hari-hari terakhir Saul
1Ta 11:1-3Daud menjadi raja
1Ta 11:4-9Daud menduduki Yerusalem
1Ta 11:10-47Pejuang-pejuang Daud yang gagah perkasa
1Ta 12:1-22Pendukung-pendukung Daud di Ziklag
1Ta 12:23-40Pasukan Daud di Hebron
1Ta 13:1-14Usaha yang gagal untuk memindahkan Tabut Perjanjian ke Yerusalem
1Ta 14:1-17Daud-raja seluruh Israel
1Ta 15:1-29Tabut perjanjian dibawa ke Yerusalem
1Ta 16:1-43Rasa syukur di Yerusalem
1Ta 17:1-27Permohonan Daud untuk membangun Rumah Tuhan ditolak
1Ta 18:1-20:8Kemenangan-kemenangan pasukan Daud
1Ta 21:1-22:1Daud mengadakan sensus dan hasilnya
1Ta 22:2-23:1Persiapan untuk mendirikan Rumah Tuhan
1Ta 23:2-26:32Daftar orang Lewi
1Ta 27:1-34Daftar pejabat pemerintahan

Kata-kata terakhir Daud:

1Ta 28:1-8kepada para pejabat
1Ta 28:9-21kepada Salomo
1Ta 29:1-9Kepada rakyatnya
1Ta 29:10-19Kepada Allahnya
1Ta 29:20-30Daud meninggal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.35 detik
dipersembahkan oleh YLSA