Teks -- Kejadian 1:9-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 1:10 - SEMUANYA ITU BAIK.
Nas : Kej 1:10
Tujuh kali Allah menyatakan bahwa apa yang telah diciptakan-Nya itu
"baik" (ayat Kej 1:4,10,12,18,21,25,31). Setiap bagian dari cipt...
Nas : Kej 1:10
Tujuh kali Allah menyatakan bahwa apa yang telah diciptakan-Nya itu "baik" (ayat Kej 1:4,10,12,18,21,25,31). Setiap bagian dari ciptaan Allah secara sempurna memenuhi kehendak dan maksud-Nya. Allah menciptakan dunia ini untuk mencerminkan kemuliaan-Nya dan untuk menjadi tempat di mana umat manusia dapat mengambil bagian dalam sukacita dan hidup-Nya. Perhatikan bagaimana Allah mencipta menurut suatu rencana dan tatanan tertentu:
Full Life: Kej 1:14 - MENJADI TANDA YANG MENUNJUKKAN.
Nas : Kej 1:14
Allah bermaksud agar matahari, bulan, dan bintang-bintang menjadi
tanda yang mengarah kepada-Nya dan juga menandai berlalunya waktu,...
Nas : Kej 1:14
Allah bermaksud agar matahari, bulan, dan bintang-bintang menjadi tanda yang mengarah kepada-Nya dan juga menandai berlalunya waktu, musim, dan tahun. Astrologi telah memutarbalikkan maksud-maksud bagi bintang-bintang ini dengan menganjurkan teori palsu bahwa bintang dan planet mengatur kehidupan manusia.
BIS -> Kej 1:14-15
hari raya agama atau musim.
Jerusalem -> Kej 1:1--2:4; Kej 1:9
Jerusalem: Kej 1:1--2:4 - -- Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-2...
Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-25. Pengarang kisah pertama ini bermaksud mengelompokkan semua makhluk dengan cara yang ditinjau dari segi logika dapat memuaskan dan yang mencakup segala sesuatu yang dijadikan Allah. Dengan berpegangan pada suatu bagan yang rapih tersusun pengarang mengisahkan karya penciptaan dalam rangka satu minggu. Karya Allah berakhir dengan beristirahat, sebagaimana orang beristirahat pada hari Sabat. Semua makhluk mulai berada atas kehendak Allah. Mula-mula diciptakan apa yang rendah martabatnya, lalu yang lain-lain sampai dengan makhluk yang paling mulia, yaitu manusia, gambaran Allah dan raja alam semesta. Kisah penciptaan ini disusun berdasarkan ilmu pengetahuan yang amat primitip. Karenanya tidak berguna sama sekali berusaha menyesuaikan kisah ini dengan ilmu pengetahuan modern. Tetapi dalam bentuk yang sesuai dengan zaman penyusunannya kisah ini menyajikan ajaran berupa wahyu mengenai Allah yang esa dan transenden, Allah yang ada sebelum dunia dan yang menciptakan segala sesuatu. Dan inilah ajaran yang berlaku bagi segala zaman.
Dalam terjemahan Yunani terbaca: menjadi satu kumpulan.
Ende: Kej 1:11 - -- Kepada machluk-machluk hidup Tuhan memberikan pula kesuburan sehingga kelangsungan
mereka tetap terpelihara. Masing-masingnja merupakan djenis atau ke...
Kepada machluk-machluk hidup Tuhan memberikan pula kesuburan sehingga kelangsungan mereka tetap terpelihara. Masing-masingnja merupakan djenis atau kelompok tersendiri.
Ende: Kej 1:14 - -- Pentjiptaan terang ditempatkan pada hari pertama (a.3)(Kej 1:3).
Karena itulah pemerintjian selandjutnja dalam hari-hari djadi mungkin. Selain
itu men...
Pentjiptaan terang ditempatkan pada hari pertama (a.3)(Kej 1:3). Karena itulah pemerintjian selandjutnja dalam hari-hari djadi mungkin. Selain itu menurut pandangan orang djaman itu terang adalah sematjam zat jang tidak tergantung pada matahari. Dalam ajat ini disebut-sebutlah matahari, bulan serta bintang-bintang bukannja pertama-tama selaku sumber-sumber terang, melainkan dalam fungsi mereka akan penentuan hari-raja-raja ibadat, jang amat penting peranannja dalam masjarakat Israel.
Disebut terang besar dan terang ketjil, karena pada suku-suku atau bangsa-bangsa disekitarnja "matahari" dan "bulan" adalah nama-sebutan berhala-berhala.
Endetn -> Kej 1:9
Ref. Silang FULL: Kej 1:9 - satu tempat // yang kering // jadilah demikian · satu tempat: Ayub 38:8-11; Mazm 33:7; 104:6-9; Ams 8:29; Yer 5:22; 2Pet 3:5
· yang kering: Mazm 95:5; Yun 1:9; Hag 2:7
· jadila...
· satu tempat: Ayub 38:8-11; Mazm 33:7; 104:6-9; Ams 8:29; Yer 5:22; 2Pet 3:5
Ref. Silang FULL: Kej 1:10 - Allah menamai // kumpulan air // dinamai-Nya laut // itu baik · Allah menamai: Kej 1:5; Kej 1:5
· kumpulan air: Mazm 33:7
· dinamai-Nya laut: Ayub 38:8; Mazm 90:2; 95:5
· itu baik: Kej...
Ref. Silang FULL: Kej 1:11 - tunas-tunas muda // segala jenis // Dan jadilah · tunas-tunas muda: Mazm 65:10-14; 104:14
· segala jenis: Kej 1:12,21,24,25; Kej 2:5; 6:20; 7:14; Im 11:14,19,22; Ul 14:13,18; 1Kor 15:3...
· tunas-tunas muda: Mazm 65:10-14; 104:14
· segala jenis: Kej 1:12,21,24,25; Kej 2:5; 6:20; 7:14; Im 11:14,19,22; Ul 14:13,18; 1Kor 15:38
Ref. Silang FULL: Kej 1:12 - segala jenis // itu baik · segala jenis: Kej 1:11; Kej 1:11
· itu baik: Kej 1:4; Kej 1:4
Ref. Silang FULL: Kej 1:14 - benda-benda penerang // dari malam // menjadi tanda // menunjukkan masa-masa // dan tahun-tahun · benda-benda penerang: Mazm 74:16; 136:7
· dari malam: Kej 1:4; Kej 1:4
· menjadi tanda: Yer 10:2
· menunjukkan masa-masa...
· benda-benda penerang: Mazm 74:16; 136:7
· dari malam: Kej 1:4; [Lihat FULL. Kej 1:4]
· menjadi tanda: Yer 10:2
· menunjukkan masa-masa: Mazm 104:19
· dan tahun-tahun: Kej 8:22; Yer 31:35-36; 33:20,25