kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 16:4-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Paulus menyeberang ke Makedonia
16:4 Dalam perjalanan keliling dari kota ke kota Paulus dan Silas menyampaikan keputusan-keputusan yang diambil para rasul dan para penatua di Yerusalem dengan pesan, supaya jemaat-jemaat menurutinya. 16:5 Demikianlah jemaat-jemaat diteguhkan dalam iman dan makin lama makin bertambah besar jumlahnya. 16:6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. 16:7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka. 16:8 Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas. 16:9 Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: "Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!" 16:10 Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana. 16:11 Lalu kami bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake, dan keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; 16:12 dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma. Di kota itu kami tinggal beberapa hari.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · Bitinia a region in NW Asia Minor that, together with Pontus, forms a Roman province (OS)
 · Frigia a region located in central Asia Minor
 · Galatia a nation, and later a Roman province, in central Asia Minor
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia
 · Misia a the northern portion of the Roman province of Asia
 · Neapolis a town that served as the seaport for the city of Philippi in the province of Macedonia
 · orang-orang Roma any person or thing associated with Rome, particularly a person who was a citizen of Rome.
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · Samotrake an island in the northern Aegean Sea
 · seorang warganegara Rum any person or thing associated with Rome, particularly a person who was a citizen of Rome.
 · Troas a town in northwest Asia Minor
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Paulus | Bait Allah /Bait Suci | Timoteus | Silas | Troas | Lukas | Raja, Kerajaan Makedonia | Roh Kudus Adalah Allah | Roh Kudus Adalah Pribadi | Ilham Roh Kudus | Lihat, Penglihatan | Roh Kudus | Bitinia | Makedonia | Galatia | Misia | Neapolis | Samotrake | Filipi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 16:5 - JEMAAT-JEMAAT DITEGUHKAN. Nas : Kis 16:5 Untuk ulasan tentang bentuk gereja PB lihat cat. --> Kis 12:5. [atau ref. Kis 12:5]

Nas : Kis 16:5

Untuk ulasan tentang bentuk gereja PB

lihat cat. --> Kis 12:5.

[atau ref. Kis 12:5]

Full Life: Kis 16:6 - ROH KUDUS MENCEGAH MEREKA UNTUK MEMBERITAKAN INJIL. Nas : Kis 16:6 Setiap usaha penginjilan, dan kegiatan misionaris khususnya dalam perjalanan pekabaran Injil di dalam kitab ini adalah hasil pimpina...

Nas : Kis 16:6

Setiap usaha penginjilan, dan kegiatan misionaris khususnya dalam perjalanan pekabaran Injil di dalam kitab ini adalah hasil pimpinan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:14-41; 4:8-12,31; 8:26-29,39-40; 10:19-20; 13:2; Kis 16:6-10; 20:22). Bimbingan itu bisa berupa penyataan nubuat, dorongan dalam hati, keadaan tertentu atau penglihatan (ayat Kis 16:6-9). Dengan dorongan Roh Kudus orang percaya bergerak maju memberitakan Injil kepada yang belum diselamatkan. Ketika dicegah oleh Roh untuk pergi ke suatu arah, mereka akan ke arah yang lain, sambil berharap pada Roh Kudus untuk menyetujui atau tidak menyetujui rencana perjalanan mereka.

BIS: Kis 16:8 - menerusi menerusi: atau melewati.

menerusi: atau melewati.

BIS: Kis 16:12 - suatu kota di distrik pertama Makedonia suatu kota di distrik pertama Makedonia: beberapa naskah kuno: suatu kota terkemuka di distrik Makedonia; atau suatu kota terkemuka dalam distrik itu ...

suatu kota di distrik pertama Makedonia: beberapa naskah kuno: suatu kota terkemuka di distrik Makedonia; atau suatu kota terkemuka dalam distrik itu di Makedonia.

Jerusalem: Kis 16:4 - -- Ini sebuah catatan yang disisipkan oleh penyusun Kisah para rasul. Catatan itu sesuai dengan cerita mengenai Konsili di Yerusalem, seperti yang disaji...

Ini sebuah catatan yang disisipkan oleh penyusun Kisah para rasul. Catatan itu sesuai dengan cerita mengenai Konsili di Yerusalem, seperti yang disajikan dalam bab 15. Dalam cerita itu diandaikan bahwa Petrus dan Paulus hadir waktu keputusan itu diumumkan; tetapi bdk Kis 15:1+.

Jerusalem: Kis 16:6 - tanah Galatia Daerah Galatia yang sesungguhnya, bdk pengantar surat-surat Paulus. Dengan berangkat dari Ikonium Paulus mau pergi ke jurusan barat menuju ke Efesus. ...

Daerah Galatia yang sesungguhnya, bdk pengantar surat-surat Paulus. Dengan berangkat dari Ikonium Paulus mau pergi ke jurusan barat menuju ke Efesus. Dicegah oleh Roh Kudus ia berangkat ke utara ke Frigia; ia berbelok ke arah barat laut dan tiba di tanah Galatia; di sana ia tertahan sebuah penyakit, Gal 4:13-15. Di daerah itu Paulus mewartakan Injil dan kemudian masih mengunjungi murid-murid di sana, Kis 18:23.

Jerusalem: Kis 16:7 - Roh Yesus Sejumlah naskah tidak memuat "Yesus".

Sejumlah naskah tidak memuat "Yesus".

Jerusalem: Kis 16:8 - melintasi Terjemahan lain: menyusur.

Terjemahan lain: menyusur.

Jerusalem: Kis 16:10 - kami Kata ganti diri sekonyong-konyong berubah. Bagian pertama kisah para rasul yang menggunakan kata ganti diri "kami" itu, tetapi lih. Kis 11:27+. Bdk pe...

Kata ganti diri sekonyong-konyong berubah. Bagian pertama kisah para rasul yang menggunakan kata ganti diri "kami" itu, tetapi lih. Kis 11:27+. Bdk pengantar.

Jerusalem: Kis 16:12 - kota perantauan orang Roma Kota Filipi terletak di distrik pertama dari propinsi Makedonia. Oleh karena sebuah kota perantauan orang Roma, maka Filipi menjadi sebuah kota yang p...

Kota Filipi terletak di distrik pertama dari propinsi Makedonia. Oleh karena sebuah kota perantauan orang Roma, maka Filipi menjadi sebuah kota yang pada pokoknya Latin; pemerintahannya serupa dengan pemerintahan Roma.

Ende: Kis 16:6 - Asia ialah nama Propinsi Romawi di Asia-Ketjil sebelah barat, ibu-kotanja Efesus.

ialah nama Propinsi Romawi di Asia-Ketjil sebelah barat, ibu-kotanja Efesus.

Ende: Kis 16:10 - Kami Tiba-tiba Lukas menggunakan kata "kami" ini, mendjadi bukti bahwa mulai ketika ini (sampai di Pilipi) ia ikut serta pada perdjalanan itu.

Tiba-tiba Lukas menggunakan kata "kami" ini, mendjadi bukti bahwa mulai ketika ini (sampai di Pilipi) ia ikut serta pada perdjalanan itu.

Ende: Kis 16:12 - Pilipi Kota itu sedjak tahun 31 seb. Kr. berkedudukan kolonisasi Romawi. Waktu Paulus mengundjunginja setengah penduduknja berasal dari Roma, pemerintahan da...

Kota itu sedjak tahun 31 seb. Kr. berkedudukan kolonisasi Romawi. Waktu Paulus mengundjunginja setengah penduduknja berasal dari Roma, pemerintahan dan undang-undang serba Romawi. Semua penduduk memandang dirinja orang Romawi. Paulus pertama kali tiba disitu dalam tahun 51. Lukas rupa-rupanja menetap kira-kira 6 tahun dalam kota itu, lalu menemani Paulus ke Jerusalem. Umat dikota ini sangat karib pada Paulus seperti njata dalam surat jang ditulisnja kepada mereka waktu tahanannja di Roma.

Ref. Silang FULL: Kis 16:4 - para penatua // di Yerusalem // jemaat-jemaat menurutinya · para penatua: Kis 11:30; Kis 11:30 · di Yerusalem: Kis 15:2 · jemaat-jemaat menurutinya: Kis 15:28,29

· para penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

· di Yerusalem: Kis 15:2

· jemaat-jemaat menurutinya: Kis 15:28,29

Ref. Silang FULL: Kis 16:5 - jemaat-jemaat diteguhkan // besar jumlahnya · jemaat-jemaat diteguhkan: Kis 9:31; 15:41 · besar jumlahnya: Kis 2:41; Kis 2:41

· jemaat-jemaat diteguhkan: Kis 9:31; 15:41

· besar jumlahnya: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 16:6 - tanah Frigia // tanah Galatia // di Asia · tanah Frigia: Kis 2:10; 18:23 · tanah Galatia: Kis 18:23; Gal 1:2; 3:1 · di Asia: Kis 2:9; Kis 2:9

· tanah Frigia: Kis 2:10; 18:23

· tanah Galatia: Kis 18:23; Gal 1:2; 3:1

· di Asia: Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]

Ref. Silang FULL: Kis 16:7 - Roh Yesus · Roh Yesus: Rom 8:9; Gal 4:6; Fili 1:19; 1Pet 1:11

· Roh Yesus: Rom 8:9; Gal 4:6; Fili 1:19; 1Pet 1:11

Ref. Silang FULL: Kis 16:8 - di Troas · di Troas: Kis 16:11; Kis 20:5; 2Kor 2:12; 2Tim 4:13

Ref. Silang FULL: Kis 16:9 - suatu penglihatan // seorang Makedonia · suatu penglihatan: Kis 9:10; Kis 9:10 · seorang Makedonia: Kis 19:21,29; 20:1,3; Rom 15:26; 1Kor 16:5; 1Tes 1:7,8

· suatu penglihatan: Kis 9:10; [Lihat FULL. Kis 9:10]

· seorang Makedonia: Kis 19:21,29; 20:1,3; Rom 15:26; 1Kor 16:5; 1Tes 1:7,8

Ref. Silang FULL: Kis 16:10 - segeralah kami // memberitakan Injil · segeralah kami: Kis 16:10-17; Kis 20:5-15; 21:1-18; 27:1-28:16 · memberitakan Injil: Kis 14:7

· segeralah kami: Kis 16:10-17; Kis 20:5-15; 21:1-18; 27:1-28:16

· memberitakan Injil: Kis 14:7

Ref. Silang FULL: Kis 16:11 - dari Troas · dari Troas: Kis 16:8; Kis 16:8

· dari Troas: Kis 16:8; [Lihat FULL. Kis 16:8]

Ref. Silang FULL: Kis 16:12 - ke Filipi // bagian Makedonia · ke Filipi: Kis 20:6; Fili 1:1; 1Tes 2:2 · bagian Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9

· ke Filipi: Kis 20:6; Fili 1:1; 1Tes 2:2

· bagian Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kis 13:1--21:17 - -- IV. Perluasan Gereja di Asia Kecil dan Eropa (13:1-21:17) Pasal 13 membawa kita ke bagian separuh kedua dari kitab Kisah Para Rasul. Di bagian separu...

IV. Perluasan Gereja di Asia Kecil dan Eropa (13:1-21:17)

Pasal 13 membawa kita ke bagian separuh kedua dari kitab Kisah Para Rasul. Di bagian separuh pertama. Yerusalem merupakan pusat cerita dan tema utamanya ialah perluasan gereja dari Yerusalem ke seluruh Palestina. Sekarang Yerusalem terdesak ke belakang, dan Antiokhia menjadi pusat cerita karena Antiokhia menyokong perluasan gereja di Asia dan Eropa. Perluasan ini dilaksanakan dengan tiga perjalanan misi oleh Paulus, masing-masing dimulai dan diakhiri di Antiokhia.

Wycliffe: Kis 15:36--18:22 - -- C. Misi Kedua: Asia Kecil dan Eropa (15:36-18:22). Lukas sekarang mencatat persiapan dari apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang ked...

C. Misi Kedua: Asia Kecil dan Eropa (15:36-18:22).

Lukas sekarang mencatat persiapan dari apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang kedua. Sesudah jangka waktu yang tidak disebutkan, Paulus berniat mengunjungi kembali dan memperkuat gereja-gereja yang sudah berdiri. Waktu itulah sayangnya terjadi suatu perbedaan pendapat di antara Paulus dan Barnabas. Barnabas ingin membawa Yohanes Markus yang pernah menyertai mereka dalam perjalanan pemberitaan Injil yang pertama, tetapi meninggalkan mereka ketika tiba di dataran Asia Kecil dan kembali ke Antiokhia. Paulus menganggap tindakan ini sebagai bukti yang begitu nyata tentang ketidakmantapan sehingga dia menolak keinginan Barnabas. Akibatnya adalah perpisahan di antara Paulus dengan Barnabas. Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus untuk mengunjungi gereja-gereja yang didirikan pada perjalanan pemberitaan Injil yang pertama. Paulus meminta Yerusalem mengirimkan Silas, yang baru saja berkunjung ke Antiokhia dan yang dipandang oleh sang rasul sebagai orang yang dapat diandalkan.

Wycliffe: Kis 16:6-8 - Galatia // Roh Kudus // Misia, // Bitinia, // Misia // Troas // tanah Frigia dan tanah Galatia // Bitinia // Troas 6-8. Ayat-ayat ini dapat ditafsirkan dengan dua Cara, tergantung pada teori apa yang dipakai "Galatia Utara" atau "Galatia Selatan": dan penafsiran te...

6-8. Ayat-ayat ini dapat ditafsirkan dengan dua Cara, tergantung pada teori apa yang dipakai "Galatia Utara" atau "Galatia Selatan": dan penafsiran tersebut tergantung pada arti dari kata Galatia. (a) Galatia dapat berarti bagian utara dari propinsi Romawi yang bernama Galatia, tempat tinggal orang-orang keturunan bangsa Galia. Jika demikian. maka Paulus melewati wilayah Frigia (kota-kota Ikonium dan Antiokhia) dan merencanakan untuk pergi langsung ke barat ke kota-kota besar dari propinsi Asia. Ketika Roh Kudus mencegah dia untuk menuju ke Asia, dia berbalik ke utara menuju ke Galatia, yaitu: ke wilayah paling utara dari propinsi Romawi tersebut. Setelah itu dia berbelok ke barat menuju Misia, yakni wilayah paling utara dari propinsi Asia, lalu berusaha pergi ke propinsi Bitinia, yang terletak di antara Galatia dan Laut Hitam. Ketika rencananya ini dihalangi, ia melewati Misia dan tiba di Troas di Laut Aegea. Ada satu kesulitan dengan teori "Galatia Utara" ini: Tampak aneh bahwa Lukas tidak mengisahkan berdirinya gereja-gereja yang demikian penting seperti jemaat-jemaat kepada siapa surat Galatia ditulis, dan tidak ada bukti positif bahwa gereja-gereja tersebut memang ada.

(b) Karena itu lebih mudah untuk menerima teori "Galatia Selatan" yang memahami tanah Frigia dan tanah Galatia bukan sebagai dua wilayah terpisah, tetapi sebagai satu wilayah saja - Galatia di bagian Frigia. Wilayah ini adalah bagian selatan dari propinsi Galatia di mana terletak daerah Frigia dan yang meliputi kota Antiokhia. Menurut pandangan ini, sesudah mengunjungi Listra dan Derbe, Paulus bermaksud untuk pergi melewati Frigia dan Galatia dan langsung ke arah barat yaitu ke kota-kota besar di Asia. Ketika Roh Kudus menunjukkan melalui cara yang tidak disebutkan bahwa rencana itu tidak bijaksana, Paulus pergi melewati Galatia di bagian Frigia lalu berbelok ke utara menuju Misia dan Bitinia. Ketika sudah berada di dekat Misia, Paulus berusaha masuk ke Bitinia, tetapi Roh Kudus kembali melarangnya. Karena itu, dia melewati Misia dan tiba di kota pelabuhan Troas.

Wycliffe: Kis 16:9 - Troas // "Marilah menyeberang ke Makedonia menolong kami" 9. Di Troas Allah menyingkapkan rencana-Nya dengan mengirimkan seorang yang berkata, "Marilah menyeberang ke Makedonia menolong kami" (TL). Permintaan...

9. Di Troas Allah menyingkapkan rencana-Nya dengan mengirimkan seorang yang berkata, "Marilah menyeberang ke Makedonia menolong kami" (TL). Permintaan tersebut menghilangkan setiap masalah tentang bagaimana Paulus dapat mengenali orang tersebut sebagai orang Makedonia; permohonannya itu sudah menunjukkan asal usulnya.

Wycliffe: Kis 16:10 - -- 10. Di sini terdapat bagian "kami" pertama yang demikian terkenal di dalam kitab ini, di mana narasi berubah dari orang ketiga menjadi orang pertama j...

10. Di sini terdapat bagian "kami" pertama yang demikian terkenal di dalam kitab ini, di mana narasi berubah dari orang ketiga menjadi orang pertama jamak. Alasan munculnya gejala penulisan ini telah diperdebatkan dengan hangat, tetapi penjelasan yang paling mudah ialah bahwa mulai titik ini penulis kisah bergabung menjadi rekan seperjalanan Paulus. Apabila penjelasan ini benar, maka Lukas bergabung dengan Paulus di Troas dan pergi bersamanya ke Filipi (ayat 16 merupakan akhir bagian "kami" pertama ini), di mana Lukas lalu tinggal di Filipi sedang Paulus melanjutkan perjalanannya.

Wycliffe: Kis 16:11-12 - Troas // Samotrake // Neapolis, // bagian, // kota perantauan 11, 12. Paulus naik kapal di Troas dan berlayar menuju ke Samotrake dan hari berikutnya ke Neapolis, yang merupakan pelabuhan dari Filipi, sebuah kota...

11, 12. Paulus naik kapal di Troas dan berlayar menuju ke Samotrake dan hari berikutnya ke Neapolis, yang merupakan pelabuhan dari Filipi, sebuah kota yang terletak sepuluh mil dari pantai. Makedonia dibagi menjadi empat wilayah atau bagian, dan Filipi merupakan ibu kota dari salah satu wilayah ini. Tempat itu juga merupakan kota perantauan orang Roma. Istilah koloni untuk kota itu berasal dari istilah bahasa Latin. yang mengacu pada kota-kota yang sebagian besar berpenduduk warga Romawi dan terletak di titik-titik strategis di seluruh kerajaan, yang mendapat beberapa hak khusus seperti pemerintahan sendiri, bebas dari penarikan pajak negara, dan hak yang sama dengan warga di Italia. Kota semacam itu merupakan semacam Roma kecil yang jauh dari pusat.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Kis 16:1-10 - Rekan kerja dan Roh Kudus (Kamis, 26 Mei 2005) Rekan kerja dan Roh Kudus Kesuksesan dalam pelayanan bukan dihasilkan semata-mata oleh kemampuan diri sendiri meskipun seseorang memiliki talenta...

SH: Kis 16:1-12 - Semangat kebersamaan penting bagi Gereja. (Rabu, 14 Juni 2000) Semangat kebersamaan penting bagi Gereja. Siapakah yang akan pertama kali Anda lihat dan perhatikan dalam sebuah foto, dimana Anda pun ada dal...

SH: Kis 16:11-24 - Jalan salib penuh penderitaan (Jumat, 27 Mei 2005) Jalan salib penuh penderitaan Banyak orang Kristen beranggapan bahwa ketaatan pada visi menyaksikan Injil akan membuahkan hasil gemilang. Kenyata...

Topik Teologia: Kis 16:6 - -- Roh Kudus Roh yang Memimpin Mat 4:1 Kis 8:29 Kis 16:6-7 Rom 8:14 Roh Memberi Arah Kepada Para Pemimpin ...

Topik Teologia: Kis 16:7 - -- Roh Kudus Roh yang Memimpin Mat 4:1 Kis 8:29 Kis 16:6-7 Rom 8:14 Roh Yesus Kis 16:7 Roh ...

Topik Teologia: Kis 16:8 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Roh Pelayanan di dalam Gereja Roh dan Pelayanan Roh Memberi Arah Kepada Para Pemimpin K...

Topik Teologia: Kis 16:9 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Roh Pelayanan di dalam Gereja Roh dan Pelayanan Roh Memberi Arah Kepada Para Pemimpin ...

Topik Teologia: Kis 16:10 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Roh Pelayanan di dalam Gereja Roh dan Pelayanan Roh Memberi Arah Kepada Para Pemimpin ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KISAH PARA RASUL Judul. Judul kitab ini sebagaimana kita ketahui tidak menyatu dengan kitab yang aslinya, tetapi berasal dari abad kedua ...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Garis Besar) GARIS BESAR KISAH PARA RASUL PENDIRIAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA I. Permulaan Gereja (1:1-2:47) A. Persiapan: pelayanan pasca-kebangki...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA