TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yeremia 7

  Boks Temuan
Khotbah Yeremia mengenai Bait Suci
7:1 Firman yang datang kepada Yeremia dari pada TUHAN, bunyinya: 7:2 "Berdirilah o  di pintu gerbang rumah TUHAN, serukanlah di sana firman ini dan katakanlah: Dengarlah firman TUHAN, hai sekalian orang Yehuda yang masuk melalui semua pintu gerbang ini untuk sujud menyembah kepada TUHAN! 7:3 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu 1  p  dan perbuatanmu, maka Aku mau diam q  bersama-sama kamu di tempat ini. 7:4 Janganlah percaya r  kepada perkataan dusta s  yang berbunyi: Ini bait TUHAN, bait TUHAN, bait TUHAN, 7:5 melainkan jika kamu sungguh-sungguh memperbaiki t  tingkah langkahmu dan perbuatanmu, jika kamu sungguh-sungguh melaksanakan keadilan u  di antara kamu masing-masing, 7:6 tidak menindas v  orang asing, yatim dan janda, tidak menumpahkan darah w  orang yang tak bersalah di tempat ini dan tidak mengikuti x  allah lain, yang menjadi kemalanganmu sendiri, 7:7 maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini, di tanah y  yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu, z  dari dahulu kala sampai selama-lamanya. 7:8 Tetapi sesungguhnya, kamu percaya a  kepada perkataan dusta b  yang tidak memberi faedah. 7:9 Masakan kamu mencuri, c  membunuh, d  berzinah e  dan bersumpah palsu, f  membakar korban kepada Baal g  h  dan mengikuti allah i  lain yang tidak kamu kenal, 7:10 kemudian kamu datang berdiri j  di hadapan-Ku di rumah k  yang atasnya nama-Ku diserukan, sambil berkata: Kita selamat, supaya dapat pula melakukan segala perbuatan yang keji ini! l  7:11 Sudahkah menjadi sarang penyamun 3  m  di matamu rumah n  yang atasnya nama-Ku diserukan ini? Kalau Aku, Aku sendiri melihat o  semuanya, demikianlah firman TUHAN. 7:12 Tetapi baiklah pergi dahulu ke tempat-Ku yang di Silo 4  p  itu, di mana Aku membuat nama-Ku q  diam r  dahulu, dan lihatlah apa yang telah Kulakukan s  kepadanya karena kejahatan umat-Ku Israel! 7:13 Maka sekarang, oleh karena kamu telah melakukan segala perbuatan itu juga, demikianlah firman TUHAN, dan oleh karena kamu tidak mau mendengarkan, t  sekalipun Aku berbicara u  kepadamu terus-menerus, v  dan kamu tidak mau menjawab, w  sekalipun Aku berseru x  kepadamu, 7:14 karena itulah kepada rumah, y  yang atasnya nama-Ku z  diserukan dan yang kamu andalkan itu, dan kepada tempat, yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu itu, akan Kulakukan seperti yang telah Kulakukan kepada Silo; a  7:15 Aku akan melemparkan kamu dari hadapan-Ku, b  seperti semua saudaramu, yakni seluruh keturunan Efraim, c  telah Kulemparkan."
Melawan penyembahan ratu sorga
7:16 "Tetapi engkau, janganlah berdoa untuk bangsa ini, janganlah sampaikan seruan permohonan d  dan doa untuk mereka, dan janganlah desak Aku, sebab Aku tidak akan mendengarkan e  engkau. 7:17 Tiadakah engkau melihat apa yang dilakukan mereka di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem? 7:18 Anak-anak memungut kayu bakar, bapa-bapa menyalakan api dan perempuan-perempuan meremas adonan untuk membuat penganan persembahan bagi ratu sorga 5 , f  dan orang mempersembahkan korban curahan g  kepada allah lain dengan maksud menyakiti hati-Ku. h  7:19 Hati-Kukah sebenarnya yang mereka sakiti, i  demikianlah firman TUHAN, bukankah hati mereka sendiri, sehingga mereka menjadi malu? j  7:20 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: k  Sesungguhnya, murka-Ku l  dan kehangatan amarah-Ku akan tercurah m  ke tempat ini, ke atas manusia, ke atas hewan, ke atas pohon-pohonan di padang dan ke atas hasil tanah; amarah itu akan menyala-nyala dengan tidak padam-padam. n "
Melawan ibadah tanpa kesetiaan
7:21 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: "Tambah sajalah korban bakaranmu kepada korban sembelihanmu o  dan nikmatilah p  dagingnya! 7:22 Sungguh, pada waktu Aku membawa nenek moyangmu keluar dari tanah Mesir Aku tidak mengatakan atau memerintahkan q  kepada mereka sesuatu tentang korban bakaran dan korban sembelihan; r  7:23 hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan s  kepada mereka: Dengarkanlah t  suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku, u  dan ikutilah seluruh jalan v  yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia! w  7:24 Tetapi mereka tidak mau mendengarkan x  dan tidak mau memberi perhatian, y  melainkan mereka mengikuti rancangan-rancangan dan kedegilan hatinya z  yang jahat, dan mereka memperlihatkan belakangnya a  dan bukan mukanya. 7:25 Dari sejak waktu nenek moyangmu keluar dari tanah Mesir sampai waktu ini, Aku mengutus kepada mereka hamba-hamba-Ku, b  para nabi, c  hari demi hari, terus-menerus, d  7:26 tetapi mereka tidak mau mendengarkan kepada-Ku dan tidak mau memberi perhatian, e  bahkan mereka menegarkan tengkuknya, f  berbuat lebih jahat dari pada nenek moyang g  mereka. 7:27 Sekalipun engkau mengatakan h  kepada mereka segala perkara ini, mereka tidak akan mendengarkan i  perkataanmu, dan sekalipun engkau berseru kepada mereka, mereka tidak akan menjawab j  engkau. 7:28 Sebab itu, katakanlah kepada mereka: Inilah bangsa yang tidak mau mendengarkan suara TUHAN, Allah mereka, dan yang tidak mau menerima penghajaran! k  Ketulusan l  mereka sudah lenyap, sudah hapus dari mulut mereka."
Penyembahan berhala dan akibatnya
7:29 Cukurlah m  rambut kepalamu dan buanglah! Angkatlah ratapan n  di atas bukit-bukit gundul, sebab TUHAN telah menolak dan membuang o  bangsa yang kena murka-Nya! 7:30 Sungguh, orang Yehuda telah melakukan apa yang jahat p  di mata-Ku, demikianlah firman TUHAN, telah menempatkan dewa-dewa q  mereka yang menjijikkan di rumah yang atasnya nama-Ku diserukan ini untuk menajiskannya. r  7:31 Mereka telah mendirikan bukit pengorbanan yang bernama Tofet s  di Lembah Ben-Hinom 6  t  untuk membakar anak-anaknya lelaki dan perempuan, u  suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku. v  7:32 Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa orang tidak akan mengatakan lagi "Tofet" dan "Lembah Ben-Hinom", melainkan "Lembah Pembunuhan w "; orang akan menguburkan x  mayat di Tofet karena kekurangan tempat, 7:33 bahkan mayat y  bangsa ini akan menjadi makanan z  burung-burung di udara serta binatang-binatang di bumi dengan tidak ada yang mengganggunya. a  7:34 Di kota-kota Yehuda serta di jalan-jalan Yerusalem b  akan Kuhentikan suara c  kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan suara pengantin perempuan, d  sebab negeri itu akan menjadi tempat yang tandus. e 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[7:3]  1  Full Life : PERBAIKILAH TINGKAH LANGKAHMU.

Nas : Yer 7:3

Allah masih memberikan panggilan lainnya agar bangsa itu bertobat dari jalan-jalan mereka yang jahat; akan tetapi, selama mereka percaya bahwa mereka aman hanya karena Bait Suci dan upacara-upacaranya, mereka tidak merasa perlu untuk bertobat (ayat Yer 7:4;

lihat cat. --> Yer 7:9 berikut).

[atau ref. Yer 7:9]

[7:9]  2  Full Life : MENCURI, MEMBUNUH ... BERDIRI DI HADAPAN-KU.

Nas : Yer 7:9-10

Bangsa itu melakukan bermacam-macam dosa (ayat Yer 7:5-9); kemudian pada hari Sabat mereka datang ke Bait Suci dan berdiri di hadapan Allah, menipu diri sendiri sehingga menyangka bahwa mereka aman di dalam kasih Allah bagi mereka. Teologi semacam ini kelihatan dewasa ini ketika orang yang hidup dalam pemberontakan melawan Allah dan perintah-perintah-Nya merasa aman karena mereka percaya akan "darah Kristus." Dengan kata-kata Yeremia, mereka mengandalkan "perkataan dusta yang tidak memberi faedah" (ayat Yer 7:8).

[7:11]  3  Full Life : SARANG PENYAMUN.

Nas : Yer 7:11

Penyamun sering kali mempergunakan sarang untuk bersembunyi dan merencanakan kejahatan selanjutnya. Yeremia memakai gambaran ini untuk melukiskan orang yang memasuki Bait Suci untuk mempersembahkan korban yang menurut pikiran mereka akan menutup dosa mereka di hadapan Allah; pada saat bersamaan mereka merencanakan untuk meneruskan cara hidup penuh dosa. Yesus mengutip sebagian ayat ini ketika menuduh para pemimpin Yahudi pada zaman-Nya (lih. Mat 21:13; Mr 11:17; Luk 19:46).

[7:12]  4  Full Life : SILO.

Nas : Yer 7:12

Silo, sekitar 29 km di utara Yerusalem, menjadi tempat kemah pertemuan sepanjang masa hakim-hakim (Yos 18:1). Yeremia menyatakan bahwa Silo dibinasakan karena dosa-dosa umat itu (Yer 7:12,14; 26:6); nasib sama menanti Yerusalem dan Bait Sucinya jikalau umat itu tidak mengubah jalan hidup berdosa mereka.

[7:18]  5  Full Life : RATU SORGA.

Nas : Yer 7:18

Yang dimaksud mungkin adalah Istar dewi kesuburan Babel atau Asytoret dewi Fenisia; patung-patungnya ditemukan di Palestina. Wanita secara khusus terlibat di dalam penyembahan dewi ini.

[7:31]  6  Full Life : LEMBAH BEN-HINOM.

Nas : Yer 7:31

Lembah ini di batas pinggir sebelah selatan Yerusalem ini dipakai sebagai tempat pembuangan sampah dan sebagai tempat menyembah berhala serta mempersembahkan anak-anak dalam api (suatu kebiasaan yang dilarang keras dalam hukum Musa; lih. Im 18:21; 20:2-5). Beberapa dosa paling keji dalam sejarah Yahudi dilaksanakan di lembah ini. Dari nama "Lembah Hinom" (Ibr. _ge'hinnom_) datang kata Yunani _geenna_ yang diterjemahkan "neraka" dalam PB, yaitu tempat hukuman Allah yang kekal (Mat 18:9; Mr 9:47-48;

lihat cat. --> Mat 10:28).

[atau ref. Mat 10:28]



TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA