Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  IX. Kehidupan Yesus. > 
B. Permulaan Pelayanan. 
 sembunyikan teks

Perjanjian Baru memberi tahu banyak hal mengenai pelayanan Yesus di depan umum; tetapi sekali lagi kita harus menghubungkan pernyataan-pernyataan ini dengan sumber-sumber di luar Alkitab untuk menemukan tanggalnya.

Yohanes Pembaptis melintasi karier beberapa tokoh bersejarah di Yudea dan Kekaisaran Roma (Luk. 3:1). Untuk maksud kita, tokoh yang terpenting adalah Kaisar Tiberius, yang menurut Lukas telah memerintah 4 tahun pada permulaan pelayanan Yohanes. Yosefus menyatakan bahwa Tiberius menjadi kaisar ketika Augustus wafat pada tahun 14 M. (Antiquities Bk XVIII, Ps. ii, Bag. 2). Maka tahun ke-15 dari pemerintahannya akan jatuh pada 28 atau 29 M., tergantung pada apakah ia menggunakan sistem tahun pelantikan atau bukan sistem tahun pelantikan. Yohanes dan Yesus memulai pelayanan mereka kira-kira pada waktu yang sama. Marilah kita menganggap bahwa Yesus mempunyai pelayanan yang tiga setengah tahun lamanya dan berumur kira-kira 30 tahun, seperti yang dikatakan Luk. 3:23 ketika Ia mulai melayani. Dengan segera timbul suatu masalah; tanggal yang ditetapkan Yosefus untuk Tiberius menuntut agar kita menempatkan kematian Yesus pada kira-kira 31 atau 32 M., dan memindahkan tanggal kelahiran-Nya ke 3 atau 2 sM,. yang terlalu lambat.

Bagaimanapun juga, masalahnya bukannya tidak dapat diatasi. Kita tahu bahwa Tiberius memerintah bersama Kaisar Augustus selama dua atau tiga tahun sebelum Augustus meninggal. Ini berarti bahwa ia memulai tugasnya secara resmi pada kira-kira 11 atau 12 M. dan berdasarkan perhitungan ini tahun ke-15 dari pemerintahannya jatuh pada 26 atau 27 M. Tanggal 26 M. mungkin pilihan yang terbaik untuk permulaan pelayanan Yohanes dan Yesus sebab itu cocok dengan tanggal kelahiran Yesus pada 5-6 sM.

Alkitab memberi tahu bahwa Yesus kira-kira 30 tahun ketika Ia memulai pelayanan-Nya, segera setelah la dibaptis (Luk. 3:1-2, 2123). Tetapi apa artinya "kira-kira 30 tahun"? Para imam memulai pelayanan mereka pada usia 30 tahun, tetapi Yesus bukanlah seorang imam dari suku Lewi dan tidak terikat pada aturan ini. Pada pihak lain, itulah usia yang cukup baik. Dari sudut pandang orang Yahudi, seorang yang berusia 30 tahun tidak terlalu muda untuk memangku kedudukan dengan otoritas rohani, dan juga tidak terlalu tua untuk menjalankan pelayanan yang giat. Kita hendaknya menerima bahwa Yesus memulai pelayanan-Nya ketika Ia hampir berusia 30 tahun.

almanac


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA