Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  V. Penarikhan Sebelum Abraham. >  A. Dari Air Bah Sampai Abraham. > 
10. Sem. 
 sembunyikan teks

Sem berusia 100 tahun ketika putranya Arpakhsad dilahirkan dan ia mempunyai jangka hidup yang berjumlah sekitar 600 tahun (Kej. 11:10-11).

Angka-angka ini menghadapkan kita pada beberapa masalah yang Sangat nyata. Mengingat jangka hidup yang begitu lama dari bapak-bapak leluhur yang lebih awal, apakah tahun-tahun itu selalu harus diartikan sebagai tahun kalender yang penuh? Mengapa Septuaginta mencantumkan Kenan dalam daftar itu sedangkan naskah Ibrani tidak? Adakah kekosongan-kekosongan dalam daftar-daftar silsilah? Sebenarnya, kelihatan bahwa daftar-daftar di Kejadian 5 dan 11 itu bukan catatan yang lengkap, melainkan hanya mencantumkan orang-orang terkemuka yang dipilih.

Tambahan pula, perhatikanlah bahwa jangka waktu dari Kenan (pada tahun 2611 sM) sampai waktu Abraham memasuki Kanaan (pada tahun 2091 sM) adalah sekitar 520 tahun. Kita mungkin harus menambahkan kira-kira 60 tahun untuk memperhitungkan apakah Arpakhsad itu ayah Kenan atau Selah.

Dan bagaimana tentang Eber? Apabila kita menerima teks Masoret begitu saja, maka Eber hidup lebih lama dari saat Abraham memasuki Kanaan. Apakah memang demikian? Belum tentu demikian. Bila ada kekosongan-kekosongan dalam daftar itu, mungkin Eber sudah meninggal jauh sebelum Abraham berada di Kanaan.

Ada satu masalah lain lagi: Jangka waktu 520 tahun dari Kenan sampai masuknya Abraham di Kanaan tidak cocok dengan angka-angka yang diberikan oleh berbagai versi lain dari Perjanjian Lama. Versi Septuaginta menyatakan bahwa 1.232 tahun lewat dari Air Bah sampai perjalanan Abraham masuk Kanaan, sedangkan Pentateukh Samaria menyatakan 942 tahun. Kita sama sekali tidak dapat menguji angka-angka ini. Akan tetapi, sejak penemuan gulungan-gulungan Qumran, teks Masoret itu dianggap mungkin benar. Namun, teks Masoret itu tidak cocok dengan catatan sejarah Mesir dan Mesopotamia purba. Laporan-laporan sejarah Mesir dan Mesopotamia untuk daerah-daerah ini mulai pada kira-kira tahun 3000 sM. Air Bah pasti telah terjadi sebelum waktu itu dan pada waktu yang lebih dini daripada yang tampak pada Tabel 9.

almanac


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA