Resource > 1001 Jawaban >  Yesus - Ucapan-ucapan Yesus >  Buku 555 > 
310. Apa yang Dimaksud dengan Kecuali Seseorang Lahir dari Air dan Roh? 

Pertanyaan: 310. Apa yang Dimaksud dengan Kecuali Seseorang Lahir dari Air dan Roh?

Bagian ini dalam Yohanes 3:5 telah menimbulkan banyak kontroversi dan para teolog tidak sepakat tentang maknanya. Pendapat kami adalah bahwa Kristus mengacu pada topik yang saat itu sedang mengguncang orang-orang seperti orang yang dia ajak bicara. Mereka memiliki upacara di mana orang non-Yahudi diterima sebagai anggota Yahudi, bagian dari upacara tersebut adalah baptisan, yang melambangkan penyucian dari dosa-dosa kehidupan lamanya. Untuk keheranan orang-orang Farisi, Yohanes Pembaptis telah menegaskan bahwa bahkan mereka juga membutuhkan baptisan, seperti halnya orang yang masuk agama Yahudi. Tetapi seperti yang diisyaratkan oleh Yohanes, itu tidak cukup. Akan ada Seseorang yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Oleh karena itu, Nikodemus akan memahami maksud Kristus ketika Ia berbicara tentang dilahirkan dari air dan dari Roh. Untuk kelahiran baru, seseorang harus disucikan dalam hati, dosa-dosanya yang lalu dihapuskan, yang dilambangkan oleh air, dan dia harus dihidupkan kembali dalam kehidupan baru, yang dilakukan oleh Roh. Keduanya masih diperlukan untuk pertobatan. Dalam istilah teologis, mereka disebut pembenaran dan pengudusan. Air ini dan karya Roh adalah subjek nubuat dalam Yehezkiel 36:25-27.

Question: 310. What Is Meant by "Except a Man Be Born of Water and of the Spirit"?

This passage in John 3:5 has given rise to much controversy and theologians are by no means agreed as to its meaning. Our opinion is that Christ had reference to the topic then agitating such men as the one he was speaking to. They had a ceremony by which the Gentile was admitted to the privileges of Judaism, part of which was baptism, which signified purification from the sins of his old life. To the astonishment of the Pharisees, John the Baptist had insisted that even they were in need of baptism, just as the proselyte was. But as John intimated that was not enough. There was One coming who would baptize with the Holy Spirit. Therefore Nicodemus would understand Christ's meaning, when he spoke of being born of water and of the spirit. To the new birth it was necessary that a man be purified in heart, his past sins blotted out, which was symbolized by the water, and he must be quickened to a new life, which was done by the Spirit Both are still necessary to conversion. They are called in theological parlance, justification and sanctification. This element of water and the operation of the spirit are the subject of prediction in Ezekiel 36:25-27.

[555-AI]


TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA