Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab >  IV. Musa dan Para Leluhur. >  A. Tanggal Peristiwa Keluaran. > 
1. Tanggal yang Dini. 
 sembunyikan teks

Uraian ini bersikeras bahwa orang-orang pada zaman purba mengetahui bagaimana membuat kalender dan membuat catatan yang teliti tentang waktu, dan bahwa mereka telah menetapkan lamanya zaman-zaman dengan kesaksamaan kronologis. Jadi, 480 tahun di I Raja-Raja 6:1 diterima dan juga pernyataan Yefta, seorang hakim yang menyatakan bahwa Israel telah mendiami negeri Kanaan sekitar 300 tahun lamanya (Hak. 11:26). Karena kita telah menghitung bahwa peristiwa keluarnya Israel mulai pada tahun 1446 sM, kita dapat mengurangi 40 tahun untuk pengembaraan mereka di padang gurun sehingga mereka memasuki Kanaan pada tahun 1406 sM. Apabila kita mengurangi 300 tahun yang disebut di ayat ini, kita lihat bahwa Yefta hidup pada tahun 1106 sM. Ini memberi banyak waktu untuk zaman para Hakim, yang memerintah pelbagai bagian Israel sebelum Saul menjadi raja.

Para pakar Alkitab yang mendukung tanggal yang dini untuk Keluaran atas dasar-dasar ini, juga menunjuk kepada lempeng-lempeng Amarna, yang ditarikhkan pada sekitar 1400 sM. Lempeng-lempeng ini, yang ditemukan di Mesir, berisi korespondensi internasional selama wangsa ke-18 di Mesir di bawah pimpinan Firaun Amenhotep III (1410 - 1377 sM). Terdapat banyak sekali permohonan dari berbagai negara kota Kanaan yang memohon bantuan orang Mesir untuk mengusir kaum Habiru, atau para penyerbu pengembara; tetapi tidak banyak bukti bahwa bani Israel termasuk kelompok ini. Apabila kita menerima tanggal yang dini untuk Keluaran (1446 sM), kemudian memberikan 40 tahun untuk pengembaraan Israel di padang gurun, maka mereka akan menyerbu Kanaan pada tahun 1406 sM hingga mereka adalah kaum Habiru.



TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA