Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  2. Kronologi Alkitab > 
IV. Musa dan Para Leluhur. 
sembunyikan teks

Ada dua saat yang sangat penting dalam kronologi Perjanjian Lama. Yang pertama adalah tanggal peletakan fundamen bait suci yang pertama. Pertama Raja-Raja 6:1 mengatakan bahwa Salomo mulai mendirikan bait suci pada tahun keempat dari pemerintahannya, pada bulan kedua (Ziv), 480 tahun setelah orang Israel keluar dari Mesir. Kita tahu bahwa Salomo mulai memerintah pada tahun 971 sM, jadi tahun pertama pemerintahannya pada susunan penarikhan Israel akan jatuh pada musim gugur tahun 970 sM. Tahun ke-4 akan jatuh pada 967/66 sM, yang dihitung atas dasar musim gugur ke musim gugur. Karena Ziv adalah bulan kedua pada kalender agama, kita menyimpulkan bahwa Salomo mulai membangun bait suci pada musim semi tahun 966 sM. Atas dasar ini, peristiwa keluarnya Israel dari Mesir akan mulai pada tahun 1446 sM, dan Kanaan ditaklukkan sekitar 1406 sM.

Saat lain yang sangat penting di Perjanjian Lama adalah kepindahan Yakub ke Mesir, yang terjadi 430 tahun sebelum peristiwa Keluaran (Kel. 12:40-41). Ini membawa kita pada tahun 1876 sM (1446 sM ditambah 430 tahun).

Dengan angka-angka ini sebagai permulaan, kita dapat mengisi tanggal-tanggal untuk kejadian-kejadian dari masa Abraham sampai Saul, raja pertama Israel.

 A. Tanggal Peristiwa Keluaran. 
sembunyikan teks

Banyak ahli Alkitab masih meragukan tanggal Keluaran. Mereka telah menghasilkan dua pola penarikhan untuk peristiwa Keluaran - suatu tanggal yang dini yang menerima I Raja-Raja 6:1 sebagai catatan waktu yang tepat, dan suatu saran pengganti yang kita sebut "tanggal yang kemudian." Berikut ini adalah penjelasan untuk kedua pihak:

 B. Kehidupan Musa.
sembunyikan teks

Tabel 6 menunjukkan wangsa ke-18 di Mesir dan kejadian-kejadian yang menyangkut Israel dari kelahiran Musa sampai masa pemerintahan Saul. Kami telah membagi kehidupan Musa atas tiga bagian:

 C. Para Leluhur dan Kepindahan ke Mesir.
sembunyikan teks

Setelah menerima tanggal Keluaran tahun 1446 sM, kita dapat merunut mundur sampai ke sejarah para leluhur. Tabel 8 menunjukkan susunan kronologi ini.



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA