Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  8. Ugarit dan Orang Kanaan >  I. Kota Ugarit. > 
B. Naskah-Naskah Ugarit. 
 sembunyikan teks

Para ahli segera dapat membaca dan mengartikan naskah-naskah bahasa Kanaan dari Ugarit dan menerjemahkannya ke dalam beberapa bahasa modern. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh usaha Hans Bauer, seorang Jerman, dan Charles Virolleaud dan Edouard Dhorme dari Perancis.

Kita boleh mengatakan bahwa naskah-naskah Ugarit bersifat "kosmopolitan" karena tulisan-tulisan itu terdapat dalam tujuh bahasa yang berbeda: Bahasa Mesir, Siprus-Minoa Linear B, Het, Huria, Sumeri, Akadi, dan Ugarit. Jadi, lempeng-lempeng Ugarit ini berisi bentuk-bentuk tulisan hieroglif (Mesir), cuneiform (Hct), dan linear (lima bahasa yang lain). (Lihat "Bahasa dan Tulisan.")

Para peneliti mendapati bahwa bagian terbesar dari naskah-naskah itu ditulis dalam tulisan silabis dari bahasa Akadi yang sudah mereka kenal dari kota-kota Mesopotamia. Bahasa Akadi dipakai untuk kebanyakan dokumen perdagangan, hukum, administratif, dan internasional di Ugarit. Namun, para arkeolog menemukan bahwa suatu tulisan alfabetis yang unik dalam bahasa Ugarit digunakan untuk mencatat berbagai mitos, cerita kepahlawanan, dan legenda yang terkenal dari kota itu.

Tulisan cuneiform yang tradisional memakai ratusan simbol yang berbeda-beda tetapi pada banyak lempeng Ugarit terdapat hanya 30 simbol yang berbeda, yang menunjukkan bahwa mereka menggunakan sistem seperti suatu alfabet. Kata-kata sering kali dipisahkan oleh sebuah simbol pembagi, yaitu sesuatu yang para arkeolog tidak melihat pada lempeng-lempeng cuneiform lainnya. Kebanyakan kata-kata itu disusun dari tiga konsonan dasar, pola yang sama yang diikuti oleh bahasa-bahasa Semit seperti bahasa Ibrani, Aram, dan Fenisi.

Di samping itu, beberapa lempeng dalam bahasa Ugarit ditulis dari kanan ke kiri, sedangkan cuneiform hampir selalu ditulis dari kiri ke kanan. Berbagai keganjilan ini meyakinkan para peneliti bahwa lempeng-lempeng Ugarit memperkenalkan mereka kepada suatu alfabet yang sampai saat itu tidak dikenal, namun berhubungan dengan sistem tulisan bangsa Fenisi.

Inilah alfabet Kanaan:

a
y
p
b
k
s
g
s
q
h
l
r
d
m
t
h
d
g
w
n
t
z
z
i
h
s
u
t
c
s

Urutan huruf-huruf berikut dari alfabet bahasa Inggris masih bertahan dari alfabet kuno ini: ab-d-h-klmn-pqr-t.



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA